021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

√ 345+ Peluang Usaha 2021 Bisnis Untung Besar Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan

Bingung cari peluang bisnis ? Dapatkan √ 210+ peluang usaha 2021 untung besar dengan modal kecil cocok untuk Pns, ibu rumah tangga, mahasiswa & karyawan yang mau resign, bisa sukses !!! Dapatkan ulasannya disini.

40 Jenis Peluang Usaha

Ada berbagai macam dan jenis peluang usaha yang sangat bisa dilakukan. Nyaris semuanya menjanjikan prospek dan peluang menguntungkan. Selain itu, di era digital seperti saat ini memulai usaha juga tidak selalu membutuhkan modal besar.

Di bawah ini, merupakan daftar peluang usaha dan juga  bisnis. Peluang untuk memulai bisnis mulai dari startup, online, rumahan, bahkan yang bersifat freelance dan tidak memerlukan modal.

Blogger Reviewer

Peluang Usaha Online

1. Blogger Reviewer

Menjadi reviewer merupakan salah satu peluang bisnis online yang menguntungkan. Jenis bisnis ini juga sudah bukan hal yang baru, dan saat ini merambah ke banyak kanal lain selain blog.

Memulai bisnis ini juga sangat mudah. Serta nyaris tidak membutuhkan modal apapun. Selain tentu saja beberapa peralatan dasar seperti laptop, ponsel, serta koneksi internet. Bisnis ini juga sifatnya bisa dilakukan di rumah sehingga semakin memberikan keuntungan besar.

Bisnis sebagai reviewer, baik itu di kanal website, blog, ataupun YouTube, pastinya harus memiliki kemampuan tersendiri. Kemampuan menulis atau copywriting menjadi satu hal utama. Serta tentunya kepekaan untuk membuat review sebuah produk atau jasa dari klien.

Influencer

2. Influencer

Selain reviewer, influencer juga merupakan bisnis online yang menggiurkan. Sosok seorang influencer bukan hanya sekedar harus memiliki jumlah pengikut tertentu saja di media sosial. Melainkan juga mampu memberikan peran atau mempengaruhi para pengikut mereka.

Tidak heran bukan bila tarif seorang influencer bisa bernilai mulai dari jutaan sampai puluhan juta?

Influencer bukan hanya sekedar di Instagram saja. Sebaliknya malah. Influencer justru tersebar nyaris di semua kanal media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, sampai TikTok dan juga YouTube. Platform ini memiliki deretan influencer masing-masing dengan pengaruh yang besar untuk pengikut mereka.

Menjadi influencer juga nyaris tidak membutuhkan modal. Meski tentu dibutuhkan branding yang kuat serta kemampuan copywriting untuk bisa mempengaruhi pengikut mereka

3. Affiliate Marketing

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu bisnis online yang mudah dilakukan. Selain juga tidak memerlukan modal sama sekali. Asal memiliki website atau blog, maka bisa melakukan bisnis affiliate marketing.

Bisnis online ini juga mudah dilakukan. Bahkan juga bisa menjadi sampingan bila sembari menjalankan bisnis reviewer di blog atau sebagai influencer. Maka affiliate marketing akan semakin memberikan keuntungan besar.

Cara kerja bisnis ini dengan memasukkan sebuah link ke dalam postingan atau blog. Nantinya keuntungan akan didapatkan dari banyaknya pengunjung link tersebut. Biasanya akan ada ketentuan tersendiri apakah berdasarkan dari jumlah kunjungan dari link, penjualan atau bahkan mendaftar sebagai anggota.

Menariknya lagi, bisnis ini memberikan keuntungan karena cukup diletakkan link tersebut dan akan terus memberikan keuntungan. Bisa dikatakan sebagai pemasukan pasif dalam bisnis.

4. Domain dan Hosting

4. Domain dan Hosting

Bisnis satu ini memang membutuhkan kemampuan dan keahlian khusus. Namun memberikan keuntungan yang tidak kalah besar. Selain itu juga bisa dijalankan nyaris tanpa memerlukan modal sama sekali.

Bisnis domain atau hosting sangat dibutuhkan dengan berkembangnya dunia digital seperti saat ini. Terutama nyaris semua perusahaan atau mereka yang bekerja di bisnis online akan memerlukan website. Sehingga domain dan hosting akan menjadi bisnis dengan prospek menguntungkan.

Untuk menjalankan bisnis ini pastinya dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan khusus tentang hosting. Selain itu juga mengenai domain website, matric, dan lain-lain. Untungnya informasi mengenai hal ini mudah dipelajari sendiri jadi bisnis domain dan hosting juga masih sangat mungkin untuk dilakukan.

5. Penerbit Iklan

Penerbit iklan atau advertising publisher juga menjadi bisnis online lain yang menguntungkan. Sedikit berbeda dengan affiliate marketing, yang keuntungannya dinilai dari banyaknya klik atau pengguna dari link tersebut. Penerbit iklan mendapatkan keuntungan dari iklan yang diterbitkan melalui website dan blog.

Jadi tentu saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini merupakan website ataupun blog. Terutama website dan juga blog dengan jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi.

Iklan yang ditampilkan akan ada beberapa macam. Mulai dari iklan baris, banner, sampai juga iklan yang berada di dalam postingan. Bahkan juga iklan pop-up.

Keuntungan dari bisnis satu ini tidak kalah besar loh!

Peluang Usaha Freelance

6. Penulis Lepas

Peluang usaha freelance saat ini memang lebih banyak dilakukan secara online, dengan berbagai bidang berbeda. Salah satu bidang kerja freelance yang saat ini digemari dan menguntungkan merupakan penulis lepas.

Penulis lepas banyak dibutuhkan sebagai kontributor di website maupun blog. Pekerjaan utama para penulis ini tentu saja membuat artikel yang menarik untuk nantinya diterbitkan.

Bisnis ini juga semakin menguntungkan karena banyak perusahaan besar sekalipun yang mencari penulis online untuk mengisi artikel di blog maupun website mereka. Satu lagi, usaha satu ini juga tidak membutuhkan modal.

7. Mentorship

Memberikan mentor atau konsultasi juga menjadi satu usaha menggiurkan yang bisa dikerjakan secara freelance. Bila Anda memiliki kemampuan tertentu, terutama sudah menguasai bidang tersebut sepenuhnya, menjadi mentor merupakan pilihan usaha menggiurkan.

Saat ini mentorship atau konsultan sudah berkembang ke dunia digital. Pemberian materi, pelatihan, sampai diskusi dilakukan secara online. Baik itu melalui pesan di grup, sampai webinar.

Bidang materi yang biasanya banyak dicari dari mentorship ini misalnya seperti bisnis, copywriting, marketing, finansial parenting, sampai juga mengenai pengembangan diri. Tentunya agar usaha freelance ini berjalan dengan lancar, pastikan benar-benar menguasai bidang materi tersebut ya!

8. Web Designer

Ini dia pekerjaan yang sangat mungkin menjadi usaha freelance yang menggiurkan. Web designer memang akan sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Terlebih dengan meningkatnya penggunaan website untuk usaha serta bisnis.

Membangun usaha web designer freelance juga nyaris tidak memerlukan modal. Hanya komputer, koneksi internet, dan pastinya kemampuan untuk mendesain sebuah website menjadi tampilan menarik.

Untuk memulai bisnis ini, memiliki portofolio merupakan satu hal pasti dan penting. Jadi sebelum terjun ke bisnis tersebut, pastikan sudah lebih dulu memiliki portofolio dengan desain website yang keren untuk dapat menarik perhatian klien ya.

Keuntungan yang didapatkan dengan menjadi web desainer juga cukup besar untuk sebuah usaha freelance loh. Tergiur kan?

9. Desainer

Sama seperti web desainer, desainer juga sangat mungkin dilakukan sebagai usaha freelance. Desainer yang handal dibutuhkan untuk berbagai bidang industri. Baik itu untuk pemasaran dan branding, sampai juga desain tampilan postingan sosial media.

Usaha freelance desainer saat ini memang digemari dengan meningkatnya dunia digital. Perusahaan besar bahkan juga sektor UKM dan usaha kecil lain berbondong-bondong melakukan digital marketing. Dimana salah satunya akan bergantung pada tampilan desain.

Seperti juga usaha freelance lain, untuk menjadi desainer nyaris tidak dibutuhkan modal. Selain kemampuan dan juga kreativitas yang mampu menarik perhatian klien.

10. Fotografer

Usaha freelance lain yang wajib dilirik. Fotografer terbukti sebagai bisnis yang memberikan keuntungan besar. Terutama saat ini semakin banyak dibutuhkan fotografer untuk keperluan berbeda.

Peluang bisnis fotografer juga sudah sangat meluas. Mulai dari fotografer acara seperti untuk prewedding dan wedding, wisuda, arisan, ulang tahun, dan juga kegiatan-kegiatan lain. Sampai juga fotografer untuk iklan, pemotretan, kebutuhan media sosial seperti untuk influencer atau blogger, dan juga untuk company profile, misalnya.

Sedikit berbeda dengan usaha freelance lain, fotografer memang membutuhkan modal untuk membeli peralatan. Selain itu portofolio sang fotografer juga akan menjadi penentu tersendiri dari kesuksesan bisnis freelance fotografer satu ini.

Jenis Peluang Usaha Rumahan

11. Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan usaha rumahan yang sudah tidak asing lagi. Bisa dikatakan sebagai salah satu usaha dan bisnis rumahan yang sudah dilakukan dari berpuluh tahun lalu. Serta memberikan untung besar.

Dilakukan secara meluas, memang tidak perlu keraguan lagi bahwa usaha rumahan satu ini memberikan keuntungan besar. Selain itu toko kelontong yang dibuka di rumah juga tidak memerlukan biaya sewa tempat lagi.

Meski menguntungkan dan mudah dilakukan serta dikelola, usaha rumahan toko kelontong memang memerlukan modal tidak sedikit. Meski tentu saja, bukan tidak mungkin memulai usaha ini dari skala kecil terlebih dahulu. Misalnya dengan berjualan snack atau makanan kecil lain.

12. Bisnis Top-up

Bisnis rumahan satu ini juga terus mengalami peningkatan. Serta masih memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain pastinya, mudah dikelola dan dijalankan dari rumah.

Seperti namanya, usaha ini merupakan jasa untuk membantu top-up. Mulai dari pengisian pulsa elektrik dan paket internet, listrik prabayar, sampai juga top up untuk e-money yang saat ini juga sedang banyak digunakan.

Usaha rumahan satu ini selain mudah dilakukan, juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan perputaran modal untuk usaha ini bisa dibilang cepat. Satu alasan tersendiri mengapa banyak yang masih melakukan usaha rumahan top-up, dengan berbagai variasi berbeda.

13. Usaha Kue dan Makanan Ringan

Berjualan kue di rumah juga menjadi usaha lain yang terbukti dapat mendulang sukses. Kue dan makanan ringan yang dijual bisa buatan tersendiri atau pun mendapatkan dari distributor atau bakery lain. Tentu saja, kue dan makanan ringan buatan rumahan tersendiri akan lebih menarik perhatian.

Beberapa kue yang bisa dijual menjadi bisnis seperti:

1. Brownies
2. Cupcake atau kue mangkok
3. Kukis
4. Donat
5. Bolu
6. Blackforest
7. dan lain-lain

Selain itu juga bisa mencoba menjual makanan ringan seperti risoles, kroket, keripik, dan lain-lain. Makanan ringan seperti ini memang sangat lebih disukai bila dibuat secara rumahan. Sehingga nyaris memastikan bisnis ini akan meraih sukses.

14. Warung Makan

Usaha rumahan lain yang juga sama-sama menguntungkan merupakan warung makan. Tentu saja untuk bisa memulai usaha ini, lebih dulu harus memastikan memang memiliki kemampuan memasak. Sanggup membuat masakan dengan rasa yang enak.

Warung makan merupakan usaha rumahan yang sudah tidak asing lagi. Bahkan sama seperti toko kelontong, warung makan sebagai usaha rumahan sudah dilakukan sejak dulu. Tentunya juga tidak kalah mendapatkan sukses.

Untuk memulai bisnis warung makan rumahan memang tidak bisa tanpa modal. Selain kemampuan memasak, juga pastikan tempat tinggal cukup untuk memulai usaha rumahan satu ini. Selain itu juga pastikan lingkungan memang tepat untuk berbisnis rumahan warung makan.

15. Penjahit Rumahan

Memiliki kemampuan menjahit? Membuka usaha tailor rumahan di rumah bisa jadi pilihan. Usaha satu ini tidak membutuhkan modal yang besar. Selain hanya mesin jahit dan juga kemampuan untuk jahit saja.

Meski tidak membutuhkan modal besar, usaha tailor rumahan justru menjanjikan prospek keuntungan. Usaha ini juga memberikan peluang yang besar serta pastinya menguntungkan. Tidak heran bila sampai sekarang juga masih banyak yang memulai usaha tailor atau penjahit rumahan.

Usaha penjahit rumahan tepat bila tempat tinggal berada di lingkungan padat. Penjahit bisa dilakukan mulai dari untuk memperbaiki kerusakan pada baju, sampai juga sepenuhnya membuat baju baru. Tinggal disesuaikan saja dengan keahlian.

16. Jasa Laundry

Usaha rumahan lain yang bisa dilakukan merupakan laundry. Bisnis laundry memberikan keuntungan yang sangat besar. Terutama bila tempat tinggal berada di lingkungan yang tepat. Seperti di lingkungan padat penduduk dimana kebanyakan adalah pekerja, dekat dengan rumah kos mahasiswa atau karyawan.

Jenis usaha jasa laundry bisa dikatakan salah satu yang memberikan keuntungan besar dengan modal relatif kecil. Selain itu sebagai usaha rumahan, laundry juga tidak memerlukan ruangan khusus yang besar. Bahkan bisa saja digunakan di tempat yang sama untuk mencuci pakaian sehari-hari.

Agar usaha jasa laundry semakin sukses, jangan ragu untuk memberikan promosi maupun penawaran-penawaran menguntungkan untuk para pelanggan.

17. Rental Komputer atau PlayStation

Rental juga masih menjadi peluang usaha rumahan yang layak dilirik. Usaha rental rumahan untuk di rumah bisa berupa rental atau penyewaan game PlayStation sampai komputer. Tinggal disesuaikan dengan budget dan juga lingkungan tempat tinggal.

Persewaan atau usaha rental seperti PlayStation dan komputer sepertinya memang sudah ketinggalan jaman. Padahal nyatanya kedua usaha ini masih menjadi peluang bisnis yang memberikan keuntungan besar. Usaha ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus, selain mampu untuk mengoperasikan komputer dan juga PlayStation.

Walau begitu, berbeda dengan jenis usaha rumahan lain, rental atau persewaan membutuhkan modal yang cukup besar.

18. Warung Kopi

Sama juga dengan toko kelontong maupun warung makan, warung kopi juga sebagai usaha rumahan yang banyak dilakukan. Warung kopi menjadi pilihan usaha rumahan yang tepat bila lingkungan sekitar banyak orang yang gemar nongkrong. Para muda mudi, bapak-bapak, bahkan ibu rumah tangga yang mungkin senang menghabiskan waktu bersama-sama.

Di lingkungan seperti ini, usaha warung kopi jadi pilihan yang tepat.

Usaha warung kopi juga tidak menuntut kemampuan memasak seperti warung makan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha rumahan warung kopi ini juga tidak sebesar toko kelontong. Sehingga jadi pilihan paling pas bila memiliki modal terbatas serta tidak mempunyai kemampuan memasak.

19. Tempat Cuci Motor

Rumah berada di pinggir jalan atau memiliki lahan yang luas? Usaha tempat cuci motor bisa jadi pilihan. Seperti juga beberapa usaha rumahan lain, untuk membuka tempat cuci motor tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bahkan tidak banyak modal yang akan diperlukan untuk memulai usaha ini.

Tidak butuh modal besar dan juga keahlian, untuk memulai usaha tempat cuci motor hanya diperlukan lokasi yang tepat. Terutama bila membuka usaha ini di rumah. Ketersediaan air dan sistem pembuangan air kotor juga harus jadi perhatian.

Agar usaha tempat cuci motor laris, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti menyediakan berbagai promosi dan juga voucher untuk potongan harga.

20. Agen

Menjadi agen juga merupakan peluang bisnis rumahan yang akan terbukti sukses. Baik itu agen untuk gas LPG, sampai agen beras akan bisa dilakukan di rumah. Tentunya dengan cara mudah dan tidak membutuhkan kemampuan khusus pula.

Usaha rumahan sebagai agen sebenarnya menjadi salah satu peluang yang menguntungkan. Terutama bila di rumah juga memiliki usaha lain seperti toko kelontong. Maka usaha agen ini akan semakin memberikan keuntungan besar.

Hanya saja meski tidak membutuhkan kemampuan khusus, menjadi agen sebenarnya membutuhkan modal yang cukup besar. Sebanding dengan keuntungan besar yang juga bisa didapatkan dengan menjadi agen beras atau LPG pula.

21. Percetakan dan Pengetikan

Usaha rumahan satu ini juga menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Percetakan dan pengetikan merupakan dua usaha rumahan yang mudah dan bisa dilakukan nyaris tanpa memerlukan modal. Hanya dengan ber.bekal komputer, printer, dan mungkin kemampuan untuk mengetik.

Memulai usaha pengetikan juga sangat mudah. Terutama untuk rumah yang berada di lingkungan sekolah atau kampus. Maka usaha ini sudah pasti akan semakin tepat dan cocok untuk dijalankan.

Untuk percetakan sendiri, usaha ini bisa dimulai dari percetakan dokumen sampai untuk mencetak foto. Tentunya agar usaha ini lancar diperlukan printer dengan kemampuan mencetak foto dan dokumen yang cukup mumpuni.

22. Potong Rambut Rumahan

Potong rambut rumahan juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Terutama bila tempat tinggal berada di lokasi padat penduduk, maka usaha rumahan satu ini akan semakin dibutuhkan.

Potong rambut rumahan memang menjadi versi sederhana dari salon kecantikan. Biasanya ditujukan untuk anak-anak atau orang dewasa yang hanya membutuhkan potongan rambut sederhana dan cepat. Tentunya juga dengan harga yang lebih terjangkau dari salon.

Memulai usaha ini tidak dibutuhkan modal besar. Justru sebaliknya. Hanya dengan bermodalkan peralatan potong rambut dan juga keahlian khusus untuk memotong rambut maka sudah akan bisa memulai usaha satu ini.

23. Salon Kecantikan

Selain potong rambut rumahan, salon kecantikan juga bisa menjadi alternatif untuk usaha rumahan. Meski tentunya untuk usaha rumahan satu ini akan dibutuhkan kemampuan serta peralatan lebih.

Usaha salon kecantikan rumahan bisa dimulai dengan cukup sederhana dan mudah. Misalnya saja memulai dengan menyediakan perawatan rambut dan wajah, seperti:

1. Creambath
2. Blow dry
3. Hair mask
4. Facial
5. Peeling
6. Masker
7. Lulur
8. dan lain-lain

Perawatan kulit wajah dan rambut ini banyak dibutuhkan, terutama untuk ibu-ibu dan remaja di daerah rumahan. Adanya salon kecantikan rumahan juga pastinya memberikan harga yang lebih terjangkau untuk perawatan tersebut dibandingkan di pusat kecantikan besar. Usaha ini juga bisa digabungkan dengan potong rambut agar lebih lengkap serta menarik.

24. Katering Makanan Sehari-hari

Katering merupakan satu usaha kuliner yang semakin merebak. Menariknya, katering bukan hanya untuk acara-acara saja, seperti pernikahan dan lain-lain. Saat ini sudah banyak usaha kuliner rumahan yang menawarkan katering untuk sehari-hari.

Usaha katering untuk sehari-hari akan sangat cocok ditujukan pada konsumen pekerja kantoran, karyawan, sampai mahasiswa. Mereka biasanya terlalu sibuk dan tidak sempat untuk memasak sendiri. Sehingga katering akan menjadi jawaban paling mudah untuk mendapatkan makanan rumahan dengan harga terjangkau.

Usaha katering makanan sehari-hari akan lebih menarik bila menawarkan menu berbeda untuk para konsumen. Biasanya katering yang ditawarkan untuk makanan siang dan juga malam.

25. Katering Sehat atau Diet

Jenis katering lain selain untuk acara dan makanan sehari-hari merupakan katering sehat atau diet. Katering diet sebenarnya juga sama dengan makanan sehari-hari; akan diberikan untuk menu makan siang dan malam. Hanya saja perbedaan terbesar antara kedua jenis katering ini terletak pada menu yang ditawarkan.

Menu untuk katering sehat atau diet tentu saja harus rendah kalori dan lemak, serta kaya akan protein. Bisa ditentukan juga misalnya katering diet untuk penyakit tertentu, wanita hamil, atau anak dengan kebutuhan nutrisi khusus. Sedangkan untuk katering diet tentu memiliki menu-menu yang akan membantu menurunkan atau menaikkan berat badan.

26. Persewaan Pakaian

Ingin usaha rumahan yang berbeda? Persewaan pakaian bisa dilirik. Usaha persewaan pakaian ini tidak kalah laris dan dibutuhkan. Serta cocok dijalankan di rumah.

Untuk memulai usaha persewaan pakaian memang dibutuhkan modal yang cukup besar. Terutama untuk memperbanyak koleksi pakaian yang akan disewakan. Namun setelah itu, usaha ini bisa dengan cukup mudah berjalan tanpa adanya permasalahan.

Beberapa ide pakaian yang bisa disewakan seperti:

1. Baju pengantin tradisional
2. Baju pengantin modern
3. Baju untuk bridesmaid atau pendamping pengantin
4. Baju pesta
5. Baju adat, baik itu untuk dewasa atau anak-anak
6. Kostum tokoh atau karakter film

Koleksi pakaian ini bisa didapatkan dan nantinya disewakan untuk berbagai acara dan kepentingan.

27. Cuci Sepatu

Jenis usaha rumahan lain yang unik, berbeda dari yang lain namun menguntungkan adalah cuci sepatu. Usaha satu ini memang belum banyak dilakukan, meski memberikan peluang yang besar. Selain itu usaha ini juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah.

Cuci sepatu tidak membutuhkan modal besar. Sebaliknya, hanya diperlukan perlengkapan cuci biasa dan beberapa alat lain untuk memastikan hasil cuci sepatu sempurna. Pengetahuan mengenai petunjuk pencucian sepatu berdasarkan dari materialnya juga sangat penting untuk diketahui.

Meski masih belum banyak dilakukan, usaha cuci sepatu terbukti sukses. Buktinya saat ini sudah ada semakin banyak perusahaan yang membuka tempat usaha dan bisnis pencucian sepatu.

