021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Merek Adalah: Fungsi, Manfaat dan Cara Mendaftarkannya

Merek adalah tanda atau nama yang ditampilkan sebagai identitas sebuah produk, tanda tersebut bisa berupa kata, gambar, logo, atau susunan bentuk. Untuk Anda yang ingin membangun bisnis, memahami apa itu merek adalah sesuatu yang amat penting. Bisnis Anda mungkin saja bisa berkembang lebih cepat dan pesat dengan memanfaatkan merek.

Merek Adalah

Pengertian Merek

Ada banyak sekali pengertian merek menurut banyak ahli. Namun, semuanya merujuk pada hal yang kurang lebih sama. Merek adalah kunci dalam sebuah bisnis dan fungsi merek sangat krusial dalam sebuah usaha, yakni sebagai pembeda antara produk yang satu dengan produk yang lainnya.

Fungsi utama merek adalah untuk membedakan barang/jasa yang diproduksi dengan barang/jasa yang produksi perusahaan lain. Karena merek sangat krusial, setiap pebisnis yang ingin mengembangkan produknya wajib mengurus pendaftaran merek agar produknya bisa terlindungi secara hukum. Anda bisa menghubungi Konsultan HKI Patendo.

Contoh Merek Lokal yang Populer

Pada era ini, persaingan bisnis sangat ketat. Anda tak hanya bersaing dengan merek lokal, tetapi juga merek asing yang umumnya lebih mendominasi. Anda harus siap membangun merek Anda sendiri agar siap bersaing dengan merek lain.

Contoh merek lokal yang populer tahun 2022 ini bisa kita lihat di bidang kosmetik. Di antara gempuran produk-produk luar, ada beberapa merek asli Indonesia yang namanya berkembang pesat. Beberapa merek yang dimaksud adalah Scarlett, Avoskin, dan Somethinc.

Merek kosmetik tersebut adalah merek baru yang mulai menunjukkan eksistensinya. Dengan strategi marketing yang hebat, ketiganya mampu bersaing dengan merek lokal yang sudah besar, seperti Wardah, Make Over, atau Purbasari.

Terlebih, ketiga contoh merek baru yang populer tersebut juga menggunakan strategi marketing yang sama. Ketiga merek itu menggandeng artis Korea Selatan sebagai brand ambassador merek. Masyarakat pun semakin antusias.

Seperti yang kita ketahui bersama, kiblat kecantikan sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini adalah Korea Selatan. Strategi marketing Scarlett, Avoskin, dan Somethinc berhasil karena memanfaatkan ketertarikan target pasar mereka. Merek mereka pun berkembang pesat.

Fungsi Merek bagi Konsumen

Fungsi Merek bagi Konsumen

Fungsi merek secara sederhana sudah bisa kita pahami, yakni sebagai pembeda antara suatu produk dengan produk yang lainnya. Agar Anda semakin memahami fungsi merek, kita akan membaginya dengan fungsi merek untuk konsumen dan produsen.

Bagi konsumen, beberapa fungsi penting merek adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Konsumen untuk Mengenal Produk

Fungsi yang pertama ini berkaitan dengan fungsi merek sebagai identitas. Dengan mendaftarkan merek dan mencantumkannya pada setiap produk yang Anda jual, konsumen pun bisa lebih mudah mengenal merek Anda.

Citra merek yang muncul di benak konsumen pun bergantung pada citra merek yang Anda bangun. Konsumen bisa mengenal merek Anda sebagai merek yang berkualitas dengan harga yang murah atau merek mahal dengan segala kelebihan yang berbeda dengan produk sejenis lainnya.

2. Meningkatkan Prestise Konsumen

Menenteng produk dengan merek tertentu akan meningkatkan prestise konsumen. Anda tentu lebih senang menenteng kopi dengan merek Janji Jiwa atau Kenangan daripada kopi pinggir jalan tanpa merek, bukan? Inilah prestise yang dimaksud.

Setiap merek adalah kebanggaan tersendiri bagi para pelanggannya. Oleh karena itu, sebagai produsen, Anda wajib memiliki merek dan membangunnya.

Keberhasilan Anda dalam membangun merek akan mempengaruhi tingkat kebanggaan konsumen. Jika berhasil membawa merek pada tingkat popularitas tertentu, akan mudah memengaruhi orang-orang untuk membeli merek Anda daripada produk yang lain.

3. Membangun Kepercayaan Konsumen

Terakhir, merek adalah alat terbaik untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk. Manfaat merek yang satu ini sebenarnya juga berkaitan dengan manfaat utama sebuah merek, yakni sebagai identitas.

