021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

30 Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Usaha sampingan saat ini sudah sangat beragam untuk berbagai kalangan, bahkan Anda bisa berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal kecil. Tentu hal ini sangat menggiurkan.

Jenis usaha ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Tidak heran banyak karyawan, mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga yang memiliki sampingan.

Meski demikian, tidak mudah untuk menentukan ingin memulai usaha apa yang cocok menjadi sampingan. Khususnya jika Anda masih pemula dan belum pernah sebelumnya.
Oleh sebab itu, kami akan memberikan rekomendasi usaha sampingan terbaru untuk Anda. Simak selengkapnya berikut ini.

Usaha Sampingan Menguntungkan dengan Modal Kecil

30 Usaha Sampingan Menguntungkan dengan Modal Kecil

Ada beberapa kriteria usaha yang bisa Anda jadikan sebagai ladang mencari penghasilan tambahan. Di antaranya adalah memiliki sifat yang fleksibel, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

Selain itu, pastinya usaha tersebut tidak menguras banyak modal. Sehingga, Anda bisa segera mendapatkan keuntungannya dalam waktu cepat. Berikut ini adalah inspirasi usaha yang bisa Anda gunakan untuk sampingan:

1. Usaha Sampingan Bisnis Pulsa dan Pembayaran Online

Hingga saat ini bisnis di area jual beli pulsa dan pembayaran tagihan online memang sangat menguntungkan. Peminatnya masih sangat banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan sepi pelanggan.

Bisnis satu ini sangat cocok menjadi usaha sampingan di desa. Sebab, kebanyakan masyarakat desa belum begitu paham mengenai pembayaran online. Selain itu, mereka juga masih sering membeli pulsa di konter.

Sehingga, hal tersebut bisa Anda manfaatkan menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Anda hanya perlu modal smartphone, kuota, dan juga memiliki aplikasi pembayaran online yang lengkap.

2. Menjual Langganan Aplikasi Premium

Anda tentu pernah melihat postingan di media sosial yang menjual Netflix, Spotify, atau Disney Hotstar premium. Nah, ternyata hal tersebut bisa merupakan bisnis yang sangat menguntungkan.

Sebab, saat ini sebagian besar masyarakat sudah banyak yang menggunakan aplikasi berbayar untuk mendengarkan musik hingga menonton film. Bisnis aplikasi premium ini sangat cocok untuk usaha sampingan untuk pelajar.

Anda hanya perlu mendaftar sebagai agen, kemudian mempromosikan bisnis tersebut. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk bisnis ini selain kuota untuk promosi.

3. Usaha Sampingan Joki Tugas

Rekomendasi bisnis berikutnya yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan adalah joki tugas. Jadi, nantinya Anda membuka jasa untuk mengerjakan tugas milik orang lain dengan sebaik mungkin.

Jenis bisnis ini cocok sebagai usaha sampingan untuk mahasiswa. Sebab, pengerjaannya yang fleksibel dan masih dalam lingkup akademis.

4. Penulis Lepas

Bagi Anda yang suka menulis atau memiliki ketertarikan untuk menulis, maka usaha sebagai penulis lepas bisa menjadi solusi. Kelebihan usaha ini adalah sangat fleksibel dan penghasilan yang cukup besar.

Khususnya penulis artikel, konten marketing, atau bahkan konten kreator. Pekerjaan sebagai penulis lepas sangat cocok menjadi usaha sampingan untuk karyawan atau pegawai negeri.

5. Jasa Desain Grafis

Kebutuhan akan desain grafis saat ini memang sangat tinggi. Khususnya bagi perusahaan dan lembaga-lembaga tertentu. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai ladang usaha sampingan yang menguntungkan.

Terlebih lagi jika Anda memang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Menariknya, desain grafis merupakan salah satu usaha sampingan tanpa modal. Anda hanya perlu skill dan laptop atau komputer saja.

usaha sampingan tanpa modal

6. Membuka Toko Kelontong

Toko kelontong menjadi salah satu usaha sampingan dengan keuntungan besar yang bisa Anda pilih. Khususnya bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan meski tetap di rumah.