28. Daycare

Daycare atau penitipan anak dan bayi menjadi peluang usaha rumahan berikutnya. Usaha satu ini juga tidak membutuhkan modal besar. Hanya keahlian serta pengetahuan, bahkan juga pengalaman untuk mengasuh dan menjaga anak serta bayi.

Kemampuan, keahlian, pengalaman dan bahkan sertifikat memang sangat penting untuk membuka usaha daycare. Pastikan juga memiliki kesabaran dan ketelatenan ketika mengurus anak.

Untuk memulai usaha daycare sendiri diperlukan persiapan yang cukup mendalam. Salah satunya untuk memastikan sudah memiliki kemampuan serta pengalaman yang memang dibutuhkan untuk memulai tempat penitipan serta pengasuhan anak. Usaha ini akan cocok bila tempat tinggal berada di lingkungan dengan orangtua bekerja

29. Persewaan Buku

Usaha satu ini sempat booming beberapa tahun sebelumnya sebagai bisnis rumahan. Sayangnya saat ini sudah mulai meredup, meski tidak sepenuhnya ditinggalkan.

Bila tempat tinggal berada di lingkungan dengan banyak anak-anak sampai remaja, membuka persewaan buku bisa menjadi alternatif usaha. Pastikan memiliki koleksi buku yang lengkap. Mulai dari komik, buku untuk anak-anak, novel fiksi dan non fiksi, bahkan bila mungkin buku-buku asing.

Agar tempat persewaan buku lebih menarik, bisa digabung dengan taman membaca. Dimana akan ada tempat khusus untuk para anak-anak atau remaja berkumpul, membaca, dan saling berdiskusi mengenai buku yang mereka baca.

30. Persewaan Perlengkapan Bayi

Saat ini banyak orang tua yang memilih untuk menyewa perlengkapan bayi. Daripada membeli baru. Bukan hanya karena harga perlengkapan bayi terbilang mahal, melainkan juga karena waktu penggunaan yang pendek.

Beberapa perlengkapan bayi yang biasa disewakan antara lain:

1. Tempat tidur bayi. Bisa berupa boks atau yang digabung ke atas tempat tidur secara langsung.
2. Keranjang bayi
3. Car seat
4. Kereta dorong
5. Tempat untuk bayi berganti pakaian
6. Lemari baju bayi
7. Bak mandi bayi
8. Ayunan untuk bayi
9. dan banyak lain

Memulai bisnis persewaan peralatan bayi memang membutuhkan biaya dan resiko yang cukup besar. Walau tidak dipungkiri keuntungan dan prospek dari bisnis ini juga sangat menjanjikan.

Peluang Usaha Sampingan

31. Dropshipper

Peluang usaha sampingan merupakan salah satu yang juga wajib dilirik. Usaha sampingan biasanya dilakukan selain pekerjaan utama. Jadi bila memiliki sebuah pekerjaan, usaha sampingan ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan.

Salah satu usaha sampingan yang menjanjikan tentu saja dropshipper. Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan untuk dropshipper. Tinggal disesuaikan produk yang sekiranya akan mendapatkan keuntungan terbesar.

Dropshipper juga nyaris tidak membutuhkan modal. Untuk menjalankan bisnis ini cukup berbekal koneksi internet, kemampuan pemasaran atau marketing, dan juga rekening bank saja. Mudah dan menguntungkan pastinya!

32. Toko Online

Toko online memang berbeda dengan dropshipper. Meski keduanya sama-sama berjualan dan dilakukan secara online.

Perbedaan terbesar antara toko online dan dropshipper, toko online memiliki barang mereka sendiri. Sedangkan dropshipper hanya menjualkan barang dari toko online lain. Kedua bentuk penjualan ini sudah sangat umum di era digital seperti sekarang.

Beberapa barang yang termasuk menguntungkan untuk dijual di toko online diantaranya seperti:

1. Kosmetik
2. Baju
3. Mainan
4. Buku
5. Pernak-pernik perlengkapan rumah
6. dan lain-lain

Toko online membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit. Agar toko online sukses juga sebaiknya mengetahui teknik digital marketing yang tepat. Bisa juga memanfaatkan marketplace untuk memudahkan proses jual beli dengan toko online.

33. Wedding atau Event Organizer

Usaha sampingan satu ini sudah pasti memberikan keuntungan tidak sedikit. Walau tentu saja, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan pengalaman, kemampuan, dan juga networking yang luas dengan klien. Keuntungannya, usaha ini tidak membutuhkan modal.

Wedding atau event organizer memang akan pas dijadikan usaha sampingan. Meski di sisi lain, usaha ini juga akan cocok berkembang menjadi sebuah bisnis dengan prospek menguntungkan.

Seperti disinggung di atas, untuk memulai bisnis wedding atau event organizer tidak dibutuhkan modal. Bisnis ini bisa berjalan tanpa memerlukan modal sama sekali di awal. Hanya saja, keahlian dan pengalaman akan sangat dibutuhkan.

34. Guru Les

Satu lagi usaha sampingan yang akan memberikan keuntungan. Guru les sudah sangat lama menjadi pilihan peluang usaha sampingan. Bukan hanya untuk para mahasiswa saja. Mereka yang berprofesi karyawan juga bisa memiliki usaha ini.

Untuk memulai usaha ini, modal bukan kebutuhan utama. Sebaliknya, kemampuan dan keahlian di satu bidang merupakan hal paling penting. Peluang usaha ini mulai dari menjadi guru les untuk siswa sampai kemampuan khusus.

Beberapa contoh bidang yang bisa jadi pilihan les seperti:

1. Bahasa Inggris
2. Pelajaran secara umum
3. Matematika
4. Sempoa
5. Alat musik seperti gitar, piano, atau bahkan drum
6. Menyanyi
7. dan sebagainya.

Tinggal pilih dan tentukan kemampuan khusus yang bisa diajarkan dalam les.

35. Hidroponik atau Urban Farming

Usaha pertanian di rumah juga bisa menjadi peluang untuk sampingan. Saat ini sudah banyak orang yang mulai gemar bercocok tanam dengan cara hidroponik atau urban farming. Cara bercocok tanam ini tepat dilakukan di perkotaan dengan lahan yang sempit.

Menjadikan hidroponik atau urban farming sebagai usaha sampingan bisa dengan beberapa cara. Mulai dari menjual hasil panen dari hidroponik atau urban farming, sampai juga mengajarkan atau menjual perlengkapan untuk bercocok tanam ini.

Hasil panen hidroponik atau urban farming juga saat ini lebih diminati. Selain lebih segar, hasil panen yang berupa sayur serta buah juga terhindar dari pestisida.

Peluang Usaha Lain

36. Rental dan Kursus Mobil

Bila memiliki modal lebih, usaha rental dan juga kursus menyetir mobil bisa dicoba. Kedua jenis usaha ini biasanya dijalankan di waktu bersamaan. Meski tidak menutup kemungkinan untuk hanya menjalankan satu jenis usaha saja.

Usaha rental mobil digemari karena tidak banyak orang yang memilih untuk memiliki kendaraan sendiri. Sehingga untuk beberapa aktivitas, seperti berwisata keluarga, akan membutuhkan rental mobil.

Sedangkan usaha kursus mobil sudah pasti dibutuhkan. Untuk memulai usaha ini akan dibutuhkan mobil khusus. Selain juga instruktur yang memang sudah benar-benar ahli dalam menyetir mobil. Serta mampu mengajar cara menyetir.

37. Waralaba atau Franchise

Peluang usaha satu ini akan tepat bila memiliki modal dan ingin proses yang cepat. Keuntungan dari bisnis franchise atau waralaba sendiri terletak pada kemudahan yang ditawarkan. Tidak perlu lagi memikirkan persiapan, nama brand, resep bila bisnis ini bergerak di bidang kuliner, sampai desain kemasan atau kios. Semua perlengkapan tersebut akan disiapkan ketika memilih franchise tertentu.

Saat ini ada banyak sekali franchise atau waralaba yang menjadi pilihan. Tips terbaik untuk memilih usaha waralaba bukan hanya yang saat ini sedang menjadi tren atau populer saja. Melainkan bisnis waralaba yang menunjukkan prospek kesuksesan di masa depan.

38. Tour Wisata

Tour wisata merupakan salah satu bisnis yang bisa menguntungkan. Meski di tengah pandemi saat ini, wisata tetap bisa berjalan dengan menaati protokol kesehatan. Bahkan banyak orang yang malah memilih berwisata di dalam tur demi memastikan keamanan dan persiapan protokol yang matang.

Meski tidak dalam masa pandemi, bisnis tour wisata menjanjikan keuntungan besar. Usaha in bisa berjalan dengan modal yang tidak seberapa besar. Asalkan benar-benar memiliki pengalaman atau hobi untuk berwisata.

Akan lebih baik lagi bila di dalam tur, menawarkan konsep yang berbeda. Misalnya saja mengunjungi tempat wisata anti mainstream, sampai perjalan dengan tema-tema tertentu yang pastinya lebih menarik.

39. Pet Shop

Peluang usaha lain yang menjanjikan adalah pet shop. Pet shop atau toko perlengkapan hewan peliharaan sangat digemari dengan semakin tingginya ketertarikan akan hewan peliharaan itu sendiri. Seperti kucing, anjing, bahkan kelinci.

Ada banyak sekali pilihan perlengkapan hewan peliharaan yang bisa dijual di pet shop. Diantaranya seperti:

1. Makanan
2. Vitamin dan suplemen
3. Sampo, parfum, bedak, dan lain-lain
4. Mainan untuk hewan peliharaan
5. Kalung dan rantai
6. Obat-obatan
7. Pasir kucing
8. Tempat tidur khusus
9. dan lain sebagainya.

Pet shop biasanya sekaligus juga dengan dokter hewan atau vet. Meski ini bukan satu keharusan. Selain itu akan lebih menarik juga bila di pet shop terdapat layanan untuk grooming hewan peliharaan.

40. Kerajinan Tangan

Hobi membuat kerajinan tangan? Ini bisa menjadi sebuah peluang usaha. Saat ini kerajinan tangan sedang sangat digemari dan diburu. Seperti makrame sebagai salah satu contohnya.

Selain itu juga ada banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa menjadi usaha. Hanya perlu mengembangkan kreativitas dan juga kemampuan untuk bisa membuat kerajinan tangan menarik dan bisa dipergunakan. Entah itu untuk hiasan dan perlengkapan rumah, maupun untuk dikenakan.

Agar kerajinan tangan menarik untuk dijual, keunikan memang menjadi poin utama. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan marketing. Sehingga pemasaran kerajinan tangan bisa secara meluas.

Nah, semoga 40 jenis peluang usaha di atas menarik dan memberikan inspirasi.

Peluang Usaha Rumahan

Dengan harga kebutuhan yang semakin naik di zaman modern ini, tak ada salahnya untuk membuka sebuah usaha rumahan yang menguntungkan. Gaji sebagai karyawan terkadang memang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, membuka usaha sampingan di rumah merupakan langkah yang baik untuk anda yang sedang membutuhkan uang tambahan. Yuk intip cara membuka bisnis rumahan yang menguntungkan.

Peluang Bisnis di Rumah yang Tidak Ada Matinya

Walaupun usaha rumahan biasanya dilakukan secara kecil-kecilan, tidak ada salahnya apabila anda mempelajari tentang pengelolaan administrasi yang baik. Anda perlu memisahkan keuangan untuk bisnis dengan keuangan pribadi anda.

Dengan pengelolaan administrasi yang tertib tesebut, maka akan mempermudah kelangsungan usaha yang sedang anda geluti. Dengan fondasi yang kuat, maka bisnis anda pun akan lebih berjalan lancar.

Selain itu, anda juga jangan takut akan gagal. Setiap pebisnis akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu suskes atau gagal. Perasaan takut akan gagal hanya akan menghantui setiap keputusan yang anda buat dalam bisnis.

Hal ini ditakutkan nantinya malah membuat anda benar-benar gagal karenanya. Maka dari itu, anda perlu membangkitkan mental pemenang di dalam diri anda.

Namun, jangan terlalu sesumbar dan asal memilih usaha yang ingin dilakukan. Anda juga perlu melihat di mana passion anda. Membangun bisnis merupakan hal yang cukup sulit, namun menjalani bisnis yang sesuai passion tentunya akan membuat segala hal lebih terasa mudah.

Dan anda pun pastinya akan lebih senang mengerjakannya. Intinya, pilihlah peluang usaha yang membuat anda menjadi lebih hidup dan bahagia.

Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang Usaha Modal Kecil

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencoba peluang usaha rumahan. Usaha ini dapat mendatangkan uang tanpa anda perlu keluar rumah. Dengan demikian, resiko penularan virus pun dapat diminimalisir.

Selain itu, beberapa bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sehingga sangat boleh untuk dicoba. Berikut peluang bisnis yang bisa anda coba, simak ulasan lengkapnya.

Bisnis Rumahan Low Budget

Setiap bisnis membutuhkan modal. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung berapa modal yang anda miliki untuk memulai sebuah usaha.

Hindari membeli barang-barang yang belum perlu, agar anda bisa mengalokasikannya pada hal yang benar-benar esensial. Jika usaha yang anda pilih membutuhkan lapak, maka anda bisa menggunakan garasi atau halaman di rumah.

Salah satu usaha dengan modal yang bisa dijangkau adalah bisnis katering. Peluang usaha satu ini bisa anda mulai dari partai kecil, seperti jasa katering untung acara arisan atau agenda rapat kelurahan.

Menu yang akan anda tawarkan pun bisa anda sesuaikan dengan kantong anda, tak perlu mewah asal berkualitas. Bisa nasi dengan sayur mayur seperti ayam goreng, sayur cap cay, sambal, kerupuk, dan buah. Ditambah dengan beberapa tampah kue pasar.

Jika anda masih kesulitan untuk mencari modal dalam membuka usaha, maka anda masih bisa melakukan usaha tanpa modal sepeserpun. Di era serba praktis ini, banyak hal bisa dilakukan.

Jika anda ahli dalam menawarkan barang, anda bisa menjadi reseller sebuah produk. Seperti produk peralatan dapur, baju, dan lain sebagainya. Anda untung, produsen pun juga untung.

Peluang Usaha Online

Peluang Usaha Online

Untuk menyikapi anjuran tetap di rumah saja dari pemerintah, ada baiknya anda mulai melihat peluang bisnis secara online. Sebab, usaha konvensional dengan pemasaran offline kini terkena dampak yang besar dengan kondisi saat ini.

Ada banyak sekali pilihan bisnis online yang bisa anda lakukan, beberapa di antaranya bahkan dapat anda mulai tanpa modal sepeserpun. Berikut beberapa bisnis online yang bisa anda pertimbangkan, simak ulasannya.

Bisnis Online yang Menguntungkan
Anjuran dari Pemerintan untuk belajar dari rumah, membuat kursus online kian banyak digemari. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Tak hanya bagi siswa saja, banyak karyawan perusahaan yang juga membutuhkan akses belajar untuk menambah skill baru.

Kursus online merupakan sebuah website yang berisi berbagai macam materi yang dapat diakses dengan sistem berbayar. Baik dengan sistem sekali beli, maupun sistem berlangganan.

Jika anda tidak memiliki keahlian dalam membuat website, maka tak perlu khawatir, banyak platform yang dapat membantu anda membuat kursus online dengan sistem yang baik. Anda hanya perlu fokus pada skill yang akan anda tawarkan kepada masyarakat.

Salah satu platform yang bisa membantu anda yaitu WordPress. Platform ini memiliki cukup banyak plugin Learning Management System (LMS) yang akan membantu anda mengelola kursus.

Tak hanya itu, WordPress juga dapat membantu membuat kelas kursus anda serta manajemen portal pembayaran. Meskipun semua ini bisa saja anda mulai tanpa modal, namun sebaiknya anda berinvestasi dengan layanan hosting yang baik.

Hal ini bertujuan agar anda dapat menyediakan website yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja tanpa kendala.

Baca : nama perusahaan

Analisis Peluang Usaha

Analisis Peluang Usaha

Sebelum memulai sebuah usaha, ternyata perlu melakukan sebuah analisis peluang bisnis terlebih dahulu. Tujuan dari analisis ini yaitu untuk mendukung kelancaran dan kesuskesan dari sebuah bisnis di masa mendatang. Pasalnya, cukup banyak pebisnis pemula yang tidak melakukan analisis peluang.

Kemudian banyak mengalami keraguan dalam bisnisnya dan bahkan bingung harus mendefinisikan produk atau jasa yang hendak dijual. Simak ulasan mengenai analisis peluang berikut.

Cara Melakukan Analisis Peluang Bisnis
Analisis peluang bisnis ini berkaitan erat dengan ide usaha dan strategi dari perusahaan. Analisis ini sangat berguna dalam menyusun strategi penjualan hingga membuat ide bisnis yang baru.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat). Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan acaman yang dimiliki usaha anda dapat menjadi salah satu cara menganalisis peluang bisnis.

Yang dimaksud dengan strenght adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau usaha yang akan anda jalankan. Kekuatan usaha ini bisa ditemukan dengan melihat keunikan bisnis yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing.

Kemudian weakness adalah kelemahan yang dimiliki dan berdampak negatif pada perusahaan. Seperti faktor apa saja yang membuat kinerja perusahaan menurun.

Selanjutnya ada opportunities yang merupakan peluang yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga perusahaan mempunyai kesempatan berkembang di masa yang akan datang. Di sini anda perlu melihat apa yang sedang tren dan sejalan dengan bisnis anda.

Terakhir ada threat atau ancaman, anda perlu mempelajari kendala apa saja yang membuat perusahaan tidak bisa berkembang. Seperti teknologi terbaru, peraturan pemerintah terbaru, dan masih banyak lainnya.

Peluang Usaha Baru

Peluang Bisnis Baru

Bekerja merupakan hal yang dilakukan oleh banyak orang yang sudah mencapai usia produktif. Dengan bekerja, maka anda akan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan. Mungkin terdapat beberapa orang yang merasa penghasilan dari pekerjaan utamanya kurang mencukupi.

Salah satu cara untuk menambah pendapatan adalah dengan menciptakan peluang bisnis baru yang dimulai dari rumah sendiri. Berikut beberapa tips untuk memulai usaha baru.

Cara Cerdas Memulai Usaha Baru

Memulai sebuah usaha sampingan baru tidaklah mudah. Anda memerlukan komitmen yang tinggi agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara cerdas yang perlu anda lakukan agar usaha anda bisa berjalan mulus, adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Riset terhadap pasar ini penting dilakukan agar anda dapat mengetahui apakah momen saat itu pas atau tidak untuk memulai usaha.

Selain itu, anda perlu melihat tren terkini agar usaha anda dapat berjalan dengan baik. Pastikan agar anda memilih bisnis yang sesuai dengan tren yang sedang berjalan untuk lebih memaksimalkan hasilnya.

Namun, tak hanya sekedar ikut tren saja. Anda tentunya juga harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Anda harus membuat produk atau jasa yang akan anda tawarkan unik dan menarik dari pada yang lainnya.

Misalkan tren usaha terbaru 2020 adalah jasa SEO (Search Engine Optimization). Jika anda mempunyai keterampilan dalam bidang teknologi, maka anda bisa menawarkan jasa anda.

Anda dapat membuat konten dan website yang berbeda dari yang lain, buatlah sekreatif mungkin. Hal ini akan membuat bisnis anda dapat lebih terkenal di masyarakat.

Baca : branding produk

Ide dan Peluang Usaha

Ide dan Peluang Usaha

Kreativitas merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Apalagi, kini banyak usaha yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya yaitu karena kurangnya inovasi ide bisnis yang ditawarkan.

Untuk mempertahankan sebuah usaha, anda perlu memiliki ide bisnis yang memenuhi kebutuhan konsumen serta membedakan usaha anda dari kompetitor. Yuk intip ide bisnis kreatif yang bisa anda coba berikut ini.

Inspirasi Ide Bisnis Kreatif

Sebelum memulai usaha, anda perlu mengetahui bahwa beberapa hal memerlukan keahlian tersendiri yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat. Sehingga, pastikan anda memilih usaha yang anda kuasai dan kemungkinan besar peluang usahanya di pasar.

Seperti misalnya bisnis cemilan. Bisnis cemilan memang terdengar sangat umum, namun selalu ada hal baru yang dapat dilakukan agar berbeda dari produsen yang lain.

Coba anda perhatikan, dari tahun ke tahun pastinya ada saja jenis makanan unik yang menjadi populer. Salah satu contohnya adalah Bittersweet by Najla, yang belakangan sangat terkenal di masyarakat. Produknya merupakan dessert manis yang kemudian disajikan di dalam box.

Seperti contoh tersebut, anda tidak harus menciptakan ide makanan yang sepenuhnya baru. Hidangan yang unik bisa jadi merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada.

Jika anda tidak bisa memasak, masih banyak peluang bisnis lainnya yang bisa anda coba. Seperti kerajinan barang daur ulang, kerajinan rotan, bunga, souvenir, dan masih banyak skill lainnya yang bisa dijadikan sebuah bisnis.

Atau anda bisa menawarkan ide usaha dalam bentuk jasa, seperti kursus online, content writer, jasa pembuatan website, hingga desain grafis.

Pengertian Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha

Kata peluang usaha terdiri atas dua kata yakni Peluang dan Usaha. Peluang dapat diartikan dengan sesuatu yang dapat terjadi dan bisa menghasilkan keuntungan, atau kesempatan yang datang.

Sedangkan Usaha dapat diartikan dengan suatu perbuatan untuk mengarahkan pikiran dan tenaga dalam meraih tujuan atau target. Yuk intip beberapa pengertian dari peluang usaha yang didefinisikan oleh para ahli berikut ini.

Definisi Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Thomas W. Zimmerer adalah salah seorang pakar kewirausahaan yang telah diakui kredibilitasnya. Bahkan banyak pendapat atau pernyataan dari beliau yang dijadikan pertimbangan dalam dunia bisnis.

Salah satunya yaitu pengertian dari peluang usaha, yang berarti adanya penerapan sebuah inovasi dan kreatifitas. Hal ini dilakukan dari hasil pemikiran yang digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan sehingga muncul kesempatan untuk dimanfaatkan.

Tidak jauh berbeda, Dr. D. J. Schawrtz, seorang penulis best seller di dunia mendeskripsikan peluang usaha sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis.

Dalam bukunya, ia bahkan memberikan berbagai cara untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada. Salah satunya yakni harus dilaksanakan dengan serius tanpa ada kata tidak mungkin atau mustahil.

Terakhir, seorang wirausahawan dari dalam negeri, Arif F. Hadipranata memberikan pendapat bahwa peluang usaha adalah resiko. Jadi, ia menganggap jika seorang pebisnis memang sudah seharusnya berteman dengan hal seperti itu.

