021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

20+ Langkah Jitu Dalam Kiat Memulai Usaha Supaya Sukses

Kiat memulai usaha perlu diterapkan dengan baik. Selain itu agar usaha segera sukses dan berkembang pesat, Anda harus mendaftarkan merek usaha Anda. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghubungi kami Patendo WA 0853 5122 5081.

berbisnis

Langkah penting sebelum memulai usaha

Memulai usaha tidak hanya berhubungan dengan modal awal, tetapi banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis. Bahkan Anda bisa memulai bisnis hanya bermodalkan kemampuan dari apa yang Anda sukai.

Contohnya Anda menyukai cake, maka cobalah meraup keuntungan menjual cake, membuka toko roti dan cake atau membuka jasa katering cake. Namun sebelum terjun langsung membuka bisnis Anda, ada beberapa kiat memulai usaha yang harus diperhatikan di antaranya:

1. Lakukan riset

Langkah awal dalam kiat memulai usaha adalah melakukan riset atau survei kondisi di lapangan terlebih dahulu. Pengamatan yang bisa dilakukan dapat mencakup lingkungan sekitar, target konsumen, persaingan, penjualan yang ingin dicapai dan lainnya.

Hal ini sangat penting karena menyangkut minat pasar apakah produk yang Anda jual akan memiliki banyak peminat atau tidak.

Dengan melakukan riset atau survei Anda dapat melihat seberapa besar minat pasar terhadap produk yang akan Anda jual dan mengetahui hambatan apa saja yang mungkin terjadi selama membuka bisnis.

2. Terus mencoba

Tidak menutup kemungkinan, bahwa setiap pengusaha pasti akan mengalami kegagalan. Hal yang perlu dilakukan dalam kiat memulai usaha yaitu terus mencoba dan jangan pernah menyerah.

Hadapi masalah dengan terus mencoba untuk mendapatkan yang terbaik. Contohnya ketika Anda ingin membuka usaha toko kue, maka ketika Anda gagal membuat kue, Anda harus terus mencoba untuk membuat kue yang enak dan lezat.

Kemudian cobalah untuk memberikan hasil kue buatan Anda kepada kerabat terdekat. Jika ada kritik, catat dan perbaiki lagi karena semakin Anda berlatih, maka kemampuan dan keahlian Anda akan semakin terasah.

3. Pengelolaan modal

Berapa pun modal yang Anda gunakan untuk membuka usaha, pastikan Anda bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar. Catat dan tentukan berapa modal yang akan digunakan untuk membangun usaha.

Setelah Anda mengetahui keseluruhan modal yang dibutuhkan, maka Anda akan mendapatkan perhitungan dana yang tepat. Setelah usaha berjalan, pisahkan antara modal dengan keuntungan.

Lakukan hal ini secara kontinu, apabila modal sudah kembali Anda bisa menyimpannya dan dijadikan sebagai dana cadangan. Setidaknya Anda sudah menyisihkan hasil keuntungan dari penjualan.

4. Konsep dan ide bisnis

Menentukan konsep bisnis berarti menentukan ide usaha. Rencana ide dan konsep usaha dapat meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengorganisasian.

Dalam menetapkan konsep usaha, Anda harus merencanakannya dengan matang agar usaha Anda berjalan baik sesuai dengan rencana.

Pastikan bahwa konsep yang Anda buat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu bisnis akan terkelola dengan baik, karena bisnis dengan dasar planning yang matang maka hasilnya akan lebih baik.

5. Memulai bisnis

Seperti yang kita ketahui, keberhasilan berbisnis tidak akan terwujud jika Anda tidak memulainya. Dengan kiat memulai usaha maka Anda akan mengetahui apakah usaha yang akan dilakukan dapat sukses dan berkembang atau tidak.

Dengan adanya action atau tindakan nyata dalam memulai usaha akan membantu Anda menemukan kelemahan dalam berwirausaha dan mengetahui apa saja langkah untuk mengatasinya.

Kegigihan Anda untuk dapat bersaing dengan kompetitor akan diuji ketika Anda sudah memulai usaha. Jika Anda dapat konsisten bersaing dan bertahan, maka kesuksesan akan semakin dekat dengan Anda.

