021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

40 Peluang Usaha yang Sangat Menguntungkan

Peluang Usaha yang Sangat Menguntungkan

40 peluang usaha terbaik tahun 2022 ini bisa dimulai tanpa modal dengan untung hingga milyaran rupiah. Cocok untuk pemula maupun yang sudah expert.

Peluang usaha apa yang paling menjanjikan? “Bisnis yang paling menjanjikan adalah yang dijalankan, tidak hanya sekadar dibicarakan atau dibayangkan.”

Jadi, bukan masalah bisnis itu offline atau online, tetapi lebih kepada niat dan usaha untuk mengembangkan. Setiap jenis usaha memiliki peluang gagal. Namun, bisnis yang cuma dibicarakan atau dibayangkan sudah pasti 100% gagal.

Di artikel ini, ada 40 contoh peluang usaha dengan prospek bagus dan bisa mendatangkan keuntungan miliaran rupiah. Kami membaginya dalam beberapa kategori.

1. Peluang usaha modal kecil untuk pemula;

2. Peluang usaha rumahan yang cocok untuk ibu-ibu;

3. Bisnis kekinian dengan cuan miliaran rupiah;

4. Peluang usaha online yang tidak menyita waktu;

5. Peluang usaha kecil-kecilan untuk remaja;

6. Bisnis offline yang menjanjikan;

7. Peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Langsung saja kita bahas satu per satu peluang usaha 2022 tersebut secara singkat.

Peluang Usaha Modal Kecil untuk Pemula

Beberapa jenis usaha berikut bisa Anda mulai dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal. Meski tidak membutuhkan banyak biaya, peluang usaha ini tetap menjanjikan. Apa saja contohnya?

1. Social Media Manager

Buat yang masih bingung apa itu social media manager, gampangnya adalah orang yang bertugas untuk:

● Buat konten dan posting;

● Promosi konten;

● Cari subscriber atau follower;

● Balas komentar;

● Buat laporan perkembangan.

Jika hobi main medsos, ide peluang usaha ini bisa menjadi pilihan. Ada banyak perusahaan, baik skala kecil maupun besar membutuhkan jasa social media manager.

2. Jasa Buat Website

Semua bisnis khususnya UMKM akan go online dan membutuhkan website untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, 92% UMKM di Indonesia belum mulai membangun website. Ini pangsa yang menjanjikan.

Anda tidak perlu memiliki skill hebat untuk memulai bisnis ini. Bisa gunakan CMS WordPress untuk membuat website company profile atau toko online dengan tampilan profesional dan elegan.

3. Bisnis Agensi Penulis

Dengan banyaknya website baru, kebutuhan jasa penulis artikel juga mengalami peningkatan. Data terbaru menunjukkan bahwa ada 4,4 juta konten blog yang terproduksi setiap harinya.

Anda dapat memanfaatkan peluang usaha ini untuk membangun bisnis agensi penulis. Untuk rate biayanya bervariasi. Sebagai referensi, Anda bisa melihat daftar harga dari Saung Writer.

4. Content Writer

Jika bisnis agensi penulis terlalu berat dan challenging, Anda bisa coba peluang usaha ini. Ada banyak bidang penulisan yang bisa Anda geluti, seperti:

● Konten blog,

● Deskripsi produk,

● News & press release, dan lainnya.

Permintaan jasa penulis artikel sendiri akan tetap ada meski sudah banyak tools spinner. Sebab, keunikan sebuah konten tidak bisa ditiru oleh mesin, setidaknya sampai detik ini.

5. Menulis di Internet

Saat ini tulisan fiksi juga bisa menghasilkan passive income. Bagaimana caranya? Tulis cerita Anda di beberapa platform berikut:

● Storial,

● Joylada,

● Novelme,

● Dreame.

Platform tersebut akan memberi Anda royalti dengan prinsip bagi hasil. Jika banyak yang minat dengan cerita Anda, ada kemungkinan karya Anda akan naik cetak.

6. Bisnis Kursus Online

Peluang usaha ini semakin marak sejak pandemi Covid-19. Ini merupakan salah satu ide bisnis yang cukup gurih, karena bisnis ini menjual konten video. Hanya dengan satu kali produksi, sebuah video bisa diputar berulang-ulang ke orang yang berbeda.