Peluang usaha merupakan resiko yang harus diambil, agar dapat menghadapai, mengelola serta mengatur setiap urusan keuangan yang dialami oleh calon pebisnis.

Baca : nama olshop

Peluang Usaha di Desa

Peluang Usaha di Desa

Mencari peluang bisnis di desa saat ini tidak kalah menariknya bila dibandingkan dengan di daerah perkotaan. Bahkan saat ini ada banyak ragam usaha yang berkembang di desa, seiring aktivitas dan dinamika penduduk yang tak kalah sibuknya dengan di kota.

Peluang usaha sendiri selalu berhubungan dengan potensi di sekitar. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan di desa. Simak ulasan lengkapnya.

Ragam Peluang Bisnis di Desa yang Menjanjikan

Menjalankan usaha di desa tak selalu untuk menyasar target pasar masyarakat desa. Terlebih dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi membuat pasar yang tersedia semakin besar. Bahkan anda pun dapat memasarkan produk ke seluruh penjuru Indonesia.

Seperti misalnya anda memiliki lahan pertanian, anda dapat mencoba usaha pertanian organik. Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan beras organik yang lebih sehat ketimbang beras biasa.Usaha ternak ayam dan unggas juga bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Dengan lahan di desa yang relatif lebih luas, maka akan lebih mudah untuk membangun peternakan. Tak sedikit peternak di desa yang mampu menguasai kota.

Mereka bahkan mampu membuat orang di kota bergantung dengan pasokan daging dari desa. Untuk membangun usaha tersebut, anda perlu menerapkan metode intensif atau semi intensif dengan manajemen modern.

Dan masih banya peluang usaha yang bisa dilakukan di desa. Mengingat banyak desa yang masih asri dan memiliki lahan luas, yang dapat dijadikan sebagai potensi usaha.

Bahkan kini pun banyak penduduk kota yang menginvestasikan uangnya di persawahan atau usaha pertanian di desa. Hal ini membuktikan bahwa peluang usaha di sini memang cukup besar, tidak kalah dengan kota-kota besar sekalipun.

Peluang Usaha Sampingan

Peluang Usaha Sampingan

Kondisi keuangan yang tidak mencukupi menyebabkan seseorang harus bekerja lebih keras. Meskipun sudah bekerja, tak sedikit orang yang tetap membutuhkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Hal ini mendorong seseorang untuk menjalankan usaha sampingan agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Bagi anda yang sedang mencari usaha yang bisa anda jalankan sembari bekerja, yuk simak ulasan berikut.

Contoh Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa anda coba. Meskipun tidak membutuhkan modal yang cukup besar, penghasilan yang diperoleh juga cukup menguntungkan bahkan bisa berkali lipat. Salah satu usaha yang bisa anda coba yaitu bisnis dropship.

Keuntungan dari bisnis satu ini yaitu anda tidak perlu melakukan stok barang karena produk akan langsung dikirim kepada pembeli.

Selain itu, anda juga bisa mencoba bisnis reseller atau makelar tanpa properti. Bisnis properti bisa dibilang sangat menguntungkan karena harganya selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk menjalankan bisnis satu ini anda harus memiliki skill komunikasi yang baik dan jaringan yang luas. Jika lokasi anda berada dekat dengan kos kosan, anda bisa mencoba membuka jasa laundry.

Mencoba berbisnis memang harus dilakukan dengan telaten dan sabar. Mungkin di saat memulai usaha tersebut anda akan menemukan beberapa kesulitan.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda memiliki mentor bisnis yang akan membantu menyelesaikan masalah dalam bisnis tersebut. Untuk memasarkan bisnis anda dengan mudah, anda bisa menggunakan beberapa media sosial yang anda miliki.

Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris

Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris

Membuka usaha bisa menjadi sebuah pekerjaan baru yang menyenangkan bagi anda yang suka bereksperimen. Dengan membuka usaha anda memiliki waktu yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan bekerja di kantor.

Ada banyak peluang usaha minim modal yang bisa anda pilih untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis, berikut beberapa peluang usaha paling laris dan sedang tren yang bisa dicoba.

Rekomendasi Usaha yang Sedang Tren dan Paling Laris

Ketika berencana membuka usaha maka anda harus pandai membaca peluang. Di tahun 2020 ini terdapat beberapa bisnis yang sedang tren diantaranya bisnis boba drink, bisnis kicimpring dan bisnis es krim.

Boba drink menjadi salah satu minuman yang banyak digemari belakangan. Adapun hal yang cukup sulit ketika menjalankan usaha ini adalah strategi pemasaran mengingat sudah banyak brand ternama yang mendominasi di mall.

Bisnis es krim memang sudah ada sejak dulu tetapi usaha satu ini masih tetap laris hingga saat ini. Produk satu ini senantiasa digemari banyak orang karena sesuai dengan cuaca di Indonesia.

Untuk modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak, anda hanya perlu menyiapkan lemari es dan bahan baku. Anda bisa menarik pembeli dengan menambahkan variasi yang disukai anak anak seperti rasa coklat, durian dan pisang.Itulah beberapa peluang usaha yang saat ini sedang tren dan bisa anda coba di tahun ini.

Sebenarnya menjalankan usaha tidak sulit hanya saja dibutuhkan niat dan konsistensi untuk mengembangkan usaha tersebut sehingga anda bisa membuka cabang yang lebih banyak. Oleh sebab itu, anda sebelum menjalankan bisnis tersebut sebaiknya anda menyiapkan rencana yang matang.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Meskipun menjadi karyawan sudah mendapatkan penghasilan yang tetap, namun banyak orang yang ingin mencari uang tambahan dengan membuka usaha. Ada banyak usaha sampingan dengan waktu yang lebih fleksibel sehingga bisa dikerjakan di lain waktu kerja.

Dengan menjalankan usaha tersebut, anda juga bisa melatih jiwa wirausaha sebelum benar benar memutuskan untuk berhenti bekerja. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda jalankan.

Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Para Karyawan

Peluang usaha pertama yang bisa anda jalankan ketika menjadi karyawan adalah berjualan secara online. Di zaman yang maju seperti sekarang ini tentunya berjualan bukan hal yang sulit.

Sudah banyak jenis produk yang saat ini bisa dijual secara online diantaranya kosmetik, peralatan rumah tangga, gadget dan makanan. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan diantaranya facebook, instagram hingga twitter.

Selain itu, anda juga bisa mencoba berjualan kue basah maupun kue kering jika anda memiliki skill memasak kue. Beberapa kue kering yang cukup diminati diantaranya sandwich coklat mint, nastar nanas hingga cookies lemon.

Anda juga bisa mencoba berjualan pulsa maupun kuota internet karena usaha ini juga bisa dilakukan tanpa mengganggu jam kerja utama. Apalagi saat ini pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Menjalankan bisnis sembari bekerja memang cukup melelahkan karena anda harus meluangkan waktu yang lebih banyak. Dengan demikian, waktu istirahat anda menjadi lebih berkurang.

Selain itu, usaha tersebut harus dilakukan dengan konsisten dan penuh kesabaran. Agar usaha anda bisa terus bertahan, anda perlu melakukan inovasi inovasi baru yang dapat disesuaikan perkembangan zaman.

Peluang Usaha Makanan

Peluang Usaha Makanan

Saat ini, banyak masyarakat Indonesia dari berbagai usia yang membutuhkan sumber keuangan yang pasti. Beberapa sumber keuangan yakni berjualan, bekerja di kantor, mengajar, dan membuka usaha di bidang apapun.

Salah satu yang paling populer yakni usaha di bidang kuliner. Seberapa besar peluang bisnis tersebut dan bagaimana cara memanfaatkannya dapat anda simak pada ulasan berikut.

Peluang Bisnis di Bidang Kuliner

Anda pasti sudah banyak melihat usaha kuliner di sekitar anda. Apalagi zaman sekarang usaha tersebut juga memanfaatkan teknologi, seperti pemesanan online melalui suatu aplikasi. Usaha tersebut tidak harus dimulai dengan modal yang besar.

Anda bisa membuka bisnis kuliner dengan modal yang tidak banyak, seperti berjualan gado-gado, seblak, minuman kopi, es boba, dan martabak.

Meskipun kecil, namun tetap saja makanan tersebut termasuk ke dalam usaha pangan yang sering dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Peluang bisnis di bidang makanan bisa dikatakan cukup besar, tentunya jika anda menjual produk tersebut dengan cita rasa yang enak, kebersihannya terjaga, harga ekonomis, dikemas dengan packaging yang menarik, dan mengikuti dengan tren saat ini.

Peluang di bidang kuliner juga tidak akan pernah mati, karena makanan merupakan suatu kebutuhan pokok bagi manusia.

Masyarakat akan selalu membutuhan produk dari usaha ini, terutama bagi mereka yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk memasak. Peluang akan hadir semakin besar jika anda bisa mempromosikan usaha anda dengan baik, misalnya melalui sosial media.

Menganalisis Peluang Usaha

Menganalisis Peluang Usaha

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa jika ingin membuka usaha, maka anda juga harus pintar menganalisis dan memanfaatkan peluang usaha yang ada. Membuka usaha secara asal-asalan bisa menyebabkan kerugian dan tidak berjalannya bisnis tersebut.

Berikut cara menganalisis prospek usaha yang wajib anda ketahui untuk meminimalisir kegagalan dalam berbisnis.

Cara Menganalisis Peluang Bisnis

Tidak semua pemula mampu menganalisis suatu peluang usaha, mengapa? Karena sebagian besar dari mereka hanya memikirkan ingin menjalankan usaha untuk mendapatkan uang.

Padahal jika anda melakukan analisis sebelum membuka usaha, anda bisa menjalankannya dengan hasil yang lebih menguntungkan, bertahan lama di pasaran, dan berkembang,

Untuk bisa melakukan analisis terhadap peluang usaha, ada beberapa cara. Pertama, identifikasi produk. Kedua, mengenal karakteristik pasar atau target yang anda tuju. Ketiga, menentukan modal. Keempat, menentukan kemampuan produksi produk.

Kelima, merancang rencana bisnis secara formal dan tertulis. Keenam, menentukan sumber dana. Ketujuh, menerima gagasan baru.

Selain dari ketujuh cara tersebut, terdapat beberapa poin tambahan, yakni pengusaha harus bisa melihat dan menangkap peluang usaha yang ada, memahami faktor penunjang kegagalan maupun keberhasilan usaha, berpikir dari sudut pandang yang berbeda, memahami risiko, dan mampu memetakan usaha.

Seperti yang sudah diketahui, peluang usaha akan semakin besar jika pelanggan, pengguna, atau konsumen bisnis semakin banyak.

Oleh karena itu, anda perlu memikirkan produk seperti apa yang digemari oleh target yang dituju. Selain itu, pandai berkomunikasi juga merupakan soft skill yang dibutuhkan pemula dalam membuka suatu usaha.

Peluang Usaha Di Bali

Peluang Usaha Di Bali

Berbisnis merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dan membuka lapangan pekerjaan. Salah satu daerah yang di dalamnya terdapat banyak usaha ialah provinsi Bali.

Wisatawan lokal maupun internasional pasti akan berkunjung ke Bali karena keindahan alamnya, sehingga peluang usaha di daerah tersebut juga besar. Anda dapat menyimak prospek usaha di Pulau Seribu Pura pada penjelasan berikut.

Peluang Bisnis di Provinsi Bali, Indonesia

Peluang usaha atau bisnis merupakan suatu kesempatan yang akan didapatkan oleh seseorang untuk mencapai tujuannya dengan cara membuka usaha.

Kesempatan ini bisa diambil dengan berbagai macam cara, seperti melihat peluang di kehidupan sehari-hari dan mencari tahu kebutuhan masyarakat saat ini. Bahkan, peluang bisnis juga bisa didapatkan dari hobi atau kesukaan anda.

Bali, merupakan daerah di Indonesia dengan peluang bisnis yang besar. Karena target atau pasar yang dituju tidak hanya lokal tetapi hingga ke konsumen mancanegara.

Bisnis di bidang kuliner, penginapan atau perhotelan, penyewaan kendaraan, laundry, barbershop, open trip atau travel, dan spa merupakan usaha yang paling laris dan diminati oleh para pengunjung di Pulau Dewata ini.

Terutama usaha di bidang oleh-oleh. Sebagai daerah wisata, Bali memiliki ratusan bahkan ribuan toko oleh-oleh, mulai dari warung kecil hingga toko cinderamata yang sudah memiliki brand atau nama tersendiri.

Jika anda tertarik membuka usaha di Bali, maka anda juga harus menyiapkan rencana yang matang, karena ada banyak sekali persaingan usaha di daerah tersebut.

Contoh Peluang Usaha

Contoh Peluang Bisnis

Kesempatan dalam menjalankan bisnis bisa didapatkan oleh siapapun, terutama bagi mereka yang pandai melihat serta menangkap peluang bisnis tersebut kemudian menjadikannya usaha.

Anda dapat membuka bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, otomotif, teknologi dan informasi, dan lain sebagainya. Simak contoh-contoh prospek usaha yang bisa anda manfaatkan berikut ini.

Contoh Peluang Bisnis sebagai Sumber Penghasilan

Sumber penghasilan bisa anda dapatkan dari pekerjaan apapun. Selain jasa, yang paling sering ditawarkan ialah suatu produk. Beberapa produk yang memiliki prospek cukup besar yakni franchaise minuman.

Terutama jika anda hidup di tengah kota yang mayoritas konsumen minuman cepat saji seperti teh, soda, susu, sirup, jus, dan minuman kekinian seperti boba dan berbagai jenis kopi.

Selain banyak diminati, bisnis yang termasuk ke dalam bidang kuliner ini juga tidak banyak mengeluarkan biaya untuk dijadikan modal. Usaha lain yang memiliki peluang sama seperti franchaise tersebut adalah pulsa dan token listrik.

Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi internet sudah seperti kebutuhan pokok saat ini. Sehingga lebih banyak orang yang membeli paket data.

Adapula usaha toko online atau dropship, bisnis ini sangat cocok dilakukan bagi anda yang ingin bekerja dari rumah. Anda bisa mendapatkan untung yang besar apabila produk yang anda jual dibeli dan direview baik oleh banyak orang.

Beberapa contoh usaha lain yakni laundry, jasa desain grafis, jasa penulisan artikel, jasa foto, penerjemah, travel, wedding organizer, fotokopi, dan makanan ringan.

Menganalisis Peluang Usaha Produk Barang Atau Jasa

Menganalisis Peluang Usaha Produk Barang Atau Jasa

Bagi pemula dalam bidang usaha, anda perlu melakukan suatu analisis terhadap peluang usaha yang ada. Hal tersebut untuk mengetahui keuntungan, kerugian, dan risiko yang akan anda hadapi ketika membuka suatu usaha atau bisnis.

Tidak hanya produk, namun usaha di bidang jasa juga memerlukan business plan yang matang. Simak ulasan mengenai analisis peluang usaha jasa dan barang berikut.

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha Jasa dan Barang

Menurut para ahli, analisis merupakan suatu aktivitas yang memuat kegiatan mengurai, memilah, dan membedakan sesuatu untuk dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu didefinisikan makna dan kaitannya.

Sehingga ketika anda ingin melakukan analisis terhadap peluang suatu usaha, anda harus bersikap terbuka, memiliki etos kerja yang tinggi, introspeksi diri, dan pandai berkomunikasi.

Pada dasarnya cara menganalisis peluang usaha barang maupun jasa sama saja, anda bisa melakukannya dengan metode SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats).

Pertama, buat 4 kolom dan beri nama dengan 4 faktor tersebut. Kedua, masukkan minimal 5 kelebihan dan kelemahan yang ada pada usaha yang ingin anda buat.

Ketiga, pertimbangkan keuntungan, proses yang perlu ditempuh, kemudahan, dan cara mencapainya, lalu evaluasi 4 faktor tersebut. Terakhir, tulis poin-poin penting yang anda dapatkan dari hasil analisis peluang usaha tersebut.

Jika peluang lebih besar dan anda yakin mampu untuk menanggung segala risiko nya, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mulai membuka usaha tersebut.

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Kebanyakan mindset masyarakat adalah usaha yang besar dan menghasilkan banyak keuntungan hanya bisa dilakukan di perkotaan. Padahal bagi anda yang tinggal di desa, peluang usaha juga besar bahkan pesaingnya lebih sedikit.

Selain mencari kerja, anda tetap bisa membuka usaha sendiri yang dapat dibuka di rumah. Berikut penjelasan mengenai peluang usaha rumahan yang wajib anda ketahui.

Prospek Usaha Rumahan yang Bisa Dilakukan di Desa

Usaha rumahan merupakan usaha mini yang bisa dibuka di rumah anda sendiri. Usaha ini cukup menguntungkan jika anda tahu cara mengelola pemasukan dan pengeluaran usaha anda.

Selain itu, anda juga perlu melihat kebutuhan masyarakat di daerah sekitar rumah, agar produk atau jasa yang anda tawarkan memiliki peminat atau pelanggan yang tetap.

Beberapa contoh usaha yang bisa anda coba yakni menjual gorengan, membuka warung nasi, warung kopi, warung sayur, menjual makanan ringan atau berat, membuka toko alat pecah belah, toko kelontong, sembako, kue kering, dan jahit-menjahit.

Di zaman modern ini, anda juga bisa memanfaatkan teknologi seperti media sosial. Apalagi jika koneksi internet di desa anda sudah memadai.Saat ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua menggunakan aplikasi chatting seperti Facebook dan Whatsapp.

Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut, anda bisa melakukan promosi melalui chatting secara personal atau broadcast, dan mengupload produk yang anda jual beserta keterangannya. Hal tersebut membuat semakin banyak orang yang mengenal dan tertarik dengan usaha anda.

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Jika anda berpikir bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak bisa berpenghasilan, maka anda salah. Di zaman modern ini, sudah banyak wanita yang bekerja di rumah sementara mengurus rumah, anak, dan suami.

Hal tersebut dibantu oleh adanya kemajuan teknologi, yakni penggunaan internet dan sosial media. Berikut contoh usaha dengan modal yang pas dikantong untuk para ibu rumah tangga.

Contoh Usaha untuk Ibu di Rumah dengan Modal 1 Juta

Siapa bilang ibu rumah tangga hanya boleh mengurus anak dan membersihkan rumah? Sekarang ini siapapun berhak memiliki kesempatan untuk memulai suatu usaha, entah dari rumah atau di luar rumah, yang penting memiliki niat, perencanaan yang matang, dan modal yang cukup untuk membuka usaha tersebut.

Tak jarang ibu rumah tangga juga ingin menjadi pengusaha. Beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, yakni usaha toko online di bidang fashion dan hijab, pulsa atau paket data, minuman dan makanan ringan, menjadi penulis lepas, membuat kerajinan tangan, katering, dan mengajar les privat di rumah.

Selain menghasilkan keuntungan, usaha-usaha tersebut juga membutuhkan modal yang kecil atau sekitar Rp.1 juta. Jika anda tertarik mencobanya, jangan lupa untuk mendiskusikan hal tersebut dengan suami anda.

Selain untuk mendapatkan izin, anda juga bisa bertukar pikiran, menerima gagasan atau ide baru, dan merencanakan terkait modal yang akan digunakan. Sebagai ibu rumah tangga, anda harus pintar mengelola keuangan, sehingga kebutuhan rumah tangga terpenuhi, usaha andapun jalan.

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

Sekarang ini terdapat berbagai macam ragam bisnis yang bisa anda pilih. Namun, beberapa bisnis ada juga yang tidak menguntungkan.

Anda perlu mengingat bahwa waktu tidak dapat dibeli dengan uang, jika anda memulai sebuah bisnis tetapi memakan waktu yang sangat lama untuk bisa mendapat keuntungan, maka sebaiknya urungkan niat tersebut.

Dengan menjadi distributor tunggal, maka anda akan lebih cepat mendapat profit. Berikut simak keuntungannya.

Keuntungan Sebagai Distributor Tunggal

1. Pasar yang Lebih Besar Bebas Saingan
Sudah bukan hal aneh apabila ada produk favorit di suatu tempat, maka akan banyak yang menjual produk serupa. Tetapi jika anda menjadi distributor tunggal, maka hanya anda satu-satunya distributor.

Sementara penjual yang lain merupakan retailer. Dalam dunia bisnis, di daerah manapun anda berada namanya distributor tunggal itu pastilan benar-benar menguntungkan. Anda hanya perlu menyalurkan kemudian menjual barang dari supplier atau produsen ke konsumen.

2. Bebas Biaya Produksi
Keuntungan lain menjadi distibutor tunggal adalah bebas dari biaya produksi. Dimana anda tak akan terkena biaya produksi sama sekali. Karena tanggung jawab dari distributor tunggal hanyalah untuk menyalurkan barang saja, atau dengan kata lain anda sebagai perantara.

Jika seandainya pun terjadi kerugian di lain waktu, maka biaya pun masih bisa diminimalisir. Karena anda sebagai distributor tidak ikut bertanggung jawab dengan kerugian biaya produksi.

Itulah keuntung yang bisa anda rasakan dengan menjadi distributor tunggal. Selain itu, anda juga bebas memikirkan kualitas produk. Karena pihak yang harus memikirkan masalah tersebut adalah pihak produsen, selaku orang yang memproduksi barang tersebut.

Terlebih lagi, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Mungkin margin profitnya memang masih kecil, tetapi di sini selaku distributor tunggal maka anda dapat bermain kuantitas.

Mencari Peluang Usaha

Mencari Peluang Usaha

Mungkin banyak di antara anda yang mengira seorang dari para pebisnis suskes, berhasil karena menciptakan ide-ide yang kreatif. Padahal sebagian besar sebenarnya hanya tahu cara melihat peluang usaha, mulai dari hal-hal kecil di sekitar.

Banyak terdapat ide bisnis di kehidupan sehari-hari, berikut beberapa cara menemukan peluang bisnis di sekitar. Simak ulasan lengkapnya.

Cara Melihat Peluang Bisnis

1. Memulai Dari Hobi
Jika anda masih dihadapkan dengan rasa bingung untuk mencari peluang bisnis yang tepat, maka memulai dari hobi adalah hal yang tepat. Untuk memulainya, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Misalkan anda memiliki hobi bermain alat musik, maka anda dapat membuat bisnis penjualan alat musik, atau membuka kursus alat musik. Intinya, anda perlu melihat apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar yang masih berhubungan dengan hobi anda.

2. Mengembangkan Pengetahuan Tentang Tren Terkini
Salah satu cara yang tepat untuk mengetahui usaha apa yang patut anda rintis, adalah dengan terus mengembangkan pengetahuan anda mengenai hal yang sedang tren.

