021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

30+ Tips Buka Usaha dari Nol agar Cepat Sukses

Dapatkan tips buka usaha terlengkap di sini dan segera daftarkan nama bisnis Anda melalui Patendo agar semakin dipercaya konsumen. Hubungi 0853 5122 5081 sebelum terlambat.

Berbisnis adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang enggan menjalani rutinitas sebagai karyawan dengan gaji tetap setiap bulannya.

Belum lagi persoalan pimpinan perusahaan yang terkadang membuat seseorang akhirnya lebih memilih membuka bisnis atau usaha sendiri dengan harapan agar tidak terikat dengan aturan bos di kantor.

Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis, di sini akan dijelaskan secara detail apa saja yang dibutuhkan dan tips buka usaha bermanfaat untuk Anda.

pengertian bisnis atau usaha

Cara memulai usaha dari nol

Untuk memulai sesuatu ada baiknya memikirkan terlebih dahulu secara matang dengan berbagai pertimbangan, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Begitu juga dengan bisnis atau usaha.

Untuk memulai usaha, terutama bagi yang pertama kali menggelutinya, sangat disarankan untuk memahami apa saja tips buka usaha dari nol berikut ini.

1. Yakin

Poin pertama dan yang paling utama adalah keyakinan. Usahakan untuk memantapkan diri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berbisnis.

Jika Anda ragu maka bisnis bisa saja berhenti di tengah jalan karena hambatan dan rintangan dalam berbisnis itu tidak sedikit. Dengan keyakinan yang kuat, cobaan apapun tidak akan meruntuhkan rencana yang telah dirintis.

2. Pikirkan jenis usaha

Jika sudah yakin, Anda perlu memikirkan bisnis model apa yang akan Anda jalankan. Untuk memilih jenis usaha yang tepat, Anda perlu melakukan riset sederhana agar bisa melihat peluang dan tren di masyarakat.

Sebagai contoh, bisnis makanan dan minuman kekinian ala milenial banyak digemari oleh pebisnis pemula. Hal ini bisa jadi referensi Anda ditambah dengan sedikit inovasi dan kreativitas.

3. Berpikir kreatif

Untuk dapat menarik konsumen dan bertahan di tengah persaingan tidak bisa hanya dengan bisnis yang biasa-biasa saja tanpa adanya pembeda atau kekhasan dari bisnis yang lain.

Bisa kita lihat, ada ratusan kedai kopi kekinian yang menawarkan menu serupa. Namun setiap kedai pasti memiliki keunikannya sendiri entah dari desain tempatnya, harganya atau nama menunya. Itulah mengapa kreativitas Anda sangat diperlukan dalam memulai usaha dari awal.

4. Tentukan visi dan misi

Visi dan misi usaha ibarat pondasi dalam berbisnis. Semakin jelas dan kuat visi misi yang Anda buat, semakin jelas pula arah bisnis Anda. Tanpa adanya visi dan misi yang jelas, Anda akan kesulitan memulai dan mengembangkan usaha baru Anda.

5. Mulai dari diri sendiri

Bagaimana Anda bisa mengatur sebuah bisnis jika Anda sendiri belum bisa mengorganisir diri sendiri? Inilah pentingnya belajar mengatur diri sendiri agar tidak kesulitan mengatur bisnis dengan berbagai macam elemen.

Misalnya saja untuk urusan waktu Anda sendiri masih kesulitan mengaturnya, maka jangan berharap lebih pada keberhasilan bisnis Anda kelak.

6. Catat poin penting

Tips buka usaha ini sering diabaikan oleh pebisnis khususnya pemula. Usahakan jangan menyepelekan catatan kecil ketika akan memulai usaha, misalnya nasihat orang terdekat atau rekan yang sudah lebih dulu berhasil.

Selain itu, hambatan dan permasalahan yang timbul saat mulai berbisnis juga harus dicatat agar nantinya bisa dijadikan pembelajaran.

7. Fokus pada satu bisnis

Fokus pada satu bisnis bukan berarti tidak memperbolehkan Anda untuk melebarkan sayap ke bisnis lain. Bagi pemula, penting untuk fokus pada bisnis yang sedang dirintis agar hasilnya maksimal.

Setelah bisnis pertama sudah terbangun dengan baik, Anda bisa mulai memulai bisnis lain atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

8. Siap mental

Mental erat hubungannya dengan keyakinan pada poin pertama di atas. Jika sudah yakin maka permasalahan dengan kemungkinan terburuk sekalipun tidak akan menggoyahkan Anda.