6. Bermanfaat untuk orang lain

Buatlah bisnis yang dapat menguntungkan orang lain. Sukses menjadi wirausahawan tidak melulu soal uang.
Namun sukses juga bisa dicapai dengan kepuasan batin pribadi. Contohnya kepuasan hati karena berhasil memberi manfaat kepada orang lain.

Orang lain dalam hal ini adalah karyawan yang berkerja di tempat Anda, produsen yang menjual bahan baku produk Anda dan orang-orang lain yang merasakan manfaat dari usaha Anda.

Tentu hal ini akan menambah kesuksesan tersendiri bagi Anda. Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai usaha.

cara memulai berbisnis

Tips membangun usaha

Membangun usaha dimulai dari memikirkan ide awal, kemudian membuka, memperkenalkan, mempromosikan, melakukan proses penjualan, melewati berbagai tantangan, berkembang hingga akhirnya menjadi usaha yang besar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan kiat memulai usaha di antaranya:

1. Punya mimpi besar

Pada saat Anda sudah memutuskan untuk berwirausaha, hal utama yang harus Anda miliki adalah mimpi atau cita-cita yang besar. Kemudian mempunyai alasan yang jelas untuk memulai usaha sendiri.

Buatlah mimpi besar yang pantas untuk diperjuangkan. Jika tidak maka mimpi itu akan kalah dengan desakan dan tuntutan kebutuhan jangka pendek yang urgen untuk dipenuhi.

Banyak motivator menyarankan pebisnis untuk memiliki mimpi yang spesifik dan jelas. Catat cita-cita dan mimpi tersebut kemudian diresapi. Dengan begitu mimpi dan cita-cita dapat tertanam dan mengakar dalam diri secara kuat.

2. Bekerja berdasarkan passion

Salah satu kiat memulai usaha yang perlu digarisbawahi adalah bekerja berdasarkan passion. Bekerja karena adanya dorongan hobi pasti hasilnya akan berbeda.

Passion adalah perasaan antusiasme yang kuat akan sesuatu atau untuk melakukan sesuatu. Passion bisa dikatakan sebagai semangat yang ampuh untuk menjalankan suatu usaha. Walaupun usahanya sedang merosot tapi karena dijalani dengan senang hati maka tetap akan memberikan yang terbaik.

Sebaliknya jika bisnis dilakukan karena harapan untuk menjadi kaya semata, ketika dihadapkan dengan tantangan pasti akan mudah putus asa dan tidak ada motivasi untuk semangat. Oleh karena itu bangunlah usaha sesuai dengan passion Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Belajar dari orang sukses

Seperti yang kita ketahui, setiap usaha pasti ada permasalahan, tantangan dan proses yang cukup panjang dengan lika liku perjalanan yang banyak menguras pikiran, biaya dan tenaga.

Orang sukses pun pasti pernah mengalami hal tersebut. Mereka dapat berhasil karena mampu bertahan. Coba kalau dulu mereka menyerah dan berhenti, pasti keberhasilan mereka tidak akan terwujud seperti sekarang.

Banyaklah belajar dari orang sukses, karena pengalaman orang sukses dapat menjadi motivasi yang kuat ketika bisnis sedang melemah.

4. Support keluarga

Keluarga yang tidak mendukung usaha, pasti kerap mempunyai keluhan dan tidak bisa kompromi. Tidak jarang ada pebisnis yang akhirnya mundur karena tekanan dari keluarga.

Sedangkan keluarga yang mendukung, dapat memberikan dorongan semangat untuk tetap berusaha meski kendala keuangan keluarga dan usaha sedang melemah.

Kunci sukses membuka usaha tidak hanya mengenai produk yang bagus, strategi pemasaran yang baik, namun Anda juga membutuhkan doa dan dukungan dari keluarga, agar bisnis berjalan lancar.

5. Menghadapi persaingan

Baru memulai usaha namun ada banyak pesaing yang membuka bisnis serupa. Kira-kira kalau seperti itu apa yang harus Anda lakukan? Persaingan termasuk bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia usaha.

Untuk itu, Anda harus tetap bisa menerimanya dan belajar bahwa persaingan akan memberikan masukan terhadap kekurangan yang perlu diperbaiki dalam bisnis Anda.

Kemudian persaingan juga dapat menunjukkan bahwa usaha yang Anda miliki mempunyai potensi pasar yang bagus. Tetap berusaha sebaik mungkin dan berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda, agar pelanggan tetap loyal dan tidak beralih ke produk lainnya.

6. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat semua hal dapat menjadi peluang usaha.
Dengan banyaknya pilihan peluang, tentu akan membuat bingung.

Namun terkadang ada yang memilih semua peluang tersebut dan membuka bisnisnya dalam waktu yang bersamaan sehingga kurang fokus dalam mengendalikan usahanya.

Pilihlah bisnis dengan menentukan peluang apa yang bisa Anda ambil. Pilih satu dan yakini bahwa peluang itu akan berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan untuk Anda.

Untuk kiat memulai usaha Anda harus fokus pada satu peluang tersebut dan tuangkan ide-ide inovatif untuk terus mengembangkan bisnis agar lebih terarah.

7. Menguasai bisnis yang Anda pilih

Kiat memulai usaha satu ini yaitu menguasai segala hal tentang bisnis Anda. Hal ini akan membawa dampak positif untuk keberlangsungan bisnis.

Kesempatan untuk mendatangkan investor dapat terbuka lebar jika Anda benar-benar menguasai bisnis yang sedang Anda geluti. Jadi Anda tidak akan kebingungan untuk menjelaskan segala sesuatu tentang bisnis Anda.

Ini juga dapat meyakinkan investor bahwa ia dapat memberikan dana kepada orang yang tepat yaitu Anda, orang yang paham betul mengenai bisnis yang sedang dijalani.

kiat memulai usaha

8. Belajar dari kegagalan

Dalam dunia bisnis ada dua pilihan yaitu maju atau diam. Jika Anda ingin sukses maka Anda harus maju dan siap menghadapi kegagalan.

Memang tidak semua yang Anda rencanakan akan selalu berjalan lancar sesuai harapan. Kegagalan akan mengajarkan Anda menuju kesuksesan seperti yang Anda inginkan.

Berkat kegagalan Anda dapat belajar untuk menguasai bisnis dan mempersiapkan Anda untuk menjadi orang sukses.

9. Tingkatkan kemampuan bisnis Anda

Ketika Anda memulai usaha dari nol, berarti Anda harus belajar dan terus belajar. Banyak ilmu yang harus Anda kuasai. Kuasai kemampuan untuk melakukan pemasaran, penjualan, menjalin relasi dan lainnya.

Anda dapat menguasai bisnis dengan belajar dari ahlinya, misalnya mempelajari kisah-kisah orang sukses, mempelajari semua kegagalan yang mereka alami hingga cara untuk bangkit dari kegagalan.

10. Konsep bisnis yang terbaik

Tidak ada investor yang mau menginvestasikan dananya jika Anda tidak memiliki konsep bisnis yang matang. Untuk itu tunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki konsep yang dapat menguntungkan investor. Ketika Anda mampu menunjukkan konsep yang terbaik, yakinlah investor akan mencari Anda.

11. Mulai berwirausaha

Setelah Anda mengetahui kiat memulai usaha yang benar dan melakukan berbagai perencanaan serta persiapan, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mulai action dengan bisnis Anda.

Jangan sampai Anda mundur ketika usaha Anda tidak berjalan sesuai rencana. Mulailah usaha dengan penuh keyakinan dan optimis agar dapat menjalankan usaha dengan baik.

12. Lakukan evaluasi

Setiap pebisnis yang baru merintis usaha pasti akan menemukan berbagai kesalahan sepanjang karirnya.
Namun mereka dapat berhasil memperbaiki berbagai kesalahan hingga akhirnya sukses karena selalu melakukan evaluasi dari setiap kesalahan dalam mengambil keputusan.

Jadi jangan menyepelekan evaluasi yang terdapat dalam kiat-kiat memulai usaha ini.

13. Tingkatkan kualitas produk

Setelah melakukan evaluasi, maka pergunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas. Jangan ragu untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi karena berhasil tidaknya usaha tergantung dari produk yang Anda jual.

14. Berikan pelayanan terbaik

Dalam perjalanan suatu usaha pasti akan terjadi berbagai kesalahan. Kesalahan ini mungkin akan menghasilkan komplain dari pelanggan. Dalam kiat memulai usaha Anda wajib memiliki pelayanan terbaik. Pelayanan ini berfungsi untuk memberikan solusi kepada para pelanggan Anda.