Anda dapat mencari informasi melalui internet atau media sosial. Dengan demikian anda bisa menciptakan sebuah bisnis yang sedang digandrungi dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun perlu anda garis bawahi, menciptakan bisnis yang sesuai hobi dan yang dibutuhkan masyarakat tetap harus ditambah dengan suatu inovasi yang baru. Hal ini bertujuan agar bisnis anda berbeda dari usaha-usaha yang lain.

Semakin berbeda usaha yang anda buat, maka akan semakin mudah diingat oleh konsumen. Dan konsumen pun akan tertarik membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis anda.

Peluang Usaha yang Menjanjikan

Peluang Usaha yang Menjanjikan

Menjalankan sebuah bisnis memerlukan perencanaan yang tepat. Anda harus menentukan usaha apa yang ingin anda jalankan, kemudian mempelajari peluang usaha dari bisnis tersebut.

Selain itu, anda juga perlu memahami kemampuan yang anda miliki dalam menjalankannya. Berikut beberapa peluang usaha yang berpotensi memiliki keuntungan yang baik. Simak selengkapnya.

Bisnis Menjanjikan di Tahun 2020

1. Berjualan Tema Blog
Di tahun 2020 ini, bisnis SEO sedang berkembang dengan pesat. Banyak pemilik blog yang sering mengganti tema yang dimiliki agar blognya terkesan lebih menarik. Jika anda mahir dalam membuat tema untuk blog, maka berjualan tema blog kini adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Tentu anda juga harus memahami kriteria dari tema yang baik, seperti SEO optimized, mobile friendly, serta loading yang cepat dan desain yang menarik.

2. Jual Makanan Online
Usaha makanan masih menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di tahun 2020, terutama bagi anda yang tinggal di kota besar. Apalagi di tengah area pandemi saat ini, banyak orang yang memilih membeli makanan dengan cara pesan antar.

Bisnis anda dapat menjadi solusi bagi mereka yang tinggal sendiri, dan menginginkan menu yang lezat dan mudah didapat.

Tak hanya itu saja, bisnis-bisnis ini masih dapat dikembangkan lagi. Anda tidak hanya bisa membuat tema blogger saja, tetapi tema untuk platform-platform besar seperti WordPress dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk bisnis makanan, anda dapat mencoba berbagai macam variasi hidangan untuk dijual. Seperti menu makanan sehat, dan masih banyak lagi.

Baca : nama olshop

Sumber Peluang Usaha

Sumber Peluang Usaha

Peluang dapat diartikan sebagai kesempatan yang datang dari sebuah kejadian atau peristiwa. Sebuah peluang bisnis dapat datang dengan berbagai cara seperti dari inspirasi, ide, maupun kesempatan yang dapat dimanfaatkan.

Munculnya ide biasanya terjadi akibat adanya titik temu antara memori dengan pengalaman atau pendidikan yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan permasalahan. Berikut ini adalah faktor yang dapat memunculkan ide tersebut.

Sumber Peluang Bisnis yang Potensial

1. Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai pelaku atau subjek. Faktor internal ini antara lain intuisi atau pemikiran dari individu sendiri, pengetahuan yang dimiliki, dan pengalaman.

Hal-hal ini yang berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah ide atas sesuatu yang dihadapinya dengan kemampuan kreativitas.

2. Faktor Eksternal
Sedangkan faktor eksternal adalah hal-hal yang dihadapi oleh seseorang, dan merupakan objek untuk mendapatkan inspirasi usaha.

Yang termasuk dalam faktor eksternal ini yaitu kesulitan yang dihadapi sehari-hari, kebutuhan yang belum terpenuhi, masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan, serta pemikiran besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Faktor internal berperan sebagai subjek dan faktor eksternal berperan sebagai objek, kedua faktor ini saling bersinggungan menimbulkan sebuah inspirasi atau ide. Yang nantinya ide atau inspirasi tersebut yang menjadi sumber dari peluang usaha atau bisnis.

Hal tersulit dalam proses pencarian sumber peluang bisnis adalah mengetahui apakah ide tersebut memiliki nilai yang baik atau tidak.

Peluang Usaha Franchise

Peluang Usaha Franchise

Memulai usaha franchise menjadi pilihan banyak orang di zaman sekarang ini. Kemudahan dalam mengatur keperluan penjualan mulai dari produk, tempat, hingga penentuan harga menjadi alasan mengapa bisnis satu ini semakin banyak peminatnya.

Jika anda berminat terjun ke dunia bisnis satu ini, maka yang pertama harus anda siapkan adalah modal. Untuk pemula, berikut beberapa peluang bisnis waralaba yang cukup terkenal dengan modal yang masih terjangkau.

Peluang Usaha Waralaba untuk Pemula

1. Galaxy Pertamini
Mungkin ada beberapa dari anda yang memiliki impian untuk memiliki usaha stasiun pengisian bahan umum atau SPBU. Mengingat modal untuk mendirikan SPBU tidaklah sedikit, anda bisa belajar terlebih dahulu dengan Galaxy Pertamini.

Franchise satu ini sebetulnya adalah kios bensin eceran. Berbeda dengan yang biasa di jual di pinggir jalan, Galaxy Pertamini memiliki booth serta perangkat pengisian BBM layaknya SPBU.

2. Sabana Fried Chicken
Makanan satu ini tentunya sudah sering anda temukan di sekitar rumah. Meskipun target pasarnya tidak sebesar KFC, tetapi makanan satu ini memiliki cukup banyak penggemar.

Apalagi harga yang ditawarkan dari ayam goreng satu ini dapat dikatakan murah. Dengan membayar sekian ribu rupiah saja anda sudah bisa mendapatkan paket ayam dan nasi, lezat dan mengenyangkan.

Menjadi mitra atau memiliki usaha waralaba seperti ini, anda tidak perlu mengeluarkan modal hingga ratusan juga rupiah. Anda sudah bisa mendapatkan bahan, booth, hingga brand namanya.

Dijamin dalam waktu dekat modal yang anda sudah keluarkan akan kembali dengan untung yang besar, jika usaha tersebut anda lakukan dengan baik dan tekun.

Baca : nama restoran

Cara Mencari Peluang Usaha

Cara Mencari Peluang Usaha

Salah satu kesulitan yang dihadapi seseorang yang akan memulai bisnis adalah cara melihat peluang usaha yang menjanjikan. Banyak pemula dalam dunia bisnis yang masih bingung untuk memilih usaha yang tepat, sehingga mereka menunggu sebuah peluang.

Padahal sebuah peluang tidak datang begitu saja, anda perlu mencari dan menciptakan peluang sendiri. Yuk intip beberapa cara melihat peluang usaha di sekitar. Simak ulasannya berikut.

Tips Melihat Peluang Usaha di Sekitar

1. Mencari dari Bakat Sendiri
Cara yang paling efektif untuk mencari peluang bisnis adalah dengan mencari bakat yang ada pada diri sendiri. Karena terkadang seseorang tidak menyadari bahwa sebenarnya potensi yang dimiliki dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Banyak orang yang memiliki bakat unik yang tidak dimiliki oleh orang lain, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang potensial.

2. Bekerja Sama dengan Usaha Lainnya
Jika anda kesulitan karena tidak memiliki lokasi tempat usaha yang strategis, maka anda dapat bekerja sama dengan pemilik usaha lain. Anda dapat bekerja sama dengan cara menitipkan barang jualan kepada mereka.

Anda bisa menawarkan perjanjian bagi hasil keuntungan. Titipkan produk anda tersebut di usaha lain yang memiliki lokasi strategis, tentunya dengan cara ini produk anda pun berpotensi untuk dibeli orang.

Mencari cara untuk melihat peluang usaha terbilang cukup sulit, namun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena peluang-peluang tersebut sejatinya dapat anda peroleh dari kehidupan sehari-hari atau di sekitar anda.

Hal yang harus ditekankan dalam memulai usaha adalah tekad yang kuat, keberanian, sikap disiplin, dan semangat untuk terus belajar.

Cara Melihat Peluang Usaha

Cara Melihat Peluang Usaha

Penghasilan seorang karyawan di sebuah perusahaan terkadang hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari saja. Sehingga banyak orang memilih bekerja sembari merintis sebuah usaha.

Namun pada kenyataannya, mencari sebuah peluang usaha tidaklah semudah membalik telapak tangan, tapi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut terdapat beberapa tips mencari peluang usaha di sekitar. Simak ulasan lengkapnya.

Langkah Mudah Mencari Peluang Usaha

1. Lihat Peluang dari Diri Sendiri
Salah satu peluang usaha yang dapat anda ciptakan dengan cepat dan mudah adalah dengan melihat potensi yang dimiliki diri sendiri. Melihat berbagai peluang yang ada pada diri, bisa menjadi kunci sukses dalam berbisnis yang sangat menguntungkan.

Sebab, potensi yang anda miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain. Sehingga bisnis yang anda jalankan nantinya pun menjadi lebih istimewa karena berbeda dari yang lain.

2. Bawa Usaha dari Daerah Lain ke Daerah Anda
Apabila sekiranya anda belum mampu menggali potensi yang ada dalam diri, maka coba melihat peluang usaha yang tengah berkembang di daerah lain. Anda dapat mencari referensi dari kota-kota sebelah untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan usaha yang akan anda jalankan.

Pastikan jika bisnis yang tengah berkembang tersebut masih sedikit, atau bahkan belum ada di daerah anda. Sehingga usaha anda akan lebih diterima orang-orang sekitar.

Menciptakan suatu peluang bisnis memang bukan hal yang mudah. Namun, menciptakan peluang usaha hingga menghasilkan bisnis yang sukses juga bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Tekad untuk mencari hal yang baru, keberanian untuk mencoba, dan juga niat untuk maju merupakan tiga kunci utama untuk memajukan bisnis anda. Cari celah di sekitar dan gunakan hal tersebut sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Jual Peluang Usaha Kuliner Baru dan Unik

Jual Peluang Usaha Kuliner Baru dan Unik

Usaha kuliner unik dan kreatif memang tidak ada matinya. Selalu saja ada yang baru dan sudah terbukti suskes membuat banyak orang penasaran dan ketagihan. Jika anda tertarik mengembangkan usaha kuliner unik.

Maka anda harus mengetahui bagaimana cara agar makanan unik yang anda buat bisa terus melekat di lidah banyak orang dan tidak hanya booming saat viral di media sosial saja. Yuk intip makanan kreatif dan unik yang bisa menghasilkan untung berikut ini.

Makanan Unik yang Laris di Pasaran

1. Boba
Bisa dibilang, boba menjadi salah satu bisnis kuliner unik yang sangat populer akhir-akhir ini. rata-rata pelaku usaha pasti menyisipkan menu minuman boba di dalam bisnis kuliner mereka. Salah satu menu yang paling populer adalah boba brown sugar, karena rasanya yang gurih dan manis.

Anda bisa mencoba mengkreasikan minuman boba anda sendiri, atau menciptakan makanan baru dengan topping boba, seperti boba toast dan lain sebagainya.

2. Ayam Geprek
Bisnis ayam geprek hingga kini masih eksis dan menjadi favorit banyak orang. Anda dapat berkreasi dengan berbagai varian sambal hingga topping yang unik agar bisnis ayam geprek yang akan anda jalani nanti bisa meledak.

Salah satu ide varian sambal yang bisa anda coba, seperti sambal khas indonesia semacam sambal dabu-dabu, hingga sambal khas korea semacam sambal bulgogi. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba agar bisnis ayam geprek anda istimewa.

Itulah beberapa bisnis kuliner yang unik yang tidak ada matinya dan masih eksis hingga saat ini. Semakin banyak yang merintis usaha yang sama, bukan berarti bisnis anda menjadi tidak unik.

Anda masih bisa terus berinovasi dalam varian rasa dan makanan pendamping lainnya yang ada di menu. Hal ini tentu akan membuat usaha kuliner anda terus bertahan di pasaran.

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tidak melulu harus bergantung pada penghasilan suami. Anda juga bisa menambah uang saku anak ataupun membeli keperluan pribadi dengan hasil kerja sendiri.

Bagaimana caranya? Saat ini banyak peluang bisnis yang terbuka untuk ibu rumah tangga, jadi anda tidak perlu khawatir. Simak besar peluang usaha untuk anda para istri yang menjadi ibu rumah tangga berikut ini.

Prospek Usaha untuk Ibu-Ibu di Rumah
Bagi sebagian wanita yang sudah menikah, mereka memutuskan untuk fokus menjadi ibu rumah tangga. Namun, ada juga yang terbiasa bekerja sebelum menikah, sehingga tetap ingin membuka usaha sembari mengurus rumah.

Hal tersebut sudah lazim terjadi di zaman modern ini, tak hanya menguntungkan, tetapi bisnis rumahan juga bisa menyesuaikan kewajiban anda sebagai istri.

Peluang usaha bagi ibu di rumah bisa dibilang cukup besar, terutama jika anda memiliki keterampilan seperti memasak, mengajar, menulis, dan sangat mengerti kemajuan teknologi.

Adanya penggunaan internet yang luas saat ini, menjadikan peluang usaha di bidang apapun semakin besar. Karena penjual dan pembeli dapat terhubung di manapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka.

Beberapa usaha yang bisa anda bangun di rumah yakni laundry, warung makan, warung sayur, warung sembako, usaha katering, jasa menulis, mengajar les privat, online shop, dropship, berjualan es blender dan makanan ringan, serta usaha lain yang bisa anda buka dengan modal kecil sekitar 1 hingga 2 juta rupiah.

Tetapi, anda juga tetap harus membuat perencanaan yang matang untuk meminimalisir kerugian.

Rahasia Peluang Usaha Buat Anak Sekolahan

Rahasia Peluang Usaha Buat Anak Sekolahan

Tidak hanya mereka yang sudah menyelesaikan wajib sekolah 12 tahun, tetapi anak sekolah juga banyak yang tertarik menjadi pengusaha muda.

Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan pribadi yang meningkat, seperti keinginan membeli baju yang fashionable, membeli skin care, dan lain sebagainya. Untuk itu, terdapat peluang usaha bagi anak sekolahan yang bisa anda simak dalam ulasan berikut.

Peluang Usaha Bagi Anak Sekolah
Siapa bilang anak sekolah tidak boleh mendirikan suatu usaha? Usaha bersifat universal dan dapat dibangun oleh siapapun. Usaha juga tidak harus dimulai dari modal yang besar, bisnis kecil-kecilanpun juga disebut sebagai usaha.

Saat ini, anak sekolahan lebih banyak yang menguasai teknologi, mereka juga sering terinspirasi oleh tokoh-tokoh diluar sana yang berbisnis dan menghasilkan uang.

Jika anda masih duduk di bangku sekolah, maka anda bisa memulai bisnis dengan beberapa step. Pertama, tentukan bisnis apa yang ingin anda jalankan. Pikirkan juga cara produksi, dan risiko nya.

Kedua, sisihkan uang saku anda dan tabung uang tersebut untuk digunakan sebagai modal usaha. Ketiga, sediakan produk. Keempat, buat sosial media khusus untuk usaha anda agar lebih dikenal konsumen.

Cara tersebut berlaku untuk usaha barang, namun jika anda tertarik untuk menawarkan jasa, maka anda harus memastikan bahwa jasa anda terpercaya dan layak untuk ditawarkan kepada konsumen.

Untuk pemasaran, anda tetap harus gencar melakukan promosi melalui internet dan sosial media apapun. Ingat bahwa sekecil apapun suatu usaha, anda tetap harus memiliki business plan yang baik dan terencana.

Peluang Usaha Mitra Distributor

Peluang Usaha Mitra Distributor

Usaha mitra distributor merupakan usaha barang dimana anda menjual kembali suatu produk yang anda beli secara langsung dari perusahaan yang membuat produk tersebut dalam jumlah besar. Anda bisa menjualnya ke toko-toko atau menjadi user (dijual sendiri) tanpa memodifikasi produk tersebut.

Terdapat beberapa peluang usaha bagi anda yang ingin menjadi distributor yang dapat diketahui dalam ulasan berikut.

Keuntungan Menjadi Mitra Distributor
Untuk menjadi seorang distributor, anda memerlukan modal yang cukup besar. Karena biasanya anda harus membeli barang dari produsen dalam jumlah banyak atau grosir. Namun, usaha ini juga menghasilkan keuntungan yang besar, apalagi jika konsumen anda banyak.

Umumnya, distributor akan mendapatkan potongan harga saat membeli ke produsen. Semakin banyak barang, maka semakin besar diskon yang diberikan. Dengan adanya hal tersebut, anda bisa menjual kembali produk tersebut ke pelanggan anda dengan harga pasar, dari situlah anda mendapat keuntungan.

Selain itu, anda juga tidak perlu repot-repot memikirkan biaya produksi dan masa kadaluarsa barang tersebut.Karena semua masalah tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak produsen. Namun, anda harus pintar mencari pelanggan tetap agar anda bisa terus melakukan distribusi.

Beberapa mitra distributor yang bisa anda coba, yakni distributor produk minuman dengan brand terkenal, produk makanan ringan, produk sembako yang menjadi kebutuhan rumah tangga, produk sandang seperti baju, celana, dan hijab, serta distributor pulsa yang sudah seperti kebutuhan pokok zaman sekarang.

Anda bisa memilih ingin mendistribusikan apa saja dilihat dari kebutuhan masyarakat yang meningkat.

Peluang Usaha Makanan Ringan

Peluang Usaha Makanan Ringan

Salah satu usaha yang memiliki peluang besar untuk dilakukan adalah usaha snack atau makanan ringan. Usaha ini bisa anda jalankan dengan modal awal yang kecil ataupun besar, tergantung business plan anda.

Semakin hari, semakin banyak produk makanan ringan yang hadir di pasaran. Karena, masyarakat saat ini lebih menyukai sesuatu yang instan. Berikut penjelasan peluang usaha jajanan yang wajib anda ketahui.

2 Contoh Bisnis Makanan Ringan

1. Makanan Ringan Siap Saji
Siapa yang tidak suka dengan makanan siap saji atau kemasan? Makanan jenis satu ini sangat digemari oleh masyarakat. Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan bahan dan memasak di tempat setiap kali pembeli datang.

Cukup menyiapkannya dari rumah atau diproduksi oleh perusahaan, kemudian di distribusikan ke warung-warung, minimarket, atau bahkan ke toko sendiri.

Kelebihan dari usaha ini ialah praktis, masa kadaluarsa yang panjang, mudah di distribusikan, lebih higienis, dan memiliki kemasan yang menarik.

Namun, kekurangannya ialah anda membutuhkan modal yang lebih besar, harus memproduksi dalam jumlah banyak, serta memerlukan inovasi dan kreativitas yang tinggi sehingga pelanggan tertarik untuk membeli.

2. Makanan Ringan yang Harus Dimasak
Beberapa makanan ringan yang dimasak di tempat adalah cireng, telur gulung, martabak, terang bulan, ayam fillet, kue pukis, roti bakar, dan gorengan. Makanan tersebut tidak bertahan lama, sehingga tidak bisa dijual dalam kemasan.

Keuntungan dari usaha ini adalah biaya produksinya yang lebih sedikit dibanding makanan instan. Tetapi, jika dalam sehari produk tersebut tidak terjual habis, maka anda akan mengalami kerugian.

Peluang Usaha Laundry

Peluang Usaha Laundry

Laundry atau pencucian pakaian, merupakan istilah yang sering digunakan masyarakat untuk menyebut usaha cuci-mencuci tersebut. Usaha laundry saat ini memiliki peluang yang sangat besar, apalagi di daerah yang banyak dipilih oleh kaum muda untuk melanjutkan studinya.

Terdapat beberapa keuntungan dari usaha jasa pencucian pakaian yang bisa anda simak dalam ulasan berikut.

Keuntungan Membuka Usaha Laundry
Usaha laundry mencuat namanya menjadi salah satu usaha yang populer pada awal abad ke-20. Di indonesia sendiri, sudah banyak pengusaha jasa laundry yang menawarkan berbagai macam paket, seperti paket cuci kering setrika atau paket cuci kering saja.

Peluang usaha ini sangat besar, terutama di kota pelajar. Karena banyak dari mereka yang menjadi perantau, sehingga tidak memiliki mesin cuci atau alat mencuci lain.

Masyarakat saat ini juga cenderung memilih yang praktis dan cepat, terutama mereka yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian.

Selain banyak pelanggan, keuntungan lain membuka usaha laundry yaitu modal awal relatif kecil, bisnis rumahan, promosi yang sederhana, bertahan lama, keuntungan yang besar, beban gaji karyawan kecil, dan risiko kerugian juga kecil.

Untuk membuka usaha ini anda memerlukan sumber air yang bersih dan memadai, mesin cuci, timbangan digital, keranjang pakaian, lemari penyimpanan, alat tagging, setrika uap, deterjen, pewangi, pengemas plastik, keresek berbagai ukuran, dan tempat menjemur pakaian yang cukup.

Hal penting yang perlu anda ingat adalah berhati-hati dalam memisahkan pakaian konsumen agar tidak tertukar.

Peluang Usaha Kerjasama Bagi Hasil

Peluang Usaha Kerjasama Bagi Hasil

Terdapat beberapa orang yang memiliki etos kerja tinggi, inovatif, dan ingin membuka usaha tetapi terkendala oleh modal. Dari permasalahan tersebut, muncul suatu usaha yang dibangun oleh dua atau lebih orang yang bekerjasama dan membagi hasil dari usaha tersebut.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis usaha kerjasama atau mitra bisnis yang dapat anda ketahui.3 Jenis Mitra Bisnis

1. Mitra Bisnis Kreditur
Mirip seperti investor, kreditur tidak ikut mengurus usaha yang anda jalankan. Tetapi, kreditur hanya memberikan modal dalam bentuk hutang.

Seperti peminjaman uang pada bank, modal ini memiliki bunga dan waktu jatuh tempo. Anda perlu berpikir dua kali jika ingin bekerjasama, karena anda harus benar-benar yakin bisa membayar modal dan bunga tepat waktu.

2. Rekan Kerja Pemberi Modal
Mitra bisnis yang satu ini akan memberikan modal sekaligus membantu anda dalam mengurus usaha bersama atau disebut juga sebagai rekan kerja aktif.

Anda bisa menerima modal sepenuhnya atau setengah, tergantung kesepakatan diantara kedua belah pihak. Kebanyakan dari kerjasama ini adalah antara anda dan teman. Rekan kerja tidak hanya satu orang, boleh lebih jika modal yang dibutuhkan juga besar.

3. Pemberi Modal Saham
Saham merupakan modal yang umumnya digunakan oleh perusahaan. Pemberi saham tidak ikut dalam mengurus bisnis yang dijalankan atau biasa disebut sebagai investor.

