021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cek HAKI adalah: Pengertian, Tips dan Manfaatnya

Apa itu Cek HAKI

Cek HaKI adalah merupakan suatu layanan diantaranya ditujukan untuk mengecek merek HaKI sebelum mendaftarkan merek agar dapat diketahui merek yang akan didaftarkan sudah terdaftar atau belum ada yang memiliki merek tersebut sehingga pendaftaran merek mempunyai peluang yang lebih besar untuk diterima pendaftarannya.

Seberapa penting mendaftarkan sebuah merek? Sebagai sebuah identitas, tentu hal ini sangat perlu untuk dilakukan. Tujuannya, supaya tidak ada yang meniru merk dagang Anda. Kendati demikian, sebelum mendaftarkannya, harus melakukan cek HaKI terlebih dahulu.

Pengecekan HaKI bertujuan untuk memastikan bahwa objek yang akan Anda ajukan pendaftarannya belum pernah tercatat sebelumnya. Pasalnya, setiap merk dagang hanya bisa digunakan oleh 1 pelaku usaha.

Pengertian HaKI

Pengajuan HaKi dapat mengalami penolakan karena beberapa alasan yang krusial. Namun, jika menggunakan layanan konsultan HKI, kemungkinannya lebih kecil ditolak. Tentu saja hal tersebut berkat keahlian dan pengalaman.

HaKI sendiri merupakan bentuk pengakuan hak terkait aset intangible (tidak memiliki wujud), berasal hasil kreativitas dan pemikiran. Bentuknya bisa berupa karya seni, teknologi, sastra, dan lainnya, yang memiliki nilai ekonomi.

Kelebihan Menggunakan Konsultan HKI

Kelebihan Menggunakan Konsultan HKI

Bagi pemilik merek, tentu banyak hal yang perlu menjadi perhatian agar bisnis berjalan baik. Itulah sebabnya, perlu mendelegasikan tugas kepada ahlinya. Termasuk dalam hal cek HaKi serta proses mendaftarkan merek.

Konsultan HaKI akan memberikan banyak manfaat, yaitu:

1. Proses Cek HaKI Berjalan Mudah

Dalam hal ini, saat melakukan cek HaKI peran konsultan HKI adalah memastikan merek tersebut unik dan belum pernah terdaftar sebelumnya. Selanjutnya, berbekal data yang dibutuhkan, pendaftaran merek dapat berlangsung dengan baik, tanpa Anda harus turut repot mengurusnya.

2. Meningkatkan Potensi Berhasil

Ada kalanya, cek HaKI melalui Konsultan HKI tidak bisa dilakukan sekali. Jika hasil cek HaKI merek ternyata sudah ada yangmemilik maka perlu cek Haki dengan merek yang baru agar pendaftaran merek bisa diterima karena tidak sama dengan merek yang sudah ada. Di samping itu, juga memahami celah dan tips agar tingkat keberhasilan lebih tinggi. Hal ini jelas lebih menghemat tidak hanya waktu, melainkan juga biaya Anda.

3. Layanan Menyeluruh

Satu lagi keuntungan menggunakan layanan cek HaKI dari konsultan HKI adalah Anda dapat menggunakan pelayanan Menyeluruh. Artinya, sejak sebelum mendaftar merek, yaitu mulai melakukan pengecekan, hingga selesai pendaftaran merek.

Tentu saja layanan ini menawarkan banyak kemudahan bagi pemilik merek. Terutama jika muncul masalah setelah registrasi. Anda akan mendapatkan bantuan, sehingga kendala tersebut cepat selesai.

Manfaat Cek HaKI Merek Sebelum Mendaftar Merek

Manfaat Cek HaKI Merek Sebelum Mendaftar Merek

Sering muncul pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk cek HaKI dan mendaftarkan sebuah merek. Jawabannya adalah segera setelah produknya bersifat komersial dan mendatangkan manfaat ekonomis.

