021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

40 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Untung Besar

Banyak yang berpendapat bahwa bisnis kuliner tidak akan ada habisnya. Penasaran dan tertarik untuk mencobanya? Di bawah ini adalah 40 ide bisnis di bidang kuliner yang bisa Anda coba dengan potensi keuntungan sangat besar!

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

1. Katering Sehat

Tidak bisa dimungkiri bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan sudah semakin tinggi. Hal ini membuat produk-produk yang menawarkan khasiat dalam bidang kesehatan semakin digemari.

Tidak ketinggalan juga dengan usaha dalam bidang katering. Dalam menjalankan bisnis kuliner ini, Anda bisa melakukannya dengan menyiapkan paket makanan sehat selama satu bulan.

Tentu Anda perlu menonjolkan aspek kesehatan seperti pemilihan bahan baku, rendah kalori dan berbagai hal lainnya.

2. Katering Mahasiswa

Mahasiswa merupakan potensi pasar yang cukup potensial. Dalam bisnis kuliner ini, tentu Anda menarget mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua mereka.

Anda bisa bekerja sama dengan asrama kampus ataupun organisasi mahasiswa untuk mendapatkan pelanggan. Bisa Anda bayangkan berapa keuntungan yang didapat jika dalam satu bulan mampu menyediakan katering untuk 100 mahasiswa saja?

3. Katering Kantor

Bisnis kuliner di bidang katering yang juga sangat menjanjikan adalah untuk areal perkantoran. Hal ini dikuatkan dengan masih banyak karyawan yang tidak sempat menyiapkan bekal untuk dibawa ke tempat kerja.

Bisnis ini juga bisa Anda jalankan dengan menjalin kerja sama dengan kantor yang memberi fasilitas makan siang pada karyawan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak pesanan katering hanya dari satu klien saja.

4. Katering Pesta

Sudah bukan rahasia lagi jika katering pesta merupakan satu dari sekian bisnis kuliner paling menguntungkan. Dalam satu kali acara saja, Anda bisa mendapatkan untung hingga jutaan rupiah.

Anda bisa memberikan layanan katering untuk berbagai pesta seperti lamaran, pernikahan, ulang tahun, arisan dan sebagainya. Dapat Anda lihat bahwa target pasar dari bisnis ini cukup luas.

5. Menu Aqiqah

Akikah merupakan hal yang tidak asing bagi umat Islam. Di balik kesakralannya, akikah merupakan kesempatan untuk menjalankan bisnis kuliner dengan potensi keuntungan yang sangat besar.

Sebab semua anak dalam keluarga muslim pasti akan melakukan akikah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan pelanggan dalam jangka waktu tertentu.

6. Cake Ulang Tahun

Kue merupakan hal yang harus ada dalam perayaan ulang tahun. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalankan bisnis kuliner dengan potensi keuntungan luar biasa.

7. Parsel Kue Kering

Pemberian parsel berupa kue kering merupakan hal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk memulai bisnis kuliner.

8. Parsel Dessert Box

Selain kue kering, Anda juga bisa membuka usaha bisnis kuliner berupa parsel dessert box. Apalagi dessert box merupakan makanan yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir.

Parsel berisi dessert box juga cocok untuk berbagai keperluan. Bukan hanya pemberian pada hari besar seperti lebaran atau natal, namun dessert box juga bisa dijadikan parsel pada acara lainnya.

9. Kuliner Khas Daerah

Anda tinggal di daerah yang memiliki makanan khas tertentu? Maka jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk memulai bisnis kuliner! Sebab menjual makanan khas terbukti menjadi usaha di bidang kuliner yang sangat menjanjikan.

Bagi Anda yang merantau juga bisa menjalankan bisnis ini. Justru biasanya makanan khas daerah akan memiliki banyak pelanggan ketika dijual di daerah lain.

10. Spesialis Makanan Jepang

Salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia adalah makanan Jepang. Mulai dari sushi, ramen, teriyaki hingga berbagai jenis makanan Jepang lainnya sudah sangat terkenal hingga ke manca negara.

Maka tidak ada salahnya jika Anda membuka bisnis kuliner dengan tema makanan Jepang. Apalagi jika Anda bisa menyajikan makanan Jepang dengan cita rasa yang otentik, pasti akan mendapatkan banyak pelanggan.

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Spesialis Makanan Italia 

11. Spesialis Makanan Italia 

Makanan Italia seperti pizza ataupun spaghetti telah menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Karena itulah memulai usaha kuliner dengan tema makanan Italia cukup menjanjikan dan memberi banyak keuntungan.

12. Spesialis Makanan Timur Tengah

Banyak masyarakat Indonesia yang cocok dengan cita rasa masakan dari timur tengah. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari pelanggan jika memulai bisnis kuliner dengan nuansa khas timur tengah.

13. Spesialis Makanan Korea

Budaya Korea memang tengah menjamur di Indonesia. Bukan hanya dari sisi hiburan, namun kuliner Korea mulai dari makanan ringan hingga berat juga mulai digemari masyarakat.