Berhati-hatilah dengan usaha ini, karena apabila omset penjualan anda menurun, maka kemungkinan besar investor akan menarik kembali saham yang ia tanamkan pada perusahaan atau usaha anda.

Cari Peluang Usaha

Cari Peluang Usaha

Mencari peluang usaha bukanlah hal yang sulit, terutama jika anda pandai menganalisis peluang usaha. Berbicara tentang peluang usaha, ada yang berskala besar, sedang, dan kecil.

Jika anda mencari prospek untuk membangun suatu usaha, maka anda tidak perlu bingung. Terdapat banyak sekali cara untuk bisa menangkap peluang bisnis yang ada. Simak penjelasannya dalam ulasan berikut.

3 Cara Mencari Peluang Usaha

1. Mencari Tahu Kebutuhan Masyarakat
Sebagai seorang pemula dalam berbisnis, anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Komunikasi tersebut akan berguna ketika anda bersosialisasi dengan masyarakat.

Cara yang paling mudah untuk melihat peluang bisnis adalah mengamati dan mencari tahu kebutuhan masyarakat di sekitar anda. Hal tersebut juga memudahkan anda untuk menjadikan masyarakat sekitar sebagai pasar dan target usaha.

2. Mengembangkan Hobi
Hobi atau kesenangan bisa anda jadikan sumber ide untuk mendapatkan peluang usaha. Banyak sekali pebisnis sukses yang memulai karirnya dari sekedar hobi.

Selain menguntungkan, anda juga akan merasa senang menjalankan bisnis tersebut. Anda bisa memulainya dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu serta mencari kebutuhan masyarakat yang masih berhubungan dengan hobi anda.

3. Mengikuti Trending
Tidak ada salahnya terus mengupdate pengetahuan anda tentang hal-hal yang sedang trending. Selain mencari produk apa yang sedang diminati banyak kalangan, anda juga bisa mengemas produk tersebut dengan gaya yang sedang hits.

Cara melakukannya sangat mudah, anda hanya perlu sering membaca informasi di internet, sosial media, atau dari perbincangan hangat teman-teman anda.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha

Secara umum, peluang usaha merupakan kesempatan yang akan didapatkan oleh seseorang untuk mencapai tujuan yakni keuntungan dengan cara membangun sebuah usaha.

Hal tersebut merupakan komponen penting yang harus dicari sebelum membuka bisnis untuk meminimalisir kegagalan dalam berwirausaha. Berikut uraian mengenai pengertian peluang usaha menurut para ahli untuk menambah wawasan anda.

3 Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

1. Robbin dan Coulter
Menurut Robbin dan Coulter, peluang usaha merupakan suatu proses yang melibatkan seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan usaha tertentu untuk menciptakan nilai tumbuh yang dapat memenuhi kebutuhan hidup tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

Maksud dari kata “tanpa memperhatikan sumber daya” yakni anda dapat menggunakan sumber daya dari apa dan mana saja.

2. Arif F. Hadiparanata
Menurut Arif, peluang usaha ialah risiko yang harus diambil serta dihadapi untuk mengatur dan mengelola semua urusan yang berhubungan dengan finansial.

Maksudnya adalah anda harus mengambil kesempatan yang ada untuk dapat membangun suatu usaha yang menghasilkan keuntungan dan menambah kas keuangan anda. Kesempatan tersebut juga disertai risiko yang harus anda ketahui dan siap dihadapi.

3. Thomas W. Zimmerer
Menurut Thomas, peluang usaha adalah suatu terapan yang terdiri dari inovasi dan kreativitas untuk menyelesaikan masalah dan melihat kesempatan yang ada setiap hari. Pengertian tersebut hampir sama dengan pengertian peluang usaha pada umumnya.

Anda harus memiliki kemampuan untuk melihat dan menangkap kesempatan yang ada di sekitar anda, yang bisa dijadikan ide untuk membuka suatu usaha.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Ketika anda ingin memulai untuk berbisnis maka ada beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui. Diantaranya adalah memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mengidentifikasi peluang yang ada pada bisnis anda.

Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan yang harus anda pahami dengan baik ketika ingin memulai untuk berbisnis. Apa saja yang perlu untuk anda perhatikan? Simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Cara Untuk Mengidentifikasi Peluang Usaha

1. Dengan Mempertimbangkan Kemampuan yang Anda Miliki
Hal ini menjadi salah satu hal yang perlu untuk anda identifikasi ketika ingin berbisnis. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengetahui kemampuan yang anda miliki. Pasalnya, ada beberapa jenis usaha yang mengalami kegagalan.

Sering kali hal tersebut dikarenakan pemiliknya kurang tahu akan kemampuannya di dalam mengelola bisnis tersebut. Untuk itu, dengan adanya pengetahuan dan kemampuan dasar yang anda miliki akan menjadi peluang untuk bisnis anda.

2. Dengan Mengetahui Selera Pasar
Kemudian, anda pun juga perlu untuk tahu selera pasar yang sedang diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu peluang usaha yang perlu untuk anda perhatikan.

Sehingga, bisnis yang anda jalankan akan bisa laku di pasaran. Untuk itu, sebelum memulai bisnis maka anda bisa mencari tahu selera pasar yang ada di lingkungan sekitar anda.

Itulah beberapa cara untuk mengidentifikasi peluang bagi bisnis anda. Dengan begitu, maka anda nantinya akan bisa untuk menjalankan bisnis dengan lebih maksimal.

Untuk itu, anda perlu mengetahui potensi yang ada di dalam diri anda. Selain itu, target konsumen yang tepat juga menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis yang anda miliki nantinya.

Sebutkan Perubahan Perubahan Apa Saja Yang Bisa Menciptakan Peluang Usaha

Sebutkan Perubahan Perubahan Apa Saja Yang Bisa Menciptakan Peluang Usaha

Di dalam menciptakan peluang usaha, tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah perubahan yang kerap kali terjadi dalam kehidupan juga menjadi hal yang berpengaruh di dalam terciptanya peluang usaha.

Perubahan apa saja kah itu? Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan diulas beberapa perubahan yang bisa menciptakan peluang bagi bisnis anda. Simak selengkapnya disini.

Mengintip Perubahan Yang Bisa Menunjang Terciptanya Peluang Bisnis

1. Perubahan Musim
Setiap kali perubahan musim, pastinya akan tercipta peluang usaha yang berbeda. Contohnya adalah ketika musim hujan tiba maka penjual jas hujan ataupun payung tentunya akan mendapatkan penghasilan yang berlebih dibandingkan dengan musim panas.

Hal ini tentu saja akan menciptakan peluang bisnis yang baru bagi pelaku usaha yang menjual perlengkapan yang melindungi diri dari hujan.

2. Perubahan Gaya Hidup
Selain perubahan musim, maka perubahan gaya hidup juga menjadi salah satu hal yang mampu menciptakan peluang usaha. Hal ini terlihat ketika banyak orang yang saat ini menggunakan sepeda untuk berolahraga.

Maka hal tersebut tentu saja akan menimbulkan peluang usaha bagi penjual sepeda beserta aksesorisnya. Pasalnya, saat ini banyak orang yang kerap kali mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat.

Dengan adanya perilaku masyarakat yang cenderung mengikuti gaya hidup yang sedang berkembang, maka hal ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi bisnis tertentu.

Terdapat beberapa perubahan lain yang memiliki pengaruh dalam peluang usaha. Seperti perubahan pada tingkat kebutuhan hingga perubahan teknologi informasi dan komunikasi.

Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

Saat ini, banyak sekali anak muda yang tertarik untuk memulai bisnis wirausaha. Dengan banyaknya minat dibidang satu ini maka membuat anda terkadang bingung ingin membuat bisnis yang seperti apa.

Tentunya, untuk membuat bisnis yang berbeda dibandingkan dengan usaha lain menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Berikut ini akan diulas beberapa peluang usaha yang belum banyak dijalanan oleh orang banyak. Simak ulasan selengkapnya.

Beragam Ide Bisnis Yang Belum Diketahui Banyak Orang

1. Membuka Jasa Untuk Merawat Lansia
Selain menghasilkan uang, maka jenis usaha satu ini juga mampu untuk menimbulkan jiwa sosial. Untuk itu, bisnis satu ini pun bisa anda coba karena masih belum memiliki banyak pesaing.

Pasalnya, penyedia jasa untuk merawat lansia masih sangat jarang, dibandingkan dengan jasa untuk merawat baby sitter. Dengan begitu, anda pun juga turut untuk berkontribusi di dalam kehidupan sosial ketika membuka usaha ini.

2. Menjual Produk dari Hasil Daur Ulang
Meskipun telah ada dari jaman dahulu, namun masih sedikit orang yang menggeluti bisnis satu ini. Untuk itu, bagi anda yang memiliki jiwa kreatif dan juga suka mencoba hal yang baru maka tak ada salahnya untuk mulai menjalankan bisnis satu ini.

Usaha ini pun tak perlu membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan berbekal kreatifitas dan kerajinan tangan, maka akan bisa menghasilkan barang yang bisa bermanfaat.

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa untuk anda coba. Selain menghasilkan uang, beberapa peluang bisnis tersebut masih jarang dilakukan oleh orang. Sehingga, anda pun akan bisa untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Hal ini dikarenakan masih belum banyak saingan yang menjalankan bisnis seperti yang anda geluti. Dengan begitu, akan memiliki peluang yang lebih menjanjikan.

Contoh Peluang Usaha Yang Kreatif Dan Inovatif

Contoh Peluang Usaha Yang Kreatif Dan Inovatif

Berbisnis menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Terlebih lagi, dengan adanya UMKM maka berhasil mendongkrak para wirausaha di Indonesia untuk berkreasi di dalam berbisnis.

Untuk anda yang berencana terjun ke dunia satu ini, berikut ini akan diulas beberapa contoh peluang usaha yang cukup kreatif dan inovatif yang bisa anda coba. Penasaran? Untuk lebih jelasnya maka anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengintip Peluang Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Coba

1. Membuka Bisnis Katering Sehat
Usaha katering mungkin sudah tak asing lagi di mata anda. Untuk itu, anda pun dituntut untuk lebih berinovasi dan berpikir dengan lebih kreatif di dalam berbisnis. Sehingga, anda bisa menciptakan sesuatu yang lebih unik.

Sebut saja seperti katering sehat yang menyuguhkan berbagai makanan dan menu yang sehat. Katering ini pun juga bisa anda tujukan kepada orang yang ingin berdiet.

2. Membuka Bisnis Terrarium
Jika anda ingin menjual tanaman yang beda daripada biasanya, maka anda pun bisa mencoba untuk berbisnis terrarium. Bisnis satu ini belakangan menjadi tren yang disukai oleh anak muda.

Dengan menggunakan wadah kaca atau plastik dan diisi dengan media tanam seperti tanah dan sebagainya, maka tanaman yang anda jual pun akan terlihat lebih unik dan cantik. Sehingga akan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Selain itu, ada beberapa peluang usaha kreatif yang bisa untuk anda coba. Sebut saja seperti membuat bisnis berupa camilan yang unik hingga membuat sayuran dan bahan makanan yang siap dimasak.

Tak hanya menghasilkan uang, ide ide kreatif tersebut akan membuat bisnis anda terlihat beda dengan yang lain. Hal ini lah yang mampu untuk menarik minat beli dari konsumen.

Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan

Siapa bilang bisnis pertanian hanya bisa untuk anda lakukan di desa? Saat ini banyak kota kota besar yang mulai menjalankan bisnis satu ini. Bahkan tak jarang mereka yang menjalankannya di rumah.

Apa saja peluang dari usaha pertanian menguntungkan yang bisa untuk anda jalankan? Untuk anda yang tertarik di dalam menggeluti bisnis satu ini, maka anda pun bisa menyimak ulasan berikut.
Beberapa Bisnis Pertanian Dengan Hasil Yang Menguntungkan

1. Usaha Tanaman Hidroponik
Sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik cenderung lebih sehat dan enak ketika dikonsumsi. Dengan adanya alasan tersebut, maka membuat banyak orang yang menjajal bisnis satu ini.

Ada beragam jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan teknik satu ini. Mulai dari tomat, selada hingga pok choy, sehingga anda pun bisa mencoba untuk memulai bisnis satu ini.

2. Menanam Kangkung
Selain itu, anda pun juga bisa untuk memulai usaha untuk menanam sayur kangkung. Pasalnya, sayuran hijau satu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 4 – 6 minggu saja. Hal ini tentunya akan menjadi peluang yang menggiurkan.

Mengingat anda akan lebih cepat untuk panen. Cara menanamnya pun cukup mudah, dimana anda hanya perlu untuk menyiapkan bibit kangkung, ZPT, pupuk, plastik yang memiliki bentuk saringan dan juga baskom.

Dengan mengetahui peluang bisnis yang menjanjikan dari bisnis pertanian ini, maka usaha tersebut akan bisa untuk anda coba geluti.

Selain itu, bagi anda yang memiliki rumah dengan pekarangan yang besar, maka hal ini akan jauh lebih menguntungkan. Hal ini dikarenakan anda tak perlu untuk menyewa tempat sebagai media tanam untuk bisnis anda.

Peluang Usaha Saat Ini yang Menguntungkan

Peluang Usaha Saat Ini yang Menguntungkan

Mencari pekerjaan di masa pandemic ini cukup sulit, terutama dengan banyaknya kantor yang harus gulung tikar. Tidak sedikit pula yang harus kehilangan pekerjaannya karena PHK besar besaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Banyak orang yang menganggur sehingga butuh inspirasi untuk menciptakan lapangan kerja baru. Anda dapat mulai untuk berbisnis dengan peluang yang sangat besar di masa pandemic seperti ini. Yuk cek di bawah ini!

Peluang Bisnis yang Cukup Menjanjikan

1. Masker Kain
Pengguna masker kain saat ini cukup banyak karena dipakai untuk menghalau penularan virus covid 19. Indonesia memiliki stok masker yang cukup minim, tetapi kebutuhan akan hal it uterus meningkat.

Anda dapat membuat masker kain sendiri dan dipasarkan secara online dengan motif, bentuk, dan ukuran yang beragam. Perlindungan diri yang utama saat berada di luar rumah cukup memakai masker dan rajin cuci tangan, sehingga pangsa pasar cukup luas.

2. Sayur Keliling atau Online
Wabah virus covid 19 ini masih sangat meresahkan, sehingga banyak orang yang enggan pergi ke tempat tempat ramai. Tidak heran, banyak pula yang menghindari pergi ke pasar karena tempatnya yang cukup sempit.

Anda dapat menjadi pedagang sayur keliling atau melayani pembelian sayur secara online. Caranya cukup mudah, andalkan pesan whatsapp untuk melakukan pemesanan dan sayur akan diantar secara langsung ke rumah pembeli.

Masa pandemi ini mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan, tetapi kebutuhan hidup terus berjalan. Salah satu solusinya ialah beralih menjadi pebisnis agar bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Anda dapat memilih berjualan masker atau sayur keliling yang saat ini cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya cukup luas. Gunakan strategi marketing secara online agar usaha tersebut meraih untuk yang lebih besar.

Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Banyak orang yang ingin membuka bisnis lantaran jam kerjanya yang lebih fleksibel. Selain itu membuka bisnis juga memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Salah satu kendala untuk menjalankan bisnis yaitu modal yang cukup besar.

Sebenarnya anda juga bisa membuka usaha skala rumahan sehingga membutuhkan modal yang tidak banyak. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda coba.

Ide Usaha Skala Rumahan dengan Modal Minim
Memang ada banyak ide usaha yang bisa dijalankan, namun sebaiknya usaha tersebut disesuaikan dengan minat dan hobi anda. Misalnya jika anda memiliki kemampuan memasak maka akan lebih baik jika anda membuka kursus memasak.

Selain bisa membagikan ilmu yang dimiliki, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari usaha satu ini. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar karena anda hanya membutuhkan kepandaian meracik dapur.

Jika punya keahlian memelihara ikan, anda bisa mencoba budidaya ikan lele. Saat ini ada banyak warung makan yang menjadikan ikan lele sebagai salah satu menunya. Permintaan yang cukup tinggi ini tentu akan memberikan keuntungan yang lebih banyak.

Sedangkan jika anda tinggal di daerah perkotaan yang dekat dengan banyak kos, tidak ada salahnya untuk membuka jasa laundry.

Selain beberapa usaha yang telah disebutkan sebelumnya, anda juga bisa mencoba membuka usaha yang lain seperti usaha fotokopi, jasa les privat atau buka kos kosan. Pemilihan usaha yang akan dijalankan sebaiknya disesuaikan dengan tempat tinggal anda.

Anda juga perlu melakukan perencanaan yang matang mulai dari alat dan bahan yang dibutuhkan hingga strategi pemasaran untuk menjalankan bisnis tersebut.

Peluang Usaha yang Berasal dari Diri Sendiri

Peluang Usaha yang Berasal dari Diri Sendiri

Aktivitas bekerja yang dilakukan setiap hari mulai dari pagi hingga sore seringkali membuat para karyawan merasa bosan. Hal ini akhirnya mendorong seseorang untuk membuka sebuah bisnis.

Dengan membuka bisnis, maka anda lebih bebas dari peraturan pekerjaan dan mencoba ide baru. Untuk menemukan peluang usaha yang tepat sebenarnya bisa diperoleh dari diri sendiri. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

Ide Usaha yang Tepat Bagi Diri Sendiri
Peluang usaha yang tepat untuk diri anda sebaiknya disesuaikan dengan keterampilan yang anda miliki. Seperti contohnya apabila anda pandai membuat kue maka ide bisnis yang bisa dicoba yaitu membuka usaha penjualan kue.

Sedangkan jika anda pandai menulis maka tidak ada salahnya untuk menjadi freelance di blog atau menulis novel untuk diterbitkan. Memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, anda bisa membuka jasa foto prewedding atau wisuda.

Tentunya semua ide usaha akan lebih mudah dijalankan jika anda sudah menguasai bidang tersebut. Dengan demikian, anda bisa mengatasi masalah masalah yang akan terjadi di kemudian hari.

Meskipun anda sudah memiliki keterampilan dalam bidang tersebut, anda juga harus selalu belajar dan mencari tahu apa yang saat ini lebih banyak diminati sehingga anda bisa menciptakan produk yang tepat.

Menjalankan bisnis yang didasarkan pada kemampuan diri sendiri memang terlihat lebih menyenangkan. Namun sebelumnya anda juga perlu melakukan riset pasar untuk memudahkan anda menentukan produk dan merek yang tepat.

Kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang anda punya serta memanfaatkan sejumlah toko online yang ada di Indonesia.

peluang bisnis untuk anak sekolahan

Ragam peluang bisnis anak sekolah berikut ini wajib untuk disimak. Segera daftarkan brand usaha Anda melalui Patendo, hubungi WA 0853 5122 5081.

Berbisnis tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa di usia kerja saja, namun anak sekolah pun bisa memanfaatkan peluang usaha yang menguntungkan. Apa saja peluang bisnis untuk anak sekolah yang patut dipertimbangkan? Simak pembahasannya berikut ini.

Peluang bisnis untuk anak sekolahan

Sebagai anak sekolah atau pelajar, tugas utamanya tentu belajar agar meraih prestasi secara akademik. Akan tetapi, jika ada peluang usaha yang bisa dijalankan sambil sekolah, mengapa tidak?

Yang terpenting adalah, bisnis tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar dan prestasi di sekolah. Berikut ini beberapa peluang usaha anak sekolahan yang bisa jadi pilihan.

1. Dropship

Istilah dropship pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Peluang bisnis ini sangat cocok dikerjakan oleh anak sekolah karena tidak memerlukan modal banyak, bahkan hanya butuh kuota internet untuk promosi.
Sistemnya adalah kalian menjualkan produk orang lain dengan menentukan harga sendiri.

Misal kalian menjualkan baju dari sebuah toko online seharga 50 ribu kemudian kalian patok dengan harga 60 ribu, maka selisih 10 ribu itulah yang jadi bagian kalian. Dengan sistem ini, kalian tidak perlu membeli produk yang dijual, cukup mempromosikan gambar produk secara online.

2. Menjadi blogger

Menjadi penulis blog juga hanya membutuhkan kuota internet untuk upload tulisan kalian. Nah, bagaimana bisa dapat penghasilan hanya dengan menulis? Ada tiga sumber dana dengan menjadi blogger.

Yang pertama adalah membuka jasa review produk dari perusahaan tertentu, misal produk kosmetik.
Jadi, kalian tinggal mengulas produk tersebut di blog kalian sesuai permintaan perusahaan kemudian mereka akan membayar kalian atas jasa review produk tersebut.

Kedua, kalian bisa dapat pundi-pundi uang dari iklan dengan adanya google adsense. Jadi, iklan-iklan dari advertiser akan muncul di artikel yang kalian publish di blog.

Yang terakhir adalah dengan menjual produk sendiri, misalnya kalian bisa tawarkan jasa desain di blog kalian. Jasa desain tidak memerlukan modal dan barang untuk dijual sehingga sangat mungkin dilakukan anak sekolah.

3. Jualan pulsa

Peluang bisnis ini paling banyak dipilih sebagai sampingan karena selain mudah, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

Keuntungan lainnya adalah bisnis ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan utama kalian karena hanya perlu mengirim pesan ke penyedia token pulsa.

cara usaha anak sekolahan

Cara usaha anak sekolahan

Bagi kalian yang masih sekolah namun ingin menghasilkan uang sendiri dengan berbisnis, simak beberapa cara berbisnis untuk anak sekolahan berikut ini.

1. Minta izin orang tua

Restu atau izin dari orang tua adalah hal utama sebelum menjalankan sebuah bisnis meskipun hanya bisnis sampingan. Jika didukung oleh kedua orang tua maka bisnis dapat berjalan lancar sesuai harapan.

2. Mulai dengan bisnis modal kecil

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian bisa memilih menjalankan peluang bisnis yang tidak memerlukan modal terlalu besar seperti jualan pulsa dan sebagainya.

3. Utamakan pengalaman

Tujuan berbisnis bukan hanya sekadar untuk mendapatkan uang atau penghasilan, namun ada hal lain yang lebih penting yaitu pengalaman.

Pengalaman berbisnis di usia sekolah tentu sangat berharga dan berguna di masa depan dibanding uang yang tidak seberapa jumlahnya.

4. Pendidikan nomor satu

Pilihlah peluang bisnis yang tidak mengganggu kegiatan pendidikan kalian. Jangan sampai kalian berambisi untuk sukses berbisnis namun mengorbankan kewajiban sebagai pelajar.

5. Manfaatkan lingkungan

Mulailah berbisnis dengan membidik orang terdekat di lingkungan kalian sebagai target marketing. Hal ini akan memudahkan kalian dalam mengembangkan bisnis.

