021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Langkah Sukses Jalankan Bisnis Warung Makan yang Laris

bisnis warung makan

Usaha warung makan

Warung makan merupakan tempat makan sederhana yang dikunjungi oleh masyarakat menengah ke bawah, ada juga masyarakat menengah ke atas membeli makan di warung makan sederhana.

Makanan yang disajikan di warung makan sangat sederhana dan memiliki cita rasa yang enak. Peluang besar untuk dapat membuka usaha warung makan. Kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah membuka usaha warung makan, yaitu:

1. Peluang usaha warung makan.

2. Tahap- tahap persiapan.

3. Modal.

4. Menentukan lokasi dan harga jual.

5. Tenaga kerja.

6. Pengelolaan dan pelayanan pelanggan.

7. Perizinan, pajak dan retribusi.

8. Promosi.

9. Perencanaan keuangan.

10. Contoh sukses.

Ada beberapa jenis warung makan seperti warteg atau warung tegal. Warung tegal terkenal dengan nama tegalnya karena jika menggunakan nama warung nasi saja sangat kurang menarik.

Masakan yang disajikan di warung makan sangat sederhana seperti masakan rumahan, seperti tempe goreng, ayam goreng, perkedel kentang dan lain-lain. Ada warung lain yaitu warung khusus.

Warung khusus merupakan tempat makan yang menyediakan hanya 1 menu saja, seperti warung sate, warung soto, warung nasi goreng dan lain sebagainya.

Jika anda ingin membuka bisnis rumah makan khusus, maka bukalah warung makan dengan menu inovatif, kreatif supaya dapat menarik pengunjung untuk datang ke warung Anda.

Selain warung makan khusus, ada juga kantin. Kantin merupakan tempat makan yang berdampingan dengan bangunan lain, seperti kantor, sekolah, universitas, rumah sakit dan lain-lain. Jenis warung terakhir adalah warung tenda. Warung tenda berada di lokasi kaki lima atau di pasar.

Warung tenda yang berada di pinggiran jalan atau kaki lima sangat tidak nyaman, karena ada suara berisik, makanan tidak higienis dan banyak serangga. Hal tersebut, terkadang membuat masyarakat kurang nyaman.

Namun, warung tenda memiliki makanan dengan cita rasa yang enak dan murah, oleh karena itu, masih ada orang yang berdatangan untuk makan di warung tenda tersebut.

Sebuah warung makan dengan lokasi yang strategis, permanen dan bersih, maka pengunjung akan sering datang.

bisnis warung makan1

Mengelola usaha warung makan

Bisnis warung makan harus memiliki lokasi yang strategis. Jika lokasinya strategis, Anda juga bisa menentukan harga produk yang Anda jual. Penentuan lokasi yang tepat untuk tempat usaha. Beberapa tips berikut dalam menetukan tempat usaha yang strategis dan tepat:

1. Survey Keramaian Lokasi

Melakukan peninjauan lokasi untuk tempat usaha sangat penting. Dengan cara menghitung jumlah dan waktu kendaraan lewat. Hal tersebut memudahkan kita menentukan ramai atau tidaknya lokasi tersebut.

2. Prasarana Lokasi Usaha

Tujuan dari prasarana lokasi usaha untuk mengetahui daya listrik, air bersih dan sambungan telepon (jika ada). Anda bisa menentukan berapa daya listrik yang anda butuhkan ketika membuka warung makan.

3. Keadaan Keamanan Lokasi

Keadaan lokasi yang tidak aman, membuat pelanggan tidak akan datang ke warung Anda. Sebelum membuka usaha warung makan, maka cek dulu keadaan lokasi tersebut.

Anda juga bisa menanyakan lokasi tersebut kepada warga sekitar. Seperti, rawan kriminalitas, rawan banjir atau rawan macet. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka warung adalah cek lokasi keseluruhan.

4. Lokasi Pesaing Terdekat

Melihat pesaing sekitar lokasi, jika anda ingin membuka bisnis rumah makan, maka kita melihat lokasi pesaing sekitar. Kalau ada pesaing yang buka warung makan sejenis, anda harus menggunakan strategi.