Tingginya minat terhadap makanan dari Negeri Ginseng ini bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis kuliner. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak tahu cara membuat makanan Korea karena sekarang sudah tersedia banyak tutorial di internet.

14. Makanan Serba Vegan

Tren gaya hidup vegan atau tidak makan daging sedang mengalami kenaikan. Jika Anda berniat untuk membuka usaha yang hanya menyediakan menu vegan atau vegetarian, maka sekarang adalah saatnya!

15. Grill Meat All You Can Eat

Semua pencinta daging pasti senang dengan konsep all you can eat. Karena itulah, saat ini restoran daging dengan konsep all you can eat semakin banyak dan mudah ditemui.

Meski memiliki konsep all you can eat, Anda tidak perlu khawatir dengan potensi kerugian. Selama Anda bisa melakukan manajemen dengan baik, bisnis kuliner yang satu ini akan memberi Anda keuntungan yang sangat besar.

16. Dimsum All You Can Eat

All you can eat selalu menjadi konsep restoran yang disukai oleh banyak orang. Maka tidak salah jika bisnis kuliner dengan konsep ini mulai diadopsi pada kuliner lain termasuk dimsum.

Di satu sisi hal ini tentu disambut baik oleh para pencinta dimsum. Karena itulah, Anda bisa menjadikan ide ini untuk memulai bisnis kuliner.

17. Bakso All You Can Eat

Hampir semua orang Indonesia suka dengan bakso. Apalagi jika menggunakan konsep all you can eat sehingga bisa mengambil bakso dalam jumlah banyak tanpa memperhitungkan harga.

Strategi untuk menjalankan bisnis kuliner adalah dengan memberikan batasan berupa mangkok. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir pelanggan akan mengambil ratusan bakso dalam satu kali makan sehingga membuat Anda merugi.

18. Warmindo

Warmindo atau warung makan indomie tidak pernah kehabisan pelanggan. Ini merupakan bisnis kuliner yang sering diremehkan padahal bisa memberikan Anda omset jutaan rupiah setiap harinya.

19. Angkringan

Di kota mana saja Anda berada, hampir setiap angkringan selalu ramai pelanggan. Maka tidak salah jika Anda mempertimbangkan untuk membuat bisnis kuliner ini di tempat Anda.

20. STMJ

STMJ merupakan minuman penuh khasiat yang digemari banyak orang. Selain mencari khasiatnya, biasanya orang-orang minum STMJ sambil berkumpul pada malam hari.

Jika Anda ingin membuka bisnis kuliner ini, maka kami sarankan untuk menyediakan makanan pelengkap sampingan. Contohnya seperti roti bakar, kacang hingga camilan modern seperti kentang goreng.

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Nasi Kucing

21. Nasi Kucing

Anda pernah dengar nasi kucing? Kuliner yang satu ini digemari karena memiliki harga terjangkau dan porsi yang cukup. Anda bisa menjalankan bisnis kuliner nasi kucing dengan membukanya pada malam hari serta menyiapkan berbagai sate sebagai pelengkap.

22. Bubur Kacang Hijau

Penjual bubur kacang hijau bisa Anda temukan hampir di setiap kota di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa minat terhadap kuliner yang satu ini cukup tinggi.

Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner bubur kacang hijau, Anda bisa melakukan branding yang unik untuk menarik minat calon pelanggan.

23. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah satu satu menu wajib untuk sarapan. Karena itulah bisnis kuliner yang satu ini selalu memiliki pelanggan di mana saja Anda menjalankannya.

24. Susu Kurma

Salah satu minuman yang masih jarang ditemui padahal memiliki potensi keuntungan cukup menjanjikan adalah susu kurma. Selain penuh khasiat, susu kurma juga nikmat dan bisa menjadi pengganjal perut.

Tidak perlu ragu jika Anda ingin memulai bisnis kuliner susu kurma. Anda bisa mencari penyedia kurma kiloan untuk mendapatkan bahan baku berkualitas sehingga cita rasa susu kurma disukai oleh banyak pelanggan.

25. Aneka Kopi

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis kuliner berupa kedai kopi memang sedang ramai. Anda bisa stand out dan mendapatkan perhatian pelanggan dengan menyediakan kopi dengan berbagai varian yang unik dan belum dijual di tempat lain.

26. Aneka Jus

Semua orang percaya bahwa jus merupakan minuman yang enak serta menyehatkan. Hal inilah yang membuat bisnis kuliner berupa menjual jus menjadi favorit banyak orang karena bisa memberikan banyak penghasilan.

27. Salad Buah

Selain jus, kuliner yang memanfaatkan buah sebagai bahan utama adalah salad buah. Sama seperti jus, bisnis kuliner ini juga cukup menjanjikan sebab banyak orang yang mencari salad buah karena selain nikmat juga bermanfaat bagi tubuh.