6. Ajak sahabat untuk gabung

Untuk kalian yang punya geng atau perkumpulan tertentu, bisa mencoba mengajak sahabat kalian untuk menjalankan bisnis bersama.

Apalagi jika kalian punya visi dan misi yang sama, tidak ada salahnya menjalankan bisnis bersama teman agar tidak terlalu berat.

rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

Rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, banyak peluang bisnis anak sekolah yang bisa dijalankan. Kali ini akan kami berikan beberapa rahasia peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan mudah dijalankan.

1. Bisnis jualan online

Peluang bisnis satu ini adalah yang paling banyak diminati. Tanpa modal yang besar, kalian sudah bisa mendapat uang tambahan untuk kebutuhan sekolah.

Yang kalian perlukan hanyalah sedikit modal uang, smartphone dan kuota serta produsen barang yang akan kalian jual. Mengapa harus ke produsen langsung?

Harga produk yang kalian dapatkan pasti relatif lebih murah sehingga kalian bisa mendapatkan untung lebih besar. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli produk ke produsen, kalian bisa menjalankan sistem pre order atau pesan dulu baru kalian membeli produk pesanan ke produsen.

Selain itu, kalian juga bisa pakai sistem dropship yaitu menjualkan produk orang lain dengan harga sendiri tanpa modal untuk membeli produk terlebih dahulu.

2. Jasa desain grafis

Seiring dengan perkembangan zaman, jasa desain grafis dinilai sangat membantu untuk mendukung berbagai kegiatan manusia seperti kebutuhan marketing, desain produk sebelum produksi dan lain sebagainya.

Nah, peluang bisnis anak sekolah ini sangat cocok dijalankan oleh anak SMA atau SMK karena hanya memerlukan laptop dan keahlian dalam mendesain.

Apalagi bagi kalian yang mengambil jurusan berbasis IT pasti mudah menjalankan peluang bisnis tersebut. Pendapatan yang diperoleh pun bervariasi bergantung pada skill yang kalian miliki.

3. Content creator atau youtuber

Youtube merupakan salah satu platform yang paling laris saat ini. Ada ratusan pembuat konten atau yang disebut youtuber yang mengunggah video buatannya dan mendapat adsense dari youtube berkat viewers dan subscribernya.

Ini menjadi alasan mengapa menjadi youtuber adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Selain membutuhkan sedikit modal, bisnis ini juga mudah dijalankan.

Kalian hanya perlu berkreativitas agar video atau konten yang kalian unggah mendapat banyak viewers dan subscriber.

4. Selebgram

Selain youtube, ada platform digital lainnya yang bisa jadi peluang bisnis anak sekolah yaitu instagram dengan menjadi seorang selebgram. Menjadi seorang selebgram tentu tidak butuh modal.

Kalian hanya perlu punya kreativitas dan ribuan followers agar dapat tawaran endorse atau iklan produk orang lain. Bayaran yang diperoleh pun beragam, bergantung pada hasil promosi kalian di instagram.

usaha kecil menengah untuk pelajar

Usaha kecil menengah untuk pelajar

Usaha yang biasa disebut UKM ini ternyata juga bisa dijalankan oleh pelajar maupun mahasiswa. Apa saja peluang usaha kecil menengah untuk pelajar?

1. Bisnis online

Bisnis ini hanya memerlukan laptop dan smartphone tanpa modal besar, seperti:

1. Asisten virtual.

Jasa asisten virtual online bisa kalian tawarkan melalui website lokal maupun internasional. Keahlian yang dibutuhkan adalah animasi, programing, managemen keuangan dan sebagainya.

2. Reseller dan dropshipping olshop.

Ketahui tren pasar saat ini agar produk dari supplier cepat laku dan untung besar.

3. Desain grafis.

Manfaatkan kehalian desain kalian dengan membuka jasa desain grafis seperti logo, desain kaos dan lainnya.

4. Penulis artikel freelance.

Untuk kalian yang punya skill menulis artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris bisa mencoba menawarkan jasa di website khusus freelancer.

2. Bisnis kuliner

Bagi yang punya skill memasak, UKM kuliner berikut bisa jadi pilihan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

Apalagi jika makanan bisa dititipkan di kantin atau warung sehingga tidak memerlukan modal untuk sewa tempat dan gerobak. Berikut usaha kuliner yang bisa dijalankan di sela-sela kesibukan kalian sebagai pelajar.

Cilok

Fried chicken

Sosis bakar

Es krim

Es coklat

Jus buah

Sosis telur

Gorengan

Nasi kuning

Bawang goreng

bisnis untuk anak smp yang menguntungkan

3. Bisnis budidaya dan ternak

Untuk kalian yang tertarik dengan usaha budidaya dan ternak, bisa mencoba menjalankan bisnis budidaya berikut ini.

Ternak ikan patin

Ternak ayam joper

Ayam bangkok

Lele sangkuriang

Ulat jerman

Ternak ikan nila di kolam terpal

Budidaya jangkrik untuk pakan burung

Budidaya ikan gurame

Budidaya ulat hongkong

Budidaya maggot pakan ternak

4. Bisnis pertanian

Bisnis pertanian di bawah ini bisa jadi pilihan untuk kalian yang punya hobi berkebun.

Budidaya cabe merah hidroponik

Budidaya jamur kuping

Budidaya jahe merah

Budidaya jamur tiram

Budidaya cabe rawit polybag

Budidaya kangkung hidroponik

5. Bisnis lain

Selain bisnis di atas, ada beberapa bisnis lain yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa.

1. Parfum.

Hampir sama seperti menjual baju atau fashion item lainnya, kalian bisa menjadi reseller atau dropshipping untuk produk parfum tanpa harus mendirikan toko parfum sendiri.

2. Video shooting.

Usaha yang satu ini cocok untuk kalian yang punya hobi videografi. Apalagi jika sudah memiliki peralatan sendiri. Kalian bisa menawarkan jasa video shooting melalui internet atau bekerja sama dengan vendor dan event organizer.

3. Sablon kaos digital.

UKM ini membutuhkan modal yang lumayan besar namun kalian bisa bekerja sama dengan teman atau saudara dengan passion yang sama.

4. Butik busana muslim.

Sama seperti UKM sebelumnya, usaha ini juga memerlukan modal yang tak sedikit. Jadi kalian bisa ajak teman untuk bersama-sama menjalankan bisnis tersebut.

bisnis untuk anak sd

Bisnis untuk anak smp yang menguntungkan

Berbisnis sejak dini bukanlah hal yang mustahil bagi anak SMP. Penghasilan yang didapat bisa untuk mencukupi keperluan sekolah sehingga dapat meringankan beban orang tua. Berikut ini peluang bisnis anak sekolah yang menguntungkan dan layak dicoba.

1. Jual jasa secara online

Ada beragam jasa yang bisa ditawarkan secara online seperti jasa terjemahan, desain logo, jasa pengetikan dan lain sebagainya. Hal ini sangat mudah dilakukan di tengah majunya teknologi saat ini.

Kalian bisa mengerjakan order dari customer secara fleksibel tanpa mengganggu kegiatan utama sebagai seorang pelajar.

2. Jual aksesoris

Aksesoris merupakan pelengkap fashion yang juga banyak diminati, terutama para wanita. Untuk kalian dengan kreativitas dan ketekunan yang tinggi, bisa mencoba memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah yang menguntungkan. Misalnya bros dari pita, jepit rambut buatan sendiri dan lainnya.

Jika kalian tidak punya keahlian tersebut, kalian bisa mencari supplier aksesoris dan menjual produknya di sekolah. Ini bisa dilakukan secara online maupun offline dengan sistem pre order agar tidak mengeluarkan banyak modal.

3. Jual snack atau camilan

Peluang bisnis ini tak kalah menguntungkan jika kalian bisa memanfaatkannya dengan baik. Bagi anak SMP, camilan atau snack menjadi makanan favorit yang sering dibeli ketika di kantin sekolah.

Ini menjadi kesempatan besar untuk kalian yang ingin berbisnis camilan atau snack. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar bergantung pada cara kalian mengaturnya. Untuk pemasaran sangat mudah, kalian bisa titipkan snack buatan kalian di kantin, koperasi dan warung dekat sekolah.

Selain itu, kalian juga bisa promosi lewat media sosial dengan sistem pre order, jadi tidak perlu membuat jika belum ada pesanan. Mudah bukan?

bisnis online untuk anak sma yang menghasilkan

Bisnis untuk anak SD

Bagi sebagian besar anak SD, bermain adalah kegiatan favorit di sela kewajiban belajar. Namun, anak sekolah dasar juga bisa punya kegiatan lain selain belajar dan bermain yaitu memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah.

Mana bisa anak SD berbisnis? Nah, berikut kami jelaskan apa saja bisnis yang bisa dijalankan oleh anak SD.

1. Jual es mambo

Minuman wajib bagi anak SD ini sangat mudah dibuat dan dijual. Dengan membawanya ke sekolah saja sudah dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Selain menjual di sekolah, es buatan sendiri ini juga bisa dititipkan di warung-warung sekitar sekolah dan rumah.

2. Jual makanan ringan

Usaha makanan ringan atau camilan dapat menambah uang saku anak jika ditekuni dengan baik. Pemasarannya pun sangat mudah, camilan tersebut bisa dibawa ke sekolah dan ditawarkan kepada teman dan guru.

3. Jual mainan

Siapa sih anak SD yang tidak suka mainan? Hampir semua anak menyukai mainan. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis anak SD yang menguntungkan. Mainan yang dijual bisa buatan sendiri atau mainan dari supplier.

4. Jual pernak-pernik

Pernak-pernik di sini misalnya jepit rambut, gelang karet dan lainnya yang biasa dipakai anak SD. Selain dijual secara langsung, pernak-pernik tersebut juga bisa ditawarkan melalui sosial media.

5. Jual minuman

Minuman selalu laris manis apapun cuacanya. Jika sedang musim hujan, bisa menjual minuman hangat, begitupun sebaliknya. Inilah yang menjadi peluang bisnis anak sekolah dengan sedikit modal namun banyak keuntungan.

bisnis anak sekolah smk

Bisnis online untuk anak SMA yang menghasilkan

Bisnis online memang tengah banyak digandrungi masyarakat, tak terkecuali anak sekolah. Dengan berbagai kemudahannya, anak SMA dapat memanfaatkan bisnis online dengan sedikit modal. Berikut ini peluang bisnis online anak sekolah menengah atas yang menguntungkan.

1. Jualan online

Kuatnya pengaruh teknologi membuat masyarakat lebih memilih membeli barang secara online karena dinilai lebih praktis. Inilah yang dapat kalian manfaatkan untuk menjual produk online.

2. Mengisi survei online

Survei online makin banyak diselenggarakan oleh perusahaan berbasis online dengan cara memberi komisi kepada pengisi survei.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh anak SMA karena tanpa modal besar sudah bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan mengisi survei online.

3. Blogging

Untuk kalian yang hobi menulis bisa memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah sebagai seorang blogger.
Selain mendapatkan keuntungan lewat iklan google, kalian juga akan mendapat banyak ilmu mengenai internet marketing. Hal ini tentu akan meningkatkan kemampuan wirausaha kalian.

4. Menjadi buzzer

Apa sih buzzer itu? Buzzer adalah pendongkrak akun orang lain di beberapa platform seperti instagram atau twitter. Untuk jadi seorang buzzer, kalian perlu minimal 200 ribu pengikut atau followers.

Dengan begitu, kalian akan diminta untuk mempromosikan akun instagram orang lain dengan bayaran tertentu. Mudah kan?

5. Endorse produk

Hampir sama dengan buzzer, kalian akan diminta untuk promosi produk barang atau jasa dalam bentuk testimoni seperti yang biasa dilakukan para artis di sosial medianya. Tentu saja jumlah follower dan subscriber kalian harus fantastis ya.

peluang usaha anak sma

Bisnis anak sekolah SMK

Peluang bisnis anak sekolah berikut ini juga tak kalah menjanjikan untuk siswa khususnya SMK dengan berbagai latar belakang jurusannya.

1. Jual makanan ringan

Bisnis ini cocok sekali untuk anak SMK jurusan pemasaran karena di sini kemampuan dalam memasarkan produk kalian akan terasah. Selain jurusan marketing, anak SMK jurusan tata boga juga patut mencoba bisnis ini.

2. Jasa pengetikan dan print

Kalau bisnis penyedia jasa ini bisa dijalankan oleh anak SMK maupun lainnya asal punya peralatannya. Untuk anak SMK jurusan TKJ sangat mahir menjalankan peluang bisnis yang berhubungan dengan komputer.

3. Online programmer web

Menyediakan jasa pembuatan situs, blog dan e-commerce juga masih berkaitan dengan anak SMK jurusan animasi dan multimedia. Dengan bekal ilmu yang didapat di sekolah, kalian bisa memperoleh penghasilan sendiri.

4. Jasa service komputer/laptop

Jasa perbaikan komputer ini juga jadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi untuk anak jurusan TKJ sudah pasti mudah menjalankan bisnis tersebut.

5. Jasa desain grafis

Peluang usaha ini sangat cocok untuk anak SMK jurusan animasi dan multimedia. Dengan memanfaatkan skill di bidang editing ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

6. Jasa tour and travel

Kali ini giliran jurusan pariwisata yang harus bisa menerapkan teori yang didapat di sekolah. Kalian bisa ajak teman sesama anak pariwisata untuk menjalankan bisnis dari lingkup kecil dulu.

7. Jasa rias wajah

Untuk kalian yang sedang belajar tata kecantikan sangat direkomendasikan untuk mulai membuka jasa rias atau make up. Kalian bisa memulai dengan rias untuk acara biasa dulu seperti wisuda dan lainnya.

peluang bisnis jajanan anak sekolah

Peluang usaha anak SMA

Kalian yang masih berstatus pelajar SMA jangan mau kalah dengan anak SMK. Ada banyak bisnis dan peluang usaha yang bisa kalian jalankan untuk menambah penghasilan. Berikut ini peluang bisnis anak sekolah khususnya SMA yang bisa jadi inspirasi.

1. Penjaga warnet

Jadi penjaga warnet bukanlah hal yang sulit dilakukan apalagi oleh anak SMA. Kalian bahkan bisa memanfaatkan akses internet di sana untuk mengerjakan tugas sekolah secara gratis tentunya.

2. Pegawai toko

Peluang usaha ini bisa dimanfaatkan oleh anak SMA terlebih saat musim liburan sekolah. Gaji yang didapat juga lumayan untuk sekadar memenuhi kebutuhan sekolah seperti buku dan alat tulis.

3. Bekerja di cafe

Cafe juga bisa jadi pilihan peluang bisnis bagi kalian yang ingin dapat penghasilan sendiri. Gajinya sendiri bervariasi bergantung pada lokasi dan kebijakan owner cafe tentunya. Namun rata-rata gajinya per bulan sekitar 1,5 juta.

4. Pengasuh anak

Jika kalian punya tetangga yang kerepotan mengurus anaknya, kalian bisa mencoba menawarkan diri untuk bekerja sebagai pengasuh anak. Gajinya sekitar 500 ribuan per bulan jika tidak mengasuh sehari penuh.

5. Jasa pengepakan

Jasa pengepakan untuk keperluan pindah rumah saat ini banyak dibutuhkan karena keefektifannya. Kalian bisa manfaatkan peluang tersebut untuk menawarkan jasa pengepakan dengan harga terjangkau.

6. Driver ojol

Bagi kalian yang sudah punya SIM dan ada kendaraan di rumah, bisa mencoba peluang bisnis anak sekolah ini.

Selain mudah dijalankan, bisnis tersebut juga sangat fleksibel sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sekolah.

bisnis untuk anak smp tanpa modal

Peluang bisnis jajanan anak sekolah

Jajanan atau makanan ringan anak sekolah memang tidak ada habisnya. Ini bisa jadi peluang bisnis menjanjikan jika dikelola dengan baik. Apa saja peluang usaha jajanan anak sekolah yang menguntungkan?

1. Telur gulung

Jajanan anak sekolah jadul ini ternyata masih mampu bertahan hingga sekarang. Telur gulung bisa dikombinasikan dengan mie, bakso dan sosis di dalamnya sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya.

2. Bakso bakar

Salah satu jajanan paling laris saat ini adalah bakso bakar karena disukai oleh semua kalangan. Modal yang dibutuhkan relatif kecil namun keuntungan sangat menjanjikan jika mampu dikelola dengan baik.

3. Mie lidi

Camilan legendaris ini juga makin hits dengan ragam varian rasanya. Dengan modal sedikit, jajanan kering ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar karena banyak digemari masyarakat.

4. Leker

Jajanan yang dulunya hanya punya satu varian saja saat ini sudah berkembang menjadi beragam rasa. Inilah yang membuat leker atau crepes sederhana ini banyak diminati semua kalangan.

5. Telor mini

Makanan ringan yang terbuat dari adonan telur dan dicetak ini juga tak kalah menjanjikan jika dijadikan bisnis atau peluang bisnis anak sekolah. Tampilan dan rasanya bisa dimodifikasi sehingga lebih kekinian dan menarik.

6. Cimol

Makanan sejenis cilok yang digoreng ini juga tak kalah mendatangkan keuntungan. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, hanya dibutuhkan ketelatenan dan inovasi agar meningkatkan nilai jual dan minat pembeli.

7. Es lilin

Minuman beku yang berbentuk seperti lilin ini menjadi favorit anak sekolah karena warna dan rasanya yang beragam.

Ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis anak sekolah dengan modal kecil dan pemasaran yang tergolong mudah.

8. Kue cubit

Kue cubit dengan berbagai topping menjadi incaran masyarakat saat sedang butuh camilan, bahkan bukan hanya anak kecil saja yang menggemarinya. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal namun hasilnya cukup menjanjikan.

9. Gulali

Jajanan manis ini sekarang sudah dijual di berbagai toko bahkan mall besar dengan ragam rasa dan bentuknya. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan dengan baik.

10. Rambut nenek

Selain gulali, ada juga rambut nenek yang sekarang sudah mulai naik kasta dengan ragam warna dan rasanya. Makanan ringan anak SD ini juga digemari oleh orang dewasa yang rindu akan jajanan tempo dulu.

11. Es kue gabus

Sama seperti es lilin, jajanan ini juga sangat digemari oleh anak SD karena warnanya yang menarik. Bahan dan modal yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu banyak.

Apapun jenis usaha dan bisnis Anda wajib didaftarkan mereknya agar terlindungi dan tidak ditiru oleh orang lain. Hubungi Patendo sekarang juga. Dapatkan konsultasi gratis via email maupun telfon.

Peluang bisnis anak sekolah yang ada harus dimanfaatkan dengan baik agar dapat meningkatkan pendapatan dan mampu mengasah skill wirausaha yang sudah dimiliki.

Peluang bisnis kuliner

Saat ini peluang usaha kuliner menjadi tren dan hits. Oleh karena itu, dalam berbisnis memang diperlukan ide yang kreatif. Apabila Anda memiliki bisnis kuliner yang bagus, segera daftarkan melalui Patendo.

Silahkan hubungi kami via Whatsapp di 081386706312. Kami akan membantu mendaftarkan merek atau nama usaha Anda supaya lebih mudah dan hemat.

Bisnis adalah usaha dalam menjual barang/jasa yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok. Tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan/laba.

Saat ini berbisnis yang paling menguntungkan adalah bisnis kuliner, karena semua orang pasti memerlukan makan dan minum. Jadi bisnis kuliner akan menguntungkan bagi Anda. Kami akan menjelaskan lebih detail mengenai peluang bisnis kuliner di bawah ini.

usaha makanan kekinian paling laris

Usaha makanan kekinian yang paling laris saat ini

Bisnis merupakan upaya untuk menjual barang/jasa supaya mendapat keuntungan. Saat ini peluang bisnis kuliner semakin berkembang, dengan adanya berbagai jenis makanan yang dijual.

Tidak hanya makanan saja, namun berbagai jenis minuman juga dijual dengan berbagai variasi. Saat ini banyak masyarakat yang mendalami usaha kuliner karena memiliki keuntungan yang besar.

Berbisnis kuliner saat ini memiliki banyak peminatnya. Apabila Anda ingin berbisnis kuliner, pilihlah jenis kuliner yang akan Anda jalankan. Sebelum itu, pastikan kuliner yang Anda pilih, pastikan tidak banyak yang menjualnya.

Bukalah usaha kuliner yang sedang hits saat ini, karena kuliner tersebut pasti memiliki banyak peminat. Anda juga bisa membeli merek dagang lain atau disebut juga dengan franchise.

Bisnis franchise adalah bisnis bagi hasil atau bisa saja Anda hanya membeli namanya saja. Hal tersebut termasuk dalam strategi pemasaran. Usaha makanan kekinian pasti sangat diminati masyarakat.

Terkadang makanan yang unik dan terlihat enak pasti dikunjungi banyak konsumen. Oleh karena itu, bisnis kuliner saat ini semakin berkembang pesat di berbagai wilayah di Indonesia.

Usaha bisnis kuliner mudah untuk dijalankan karena modalnya tidak terlalu besar. Bisnis kuliner yang laris saat ini adalah jajanan ringan atau snack/camilan. Berikut ini kami akan memberikan contoh jajanan ringan yang paling laris.

Gorengan

Roti bakar

Singkong keju

Tahu bulat

Salad buah

Cilok

Martabak mini

Piscok lumer

Burger

Pempek

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Banyak para pengusaha kuliner yang mengembangkan bisnisnya. Selain itu, ada juga pemula yang sedang membuka usaha kuliner. Proses yang dilakukan untuk berbisnis kuliner tidaklah mudah.

Mereka harus memikirkan jenis kuliner apa yang akan diambil. Untuk itu, para pengusaha kuliner awalnya berbisnis jenis makanan yang tidak banyak dijual.

Apalagi jenis makanan/kuliner yang dijual unik dan menarik, pasti banyak peminat yang penasaran dan datang ke tempat usaha kuliner Anda. Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Bisnis kuliner tidak harus membuka warung/ruko. Anda bisa menitipkan makanan kreasi Anda sendiri ke warung atau ke toko-toko terdekat. Pastikan makanan yang Anda jual enak dan menarik.

Buatlah makanan siap saji atau siap makan supaya lebih mudah untuk menjualnya. Usaha kuliner ini juga dapat membantu kebutuhan finansial Anda.

Peluang bisnis ini dapat menjadi jalan keberuntungan Anda, karena bisnis kuliner memiliki keuntungan yang besar. Bisnis dengan cara menitipkan makanan ke warung adalah hal yang mudah dan tidak menyita waktu Anda.

