021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

15 Cara Usaha Salon Kecantikan Agar Cepat Sukses

 

Usaha salon perlu sebuah persiapan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Usaha salon adalah jenis bisnis yang bisa dikatakan “sepanjang masa”.

Bagaimana tidak? Bisnis yang satu ini selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi oleh kaum hawa yang kerap kali membutuhkan perawatan terhadap rambut atau sekedar memotong rambutnya sesuai keinginan mereka.

Namun layaknya usaha jenis apapun itu, tentunya membuka usaha salon juga tidak bisa tanpa persiapan. Tentu ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan agar bisnis Anda tetap menjadi pilihan bagi para konsumen.

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis salon Anda bisa tetap bertahan dan memiliki reputasi baik di mata konsumen? Kalau itu adalah pertanyaan Anda, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan ungkapan kalau rambut adalah mahkota bagi kaum wanita.
Segala hal yang berhubungan dengan kecantikan memang erat kaitannya dengan kaum hawa.

Termasuk itu mengenai kecantikan rambut. Seiring dengan semakin dewasanya wanita, maka kecantikan juga semakin jadi prioritas untuk wanita dalam meningkatkan kepercayaan dirinya.

Saat ini, pelayanan yang ada di salon juga tidak hanya sekedar yang berhubungan dengan rambut saja. Usaha ini juga semakin berkembang memberikan jasa yang lain agar menarik minat pelanggan, misalnya adalah memberikan spa, massage, facial, make up, bahkan perawatan kulit.

Tips untuk Membuka Usaha Salon

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita membahas mengenai tips untuk membuka usaha salon Anda agar bisa menjadi pilihan pelanggan. Sehingga, usaha Anda bisa terus berjalan dengan lancar dan minim hambatan. Berikut adalah tipsnya:

1. Buat Perencanaan Bisnis yang Baik dan Matang

Hal yang pastinya harus Anda lakukan pertama kali adalah mengenai persiapan perencanaan akan pelaksanaan usaha salon rambut Anda.

Memang perencanaan ini adalah hal yang mutlak, sebab tanpa rencana yang matang, tentunya Anda akan kebingungan di tengah jalan. Bisa-bisa Anda akan mengalami stuck ketika mengoperasionalkan salon tersebut.

Memangnya apa saja yang harus jadi pertimbangan? Pastinya ada bermacam-macam hal yang harus Anda lakukan. Pertama, Anda bisa merencanakan konsep serta jasa yang ingin Anda berikan kepada pelanggan.

Kemudian, perencanaan terkait jam operasional, harga, sistem kerja, serta bagaimana pelayanan Anda kedepannya harus dipikirkan baik-baik.

2. Pikirkan Segala Hal Terkait Alokasi Keuangan

Keuangan adalah instrumen utama dalam keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, Anda membuat bagaimana perencanaan keuangan dan alokasi dana yang hendak Anda gunakan.

Alur dana untuk kebutuhan sehari-hari, peralatan salon dan harganya, operasional, biaya tak terduga sampai perkiraan balik modal bisa Anda rancang terlebih dahulu sebelum benar-benar menjalankan bisnis.

3. Pilih Pemasok Barang dan Peralatan yang Sesuai dengan Kebutuhan Usaha Salon

Usaha salon adalah bisnis memerlukan berbagai produk yang mendukung operasionalnya. Entah itu peralatan seperti alat gunting dan styling hingga barang habis pakai.

Nah untuk membeli barang-barang tersebut, tentunya Anda harus membeli di tempat yang memang terpercaya. Apalagi bila konsep ada adalah usaha salon dan spa.

Untuk peralatan, ada baiknya untuk Anda membeli yang memang berkualitas tinggi. Membeli barang yang mahal bukanlah hal yang menjadi keharusan, namun tetap pertimbangkanlah mana yang sekiranya punya kualitas bagus.

4. Pertimbangkan Lokasi dengan Baik

Lokasi mesti Anda pikirkan jika hendak membuka salon. Lihatlah apakah sekiranya tempat yang Anda incar memiliki potensi yang besar untuk mendatangkan konsumen. Misalnya adalah mengenai akses ke tempat, lahan parkir, serta seberapa strategis tempat tersebut dengan lingkungan sekitar.

5. Carilah Karyawan yang Sopan serta Terapkan SOP Pada Mereka

Karyawan adalah representasi dari sebuah bisnis Anda. Kalau karyawan Anda memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada pelanggan, pastinya mereka akan senang dan memutuskan untuk datang lagi ke salon Anda. Apalagi kalau kualitasnya memang benar-benar bagus.

Ingatlah kalau kepuasan konsumen adalah hal yang harus Anda kedepankan di dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, Anda harus melakukan seleksi dan training kepada karyawan dengan baik.

Terapkan pula standar operasional (SOP) pada usaha salon Anda tersebut sehingga mereka memiliki patokan untuk bagaimana melayani konsumen sesuai dengan tujuan dari usaha Anda.

Buat Strategi Pemasaran Usaha Salon yang Tepat

6. Buat Strategi Pemasaran Usaha Salon yang Tepat

Selanjutnya adalah mengenai strategi pemasaran. Agar bisnis Anda bisa dikenal oleh orang banyak, maka pemasaran yang tepat adalah kuncinya. Tetapi Anda juga harus menentukan bagaimana konsep bisnis Anda dengan strategi pemasaran dan lingkupnya.

Kalau bisnis Anda memang hanya sekedar usaha salon rumahan, maka bisa membuat brosur atau promosi secara mulut ke mulut di lingkungan Anda. Bila berada di kota besar dan memiliki banyak layanan, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial.