Salah satu kelebihan utama dari bisnis toko kelontong adalah tidak pernah sepi pembeli. Sebab, toko ini menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat.

7. Menjadi Reseller Produk

Menjadi seorang reseller produk adalah usaha sampingan paling mudah. Dalam usaha ini, Anda harus membeli produk kepada penjual utama dengan harga lebih murah.

Kemudian, menjualnya kembali dengan harga tinggi. Sehingga, modal yang perlu Anda keluarkan tidak terlalu besar tapi berkesempatan memperoleh penghasilan yang maksimal.

8. Menjadi Dropshipper

Usaha sampingan sebagai dropshipper juga menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa modal. Berbeda dengan reseller, Anda tidak perlu membeli produk dari penjual utama.

Jadi, tugas Anda hanya mencari pembeli dan penjual utama yang akan memproses packing dan pengirimannya. Anda akan mendapat keuntungan dengan menaikkan harga asli dari penjual.

9. Bisnis Online

Membuka bisnis online merupakan salah satu inspirasi untuk memulai usaha sampingan di rumah. Khususnya bagi pelajar, mahasiswa, dan ibu rumah tangga yang memiliki cukup banyak waktu di rumah.

Salah satu kelebihan dari bisnis online adalah fleksibel dan modal yang Anda butuhkan kecil. Menariknya, Anda juga bisa menjual berbagai jenis barang sesuai dengan tren konsumen.

10. Usaha Sampingan Katering Rumahan

Jika Anda memiliki hobi memasak dan sanggup memasak dalam jumlah banyak, maka bisnis katering bisa menjadi pilihan tepat. Agar bisa lebih fleksibel, Anda bisa membuka orderan hanya untuk acara tertentu saja.

Misalnya acara selamatan, ulang tahun, atau acara lainnya. Jika Anda serius dalam menjalaninya, usaha sampingan ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

usaha sampingan ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar

11. Menjadi Youtuber

Semakin hari, semakin banyak Youtuber yang bermunculan. Mereka menyuguhkan berbagai konten untuk menghibur penontonnya. Anda bisa menjadi salah satu bagian dari Youtuber juga.

Sebab, ternyata usaha sampingan ini memberikan keuntungan yang besar. Khususnya jika channel Youtube Anda sudah menampilkan iklan dan banyak penontonnya.

12. Menjadi Blogger

Jika Anda tidak merasa percaya diri di depan kamera dan lebih suka menulis, tidak ada salahnya untuk menjadi Blogger. Usaha sampingan modal kuota ini juga ternyata bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Keuntungan tersebut berasal dari iklan yang tayang, program sponsor, atau kerja sama dengan pihak ketiga. Untuk menjadi blogger, Anda hanya perlu smartphone atau PC dan jaringan internet.

13. Usaha Sampingan Menjual Foto di Situs Internet

Seperti kita tahu saat ini banyak situs internet yang khusus menjual foto kepada banyak orang. Hal ini menjadi kesempatan bagus bagi Anda yang suka foto atau desain grafis tapi tidak menemukan klien secara langsung.

Anda bisa memasang foto pada situs tersebut, kemudian membandrol harga tertentu. Ketika Ada orang yang ingin mengunduhnya, maka mereka harus membayar terlebih dahulu.

14. Fotografer Lepas

Usaha sampingan berikutnya yang menghasilkan keuntungan besar adalah menjadi fotografer lepas. Anda bisa menjadi fotografer untuk acara khusus atau untuk menjual hasil jepretan tersebut ke situs tertentu.

Jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki minat di bidang fotografi. Terlebih lagi jika sebelumnya Anda sudah memiliki perangkat kamera.

15. Berjualan dengan Sistem Afiliasi

Adanya sistem afiliasi membuka peluang usaha sampingan jualan tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali. Sebab, Anda hanya perlu menyebarkan link di sosial media.