Tak sedikit pebisnis yang gagal karena tidak siap mental dalam menghadapi ujian bisnis mereka. Maka persiapkan mental Anda sejak dini sebelum memulai usaha.

cara memulai usaha dari nol

9. Lakukan evaluasi

Mau mendengar kritik dan saran adalah salah satu kunci keberhasilan, maka Anda jangan acuh terhadap nasihat dan kritik orang lain sebagai evaluasi untuk kemajuan bisnis Anda.

10. Jangan cepat puas

Cepat merasa puas membuat Anda malas belajar dan berguru pada para senior. Ini bahaya karena dapat dengan mudah menghancurkan bisnis Anda.

Usaha yang Anda bangun tidak akan berkembang lebih pesat lagi dan hanya akan berjalan di tempat. Maka dari itu, tips buka usaha ini patut Anda miliki karena attitude juga diperlukan dalam berbisnis.

11. Jalankan bisnis sesuai passion dan skill

Menjalankan usaha sesuai keahlian dan kecintaan pasti lebih mudah dibanding dengan yang tidak. Untuk itu, kenali passion Anda dan kembangkan keahlian di bidang tersebut agar dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

12. Persiapkan modal

Untuk memulai usaha, Anda harus menyiapkan modal yang cukup dan sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan.

Jika memerlukan modal besar dan memerlukan sumber dana lain misal patungan dengan teman maka perjanjian serta dokumennya harus jelas. Jangan sampai terjadi sengketa di tengah jalan.

13. Jeli memanfaatkan peluang

Peluang usaha pasti tak terhitung jumlahnya, namun dibutuhkan kejelian untuk bisa memanfaatkannya dengan baik. Sebagai contoh saat ini merupakan era perdagangan digital yang didukung penuh oleh pemerintah.

Peluang ini sangat mungkin dimanfaatkan oleh siapa saja, apalagi modal yang diperlukan tidak sebesar perdagangan non digital.

14. Tentukan target market

Kualitas produk yang baik tidak menjamin usaha akan sukses jika tidak memperhatikan target pasar. Maka kenali target market Anda agar bisnis lebih mudah dijalankan dan dikembangkan.

15. Siapkan operasional

Operasional termasuk modal yang perlu disiapkan ketika akan memulai usaha. Segala bentuk barang termasuk mesin-mesin untuk menunjang jalannya usaha termasuk dalam kebutuhan operasional.

16. Rekrut karyawan yang tepat

Jika bisnis Anda membutuhkan SDM tambahan untuk membantu Anda, maka rekrutlah calon karyawan yang mendatangkan manfaat serta dapat memajukan perusahaan. Misalnya, pilih calon karyawan dengan kualifikasi sesuai dan berperilaku baik.

17. Bersaing secara sehat

Persaingan di dunia usaha memang tidak bisa dihindari. Yang terpenting adalah Anda harus mampu belajar dari kompetitor dan berusaha menjadi lebih baik sehingga tercipta persaingan yang sehat.

18. Take action

Cara terakhir adalah bertindak. Segala cara di atas tidak akan ada artinya jika tanpa aksi atau tindakan. Maka segera perkuat keyakinan dan mulailah bisnis Anda. Tips buka usaha di atas dapat dijadikan acuan ketika Anda ingin memulai usaha baru dari bawah.

bagaimana cara menemukan ide usaha

Bagaimana cara menemukan ide usaha?

Salah satu tips buka usaha adalah menentukan ide bisnis yang tepat. Ide tersebut bisa kapan saja muncul tanpa kita sadari. Namun ada juga orang-orang yang kesulitan menemukan ide usaha meski sudah berpikir keras.

Ide bisnis yang tepat akan membawa pengaruh besar terhadap bisnis yang akan dijalankan. Sebaliknya, ide usaha yang tidak dipikirkan dengan matang akan sulit mendatangkan kesuksesan.

Banyak kasus perusahaan bangkrut karena salah memilih ide bisnis yang sulit bersaing di pasaran. Anda tentu tidak ingin mengalami hal serupa bukan?. Untuk meminimalisasi kegagalan karena salah pilih ide usaha, simak cara menemukan ide bisnis yang tepat berikut ini.

1. Lakukan riset

Riset untuk menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan menjadi poin utama yang perlu diperhatikan. Penelitian ini meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan usaha Anda.

