021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

25 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Kebingungan mencari ide usaha? Berikut ini 25 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa Anda pakai sebagai inspirasi! Tidak usah bingung lagi jika Anda sedang mencari ide usaha dengan modal kecil.

Karena kami memiliki banyak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing untuk Anda jadikan inspirasi. Karena memang berbisnis dengan modal kecil harus Anda pikirkan dengan matang.

Ada banyak hal yang harus Anda perhitungkan agar bisnis tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan besar. Salah satunya adalah pilihan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil dan belum memiliki banyak pesaing. Sehingga kemungkinan bisnis Anda mendapat kesuksesan akan semakin besar!

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Modal memang menjadi elemen penting dalam sebuah bisnis. Namun bukan berarti Anda harus memiliki modal besar untuk memulai bisnis. Berikut ini beberapa contoh bisnis dengan modal kecil namun belum banyak pesaing:

1. Bisnis Jamu Modern

Usaha pertama yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil adalah jamu modern. Terlebih kepedulian masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi. Hal ini akan membuat bisnis jamu modern Anda lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Selain itu, untuk membuat jamu tidak perlu modal yang besar. Anda bisa membeli beragam bahan dasar pembuatan jamu di pasar dengan harga yang sangat terjangkau.

Setelah itu Anda bisa memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok. Berikan informasi mengenai manfaat dan khasiat jamu dalam bahasa kekinian agar Anda bisa memikat pelanggan dari kalangan gen Z dan milenial.

2. Bisnis Susu Kurma Kemasan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya adalah menjual susu kurma kemasan. Minuman ini sangat digemari khususnya oleh calon pelanggan dari kalangan Muslim.

Harga untuk membuat minuman ini juga cenderung terjangkau. Sebab harga buah kurma di luar bulan Ramadhan cenderung stabil dan tidak akan mengalami kenaikan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membuatnya.

3. Bisnis Kursus Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan salah satu peluang karir yang cukup menjanjikan di masa sekarang. Oleh karena itu permintaan terhadap pelatihan atau kursus di bidang ini sangat tinggi.

Jika Anda merasa memiliki keahlian pada bidang pemasaran digital, maka hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha. Apalagi menjalankan kursus tidak perlu biaya besar. Modal utama dari bisnis ini adalah kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki.

4. Bisnis Kursus Bahasa Asing

Selain bisnis kursus digital marketing, bisnis kursus bahasa asing juga merupakan salah satu Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di bidang pelatihan. Untuk memulai bisnis ini juga dapat Anda lakukan tanpa modal.

Anda bisa memulai dari memberikan kursus pada orang terdekat terlebih dahulu. Setelah itu, minta tolong kepada mereka untuk memberikan testimoni serta menyebarkan kemampuan Anda dalam mengajar bahasa asing.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dalam bentuk privat ataupun kelas. Oleh karena itu, peluang keuntungan dari bisnis kursus bahasa asing sangat besar. Apalagi mengingat kebutuhan bahasa asing di dunia kerja semakin besar seiring berjalannya waktu.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaingnya

5. Bisnis Latihan Renang

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di bidang pelatihan lainnya adalah menjadi pelatih renang. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan menawarkan kepada anak tetangga di lingkungan rumah.

6. Bisnis Pelatihan Microsoft Office

Jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel ataupun Powerpoint, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan.

Karena meski terkesan sederhana, nyatanya masih banyak orang yang belum ahli dalam menggunakan Microsoft Office. Di sisi lain, Microsoft Office merupakan salah satu software yang paling banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

7. Bisnis Pelatihan Bela Diri

Anda mungkin sudah biasa mendengar personal trainer dalam dunia gym. Namun masih jarang ditemukan pelatih privat untuk bela diri. Oleh sebab itu bisnis ini merupakan Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Untuk menjadi seorang pelatih bela diri tentu tidak diperlukan banyak modal. Anda hanya perlu memiliki keterampilan dan menguasai jenis bela diri yang hendak Anda latihkan.

