021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Daftar Merek Dagang Beserta Biaya dan Syaratnya 2022

Syarat dan cara daftar merek dagang agar diterima tanpa ribet. Yuk, simak pembahasannya disini. Sudahkah Anda mengurus proses daftar merek dagang? Anda perlu melakukan pendaftaran merek secepatnya. Pendaftaran merek dagang memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda sebagai pebisnis. Merek dagang bisa menjadi salah satu aset bisnis Anda.

Tak hanya itu, dengan mematenkan merek, Anda pun akan mendapatkan perlindungan hukum. Jika proses daftar merek dagang sudah berhasil, orang lain tidak boleh menggunakan merek tersebut.
Jika orang lain menggunakannya, Anda pun bisa menuntutnya karena orang yang pertama kali mendaftarkan merek adalah pemegang merek tersebut.

Daftar Merek Dagang

Syarat Daftar merek Dagang

Lalu, manfaat lainnya dari daftar merek adalah merek dagang akan menjadi identitas bisnis. Setelah merek Anda terdaftar di HKI, Anda bisa langsung melakukan branding. Anda bisa membangun nama merek tersebut hingga dikenal luas oleh masyarakat. Produk yang Anda jual pun akan lebih mudah diterima masyarakat.

Dengan segala manfaat tersebut, jika Anda sudah melihat usaha Anda berkembang dengan baik, segera pikirkan untuk mendaftar merek dagang. Segala keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan. Lalu, apa saja syarat daftar merek dagang? Berikut yang perlu Anda siapkan.

1. Label Merek

Syarat daftar merek dagang yang pertama adalah menyediakan label merek. Anda harus memiliki merek yang merepresentasikan bisnis Anda, entah itu barang atau jasa. Ada banyak ketentuan yang harus Anda penuhi terkait merek, terutama berkaitan dengan orisinalitasnya.

Anda perlu berkonsultasi dengan jasa pendaftaran merek Patendo agar pemilihan label tidak menyalahi aturan. Patendo sekaligus akan membantu proses daftar merek sehingga lebih mudah.

2. Tanda Tangan dari Pemohon

Kemudian, proses daftar merek berhubungan dengan hukum di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, tanda tangan Anda sebagai pemohon pun diperlukan untuk proses legalitas.

3. Data Pendaftar

Data pendaftar seperti KTP juga diperlukan untuk pendaftar pribadi. Sedangkan untuk pendaftar perusahaan diperlukan NPWP perusahaan dan KTP Direktur.

Tips Supaya Daftar Merek Dagang Cepat Diterima

Tips Supaya Daftar Merek Dagang Cepat Diterima

Hal yang paling penting dalam proses daftar merek dagang adalah pemilihan label merek atau nama. Seperti yang kita ketahui bersama, di era yang sudah canggih seperti ini, kreativitas kita tidak benar-benar orisinal. Apa yang Anda ciptakan mungkin saja sama dengan yang orang lain ciptakan.

Inilah alasan mengapa Anda harus segera daftar merek dagang. Anda bisa registrasi merek sehingga tidak mungkin diplagiasi oleh orang lain. Namun, sebelum itu, Anda harus mengurus proses daftar merek yang mana ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, terutama yang berkaitan dengan nama merek. Agar semua proses daftar merek dagang berjalan lancar, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Merek Tidak Mengandung Nama yang Pasaran

Poin pertama berkaitan dengan nama atau label merek yang akan Anda daftarkan. Anda perlu memastikan bahwa merek yang Anda pakai tidak mengandung nama pasaran. Maksud nama pasaran di sini adalah nama jenis yang memang umum dipakai oleh masyarakat.

Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha ayam geprek. Lalu, Anda ingin mendaftarkan merek dagang dengan nama “Ayam Geprek”. Daftar merek seperti ini pasti akan ditolak. Merek “ayam geprek” tidak mengandung kekhasan yang bisa Anda jadikan sebagai identitas.

Anda bisa menambahkan nama Anda, akronim, atau apa pun yang menjadi kekhasan produk ayam geprek milik Anda. Jadi, jangan hanya nama jenisnya produk saat mengajukan daftar merek dagang. Pengajuan Anda pasti tidak akan berhasil.

2. Merek Terhindar dari Unsur SARA

Selanjutnya, masih berkaitan dengan nama merek, Anda juga perlu memastikan bahwa merek tidak mengandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan). Sebagai negara dengan suku dan budaya yang majemuk, Anda tidak diizinkan untuk daftar merek dagang yang di dalamnya ada unsur SARA, misalnya “Ayam Geprek Cina”. Merek tersebut sudah pasti tidak akan lolos.

