021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

17 Cara Usaha Café Modal 5 Juta yang Menguntungkan

tips usaha cafe modal 5 juta

Ada baiknya untuk mengikuti tips usaha cafe modal 5 juta berikut ini. Anda sudah bisa membuat usaha cafe dengan modal yang tidak terlalu besar. Usaha cafe memang terlihat menjanjikan saat ini. Lalu, bagaimana tips untuk menjalankan usaha tersebut?

Untuk membuka cafe, sebetulnya tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Hal ini juga bergantung dari konsep serta seberapa besar cafe dan layanan yang akan Anda berikan kepada konsumen.

Usaha cafe modal 5 juta pun sudah cukup bila Anda memang tertarik membuka cafe dengan modal minim. Cukup murah bukan untuk modal usaha cafe pinggir jalan atau usaha rumahan?

Ya, memang. Tetapi perlu Anda ingat pula kalau bisnis perlu berbagai perhitungan yang matang. Hal ini tentunya agar bisnis Anda tidak mengalami kerugian. Jadi, keuntungan yang besar pun akan masuk ke kantong Anda. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips bagi Anda yang tertarik usaha cafe modal 5 juta.

Tips Bisnis untuk Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tanpa perlu panjang lebar, berikut adalah tips untuk Anda yang memang benar-benar berminat untuk mengembangkan usaha cafe modal 5 juta :

1. Amati Ekosistem Bisnis

Dalam berbisnis mau jenis usaha apapun itu, pastinya persiapan adalah kunci utama. Kurang lebih, kesuksesan dari sebuah bisnis tidak terlepas dari perencanaan yang benar-benar matang di awal.

Oleh karena itu, Anda perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan persiapan sebelum benar-benar membuka usaha cafe modal 5 juta saja. Hal ini bisa Anda mulai dengan melihat bagaimana ekosistem bisnis atau konsep dari sebuah cafe yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang.

2. Gali Ilmu Lebih dalam Mengenai Makanan dan Minuman

Kalau dalam dunia cafe, tentu urusan rasa adalah hal yang utama selain pelayanan dan harga.
Nah, masalahnya, tak jarang usaha cafe modal 5 juta dan memberikan harga murah ini tidak memberikan kualitas rasa yang maksimal.

Memang bila ada harga pastinya harus ada kualitas. Tetapi, kalau Anda bisa menjual murah dengan rasa berkualitas, kenapa tidak?

Dengan harga jual Anda yang terjangkau namun rasa yang memuaskan, tentunya akan membuat konsumen mau datang lagi ke tempat Anda. Bahkan, mereka juga bisa mempromosikan usaha Anda secara mulut ke mulut.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum Anda memulai usaha cafe modal 5 juta, Anda mencari ilmu sebanyak-banyaknya mengenai makanan dan minuman.

3. Pelajari Sistem Ekonomi dan Keuangan dari Cafe

Selanjutnya yang tidak kalah penting. Anda juga mesti mempelajari terlebih dahulu bagaimana sistem ekonomi dari usaha cafe ini. Banyak yang menyebutkan kalau usaha cafe dan sejenisnya ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk balik modal.

Tetapi hal ini juga belum sepenuhnya benar. Ini juga tergantung dari seberapa besar modal Anda, seberapa besar biaya operasional, dan pastinya seberapa banyak pelanggan Anda yang datang.

Tak cuma itu, Anda juga harus melakukan riset terhadap harga pasar serta harga modal untuk membuat sebuah minuman atau makanan.

Kemudian hal ini juga nantinya Anda pertimbangkan dengan biaya operasional. Sehingga, nantinya Anda bisa menentukan apa saja menu dan harga yang ideal usaha cafe modal 5 juta Anda

4. Tentukan Target Pasar yang Hendak Anda Incar

Setiap usaha memang memiliki pasarnya masing-masing. Dalam menentukan pasar, ada baiknya kalau Anda memang mengincar target tertentu, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menjalankan pengembangan dan operasionalnya.

Misalnya ada cafe yang memang khusus ditujukan untuk keluarga. Ada pula cafe yang memang target pasarnya adalah anak muda. Lalu, ada juga cafe mewah yang target pasarnya kelas menengah ke atas.

Nah kalau untuk usaha cafe modal 5 juta, ada baiknya untuk Anda memasang pasar pada orang-orang kelas menengah dan anak muda. Tetapi itu hanya saran saja, tergantung bagaimana konsep cafe Anda nanti.

5. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar ini masih tergolong sebagai tahap persiapan dan juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan sebelum membuka usaha cafe.

Memang Anda hanya menjalankan usaha modal 5 juta, tapi tidak ada salahnya kalau Anda juga harus melakukan riset pasar. Sebab, pasar yang bagus juga tentunya akan memberikan untung besar.

Riset ini bisa Anda lakukan dengan melakukan observasi pada bisnis cafe saat ini. Anda juga bisa mengobrol dengan orang-orang yang memang sudah sukses di dunia bisnis cafe. Bila ingin hasil yang lebih bagus lagi, Anda bisa membuat kuesioner sendiri yang nantinya akan Anda bagikan ke banyak orang.

Dengan begitu, Anda akan lebih bisa melihat kira-kira konsep dan produk apa yang sebaiknya Anda jual pada calon konsumen.

tips usaha cafe modal 5 juta

6. Pikirkan Konsep dan Branding dari Sebuah Cafe

Setiap cafe tentunya punya ciri khas masing-masing, khususnya dari segi konsep yang mereka berikan. Hal ini bisa meliputi gaya arsitektur, jenis minuman, desain interior, maupun sistem pelayanannya.