Persaingan dalam dunia usaha sangat wajar, anda hanya menentukan strategi yang pas untuk dapat bersaing dengan baik. Misalkan mencari lokasi lain atau membuka usaha warung makan dengan jenis berbeda.

5. Pilih Lokasi Dekat Pasar

Lokasi yang dekat dengan pasar sangat mudah untuk dapat membeli bahan baku. Selanjutnya adalah penentuan harga pada warung makan anda.

Penentuan harga pokok penjualan sangat penting, karena menentukan harga bahan pokok adalah untuk menentukan harga makanan yang akan dijual.

Bisnis rumah makan dalam kalangan kelas menengah ke bawah menggunakan harga yang lebih rendah dari harga pesaing anda, karena pelanggan akan sering datang ke warung Anda jika di warung anda menjual harga murah dan enak.

Tidak hanya dengan harga yang murah saja namun dengan memberikan pelayanan yang baik maka pelanggan tidak akan pindah ke warung lain.

Jika Anda menggunakan harga yang mahal di warung makan Anda, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang sedikit.

bisnis warung makan2

Hal yang harus diperhatikan saat membuka bisnis warung makan

Rumah makan merupakan tempat makan sederhana dengan keadaan yang seadanya.
Warung makan menyediakan makanan yang enak murah dan porsi banyak, jadi mayoritas masyarakat menyukai warung makan sederhana.

Terkadang tidak hanya kalangan menengah kebawah saja yang makan di warung makan sederhana namun ada juga kalangan masyarakat menengah ke atas membeli makanan di warung makan sederhana tersebut.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuka usaha warung makan, yaitu:

1. Survey pasar

Survey pasar adalah kita harus mengetahui pangsa pasar. Pangsa pasar adalah bagian dari beberapa permintaan konsumen yang sesuai dengan ciri khasnya seperti tingkatan pendapatan, karakter dan kondisi lingkungan.

2. Modal

Untuk membuka warung makan, anda memerlukan modal usaha. Kita harus menentukan modal yang sesuai, untuk menyiapkan biaya supaya terhindar dari hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari.

Persiapkan modal usaha anda dengan baik, meskipun hanya memperkirakan modal usaha tersebut, tetapi anda bisa menentukan seberapa besar modal yang di butuhkan. Misalkan anda memperkirakan 6 juta, tetapi masih kurang, berarti anda mempersiapkan modal 10 juta.

3. Survey lokasi

Dalam membuka bisnis warung makan, anda lebih baik menyewa daripada membeli, karena membeli warung makan, akan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk beli tempat tersebut.

Survey harga sewa di lokasi yang tepat. Sewa tempat dengan harga mahal, luas dan strategis seperti dekat jalan utama, dekan pusat keramaian, tidak macet, tidak rawan kriminalitas, tidak sempit dll.

Namun jika anda menyewa ditempat yang murah tetapi lokasi tersebut sepi, maka anda akan mengalami kerugian dan kekecewaan.

4. Produk penjualan

Dalam produk penjualan warung makan harus memiliki cita rasa yang enak, bahan baku berkualitas, dekorasi warung makan menarik, pelayanan yang memuaskan dan higienis. Hal tersebut membuat pelanggan menikmati makan di warung anda.

5. Harga

Dalam Bisnis warung makan, anda harus menentukan harga murah dengan kualitas makanan yang enak.
Pemberian diskon, bonus atau memiliki daftar menu tertentu dengan harga yang lebih murah akan membuat pelanggan penasaran dan datang di warung makan anda.

6. Promosi

Peningkatan penjualan tidak hanya dilakukan membuka warung saja, namun adanya tujuan dari promosi untuk menambah pelanggan dan mendapatkan keuntungan untuk warung anda.

Penggunaan promosi yang baik, seperti promosi dari mulut ke mulut atau gethok tular dan memasang spanduk yang menarik.