Sayangnya, masih banyak pebisnis mengabaikan hal ini. Padahal, untuk urusan cek HaKI dan mendaftar merek dapat Anda serahkan pada konsultan HKI Patendo. Cek HaKI ini penting, sebab memiliki berbagai manfaat, yaitu:

1. Memastikan Merek Belum Terdaftar

Manfaat cek HaKI yang pertama adalah memastikan bahwa merek yang akan Anda daftarkan benar-benar unik dan belum terdaftar sebelumnya. Pasalnya, jika sudah ada yang menggunakannya Anda jadi harus memakai nama dagang lain.

Untungnya, jika memanfaatkan jasa konsultan HKI pada proses cek HaKI ini, Anda akan mendapatkan saran dan solusi, sehingga merek tersebut menjadi unik. Dengan demikian, peluang lolos dan terdaftar lebih tinggi.

2. Efisiensi Biaya Dan Waktu

Banyak orang memiliki anggapan bahwa cek HaKI akan menambah biaya. Pada kenyataannya, yang terjadi justru sebaliknya. Apabila proses cek HaKI serta registrasi merek dilakukan oleh konsultan HKI, lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.

Saat melakukan cek HaKI, bisa jadi menjumpai adanya kesamaan dengan merek yang telah terdaftar. Namun, konsultan HKI akan langsung memberikan saran tentang beberapa perubahan yang perlu Anda lakukan.

Dengan demikian, proses perencanaan merek akan berjalan cepat. Selain itu, ketika mendaftar jadi mempunyai peluang lebih besar lolos. Tentu saja langkah cek HaKI ini bisa membuat proses registrasi lebih hemat waktu dan biaya.

Lain halnya jika Anda melakukan cek HaKI secara mandiri. Bisa jadi, ketika menemukan kesamaan dengan merek terdaftar, akan kesulitan menentukan perubahan yang tepat. Akhirnya, permohonan registrasi justru mendapat penolakan dan anad harus mendaftarkan merek baru karena merek yang anda daftarkan sebelumnya ternyata ditolak.

3. Mendaftarkan Merek Sesuai Ketentuan

Manfaat lain dari melakukan cek HaKI sebelum mendaftar merek adalah dapat memastikan kesesuaiannya dengan ketentuan yang ada. Pasalnya, pembuatan suatu merek tidak boleh asal-asalan, melainkan mengikuti aturan tertentu.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan konsultasi dahulu sebelum cek HaKI atau mendaftar. Pihak konsultan HKI sangat memahami berbagai yang membuat permohonan registrasi mengalami penolakan.
Anda akan mendapatkan saran jika terdapat kesalahan dalam desain merek tersebut. Langkah ini akan meningkatkan peluang lolos pada saat cek HaKI, karena materinya unik dan belum terdaftar sebelumnya.

4. Cek HaKI untuk Menghindari Masalah Hukum

Hak kekayaan intelektual merupakan perlindungan hukum terhadap objek terdaftar. Oleh sebab itu, jika ada pihak yang menggunakannya tanpa izin, tentu akan mendapatkan sanksi. Jadi, penting untuk cek HaKI sebelum mendaftar merek.

Anda juga perlu tahu bahwa pendaftaran HKI bersifat first filed. Artinya, siapa yang mendaftar lebih dahulu, akan memilikinya. Maka dari itu, segera lakukan pendaftaran merek, sebelum keduluan pesaing. Tentu harus cek HaKI terlebih dahulu sebelum mendaftarkan merek.

Saat ini, industri di berbagai bidang berkembang pesat. Sayangnya, banyak pelaku bisnis yang tidak segan meniru, baik produk maupun mereknya. Kemiripan tersebut bisa sangat nyata. Jadi, jika tidak segera cek HaKI dan mendaftarkannya, bisa rugi.

Pasalnya, apabila penjiplak justru lebih gesit melakukan registrasi HKI dan melakukan cek HaKI keadaan dapat berbalik. Justru Andalah yang berada pada posisi peniru di hadapan hukum. Oleh karenanya, permasalahan hak kekayaan intelektual tersebut memang harus secepatnya didaftarkan.

Jangan sampai kompetitor mendahului Anda. Lindungi bisnis dengan melakukan cek HaKI dan registrasi merek sesegera mungkin. Gunakan layanan konsultan HKI Patendo untuk memudahkan dan memberikan bantuan jika terjadi masalah saat mendaftar.

Bagikan :
There are currently no comments.