021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

15 Cara Usaha Kosmetik yang Sangat Menjanjikan 2022

15 Cara Usaha Kosmetik

15 Cara dan tips sukses buka usaha kosmetik, bisa untuk pemula! Rencanakan dengan detail, siapkan modal, jalankan bisnis dengan strategi. Percayakah Anda bahwa usaha kosmetik merupakan peluang bisnis yang menjanjikan pada saat ini maupun masa depan?

Hal ini karena produk kecantikan juga perawatannya atau skincare kini sudah menjadi bahan pokok untuk wanita maupun laki-laki. Benar, bukan hanya perempuan, kini tersedia produk kecantikan untuk cowok.

Fakta lainnya, banyak perempuan ikhlas merogoh dompet sangat dalam hanya untuk memperoleh kecantikan atau penampilan yang sempurna. Situasi ini akhirnya memunculkan peluang baru dalam perdagangan, yaitu usaha kosmetik.

15 Cara dan Tips Sukses Buka Usaha Kosmetik

Siapa pun pengusaha kosmetik, pasti mengakui bahwa bisnis dan model bisnis kosmetik apa pun pasti ramai konsumen. Namun, Anda tetap harus memiliki rencana yang matang dan detail agar sukses berdagang kosmetik. Kemudian, apa yang harus Anda lakukan?

1. Lokasi Usaha Kosmetik

Saat ini, ada beberapa metode untuk dagang kosmetik, yaitu

a. usaha kosmetik online,

b. dropship atau reseller, dan

c. buka toko kosmetik.

Model usaha kosmetik yang pertama dan kedua, Anda belum perlu membangun lokasi bisnis. Manfaatkan saja marketplace atau sosial media sebagai lokasi jualan.

Namun, jenis usaha kosmetik yang ketiga Anda harus mempunyai lokasi strategis.
Karena lokasi strategis bisa memengaruhi kesuksesan suatu usaha.

Salah satu tips buka usaha kosmetik adalah mencari lokasi yang dekat dengan sentra belanja, salon, dan spa kecantikan, atau lainnya yang sering dilewati perempuan.

Jangan membuka usaha kosmetik kecantikan di area bisnis pria, seperti bengkel meski tersedia produk kosmetik untuk laki-laki. Karena persentase pengguna skincare cowok masih rendah daripada cewek.

2. Target Market

Selanjutnya adalah Anda menjual produk untuk siapa. Remaja, dewasa muda, ibu-ibu, atau cowok? Dengan sasaran pasar yang jelas, Anda bisa merencanakan pemasaran juga promosi.

Selain itu, produknya pun ada beragam. Ada yang cocok untuk remaja, dewasa, juga ibu-ibu.
Oleh karena itu, target market sangat membantu Anda menentukan produk yang tepat untuk Anda jual, bagaimana pemasaran, juga promosinya.

3. Konsep Usaha Kosmetik

Kemudian, tentukan konsep usaha kosmetik Anda. Saat ini, ada beberapa jenis usaha kosmetik kecantikan yang bisa Anda ambil. Seperti stand, toko, waralaba, juga usaha kosmetik rumahan.

Buat Anda yang modalnya kecil, sebaiknya mulailah dari skala rumahan. Atau bisa mengambil konsep usaha kosmetik online atau dropship/reseller. Setelahnya, bukalah usaha kosmetik berupa stand. Seiring bertambahnya modal, Anda bisa meningkatkan skala bisnis.

4. Produk Berkualitas

Selanjutnya, produk usaha kosmetik kecantikan. Pastikan jika produk Anda halal, sudah ber-BPOM, juga tentunya berkualitas. Dengan produk berkualitas, terbaik, dan aman, Anda bisa menjamin kepuasan konsumen. Anda bisa mengambil produk dari brand kosmetik kenamaan lokal maupun internasional.

Karena saat ini, ada beberapa ide peluang usaha kosmetik seperti dari skincare Korea, kosmetik alami, atau produk yang eco-friendly.

5. Usaha Kosmetik Online

Sudah memiliki lokasi usaha kosmetik? Kembangkan dengan membuka toko kosmetik online. Anda bisa menjual produk Anda melalui marketplace atau sosial media.