8. Bisnis Asisten Online

Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan hampir tanpa modal adalah menjadi asisten online. Usaha ini sebenarnya mirip dengan sekretaris atau manajer personal namun Anda melakukannya melalui virtual.

Oleh karena itu modal yang Anda perlukan hanyalah usaha dan keterampilan Anda dalam mengatur kegiatan. Meski begitu, pendapatan dari bisnis ini bisa sangat besar bergantung pada besarnya klien Anda.

9. Bisnis Penitipan Hewan

Bagi Anda yang menyukai hewan, maka bisnis penitipan hewan sangat cocok untuk Anda jalankan. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan hewan karena bisa membebankannya pada pelanggan.

Selain itu, menjalankan bisnis ini sebenarnya sama seperti ketika Anda bermain dengan hewan sendiri. Sehingga bukan hanya memberikan keuntungan, namun Anda juga bisa menjalankan hobi bermain bersama hewan.

Bisnis Dog Walker

10. Bisnis Dog Walker

Salah satu usaha yang juga sangat cocok bagi pecinta hewan khususnya Anjing. Dalam bisnis ini, Anda hanya perlu membawa anjing jalan-jalan pada pagi atau sore hari sesuai kesepakatan dengan klien.

Pelanggan biasanya akan memberi bayaran per jam atau hari Anda membawa anjing jalan-jalan. Besaran biaya yang Anda dapatkan bisa mencapai seratus sampai dua ratus ribu untuk satu anjing dalam satu hari.

11. Bisnis Ternak Maggot

Jika Anda mencari Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di bidang peternakan, maka usaha maggot merupakan jawabannya. Maggot sendiri adalah larva lalat tentara hitam yang sering menjadi pakan ikan.

Usaha ini bisa Anda jalankan dengan modal kurang dari lima juta rupiah. Meski modalnya kecil, namun omset dari usaha maggot bisa memberikan Anda belasan hingga puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya.

12. Bisnis Sewa Kendaraan

Bagi Anda yang memiliki kendaraan namun jarang dipakai, maka Anda bisa menyewakannya. Apalagi keuntungan dari biaya sewa kendaraan sangat besar karena Anda bisa menyewakannya lebih dari Rp100.000 per hari.

13. Bisnis Sewa Mainan Anak

Salah satu Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing lainnya adalah sewa mainan anak. Untuk memulai bisnis ini, bisa Anda mulai dengan mainan yang memiliki harga terjangkau terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak orang tua masa kini yang lebih memilih sewa mainan daripada beli. Sebab biasanya anak-anak cenderung cepat bosan dengan mainan sehingga mainan yang sudah dibeli justru tidak terpakai.

14. Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi seperti tempat tidur, kereta dorong hingga mainan cenderung cepat tidak terpakai. Sehingga Anda bisa menjadikannya sumber uang dengan menyewakannya kepada keluarga yang baru memiliki anak.

Prospek bisnis ini juga sangat menjanjikan sebab banyak orang tua baru yang lebih memilih sewa perlengkapan bayi daripada beli. Dengan begitu Anda tidak perlu takut tidak mendapatkan pelanggan.

Bisnis Sewa Perlengkapan Mendaki Gunung

15. Bisnis Sewa Perlengkapan Mendaki Gunung

Salah satu Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bagi Anda yang suka mendaki gunung. Sebab sudah pasti Anda tidak akan pergi mendaki setiap saat bukan? Sehingga Anda bisa menyewakannya ketika perlengkapan tidak Anda pakai.

16. Bisnis Jualan E-Book

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, bisnis E-book harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Anda bisa membuat E-book tentang keahlian Anda ataupun fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen.

Anda bisa menjual satu Ebook berulang kali tanpa batasan. Dengan begitu keuntungan Anda ketika menjalankan usaha ini sangat besar bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

17. Bisnis Jasa Titip

Bisnis jasa titip merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bagi Anda yang suka bepergian. Untuk melakukan usaha ini juga sangat mudah karena Anda hanya perlu membelikan barang-barang dari tempat yang Anda kunjungi.