Mulai buat konten video yang bernilai dan bermanfaat dengan pembahasan sistematis. Setelah itu, buat website untuk branding dan jual kursus online Anda.

7. Jasa Desain Grafis

Tahukah Anda? Logo Pertamina yang sekarang itu dijual dengan harga 4,6 miliar, lho. Bukankah harganya sangat fantastis? Begitulah gambaran jika Anda memilih untuk menggeluti usaha ini.

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu-Ibu

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu-Ibu

Ibu-ibu bukan berarti tidak bisa memiliki penghasilan sendiri dan membangun bisnis. Beberapa usaha rumahan berikut bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

1. Dropship

Dropship gampangnya adalah makelar barang melalui internet. Dropship menjadi bisnis online terbaik yang tidak membutuhkan modal dan skill tinggi, hanya memerlukan kuota dan kemauan.

Potensinya tidak perlu ditanyakan lagi. Bisnis ini dapat menghasilkan penghasilan hingga jutaan atau bahkan miliaran rupiah. Grafik pertumbuhan e-commerce di Indonesia juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

2. Bisnis Kuliner

Punya keahlian memasak? Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis kuliner. Saat ini, usaha kuliner juga sudah bisa go online dengan memanfaatkan platform seperti GoFood dan GrabFood untuk bekerjasama.

Keuntungannya mungkin akan berkurang jika bekerjasama dengan platform online delivery karena ada potongan komisi. Namun, dengan pelanggan yang bertambah, penghasilan secara total juga akan menjadi lebih besar.

3. Jualan Kerajinan Tangan

Peluang usaha di desa ini tidak ada matinya. Pemasaran produknya juga relatif lebih mudah. Selain itu, jenisnya ada banyak, mulai dari dekorasi interior hingga aksesoris untuk fashion. Akibatnya, potensi bisnis ini juga menjanjikan.

Untuk melihat jenis kerajinan apa yang laku di pasaran, Anda perlu tes pasar. Jika ternyata banyak yang pesan, Anda bisa fokus ke produk tersebut dan mulai kembangkan.

4. Laundry sepatu

Beberapa orang cenderung malas mencuci sepatu padahal sepatu sangat mudah kotor. Ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk membuka jasa laundry sepatu.

Anda tidak perlu modal besar. Yang terpenting Anda tahu bagaimana cara sepatu sepatu dengan baik. Selain itu, jangan lupa buat strategi pemasaran yang tepat dan efektif.

Bisnis Kekinian Untung Jutaan Sampai Miliaran

Peluang usaha baru ini termasuk bisnis kekinian yang berpotensi memperoleh omset hingga jutaan atau bahkan miliaran rupiah.

1. Jasa Advertising Digital

Advertising digital maksudnya adalah beriklan melalui internet. Bisa melalui search engine (Google Ads), media sosial (Instagram, Facebook, Tiktok), atau jaringan iklan lain.

Saat ini, para pelaku bisnis sudah paham bahwa dampak iklan digital sangatlah besar. Sayangnya, tidak semua paham cara beriklan secara online. Dengan kondisi seperti ini, peluang usaha ini akan sangat menjanjikan.

2. Publisher Iklan

Sekarang sudah banyak content creator yang endorse berbagai produk. Sekali endorse bahkan ada yang memperoleh bayaran hingga jutaan rupiah. Mereka inilah orang-orang yang bekerja sebagai publisher iklan.

Publisher iklan berarti penerbit iklan. Tugasnya yaitu memasang iklan di berbagai channel yang kamu miliki. Bisa melalui Instagram, YouTube, TikTok, Blog, maupun News Site.

3. Jasa Konsultasi

Bisnis konsultasi juga sangat potensial. Namun, untuk bisa menjadi konsultan, diperlukan keahlian. Jika sudah memiliki cukup ilmu dan pengalaman, Anda bisa menjadikan peluang usaha ini sebagai bisnis sampingan.

Jasa konsultasi yang banyak dicari, yaitu:

● Hukum;

● Bisnis;

● Pajak;

● Keuangan;

● Parenting; dan keterampilan yang lainnya.

Anda bisa mengatur apakah akan mengadakan konsultasi secara online atau tatap muka.

