021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Konsultan HKI Terdaftar, Merek, Hak Cipta, Desain Industri 2022

Apa itu Konsultan HKI
Konsultan HKI adalah merupakan orang yang memiliki keahlian di bidang hak kekayaan intelektual, yang memberikan pengajuan dan kepengurusan permohonan HKI. Konsultan HKI kami di jakarta dipercaya banyak klien dari dalam & luar negeri. Melayani pendaftaran merek, hak cipta dan desain industri. Konsultan HKI juga melayani perpanjangan merek.

Konsultan HKI terhimpun dalam Asosiasi Konsultan HKI Indonesia. Keberadaan Konsultan HKI ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2005 sebagai payung hukum para konsultan HKI.

Dalam PP 100/2021 menetapkan bahwa Konsultan HKI adalah orang yang memiliki keahlian di bidang kekayaan intelektual, dan terdaftar sebagai Konsultan HKI. Mereka secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan permohonan kekayaan intelektual kepada siapapun yang mengajukan, termasuk dengan merek produk dan jasa dari perusahaan Anda.

Bahkan pensiunan dari karyawan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dapat diangkat menjadi Konsultan HKI dengan memenuhi syarat seperti disebut diatas, dan sudah mengabdi bekerja selama 20 tahun pada Direktorat Jenderal, serta telah melewati jangka waktu lebih dari satu tahun, yang terhitung sejak tanggal dibuatnya surat keputusan pensiun.

Berdasarkan Pasal 7 PP 2/2005 menentukan kalau Konsultan HKI diangkat dan disumpah janji, serta didaftarkan dalam daftar Konsultan HKI. Pengangkatan tersebut akan diinformasikan di Berita Resmi tentang HKI yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Untuk lebih meningkatkan kualitas, maka Direktorat Jenderal HKI akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Konsultan HKI setiap 5 tahun sekali seperti yang diatur dalam Pasal 10 ayat 2, PP 2/2005.
Konsultan HKI PatendoPernahkah mendengar dan mengikuti berita tentang sebuah kasus rebutan logo atau merek restoran cepat saji milik seorang selebriti dengan restoran milik seseorang yang sama-sama menjual ayam pedas? Kasus itu cukup memakan waktu lama. Saling merasa memiliki hak yang sama terhadap logo atau simbol restoran bergambar ayam tersebut. Semakin mudah melindungi merek dengan menghubungi Konsultan HKI Patendo.

Atau pernahkah mendengar kisah seorang pencipta lagu yang merasa ilustrasi musiknya diambil oleh pencipta lagu lain meski tidak secara keseluruhan? Atau ada kasus pembajakan dalam bentuk buku-buku pelajaran dan buku novel, seperti dicetak dengan kualitas kurang bagus, foto kopi, atau dalam bentuk pdf.

Ada juga penyerobotan karya tulis sebuah novel beberapa waktu lalu. Karya novel seseorang diaku-aku oleh seseorang lain sebagai karya novelnya, hingga sampai mempublikasikan buku novelnya dan terjual laris manis di pasaran. Konsultan HKI kami siap membantu Anda, segera hubungi WA 0853 5122 5081.

Tentu saja ini sangat merugikan si penulis asli novel tersebut. Bagi industri, pembajakan akan menurunkan nilai penjualan buku novel asli. Secara langsung hal itu akan menurunkan nilai royalti yang seharusnya diterima pencipta aslinya.

Dari empat kasus diatas, kita bisa belajar tentang betapa pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Termasuk buat perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk tertentu atau jasa khusus yang bernilai ekonomis. Karya produk itu harus didaftarkan dan dipatenkan, serta disahkan secara hukum. Kami Konsultan HKI memberikan konsultasi gratis via WA dan email.

Ini penting agar produk dengan fungsi serupa bukan merupakan produk jiplakan atau bajakan. Sama seperti harta yang berwujud, maka hak cipta juga membutuhkan perlindungan. Hubungi segera Kami Konsultan HKI agar merek anda tidak digunakan orang lain.

Sudah Saatnya Mendaftarkan Merek dan Karya Cipta Anda!

