021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Merek Dagang Adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Daftarnya

Apa Manfaat Memiliki Merek Dagang

Merek Dagang adalah bentuk tanda yang berupa huruf, gambar, warna, susunan warna yang dikombinasikan dengan banyak unsur untuk membedakan produk atau jasa dengan milik orang lain dalam kegiatan perdagangan.

Anda sedang menjalankan usaha dan memiliki produk sendiri? Mulailah mempertimbangkan untuk mempunyai merek dagang sendiri karena langkah ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan atau customer.

Apa Manfaat Memiliki Merek Dagang?

Merek dagang yang sudah terdaftar akan membantu bisnis Anda agar berkembang menjadi lebih baik. Karenanya, mendaftarkan merek dagang bermanfaat untuk kemajuan bisnis, terutama dalam hal-hal sebagai berikut:

1. Memperoleh Perlindungan

Merek dagang adalah sebuah upaya untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual milik usaha Anda secara hukum. Setelah berhasil terdaftar, produk atau brand Anda nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM.

Merek dagang yang sudah terdaftar tidak bisa begitu saja digunakan oleh orang lain. Jika sampai ada yang menggunakan atau menjiplak, maka Anda bisa menuntutnya secara hukum.

2. Sebagai Identitas yang Melekat dan Membedakan

Dengan memiliki merek dagang sendiri, Anda sudah memiliki identitas usaha yang resmi. Mulai dari logo, angka, nama dan berbagai hal yang termasuk ke dalam Hak Kekayaan Intelektual yang membedakan dengan produk lain.

Saat ini banyak sekali brand baru bermunculan yang mungkin sama seperti produk atau usaha Anda. Itulah kenapa, merek dagang adalah salah satu upaya untuk membedakan produk Anda dengan kompetitor.

3. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Mendaftarkan merek dagang juga merupakan sebuah upaya untuk merasakan nilai ekonomis yang lebih baik. Karena nama produk milik Anda kini memiliki identitas yang dipercaya oleh konsumen maupun calon konsumen.

Dengan begitu, kredibilitas bisnis yang Anda jalankan pun turut meningkat seiring dengan kepopuleran nama usaha Anda.

Pentingnya Merek Dagang dalam Usaha

Setelah menyimak penjelasan sebelumnya, ada banyak alasan betapa pentingnya memiliki merek dagang yang sudah terdaftar. Karena selain bisa meningkatkan kredibilitas, ini juga berguna untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual.

Saat ini tidak sulit untuk registrasi merek dagang. Sebut saja salah satunya adalah melalui konsultan HKI yang memungkinkan Anda bisa mematenkan merek dagang.

Di sisi lain, merek dagang yang Anda peroleh dengan bantuan konsultan juga tergolong aman dan tepercaya. Dengan begitu, kredibilitas usaha yang sedang Anda jalankan menjadi lebih tepercaya di mata calon konsumen.

Namun perlu Anda ketahui, merek dagang adalah berbagai Hak Kekayaan Intelektual yang bisa Anda daftarkan secara hukum. Akan tetapi, ada juga beberapa kriteria tertentu yang tidak bisa Anda daftarkan.
Merek Dagang yang Tidak Bisa Dilindungi dan Ditolak

Setiap pemilik usaha harus mengetahui bahwa tidak semua merek dagang adalah hal yang bisa terdaftar secara hukum. Karena beberapa di antaranya ada juga yang tidak bisa, dan bahkan akan mengalami penolakan.

Merek Dagang yang Tidak Bisa didaftarkan

Merek Dagang yang Tidak Bisa didaftarkan

Berikut adalah merek dagang yang tidak bisa Anda daftarkan.

1. Memiliki Kesamaan dengan Milik Pihak Lain

Baik secara disengaja maupun tidak, jika merek dagang tersebut sama dengan yang sudah terdaftar, maka akan ditolak. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan merek dagang terlebih dahulu sebelum Anda berencana untuk mendaftar merek dagang, anda bisa menghubungi Patendo.

2. Nama yang Sama

Terkait permasalahan nama produk bisa dikatakan cukup luas pembahasannya. Sebab, merek dagang adalah sebuah identitas yang benar-benar harus beda, salah satunya dari penamaan. Nama merek dagang tidak boleh sama dengan singkatan nama orang terkenal, nama yang berbasis badan hukum, nama tiruan, hingga foto.

Namun hal ini masih dalam pengecualian jika Anda sudah mendapatkan persetujuan dari pemilik nama terkait.

3. Merek Dagang Bertentangan / Melanggar Norma

Yang dimaksud bertentangan di sini yaitu bertentangan dengan ideologi negara, moralitas, agama, ketertiban umum dan lainnya.

