021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

40 Peluang Bisnis yang Sangat Menjanjikan

peluang bisnis yang menjanjikan

Apabila ada peluang bisnis yang menjanjikan kenapa tidak dicoba saja, siapa tahu untung besar. Simak banyak peluang usaha yang sangat menguntungkan. Peluang bisnis tidak hanya untuk yang mempunyai modal lumayan, tetapi ada juga lho yang minim biaya dan bahkan bisa Anda mulai dengan gratis.

Penasaran apa saja peluang menjanjikan yang menghasilkan cuan? Akan tetapi, sebelum membahas peluang usaha yang menjanjikan ayo cari tahu dahulu beberapa tips sebelum memulai bisnis. Tips ini berguna agar Anda benar-benar siap mencoba peluang usaha yang ada dan tidak berakhir gagal.

Tips Penting Memulai Usaha agar Tidak Gagal

Semua yang mulai mengambil peluang bisnis di depan mata pasti tidak ingin gagal, setuju? Hanya saja, terkadang rencana tidak sesuai hasil dan banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar. Untuk menghindari hal itu Anda perlu identifikasi peluang bisnis dan melakukan tips di bawah ini:

● Memahami bisnis sepenuhnya

● Menentukan target pasar

● Pilih model bisnis

● Rencanakan sistem usaha

● Kumpulkan dana dan cadangannya

● Pahami legalitas usaha

● Ketahui peralatan yang Anda butuhkan

● Tentukan lokasi

● Pertimbangkan kompetitor

● Rencanakan promosi

● Pikirkan kebutuhan jumlah pekerja

Semua tips di atas harus Anda pertimbangkan dan bisa lakukan agar peluang usaha menguntungkan tidak lepas dari tangan. Apabila peluang bisnis memang sangat bagus tetapi eksekusi kurang, tetap ada kemungkinan gagal, bukan? Oleh karena itu, rencanakan sematang mungkin dan perhatikan berbagai aspek.

Sekarang, mari masuk ke daftar peluang-peluang bisnis menjanjikan yang sudah kami susun dan research, ada apa saja?

Ide Peluang Bisnis yang sangat Menguntungkan

Beberapa Ide Peluang Bisnis yang sangat Menguntungkan

Daftar peluang bisnis yang akan kami tunjukan sangat beragam mulai dari jenis hingga modalnya. Jadi, semoga bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha dan memperoleh keuntungan sesuai harapan.

1. Salon Kecantikan dengan Pelayanan Rumah

Peluang bisnis pertama yang ada dalam list kami adalah salon kecantikan dengan pelayanan rumah. Di jaman sekarang, bukan hanya anak muda saja yang butuh dan perlu menjaga penampilan dan mempercantik diri.

Wanita karir yang sibuk atau ibu rumah tangga yang harus merawat anak di rumah juga ingin cantik. Jadi, peluang bisnis yang menjanjikan seperti itu dengan menghadirkan pelayanan rumah tentu sayang dilewatkan.

2. Sablon Custom atau Partai Besar

Bidang sablon bisa menjadi contoh peluang bisnis yang bisa menyasar berbagai kalangan. Pasalnya tidak hanya untuk skala besar seperti acara tertentu, anak-anak sekolah biasanya juga membuat sablon kaos atau jaket kembaran.

3. Reseller Product Mass Production

Peluang bisnis yang amat menjanjikan berikutnya adalah reseller product mass production. Menjadi reseller dari produk yang diproduksi dalam jumlah besar bisa mendatangkan keuntungan berlipat karena harga satuannya bisa lebih murah. Kebanyakan akan memilih produk garment atau impor luar negeri.

4. Menjual EBook

Bisnis jualan ebook di era yang serba digital seperti sekarang peluangnya besar. Pasalnya, target market luas serta kemudahan menjual di toko online seperti Google Playbook atau Kindle yang bisa siapa saja akses.

Satu lagi, Anda bisa mengambil royalti untuk diri sendiri tanpa berbagi dengan publisher, menguntungkan bukan?

5. Membuka Group Order

Untuk Anda yang aktif di komunitas tertentu, misalnya seperti KPOP membuka group order bisa menjadi peluang bisnis. Setiap harinya ada saja merch baru yang penjualannya hanya di Korea Selatan dan ini sulit untuk kebanyakan orang.

