021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

39 Ide Usaha Modal Kecil yang Sangat Menguntungkan

Usaha modal kecil

Usaha modal kecil pun bisa Anda lakukan, banyak orang yang ragu untuk memulai usaha. Padahal, modal besar bukanlah satu-satunya syarat untuk membuka usaha. Anda bisa membuka usaha modal kecil di rumah Anda dengan potensi profitabilitas yang tinggi.

Beberapa Ide Usaha Modal Kecil

Berikut ini beberapa ide usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan:

1. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Usaha makanan modal kecil untung besar ini tidak harus berpatokan pada bahan yang mahal. Anda bisa memilih bahan camilan yang murah atau bahkan bisa Anda peroleh secara cuma-cuma.

Misalnya, singkong, kentang, atau pisang yang bisa Anda olah menjadi kerupuk.
Jenis makanan tersebut bisa Anda beli di pasar dengan harga murah. Lebih hematnya lagi jika Anda punya kebun sendiri.

2. Dropshipper

Dropshipper bisa menjadi pilihan menarik untuk ide usaha modal kecil Anda. Di sini Anda berperan sebagai penjual dan pembeli produk. Anda hanya perlu mendapatkan supplier produk yang bisa Anda bagikan kepada para pelanggan.

Jika pelanggan Anda tertarik membeli produk yang Anda bagikan, Anda bisa memesan produk tersebut kepada supplier lalu dijual kepada pelanggan.

3. Jastip atau Jasa Titip

Ide usaha modal kecil ini cukup diminati karena hasilnya lumayan menguntungkan. Biasanya, pebisnis jastip ini adalah orang yang sering membeli barang-barang di luar negeri atau kota-kota besar di Indonesia berdasarkan titipan pelanggan.

Adapun barang yang sering dititip belikan seperti makanan, furniture, kosmetik, pakaian, hingga mainan anak. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha kekinian modal kecil ini.

4. Kursus Online

Bagi Anda yang punya keahlian di bidang tertentu, cobalah untuk membuka kursus online. Ide usaha modal kecil ini tentu tidak perlu modal berupa uang, tapi skill yang Anda miliki.

Karena sifatnya yang online, jadi Anda tidak membutuhkan tempat kursus atau berbagai keperluan lainnya. Hanya mengandalkan laptop dan internet, Anda sudah bisa memulai usaha online modal kecil untung besar ini bersama murid-murid Anda.

5. Waralaba/Franchise

Meski sudah berkembang lama, bisnis franchise ini masih menjadi salah satu ide usaha modal kecil yang sangat menguntungkan. Kenapa?

Karena barang yang dijual adalah produk terkenal. Sehingga, tanpa bersusah payah memasarkan produk pun, Anda sudah bisa mendatangkan banyak pelanggan. Ini akan menjadi usaha yang tidak pernah sepi pelanggan.

6. Jasa Pembuatan Website

Jika Anda memiliki skill di bidang ini, tidak ada salahnya menekuni usaha modal kecil ini. Saat ini, permintaan pembuatan website cukup banyak seiring dengan meningkatnya pebisnis online. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya hanya menekuni jasa pembuatan website.

7. Wedding Organizer

Banyak orang mengira menjadi wedding organizer butuh modal yang besar. Padahal, tanpa modal pun Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Ide usaha modal kecil ini hanya membutuhkan kreativitas Anda dalam mengenali pasar. Anda bisa menawarkan jasa wedding organizer dengan konsep yang lagi trend saat ini.

8. Bisnis Kaos Pre Order

Anda tidak perlu khawatir untuk membuka usaha di bidang fashion. Karena industri fashion pasti akan terus berkembang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis Anda dengan berjualan kaos pre order. Modalnya tidak terlalu besar dan Anda bisa memperkecil biaya produksinya dengan menetapkan batas pemesanan.

9. Affiliate Marketing

Di zaman yang serba mudah ini tidak ada alasan untuk tidak berbisnis. Affiliate Marketing adalah contoh ide usaha modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali yang bisa Anda mulai.

