021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek? Yuk, Simak disini

Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek Dagang?

Anda perlu tahu berapa lama proses pendaftaran merek, banyak orang mengira bahwa prosesnya juga cepat. Padahal, kenyataannya tidak secepat itu. Pengajuannya mungkin bisa Anda lakukan secara cepat, tetapi proses verifikasinya tetap membutuhkan beberapa waktu. Pihak DJKI tidak akan asal meloloskan sebuah merek.

Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek Hingga Mendapatkan Sertifikat Merek

Jawabannya ada pada penjelasan berikut adalah rinciannya.

1. Pendaftaran merek
Langkah pertama yang Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran dengan menghubungi Patendo. Langkah ini bisa Anda lalui dengan sangat mudah selama Anda sudah mempersiapkan persyaratan yang diminta.

2. Pemeriksaan Formalitas
Kemudian anda harus menunggu pihak DJKI untuk melakukan pengecekan berkas.
Waktu untuk pemeriksaan formalitas ini maksimal adalah 15 hari. Jika berkas sudah lengkap, Anda pun bisa langsung ke tahap selanjutnya. Jika berkas tidak lengkap, Anda bisa melengkapinya atau permohonan akan ditarik kembali.

3. Pengumuman Ada atau Tidak Keberatan
Setelah berkas lengkap, Anda pun masih menunggu paling lama 2 bulan untuk mengetahui apakah ada keberatan atau tidak. Jika tidak ada keberatan, Anda bisa langsung ke tahap berikutnya.
Namun, jika ternyata ada keberatan, pemohon perlu menerima keberatan tersebut. Lalu, pemohon bisa memberi sanggahan sampai tidak ada lagi keberatan. Jika Anda mengalami kendala adanya keberatan, ada tambahan waktu sekitar 30 hari lagi sampai DJKI menyatakan permohonan Anda tidak ada keberatan.

4. Pemeriksaan Substansif
Selanjutnya, ada proses pemeriksaan substansif yang membutuhkan waktu paling lama 150 hari. Di sini, permohonan Anda akan benar-benar diperiksa. Jika disetujui, merek Anda siap terdaftar di DJKI. Jika tidak, Anda bisa mengajukan tanggapan atau banding yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

5. Penerbitan Sertifikat
Setelah semua proses pemeriksaan selesai, Anda pun akan menerima sertifikat. Penerbitan sertifikat ini tidak akan lama setelah pengajuan Anda disetujui.
Jadi, berapa lama proses pendaftaran merek? Jika tidak ada kendala, Anda bisa mendapatkan sertifikat dalam waktu kurang lebih 18 bulan.

Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek Dagang Hingga Mendapatkan Sertifikat Merek

Manfaat Memiliki Merek yang Terdaftar

Dengan proses pendaftaran merek yang membutuhkan waktu yang panjang, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang harus mendaftarkan merek mereka. Apakah proses yang rumit setimpal dengan manfaat yang akan pebisnis dapatkan?

Melihat berapa lama proses pendaftaran merek, DJKI benar-benar memastikan bahwa merek yang Anda ajukan unik dan cocok untuk bisnis Anda. Terlebih, pengajuan merek ini nantinya berkaitan dengan legalitas. Jadi, wajar jika proses pengajuannya lama. Lalu, setelah berhasil mendaftarkan merek, manfaat berikut akan segera Anda dapatkan.

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Manfaat pertama setelah Anda menghabiskan waktu dan tenaga untuk mendaftarkan merek, Anda akan mendapatkan perlindungan hukum. Perlindungan hukum ini berlaku selama 10 tahun dan Anda bisa memperpanjangnya ketika jangka waktunya habis.Bentuk perlindungan apa yang akan Anda dapatkan?

Anda akan menjadi pemilik merek yang legal. Jika ada orang yang menggunakan merek yang sama seperti merek Anda, Anda pun bisa mengajukan gugatan.