4. Jasa Pemrograman

Tidak semua orang paham pemrograman, padahal pemrograman banyak dibutuhkan untuk mengolah dan menganalisis data serta mengeksekusi perintah.

Buat Anda yang kurang menguasai pemrograman, Anda tetap bisa coba peluang usaha ini. Saat ini sudah tersedia layanan yang dapat membuat program secara instan, seperti OneApp.

Dengan layanan ini, Anda hanya perlu drag & drop. Yang terpenting, Anda bisa memahami logikanya.

5. Bisnis Startup Lokal

Semua bisnis di era industri 4.0 butuh manajemen data dan aplikasi. Melihat hal ini, peluang usaha pasar aplikasi cukup besar. Anda hanya perlu cari niche yang tepat saja.

Agar idenya semakin unik, coba cari startup luar negeri dengan layanan yang belum tersedia di Indonesia atau masih langka. Cukup ketik “unique startup ideas” di Google, lalu pelajari, tiru, dan kembangkan.

6. Payment Gateway

Payment gateway merupakan bisnis jasa yang memfasilitasi pembayaran. Bisnis ini mirip dengan bisnis pulsa. Keuntungannya dihitung setiap transaksi dengan rate sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 saja.

Meski keuntungannya terbilang kecil, jika sudah menjadi sebuah platform dan sehari bisa melayani ribuan transaksi, maka keuntungannya bisa mencapai jutaan rupiah.

Peluang Usaha Online Tanpa Menyita Waktu

Peluang Usaha Online Tanpa Menyita Waktu

Jika Anda tidak punya banyak waktu dan ingin memulai bisnis untuk menambah passive income, cobalah peluang usaha online berikut ini.

1. Jalankan Afiliasi

Untuk menjalankan bisnis afiliasi, Anda perlu mendatangkan pengunjung melalui link afiliasi yang Anda bagikan. Nantinya, komisi akan Anda dapatkan ketika pengunjung membeli produk yang Anda afiliasikan.

Besarnya komisi cukup bervariasi, tapi terbilang cukup lumayan. Untuk satu produk, Anda bisa memperoleh komisi 10%-80% penjualan. Fantastis, bukan?

2. Menjual Produk Digital

Produk yang bisa dijual juga bisa berupa produk digital. Jika Anda punya keahlian di bidang tertentu, Anda bisa membuat video tutorial atau ebook lalu menjualnya di internet.

3. Jual Stock Photo

Anda juga bisa menyalurkan hobi sambil meraup pundi-pundi rupiah dengan menjual stock photo. Cara kerjanya tidaklah rumit. Anda hanya perlu upload foto di beberapa website berikut:

● Shutterstock

● Dreamstime

● GettyImages

● 123RF

Untuk memulai bisnis ini, yang penting memiliki skill fotografi bagus agar hasilnya menarik. Tidak perlu kamera mahal, hanya dengan kamera handphone saja cukup.

4. Jual Stock Desain

Selain stock photo, Anda juga bisa jual stock desain. Desainnya bisa berupa vector, doodle, 3D asset, atau template. Website untuk menjualnya bisa melalui:

● CreativeMarket,

● BigCartel,

● Ratakan,

● Digimart,

● TokoFile.

Rate harganya relatif. Untuk desain di website stock umumnya dalam dollar. Sementara jika menjual template siap edit, biasanya akan dihargai per bundel atau setiap 100 template.

5. Jual Template dan Plugin WordPress

Bisnis ini tidak mudah, bahkan bisa jadi Anda harus belajar beberapa bulan. Meski begitu, peluang usaha ini sangat besar. Apa pun niche dan bidangnya, website pasti membutuhkan plugin dan template untuk menyesuaikan fungsi dan tampilannya.

Anda bisa jual plugin dan template WordPress melalui marketplace produk digital, seperti Digimart, Ratakan, TokoFile, atau CafeDigital.

Peluang Bisnis Kecil-Kecilan untuk Remaja

Jika Anda masih remaja, Anda bisa mencoba beberapa peluang usaha berikut ini. Modalnya tidak besar dan cara kerjanya juga tidak banyak memakan waktu.

1. Jasa Ketik

Masih ada beberapa orang yang kurang bisa mengetik dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan menawarkan jasa ketik.