Makannya, sebagian besar akan memilih membeli di group order agar lebih mudah dan tidak pusing masalah pengiriman. Fee yang Anda tetapkan juga tidak ada patokan khusus.

6. Usaha Pre Order Makanan

Mempunyai modal kecil bukan berarti tidak bisa menggapai peluang usaha dengan omset lumayan. Anda bisa memulai usaha pre order makanan yang pembayarannya di muka. Makanan-makanan seperti brownies, spring roll, lunch box cake, catering diet, bakso goreng, saat ini banyak peminatnya.

7. Minuman Kekinian

Saat ini banyak sekali yang membuka usaha minuman kekinian seperti boba, teh, dan aneka sweet drink lain. Anda juga bisa ikut terjun di peluang bisnis yang super manis ini. Modalnya termasuk fleksibel tergantung skala yang ingin Anda buat, bisa memakai stand atau membuka kafe.

8. Salon Hewan

Tinggal di perkotaan apalagi dekat dengan kawasan apartemen dan perumahan, usaha salon hewan pas. Apalagi jika lingkungan tersebut rata-rata pekerja yang tidak punya waktu merawat peliharaanya sendiri secara penuh. Peluang usaha menjanjikan ini bisa Anda tambah opsi panggilan rumah agar lebih ramai.

9. Dropshipper

Peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang jam kerjanya padat dari di weekdays bisa memilih dropshipper. Peluang bisnis satu ini praktis karena Anda tidak perlu memikirkan jumlah stok barang serta packing dan pengiriman.

Cukup promosi, terima order, teruskan order, dan berkomunikasi dengan konsumen.
Untuk masalah produk, asalkan Anda bisa mengaturnya dengan baik dropshipper banyak produk tidak masalah.

10. Jasa Pembelian Layanan Berbayar

Peluang kerja bisnis digital tidak kalah menguntungkan dengan konvensional. Salah satunya yaitu jasa pembelian layanan berbayar yang biasanya butuh top up saldo, Paypal, token, CC, atau kartu kredit. Berbagai layanan bisa Anda masukan, seperti pembelian streaming musik, game, hingga subscribe kelas online.

Souvenir Pernikahan

11. Souvenir Pernikahan

Mau musim hujan atau panas, dari Bulan Januari hingga Desember pasti ada saja orang yang menikah, betul? Hal ini bisa menjadi peluang bisnis amat brilian karena pelanggan bisa terus ada asal promosi mendukung. Anda bisa membuka jasa souvenir custom atau yang sudah jadi dan bisa daring atau buka toko.

12. Rental Kendaraan

Maraknya jasa kendaraan online seperti ojol bukan berarti rental kendaraan mati terutama jika tinggal di desa. Rata-rata desa yang cukup jauh dari kota belum tersentuh ojek online, jadi peluang usaha di desa ini masih subur.

13. Affiliate Marketing

Peluang bisnis online yang tanpa modal dan hanya perlu kuota serta kepandaian promosi adalah affiliate marketing. Saat ini banyak ecommerce yang membuka kerja sama affiliate marketing dengan fee yang lumayan.

Mendaftar juga semakin mudah karena syarat follower di media sosial sudah tidak setinggi dulu. Banyak influencer ternama juga melakukan hal ini, jadi patut menjadi pertimbangan.

14. Jasa Les Online

Banyaknya anak dan orang tua yang semakin sadar akan pentingnya pendidikan, membuat jasa les online kian banyak peminat. Kemudahan yang tidak mengharuskan orang tua antar jemput dan murah membuat sektor ini peluang bisnis menjanjikan.

15. Catering Diet

Jasa catering makanan untuk acara besar seperti pernikahan sudah biasa dan banyak. Akan tetapi bagaimana kalau catering diet?

Peluang usaha yang belum banyak pesaing ini memang sulit mencari pelanggan. Hanya saja, jika promosi benar, punya relasi, dan telaten Anda pasti bisa mendapat banyak konsumen. Apalagi jika menu beragam, terjamin gizi dan kalorinya, bekerja sama dengan dokter, serta harga bervariasi.

16. Penitipan Hewan

Jasa penitipan jaman sekarang juga sebuah peluang bisnis yang tidak kalah menguntungkan. Terutama di masa-masa libur sekolah, tahun baru, hari raya, atau akhir pekan. Anda bisa menyediakan berbagai layanan bila membuka usaha satu ini, misalnya sekalian antar jemput dan grooming.