Untuk menemukan ide bisnis yang tepat, Anda harus pandai menganalisis kebutuhan pasar. Kebutuhan tersebut bukan hanya kebutuhan pasar saat ini saja, namun kebutuhan jangka panjang bahkan kebutuhan seumur hidup.

Salah satu contoh kebutuhan pasar jangka panjang adalah pakaian dan makanan. Kedua kebutuhan ini akan selalu ada selama manusia masih hidup. Kemudian, riset tentang target konsumen juga menjadi bagian dari penelitian ini.

Anda harus tahu kepada siapa Anda akan menawarkan produk atau jasa perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menentukan ide bisnis yang tepat.

2. Lihat tren

Tren juga termasuk dalam riset yang perlu Anda analisis dengan baik. Anda harus paham apa saja yang tengah digemari masyarakat saat ini. Jangan terpaku pada tren lama yang sudah mulai ditinggalkan.

Sebagai contoh, tren minuman kopi kekinian yang jadi kegemaran masyarakat saat ini yaitu kopi susu gula aren. Berbagai kafe dan restoran berlomba-lomba memanfaatkan tren yang tengah digandrungi masyarakat ini. Selain jenisnya, cara berjualan yang tengah tren juga patut dipertimbangkan.

Untuk saat ini, tren digital marketing dan online shopping menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan tren tersebut untuk menjalankan bisnis baru Anda.

3. Gabungkan kebutuhan pasar dengan tren

Setelah mengetahui kebutuhan pasar dan tren yang tengah berkembang, ada baiknya Anda menggabungkan kedua poin ini untuk menemukan ide usaha yang tepat.

Jika kebutuhan pasar jangka panjang meliputi makanan dan pakaian, Anda bisa mulai melihat tren pakaian dan makanan saat ini. Yang paling jelas terlihat adalah tren minuman dan jajanan kekinian.

Kebutuhan jangka panjang ini tidak memandang usia, artinya semua kalangan sangat mungkin menjadi target konsumen Anda. Sebagai contoh, cheese tea yang tengah hits saat ini bisa dinikmati oleh siapa pun.

Selain makanan dan minuman, tren pakaian juga terus berkembang dan selalu berganti setiap tahunnya. Maka Anda harus jeli dalam menggabungkan apa yang dibutuhkan masyarakat dan sedang menjadi tren.

Misalnya, tren fashion muslim saat ini adalah gamis syari simpel namun elegan dipadukan dengan hijab sederhana yang tidak neko-neko bisa jadi pilihan ide bisnis Anda. Kedua contoh tersebut adalah cara menentukan ide usaha dengan menggabungkan tren dengan kebutuhan pasar.

Untuk memudahkan Anda mengetahui kebutuhan pasar dan tren, Anda bisa membuat polling melalui berbagai media, salah satunya Twitter dan Instagram.

Dari sini Anda dapat menarik kesimpulan dari hasil polling yang telah disubmit masyarakat. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam menemukan ide bisnis yang tepat.

tips buka usaha online

Trik buka usaha kuliner

Ini dia salah satu usaha yang menjadi kebutuhan pasar jangka panjang dan tidak ada habisnya. Jika Anda mencermati cara menemukan ide usaha di atas, maka kebanyakan dari Anda akan tertuju pada bisnis kuliner.

Bisnis ini masih mampu bertahan di tengah era globalisasi yang semakin mengubah tren serta gaya hidup masyarakat, apalagi jika kualitas yang ditawarkan mampu menjadi poin utama bisnis Anda.

Meski kualitas tidak diutamakan, tetap saja bisnis kuliner menjadi bisnis paling menggiurkan karena faktanya banyak pengusaha kuliner yang sukses menjalankan usahanya meski dengan kualitas yang biasa saja. Mengapa bisnis kuliner dianggap lebih menjanjikan daripada bisnis lainnya?

1. Setiap orang perlu makan

Sudah jelas jika makan adalah kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi selain tempat tinggal dan pakaian.
Dahulu, makan hanya sebatas kebutuhan, namun saat ini makan sudah menjadi budaya hingga melahirkan slogan “hidup untuk makan”, bukan “makan untuk hidup”.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kuliner dari berbagai budaya sehingga selalu membuat orang penasaran.
Inilah yang harusnya bisa dimanfaatkan oleh pebisnis pemula khususnya bidang kuliner untuk menyajikan kuliner berciri khas serta menonjolkan budaya tertentu.