Hanya untuk kepengurusan merek dibutuhkan waktu yang panjang dengan aturan yang ketat, serta menyiapkan berbagai berkas dokumen yang harus lengkap di dalam kepengurusan Hak Merek dan sebagainya.

Sangat Menguras waktu dan tenaga pastinya. Maka sudah saatnya perusahaan Anda menghubungi Konsultan HKI. Dengan keberadaan para Konsultan HKI tersebut, maka urusan pendaftaran merek dan hak cipta dari produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan Anda bisa tercatat secara hukum negara.

Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan penghasil produk dan layanan jasa tertentu, atau penghasil sesuatu dengan proses yang berguna untuk makhluk hidup yang bernilai ekonomis, maka diperlukan untuk mengurus Hak Atas Kekayaan Intelektual atau disebut singkat sebagai HAKI Merek Bisnis. Konsultan HKI terpercaya Patendo juga melayani pengalihan hak merek.

Dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Intellectual Property Right (IPR) atau Intellectual Property (IP). Istilah ‘Intelektual’ yang dimaksud adalah Kecerdasan, Daya Pikir, atau Produk Pemikiran Manusia.

HAKI merupakan Hak Eksklusif kepada hasil karya cipta seseorang atau kelompok orang agar tidak sembarang orang atau pihak lain melakukan penjiplakan, memberi pengakuan palsu, dan mencari keuntungan dan merugikan pencipta karya aslinya. Konsultan HKI berpengalaman Patendo siap melayani anda dalam pendaftaran merek, hak cipta dan desain industri.

HAKI mencakup pada Hak Cipta, Hak Paten serta Hak Merek. HAKI merupakan bagian dari hak atas benda tak berwujud (benda immateriil). Secara sifat, HAKI adalah berwujud dalam bentuk informasi, wawasan pengetahuan, teknologi, keilmuan, seni, sastra dan keterampilan, dan hal-hal lain tidak berbentuk tertentu.

Adapun pengertian Hak Cipta adalah hak khusus pencipta dalam bentuk logo, buku, pamflet, lagu, musik, drama, perfilman, rekaman, program komputer, novel, cerita pendek, karya tulis, ceramah, kuliah, pidato, alat peraga, seni rupa, lukis, ukir, kaligrafi, pahat, patung, kolase, seni terapan, arsitektur, peta, seni batik, dan karya cipta manusia lainnya. Konsultan HKI yang profesional Patendo memberikan pelayanan terbaik dan harga yang terjangkau.

Sedangkan Desain Industri merupakan suatu kreasi dalam bentuk, konfigurasi, komposisi garis dan warna dalam bentuk 2 atau 3 dimensi dapat berupa motif, coretan, kemasan, plastik produk, barang, komoditas industri, kerajinan tangan, dan sebagainya.

Di Indonesia, divisi otoritas publik yang mempunyai wewenang untuk menerima, memproses dan memberikan persetujuan perlindungan kekayaan intelektual (KI) adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Begitu panjangnya proses dan aturan yang harus dilakukan, maka perusahaan Anda membutuhkan konsultan HKI.

Nama Merek harus dipastikan belum dipakai oleh pihak lain. Jika sudah menentukan nama merek, maka Konsultan HKI membantu perusahaan Anda untuk melakukan pendaftaran Hak Merek.

Dalam memberikan konsultasi dan usulan kepada perusahaan atau klien, maka Konsultan HKI harus bersikap jujur dan memberi penjelasan detil tentang HAKI dan nilai-nilainya. Sebagai Konsultan HKI diwajibkan memberikan proteksi atau cara-cara baik yang tidak melanggar hukum dalam mengajukan Hak Merek.

Tidak memberi saran kepada klien untuk memberi sogokan buat instansi pemerintah terkait, atau memaksa nama merek pihak lain yang sudah terdaftar untuk digunakan klien, dan memberikan pemaksaan-pemaksaan yang melanggar hukum berlaku. Konsultan HKI terpercaya Patendo memberikan harga yang terjangkau untuk para pengusaha.