17. Menjual Foto

Suka fotografi dan mempunyai kemampuan memotret yang baik? Anda bisa membuka peluang bisnis yang sejalan dengan minat yaitu menjual foto. Banyak situs-situs yang menyediakan tempat berjualan foto dengan komisi lumayan.

Anda bisa mencoba Adobe Stock, Shutterstock, Alamy, iStock Photo, Foap dan masih banyak lagi. Untuk awal, gencarkan promosi di sosial media dan ambil foto-foto yang sekiranya banyak orang butuhkan.

18. Jasa Foto dan Pengambilan Video

Jasa foto dan pengambilan video kini bukan hanya untuk acara pernikahan atau event perusahaan saja. Contoh peluang bisnis menjanjikan satu ini terbuka untuk skala sekolah, acara reuni, maternity, dan banyak lagi.

Jenis jasa yang Anda tawarkan juga tidak hanya foto atau ambil video lalu selesai. Anda bisa menyediakan juga jasa sekalian rias, property, sampai penyewaan baju dan kostum.

19. Penyewaan Alat dan Dekorasi Pernikahan

Di kota-kota besar acara pernikahan memang lebih banyak di gedung dan bukannya rumah. Akan tetapi, berbeda jika di desa atau pinggiran kota yang rata-rata masyarakatnya masih punya halaman cukup luas. Bisnis ini awal modalnya memang besar, hanya saja setelah itu cukup maintenance saja.

20. Fotokopi dan Percetakan

Mempunyai rumah di sekitar sekolah atau perkantoran bisa Anda manfaatkan dengan membuka usaha fotokopi. Memang, untuk kantor-kantor besar mereka punya alat copy sendiri, tetapi tidak dengan jilidnya dan bukan untuk skala besar.

Banner-banner dan poster juga perlu mesin khusus, fotocopy kertas biasa tidak akan bisa. Belum lagi, banner dan poster juga akan sering berganti tergantung kebutuhan acara, bukan? Oleh karena itu ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan karena mereka tidak bisa mencetaknya sendiri.

menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan

21. Cuci Motor dan Mobil

Peluang bisnis rumahan apa yang cocok untuk yang tinggal di perumahan dan banyak tetangga? Anda bisa memilih bisnis cuci motor dan juga mobil bila halaman cukup. Persediaan air bisa sekalian dari rumah, dan jika menggunakan pegawai, mengawasinya juga mudah karena di depan rumah.

Keperluan lain juga tidak terlalu banyak, dan mahal karena sabun dan spons masih terjangkau. Paling, hanya alat kompresornya saja yang memang lumayan dan jika Anda ingin menambah genset yang juga sama mahalnya.

22. Laundry

Peluang bisnis di Bali tidak melulu tentang wisata atau makanan, bisa juga lho memilih laundry. Apalagi, di bali mobilitasnya tinggi dan banyak turis, kesempatan untuk mendapat pelanggan lebih besar.

Peluang bisnis ini juga bisa Anda pilih jika berada di kota lain yang masih jarang laundry atau dekat kampus. Umumnya jika di dekat kampus, laundry kiloan lebih laku karena harganya yang terjangkau dan sesuai kantong mahasiswa.

23. Agen Properti

Peluang kerja manajemen bisnis di bidang agen properti bisa Anda coba jika punya ilmunya. Lumayan, komisi bisa Anda tentukan sendiri dan lagi jumlah konsumen juga Anda yang menentukan tergantung kepandaian promosi. Jadi, jika punya relasi, kenalan, dan Anda suka bersosialisasi, coba saja.

24. Menjual Produk Rajutan

Untuk ibu-ibu di rumah yang suka merajut pakaian untuk anak atau keluarga, kenapa tidak coba menjualnya? Sekarang produk-produk rajutan apalagi yang buatan tangan cukup banyak peminatnya. Anda bisa membuat tas, baju, sarung tangan, syal, dan berbagai perlengkapan lain.

Apabila Anda merasa harga di dalam negeri kurang tinggi, bisa mencoba situs khusus handcract semacam Etsy.