Jenis usaha kuliner yang termasuk usaha makanan yang dititipkan di warung atau toko seperti cemilan atau snack. Di bawah ini contoh-contoh makanan yang dapat dititipkan di warung atau di toko-toko.

Roti

Nasi bungkus

Es lilin

Rujak buah

Siomay kering

Brownies

Donat

Mi lidi

Stik talas

Aneka keripik atau kerupuk

contoh usaha makanan ringan unik

Contoh usaha makanan ringan unik

Bisnis kuliner tidak sembarangan, harus dipikirkan apa yang akan Anda jual. Pastikan modal yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak dan besar.

Anda dapat melihat saat ini peluang bisnis kuliner sangat banyak. Memilih makanan ringan menjadi pilihan yang tepat. Makanan adalah salah satu kuliner yang tidak akan mati seiring dengan perkembangan zaman.

Banyaknya peluang bisnis bagi Anda mulai dari usaha rumahan sederhana. Hal itu juga dapat mendukung kebutuhan finansial Anda.

Berbagai ide bisnis makanan ringan tiap tahunnya semakin meningkat, juga semakin unik dan menarik kreasinya.

Banyak orang yang menjalankan usaha makanan unik dan kreatif dan berhasil, seperti es kepal milo dan kripik maicih.

Beberapa makanan ringan yang terkenal dan hits pasti dikunjungi banyak pelanggan atau konsumen yang datang.

Tidak hanya itu, makanan ringan yang enak dan unik akan buat konsumen penasaran jenis makanan apa yang Anda jual. Berikut ini beberapa contoh makanan ringan yang unik serta enak bagi Anda.

Steak tempe

Seblak seafood

Keripik tempe

Belalang goreng

Asinan rambutan kiamboy

Burger hitam

Es krim goreng

Semangka goreng

Pudding roti

Oreo goreng

peluang bisnis kuliner 2020

Peluang bisnis kuliner 2021

Bisnis kuliner menjadi peluang sukses bagi Anda yang ingin usaha makanan. Usaha kuliner ini menjadikan Anda mendapatkan keuntungan yang berlipat, karena bisnis ini sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Berdasarkan makalah peluang bisnis kuliner untuk membuat perencanaan baru, Anda harus memiliki ide kreatif dalam berbisnis kuliner supaya mendapatkan keuntungan yang besar.

Hal ini mendukung adanya peminat kuliner yang tinggi dan semakin meningkat. Bagi para pelaku bisnis awal tahun adalah waktu yang paling tepat untuk memulai bisnis.

Melihat pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia yang semakin meningkat. Bisnis ini akan membawa banyak pengaruh positif bagi Anda. Jangan pernah takut dengan persaingan.

Saat ini perkembangan teknologi yang canggih juga menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin memasarkan produk barang/jasanya. Dengan memanfaatkan teknologi yang canggih, maka barang/jasa yang Anda jual dapat diketahui oleh banyak orang.

Bisnis yang saat ini lagi tren adalah bisnis waralaba/franchise. Bisnis tersebut adalah Anda hanya membeli nama produknya saja. Hal itu tidak repot, Anda juga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk bisnis kuliner.
Berikut ini beberapa peluang bisnis makanan yang akan tren di tahun 2020.

1. Bisnis frozen food

Frozen food adalah makanan yang dikemas secara instan dan mudah untuk dibuat. Bisnis frozen food ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Jaman modern kini, banyak masyarakat yang lebih senang makanan instan.

Frozen food ini makanan hasil dari olahan daging, ikan dan produk lain seperti buah dan sayur yang dibekukan.

2. Camilan kekinian

Bisnis camilan kekinian seperti makaroni ngehe dan rambut nenek adalah makanan yang melegenda pada zaman dahulu.

Namun adanya perkembangan zaman, makanan tersebut dimodifikasi dengan berbagai variasi dan kemasan yang menarik supaya tren. Anda juga bisa menjual makanan camilan yang biasa dihidangkan di keluarga.

3. Bisnis minuman

Berbisnis minuman yang sedang tren merupakan peluang usaha kuliner yang menguntungkan bagi Anda. Saat ini yang sedang tren di kalangan anak muda adalah nongkrong sambil ngopi bareng.

Minuman menjadi rutinitas dan aktivitas wajib yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Oleh sebab itu, berbisnis kuliner adalah peluang bisnis sampingan untuk membantu kebutuhan finansial Anda.

Berikut ini beberapa contoh usaha makanan yang tren pada tahun 2020.

Es kopi susu dengan gula aren

Bubble milk tea

Pudding regal

Minuman dengan topping biskuit

Martabak manis dengan berbagai topping

Ayam geprek

Ice tea masa kini

Kue balok

Ice blend

Kopi millenial, seperti Kopi Janji Jiwa

peluang bisnis kuliner rumahan

Peluang usaha kuliner rumahan

Bisnis makanan rumahan adalah bisnis yang menjanjikan. Anda dapat meraup omzet hingga jutaan rupiah. Anda bisa mulai dari bisnis kecil-kecilan di rumah.

Dalam memulai bisnis kuliner rumahan, Anda bisa memanfaatkan teras rumah Anda. Gunakan perabotan yang ada di rumah Anda, manfaatkan fasilitas yang ada di rumah Anda untuk menjalankan usaha.

Bisnis rumahan ini dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Akan tetapi, bisnis rumahan ini tidak mudah seperti apa yang Anda dilihat. Ada hal yang harus diketahui sebelum membuka usaha rumahan.

Anda harus memperhitungkan modal yang dikeluarkan. Selain itu, harus lihat kondisi lingkungan Anda sehingga dapat menghemat modal Anda.

Peluang bisnis rumahan menjadi peluang yang besar bagi ibu rumah tangga. Bisnis makanan rumahan ini mendatangkan keuntungan yang besar.

Tentukan harga yang murah, jika Anda menentukan harga mahal pada bisnis kuliner rumahan Anda, maka tidak akan laku. Pastikan makanan yang Anda jual enak, murah dan juga berkualitas.

Selain itu, Anda juga dapat menjual berbagai makanan melalui online. Dengan cara online, produk makanan yang Anda jual akan dilihat oleh banyak orang dan akan laku.

Begitu juga dengan ibu rumah tangga, ketika selesai, mereka dapat memanfaatkan waktu untuk berbisnis kuliner rumahan. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Oleh karena itu, bisnis kuliner menjadi favorit semua orang dan bisnis tersebut sangat menjanjikan. Berikut beberapa contoh jenis usaha rumahan yang dapat dijadikan referensi bagi Anda.

Bisnis makanan ringan

Bisnis frozen food

Bisnis makanan aneka mie

Bisnis kue

Usaha catering

Bisnis pempek

Usaha aneka olahan durian

Bisnis angkringan

Usaha jual pecel

Usaha ayam goreng

peluang bisnis kuliner online

Peluang bisnis kuliner online

Pada zaman sekarang, teknologi semakin canggih. Munculnya telfon pintar yang semakin canggih dapat mengakses media sosial maupun berbagai website di internet.

Bisnis jenis apapun dapat dipasarkan melalui online dan offline. Namun, banyak juga pengusaha muda menggunakan media online untuk memasarkan produk barang/jasanya.

Selain itu, bisnis melalui online merupakan langkah tepat untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, saat ini banyak pengusaha yang menggunakan pemasaran online.

Dengan bisnis online, Anda dapat menjalankan bisnis Anda lebih efektif dan juga efisien. Selain itu, bisnis kuliner online ini dapat dikerjakan disela-sela waktu Anda.

Makanan merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, apabila Anda berbisnis kuliner online, maka hal itu akan memudahkan Anda dan Anda tidak perlu repot mencari lokasi yang strategis.

Memanfaatkan bisnis kuliner melalui online sangat membantu dalam promosi kuliner Anda, tanpa harus susah payah mengenalkan kuliner yang dijual.

Saat ini banyak kehadiran aplikasi go-food yang membantu kalangan anak muda maupun kalangan masyarakat yang ingin berbisnis kuliner. Peluang usaha kuliner online sangat membantu Anda untuk menjual makanan yang Anda buat.

Berikut ini beberapa contoh bisnis kuliner melalui online.

Aneka roti dan cake

Cookies dan kue kering

Camilah dan snack

Frozen food

Salad buah

Katering masakan rumahan

Minuman kekinian

Katering bento

Lauk olahan kering

Makanan atau cemilan sehat

peluang bisnis kuliner modal kecil

Peluang usaha kuliner modal kecil

Tidak semua bisnis dengan modal yang besar. Bagi pemula bisnis kuliner dengan modal yang kecil dapat tetap berjalan. Memang bisnis kuliner tidak mudah, Anda pasti menemukan banyak tantangan.

Untuk itu, apabila Anda ingin membuka bisnis kuliner, dipastikan Anda siap mental, persoalan modal tidak perlu dikhawatirkan. Dengan modal yang kecil, Anda sudah dapat menjalankan bisnis kuliner.

Bisnis kuliner sangat menjanjikan, oleh karena itu, persiapkan mental Anda untuk menghadapi tantangan yang akan terjadi dan juga keluarkan modal sedikit dahulu.

Pastikan bisnis kuliner Anda tetap berjalan, setelah itu Anda dapat mengeluarkan modal lagi. Anda tidak perlu menyewa ruko atau membuka warung. Gunakan saja teras rumah Anda untuk berjualan.

Bisnis kuliner sangat menguntungkan, dengan modal kecil Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Usaha kuliner merupakan bisnis makanan yang tidak akan kehabisan ide untuk memunculkan berbagai terobosan baru.

Bagi pemula dengan modal kecil, Anda bisa mendirikan bisnis usaha kuliner. Peluang bisnis saat ini sedang meningkat, oleh karena itu, berbisnis kuliner bisa menguntungkan Anda.

Anda dapat memilih dan menentukan jenis kuliner yang akan Anda jalankan dengan modal kecil. Kunci bisnis sukses adalah keterampilan, ketekunan dan kesabaran untuk mengembangkan usaha.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa jenis bisnis kuliner dengan modal kecil.

Bisnis makanan pedas

Bisnis jus buah

Bisnis gorengan

Bisnis keripik

Bisnis martabak

Bisnis roti bakar

Bisnis warung makan tradisional

Bisnis jajanan pasar

Bisnis bubur ayam

Bisnis waralaba makanan atau minuman

inspirasi bisnis kuliner di Indonesia

Inspirasi bisnis kuliner di Indonesia

Bisnis merupakan pekerjaan sampingan bagi para pegawai maupun karyawan untuk mencari penghasilan tambahan. Kuliner adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Peluang usaha kuliner ini menguntungkan bagi Anda meskipun Anda hanya mengeluarkan modal yang kecil. Pastikan kuliner yang Anda jual tidak sama dengan yang lain.

Persaingan bisnis kuliner ini sangat ketat dan pesat karena peluang usaha kuliner sangat besar. Untuk membuka bisnis kuliner diperlukan strategi pemasaran yang menarik supaya mendapat kepercayaan dari pelanggan.

Apabila Anda ingin membuka bisnis kuliner, perhatikan lingkungan sekitar. Banyak peluang bisnis yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar tanpa harus membutuhkan modal yang besar pula.

Kebutuhan masyarakat akan kuliner yang sangat besar menjadikan peluang usaha kuliner yang bagus untuk Anda saat ini maupun masa mendatang.

Selain itu, berkembangnya media sosial membuat kuliner menjadi tren, karena banyak masyarakat yang mengupload berbagai foto ketika makan di suatu tempat. Hal itu menjadi peluang besar bagi Anda untuk berbisnis kuliner.

Meskipun persaingan ketat, Anda harus mencoba untuk berbisnis kuliner dan mendapat keuntungan. Bisnis kuliner tidak ada matinya, karena manusia membutuhkan makanan untuk keberlangsungan hidup.

Manfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitar Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba keberuntungan dalam bisnis tersebut.

Apabila Anda masih bingung untuk mendapatkan inspirasi, kami akan memberikan berbagai inspirasi bisnis kuliner di Indonesia untuk Anda.

Bisnis makanan jadul generasi tahun 90-an

Bisnis kuliner olahan buah

Bisnis kuliner roti artisan

Bisnis makanan untuk sarapan

Bisnis makanan sehat

Bisnis kuliner yang trend

Bisnis makanan pedas

Bisnis makanan tradisional

Bisnis makanan yang unik dan menarik

Bisnis makanan ringan atau cemilan

peluang bisnis kuliner di Jogja

Peluang bisnis kuliner unik di Jogja

Yogyakarta disebut juga dengan kota Jogja yang memiliki banyak potensi. Juga banyak nilai lebih yang dimiliki kota Jogja seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki peluang bisnis yang besar. Untuk itu, peluang bisnis kuliner memiliki keuntungan yang besar di kota ini.

Hal itu dikarenakan banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah yang menuntut ilmu di kota ini. Juga, hampir sebagian kota dipenuhi oleh para pendatang. Jogja dikenal dengan kekayaan budaya Jawa yang kental.

Selain itu, budaya Jawa yang melekat di kota ini dipadupadankan dengan tempat wisata alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke kota ini.

Kota Jogja adalah salah satu kota tujuan wisatawan. Oleh karena itu, bisnis kuliner ini dapat menguntungkan bagi Anda. Kota ini memiliki julukan kota yang tidak pernah tidur atau never can’t stop.

Hal ini dikarenakan aktivitas warganya yang seakan tidak pernah berhenti. Banyak juga makanan kuliner khas yang menjadi ikon di kota ini yakni gudeg.

Gudeg merupakan makanan dengan cita rasa yang otentik. Oleh karena itu, Anda akan sulit menemukan makanan seenak itu selain di kota Jogja.

Bisnis kuliner dapat Anda realisasikan untuk bisnis Anda supaya Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut ini beberapa contoh bisnis makanan khas Jogja bagi Anda.

Angkringan

Warung bubur kacang ijo / burjo

Warung gudeg

Coffee shop kekinian

Toko oleh-oleh

Warung mie lethek

Warung oseng mercon

Warung soto sapi

Kedai es buah PK

Warung mangut lele

Selain itu, jogja juga memiliki kuliner yang unik dan anti menstream seperti sate kuda, tengkleng gajah, bubur kalkun, nasi campur honge, belalang goreng dan lain sebagainya.

Kuliner tersebut bisa Anda jadikan peluang bisnis kuliner unik di Jogja, karena makanan unik akan diburu oleh para wisatawan yang hobby dengan kuliner ekstream dan unik. Bisnis tersebut juga dapat menguntungkan Anda.

peluang bisnis kuliner yang menjanjikan

Peluang bisnis kuliner yang menjanjikan

Peluang bisnis kuliner sangat menjanjikan, karena setiap orang pasti membutuhkan makanan baik itu makanan ringan, makanan pokok atau makanan yang dapat dijadikan buah tangan.

Bisnis kuliner merupakan bisnis dengan risiko yang rendah. Pastikan makanan yang Anda jual enak dan tidak mengecewakan pelanggan. Selain itu, Anda harus memperhatikan kualitas makanan, bahan baku dan pelayanannya.

Dalam berbisnis kuliner diperlukan inovasi dan kreasi, karena Anda akan bergantung pada tren dan viral dengan cara memodifikasi kuliner Anda dengan menambahkan sesuatu yang baru.

Hal ini akan menjadi pelanggan penasaran dengan rasa maupun bentuk dari makanan yang telah Anda modifikasi tersebut. Ada banyak contoh bisnis kuliner yang inovatif seperti es kepal milo, ceker mercon, es krim kuburan dll.

Apabila Anda berbisnis kuliner inovatif, pastikan Anda bisa memancing rasa penasaran calon pelanggan dengan nama maupun bentuk dari kuliner yang Anda jual supaya mereka tertarik dan ingin mencobanya.

Berikut ini ada 10 ide bisnis kuliner yang menjanjikan bagi Anda.

Es krim Snack

Bakpau buah

Keripik

Corndog

Makanan topping boba

Jajanan jadul

Minuman kekinian

Bento

Es brownies beku

Onigiri

peluang bisnis kuliner di Medan

Peluang bisnis kuliner di Medan

Medan merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki banyak kenangan bagi banyak orang. Ide bisnis kuliner ini menjadi pilihan masyarakat untuk mengembangkan berbagai jenis bisnis kuliner di kota ini.

Banyak peluang bisnis makanan yang dapat Anda jadikan referensi. Selain itu, bisnis kuliner di Medan akan menghasilkan banyak keuntungan jika memiliki standar kualitas yang baik.

Anda harus melihat peluang usaha kuliner yang ada di sekitar. Anda juga harus memperhatikan untuk mengembangkan ide bisnis supaya dapat menentukan konsep bisnis kuliner terbaik di Medan.

Apabila Anda membuka bisnis kuliner di Medan, Anda harus berani dan mempersiapkan berbagai hal seperti strategi pemasaran, konsep bisnis dan analisis peluang.

Hal itu disebabkan dalam memulai usaha kuliner tidak mudah, diperlukan hal-hal yang mendukung bisnis Anda. Pastikan bisnis Anda memiliki peluang yang besar dan sedikit pesaing.

Dengan itu, Anda dapat menjalankan bisnis kuliner Anda dengan baik dan lancar. Selain itu, Anda harus memiliki bisnis kuliner inovatif supaya makanan atau minuman yang Anda jual memiliki keunikan.

Untuk itu, kami akan memberikan contoh-contoh ide bisnis kuliner yang cocok dibuka di kota Medan untuk Anda.

Lontong Medan

Mie gomak

Soto Medan

Kari bihun tabona

Bihun bebek

Kolak durian

Kwetiau ateng

Martabak piring

Sate Medan

Teh susu telur Medan

Banyak jenis kuliner yang dapat Anda buka di berbagai daerah. Peluang bisnis kuliner memang sangat menjanjikan dan memiliki keuntungan yang besar.

Perhatikanlah peluang usaha kuliner di sekitar Anda. Jangan ragu untuk memulai bisnis kuliner, karena bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Semua orang pasti membutuhkan makan untuk menyambung hidup.

Untuk itu, pilihlah bisnis kuliner yang baik dan juga dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Dalam berbisnis diperlukan keberanian untuk menghadapi berbagai tantangan saat berbisnis.

peluang bisnis makanan ringan kekinian

Peluang bisnis makanan ringan kekinian

Makanan ringan atau disebut juga dengan camilan adalah makanan santai untuk dinikmati ketika sedang ngobrol bareng teman, kerabat maupun keluarga. Peluang bisnis kuliner ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Dengan bisnis ini, Anda juga tidak harus menyewa ruko maupun kios untuk menjualnya. Anda bisa menitipkan ke toko-toko terdekat Anda.

Makanan ringan yang dijual harus memiliki kualitas terbaik, supaya tidak mengecewakan pelanggan. Kualitas terbaik dilihat dari proses pembuatan hingga pengemasan.

Bahan yang digunakan harus higienis dan tidak mengandung bahan yang berbahaya. Untuk itu, Anda harus perhatikan dengan baik kualitas makanan ringan yang Anda jual.

Beberapa jenis makanan ringan yang telah laku di pasaran sangat banyak. Oleh karena itu, Anda harus memunculkan variasi unik untuk makanan ringan yang akan Anda jual.

Adanya perkembangan zaman saat ini membuat berbagai jenis kuliner banyak bermunculan dengan variasi yang unik.

Makanan camilan yang memiliki banyak peminat dan makanan tersebut mudah untuk dikonsumsi. Banyak pemuda yang terjun ke dunia bisnis kuliner.

Bisnis kuliner yang menjanjikan ini menjadikan banyak para pemuda menjadi pebisnis kuliner.
Bagi Anda yang ingin membuka bisnis makanan ringan yang kekinian, Anda harus memilih jenis makanan ringan yang tepat dan baik bagi Anda. Peluang bisnis ini dapat menguntungkan Anda.

Berikut ini kami akan memberikan contoh bisnis makanan ringan kekinian yang sedang hits di kalangan anak muda maupun masyarakat.

Bola ubi kopong

Roti buns

Churros

Stik goreng mozarella

Hotdog kentang

Telur gulung

Pisang nugget

Roti bakar dengan berbagai topping

Keripik singkong

Makaroni

Beberapa penjelasan mengenai peluang bisnis kuliner yang dapat Anda jadikan referensi. Apabila Anda memiliki bisnis kuliner, jangan lupa segera daftarkan nama usaha Anda.

Jika Anda tidak mendaftarkan nama usaha Anda, maka pihak lain akan membajak nama bisnis Anda. Oleh karena itu, segera daftarkan namanya melalui Patendo.

Kami siap melayani Anda. Silahkan hubungi kami . Pastikan nama bisnis Anda terdaftar, supaya nama bisnis terlindungi oleh negara dan hukum yang berlaku.

ide dan peluang usaha adalah

Ide dan peluang usaha yang akan Anda jalankan wajib didaftarkan. Patendo mitra terbaik untuk mengurus merek usaha Anda. Hubungi kami WA 0813 8670 6312.

Pengertian ide dan peluang usaha?

Ide dan peluang usaha adalah gagasan atau rancangan untuk memanfaatkan kesempatan yang sudah pasti didapatkan oleh seorang atau lebih dengan mengandalkan kemampuan, keterampilan dan waktu yang ada.
Sumber ide usaha dapat diperoleh melalui berbagai cara di antaranya:

1. Pengalaman dan pekerjaan

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik, demikian halnya dengan usaha, pengalaman akan menjadi sarana yang baik untuk memajukan suatu bisnis.

Misalnya Anda mengalami kegagalan usaha, namun dengan pengalaman gagal tersebut Anda dapat mengetahui cara mengatasinya agar usaha Anda terus berkembang.

Selain pengalaman, pekerjaan juga dapat dijadikan sumber ide usaha, karena dari pekerjaan sebelumnya Anda dapat mengembangkan dan menghasilkan ide dan gagasan bisnis sesuai dengan kemampuan Anda.

Apalagi jika sudah lama menekuni pekerjaan, pasti akan lebih memudahkan karena sudah memahami secara detail bidang usaha yang berkaitan dengan bisnis yang akan dijalankan.

2. Keterampilan

Keahlian dalam menerapkan keterampilan dalam waktu lama dapat membentuk dorongan insting usaha yang baik. Tidak jarang orang-orang memulai usaha dengan modal keterampilan yang dimiliki.

3. Hobi

Melalui hobi, orang tidak akan merasa terbebani sehingga sumber ide dan peluang usaha melalui hobi ini sangat efektif untuk motivasi Anda dalam membangun bisnis.

4. Pengamatan

Melihat kondisi permasalahan yang ada di sekitar Anda menjadi salah satu sumber yang cukup baik. Dengan mengetahui kebutuhan pasar, maka memungkinkan Anda untuk menemukan ide usaha yang tepat.