Dengan memberikan pelayanan terbaik maka akan memberikan dampak positif terhadap penjualan produk Anda. Bahkan dapat membuat pelanggan loyal untuk terus menggunakan produk Anda.

15. Scale up bisnis Anda

Bisa membangun bisnis memang menjadi prestasi yang membanggakan, akan tetapi prestasi tidak berhenti di situ saja. Untuk menjalankan usaha sampai berhasil dan sukses Anda harus scale up bisnis Anda.

Anda juga harus bisa meningkatkan dan memperbesar usaha supaya bisa berdiri kuat. Poin utama yang harus dipegang adalah tetap konsisten dengan kualitas produk Anda.

Jangan sampai setelah scele up kualitas produk Anda justru menurun. Hal itu dapat berdampak buruk bagi perkembangan bisnis. Itulah beberapa kiat memulai usaha yang patut Anda kembangkan.

langkah penting sebelum memulai usaha

Trik jitu membuka usaha sendiri di rumah

Memiliki usaha sendiri terlihat menyenangkan, namun untuk membuka suatu usaha harus benar-benar siap.
Terkadang saat baru akan memulai bisnis, terbayang kesulitan dan tantangan yang membuat pebisnis ragu untuk membuka usaha.

Oleh karena itu Anda harus tekun dan memiliki tekad yang kuat untuk membuka bisnis. Berikut ini kiat memulai usaha di antaranya:

1. Menentukan jenis usaha

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai usaha yaitu menentukan jenis usaha. Untuk menentukan jenis usaha dapat dilakukan dengan membaca peluang bisnis dengan prospek yang baik.

Pastikan jenis usaha yang dipilih sudah sesuai dengan minat dan keahlian. Jika tidak maka usaha yang dijalankan tidak akan memberikan semangat dan mungkin akan berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu menentukan jenis usaha harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik.

2. Menentukan lokasi yang strategis

Penempatan lokasi yang akan dipilih sebaiknya berada di tempat strategis dan ramai. Dengan begitu Anda akan mudah menemukan pelanggan.

3. Bangun motivasi dan tekad yang bulat

Menjadi seorang pengusaha memerlukan tekad yang kuat dalam menghadapi permasalahan selama menjalani bisnis. Tekad kuat akan terbentuk jika Anda sudah membangun motivasi dan cita-cita yang besar.

Berikut beberapa contoh jenis usaha yang bisa dibangun sendiri di rumah di antaranya:

1. Jasa jahit.

Kebutuhan akan sandang merupakan hal yang selalu dicari. Tidak jarang ada orang-orang membutuhkan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan membuka jasa jahit di rumah. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit atau mendesain baju tentu akan menjadi poin lebih bagi Anda.

2. Bisnis kuliner.

Bisnis kuliner seakan menjadi bisnis yang tidak ada matinya, karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan sehari-hari manusia.

Apalagi saat ini sedang menjamur bisnis kuliner dengan konsep kekinian yang memiliki potensi menggiurkan. Hal ini tentu dapat menjadi peluang besar bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan bisnis ini bisa Anda buka di rumah.

3. Jual kuota dan pulsa elektrik.

Apabila Anda masih bingung dengan bakat dan keahlian yang Anda miliki, maka pilihlah jenis usaha yang umum dibutuhkan masyarakat. Salah satu usaha yang minim modal namun hasilnya menjanjikan adalah bisnis jual kuota dan pulsa elektrik.

Peluang usaha ini cukup besar karena dapat menunjang fungsi handphone, sedangkan mayoritas masyarakat saat ini sudah memiliki hp sehingga usaha ini akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Bisnis ini bisa dilakukan di rumah, asalkan rumah Anda dapat dijangkau dan dapat dilihat oleh pelanggan Anda.

4. Usaha pangkas rambut.

Jasa yang satu ini tentu memiliki keuntungan yang tidak kalah dari usaha-usaha lainnya. Usaha pangkas rambut menjadi usaha rumahan yang dapat mendatangkan omset yang banyak jika dikelola dengan baik.

Apalagi jika Anda memiliki bakat dan keahlian di bidang cukur rambut, tentu bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi usaha Anda.