Jika Anda ingin memberikan sentuhan yang lebih personal pada produk Anda yang berkaitan dengan asal daerah, Anda tidak perlu mencantumkannya pada merek. Kekhasan yang bersifat kedaerahan bisa Anda pakai sebagai deskripsi merek, bukan nama merek. Ini terlihat sepele, tetapi sangat penting dalam proses daftar merek dagang.

Jika kita melihat merek yang ada di sekitar, tidak ada merek yang mengandung unsur SARA. Bahkan, di dunia kuliner yang produknya mencerminkan sebuah suku, nama suku tersebut tidak ikut terdaftar dalam daftar merek dagang.

3. Merek Tidak Mengganggu Ketertiban Umum

Kemudian, tips daftar merek dagang yang ketiga juga masih berkaitan dengan nama merek. Satu hal lainnya yang perlu Anda perhatikan terkait merek adalah pastikan merek Anda tidak melanggar ketertiban umum.
Anda pasti bertanya-tanya bagaimana sebuah merek bisa sampai mengganggu ketertiban umum.

Meskipun tidak menggunakan kata-kata yang mengandung SARA, nama merek Anda bisa saja mengganggu ketertiban umum. Misalnya, jika Anda melakukan daftar merek dagang dengan nama-nama yang vulgar.
Anda pun pasti akan mengernyitkan dahi jika mendengar ada orang yang daftar merek dengan nama yang vulgar. Meskipun menunjukkan keunikan, hal tersebut tidak dibenarkan.

Lalu, sama seperti Anda, masyarakat Indonesia masih tidak bisa menoleransi kata-kata yang vulgar atau yang mengandung umpatan. Hal tersebut bisa mengganggu ketertiban umum, apalagi jika dipakai dalam proses daftar merek.

Saat produk Anda sudah besar nanti, nama tersebut akan menjadi masalah. Ini juga menjadi perhatian saat proses daftar merek dagang. Tidak ada nama dengan unsur vulgar yang lolos proses daftar merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, pihak yang berwajib pasti mengantisipasinya dengan memperketat proses daftar merek dagang. Oleh karena itu, pengajuan daftar merek dengan nama-nama yang vulgar sebaiknya Anda hindari.

4. Merek Tidak Mengandung Informasi yang Menyesatkan

Selanjutnya, nama merek juga sebisa mungkin tidak mengandung informasi-informasi yang menyesatkan. Beberapa orang mungkin menganggap merek sebagai bagian dari gimmick pemasaran. Oleh karena itu, saat daftar merek dagang, mereka menggunakan nama-nama yang mengandung informasi yang salah.

Merek yang mengandung informasi yang salah, apalagi menyesatkan, tidak akan lolos saat daftar merek. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham juga pasti akan sangat selektif berkaitan dengan hal tersebut.

Jadi, pastikan menggunakan nama yang unik, tetapi tidak mengandung SARA, tidak menggunakan kata-kata yang vulgar, dan tidak mengandung informasi yang salah. Semua ini perlu Anda pertimbangkan agar saat daftar merek segera lolos.

5. Merek Masih Orisinal atau Belum Didaftarkan Orang Lain

Lalu, syarat agar proses daftar merek yang satu ini adalah yang paling penting. Masih berkaitan dengan nama merek, Anda perlu memastikan bahwa merek tersebut benar-benar masih orisinal. Kata orisinal di sini berarti belum ada satu orang pun yang menggunakan nama tersebut.

Ini adalah bagian paling sulit. Pasalnya, ada banyak sekali merek yang ada di sekitar kita. Anda mungkin saja menggunakan kata-kata yang sama untuk merek Anda tanpa unsur sengaja. Namun, hal ini tidak boleh terjadi dalam proses daftar merek. Pengecekan harus Anda lakukan dengan teliti.

Jika Anda ternyata menggunakan nama yang sudah ada, proses daftar merek tidak akan berhasil. Jadi, percuma Anda sudah menunggu lama, hasilnya tetap tidak akan seperti yang Anda harapkan.

Tips paling ampuh jika Anda ingin segala proses daftar merek berjalan dengan baik adalah dengan menggunakan jasa konsultasi HKI. Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan hal-hal terkait pendaftaran merek yang rumit.

Kemudian, Anda juga tidak perlu susah-susah untuk mempersiapkan hal-hal lain berkaitan dengan persyaratan daftar merek. Penyedia jasa konsultasi HKI pasti akan membantu semua saat daftar merek.
Jasa konsultasi yang sudah berpengalaman sudah menangani banyak proses daftar merek.