Sebagai contoh, kalau saat ini banyak usaha cafe kekinian yang bergaya industrial atau minimalis. Ini cocok untuk anak muda. Sementara gaya tradisional lebih cocok untuk kalangan keluarga. Anda juga bisa melakukan mix pada berbagai konsep ini.

Meskipun Anda hanya memiliki usaha cafe modal 5 juta, tetapi kalau punya keunikan, pastinya akan jadi kelebihan tersendiri.

7. Pilih Lokasi yang Sesuai

Lokasi cafe juga menjadi hal yang penting. Ada baiknya untuk Anda memikirkan untuk membuka di lokasi yang strategis. Masalah lahan parkir juga harus jadi pertimabangan Anda.

Namun jika memang Anda sumber dayanya terbatas, Anda bisa memanfaatkan rumah sendiri atau tempat yang Anda miliki. Apalagi kalau Anda memang berniat membuka usaha cafe modal 5 juta, tinggal kreasikan sebaik dan senyaman mungkin.

8. Carilah Karyawan yang Kompeten

Tips ini sangat berguna kalau Anda hendak mempekerjakan karyawan di cafe Anda. Rekrutlah orang yang memang kompeten untuk bekerja sebagai barista atau cook helper.

Memang mereka tidak harus yang sudah terjun selama bertahun-tahun, tetapi setidaknya carilah karyawan yang mau untuk terus belajar. Kalau masalah ilmu, tentunya Anda adalah seseorang yang harus menjadi mentor bagi mereka. Sehingga mereka bisa terus berkembang.

9. Buat Strategi Pemasaran yang Baik

Pemasaran adalah kunci dari kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan budget. Walaupun hanya usaha cafe modal 5 juta, Anda tetap bisa menggaet konsumen secara luas.

Selain secara konvensional melalui mulut ke mulut, kini Anda bisa memanfaatkan platform digital. Misalnya adalah dengan menggunakan layanan iklan dari Instagram atau TikTok.

10. Kelola Akun Media Sosial Anda

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, media sosial ini sangat penting untuk membantu keberlangsungan usaha Anda. Baik itu usaha cafe modal 5 juta atau yang sudah besar, hampir semuanya sudah punya akun media sosial.

Apalagi kalau Anda sudah punya basis konsumen yang mulai berkembang. Dengan post yang selalu update mereka bisa mengetahui kalau cafe Anda masih beroperasi. Mereka juga bisa mengetahui apa saja makanan atau minuman yang Anda jual.

usaha cafe modal 5 juta yang menguntungkan

11. Berikan Suasana Nyaman di Cafe Anda

Meskipun hanya sekedar usaha cafe modal 5 juta, masalah kenyamanan juga harus jadi prioritas. Anda bisa memberikan bangku serta meja dengan posisi yang ergonomis. Dekorasi dan lighting juga bisa Anda tambahkan di cafe Anda.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membeli speaker untuk memutar musik agar suasana cafe bisa lebih hidup. Musik ini juga setidaknya bisa menyesuaikan dengan karakter pelanggan Anda.

Kalau mereka merasa nyaman, tentunya mereka akan mempertimbangkan cafe Anda menjadi salah satu favorit.

12. Ikuti Tren Terkini

Dalam dunia kuliner, tren juga turut memengaruhi pasar. Jadi, Anda setidaknya harus mengikuti perkembangan tren terkini mengenai minuman atau makanan yang cocok untuk menu Anda.

Tren ini juga bisa sangat berguna untuk bagaimana penerapan pemasaran media sosial Anda.

13. Lakukan Kerjasama dengan Sistem Pembayaran dan Aplikasi

Sekarang adalah era cashless, tentu orang akan senang bila cafe modal 5 juta Anda menyediakan opsi tersebut. Kemudian, Anda juga bisa bekerjasama dengan Gojek, Grab, atau Shopee untuk opsi delivery.

14. Berikan Pelayanan yang Baik pada Konsumen

Konsumen tentunya akan sangat senang bila mereka dilayani dengan baik. Oleh karena itu, ada baiknya untuk Anda menerapkan aturan mengenai bagaimana standar operasional prosedur di cafe. Apalagi kalau Anda memiliki karyawan.

Sapalah mereka ketika datang, berikan senyum, dan ucapkan terimakasih setelah mereka pergi. Upayakan layanan yang benar-benar bisa memuaskan pelanggan.

15. Berikan Promo

Semua orang pasti suka dengan promo. Nah Anda bisa menerapkan hal-hal seperti diskon, buy 2 get 1, atau potongan harga bila menggunakan aplikasi tertentu.

usaha cafe modal 5 juta yang menjanjikan

16. Buat Konsumen Bisa Memberikan Kritik dan Saran

Kritik dan saran konsumen adalah kunci untuk pengembangan usaha Anda. Untuk itu, Anda bisa mendengarkan keluhan konsumen atau menyediakan tempat kritik dan saran baik itu secara fisik maupun virtual.

17. Evaluasi secara Berkala

Dari operasional usaha cafe modal 5 juta Anda sejauh ini dan masukan dari konsumen, ada baiknya untuk Anda melakukan evaluasi secara berkala. Untuk itu, Anda bisa melibatkan orang-orang yang berperan dalam usaha Anda.

Memang usaha cafe modal 5 juta ini kelihatannya sederhana. Namun dengan sentuhan kreativitas Anda dan menerapkan tips-tips di atas, tentunya cafe Anda bisa semakin memiliki nilai jual. Semoga dalam waktu dekat Anda bisa segera membuka usaha cafe modal 5 juta tersebut ya!

Bagikan :
There are currently no comments.