Anda bisa membuka jasa ini di rumah Anda, karena pangkas rambut tidak membutuhkan ruangan yang begitu luas. Cukup dengan ruangan yang sederhana Anda sudah bisa beroperasi menjalankan usaha ini.

5. Bisnis toko kelontong.

Jangan anggap remeh usaha satu ini. Meskipun usaha ini memberikan keuntungan yang kecil, namun usaha rumahan ini tidak akan pernah sepi.

Setiap hari banyak orang yang mendatangi toko kelontong untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Jadi usaha ini dapat menjadi peluang bagi siapa saja.

tips membangun usaha

Cara memulai usaha dengan modal kecil

Membuka usaha sendiri merupakan salah satu usaha yang diimpikan banyak orang. Kebanyakan mereka ingin mempunyai penghasilan dengan waktu kerja yang fleksibel. Selain itu banyak orang yang bosan menjadi pegawai atau karyawan sehingga ingin membuka usaha sendiri.

Pada dasarnya setiap orang memiliki kesempatan untuk membuka usaha sendiri, namun mereka takut jika usahanya akan gagal atau bangkrut. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka usaha sendiri.

Jika Anda menunda untuk memulai usaha, maka Anda juga akan menunda keberhasilan bisnis Anda dalam meraih kesuksesan.

Banyak orang yang kurang yakin untuk menjalankan usaha dengan alasan tidak mempunyai modal banyak. Padalah kenyataanya ada beberapa usaha yang dapat dijalankan dengan modal yang kecil. Berikut beberapa tips dan kiat memulai usaha dengan modal kecil, di antaranya:

1. Hemat biaya operasional

Dalam berbisnis ada beberpa biaya yang harus dikeluarkan, yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang digunakan untuk keperluan mendasar suatu bisnis. Menghemat pengeluaran biaya operasional otomatis dapat menekan biaya pengeluaran bisnis.

2. Menghitung modal yang harus dikeluarkan

Lakukan perhitungan dengan teliti. Usahakan jangan sampai ada unsur usaha yang tidak terhitung. Jika hasil perhitungan menunjukkan biaya yang relatif besar, maka Anda harus bisa mengambil jalan pintas lain dengan cara mengubah jenis usaha atau melakukan berbagai penghematan.

3. Memanfaatkan barang yang masih layak

Untuk menunjang bisnis, tentu Anda memerlukan barang-barang penunjang atau peralatan. Namun Anda tidak harus menggunakan peralatan baru, karena untuk mendapatkan barang baru membutuhkan dana yang cukup besar.

Dengan memanfaatkan peralatan yang masih bisa digunakan, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli peralatan. Misalnya membeli kursi, etalase yang sudah pernah terpakai dengan kondisi barang yang masih bagus tentu Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Memilih bahan baku yang murah

Salah satu hal yang membuat bisnis dapat berjalan ialah adanya produk atau bahan baku. Bahan baku berkualitas bagus tentu akan ditawarkan dengan harga yang mahal, ada kalanya bahan baku tersebut mengalami penurunan harga di kemudian hari.

Pada saat inilah kemampuan manajerial Anda diuji. Bagaimana Anda mengatur pengeluaran dan penyimpanan bahan baku pada saat harga sedang turun atau Anda melakukan pembelian stok bahan pada saat harga murah.

5. Tidak perlu rekrut karyawan

Biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya yaitu membayar gaji karyawan. Namun perekrutan ini biasanya dilakukan oleh pemilik modal dan usaha yang besar.

Bagi Anda yang baru memulai usaha dengan modal kecil sebaiknya tidak merekrut karyawan agar pengeluaran biaya tidak membengkak, sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Pada saat awal usaha sebaiknya Anda lakukan sendiri, kemudian pada saat usaha Anda sudah berkembang pesat dengan omset yang semakin naik, baru Anda bisa mencari dan merekrut karyawan.

trik jitu membuka usaha sendiri di rumah

6. Lakukan promosi gratis lewat media sosial

Bagi Anda yang memiliki modal kecil, sebaiknya lakukan promosi gratis melalui media sosial. Walaupun gratis hal ini bisa memberikan hasil yang menguntungkan. Selain itu cara ini merupakan cara yang efektif di era digital seperti sekarang ini.

Jika menggunakan promosi melalui iklan, reklame, atau banner tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka sebaiknya Anda memanfaatkan media sosial sebagai penunjang promosi produk Anda.