Anda juga akan mendapatkan konsultasi terkait nama yang baik dan cocok untuk jenis usaha Anda. Jadi, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Sekarang ini, orang-orang bisa menggunakan konsultan HKI Patendo untuk daftar merek secara mudah. Konsultan HKI Patendo akan mengurus persyaratan saat daftar merek sehingga anda tidak perlu bingung.
Daripada membuang-buang waktu, penyedia jasa konsultasi daftar merek adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin mengurus merek dengan cepat dan tepat.

Mudahnya Daftar Merek Dagang Melalui Konsultasi HKI

Biaya Daftar Merek Dagang

Biaya pendaftaran merek untuk pribadi daqn perorangan sebesar Rp 2.800.000. Biaya pengecekan merek sebesar Rp 100.000 per merek per kelas. Silahkan email ke cs@patendo.com untuk pengecekan merek terlebih dahulu. Silahkan email:

    1. Nama merek yang ingin anda daftarkan.
    2. Jenis barang/jasa/usahanya berupa apa aja
    3. 3. Nama pendaftar.
    4. Nomor W A pendaftar.

Pengecekan merek 2 hari kerja, jika hasil pengecekan kosong atau belum ada yang memiliki meek tersebut maka merek bisa didaftarkan. Jika ternyata saat pengecekan merek tersebut ada yang sama dengan merek yang sudah ada maka perlu pengecekan ulang dengan biaya Rp 50.000 per merek per kelas. Proses permohonan pendaftaran merek akan selesai dalam 3 hari kerja terhitung dari tanggal dokumen sudah ditandatangani dan sudah diemail ke Patendo.

Mudahnya Daftar Merek Dagang Online Melalui Konsultasi HKI

Ada banyak tips daftar merek yang memang bisa Anda ikuti agar proses pengajuan segera diterima. Namun, ternyata praktiknya tidak semudah apa yang sudah dibahasakan. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin menggunakan jasa konsultasi HKI, ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Manfaat apa yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa konsultasi HKI? Berikut adalah lima manfaat paling utama yang akan Anda rasakan, terutama untuk proses daftar merek.

1. Proses Daftar Merek Dagang Tidak Rumit

Agar semua proses daftar merek menjadi lebih mudah, menggunakan jasa konsultasi HKI adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu berdiskusi dengan penyedia jasa konsultasi HKI saat daftar merek dagang. Kemudian, penyedia jasa akan mengurus segala proses lanjutannya.

2. Mengurangi Risiko Permohonan Ditolak

Karena penyedia jasa konsultasi sudah menangani banyak proses daftar merek dagang online, sedikit sekali kemungkinan permohonan Anda ditolak. Penyedia jasa yang profesional akan memastikan bahwa pengajuan daftar merek dagang mempunyai peluang diterima. Anda akan ditemani dari proses daftar merek dan akan dilengkapi persayaratannya oleh konsultan HKI.

3. Memberikan Konsultasi, Tidak Sekadar Mendaftarkan Merek

Jasa konsultasi HKI tidak hanya bertugas untuk mengiringi proses daftar merek, mereka juga bertugas untuk memberikan konsultasi. Yang paling susah dalam prosedur daftar merek dagang adalah yang berkaitan dengan nama. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa konsultasi HKI untuk mendapatkan nama yang tepat.

Untuk mengecek apakah merek yang akan Anda ajukan sudah ada yang memakai atau belum, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Jasa konsultasilah yang akan membantu mengeceknya. Mereka akan memastikan tidak ada masalah nama merek saat proses daftar merek.

4. Lebih Mudah Melakukan Inovasi

Pihak yang menyediakan jasa konsultasi HKI adalah orang-orang yang memiliki wawasan luas. Mereka umumnya tidak hanya mengurus proses daftar merek dagang untuk satu produk, tetapi banyak produk. Berdiskusi dengan mereka mungkin saja bisa memberikan suntikan ide pada Anda.

Setelah proses daftar merek dagang selesai, Anda bisa saja melakukan inovasi. Dalam hal ini, Anda tidak hanya meminta saran terkait bagaimana agar daftar merek dagang agar segera diterima, Anda juga berdiskusi terkait pengembangan merek.

Saat berbisnis, Anda tidak bisa berdiri sendiri. Anda harus bekerja sama dengan pihak lain. Selain dengan karyawan dan mitra bisnis lainnya, Anda juga perlu berdiskusi dengan beberapa konsultan, salah satunya adalah konsultan HKI. Patendo adalah solusi terbaik yang akan membantu anda  saat daftar merek dagang.

Bagikan :
There are currently no comments.