2. Mudah berkembang menjadi franchise

Franchise atau waralaba ini menjadi salah satu daya tarik bisnis kuliner. Dengan brand yang sudah kuat, tidak sulit untuk mengembangkannya menjadi waralaba, terlebih untuk kuliner kekinian ala milenial.

Lihat saja salah satu kedai kopi kekinian Janji Jiwa sudah memiliki puluhan cabang franchise di berbagai wilayah di Indonesia.

Bukan hanya kedai kopi saja, kuliner yang dijual menggunakan gerobak pun sudah memiliki ratusan franchise seperti Kebab Baba Rafi, Kuch Kuch Hottahu, Hoki Thai Tea dan masih banyak yang lainnya.

Peluang franchise ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar bagi si pemilik brand. Maka dari itu banyak yang tertarik dengan usaha kuliner untuk menikmati hasil waralabanya.

3. Mudah menyesuaikan tren

Salah satu kemudahan berbisnis kuliner adalah fleksibilitasnya yang tinggi sehingga mudah dikreasikan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Siapa sangka minuman teh dan kopi yang dulunya hanya ada di meja rumah dengan tampilan sederhana dan campuran gula saja, kini telah menjelma menjadi minuman kekinian yang banyak digemari masyarakat.

Misalnya, kopi susu gula aren, frapucino, affogato, green tea thai tea, red velvet cheese tea dan lain sebagainya. Semua minuman kekinian tersebut berbahan dasar kopi dan teh yang diberi inovasi sesuai perkembangan zaman.

4. Sederhana

Menjalankan bisnis kuliner tidak memerlukan banyak elemen seperti bisnis lainnya. Anda hanya perlu memasak kemudian menjualnya tanpa perlu memikirkan skill memasak atau strategi marketing yang rumit.

Anda bisa merekrut tukang masak yang ahli di bidangnya sehingga Anda bisa fokus dengan kegiatan marketing dan manajemen lainnya. Itulah beberapa alasan utama mengapa bisnis kuliner lebih menguntungkan dan menarik bagi pebisnis pemula.

trik buka usaha kuliner

Untuk Anda yang tertarik dan ingin memulai bisnis kuliner, berikut ini tips buka usaha kuliner yang bisa Anda jalankan.

1. Tentukan bisnis kuliner yang akan dijalankan

Membicarakan kuliner pasti tidak akan ada habisnya saking banyaknya jenis kuliner di Indonesia. Ada makanan dan ada minuman juga. Ada kuliner khas daerah, ada juga kuliner mancanegara yang banyak dijual di Indonesia.

Ada makanan ringan, ada juga makanan berat dengan rasa khas yang berbeda-beda. Maka dari itu, tentukan jenis usaha kuliner apa yang akan Anda jalankan.

Tips buka usaha ini penting agar bisnis Anda terarah dan fokus pada satu jenis usaha kuliner dulu. Kelak jika sudah berjalan dengan baik dan sesuai target awal, Anda bisa mengembangkannya menjadi lebih dari satu jenis usaha kuliner.

2. Hitung rincian modal

Semua bisnis pasti memerlukan modal di awal untuk berbagai keperluan. Di sinilah pentingnya menentukan jenis usaha, karena seberapa besar jenis usaha kuliner Anda juga akan menentukan besar modal yang dibutuhkan.

Misalnya Anda ingin membuka kafe atau restoran, maka modal yang diperlukan sudah pasti tidak sedikit.
Berbeda jika Anda hanya ingin membuka warung sederhana atau menjual makanan ringan secara online, maka biaya yang dibutuhkan jauh lebih sedikit.

Apabila Anda kekurangan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke berbagai penyedia pinjaman modal. Langkah ini harus dipikirkan matang-matang agar bisnis tidak terganggu.

Alih-alih untung malah bisa jadi Anda akan merugi karena tidak mampu melunasi pinjaman yang Anda gunakan sebagai modal usaha, sedangkan bisnis belum berjalan sebagaimana harapan.

3. Pilih lokasi strategis

Lokasi menjadi bagian penting selain kedua tips buka usaha di atas. Jika salah tempat, Anda bisa merugi karena telah mengeluarkan modal namun sepi pengunjung. Ada baiknya Anda melakukan riset dulu sebelum menentukan lokasi.

Anda bisa mencari daerah yang banyak dilalui orang dan selalu ramai. Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi di mana belum ada jenis kuliner tersebut di daerah itu.