Nantinya jika ada orang yang membeli barang dari link tersebut, Anda akan memperoleh komisi. Cara kerjanya berbeda seperti dropship, sebab Anda tidak perlu melakukan transaksi dengan pembeli.

Usaha Sampingan Membuka Jasa Penerjemah

16. Usaha Sampingan Membuka Jasa Penerjemah

Saat ini, jasa penerjemah memang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal. Misalnya saja penerjemah dokumen, buku, jurnal, tugas, film, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya menjadi peluang usaha sampingan yang sangat baik bagi Anda yang menguasai bahasa asing. Sebab, Anda bisa menjadi penerjemah dengan kemampuan bahasa asing tersebut.

17. Menjadi Tutor Bimbel Online

Saat ini bimbingan belajar atau bimbel online semakin banyak peminatnya. Selain lebih praktis bagi siswanya karena tidak perlu pergi ke tempat les, harga bimbel online juga lebih terjangkau.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang usaha sampingan. Anda dapat memulainya secara mandiri atau ikut bergabung dengan lembaga bimbel online populer di masyarakat.

Tapi, pastikan sebelumnya Anda menentukan jenjang pendidikan dan mata pelajaran apa yang ingin diajarkan. Pastikan pilih yang memang Anda kuasai agar penyampaiannya lebih mudah.

18. Usaha Sampingan Membuat Hampers Estetik

Hampers atau bingkisan merupakan salah satu hal penting di acara-acara khusus. Misalnya saat mengunjungi seseorang, memberikan hadiah di momen tertentu, dan masih banyak lainnya.

Peminat hampers saat ini sangat banyak, khususnya dengan tampilan yang estetik dan menarik. Bagi kamu yang memiliki kreativitas tinggi, bisa memulai usaha sampingan ini sebagai sumber penghasilan tambahan.

19. Jual Beli Kendaraan Bekas

Meski terkesan sangat klasik, nyatanya jual beli kendaraan bekas masih memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Sehingga, sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai usaha sampingan.

Untuk memulai usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Sebab, Anda bisa menjadi makelar terlebih dahulu. Yaitu orang yang menjadi perantara penjual dan pembeli.

20. Menjual Software Buatan Sendiri

Jika Anda memiliki keahlian di bidang IT khususnya programing, maka Anda bisa usaha sampingan dengan membuat software sendiri kemudian menjualnya. Pastikan Anda membuat software yang memang banyak dibutuhkan.

Misalnya saja software kasir, pembayaran, akuntansi, dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Anda bahkan bisa memanfaatkan template software yang banyak beredar.

Tinggal ubah sedikit dan sesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Sehingga, proses pengerjaannya lebih cepat dan hemat biaya.

Jasa Jahit dan Permak Baju

21. Jasa Jahit dan Permak Baju

Permak baju bisa menjadi pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan. Sebab, masyarakat pasti selalu membutuhkan jasa ini kapan saja.

Dengan menjalankan bisnis ini, Anda bisa sambil mengurus urusan rumah tangga dan berbagai urusan lain. Bahkan, Anda juga bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain jika bisnis tersebut sudah berkembang.

22. Usaha Sampingan Membuka Jasa Website Developer

Salah satu usaha di bidang IT lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai sampingan adalah website developer. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan lembaga-lembaga tertentu yang ingin membangun websitenya.

Tarif website developer juga sangat besar. Apa lagi jika Anda memang memiliki skill yang mumpuni dan sudah memiliki jaringan klien. Maka, Anda bisa memasang tarif yang tinggi pada usaha sampingan ini.

Hal menarik dari pekerjaan ini adalah Anda tidak hanya berkesempatan mendapatkan klien dalam negeri. Tapi, juga klien luar negeri melalui berbagai situs di Internet.

23. Menjadi Admin Online Shop

Saat ini banyak online shop besar yang membutuhkan jasa admin yang bertugas untuk melayani pelanggan. Seperti membalas chat, memberikan solusi, dan media berkomunikasi dengan bagian lainnya.