7. Ikuti Tren Terkini Mengenai Usaha Salon

Seiring berjalannya waktu, tren juga terus berubah. Termasuk itu dalam hal yang berkaitan dengan kecantikan. Tentunya gaya rambut yang tren di tahun ini pasti berbeda dengan 5 tahun yang lalu.

Sebagai pemilik usaha salon, Anda juga harus mengikuti tren ini, begitu pula dengan karyawan Anda. Dengan salon Anda yang lebih fleksibel dengan perkembangan gaya terkini, tentunya pelanggan bisa lebih tertarik.

8. Cari Keunikan atau Nilai Lebih dari Usaha Salon Anda

Yang ketujuh adalah mengenai keunikan atau kelebihan dari bisnis salon Anda. Agar bisa mendapatkan pelanggan, setidaknya sebuah bisnis harus memiliki kelebihan yang membedakannya dengan salon lain.

Tips ini akan sangat berguna apabila Anda membuka salon di wilayah kota, dimana di daerah tersebut sudah banyak salon yang bertebaran. Dengan nilai lebih ini tentunya bisa jadi sebuah alasan untuk pelanggan datang ke tempat Anda.

9. Lakukan Manajemen Uang Sebaik Mungkin

Dalam dunia bisnis, ada anggapan bila mengatur uang lebih sulit daripada mendapatkan uang itu sendiri. Oleh karena itu, manajemen keuangan adalah sebuah hal yang sangat penting.

Bila Anda ingin memperluas bisnis atau masih merasa membutuhkan promosi, jangan terlalu berlebihan ketika melakukannya. Lihatlah terlebih dahulu seberapa kapasitas keuangan Anda. Jangan lupa sisihkan uang darurat pula bila ada hal yang diinginkan terjadi.

10. Berikan Suasana yang Nyaman pada Salon Anda

Tempat yang nyaman pasti disukai oleh pelanggan. Oleh karena itu, pastikan agar tempat Anda selalu bersih dan rapi. Buatlah alat-alat lebih tertata, begitu pula dengan layout ruangan. Pastikan juga penerangan yang cukup pada ruangan.

Pemilihan warna cat juga memengaruhi kenyamanan pelanggan. Pilihlah warna-warna yang sekiranya memberikan suasana menenangkan. Supaya lebih lengkap, Anda juga bisa memberikan pengharum ruangan dengan wangi yang tidak terlalu semerbak.

11. Terapkan Promo atau Diskon

Tentu kita semua menyukai promo kan? Hal ini bisa Anda terapkan pada bisnis salon yang Anda jalankan. Bentuknya bisa bermacam-macam.

Misalnya gratis potong setelah datang lima kali atau dengan memberikan diskon pada saat tertentu. Dengan begitu, Anda bisa menggaet lebih banyak calon konsumen.

12. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Tidak cuma memberikan pelayanan yang prima, ada baiknya juga Anda tetap menjaga hubungan baik dengan para konsumen. Anggaplah konsumen ini sebagai teman yang senantiasa mengunjungi salon Anda. Ingatlah wajah mereka dan sapalah mereka setiap datang ke salon.

Masih berkaitan dengan penerapan standar operasional pada poin sebelumnya, Anda bisa memberikan training kepada karyawan mengenai bagaimana menjalin hubungan dengan konsumen.

Mintalah Umpan Balik dari Pelanggan

13. Mintalah Umpan Balik dari Pelanggan

Feedback atau umpan balik Anda butuhkan dalam rangka membuat bisnis Anda lebih baik lagi. Untuk itu, Anda bisa membuat kotak untuk kritik saran atau menanyakan langsung kepada pelanggan.

Kritik serta saran yang membangun ini bisa Anda pertimbangkan agar bisa diterapkan demi meningkatkan kualitas pelayanan usaha salon Anda.

14. Senantiasa Menjaga Hubungan Baik dengan Karyawan

Tidak hanya pelanggan, karyawan harus Anda perlakukan sebaik mungkin. Cobalah menganggap karyawan bukan sebagai pekerja, namun sebagai teman Anda. Dengan begitu, kesenjangan hubungan antara Anda dengan mereka akan lebih berkurang.

Meskipun begitu, tetaplah kedepankan sikap yang profesional. Dengan begitu, karyawan bisa bekerja dengan lebih senang dan motivasi mereka untuk bekerja pun bisa meningkat.

15. Lakukan Evaluasi

Kemudian, Anda harus melakukan evaluasi secara berkala. Selain melalui masukan dari para pelanggan, Anda sendiri pun bisa memantau apa saja yang sekiranya masih kekurangan. Hal ini juga bisa Anda tanyakan kepada karyawan dan bisa Anda diskusikan bersama-sama untuk diperbaiki.

Bagaimana Usaha Salon Bila Mengalami Kerugian?

Kegagalan adalah hal yang biasa. Bahkan dari kegagalan, Anda bisa semakin bangkit untuk mempersiapkan yang lebih baik. Memang dalam bisnis, Anda bisa saja mengalami hal yang tidak Anda inginkan selama operasionalnya.

Namun, perlu Anda ingat kalau memang berbagai jenis risiko tidak bisa dilepaskan dari bisnis. Tapi setidaknya, Anda sudah memiliki persiapan untuk antisipas risiko usaha salon kecantikan.
Yang terpenting, Anda sudah mengusahakan dan mempersiapkan yang terbaik untuk bisnis Anda.

Membuat bisnis salon memang butuh perencanaan yang baik. Apalagi kalau di daerah Anda banyak pesaing yang juga memiliki usaha serupa.

Oleh karena itu usahakanlah agar bisnis Anda unik dibanding yang lain dan terapkan tips-tips yang sudah kami berikan. Semoga kamu bisa segera memiliki usaha salon sendiri ya.

Bagikan :
There are currently no comments.