25. Desain Logo

Peluang bisnis selanjutnya khusus bagi Anda yang gemar dalam desain grafis. Desain logo saat ini pasarnya sudah luas karena ada berbagai macam situs global yang bisa menjadi tempat berjualan Anda.

26. Copywriting

Hampir sama dengan jasa desain logo, copywriting juga sekarang mempunyai pasar yang luas. Bahkan, tidak terbatas pada menawarkan jasa di berbagai situs jual beli, tetapi saat ini cukup banyak website ternama yang menerima tulisan.

27. Jasa Titip Tiket Konser

Usaha jasa titip tiket konser apakah termasuk peluang bisnis yang menguntungkan? Tentu iya, apalagi sekarang semua sudah mulai kembali normal dan konser-konser juga sudah mulai sering diadakan.

Alhasil, berbagai penyanyi papan atas dalam dan luar negeri banyak yang menggelar konser. Nah, untuk penyanyi idola akan sulit mendapatkan tiketnya, orang-orang bersedia membayar mahal asalkan bisa mengamankan kursi. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka jasa titip tiket konser.

Oh ya, jasa titip ini berbeda dengan reseller tiket dan sistem kerja keduanya juga tidak sama. Jastip berarti pelanggan akan membayar uang muka dulu dan Anda sebagai perantara, tetapi reseller Anda menjual kembali.

Apabila melihat dari keuntungan reseller memang lebih untung. Akan tetapi, karena adanya banyak calo dan harga yang sangat melambung banyak yang lebih suka jastip. Oleh karena itu, jastip akhirnya lebih menguntungkan untuk tiket.

28. Cuci Sepatu dan Tas

Jasa cuci baju sepertinya sudah lumayan banyak, meski itu masih menjanjikan tetapi ada opsi layanan cuci lain. Anda bisa mencoba peluang bisnis cuci tas dan sepatu.

Siapa target pasarnya? Tentu mereka yang punya sepatu-sepatu dan tas mahal dengan harga jutaan yang tahu betul barangnya perlu perawatan khusus. Orang yang punya tas jutaan pasti sayang jika asal mencuci tas atau sepatunya, bukan?

29. Jasa Pindahan

Jasa pindahan akan sangat pas jika lokasinya di sekitar kampus atau perumahan baru. Peluang bisnis ini cakupannya juga cukup luas dan beragam jenis jasa yang bisa Anda tawarkan. Misalnya, hanya angkut barang, angkut dan menata barang, penitipan barang sementara, sampai packing barang.

Peluang bisnis ini cakupannya juga cukup luas

30. Penjualan Kosmetik

Tertarik dengan bidang kecantikan dan punya cukup banyak ilmu seputar produk-produk kosmetik? Mengapa tidak mencoba peluang usaha berjualan kosmetik saja? Apalagi, sekarang merek-merek baru terus bermunculan yang tidak akan membuat pelanggan bosan dan ingin terus mencoba brand baru.

31. Membuka Kelas Online

Membuka kelas online terbuka bagi siapa saja yang punya sertifikasi di bidangnya. Misalnya, Anda jago di bidang bisnis maka bisa membuka kelas materi peluang bisnis, jago memasak bisa membuka cooking class. Banyak website yang bisa Anda coba misalnya seperti Udemy dan Coursera.

32. Vlogger atau Konten Kreator

Menjadi vlogger dan konten kreator di era ini bukan lagi sekedar menjadi sampingan. Anda bisa membuat profesi tersebut jadi pekerjaan inti karena audience yang besar apalagi jika temanya yang masyarakat sukai. Contohnya saja seperti prank atau challenge, berbagi, mukbang, otomotif, sampai game.

33. Desain Website dan Hosting

Peluang bisnis selanjutnya masih seputar dunia digital dan daring yaitu desain website dan hosting. Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha di bidang digital serta menjadikannya ajang promosi. Otomatis, kebutuhan desain website dan hosting meningkat, peluang bisnis yang lumayan, bukan?

34. Franchise

Usaha franchise modelnya adalah Anda membayar bukan hanya untuk peralatan dan bahan, tetapi juga brandnya. Misalnya seperti KFC, MC Donald, dan berbagai toko retail yang sering Anda jumpai.