5. Inovasi

Penemuan ide baru dalam menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen dapat menjadi peluang usaha.
Karena selain produk belum banyak di pasaran, inovasi tersebut juga dapat menaikkan popularitas dan keuntungan usaha dengan cepat. Itulah 5 sumber peluang usaha yang patut Anda coba.

pengertian ide dan peluang usaha

Materi prakarya peluang usaha

Prakarya merupakan hasil karya berupa keterampilan, hasta karya atau kerajinan tangan yang belum memiliki target pasar, karena hasil karya tersebut belum memenuhi aspek sebagai barang jual.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan prakarya biasanya dapat ditemukan di pasaran. Jadi, pembuat hanya tinggal menggabungkan dan merangkainya saja.

Prakarya dapat dijadikan sebagai ide dan peluang usaha, terutama untuk bekal keterampilan anak sekolah.
Materi tersebut juga memiliki manfaat sebagai pengembangan kreativitas sehingga dapat menimbulkan inovasi yang menguntungkan. Contoh prakarya yang dapat dibuat oleh anak sekolah, di antaranya:

1. Kerajinan figura dari koran bekas.

2. Kerajinan lukisan dari daun.

3. Kerajian gorden dari kain perca.

4. Kerajinan boneka dari sabun.

5. Kerajinan tangan menempel mozaik dari biji-bijian.

Prakarya dapat menumbuhkan keterampilan pada anak, selain itu dapat meningkatkan motorik halus anak dan dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Itulah informasi mengenai prakarya yang dapat dijadikan sebagai ide usaha.

materi prakarya ide dan peluang usaha

Contoh ide usaha

Berikut ini contoh inspirasi dan peluang usaha yang menjanjikan.

1. Bisnis online

Salah satu usaha yang tren dan cukup menguntungkan yaitu bisnis online. Bisnis ini dinilai cukup efektif karena bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja dengan mengandalkan koneksi internet yang bagus.

Contoh bisnis online yaitu, menjual template wordpress dan blogspot, jasa pembuatan website, jualan produk affilate, jasa penerjemah online, jual produk fashion online dan lainnya.

2. Usaha rumahan

Alternatif usaha yang dapat mengasilkan omset lumayan lainnya yaitu bisnis rumahan. Banyak ibu rumah tangga atau para pelajar yang memanfaatkan cara ini untuk menghasilkan uang walaupun hanya dari rumah.

Misalnya usaha katering, laundry, jual produk snack, jasa jahit, jasa cuci motor atau mobil, rental alat musik, jasa desain grafis, jualan pulsa dan lainnya.

3. Bisnis kuliner

Kuliner nusantara memang tidak ada habisnya, begitupun dengan bisnis makanan yang semakin menjamur karena selain makanan sebagai kebutuhan manusia, bisnis kuliner juga salah satu usaha yang menguntungkan.

Adapun ide usaha kuliner yang dapat dijadikan referensi seperti berjulan brownis, bakpao, aneka bakso, bubur manis, seblak, nasi uduk, ayam geprek, donat, keripik, nugget, roti bakar, gorengan, cilok dan lainnya.

4. Kerajinan tangan

Memiliki kemampuan sebagai pengrajin bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Misalnya Anda membuat kerajinan tangan seperti aksesoris, mungkin Anda mempunyai hobi untuk membuat aksesoris dari kerajinan tangan, tidak ada salahnya jika dijadikan sebagai peluang bisnis.

Anda dapat mengembangkan bisnis ini dengan membidik target pasar wanita hijab yang suka dengan aksesoris bros beraneka ragam bunga dan bentuk yang unik dan menarik.

Selain itu kerajinan tangan dari bahan kertas dan plastik juga dapat dijadikan ide usaha. Contohnya Anda merangkai bunga dari bahan plastik bekas atau kertas yang dibuat seperti bunga sungguhan, pasti dapat menarik pelanggan. Itulah beberapa contoh inspirasi usaha yang menguntungkan.

contoh ide dan peluang usaha

Analisa peluang usaha

Analisis peluang bisnis perlu dilakukan apalagi untuk pelaku bisnis pemula. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan hingga risiko yang mungkin terjadi dalam bisnis yang akan dijalankan.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menganalisis peluang usaha, di antaranya:

1. Identifikasi peluang dan persaingan

Membaca peluang dengan mengidentifikasi produk yang unik dan menarik dapat menjadi alternatif bagi pemula usaha, misalnya menjual barang yang berbeda dari kompetitor lainnya, tentu akan lebih dicari konsumen.

Anda juga dapat berinovasi dengan produk yang sudah ada sebelumnya sesuai dengan keinginan pasar.

2. Mengenal pasar

Menentukan target pasar sebelum memulai usaha sangat penting, hal ini bertujuan agar segmentasi pasar Anda tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Untuk mengetahui hal tersebut Anda dapat mengumpulkan data dan menilai apakah karakteristik pasar sesuai dengan produk Anda.

3. Modal untuk mengembangkan usaha

Modal sebagai unsur yang penting dalam bisnis, Anda harus memperkirakan dengan matang, agar dana cukup untuk membangun usaha.

Tentukan sumber dana yang jelas, misalnya meminjam dana atau alternatif lain untuk mendapatkan modal, agar usaha dapat terlaksana dengan baik.

4. Kemampuan produksi

Apabila produk yang dijual merupakan produk melalui proses produksi, berarti Anda juga harus mempersiapkan peralatan produksi hingga tenaga kerjanya. Pikirkan juga biaya untuk peralatan produksi dan gaji karyawan.

5. Membuat business plan

Setelah menentukan bisnis apa yang Anda pilih, buatlah business plan mengenai tujuan atau target yang ingin dicapai dengan menulis pernyataan.

Banyak pengusaha yang gagal karena tidak memiliki plan yang tepat untuk bisnisnya. Oleh karena itu buatlah rancangan yang matang untuk mencegah kegagalan bisnis.

analisa peluang usaha

Cara mengembangkan ide dan peluang usaha

Sebagai wirausahawan Anda dapat mengembangkan ide dan kreativitas Anda melalui produk usaha yang akan Anda luncurkan.

Langkah dalam mengembangkan usaha dapat dimulai dari persiapan ide secara jelas dan matang, upaya strategi bisnis dan melakukan inovasi baru.

Dalam berwirausaha juga diperlukan kemampuan dan komitmen seperti memiliki pengetahuan mengenai bisnis yang dijalani, mempunyai imajinasi, ide dan perspektif yang tidak hanya mengandalkan keuntungan masa lalu.

Selain itu pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan praktis, misalnya pengetahuan teknik, administrasi dan pemasaran. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda dapat membaca literatur maupun makalah ide dan peluang usaha.

Mampu berkomunikasi dan bergaul dengan orang lain dan kemampuan dalam memprediksi risiko atau keadaan yang akan datang.

Dari tujuan mengembangkan ide dan peluang usaha tersebut diharapkan wirausahawan dapat menyampaikan ide usahanya melalui produk yang dipasarkan sesuai dengan kegunaan dan manfaat yang akan didapatkan konsumen.

cara mengembangkan ide dan peluang usaha

Dari mana saja sumber usaha?

Munculnya ide peluang usaha dapat diperoleh dari beberapa sumber misalnya:

1. Hobi dan minat

Hobi merupakan aktivitas seseorang yang dilakukan pada waktu luang atau untuk menenangkan pikiran. Namun tidak jarang banyak pengusaha yang mengembangkan bisnisnya melalui hobinya.

Misalnya Anda memiliki hobi memasak, Anda dapat menyalurkan hobi tersebut untuk membuka usaha kedai atau warung makan.

2. Keterampilan dan pengalaman pribadi

Ketika Anda mempunyai pengalaman kerja di suatu perusahaan bidang pemasaran, maka Anda dapat mengembangkan dengan membuka toko atau usaha sejenis lainnya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Keterampilan, kemampuan maupun pengalaman bisa menjadi sumber ide peluang usaha Anda.

3. Waralaba

Waralaba merupakan bisnis yang menguntungkan. Ide bisnis ini bisa dijadikan inspirasi bagi pelaku bisnis, karena satu merek dagang bisa digunakan untuk produsen dan distributor.

Banyak keuntungan yang didapat dari bisnis bentuk waralaba ini, sehingga tidak heran jika banyak pebisnis yang memilih model bisnis waralaba.

4. Media massa

Media massa dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan ide usaha bagi pelaku bisnis.
Dalam media massa banyak informasi yang didapatkan, misalnya sekarang ini orang-orang mulai tertarik dengan makanan sehat.

Maka Anda dapat mengembangkan bisnis katering atau makanan sehat seperti ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

5. Pameran

Cara lain untuk menentukan ide usaha adalah dengan mengunjungi pameran. Anda tentu saja akan mendapatkan beberapa ide baru dari pameran tersebut.

Tidak hanya itu saja Anda juga akan bertemu dengan para distributor, pelaku bisnis waralaba, pedagang grosir bahkan pabrik. Informasi yang Anda dapatkan bisa membantu Anda menentukan ide dan bisnis yang tepat.

6. Survei

Melalui survei Anda akan lebih memahami apa kebutuhan konsumen, dengan begitu ide akan muncul dengan sendirinya.

Anda bisa menanyakan keinginan dan kebutuhan konsumen kepada orang-orang terdekat Anda dahulu seperti kerabat atau teman-teman.

Selanjutnya Anda bisa bertanya dengan produsen, agen grosir atau distributor mengenai informasi secara detail. Selain itu tanyakan juga kebutuhan kepada calon pelanggan Anda. Itulah beberapa cara untuk mendapatkan ide dan peluang usaha.

dari mana saja sumber ide dan peluang usaha

Ide dan peluang usaha kerajinan pasar lokal

Peluang usaha kerajinan pasar lokal masih terbuka lebar, pasalnya persaingannya tidak begitu ketat dan Anda dapat menentukan bisnis kerajinan ini dari barang-barang di sekitar yang memiliki keunikan dan nilai jual.

Pasar lokal sendiri merupakan pasar yang ada di daerah-daerah, jenis barang yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan penduduk daerah tersebut.

Dengan menentukan usaha kerajinan Anda dapat memilih usaha apa yang akan dijalankan dengan memperhatikan potensi lokal.

Misalnya di daerah sekitar Anda banyak sekali tanaman rotan, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat kerajinan dari rotan atau membuat furniture dari bahan rotan.

Anda tidak perlu khawatir kalah saing dengan produk lain, dengan keunikan produk yang Anda miliki justru membuka peluang usaha kerajinan menembus pasar nasional bahkan internasional.

Ide usaha dapat juga dikembangkan melalui kebiasaan masyarakat, misalnya kebiasaan melepas alas kaki pada saat masuk rumah.

Kebiasaan itu dapat membuka peluang usaha seperti membuat kerajinan rak penyimpan sandal atau sepatu, atau membuat sandal khusus yang digunakan di dalam rumah.

Contoh ide usaha kerajinan pasar lokal salah satunya yaitu dengan memanfaatkan peluang usaha kerajinan limbah bangun datar dan bangun ruang.

Kerajinan limbah adalah kerajinan yang dibuat dari barang bekas yang dapat didaur ulang menjadi produk yang bernilai, misalnya kerajinan tangan dari limbah kulit jagung, koran bekas, kain perca, limbah sisik ikan, pelepah pisang, limbah plastik dan lainnya.

Kerajinan limbah dapat berbentuk bangun datar, yaitu limbah dengan bentuk dua dimensi dan memiliki panjang dan lebar.

Contohnya kerajinan kain perca yang dijadikan keset, kerajinan origami dari koran bekas, gantungan kunci dan bros dari limbah plastik. Selain contoh ide tersebut, Anda dapat memanfaatkan peluang usaha kerajinan dengan bahan limbah yang mudah didapatkan di sekitar Anda.

Tahapan pembuatan karya kerajinan barang limbah di antaranya :

1. Menentukan kegunaan dan fungsi produk kerajinan.

2. Menggali ide dari berbagai sumber untuk dijadikan referensi.

3. Mempersiapkan sketsa atau rancangan.

4. Mempersiapkan bahan dan alat.

5. Evaluasi karya.

Sekarang ini sudah banyak kerajinan yang terbuat dari bahan limbah, karena selain menguntungkan juga dapat menjaga lingkungan dari sampah.

Selain kerajinan limbah bangun datar, terdapat juga kerajinan bangun ruang. Kerajinan bangun ruang merupakan suatu hasil karya yang terbuat dari suatu bahan dibentuk tiga dimensi terdiri dari panjang, lebar, tinggi dan volume.

Bahan limbah sendiri merupakan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.
Jadi kerajinan limbah bangun ruang adalah pemanfaatan barang bekas atau bahan sisa yang sudah dibuang kemudian dijadikan sebagai hasil karya kerajinan 3D yang dapat memiliki nilai seni atau nilai jual.

Bahan limbah yang bisa dijadikan sebagai kerajinan yaitu limbah organik seperti tulang ikan, bulu/sisik hewan, cangkang telur, kulit kerang, batok, sabut kelapa, pelepah pisang, jerami, biji bijian, dedaunan, kulit pohon dan lainnya.

Bahan limbah anorganik seperti kaleng / seng, grajen / kayu, botol, plastik, pecahan kaca, barang pecah belah, koran / kertas, kardus, karet ban bekas, styrofoam, kain perca dan sebagainya.

ide dan peluang usaha kerajinan pasar lokal

Contoh hasil karya dari limbah organik, misalnya:

Mangkok dari batok kelapa.

Kotak tissue dari jerami.

Tas dari eceng gondok.

Lukisan dari biji bijian.

Bunga dari kulit telur.

Kerajinan dari bahan limbah anorganik, contohnya:

Ayunan dari ban mobil.

Pot dari botol plastik.

Lampu hias dari kaleng.

Pakaian dari plastik kemasan.

Asbak dari botol kaca.

Itulah beberapa contoh peluang usaha bangun ruang dari barang bekas.

Contoh ide usaha kerajinan lainnya yaitu dengan memanfaatkan sumber daya alam, misalnya peluang usaha kerajinan bambu. Bambu merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropik.

Bambu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu peluang usaha. Usaha kerajinan bambu menjadi peluang bisnis yang menarik.

Dengan kreativitas dan keahlian yang dimiliki, Anda dapat membuat kerajinan bambu yang mempunyai nilai jual.

Untuk memulai bisnis kerajinan ini, Anda perlu mempersiapkan bambu dan pengrajin. Berikut ini cara memilih bambu yang berkualitas:

1. Pilih bambu yang tidak tua atau tidak terlalu muda.

2. Pilih bambu yang mempunyai ruas sejajar dan panjang.

3. Simpan bambu di tempat yang kering dan sejuk.

Contoh ide dan peluang usaha kerajinan bambu di antaranya:

1. Perabotan rumah tangga

Misalnya kursi, meja, tempat tidur, pagar, lampu hias, kipas, dinding bambu, tempat nasi, wadah dan lainnya.

2. Virageawie

Yaitu gitar bambu dengan desain yang unik, sehingga banyak diminati dan dipasarkan hingga luar negeri.

3. Rumah lipat bambu

Konsep usaha rumah lipat ini yaitu dapat dibongkar pasang, dengan rancangan unik tersebut, banyak konsumen yang tertarik, meskipun berbahan dasar bambu.

4. Hiasan dari akar bambu

Bahan dasar akar bambu dapat dibuat menjadi berbagai ukiran tokoh atau karakter, biasanya akar bambu ini dijadikan sebagai hiasan dinding atau patung bebek. Itulah aneka contoh ide dan peluang usaha kerajinan dari bambu.

ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Contoh ide dan peluang usaha kewirausahaan

Wirausahawan adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk merencanakan usaha, menentukan cara produksi hingga pemasaran produk, sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai.

Demi terlaksananya suatu ide seorang wirausahawan harus merencanakan dan merealisasikan usaha dengan matang. Prosedur ide bisnis kewirausahaan dalam bentuk rencana, yaitu:

1. Pembangkitan gagasan.

2. Penyaringan.

3. Pengembangan dan pengujian konsep.

4. Strategi pemasaran.

5. Analisis bisnis atau usaha.

6. Pengembangan produk.

7. Pegujian pasar.

8. Komersialisasi.

Peluang wirausaha dapat terbagi menjadi dua yaitu skala kecil dan skala besar. Usaha skala kecil biasanya identik dengan usaha rumahan.

Melakukan bisnis skala kecil berarti memiliki potensi keuntungan yang kecil juga. Namun tidak menutup kemungkinan usaha kecil bisa meraup keuntungan yang besar.

Tentu wirausahawan harus mampu mengelola usaha dengan baik. Contoh ide wirausaha skala kecil yaitu bisnis kuliner seperti warung makan sederhana, café, restoran, toko camilan, toko roti, laundry dan lainnya.

Ide wirausaha skala besar biasanya memang dijalankan oleh para pemilik modal besar, misalnya membuka perusahaan industri, mendirikan SPBU, bisnis properti, jasa kontraktor dan lainnya.

Berikut ini penjelasan mengenai ide usaha makanan khas daerah.Ternyata makanan khas daerah juga berpotensi menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Salah satu ide agar makanan tradisional dapat diminati dan menjadi makanan yang kekinian yaitu dengan memodifikasi rasa, bentuk dan cara penyajiannya. Berikut ini contoh ide usaha modifikasi makanan tradisional di antaranya:

1. Macaroon nasi uduk

Makanan berat dengan kombinasi lauk-pauk lengkap khas betawi ini, bisa Anda coba dengan macaroon makanan asal Italia yang rasanya cenderung manis. Karena kombinasi unik tersebut, konsumen akan penasaran dengan rasanya dan tertarik untuk mencobanya.

2. Ayam geprek mozarella

Makanan ayam geprek yang sedang booming saat ini bisa Anda jadikan inspirasi usaha, namun tentunya dengan inovasi yang berbeda.

Ayam geprek mozarella contohnya, perpaduan ayam geprek makanan khas Lombok dengan keju mozarella asal Itali membuat makanan ini menjadi lebih gurih dan nikmat. Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan ide ini sebagai peluang usaha.

3. Foie gras duck timlo

Foie gras duck adalah makanan khas Perancis yang berbahan dasar hati angsa, sedangkan timlo adalah nasi khas daerah Solo.

Makanan ini menjadi mewah dan mahal karena memiliki penyajian yang high class. Itulah beberapa contoh peluang usaha makanan tradisional khas Indonesia yang menjanjikan.

ide dan peluang usaha kerajinan limbah bangun datar

Peluang usaha berdasarkan budaya lokal non benda

Indonesia memiliki keragaman budaya dan tradisi terbesar di Asia, hal tersebut dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi usaha lokal non benda. Budaya non benda meliputi cerita rakyat, pantun, upacara adat dan tarian.

Contoh ide usaha pembuatan kerajinan lokal non benda dapat dilihat dari tarian burung enggang dari suku Dayak yang menceritakan tentang burung enggang.

Tarian ini juga memiliki simbol, burung enggang bagi suku Dayak merupakan simbol dewata, sedangkan burung enggang diartikan sebagai wujud nenek moyang yang turun ke bumi.

Para penari diiringi dengan musik tradisional khas Dayak. Selain bentuk tarian, simbol dan musik yang digunakan dalam tarian tersebut juga dapat dijadikan inspirasi dan peluang usaha lokal non benda.

ide dan peluang usaha berdasarkan budaya lokal non benda

Ide dan peluang usaha pembenihan ikan konsumsi

Peluang usaha di Indonesia yang berpotensi mendapat keuntungan besar salah satunya adalah budidaya ikan. Pasalnya ikan merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Peluang usaha budidaya ikan merupakan kesempatan bagi orang yang memiliki keahlian dalam mengelola bisnis ikan konsumsi dengan memanfaatkan kondisi yang ada.

Faktor yang dapat mempengaruhi peluang usaha budidaya ikan yaitu proses budidaya, selera pasar dan pemenuhan kebutuhan. Mudah tidaknya budidaya ikan menjadi faktor penting, budidaya ikan konsumsi dapat dilakukan di kolam, waduk ataupun tepi sungai.

Target dan pemenuhan kebutuhan pasar juga perlu diperhatikan, produsen harus mengetahui ikan konsumsi apa yang laris di pasaran.

Peluang usaha lain dari ikan konsumsi yaitu olahan ikan yang dijadikan sebagai abon maupun nugget, dengan inovasi olahan tersebut Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih. Contoh peluang bisnis budidaya ikan konsumsi yaitu:

1. Ikan gurame

Ikan konsumsi ini adalah ikan yang banyak diminati konsumen karena memiliki daging yang tebal dan gurih. Untuk membudidayakan ikan ini Anda perlu memerhatikan pakan dan kolam, agar mempercepat pertumbuhan ikan.

2. Ikal lele

Ikan lele merupakan ikan yang lembut, gurih dan renyah sehingga banyak diminati masyarakat. Membudidayakan ikan lele tidak begitu sulit dan proses pemeliharaannya cukup singkat.

3. Ikan nila

Tidak jarang banyak orang yang membudidayakan ikan nila, karena selain pemeliharaanya mudah, banyak konsumen yang menyukai ikan lezat yang satu ini. Terbukti dengan banyaknya warung makan bahkan restoran yang menyajikan menu ikan nila ini.

contoh ide dan peluang usaha kewirausahaan

Ide peluang usaha produk sistem teknik

Sumber daya manusia, sumber daya alam dan daya budaya Indonesia memiliki potensi besar untuk usaha produk sistem teknik. Produk-produk yang dihasilkan dapat bernilai jual tinggi. Manfaat produk sistem teknik yaitu:

1. Melalui kegunaan sistem teknik, produk dapat menyejahterakan masyarakat.

2. Sebagai solusi dalam meningkatkan produktifitas usaha rumahan.

3. Menawarkan kemudahan dalam meningkatan kualitas dan jumlah produksi.

4. Membentuk dan meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam membuat karya secara optimal.

5. Terciptanya lapangan kerja.

Peluang usaha sistem teknik dapat terus berkembang. Melalui sistem teknik, daya budaya dapat dikembangkan dengan pola tekni-ekologis (teknologi dan lingkungan).

Misalnya warisan budaya yang diakui dunia yaitu tenun dan batik. Masyarakat dapat memanfaatkan sistem produk teknik ini dengan membuat zat warna untuk pewarna batik.

Tentunya produk yang dihasilkan lebih berkualitas dengan proses yang tepat dan efisien. Selain itu penggunaan peralatan sistem teknik ini akan tetap mengaja kelestarian lingkungan.

Penting untuk melindungi usaha, apalagi jika bisnis didapatkan dari ide dan peluang usaha yang banyak diminati konsumen.

Untuk melindungi bisnis agar terhindar dari peniruan, Anda perlu mendaftarkannya dengan menghubungi Patendo. Prosesnya mudah dan biaya murah.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.