Anda hanya perlu terdaftar sebagai affiliate untuk sebuah perusahaan. Kemudian mulai membagikan kode referral unik milikmu kepada pelanggan untuk mendapatkan komisi.

10. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing dapat membantu Anda memperoleh penghasilan tambahan. Peluang Anda di dalam usaha modal kecil ini cukup besar. Pasalnya, banyak mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan sertifikat, abstrak penelitian, CV, dan lain-lain.

Usaha modal kecil Menjanjikan

11. Jualan Tema Blog

Jual tema blog ternyata juga bisa menjadi ide usaha modal kecil yang bisa menguntungkan. Banyak blogger yang senang mengganti tema agar tampilan halamannya menjadi menarik. Anda bisa menawarkannya kepada blogger aktif, developer web, atau pengguna WordPress lainnya.

12. Penulis Lepas

Jangan jadikan menulis hanya sekadar hobi. Gunakan keahlian menulis Anda menjadi pundi-pundi rupiah. Menjadi copywriter atau penulis lepas adalah pilihan paling tepat untuk ide usaha modal kecil. Anda dapat menulis artikel, iklan, berita, dan jenis konten lainnya.

13. Jualan Foto

Siapa bilang jualan foto memerlukan kamera digital? Jualan foto tidak perlu kamera yang mahal. Cukup mengandalkan kamera sendiri dengan skill memotret yang baik, juga dapat keuntungan yang besar. Foto hasil jepretan kamera dari ponsel Anda bisa di jual ke situs seperti freepik, unsplash, fiver, shutterstock, dan sebagainya.

14. Jasa Cuci Kendaraan

Jasa cuci kendaraan bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang bermodal kecil. Anda bisa memulainya dengan jasa cuci motor.

Anda hanya perlu membeli perlengkapan cuci motor dan mulai menjalankan bisnis Anda. Hasil dari jasa cuci kendaraan kecil-kecilan ini dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

15. Menjadi Blogger

Seorang blogger, jika menekuni profesi ini dengan baik tentu akan menghasilkan. Telah banyak contoh orang-orang yang memulai karirnya dari menjadi blogger.

Sebut saja Raditya Dika. Berawal dari blog, menulis novel, hingga menghasilkan jutaan rupiah. Pelajari tentang SEO dan content marketing agar memperluas jaringan pembaca Anda.

16. Buat Podcast

Hanya modal cuap-cuap saja melalui podcast, Anda sudah bisa menghasilkan uang. Saat ini minat masyarakat dalam dunia podcaster cukup besar. Anda tidak perlu memiliki latar belakang di bidang tertentu untuk bisa menekuni usaha modal kecil yang sangat menguntungkan ini.

17. Jual Layanan Subscription

Layanan streaming film, musik, dan video berbayar memang cukup banyak digemari saat ini. Apalagi di masa pandemi yang memungkinkan orang-orang harus lebih banyak di rumah daripada menikmati hiburan di luar.

Oleh karena itu, berjualan layanan subscription seperti Netflix, DisneyPlus, VIU, dan lain sebagainya bisa menambah penghasilan Anda. Usaha modal kecil ini tentu saja memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

18. Menerbitkan Buku

Bagi Anda yang memang punya skill dalam menulis buku atau cerita, menerbitkan buku sendiri adalah opsi yang paling tepat untuk usaha modal kecil.

Tidak perlu menunggu waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun agar penerbit mau menerima naskah Anda. Anda juga bisa menerbitkan buku sendiri melalui penerbit self-publishing.

19. Menjadi Content Creator YouTube

Kreativitas dan ketekunan adalah kunci utama untuk menjadi content creator YouTube. Dalam membuat channel, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis konten apa yang menjadi minat Anda. Misalnya, jika Anda suka memasak, Anda bisa menjadikan memasak sebagai konten YouTube Anda.

20. Menjadi Micro-Influencer

Jika Anda memiliki ribuan followers di media sosial, manfaatkan kesempatan itu untuk menjadi pebisnis dengan usaha modal kecil. Salah satu yang membuat micro-influencer banyak memiliki pengikut adalah karena tingkat interaksi mereka di media sosial, terutama instagram dan tiktok.