Cara ini akan meningkatkan omzet bisnis. Jadi, Anda bisa memperoleh dua pemasukan sekaligus, yaitu dari toko kosmetik offline dan online. Selain itu, banyak juga kelebihan dari bisnis online, seperti

● biaya sewa yang murah karena bisa Anda lakukan dari rumah,

● menjangkau lebih banyak konsumen,

● waktu lebih hemat,

● pengelolaan gampang,

● praktis, dan

● lebih hemat biaya karyawan karena bisa Anda kelola secara mandiri.

Usaha Kosmetik Promosi yang Efektif dan Kontinu

6. Promosi yang Efektif dan Kontinu

Ada banyak cara agar Anda bisa memasarkan produk. Mulai dari memanfaatkan sosial media, marketplace, brosur, dan lain-lain. Saat ini, media promosi paling efektif dan efisien juga memiliki audiens besar adalah sosial media. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain.

Namun, jangan hanya sekali dua kali. Akan tetapi, lakukan promosi secara kontinu alias berkelanjutan dan terus menerus agar konsumen hafal dengan usaha kosmetik Anda.

Di sisi lain, Anda juga bisa bekerja sama dengan praktisi kecantikan. Sebutlah mitra usaha kosmetik seperti beauty blogger, beauty vlogger, beauty influencer, dan lain-lain untuk memaksimalkan promosi usaha kecantikan Anda.

7. Persiapan Modal Usaha Kosmetik

Beberapa persiapan modal usaha yang Anda butuhkan, yaitu

● etalase untuk tempat memajang produk,

● meja dan kursi tunggu,

● mesin kasir atau kalkulator,

● komputer untuk penyimpanan data kosmetik juga lainnya. Apabila Anda memiliki laptop, Anda bisa memanfaatkannya daripada membeli komputer yang akan menambah tinggi jumlah modal,

● biaya bulanan, seperti listrik, gaji karyawan, sewa ruko, dan

● biaya total produk kosmetik yang akan Anda jual. Tenang, saat ini banyak, kok paket usaha kosmetik yang bisa Anda ambil untuk memulai bisnis ini.

Tentu tidak sedikit, oleh karena itu, persiapkan rencana Anda sematang mungkin. Anda bisa menggunakan berbagai strategi bisnis untuk memulainya. Seperti membuka dropship/reseller, jualan online dengan sistem open PO, dan lain-lain.

8. Legalitas Usaha Kosmetik

Apakah usaha kosmetik membutuhkan izin usaha? Tidak ada salahnya, kok, untuk mengurus surat perizinan usaha. Hal ini malah menambah kredibilitas usaha Anda. Konsumen makin percaya karena Anda mempunyai izin usaha resmi.

Di sisi lain, ada pula toko kosmetik yang harus tutup karena tidak memiliki surat izin usaha. Oleh karena itu, untuk menghindari hal demikian, Anda harus mengurus surat izin usaha kosmetik.

9. Ketahui Problematika Kulit dan Produk yang Tepat

Tidak sedikit konsumen yang datang ke toko kecantikan dengan masalah kulit: berjerawat, kusam, kering, dan lain-lain. Di sini, Anda bisa memberikan beberapa rekomendasi produk kecantikan yang pas dan sesuai dengan masalah kulit konsumen.

Tentunya, Anda harus memiliki kecakapan juga pengetahuan cukup atas produk kosmetik yang Anda rekomendasikan. Jangan sampai salah memberikan rekomendasi.

10. Kerapian Penataan

Ketika konsumen masuk ke lokasi usaha kosmetik, kesan pertama yang akan mereka rasakan adalah bagaimana penampilan toko Anda. Pastikan jika seluruh penataan produk kosmetik Anda rapi. Dengan begitu, konsumen nyaman untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Usaha Kosmetik Sediakan Sampel

11. Sediakan Sampel

Bagi konsumen yang masih awam alias masih baru dalam pemakaian skincare, pasti ada rasa takut untuk mencoba menggunakan suatu produk. Takut tidak cocok.

Nah, di sini, Anda bisa memberikan sampel yang bisa konsumen coba. Dengan begitu, konsumen bisa menerka, kulitnya cocok atau tidak dengan produk tersebut.