7. Perijinan

Sebelum membuka bisnis warung makan, anda seharusnya meminta ijin kepada pihak kelurahan setempat. Pentingnya perijinan supaya aman dan dilindungi oleh warga sekitar.

Dengan adanya bisnis warung makan di lokasi setempat membuat masyarakat sekitar lebih mudah membeli lauk pauk yang dibutuhkan.

bisnis warung makan3

Menentukan modal yang tepat untuk bisnis warung makan

Usaha warung makan di lihat dari modal usaha anda. Modal usaha tidak bisa diperkirakan namun harus diperhitungkan seberapa besar biaya yang dibutuhkan.

Modal usaha dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Modal Investasi

Modal investasi adalah modal yang dibutuhkan untuk sewa tempat, renovasi bangunan, membeli peralatan makan dll. Modal tersebut hanya digunakan untuk modal awal saja.

2. Modal Kerja

Modal kerja merupakan modal operasional yang dibutuhkan setiap hari, minggu atau bulan. Modal tersebut digunakan untuk bayar listrik, bayar air, gaji karyawan, beli bahan baku dan sebagainya.

Ada juga beberapa sumber modal yang dikeluarkan untuk modal usaha warung makan, seperti :

Sumber modal dari dana personal, jika anda menggunakan dana personal anda untuk membuka bisnis warung makan akan lebih mudah.

Kerugian dari menggunakan modal sendiri adalah kurangnya pengawasan yang baik, terlalu banyak menggunakan uang, jadinya lebih tidak terkontrol.

Selain sumber modal sendiri, ada juga sumber modal pinjaman, sumber modal pinjaman adalah sumber dari bank, koperasi, kerabat, teman atau saudara. Modal pinjaman, anda harus memperhatikan suku bunganya. Modal pinjaman akan membuat anda lebih memperhitungkan untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

Pengelolaan usaha warung makan dan pelayanan pelanggan

Pengelolaan warung makan harus dipersiapkan peralatan dan bahan baku. Sebelum membuka warung, anda harus sudah siap 1-2 jam sebelumnya, karena untuk membersihkan warung tersebut.

Jangan lupa untuk mengecek stok bahan baku setiap harinya dan mempersiapkan peralatan warung membutuhkan waktu yang lama, jadi tenaga kerja/karyawan harus siap sebelum warung tersebut dibuka.

Peralatan yang disiapkan sebelum membuka warung adalah sendok, garpu, tissu, kerupuk dan lainnya. Peralatan masak di dapurpun juga harus dipersiapkan untuk memasak makanan yang dijual.

Anda juga harus menentukan pukul berapa warung makan anda dibuka dan ditutup. Supaya ketika pelanggan anda datang tidak kecewa.

bisnis warung makan4

Strategi pemasaran produk makanan atau kuliner

Masih bingung untuk membuka usaha warung makan dengan strategi yang bagus? Anda harus mencoba strategi yang baik dan benar. Peluang bisnis warung makan merupakan peluang besar bagi calon pengusaha. Keuntungan yang didapat cukup besar bagi pengusaha kuliner.

Berikut ini ada beberapa strategi jitu dalam memasarkan produk makanan di warung makan anda, yaitu:

1. Bagikan produk makanan tersebut pada orang lewat dengan porsi kecil.

2. Aroma produk makanan yang enak.

3. Review dan bonus.

4. Instagramable.

5. Buat kontes.

6. Gunakan media sosial lain.

7. Kerjasama dengan pelayanan pengiriman (Go-Food).

8. Gaet influencer, akun sosial media yang memiliki follower atau endorse.

Pada strategi pemasaran tersebut anda akan mengetahui bagaimana cara memasarkan produk yang anda jual. Dalam dunia bisnis perlu adanya keberanian untuk mencapai apa yang diinginkan.

Ada banyak pengusaha kuliner sukses dan membuka cabang di berbagai wilayah. Hal tersebut menjadi peluang besar bagi pengusaha baru dalam bidang kuliner agar usahanya laris. Peluang usaha kuliner sangat menjanjikan dengan keuntungan yang besar.

Bagikan :