Ketika ada konsumen yang sekadar coba-coba dengan produk Anda, tetapi ternyata mendapatkan kesan yang bagus, konsumen tersebut akan menandai merek Anda sebagai produk terpercaya. Konsumen pun bisa merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Manfaat merek ini sangat penting bagi para pebisnis. Bagaimanapun, Anda pasti ingin memiliki pelanggan yang loyal, bukan? Melalui strategi pembangunan merek yang tepat, produk Anda bisa populer dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Dari tiga manfaat ini, Anda pasti semakin yakin bahwa merek adalah unsur yang penting dalam bisnis. Sekarang, saatnya Anda mengetahui apa manfaat merek bagi produsen.

Fungsi Merek bagi Konsumen

Fungsi Merek Bagi Pengusaha

Sebagai pengusaha, Anda tentu sudah harus memahami apa saja fungsi merek. Sekali lagi, ditekankan bahwa merek adalah elemen paling penting dalam sebuah bisnis.

Untuk membantu Anda memahami merek. Analogi sederhananya, merek adalah nama. Anda akan menjadikannya identitas yang di dalamnya terkandung segala hal unik tentang produk Anda.

Bagi pengusaha, manfaat utama merek adalah sebagai berikut:

1. Membangun Citra Positif pada Produk atau Perusahaan

Manfaat merek yang utama adalah untuk membangun citra positif perusahaan. Ketika mengenalkan produk Anda kepada pelanggan, Anda bisa sekaligus memberikan informasi seputar unique point merek Anda. Unique point tersebutlah yang kemudian akan melekat pada merek Anda.

2. Membangun Loyalitas Pembeli

Selanjutnya, dari proses branding merek, Anda pun bisa sekaligus membangun loyalitas para pembeli. Loyalitas tersebut terbangun dari kepuasan pelanggan terhadap merek Anda.

Setelah puas dengan produk, pelanggan akan menandai produk Anda sebagai produk terbaik. Setelah itu, pelanggan pun tidak akan segan untuk kembali lagi membeli produk dengan merek Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, inti dari proses pengenalan merek adalah untuk meningkatkan penjualan. Anda pasti akan merasakan perbedaan antara produk sebelum memiliki merek dengan produk setelah memiliki merek.
Karena sudah memiliki identitas atau merek, orang-orang tidak akan segan lagi membeli produk. Omzet penjualan Anda pun bisa lebih meningkat daripada sebelumnya. Anda pun bisa merambah ke pasar yang lebih luas lagi.

4. Membedakan Diri dengan Pesaing

Kemudian, manfaat merek ini adalah yang paling penting. Dengan membangun merek sendiri, otomatis Anda akan mencantumkan berbagai pembeda antara merek Anda dengan merek orang lain. Dari sini, pelanggan bisa lebih mudah mengenal merek Anda.

5. Sebagai Bagian dari Alat Promosi

Terakhir, kehadiran merek juga akan memudahkan proses promosi. Anda lebih mudah menyebut produk Anda dengan merek yang menjadi identitasnya. Kemudian, Anda juga bisa lebih fokus dalam melakukan branding.

Setelah memiliki merek sendiri, Anda pun tak perlu bingung-bingung lagi dalam meluaskan target pasar. Merek yang sudah terdaftar bisa mendapatkan perlindungan hukum.

Alasan Mengapa Merek Perlu Dilindungi

Alasan Mengapa Merek Perlu Dilindungi

Adakah alasan penting mengapa merek perlu dilindungi? Mengingat manfaat merek yang sangat banyak, baik bagi konsumen maupun produsen, sudah seharusnya bahwa merek perlu mendapatkan perlindungan hukum.

Merek adalah kunci bagi sebuah perusahaan. Merek adalah identitas yang berkaitan dengan unsur-unsur lain, terutama yang berkaitan dengan pemasaran dan strategi pengembangan produk. Jika tidak ada perlindungan secara hukum, merek adalah sesuatu yang krusial. akan ada oknum tidak bertanggung jawab yang dengan mudah memalsukan merek Anda. Ini akan menjadi kerugian tersendiri.

Oleh karena itu, sebuah merek adalah elemen penting yang perlu mendapatkan perlindungan hukum. Dari sebagian besar alasan penting mengapa merek harus terlindungi secara hukum, berikut adalah tiga alasan yang paling logis. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Ide Kreatif untuk Menemukan Merek yang Unik Tidak Mudah

Alasan pertama merek harus terlindungi secara hukum adalah proses untuk menemukan merek tidak mudah. Anda perlu melakukan brainstorming dengan tim. Anda juga perlu mengumpulkan ide kreatif demi mendapatkan merek yang tepat.

Ada banyak ketentuan terkait merek sebelum menggunakannya sebagai identitas bisnis. Merek yang Anda gunakan harus benar-benar baru dan orisinal. Lalu, merek pun tidak boleh mengandung unsur SARA atau unsur-unsur yang bisa mengganggu ketertiban umum.

Dari semua pertimbangan tersebut, Anda juga dituntut untuk memiliki merek yang mampu mencerminkan produk. Proses untuk menemukan merek yang tepat memang tidak mudah.