7. Mengandalkan kemampuan

Membuka usaha dengan modal kecil bisa Anda lakukan cukup dengan mengandalkan kemampuan yang dimiliki Anda.

Contohnya Anda memiliki kemampuan untuk mendesain pakaian, maka Anda bisa membuka jasa desain pakaian atau jasa membuat pakaian. Keahlian yang Anda miliki dalam hal ini merupakan modal utama.

Contoh lainnya Anda mempunyai keahlian dalam bidang memasak, maka Anda memiliki peluang untuk mencoba membuka warung makan atau jasa katering.

Tidak perlu malu untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Justru Anda harus berbangga karena bisa mendatangkan keuntungan dari keahlian Anda sendiri.

8. Jujur dan amanah

Supaya usaha yang Anda jalankan dapat terus berjalan dengan lancar hingga berkembang menjadi usaha yang sukses, perlu dibangun dengan kejujuran.

Kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang Anda jalani dapat terbentuk dari sikap jujur yang Anda terapkan dalam usaha. Mungkin dengan berbuat curang akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama.

Justru pelanggan yang mengetahui kecurangan Anda akan kecewa dan tidak akan kembali lagi membeli produk Anda. Bisa saja usaha yang Anda rintis susah payah menjadi bangkrut karena tidak amanah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menanam kejujuran baik dalam diri sendiri maupun untuk keberlangsungan bisnis Anda.

9. Bergabung dengan pelaku usaha lainnya

Tidak ada salahnya bekerja sama dengan pemilik usaha lainnya untuk menyewa tempat yang strategis.
Anda juga dapat mengajak kerja sama dengan pemilik target konsumen yang sama. Dengan menyewa tempat, Anda bisa membagi biaya sewa sehingga dapat meringankan beban pengeluaran.

Jadi Anda masih bisa berjualan di tempat strategis walaupun modal yang Anda miliki sangat minim. Berikut ini beberapa contoh usaha dengan modal kecil, di antaranya:

1. Usaha foto copy dan printer.

2. Bisnis afilasi.

3. Bisnis online shop.

4. Jasa web developer.

5. Bisnis jajan pasar.

6. Usaha kerajinan tangan.

7. Jual gorengan.

8. Mengelola bisnis wisata.

9. Bisnis aksesoris.

10. Budidaya tanaman hidroponik.

Dan masih banyak bisnis lainnya yang berpotensi memiliki keuntungan tinggi walaupun dengan modal kecil.

cara memulai usaha dengan modal kecil

Macam-macam usaha dagang yang menggiurkan

Usaha dagang adalah bentuk usaha yang dilakukan dengan membeli barang dan menjualnya kembali agar memperoleh keuntungan tanpa mengubah kondisi produk yang dijualnya. Berikut ini beberapa ide usaha dagang yang mendatangkan keuntungan di antaranya:

1. Menjual gadget

Berkembangnya teknologi digital sekarang ini membuat banyak orang menginginkan produk dengan kecanggihannya tersebut, misalnya handphone yang saat ini menjadi kebutuhan utama setiap orang.

Diperkirakan barang yang laris manis di bidang teknologi salah satunya adalah gadget sehingga banyak peluang usaha yang dapat dimanfaatkan di bidang teknologi ini yaitu bisnis jual gadget.

Hal utama yang harus Anda persiapkan untuk membuka usaha ini adalah modal. Modal usaha tidak bisa diremehkan karena menjadi hal penting untuk membuka usaha. Persiapkan juga tempat yang strategis dan dapat dijangkau banyak orang.

2. Bisnis franchise

Bisnis waralaba saat ini kian menjamur, bahkan tidak hanya di kota-kota besar saja, namun juga banyak merambah ke berbagai kota-kota kecil.

Jenis usaha satu ini cukup mudah untuk mengelolanya. Anda yang masih pemula akan terus dipandu oleh pemilik merek waralaba hingga Anda sendiri bisa menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Yang perlu disediakan yaitu modal bisnis. Untuk bisa bergabung menjadi mitra waralaba cukup membayar antara 3 sampai 10 juta sesuai dengan jenis produk serta fasilitas yang akan diberikan oleh pemiliknya.