28. Soto Lamongan

Salah satu soto yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia adalah soto lamongan. Jika Anda adalah pecinta soto, maka membuka bisnis kuliner berupa soto lamongan merupakan pilihan yang tepat.

29. Soto Betawi

Soto betawi memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari soto lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda menjalankan bisnis kuliner ini karena penggemarnya cukup banyak dan ada di hampir setiap daerah.

30. Coto Makassar

Makanan yang berasal dari Pulau Sulawesi ini sangat digemari di berbagai daerah. Jika Anda berasal dari Makassar, pasti setuju jika kami mengatakan bisnis kuliner menjual coto makassar akan mudah mendapatkan pelanggan.

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Aneka Sambal

31. Aneka Sambal

Anda keliru jika beranggapan bahwa bisnis kuliner hanya tentang makanan berat atau ringan. Sebab ternyata sambal juga merupakan salah satu bisnis yang populer dan sangat menjanjikan.

Apalagi mengingat masyarakat Indonesia yang sangat senang menggunakan sambal sebagai pelengkap berbagai makanan. Karena itulah Anda tidak akan kesulitan memasarkan sambal di Indonesia.

32. Bawang Goreng

Selain sambal, masyarakat Indonesia juga gemar menggunakan bawang goreng untuk berbagai menu. Maka tidak salah jika beranggapan bisnis kuliner berupa bawang goreng bisa memberi keuntungan yang cukup besar.

Bisnis ini bisa Anda jalankan dengan model B2C yaitu menjual secara langsung ataupun B2B dengan menjual kepada penjual. Menjual kepada penjual memang mengharuskan Anda mematok harga lebih murah, hanya saja mereka akan membeli langsung dalam jumlah banyak.

33. Nasi Kepal

Di zaman serba cepat seperti sekarang, banyak orang yang enggan membuang banyak waktu bahkan hanya untuk makan. Oleh karena itu, nasi kepal merupakan salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan di masa sekarang.

Sebab proses pembuatan hingga makan nasi kepal cukup cepat. Hal ini akan memudahkan banyak orang untuk menghemat waktu makan mereka dan segera melakukan kegiatan lainnya.

34. Ayam Krispi Aneka Bumbu

Ayam krispi memang menjadi salah satu kuliner yang hampir bisa Anda temui di mana saja. Mulai dari restoran mewah hingga pinggir jalan menyajikan ayam krispi sebagai menu mereka.

Untuk menarik pelanggan, Anda bisa menjalankan bisnis kuliner ini dengan bervariasi pada bumbu pelengkapnya. Anda bisa memberikan bumbu keju, mentai, teriyaki dan berbagai bumbu lainnya untuk membuat ayam krispi yang unik dan disukai.

35. Aneka Gorengan

Menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, bisnis kuliner gorengan tidak boleh Anda lewatkan. Meski terkesan sederhana, namun kenyataannya bisnis ini bisa memberi Anda omset jutaan rupiah dalam beberapa hari saja.

36. Martabak / Terang Bulan

Di mana saja Anda berada, pasti pernah melihat penjual martabak. Hal ini merupakan bukti bahwa martabak atau terang bulan adalah salah satu bisnis kuliner yang memiliki potensi sangat besar.

37. Pizza Jumbo

Salah satu bisnis kuliner dengan potensi besar namun jarang ditemui adalah pizza jumbo. Anda bisa menjual produk ini untuk kebutuhan pesta, acara kantor, acara organisasi dan sebagainya.

38. Burger

Burger merupakan salah satu makanan dengan jumlah penggemar terbanyak di dunia. Karena alasan itulah, Anda bisa menjadikan burger sebagai ide bisnis kuliner untuk mulai mendapatkan keuntungan.

39. Kebab Frozen

Bisnis kuliner dengan potensi keuntungan besar dan tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah menjual kebab frozen. Berbeda dengan kebab biasanya, Anda menjual produk kebab yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Kelebihan dari produk ini adalah daya tahan yang tinggi serta bisa Anda kirim lintas daerah. Dengan begitu Anda bisa menjajakan kebab frozen melalui media sosial ataupun marketplace.

40. Risoles Frozen

Cara memulai bisnis kuliner berupa risoles frozen sangatlah mudah. Sebab sebenarnya proses pembuatannya sama dengan risoles pada umumnya. Hanya saja Anda tidak perlu langsung menggorengnya.

Dengan begitu, justru menjual risoles frozen membutuhkan modal lebih sedikit dibanding risoles matang. Karena Anda tidak harus mengeluarkan modal berupa minyak ataupun gas untuk menggoreng.

Ide Unik untuk Tarik Pelanggan

Ide Unik untuk Tarik Pelanggan

Bisnis di bidang kuliner memang dapat dianggap tidak akan pernah ada habisnya. Sebab makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia yang akan terus ada hingga kapan pun.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan pelanggan jika memulai bisnis di bidang ini. Namun, tentunya Anda harus memiliki ide bisnis kuliner yang unik agar bisa mencuri perhatian pelanggan.

Bagikan :
There are currently no comments.