Misalnya, di daerah tertentu belum ada yang menjual seblak super pedas yang Anda usung, maka lokasi tersebut patut Anda pertimbangkan untuk dijadikan lokasi berjualan.

Selain tidak ada saingan, konsumen juga akan penasaran dengan kuliner yang Anda jual karena belum ada di daerah mereka. Dengan begitu, warung Anda akan didatangi banyak pengunjung.

Yang harus diingat adalah hindari memilih lokasi terpencil kecuali memang ramai orang yang lewat. Saat ini sudah banyak warung atau kedai di desa terpencil namun banyak pengunjung karena berada di kawasan ramai.

4. Utamakan rasa

Setelah menentukan lokasi strategis, tips buka usaha selanjutnya adalah ciptakan resep dengan kualitas rasa yang mampu membuat pengunjung datang lagi ke warung Anda.

Jika di awal pengunjung merasa penasaran dan ternyata rasanya biasa saja atau bahkan kurang, maka mereka tidak akan kembali lagi apalagi merekomendasikannya kepada orang lain.

Jadi warung Anda hanya akan ramai di awal saja jika tidak mengedepankan kualitas rasa. Agar bisa mendapatkan kualitas rasa yang baik, Anda bisa melakukan percobaan dengan beberapa orang sebagai tester.

Jika sudah yakin banyak yang mengatakan enak dan cocok di lidah, barulah mulai menjualnya di warung atau kafe Anda. Jangan ambil risiko dengan menjual makanan yang kurang enak rasanya.

5. Cari supplier terpercaya

Agar bisa maksimal menjalankan usaha kuliner, Anda harus memiliki supplier atau pemasok bahan baku untuk menu di resto atau warung Anda. Banyak keuntungan yang didapat dengan memiliki supplier daripada belanja langsung ke pasar.

Mulai dari kualitas dan kuantitas bahan baku yang ditawarkan serta harga yang jauh lebih murah dibanding dengan harga bahan di pasar.

Namun untuk pemula, Anda bisa belanja bahan baku di pasar dahulu karena jumlahnya pasti belum banyak.
Jika usaha sudah berkembang pesat dan membutuhkan bahan baku yang lebih banyak barulah mencari supplier atau pemasok terpercaya.

Para pemasok terkadang memberikan keuntungan dengan cara bayar setelah barang datang dengan perjanjian atau catatan tertentu, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan pembayaran di awal.

6. Rekrut pekerja

Untuk rekruitmen karyawan ini bergantung pada besarnya bisnis kuliner yang Anda jalankan. Jika hanya membuka warung sederhana atau bisnis camilan yang bisa dikerjakan sendiri maka tidak perlu mencari tenaga tambahan.

Lain dengan usaha kuliner besar seperti kafe dan resto yang pasti membutuhkan tenaga tambahan untuk mengerjakan masing-masing jobdesk, misalnya memasak, cuci piring, kasir, pelayan dan lainnya.

7. Tentukan siapa konsumen Anda

Tips buka usaha kuliner ini penting agar sesuai antara target market dengan produk yang ditawarkan. Jika Anda menyasar konsumen menengah ke bawah maka menu dan harganya harus sesuai dengan target market bisnis kuliner Anda.

Sebaliknya jika Anda menargetkan masyarakat menengah ke atas maka menu dan harganya pun harus disesuaikan. Inilah pentingnya riset atau penelitian seperti yang kami jabarkan sebelumnya.

Jangan lupa untuk membuat catatan kecil dalam business plan yang dapat dianalisis dengan mudah untuk menentukan siapa konsumen Anda.

manfaat berwirausaha

8. Buat promo menarik

Siapa pun target market Anda pasti akan dengan senang hati memanfaatkan promo-promo yang Anda buat. Dengan begitu, warung atau resto Anda akan dipenuhi pengunjung dan pasti akan meningkatkan penjualan.

Namun Anda harus memperhitungkannya dengan matang soal untung ruginya. Jangan sampai mengadakan promo tanpa ada perhitungan yang akurat.

Promo yang paling sering digunakan oleh resto dan kafe adalah menu paket hemat, buy 1 get 1 free dan diskon untuk menu tertentu. Biasanya menu dengan promo ini sedikit dikurangi porsinya agar mengurangi penggunaan bahan baku sehingga akan tetap untung meski mengadakan banyak promo.

9. Manfaatkan media sosial

Siapa manusia zaman sekarang yang tak punya media sosial? Hampir semua orang di belahan dunia mana pun punya akun media sosial. Tak hanya satu medsos saja, kebanyakan orang pasti memiliki lebih dari satu media sosial.