Tipe bisnis ini bukan cuma menguntungkan tetapi juga mudah. Semua hal dari peralatan, pegawai, hingga bahan dan sistem sudah tersedia. Brand yang besar juga membuat Anda tidak perlu lagi menghabiskan dana untuk promosi berlebih.

35. Penyewaan Alat Gunung

Apabila Anda tinggal di kota besar atau dekat dengan basecamp gunung, kenapa tidak mencoba peluang usaha penyewaan alat? Rata-rata kebanyakan lebih memilih meminjam daripada beli karena jarang dipakai. Terutama, alat-alat seperti tenda, matras, sepatu gunung, senter, sampai alat masak.

Apalagi, Anda hanya perlu modal satu kali karena pergantian model atau gaya tidak berpengaruh. Lagi pula, maintenance peralatan gunung tersebut juga tidak berat dan penyimpanannya juga tidak memakan banyak tempat.

36. Bisnis Makanan Ringan

Rasanya orang jarang berpikir ketika mengeluarkan uang untuk membeli makanan ringan, setuju? Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini dengan mengeluarkan brand Anda sendiri alih-alih menjadi reseller. Berbagai makanan ringan seperti cireng, basreng, mie lidi, sampai keripik membuatnya gampang.

Modal yang perlu Anda keluarkan juga tidak terlalu banyak dan lagi makanan ringan cenderung awet. Jadi, tidak langsung laku di hari itu juga bukan masalah kecuali Anda memilih makanan basah seperti jajanan tradisional.

37. Usaha Perlengkapan Bayi

Peluang bisnis selanjutnya adalah usaha perlengkapan bayi yang juga cukup menjanjikan. Anda tahu sendiri bukan jika bayi cenderung cepat tumbuh, sehingga perlengkapannya pun sering berganti.

Usia 0-3 bulan akan berbeda perlengkapannya dengan 6-12 bulan, begitu juga jika sudah 2 tahun. Jadi, para orang tua mau tidak mau perlu membeli perlengkapan lagi mengikuti pertumbuhan anak. Anda bisa memilih dari baju, perlengkapan tidur, sepatu, atau bahkan mainan anak.

38. Thrift Shop

Usaha thrift shop baru-baru ini juga menjadi favorit karena orang jadi bisa mendapat barang incaran dengan harga miring. Peluang bisnis ini bisa Anda manfaatkan apalagi jika tahu betul seluk beluk barang tertentu.

Misalnya saja, sepatu branded, Anda tahu dari segi kualitas, harga jual, dan produksinya.
Mengetahui seluk beluk barang yang dijual di bisnis barang bekas penting agar tidak tertipu.

39. Event Organiser

Mempunyai circle yang luas dari berbagai kalangan bisa Anda manfaatkan untuk membuka event organiser. Dengan bekal relasi yang baik, bisnis akan lebih cepat berkembang dan mendapat klien tidak akan terlalu sulit.

Apalagi, jika Anda juga kenal berbagai vendor dan mereka juga mau bekerja sama. Hal ini akan semakin mempermudah pintu peluang usaha Anda di bidang event organiser yang memang perlu kenal banyak orang.

40. Toko Bunga

Toko bunga termasuk peluang bisnis menjanjikan karena jaman sekarang opsi layanannya sudah semakin banyak. Toko bunga tidak lagi hanya menjual bucket bunga atau papan ucapan saja.

Berbagai jenis buket seperti dari snack, bunga tiruan, boneka, hijab, dan jenis-jenis lain juga banyak peminatnya. Apalagi menjelang hari-hari spesial seperti valentines, hari raya, tahun baru, dan masa-masa wisuda. Asalkan toko Anda mengikuti tren pasti bisa bersaing.

Pilihan-pilihan peluang bisnis

Pilihan-pilihan peluang bisnis yang ada di atas adalah yang terbaik menurut kami saat ini. Apakah ada yang menarik minat Anda dan ingin segera eksekusi menjajal peluang bisnis menguntungkan di atas? Jika iya, jangan lupa pertimbangkan berbagai hal seperti yang ada pada tips di atas agar berhasil, ya.

Peluang bisnis menguntungkan memang sayang bila dilewatkan, tetapi pertimbangan matang juga perlu. Jadi, jika Anda sudah menemukan yang cocok dari segi minat dan modal, jangan lupa juga aspek lainnya. Selamat menjadi entrepreneur dan semoga semuanya lancar.

Segera lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.