Selain aktif berinteraksi di media sosial, Anda juga harus menciptakan personal branding yang menarik. Dengan begitu, brand-brand akan tertarik bekerjasama dengan Anda untuk mempromosikan produknya.

Usaha modal kecil Menguntungkan

21. Jasa Editing Video

Ide usaha modal kecil satu ini sebenarnya cukup mudah. Yang Anda sediakan hanyalah komputer dan software untuk mengedit video.

Mengapa jasa editing video ini sangat menjanjikan? Karena saat ini banyak perusahaan startup atau content creator yang membutuhkan jasa editing video baik untuk konten maupun promosi dan iklan.

22. Menjadi Reseller Nama Domain

Jasa pembuatan website bukan satu-satunya ide usaha modal kecil yang bisa Anda geluti. Nyatanya, menjadi reseller nama domain pun dapat menjadi peluang tak terbatas bagi Anda untuk menghasilkan keuntungan. Di sini Anda bisa membeli dan menjual kembali nama domain dengan harga yang lebih tinggi.

23. Jasa Konseling Online

Hampir semua pekerjaan bisa dilakukan secara online, termasuk jasa konseling. Jika Anda seorang pekerja sosial atau memiliki pengalaman di bidang konseling. Usaha modal kecil yang satu ini sangat pas untuk Anda coba.

Anda hanya perlu membuat website untuk menjadi jembatan Anda bertemu klien. Tak perlu datang ke lokasi, memberikan bimbingan konseling lewat zoom atau panggilan video lainnya juga cukup efektif dan menghemat waktu.

24. Jasa Laundry

Ide usaha modal kecil yang satu ini memang cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah komplek perumahan atau dikelilingi indekos mahasiswa. Biasanya mahasiswa atau orang dengan mobilitas tinggi seringkali tidak sempat mencuci pakaiannya dan akan membawanya ke tempat laundry.

25. Jual Bahan Dekorasi Rumah

Saat ini cukup tren orang-orang melakukan dekorasi kamar atau rumah agar terlihat lebih estetik dan menarik. Ini bisa menjadi ide usaha modal kecil bagi Anda untuk menjual bahan-bahan dekorasi rumah dan aksesoris pendukung. Seperti wallpaper, lukisan, sprei, gorden, tanaman hias, lampu gantung, dan lain sebagainya.

26. Sewa Perlengkapan Bayi

Bagi orang tua yang memiliki bayi tentu saja memerlukan perlengkapan bayi seperti ayunan atau kereta dorong. Namun, ketika anak sudah besar, barang-barang ini sudah tidak diperlukan lagi.

Sayang sekali jika dibiarkan menganggur begitu saja. Apalagi harganya terbilang cukup mahal. Oleh karena itu, ada baiknya jika terlihat masih layak, Anda bisa menyewakannya ke orang yang membutuhkan. Ini bisa menjadi ide usaha modal kecil yang sangat menguntungkan.

27. Bercocok Tanam

Di masa pandemi, banyak yang akhirnya melakukan aktivitas bercocok tanam di halaman rumah mereka. Selain untuk mengisi waktu, bercocok tanam juga bisa menjadi ide usaha modal kecil untung besar bagi pemula.

Anda bisa menjual tanaman hidroponik hasil petik di kebun sendiri. Seperti selada, cabe, kacang panjang, timun, dan lain sebagainya.

28. Perawatan dan Penitipan Hewan

Jika Anda pecinta hewan, tidak ada salahnya untuk menjadikan ini sebagai salah satu ide usaha modal kecil. Anda bisa menawarkan layanan seperti memandikan hewan, merawat atau bahkan bisa menerima tempat penitipan hewan.

29. Jasa Transkrip Audio

Jasa transkrip file audio juga cukup banyak diperlukan di era digital. Tugas Anda hanya menuliskan apa yang Anda dengar dari rekaman audio. Anda hanya perlu memiliki kemampuan mengetik yang cepat di samping memiliki skill listening yang mumpuni.