Jasa Konsultan HKI

Manfaat Jasa Konsultan HKI

Anda harus memastikan konsultan HKI sebagai Konsultan HKI yang sudah terdaftar dalam daftar data konsultan HKI.

Konsultan HKI sangat taat pada kode etik profesi yang berlaku. Konsultan HKI dilarang memberikan informasi yang palsu, atau menyebarkan hoaks dan mendiskriditkan Konsultan HKI lain. Konsultan HKI juga tidak boleh bekerjasama dengan instansi pemerintahan yang bertugas dalam rangka korupsi atau mencari keuntungan pribadi, atau bersindikat buruk.

Konsultan HKI melakukan Pendaftaran HKI seperti Hak Merek dan Hak Cipta. Adapun sejumlah dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam kepengurusan Pendaftaran Merek atau Hak Merek lainnya adalah berkas dokumen: Nama dan logo atau merek perusahaan Anda, surat pernyataan kepemilikan merek yang dimohonkan pendaftarannya, adanya surat kuasa, apabila suatu permohonan diajukan melalui kuasa.

Jika permohonan diajukan dari lebih satu pemohon secara bersamaan, maka mereka berhak atas merek tersebut. Untuk itu seluruh nama pemohon dicantumkan dengan memilih salah satu alamat sebagai alamat dari pemohon. Permohonan itu kemudian ditandatangani oleh salah satu dari pemohon yang berhak atas merek tersebut, dan melampirkan persetujuan tertulis dari para pemohon yang diwakilkan, adapun manfaat Konsultan HKI adalah:

1. Konsultan HKI membantu perusahaan Anda dalam urusan pendaftaran merek produk dan tercatat dalam hukum. Untuk kepengurusan tersebut sering memakan waktu lama dan biaya yang banyak jika tidak memahami medannya. Untuk itulah peran Konsultan HKI berpengalaman dalam bidangnya sangat dibutuhkan untuk meringkas waktu dan biaya kepengurusan hak merek dan sebagainya.

2. Konsultan HKI mengurus tuntas berbagai persoalan rumit dalam mendapatkan hak merek, seperti adanya penolakan atau berkas-berkas yang dibutuhkan. Dengan keberadaan Konsultan HKI berpengalaman, urusan pendaftaran merek dan hak dagang lainnya jadi lebih cepat dan sulit memperoleh penolakan;

3. Konsultan HKI mengurus semua keperluan pengajuan Hak Merek dan sebagainya ke kantor Direktorat Jenderal KI.

4. Konsultan HKI melakukan efisiensi biaya untuk berbagai keperluan Hak Merek lainnya untuk produk dan jasa perusahaan Anda. Sekalipun ada biaya tambahan, Konsultan HKI mengajukan permohonan dan berkonsultasi dahulu dengan Anda sebagai pemilik perusahaan.

Melindungi Hak Kekayaan Intelektual atau HKI seperti melindungi barang berharga yang abstrak dan tidak terwujud. Ini karena bentuknya sebagai karya cipta manusia dan karya kreatifitas seseorang atau kelompok orang yang bernilai tinggi. Mereka semua harus memiliki pengakuan dan perlindungan secara hukum negara. Dengan pengakuan secara hukum tersebut, hasil buah pikir manusia itu tidak bisa disalahgunakan begitu saja.

Maka segeralah mendaftarkan Hak merek untuk produk dan jasa dari perusahaan Anda.
Dengan bekerjasama dengan tim Konsultan HKI, urusan pendaftaran merek Anda akan lebih cepat secara waktu dengan biaya yang juga efisien.

Keberadaan Konsultan HKI sangat membantu kerja dari Ditjen HKI guna memberi wawasan dan pengetahuan, serta mensosialisasikan tentang HKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Bisa dibilang, keberadaan Konsultan HKI menjadi jembatan antara Dirjen HKI dengan Perusahaan atau pihak yang mengajukan Hak Merek, Silahkan hubungi Konsultan HKI Terdaftar Patendo agar merek anda segera terlindungi.

Bagikan :
There are currently no comments.