Bisnis franchise untuk minuman dan makanan kekinian omsetnya sangat menguntungkan. Banyak anak muda yang berbondong-bondong untuk membeli produk kekinian agar tetap terlihat eksis. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan membeli franchise yang sedang populer di kalangan anak muda.

3. Jualan mainan anak

Sering tidak disadari bahwa bisnis mainan anak memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Modal usaha ini terbilang kecil namun keuntungannya dapat berlipat ganda.

Anda bisa belanja di tempat grosir mainan dengen membeli per box atau per paket kemudian dijual lagi dengan harga eceran. Selisih harga grosir dengan harga jual Anda tentu akan menguntungkan Anda.

Anda bisa menjual berbagai mainan anak di tempat strategis seperti di sekitaran sekolah. Pada saat istirahat atau saat pulang sekolah pasti anak-anak akan berbondong-bondong membeli mainan Anda.

macam macam usaha dagang yang menggiurkan

4. Jualan sayur mayur keliling

Seperti yang kita tahu, sayur-mayur dan lauk-pauk merupakan kebutuhan pokok sehari-hari dan akan terus dibutuhkan manusia.

Melihat kondisi saat ini usaha jualan sayur mayur keliling sangat menjanjikan karena konsumen akan merasa dimudahkan dan tidak perlu repot menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk ke pasar.

Hal ini akan membuat pelanggan menjadi nyaman dan akan loyal jika Anda melayani pembeli dengan baik. Jika Anda ingin memulai usaha ini, Anda bisa mencari supplier tetap yang bisa Anda ajak kerja sama.

Modal usaha ini tergolong cukup kecil bahkan ada yang hanya bermodalkan hutang sayur-mayur dan lauk pauk dari pedagang pasar, kemudian dibayarkan setelah mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Keuntungan yang besar dapat Anda peroleh, jika Anda membeli sayur langsung dari petani, karena selain murah kesegarannya akan tetap terjaga.

5. Usaha musiman

Bermacam-macam usaha musiman yang berlangsung dalam kurun waktu sebentar ternyata memiliki peluang yang cukup menggiurkan. Pasalnya saat memasuki puncaknya, orang-orang banyak mencarinya sehingga keuntungan akan mudah didapatkan.

Namun tentunya Anda perlu memperhatikan usaha yang satu ini dan memiliki strategi pemasaran yang bagus, jika tidak usaha Anda merugi karena sudah tidak musimnya lagi.

Contoh usaha musiman yang bisa Anda coba yaitu, jualan terompet dan kembang api saat mendekati perayaan tahun baru masehi dan berjulan takjil saat bulan puasa.

Anda juga bisa mencoba jualan kue kering menjelang Hari Raya Idul Fitri, jual peralatan dan seragam sekolah menjelang tahun ajaran baru dan lainnya.

6. Usaha cutting stiker

Pertumbuhan pengguna kendaraan motor dan mobil setiap tahunnya meningkat, tidak jarang orang-orang suka mendandani kendaraan dengan hiasan stiker agar tampil lebih menarik.

Anda juga pasti pernah menemui usaha cutting stiker di daerah Anda. Mereka bahkan menjalankan usahanya hanya dengan modal minim dan membuka usaha di tepi jalan atau trotoar, karena dianggap sangat potensial untuk menarik pelanggan.

Dengan modal yang kecil, usaha ini harus dikembangkan dengan keahlian dan keterampilan memasang dan memotong stiker. Untuk membeli bahan stiker Anda bisa membelinya dalam satuan roll agar lebih murah.

Membuat satu block full cutting untuk satu unit motor matik biasanya dikenakan biaya sekitar dua ratus ribu rupiah. Sedangkan modal belanja bahan stiker yang digunakan untuk 3 motor membutuhkan 2 roll stiker dengan harga seratus lima puluh ribu saja. Tentu usaha ini sangat menjanjikan bagi Anda.

modal awal dalam memulai usaha

Itulah beberapa usaha yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan masih banyak contoh usaha-usaha dagang lainnya yang menggiurkan dan menguntungkan.

Jika Anda memiliki usaha dan ingin usaha Anda berkembang pesat dan agar mudah dikenal banyak orang, caranya sangat mudah yaitu dengan mendaftarkan usaha Anda. Patendo siap membantu Anda WA 0853 5122 5081.

Bagikan :