Konsultasikan Merek Dagang pada Konsultan HKI

Sebelum berencana mendaftarkan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan konsultan HKI terlebih dahulu. Tujuannya agar proses memperoleh merek dagang menjadi lebih mudah. Konsultan merek dagang akan memberikan solusi terbaik untuk yang ingin mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual usahanya. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir penolakan pada saat mendaftarkannya.

Dalam pembuatan nama usaha, Anda tidak hanya harus melihat dari aspek bagusnya saja. Penting juga untuk memperhatikan keunikannya, karena keunikan akan memungkinkan brand Anda terdaftar secara hukum.

Merek dagang adalah salah satu hal yang penting karena merupakan simbol dan identitas usaha Anda. Maka dari itu, buatlah dengan penuh perhitungan dan pertimbangan.

Cara Mudah Membuat Merek Dagang

Cara Mudah Membuat Merek Dagang

Ingin memiliki merek dagang yang bagus dan juga unik? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan.

1. Mulai dengan Memilih Nama yang Tepat

Pertama-tama, mulailah dengan menyusun nama terlebih dahulu. Buatlah daftar nama yang ingin Anda jadikan sebagai merek dagang. Nama yang Anda buat harus menunjukkan asal dan manfaat dari produk yang ditawarkan. Artinya, merek dagang Anda harus menyimbolkan benefit yang Anda miliki.

Merek dagang adalah identitas yang harus mudah diingat. Contohnya, buatlah nama yang pendek agar customer mudah mengingatnya. Buatlah daftar nama terlebih dahulu agar mudah menentukannya.

2. Buatlah Logo yang Menarik

Merek dagang adalah sebuah identitas yang meliputi nama dan logo. Nantinya identitas ini akan sering muncul sebagai identitas usaha. Logo biasanya akan muncul pada kemasan, brosur, iklan, dan lainnya.
Buatlah logo dengan proses riset yang mendalam. Pastikan tidak ada kesamaan atau plagiasi dengan brand yang lain. Perhatikan juga beberapa aspek penting seperti:

● Warna

● Bentuk

● Tipografi

● Selera

● Opini

● Kesimbangan

Untuk pembuatan logo merek dagang, alangkah baiknya melibatkan desainer andal dan profesional.
Kenapa harus melibatkan desainer profesional saat membuat merek dagang? Karena mereka berpengalaman dan juga tahu bagaimana cara membuat logo yang benar-benar relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Perhatikan Aspek Keunikan

Perlu Anda ketahui, tidak semua merek dagang adalah sebuah simbol atau identitas yang bisa Anda daftarkan secara hukum. Banyak juga yang tidak bisa Anda daftarkan. Salah satu alasan kenapa merek dagang tidak bisa Anda daftarkan karena adanya persamaan dengan milik orang lain yang sudah terdaftar. Maka dari itu, perhatikanlah aspek keunikan nama usaha saat berencana membuatnya.

Faktor kesamaan dalam logo akan membuat proses pendaftaran menjadi sulit. Beberapa kesamaan yang harus Anda perhatikan di antaranya dalam aspek nama maupun logo. Maka dari itu, buatlah merek dagang yang benar-benar belum pernah didaftarkan orang lain.

4. Buat Semenarik Mungkin

Aspek yang tidak kalah penting selanjutnya yaitu dari sisi estetika merek dagang. Pastikan logo hingga nama yang Anda buat menarik. Selain itu, buat juga identitas yang relevan dengan usaha yang Anda jalankan.
Buatlah merek dagang yang berbeda dari yang lain. Selain agar mudah untuk Anda daftarkan secara hukum, juga agar calon customer bisa langsung tertarik hanya dengan melihatnya saja.

Anda bisa mencari referensi dari merek dagang milik perusahaan lain untuk Anda contoh. Ada banyak sekali contoh yang bisa Anda temukan di internet. Namun yang tak kalah penting, pastikan Anda tidak menyontek merek dagang orang lain secara keseluruhan. Pastikan Anda tetap memperhatikan aspek keunikan dan orisinalitas untuk menghindari plagiasi Hak Kekayaan Intelektual milik orang lain.

Contoh Merek Dagang yang Populer dan Unik

Contoh Merek Dagang yang Populer dan Unik

Belum mendapatkan ide mengenai merek dagang yang akan Anda gunakan? Anda bisa mendapatkan inspirasi dari beberapa merek dagang berikut. Ketika Anda punya banyak referensi, Anda bisa menghasilkan merek dagang sendiri yang unik dan menarik untuk bisnis Anda nantinya.

1. Air Mineral Aqua

Perlu Anda ketahui, merek dagang adalah identitas yang juga dapat menjadi faktor penentu suatu usaha agar bisa menguasai pasar. Sebut saja salah satunya seperti Aqua.

Hampir semua orang di Indonesia menyebut setiap produk air mineral dengan sebutan Aqua, meskipun yang dibeli adalah brand lain. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya identitas merek dagang produk ini.