Modal yang diperlukan untuk peluang usaha ini terbilang minim, hanya membutuhkan kuota saja. Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan memanfaatkan media sosial dan website sebagai media promosi.

2. Jual Beli Barang Bekas

Anda tak perlu modal banyak untuk bisa menggeluti usaha ini. Cukup kumpulkan botol bekas minuman, kardus bekas, tempat make up, atau beberapa barang bekas lain. Kemudian, jual kembali ke pengepul.

Untuk beberapa barang bekas seperti barang-barang elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, atau barang-barang kebutuhan bayi, Anda bisa menjualnya kembali secara online.

3. Jasa Editing Konten

Masih banyak content creator yang kurang telaten untuk mengedit konten sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa editing. Ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Jika Anda belum bisa edit video, coba gunakan VN Video Editor atau CapCut yang notabenenya merupakan aplikasi edit video yang user friendly. Untuk mempelajarinya, silakan manfaatkan video tutorial yang ada di YouTube.

4. Jasa Foto Katalog

Masih banyak toko online yang menggunakan foto ala kadarnya. Melihat kondisi ini, Anda bisa coba mulai bangun bisnis jasa foto katalog produk.

Rate harga untuk jasa ini bergantung pada siapa target marketnya. Untuk UMKM, biasanya harga yang dipatok sekitar Rp30 ribu per produk. Harga ini bisa lebih tinggi jika kliennya punya skala bisnis lebih besar.

5. Usaha Jastip

Dengan modal kecil, usaha jastip bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memanfaatkan tren yang sedang booming untuk ide usahanya. Tidak harus produk luar negeri, tetapi juga bisa produk dalam negeri.

Lakukan riset dan tentukan target marketnya. Lalu, mulai bangun akses ke pemilik produk dan tentukan tarif jastip yang bersaing. Pastikan produk yang Anda tawarkan berkualitas dan selalu berikan pelayanan terbaik.

6. Jasa Les Privat

Masih kuliah? Coba buka jasa les privat! Tak perlu modal banyak dan waktunya juga fleksibel. Meski begitu, keuntungannya pasti dan bisa menjadi passive income.

Tawarkan jasa les privat untuk anak SMA, SMP, SD, atau yang sedang persiapan kuliah dan lomba. Untuk mata pelajarannya bisa semua mata pelajaran atau hanya pelajaran tertentu saja yang betul-betul Anda kuasai.

7. Bisnis Preloved

Sekarang banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang bekas daripada barang baru karena lebih terjangkau. Anda dapat gunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis preloved.

Mulai belanja pakaian branded atau eksklusif dengan harga terjangkau. Setelah itu, promosikan bisnis di media sosial. Jika perlu, buat toko online untuk berjualan.

Peluang Bisnis Offline yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Offline yang Menjanjikan

Ingin mencoba bisnis yang tidak biasa atau sesuatu yang baru? Boleh saja! Berikut rekomendasi bisnis yang menjanjikan dan Anda bisa memulai bisnisnya dari rumah.

1. Coffee Shop

Sekarang trend coffee shop sedang berkembang pesat. Ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika Anda bisa memanfaatkannya. Apalagi jika berada di tempat yang strategis, maka pendapatannya juga lebih besar.

Tertarik? Mulai buat desain interior seindah mungkin agar mereka merasa nyaman. Kemudian, lakukan promosi dan buat menu yang enak dengan harga bersaing agar pengunjung merasa puas.

2. Bisnis Kos-kosan

Punya sepetak tanah yang terletak di kampus, sekolah, atau perkantoran? Tidak ada salahnya untuk coba peluang usaha ini. Bisnis ini menjadi pilihan yang bagus karena akan berkelanjutan dan dapat mendatangkan pendapatan pasif.

Bagaimana jika tidak ada tanah dan modal juga tidak mencukupi? Anda bisa bergabung sebagai mitra bisnis perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan hotel seperti LandX.

3. Bisnis Jahit Pakaian

Meski keterampilan menjahit minim, jika dikelola dengan baik, peluang usaha ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Pakaian adalah kebutuhan utama dan tidak semua orang memiliki keterampilan menjahit.