Saat ini ada tiga media sosial dengan pengguna terbanyak yaitu Facebook, Twitter dan Instagram. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan platform tersebut untuk memasarkan bisnis kuliner Anda.

Kekuatan digital marketing sudah tidak diragukan lagi, apalagi untuk usaha kuliner. Orang dari luar daerah pun bisa dengan mudah mengetahui bisnis Anda dan memungkinkan untuk mengunjungi resto dan kafe Anda saat bepergian.

Selain ketiga platform medsos di atas, ada juga beberapa aplikasi yang support terhadap bisnis kuliner, sebut saja Gofood dan Grabfood. Keduanya memungkinkan Anda untuk memasarkan usaha kuliner tanpa repot.

10. Lengkapi perizinan

Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya Anda mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk dalam pendirian bisnis kuliner.

Hal ini penting agar bisnis yang akan dijalankan memiliki dokumen serta perizinan yang lengkap dan legal di mata hukum. Selain itu, masyarakat akan lebih percaya pada bisnis dengan perizinan lengkap daripada yang tidak.

Pengurusan bisa dilakukan melalui dinas terkait di wilayah masing-masing. Perizinan dapat berupa SIUP, NPWP, sertifikasi BPOM, sertifikasi halal dari MUI dan sertifikat merek.

Semua dokumen perizinan usaha kuliner dapat memudahkan Anda dalam menjalankan usaha karena menghindarkan dari masalah hukum di kemudian hari.

11. Punya ciri khas atau keunikan

Sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan tentu membuat Anda memiliki banyak pesaing. Maka dari itu Anda harus tahu apa bedanya bisnis kuliner Anda dengan usaha kuliner pesaing.

Misalnya Anda menjalankan bisnis kuliner warung bakso, bayangkan berapa banyak warung bakso yang ada di sekitar Anda. Jika warung Anda tidak memiliki ciri khas maka akan sulit bersaing.

Anda bisa memberi keunikan pada menunya atau mungkin konsepnya. Sebagai contoh menu bakso pizza, bakso lava, bakso misterius dan lainnya. Sedangkan untuk konsepnya, Anda bisa mencoba mengadakan challenge atau tantangan unik seperti makan bakso jumbo ukuran 3 kg dalam waktu 5 menit.

Dengan keunikan tersebut, orang-orang akan tertarik dan merekomendasikan tempat Anda kepada teman dan keluarga.

12. Mudah dijangkau pembeli

Mudah dijangkau di sini bukan berarti lokasinya yang mudah dijangkau namun bagaimana caranya konsumen mudah membeli menu Anda tanpa ribet.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika saat ini sudah tersedia aplikasi pesan antar makanan melalui Gofood dan Gojek. Jadi Anda bisa bermitra dengan kedua perusahaan penyedia jasa ojek online tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan mudah menjangkau resto atau kafe Anda hanya dengan menyentuh layar ponsel mereka di mana pun dan kapan pun. Selain menaikkan penjualan, tips buka usaha ini juga dapat menambah loyalitas pelanggan dengan kemudahan yang didapat.

13. Berikan pelayanan terbaik

Pepatah yang sering digaungkan yaitu konsumen adalah raja. Pembeli harus dilayani dengan baik agar citra bisnis Anda juga baik di mata konsumen. Meski terdengar sepele, namun tak sedikit warung atau resto yang sepi pengunjung karena pelayanan yang kurang baik.

Mulai dari pelayanan yang lambat, karyawan yang judes hingga pelit senyum dan kurang tanggap terhadap komplain pembeli. Maka dari itu berikan pelayan terbaik untuk pelanggan agar mereka tidak kapok untuk datang kembali.

14. Kelola keuangan dengan baik

Salah kunci penting dari tips buka usaha adalah manajemen keuangan. Jika salah dalam mengatur pengeluaran, bisnis terancam gulung tikar karena kehabisan modal belanja.

Anda perlu mempelajari tentang akuntansi atau merekrut seorang akuntan agar keuangan perusahaan aman terkendali.

15. Evaluasi

Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan mencari solusi serta mengembangkan yang sudah berjalan dengan baik. Evaluasi bisa dilakukan setiap akhir minggu dalam sebuah pertemuan khusus antara pimpinan dan seluruh karyawan. Ini bisa jadi kunci kesuksesan bisnis kuliner Anda.

strategi bisnis

Tips buka usaha online

Mengapa bisnis online?