30. Sewa Perlengkapan Mendaki

Mendaki gunung tentu tidak sering dilakukan. Jika Anda memiliki perlengkapan mendaki, cobalah untuk membuka usaha sewa alat mendaki. Orang-orang biasanya jarang membeli peralatan mendaki karena hanya sekali dua kali terpakai. Oleh karena itu, menyewa adalah jalan terbaik.

Usaha modal kecil Menguntungkan Sekali

31. Katering

Ide usaha modal kecil satu ini juga bisa Anda coba. Anda bisa melayani berbagai macam katering seperti katering pesta, perusahaan atau sekolahan. Jika masih awal-awal, sebaiknya Anda menggunakan modal tidak terlalu banyak. Carilah supplier yang murah namun berkualitas.

32. Layanan Daur Ulang

Layanan daur ulang ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya mengumpulkan barang-barang dari rumah ke rumah untuk mendaur ulang sampah. Namun, sebelum Anda menekuni ide usaha modal kecil satu ini, Anda harus memiliki wawasan tentang cara pengelolaan sampah.

33. Perawatan Anak

Banyak orang tua yang sibuk bekerja dan tidak punya seseorang untuk menjaga anaknya yang masih kecil di rumah. Anda bisa memulai ide usaha modal kecil ini dengan membuka tempat penitipan anak atau day care di rumah Anda.

Sediakan alat bermain agar anak tidak merasa bosan dengan Anda. Saat ini banyak orang tua yang memilih daycare karena anak juga bisa belajar sambil bermain.

34. Layanan Pemandu Wisata

And tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun untuk menjadi layanan pemandu wisata. Anda hanya perlu menguasai segala informasi lokasi wisata yang menjadi wilayah kerja Anda. Sebarkan informasi tentang Anda di media sosial agar orang lain dapat memilih Anda sebagai tour guide-nya.

35. Broker Real Estate

Menjadi broker real estate merupakan ide usaha modal kecil yang untungnya sangat besar. Anda bisa memulainya dengan mengikuti pelatihan bersertifikat yang berkaitan dengan agen properti.

Dengan lisensi yang Anda dapat, Anda bisa mencari kantor agen properti yang terpercaya untuk mendapatkan pendampingan dan memperoleh jaringan yang luas.

36. Pengembang Aplikasi

Tentu untuk menjadi pengembang aplikasi Anda harus memiliki kemampuan di bidang ini. Saat ini pengembang aplikasi mobile juga cukup populer. Anda bisa mengembangkan aplikasi secara mandiri atau membuat aplikasi sendiri, atau menawarkan layanan Anda ke perusahaan pengembang aplikasi.

37. Jual E-book

Ide usaha modal kecil satu ini tidak jauh-jauh dari aktivitas keseharian Anda dalam menulis. Jika Anda seorang penulis produktif, cobalah untuk membuat E-book dan menjualnya ke berbagai platform seperti Amazon, Google Book, dan lain sebagainya. Sebab, bisnis ini bisa sangat menguntungkan dalam berbisnis.

38. Fotografer Acara

Jangan biarkan kamera digital Anda menganggur. Anda dapat menawarkan jasa atau layanan memotret secara khusus seperti momen wisuda, lamaran, atau bahkan pesta perkawinan. Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak jika Anda konsisten dalam menekuni usaha ini.

39. Usaha Sewa Pakaian

Di hari-hari besar seperti Hari Kartini dan Hari Kemerdekaan, biasanya ada perayaan dengan memungkinkan seseorang untuk memakai busana daerah. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik bagi Anda yang senang dalam berkreasi.

Anda bisa menawarkan usaha modal kecil ini kepada orang-orang secara online. Omzet jutaan rupiah menanti Anda jika mampu menekuni peluang ini.

Itulah 39 ide usaha modal kecil yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin memulai bisnis. Jangan ragu untuk memulai bisnis Anda. Pastikan untuk menguasai bidang yang Anda pilih agar tidak gagal menjalankan usaha.

Lindungi nama merek usaha Anda agar tidak hilang dicuri orang, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.