Manfaat ini memang terdengar sepele, tetapi sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis. Anda tentu tidak ingin brand yang Anda bangun diambil orang, bukan? Oleh karena itu, jangan hanya memikirkan berapa lama proses permohonan pendaftaran merek, Anda harus mempertimbangkan manfaat ini.

2. Menjadi Identitas Resmi Bisnis

Pada era teknologi seperti sekarang, tidak ada produk yang benar-benar unik, sama seperti tidak ada ide yang benar-benar original. Anda perlu identitas untuk menjadikan produk Anda unik. Inilah fungsi penting dari merek.

Dengan mendaftarkan merek, produk Anda akan memiliki identitas sendiri. Identitas tersebut mengandung keunikan yang mencerminkan produk Anda. Kemudian, karena merek tersebut sudah terdaftar dan menjadi hak milik Anda, proses pengembangan brand pun bisa segera Anda lakukan.

Untuk Anda yang mempertimbangkan proses pendaftaran merek berapa lama, sebaiknya pertimbangkan juga manfaat lainnya. Meskipun prosesnya lama dan rumit, manfaat memiliki merek yang terdaftar sangat berdampak baik bagi bisnis Anda.

3. Membedakan Diri dan Pesaing

Selanjutnya, manfaat ini juga berkaitan dengan manfaat merek sebagai identitas. Di antara produk serupa yang ada di pasaran, merek akan membedakan produk Anda dengan produk orang lain. Misalnya, Anda memiliki usaha kukis. Orang yang memiliki usaha ini sudah banyak. Lalu, apa yang membedakan kukis Anda dengan kukis orang lain?

Cara paling mudah untuk membedakannya adalah dari nama. Selanjutnya, orang lain bisa memberikan perbedaan lain, misalnya dari segi rasa, bentuk, atau harga. Dalam hal ini, merek menjadi identitas pertama yang pelanggan lihat. Jika merek Anda kurang familier dan masih kalah dibandingkan dengan pesaing, PR Anda adalah meningkatkan branding agar merek Anda lebih bagus atau setidaknya sejajar dengan pesaing.

Sebelum melakukan branding dan segala kebutuhan pemasaran lainnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan merek dagang. Waktu Anda untuk menunggu berapa lama proses pendaftaran merek tidak ada apa-apanya jika kita bandingkan dengan manfaatnya.

4. Memudahkan Proses Pemasaran

Kemudian, setelah berhasil mendaftarkan merek, Anda pun bisa lebih leluasa dalam melakukan pemasaran. Anda sudah memiliki brand yang siap Anda bangun. Langkah selanjutnya adalah merancang strategi pemasaran untuk membangun brand Anda. Bayangkan jika Anda tidak memiliki merek? Anda akan bingung menyebut nama produk yang ingin Anda pasarkan.

Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki merek, tetapi belum mendaftarkan merek tersebut, Anda harus siap jika ternyata nama yang Anda gunakan sudah terdaftar sebagai merek pebisnis lain. Anda mau tidak mau harus mengganti merek. Usaha membangun brand pun akan sia-sia.

Supaya bisnis Anda berjalan lancar, Anda perlu pintar melihat peluang. Jika Anda merasa bisnis Anda potensial untuk berkembang, pikirkanlah untuk mendaftarkan merek sambil mengembangkan bisnis.

5. Peluang Mengembangkan Bisnis Lebih Terbuka

Terakhir, setelah Anda memiliki merek sendiri, Anda pun memiliki peluang yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis. Peluang ini tidak hanya berkaitan dengan pemasaran, tetapi juga kemudahan dalam mendapatkan modal.

Anda bisa mencari investor untuk menanamkan modal ke bisnis. Ini adalah salah satu fungsi memiliki merek yang terdaftar. Lalu, satu hal yang tak kalah penting, untuk mengantisipasi menunggu berapa lama proses pendaftaran merek, Anda bisa menggunakan jasa konsultasi HKI Patendo. Penyedia jasa Patendo akan memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan lebih besar berpeluang diterima pendaftaran mereknya.

Bagikan :
There are currently no comments.