Akibatnya, mereka perlu membeli pakaian setidaknya setahun sekali. Mereka juga akan pergi ke tukang jahit untuk merombak pakaian mereka yang terlalu kecil atau terlalu besar.

4. Angkringan

Peluang usaha angkringan juga bisa menghasilkan banyak uang jika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Menu-menu dengan harga terjangkau inilah yang membuat bisnis ini menarik.
Pergerakan pembeli di angkringan juga cukup cepat.

Kalau lokasinya strategis seperti di sekitar kampus atau pabrik pasti Anda bisa memperoleh banyak pelanggan dan tidak menutup kemungkinan ada pelanggan setia.

Peluang Usaha Ide Bisnis Luar Negeri

Anda bisa mengambil ide kreatif bisnis luar negeri untuk memulai usaha di Indonesia. Berikut contohnya:

1. Jual Telur Rebus Kemasan

Anda bisa berinovasi untuk menjual telur rebus yang sudah dikemas. Meski terbilang langka, bisnis ini sangat menguntungkan. Selain praktis, telur juga tinggi protein, sehingga baik untuk kesehatan;

Target market bisnis ini adalah mereka yang sedang buru-buru dan tidak punya banyak waktu untuk makan.

2. Resto Berkonsep Vending Machine

Industri makanan sangat kompetitif tetapi prospeknya bagus. Untuk inovasi, Anda bisa mencoba konsep resto dengan vending machine.

Dalam konsep ini, konsumen tidak perlu lagi memesan makanan dengan uang tunai atau pelayan. Mesin penjual otomatis akan ditempatkan di depan restoran. Pelanggan memilih menu dari mesin dan membayar. Kemudian, tunggu pesanan selesai dan dikirim.

3. Bisnis Es Batu Kemasan

Bisnis ini pada dasarnya hampir sama dengan bisnis es batu pada umumnya. Perbedaannya hanya pada kemasanya. Di sini, es batu telah dipecah menjadi potongan-potongan kecil dan dikemas dalam cup.

Pembeli bisa membawa es ke mana saja tanpa repot memecah es batu. Cukup tuangkan es batu ke dalam minuman atau letakkan minuman di dalam cangkir es.

4. Jual Mie Cup dengan Air Panas

Bisnis ini tetap menjanjikan karena pecinta mie instan di Indonesia sangatlah banyak. Anda bisa menghadirkan inovasi untuk menjual mie cup lengkap dengan air panasnya.

Dengan inovasi ini, pembeli bisa menyeduh mie secara langsung dan menikmatinya di tempat. Anda bisa lengkapi toko Anda dengan air panas dan sediakan tempat duduk sederhana di pinggir.

5. Cooling Spray

Dengan udara yang panas di Indonesia, Anda bisa mencoba jualan cooling spray. Ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Produk semprotan pendingin memiliki bentuk seperti gel atau busa. Udara sekitar akan mendingin selama beberapa jam saat menyemprotkan produk ini. Jika disemprotkan ke kulit, maka akan terasa layaknya soda dingin.

6. Bisnis Kuliner Khas Jepang

Masakan Jepang sangat beragam dan memiliki banyak keunggulan. Pencinta makanan Jepang di Indonesia juga sangat banyak, sehingga peluang usaha makanan ini sangat menjanjikan.

Beberapa jenis makanan khas Jepang yang bisa coba Anda jual di antaranya:

● Bento set,

● Sushi,

● Ramen,

● Takoyaki,

● Dorayaki, dan lain-lain.

Apakah Anda tertarik dengan peluang usaha ini?

7. Sedia Bibit Bunga Sakura

Bunga sakura merupakan identitas negara Jepang. Tapi Anda bisa coba jual bibitnya di Indonesia. Tak hanya indah, bunga sakura juga punya beragam manfaat untuk kecantikan.

Di Indonesia sendiri hanya ada 5 kota tempat bunga sakura tumbuh, yaitu Batam, Cibodas, Waingapu, Karanganyar, dan Karangasem. Ini pasti akan menjadi peluang besar.

memilih peluang usaha

Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih peluang usaha apa. Cukup pilih salah satu dari daftar di atas lalu mulai saat ini juga. Jangan sampai bisnis Anda gagal karena Anda tidak pernah memulainya!

Lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.