Setelah itu, proses untuk mendaftarkan merek pun tidak mudah. Anda perlu melakukan pendaftaran merek, tetapi pendaftaran merek terdaftar menjadi mudah melalui Konsultan Patendo.

Dari semua proses menemukan dan menggunakan merek yang tidak mudah tersebut, Anda tentu butuh perlindungan, bukan? Mendaftarkan merek adalah solusinya. Setelah permohonan sukses, produk Anda pun akan terlindungi.

2. Proses Membangun Merek Pun Tidak Mudah

Setelah berhasil mendapatkan merek yang tepat, proses untuk membangun merek pun tidak mudah. Anda harus melakukan berbagai strategi marketing yang semuanya butuh waktu dan tenaga. Setiap usaha untuk membangun merek pun tidak selalu berhasil.

Anda mungkin harus melakukan trial and error berkali-kali. Lalu, setelah merek berhasil populer dan mendapatkan tempat di hati masyarakat, Anda tentu tidak ingin ada pihak lain yang mengeklaim merek Anda, bukan?

Ini menjadi alasan merek adalah sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih dari pebisnis. Urus segala prosesnya dari sekarang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada masa depan.

3. Menolak Orang Lain Menggunakan Merek yang Sama

Kita akan membahas plagiasi pada poin tersendiri agar Anda semakin paham pentingnya merek untuk mendapatkan perlindungan hukum. Pada era komunikasi seperti ini, tidak ada ide yang benar-benar unik. Ketika menciptakan sesuatu, seseorang mungkin mendapatkan pengaruh dari orang lain.

Dalam hal merek pun, sangat mungkin orang-orang menggunakan nama merek yang sama tanpa unsur kesengajaan. Orang-orang pun sama, mereka menganggap merek adalah awal dalam membangun bisnis.
Agar tidak terjadi sengketa yang rumit antar orang-orang dengan nama yang sama, pendaftaran merek adalah solusinya.

Orang yang akan memenangkan sengketa tersebut apabila dibawa ke ranah hukum adalah orang yang pertama kali mendaftarkan merek. Dari sini, Anda semakin paham mengapa merek adalah sesuatu yang harus mendapatkan perhatian khusus, bukan? Lalu, kapan Anda berencana untuk mendaftarkan merek Anda? Mari bangun merek Anda sendiri.

Manfaat Konsultan Merek HKI

Manfaat Konsultan Merek HKI

Merek adalah sesuatu yang amat penting bagi perusahaan. Selanjutnya, bagaimana agar Anda bisa mendapatkan legalisasi atas merek? Solusi melegalkan merek adalah dengan menggunakan jasa konsultan HKI. Jasa konsultan HKI akan memberikan kemudahan bagi Anda yang sedang mengurus registrasi merek. Berikut adalah manfaat menggunakan jasa pembuatan merek.

1. Memudahkan Proses Permohonan Pendaftaran Merek

Manfaat pertama menggunakan jasa konsultan untuk mendaftarkan merek adalah memudahkan proses permohonannya. Anda tidak perlu susah-susah mengurus pendaftarannya. Anda tinggal menyiapkan persyaratan pendaftaran merek, selanjutnya konsultan HKI Patendo akan mengurus sisanya.

2. Membantu Mendapatkan Perlindungan Hukum

Selanjutnya, manfaat menggunakan jasa konsultan merek adalah mendapatkan perlindungan hukum. Orang-orang yang menawarkan jasa ini adalah orang yang paham hukum, terutama yang berkaitan dengan merek. Anda pun bisa melakukan konsultasi hukum yang berkaitan dengan merek secara lebih jelas.

3. Memudahkan Pemeriksaan HKI

Kemudian, pendaftaran merek juga berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual. Untuk Anda yang masih asing dengan HKI, daripada mencari sumber yang belum tentu kredibel di internet, Anda bisa berdiskusi dengan konsultan HKI.

Anda bisa menanyakan poin-poin penting tentang merek. Karena jasa konsultasi HKI adalah orang yang berpengalaman, Anda pun tidak perlu takut dengan kemungkinan adanya informasi palsu. Semua informasi yang Anda dapatkan adalah valid.

4. Mendapatkan Saran-Saran Terkait Upaya Hukum

Terakhir, setelah sukses mendaftarkan merek, Anda juga bisa mendapatkan saran-saran hukum yang berkaitan dengan merek. Risiko plagiasi tetap ada di kemudian hari. Anda bisa berkonsultasi terkait pencegahan dan apa yang perlu Anda lakukan jika ada orang yang menggunakan merek yang sama dengan merek Anda.

Karena merek mendapatkan perlindungan hukum, Anda juga bisa sekaligus berkonsultasi tentang hak-hak yang bisa Anda dapatkan di mata hukum. Konsultan HKI Patendo akan dengan senang hati memberikan informasi yang jelas dan benar.

Bagikan :
There are currently no comments.