021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Syarat Pendaftaran Merek Dagang, Cara dan Biaya 2022

Syarat pendaftaran merek dagang mudah serta biaya murah, proses cepat bersama Konsultan HKI Patendo terpercaya dan berpengalaman. Dapatkan konsultasi gratis. Pendaftaran merek dagang merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan yang akan beroperasi di Indonesia.

Bukan hanya perusahaan dengan merek dalam negeri, namun merek dagang asing yang akan beroperasi di Indonesia juga seharusnya memiliki merek terdaftar.

Syarat pendaftaran merek dagang

 

Cara Pendaftaran Merek Dagang Terbaik melalui Konsultan HKI

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merujuk pada hak hukum yang memberikan perlindungan kepada sang pencipta atas karya asli atau temuan-temuan autentiknya. Merek dagang sendiri termasuk salah satu jenis perlindungan kekayaan intelektual.

Begitu Anda melakukan pendaftaran merek dagang Anda secara legal, maka Anda telah berusaha mencegah usaha-usaha duplikasi atau pencurian nama dan desain produk yang Anda kreasikan. Inilah alasan terbesar mengapa pendaftaran merek dagang bersifat sangat krusial, terutama saat Anda hendak mendirikan badan usaha.

Sementara itu, terdapat beberapa metode pendaftaran merek dagang yang berbeda tergantung pada jenis salurannya. Walaupun demikian, mengandalkan jasa konsultan HKI terdaftar masih dianggap sebagai pilihan paling ideal di antara cara-cara lainnya.

Pasalnya, pendaftaran merek dagang bukanlah ranah hukum yang ramah bagi mereka yang gemar mencari-cari ‘jalan pintas’. Terlebih jika Anda tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup di bidang tersebut, maka melimpahkan urusan yang satu ini pada konsultan HKI kepercayaan Anda adalah opsi yang paling aman.

Dengan begitu, proses pendaftaran merek dagang yang semula tampak berbelit-belit dengan sendirinya akan menjadi lebih mudah bagi Anda.

Proses pendaftaran merek dagang dimulai dengan mengetahui syarat pendaftaran merek. Dengan kata lain, mula-mula Anda harus mencari tahu apakah merek Anda memenuhi kualifikasi untuk disahkan sebagai merek dagang terdaftar.

Pengertian merek sendiri relatif luas. Contohnya, ia bisa berupa kata, frasa, simbol, desain, atau perangkat apa pun yang merujuk pada suatu produk atau jasa.

Perlindungan kekayaan intelektual juga berlaku untuk materi non-visual lainnya, selama hal tersebut membedakan suatu barang atau layanan tertentu. Untuk mempelajari syarat pendaftaran merek secara menyeluruh, lompati ke bagian selanjutnya.

Namun, pada dasarnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghindari nama merek dagang yang terlalu deskriptif yang secara harfiah menggambarkan kualitas, fitur, tujuan, atau fungsi produk Anda.

Periksa Ketersediaan Nama Merek

Setelah mengetahui seluruh syarat pendaftaran merek dan mempersiapkan kandidat nama merek Anda, tahapan berikutnya dalam proses pendaftaran merek dagang adalah memastikan bahwa nama-nama tersebut tersedia untuk Anda klaim.

Saat Anda mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang, hal paling pertama yang akan dicek dari merek Anda adalah apakah merek Anda identik atau mirip dengan merek dagang milik orang lain.

Itulah sebabnya proses pendaftaran merek dagang tidak benar-benar dimulai sampai pencarian nama merek dagang benar benar diketahui masih kosong atau belum ada yang memiliki nama merek tersebut. Untuk mengetahui apakah nama merek yang telah Anda persiapkan bebas untuk Anda klaim, Anda dapat melimpahkannya pada konsultan HKI terdaftar.

Lagi-lagi, konsultan HKI adalah para ahli di bidangnya. Alhasil, mereka tentu memahami proses pendaftaran merek dagang yang harus dilalui untuk mendapatkan persetujuan. Faktanya, keseluruhan prosedur pendaftaran merek dagang dapat memakan waktu hingga beberapa bulan lamanya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal semacam ini apabila Anda bekerja sama dengan konsultan HKI.

Temukan Konsultan HKI Terdaftar

Tahapan berikutnya berlanjut dengan mencari konsultan HKI yang tepat untuk melancarkan proses pendaftaran merek dagang Anda. Perlu Anda perhatikan bahwa Anda sebaiknya tidak memilih sembarang konsultan HKI.

Anda perlu mencari konsultan HKI yang memenuhi syarat dan terdaftar untuk praktik di Dirjen HKI. Tidak hanya itu, pendaftaran merek dagang akan jauh lebih mudah apabila Anda bekerja dengan firma hukum yang berspesialisasi dalam masalah kekayaaan intelektual.

Ini lantaran lembaga-lembaga tersebut memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni seputar pendaftaran merek dagang. elemen tersebut akan memastikan bahwa konsultan HKI yang Anda tunjuk akan menangani pendaftaran merek dagang Anda dengan benar.

Terakhir, Anda juga sebaiknya melihat track record calon konsultan Anda. Dengan demikian, pendaftaran merek dagang Anda akan mempunyai peluang lebih besar untuk disetujui.

Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Syarat Pendaftaran Merek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tahapan paling awal dalam pendaftaran merek dagang berupa pengecekan syarat pendaftaran merek. Anda sebaiknya memeriksa kelengkapan dokumen merek dagang Anda dengan apa yang tertera dalam syarat pendaftaran merek untuk mempercepat proses pendaftaran merek dagang Anda.

Ketika Anda bekerja sama dengan konsultan HKI tertentu untuk menangani pendaftaran merek dagang Anda, biasanya Anda hanya perlu melengkapi sedikit syarat pendaftaran merek. Ini tentunya sangat menguntungkan Anda dari segi waktu dan tenaga.

Umumnya, Anda harus memenuhi syarat pendaftaran merek di bawah ini jika Anda memutuskan untuk mengandalkan jasa konsultan HKI:

1. Label Merek

Kelengkapan pendaftaran merek dagang yang mula-mula harus Anda persiapkan adalah label merek atau logo. Label merek Anda mestilah sesuai dengan apa yang tertuang pada UU No. 20 Tahun 2016.

2. Surat Pernyataan

Kedua, Anda harus mempersiapkan sebuah surat pernyataan. Dokumen tersebut kurang lebih berisikan afirmasi Anda, yang menegaskan bahwa merek yang hendak Anda patenkan tersebut sejatinya betul-betul milik Anda. Di samping itu, Anda harus membubuhi surat tersebut dengan materai.

Kegunaan dari materia, menurut UU No. 13 Tahun 1985, adalah untuk memungut pajak atas suatu dokumen. Dengan kata lain, materai bukanlah alat untuk memeriksa keabsahan suatu dokumen.

Umumnya, konsultan HKI pilihan Anda akan menyediakan surat pernyataan ini. Alhasil, Anda tidak harus menyusunnya sendiri untuk memenuhi syarat pendaftaran merek yang satu ini.

3. Surat Kuasa

Di dalam surat kuasa tersebut, Anda harus menyatakan bahwa Anda melimpahkan kuasa Anda mengenai pendaftaran merek dagang anda kepada konsultan HKI yang Anda tunjuk. Sebagaimana dokumen sebelumnya, Anda juga perlu melampiri dokumen ini dengan sebuah materai.

Pendaftaran merek dagang akan menjamin kelangsungan usaha dan perusahaan Anda. Hubungi Patendo segera, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.