Berdasarkan laporan ekonomi internet yang diluncurkan oleh Google, pertumbuhan ekonomi internet Indonesia mencapai $ 27 miliar pada tahun 2018 dan siap untuk tumbuh menjadi $ 100 miliar pada tahun 2025.

Ini menunjukkan bahwa e-commerce dan digital marketing akan terus tumbuh setiap tahunnya dengan hasil yang tak sedikit. Pasar digital lebih dominan karena jangkauannya yang tak terbatas.

Beragam strategi branding bisa dengan mudah dilakukan dan menjangkau semua kalangan serta wilayah di seluruh pelosok Indonesia bahkan luar negeri.

Biaya promosi produk juga bisa ditekan dengan adanya digital marketing yang sudah pasti dilakukan secara online. Saat ini saja sudah banyak tersedia website gratis yang bisa dimanfaatkan untuk promosi.

Selain itu, media sosial yang ada juga sangat memudahkan kegiatan digital marketing. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memanfaatkan era digital ini, berikut tips buka usaha online untuk semua jenis produk barang dan jasa.

1. Aktif di media sosial

Indonesia ternyata menjadi negara yang warganya paling aktif di media sosial dengan berbagai peristiwa yang dibagikan, mulai dari hal bersifat pribadi hingga publik atau umum.

Salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Instagram. Bahkan salah satu sumber menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ketiga setelah Amerika dan Brazil terkait dengan jumlah user Instagramnya.

Mengapa banyak yang lebih memilih Instagram? Kita semua tahu bahwa dalam beriklan dibutuhkan komponen yang mampu menarik konsumen.

Itu semua tidak mungkin dilakukan jika hanya menggunakan tulisan atau teks saja. Instagram menyediakan fitur untuk Instagram Ads berupa gambar maupun video sehingga lebih efektif untuk digunakan.

Karena kelebihannya ini, Instagram memiliki tingkat engagement user sebesar 4,21%. Persentase ini lebih besar dibanding Twitter dan Facebook yang hanya mencapai 0,1%.

Tingkat engagement tersebut semakin besar karena iklan di Instagram dinilai tidak mengganggu pengguna yang tidak ditargetkan. Selain itu, Instagram juga dapat terhubung langsung dengan Facebook sehingga lebih praktis untuk beriklan dalam satu kali langkah.

Apapun bisnis Anda, bisa dengan mudah menggaet konsumen melalui Instagram. Bagaimana tips buka usaha online di Instagram?

1. Usahakan jangan mencampurkan akun pribadi dengan akun untuk berbisnis. Buatlah akun bisnis melalui Instagram fro Business untuk mendapat beberapa benefit bagi bisnis Anda.

2. Gunakan nama akun yang sederhana dan menjelaskan bisnis Anda. Hindari nama yang rumit dan panjang, ini hanya akan menyulitkan konsumen menemukan akun Anda.

3. Unggah foto atau video produk secara rutin dan berkala. Perhatikan waktu-waktu terbaik untuk post di Instagram. Waktu terbaik biasanya malam hari sekitar jam 7 ke atas.

Pada waktu ini, orang-orang akan menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya setelah aktivitas sehari penuh.

4. Gunakan hashtag atau tanda pagar pada setiap unggahan. Hashtag harus menunjukkan produk apa yang Anda jual. Ini penting agar orang lebih mudah menemukan postingan Anda.

5. Selalu responsif terhadap komentar atau pertanyaan followers Anda. Ini akan menunjukkan keseriusan dan komitmen Anda terhadap pelanggan serta menandakan bahwa akun tersebut aktif dan bukan fake account.

6. Manfaatkan fitur Instagram Story. Melalui fitur ini, Anda bahkan bisa membuat polling atau voting yang bisa menarik pelanggan.

7. Gunakan iklan. Jika sudah cukup modal, Anda bisa manfaatkan akun bersponsor sehingga semakin banyak user yang mengetahui akun bisnis Anda.

8. Endorse selebgram. Cara ini dinilai ampuh menaikkan popularitas dan penjualan produk karena para selebgram ini memiliki ribuan bahkan jutaan followers yang pastinya akan mengetahui produk Anda.

Terakhir dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi atau link website dan WhatsApp agar memudahkan konsumen jika ingin order.

2. Pahami Facebook Ads

Platform digital pemilik Instagram ini memiliki jumlah user terbanyak dibanding platform media lainnya. Hal ini dikarenakan keberadaan Facebook sudah lebih dulu dibanding lainnya.