Di sisi lain, tone dan jenis kulit atau masalah kulit juga memengaruhi pemakaian suatu produk. Dengan adanya sampel, konsumen bisa memastikan produk sesuai dengan tone dan jenis atau masalah kulitnya.

12. Jual Kosmetik yang Sedang Tren

Seorang pengusaha, termasuk usaha kosmetik, harus bisa memahami apa yang pasar mau. Dengan memenuhi keinginan konsumen, konsumen akan terus membeli produk. Alhasil, usaha Anda tetap berjalan.

Salah satu cara usaha kosmetik adalah menjual kosmetik atau peralatan kosmetik yang sedang tren dan dicari-cari oleh konsumen.

Meski begitu, Anda juga bisa menyediakan produk dari brand khusus yang memang sudah memiliki target pasti, yaitu pengguna setia kosmetik brand tersebut.

13. Karyawan

Saat usaha kosmetik berkembang pesat, Anda mungkin akan kewalahan dengan orderan yang masuk. Anda bisa mulai mempersiapkan pegawai untuk membantu. Entah menangani orderan offline atau online.

14. Harga Kompetitif

Salah satu hal yang paling konsumen sukai adalah harga murah. Namun, jangan sekali-kali memberikan barang murahan.

Harga boleh lebih rendah, tapi pastikan produk usaha kosmetik Anda ori dan berkualitas terbaik.

15. Pelayanan

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memberikan pelayanan terbaik. Layani customer dengan ramah dan sopan. Sabar pada konsumen yang sedikit ‘rewel’.

Di sisi lain, Anda juga bisa memasukkan diskon sebagai promosi penjualan atau pelayanan (pemesanan/pembelian) online dengan gratis ongkir untuk area sekitar toko.

Adanya berbagai metode ini akan memaksimalkan omset dari berbagai peluang. Hal ini karena saat ini milenial mempunyai kebiasaan belanja online yang lebih mudah, praktis, dan tidak ribet.

Tips Sukses Buka Usaha Kosmetik

Memang, untuk buka usaha kosmetik, Anda membutuhkan modal yang cukup. Namun, semua ada jalannya. Bahkan kini Anda bisa meraih sukses dengan memaksimalkan berbagai peluang. Apa saja tipsnya?

1. Hemat Pengeluaran

Menghemat pengeluaran bisa memaksimalkan modal untuk alokasi usaha kosmetik yang lain. Seperti Anda yang mempunyai lokasi rumah strategis, bisa Anda manfaatkan dengan usaha kosmetik di rumah.

Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya tidak perlu memikirkan adanya karyawan. Kelolalah secara mandiri usaha kosmetik Anda. Apabila sudah kewalahan, barulah merekrut pegawai.

Bahkan saat ini, ada paket-paket usaha kosmetik dan kecantikan. Ini akan lebih murah daripada membeli satuan. Anda juga bisa langsung membelinya dari distributor resmi sehingga harganya pun lebih miring.

2. Jaminan Produk

Kemudian, bagi Anda yang ingin menjual produk impor. Sebaiknya pastikan jika produk aman. Jangan sampai, produk malah merugikan usaha kosmetik Anda. Pastikan jika produknya berkualitas dan memiliki manfaat bagi pemakainya.

3. Waralaba Usaha Kosmetik

Selain mencoba usaha kosmetik dari bawah, Anda juga bisa mencoba membuat proposal usaha kosmetik dan menyerahkannya ke berbagai perusahaan yang membuka waralaba.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan konsep usaha kosmetik ini, pastikan Anda paham dengan sistem yang perusahaan kosmetik ajukan. Dengan begitu, waralaba usaha kosmetik Anda bisa berjalan enak dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

Itulah berbagai cara usaha kosmetik yang bisa Anda aplikasikan untuk buka bisnis di bidang kosmetik. Anda bisa memulai semuanya dari perencanaan secara rinci, mulai dari persiapan usaha, modal, produk, dan lain-lain.

Setelahnya, siapkan strategi penjualan paling efektif dan efisien. Jangan lupa untuk terus promosi demi kesuksesan bisnis.

Lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubung Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.