2. Mesin Pompa Air Sanyo

Lagi-lagi, merek dagang adalah identitas yang meneguhkan kekuatan sebuah brand dari mesin pompa air asal pabrikan Jepang.

Sama seperti Aqua, masih banyak masyarakat di tanah air yang menyebut semua produk mesin pompa air dengan nama Sanyo. Di sisi lain, selain memiliki kekuatan dalam hal merek dagang, produk ini juga punya kekuatan dari aspek ketahanan mesin yang tahan lama, sehingga banyak dipilih masyarakat.

3. Produk Gadget Apple dengan Value Terbesar

Dari berbagai sudut pandang, merek dagang milik Apple ini hampir tidak ada cacat sama sekali. Mulai dari nama, logo, hingga pemilihan warnanya, semua bisa menegaskan kesan elegan pada setiap produknya.
Dalam hal ini, merek dagang adalah sebuah identitas yang bisa mengokohkan kesan elegan dan mewah. Bahkan setiap kali Apple mengeluarkan gadget terbaru, masyarakat selalu menilainya sebagai gadget mewah dan canggih.

4. Perusahaan Google

Contoh merek dagang ini bisa Anda tiru untuk yang ingin memiliki nama brand atau produk yang singkat dan mudah diingat. Dari segi pengucapan pun tergolong mudah, begitu juga dari sisi keunikannya.
Nama merek dagang ini juga bisa menjadi sebuah simbol keunikan untuk sebuah brand atau perusahaan yang bergelut dalam dunia teknologi.

Merek dagang Google sendiri kini tidak hanya populer sebagai mesin pencari saja. Bahkan meliput beberapa layanan lain seperti email, blog, dan berbagai platform lainnya yang sudah bekerja sama maupun diakusisi oleh perusahaan terkait.

Cara dan Syarat Mendaftarkan Merek Dagang Bersama Konsultan HKI

Cara dan Syarat Mendaftarkan Merek Dagang Bersama Konsultan HKI

Saat ini para pemilik usaha yang ingin memiliki merek dagang yang sudah terdaftar secara hukum tergolong mudah. Anda yang ingin memperolehnya bisa bekerja sama dengan konsultan HKI. Merek dagang adalah identitas usaha Anda yang menjadi pembeda dengan perusahaan lain. Itulah kenapa, setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk mendaftarkan merek dagang secara hukum guna melindungi Hak Kekayaan Intelektual.

Salah satu cara untuk memudahkan mendaftarkan merek dagang adalah bekerja sama dengan konsultan HKI. Mereka inilah yang akan mempermudah proses Anda dalam mendapatkan merek dagang yang terdaftar secara hukum. Konsultan HKI akan membantu dan mengawal prosesnya sejak awal hingga akhir.
Bagi yang berencana memiliki merek dagang yang terdaftar secara hukum, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih Konsultan HKI yang Kredibel

Merek dagang adalah identitas yang berhak mendapatkan perlindungan hukum sebagai Hak Kekayaan Intelektual pribadi. Maka dari itu, carilah konsultan HKI yang kredibel dan tepercaya untuk Anda percayakan saat proses pendaftaran brand anda silahkan hubungi Patendo dan silahkan cek banyak klien Patendo dihalaman klien.

2. Persiapkan Persyaratannya

Merek dagang adalah hal yang bersifat formal dan penting, maka dari itu persiapkanlah persyaratan-persyaratannya. Untuk persyaratan kami akan coba paparkan lebih detail di bagian lain. Persyaratan pendaftaran merek dagang sendiri tidaklah rumit. Anda bisa menyiapkannya berkas-berkas pentingnya, kemudian menyerahkan kepada pihak konsultan yang Anda percayakan.

Sebelum meminta bantuan pendaftaran melalui konsultan HKI, Anda hanya perlu dua poin ini saja. Karena prosesnya mudah dan efisien.

Persyaratan Merek Dagang yang Ingin Didaftarkan

Pada dasarnya, proses untuk memperoleh merek dagang melalui konsultan HKI maupun langsung memiliki sejumlah persyaratan yang sama. Berikut adalah persyaratan-persyaratannya.

● Nama, logo maupun merek dagang yang Anda miliki sudah fix dan siap untuk Anda daftarkan.

● Mempersiapkan surat pernyataan kepemilikan merek dagang yang akan Anda daftarkan secara hukum.

● Jika Anda ingin mendaftarkan merek dagang melalui kuasa, siapkan juga surat kuasanya terlebih dahulu.

Pastikan juga Anda memercayakannya kepada orang yang benar-benar berpengalaman seperti Patendo.
Merek dagang yang sudah terdaftar secara hukum akan melindungi Hak Kekayaan Intelektual usaha yang sedang Anda jalankan.

Kerja sama dengan konsultan HKI akan membantu Anda mempermudah prosesnya. Patendo sudah dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri dalam pendaftaran merek dagang. Silahkan hubungi Patendo segera, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.