Dengan jumlah pengguna terbesar, Anda sebagai pebisnis harus bisa melihat peluang ini dengan memanfaatkan fitur-fitur Facebook yang tersedia.

Salah satu fiturnya yaitu Facebook Ads yang memungkinkan Anda untuk beriklan dengan biaya terjangkau.
Dengan biaya yang tidak terlalu besar, produk Anda sudah bisa dilihat oleh jutaan pengguna berdasarkan demografi dan interest atau kesukaan mereka.

Dengan begitu, pemasaran akan lebih spesifik dan terarah sehingga hasilnya juga lebih maksimal dibanding sembarangan beriklan tanpa terfilter target konsumennya.

cara buka usaha

3. Kuasai Google Adwords

Alternatif selain beriklan di Instagram dan Facebook adalah beriklan di Google. Menurut beberapa pengusaha yang sudah mencoba beriklan melalui Facebook dan Instagram, penjualan produk tidak tinggi meski jangkauan konsumen luas.

Anda bisa gunakan Google Adwords untuk menaikkan penjualan dengan konsumen yang lebih tertarget. Bagaimana sistemnya?

Iklan Google akan muncul ketika konsumen mengetikkan keyword di kolom pencarian atau search.
Misalnya, konsumen mengetik “toko kosmetik Korea murah di Surabaya”, maka iklan yang muncul adalah toko kosmetik Korea di Surabaya, bukan di kota lain dan bukan produk selain kosmetik Korea.

Tips buka usaha online ini lebih efektif dalam meningkatkan penjualan dan menggaet konsumen karena produk yang dicari lebih spesifik serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Sistem pembayarannya juga mudah, iklan akan dibayar jika ada orang yang mengklik iklan tersebut.

Meski begitu, belum banyak pebisnis yang menggunakan Google Adwords dikarenakan sulitnya membuat kata kunci atau keyword yang akan dicantumkan pada iklan.

Berbeda dengan Instagram dan Facebook yang hanya mengatur target kesukaan dan demografi pengguna saja tanpa membuat keyword yang spesifik. Maka dari itu Anda perlu menguasai teknik membuat keyword yang tepat agar dapat muncul di setiap pencarian Google.

4. Buat website

Website menjadi kunci dari segala tips buka usaha online yang sudah dibahas di atas. Bagaimana orang dapat menemukan perusahaan Anda di internet tanpa memiliki website.

Dengan mempunyai website, produk dan perusahaan Anda akan tetap eksis di dunia digital dan meningkatkan penjualan karena menyediakan informasi perusahaan yang lebih lengkap.

Website bisa dibuat secara gratis maupun berbayar. Ada banyak website gratis yang bisa Anda manfaatkan di internet. Namun jika ingin memiliki domain sendiri yang tidak bisa ditiru orang lain, Anda bisa menggunakan website berbayar.

cara sukses berwirausaha

Lakukan cara mudah di bawah ini untuk membuat website perusahaan Anda.

1. Pilih nama untuk alamat website. Sama seperti membuat nama akun Instagram, alamat website juga harus mudah diucapkan dan tidak terlalu rumit. Alamat yang terlalu unik justru menyulitkan orang untuk menemukan website perusahaan Anda.

2. Pilih hosting untuk website Anda. Anda bisa memilih hosting di luar negeri maupun dalam negeri. Anda juga bisa menggunakan perusahaan hosting terpercaya untuk mendaftar domain web Anda.

3. Buat konten menarik secara gratis. Anda bisa gunakan WordPress untuk dapat menikmati layanan template gratis ini.

Jika sudah ada template, Anda tinggal mengeditnya sesuai keinginan dan kebutuhan web perusahaan Anda.
Tanpa memiliki website akan membuat iklan dan promosi di platform digital lain menjadi percuma. Tak sedikit perusahaan yang gagal mempertahankan eksistensinya karena tidak menyadari pentingnya website.

Meskipun banyak juga pengusaha yang sukses menggaet konsumen hanya lewat Instagram dan Facebook, namun dengan adanya website pasti lebih meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen.

Mempunyai website artinya menjalankan strategi branding jangka panjang yang berbeda jika dibanding dengan tanpa memiliki website. Jika Anda berniat membuka usaha, jalankan tips buka usaha di atas dan segera daftarkan nama mereknya agar terlindungi serta bisnis berjalan lancar sesuai harapan.

Bagikan :