18. Bisnis Penyedia Stok Foto & video

Jika Anda menyukai dunia fotografi ataupun videografi, maka bisnis ini sangat tepat. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak situs web sebagai tempat Anda menjual hasil foto ataupun video secara online.

19. Bisnis Survey Online

Usaha ini merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing untuk Anda yang sering berselancar di Internet. Anda bisa memulai usaha ini dengan mencari berbagai situs yang akan membayar Anda setelah mengisi survei.

Anda tidak perlu takut dengan pesaing sebab platform survey online tersebut biasanya membutuhkan banyak responden. Untuk penghasilan dari usaha ini juga cukup menggiurkan terlebih Anda akan dibayar menggunakan mata uang asing.

Bisnis Pemberi Feedback

20. Bisnis Pemberi Feedback

Dengan berkembangnya internet, kebutuhan terhadap feedback menjadi semakin tinggi. Sebab feedback dapat menjadi salah satu faktor sebuah situs mendapatkan kesan baik dari para pengunjung.

Biasanya situs yang membutuhkan bisnis ini adalah situs-situs baru. Anda bisa menawarkan usaha memberikan feedback melalui forum-forum online ataupun platform jasa yang ada di internet.

21. Bisnis Curhat Online

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing namun cukup menarik adalah jasa curhat online. Sebab Anda hanya perlu mendengarkan orang lain bercerita dan mengeluarkan keluh kesah tanpa harus memberi diagnosa layaknya psikolog.

Bisnis ini cukup diminati khususnya oleh kalangan millennials dan gen Z karena kebutuhan terhadap cerita semakin meningkat. Di sisi lain, mereka kesulitan untuk menceritakan masalah pada orang yang dikenal.

22. Bisnis Jasa Ketik

Anda hampir tidak membutuhkan modal untuk memulai jasa ketik. Karena yang Anda perlukan hanyalah laptop atau komputer serta kemampuan mengetik yang baik.

Bisnis ini bisa Anda mulai dari orang terdekat seperti kenalan yang sedang kuliah. Setelah itu Anda bisa mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

23. Bisnis Kemasan Produk

Menyediakan kemasan produk merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Apalagi setiap pebisnis yang menjual produk pasti membutuhkan kemasan.

Bisnis ini juga tidak menuntut Anda memiliki modal besar. Sebab Anda bisa mencari supplier kemasan terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa memesan ketika sudah mendapatkan pelanggan.

24. Bisnis Custom Case

Di zaman sekarang, banyak orang yang lebih menyukai barang custom. Salah satu barang yang sering banyak peminat untuk di-custom adalah phone case. Oleh karena itu Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini.

Bisnis ini bisa Anda jalankan dengan mencari vendor pembuatan phone case terlebih dahulu. Ada cukup banyak vendor yang bisa Anda jumpai khususnya jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta dan Depok.

Kelebihan lain dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan desain. Sebab pelanggan sendiri yang akan memilih desain untuk phone case mereka. Biasanya mereka akan menggunakan foto orang terkasih ataupun idola sebagai desain phone case custom.

25. Bisnis Melukis Sepatu

Jika Anda memiliki keahlian dalam melukis, maka Anda bisa mengembangkan menjadi usaha dengan memulai bisnis ini. Apalagi bisnis ini memiliki keuntungan yang sangat besar bahkan hingga jutaan rupiah untuk melukis di sepasang sepatu.

Modal utama dari bisnis ini tentu adalah kemampuan melukis yang Anda miliki. Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan melukis seperti kuas dan cat yang harganya sangat terjangkau.

Ada banyak cara mendapatkan keuntungan besar meski Anda hanya memiliki modal kecil. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda pesimis dan berpikir tidak mungkin menjalankan usaha sebelum memiliki modal puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Perlu Anda ingat bahwa modal utama dari sebuah usaha adalah diri Anda sendiri. Maka, Anda bisa menjadikan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas sebagai inspirasi dan menyesuaikannya dengan diri Anda.

Lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, segera hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.