Pekerjaan sebagai admin online shop ternyata bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Sebab, kamu hanya perlu modal smartphone dan kuota internet.

24. Menjual Artwork atau Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki hobi membuat artwork atau kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk menjual hasilnya. Anda bisa memanfaatkan e-commerce dan media sosial untuk menjadi tempat pemasaran.

Usaha sampingan ini akan sangat menyenangkan dan menguntungkan. Apa lagi jika kerajinan tangan Anda unik dan bernilai guna. Seperti halnya keset, hiasan dinding, tas, atau barang-barang lainnya.

25. Menjual Bibit

Hingga saat ini masyarakat Indonesia masih banyak yang suka berkebun hingga beternak. Sehingga, Anda bisa memulai usaha sampingan dengan menjual bibit tanaman atau bahkan bibit hewan ternak.

Beberapa bibit yang paling laris di pasaran adalah bibit bunga, tanaman hias, bibit untuk pertanian, bibit ikan, dan unggas. Bisnis ini bisa sangat menjanjikan karena peluang keuntungannya besar.

Membuka Delivery Order Makanan

26. Membuka Delivery Order Makanan

Delivery order makanan merupakan usaha sampingan makanan yang memiliki peluang besar. Khususnya di area perkantoran, pabrik, atau kampus. Sebab, kebanyakan dari mereka terlalu sibuk untuk masak atau mencari makan.

Sehingga, lebih memilih order makanan. Jika Anda juga salah satu yang sibuk dan memiliki pekerjaan lain, maka bisa membuka delivery order untuk sarapan atau makan malam saja.

Anda bisa menggunakan sistem pre order. Jadi, Anda hanya membuat makanan tersebut sesuai pesanan pelanggan. Selain lebih praktis, sistem ini juga dapat menghindari kerugian karena tidak laku.

27. Membuka Laundry

Jasa laundry menjadi salah satu usaha sampingan rumahan paling menguntungkan dengan modal kecil. Terutama jika lokasi bisnis ini di lingkungan karyawan yang sangat sibuk dan tidak ada waktu untuk mencuci.

Beberapa inspirasi jasa laundry yang bisa Anda pilih di antaranya adalah laundry kiloan, koin, dan delivery. Pastikan juga Anda harus memasang tarif yang bersaing dengan laundry lainnya.

28. Membuka Fotocopy dan Jasa Print

Usaha sampingan yang sangat menjanjikan berikutnya adalah membuka jasa Fotocopy dan print. Bisnis ini akan laris manis di lingkungan kampus, sekolah, atau perkantoran.

Agar tidak mengeluarkan banyak modal untuk bisnis ini, Anda bisa menggunakan sistem kerja sama atau bagi hasil. Jadi, nantinya Anda mengajak pihak lain seperti keluarga atau sahabat dalam usaha ini.

Anda juga bisa ikut serta dalam paket usaha Fotocopy dengan pihak lain yang menyediakan. Sehingga, modalnya jauh lebih terjangkau dari pada menggunakan dana pribadi.

29. Jasa Rental Mobil

Jika Anda tinggal di tempat yang memiliki banyak destinasi wisata, membuka jasa rental mobil dapat menjadi peluang usaha menguntungkan. Sebab, pasti banyak wisatawan yang berminat.

Anda tidak perlu membeli mobil dalam jumlah banyak untuk membuka usaha sampingan ini. Sebab, Anda bisa menyewanya dari pihak ketiga dengan harga khusus. Sehingga, Anda tetap mendapatkan keuntungannya.

30. Menjadi Ojek Online

Ojek online atau Ojol merupakan usaha sampingan laki-laki dengan modal kecil dan untung besar. Sebab, Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai driver saja tanpa ada biaya tambahan.

Kebutuhan akan ojek online juga semakin hari semakin tinggi. Sehingga, peluang dalam usaha ini sangat baik.

Mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk mendapatkan uang tambahan. Sebab, Anda bisa menjalankan salah satu dari usaha sampingan di atas. Lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.