021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Jasa Pembuatan PT Murah dan Cepat 2022 – Patendo

Jasa pembuatan PT

Jasa pembuatan PT adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan terkait keperluan legalitas, termasuk pendirian dan perizinan PT. Jasa pembuatan PT (Perseroan Terbatas) akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang berkaitan dengan pendirian PT yang Anda miliki.

Menurut UU Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, PT merupakan badan hukum yang menaungi sebuah badan usaha. [1] Didalamnya terdapat ketentuan tentang persekutuan modal, modal dasar usaha, serta peraturan pelaksanaannya. Masih menurut UU yang sama, modal dasar minimal untuk mendirikan sebuah PT adalah Rp50 juta. Dengan paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan atau disetor penuh.

Dengan adanya jasa pembuatan PT, Anda tak perlu repot dan bingung dalam mengurus segala dokumen dan perizinan PT Anda. Tentu akan sangat membingungkan dan merepotkan, menjalankan usaha yang Anda miliki, sambil mengurus segala dokumen terkait pendirian PT.

Inilah saatnya Anda membutuhkan jasa pembuatan PT, dengan begitu usaha Anda tetap berjalan, sembari proses perizinan PT tetap berlangsung. Karena telah terbiasa mengurus pembuatan dan perizinan PT, Anda juga dapat bertanya terkait persyaratan pendirian PT pada perusahaan jasa pembuatan PT.

Syarat dan Prosedur Pembuatan PT

Melansir dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Semarang, berikut beberapa persyaratan dan prosedur pembuatan PT:

1. Mengajukan Nama Perseroan Terbatas

Untuk proses pengajuan nama perusahaan ini, dapat Anda daftarkan pada notaris melalui Sistem Administrasi Badan Hukum Kemenkumham. Jika bingung, Anda dapat mengkonsultasikan terkait nama perusahaan dengan Agensi jasa pembuatan PT.

Persyaratan yang harus Anda lengkapi adalah sebagai berikut:

● Mengisi dan melampirkan formulir asli pendirian surat kuasa.
● Melampirkan fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) semua pendiri dan pengurus perusahaan.
● Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dari pimpinan atau pendiri perusahaan

Sebaiknya Anda menyiapkan 3 nama pilihan melalui jasa pembuatan PT pilihan Anda, sebagai cadangan jika ada nama yang mirip. Karena tidak boleh ada nama perseroan yang sama. Selain itu pastikan nama yang Anda ajukan mencerminkan kegiatan usaha Anda.

2. Pembuatan Akta Pendirian PT

Anda dapat mengajukan pembuatan akta pendirian, pada notaris yang berwenang di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan persetujuan dari Menteri Kemenkumham.

Menurut Pasal 5 dan 7 UU Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, berikut ini beberapa ketentuan umum terkait pendirian PT:

● Perseroan mempunyai nama dan tempat kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang tertulis dalam anggaran dasar.

● Perseroan mempunyai alamat lengkap sesuai dengan tempat kedudukannya.

● Dalam surat-menyurat, pengumuman yang diterbitkan oleh Perseroan, barang cetakan, pihak Perseroan harus menyebutkan nama dan alamat lengkap Perseroan.

● Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia. Pastikan Anda menginformasikan hal ini pada agensi jasa pembuatan PT yang ditunjuk.

● Setiap pendiri Perseroan wajib mengambil bagian saham pada saat Perseroan didirikan.

● Perseroan memperoleh status badan hukum pada tanggal diterbitkannya keputusan menteri mengenai pengesahan badan hukum Perseroan.

● Jika dalam jangka waktu paling lama 6 (enam) bulan terhitung sejak disahkan badan hukum perseroan, maka pemegang saham yang bersangkutan wajib mengalihkan sebagian sahamnya kepada orang lain atau Perseroan mengeluarkan saham baru kepada orang lain.

Manfaat Jasa Pembuatan PT

Manfaat Jasa Pembuatan PT

Setelah melihat persyaratan dan prosedur pembuatan PT, tentu akan sangat membingungkan bagi Anda ketika hendak melakukan pendirian PT. Karenanya, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan jasa pembuatan PT.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan jasa pembuatan PT

1. Lebih Praktis dan Menghemat Waktu

Seperti yang tertulis sebelumnya, bahwa dengan menggunakan jasa pembuatan PT, Anda tidak perlu repot mengurusi segala sesuatu terkait dokumen. Anda hanya perlu membayar biaya jasa pembuatan PT, melengkapi dokumen persyaratan, seperti KTP, akta tanah dan bangunan, dan lainnya.

Dengan begini, tentu akan sangat memudahkan dan menghemat waktu Anda. Anda hanya perlu menunggu dari kantor, memberikan tanda tangan sesuai kebutuhan, dan dokumen perizinan PT Anda selesai dibuat oleh agensi jasa pembuatan PT.

2. Membantu Mengurus Segala Dokumen Terkait Pendirian PT

Jasa pembuatan PT memberikan beberapa pilihan layanan terkait pendirian PT. Pilih pesanan berdasarkan kebutuhan Anda. Yang paling dasar biasanya adalah Akta Pendirian Notaris dan SK Pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum & HAM.

Selain itu, Anda juga dapat meminta jasa pembuatan PT mengurus kebutuhan dokumen lain. Seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan lainnya.

3. Memudahkan Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Untuk membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan, Anda membutuhkan fotokopi KTP pemohon, mengisi formulir, dan surat pengantar RT dan RW setempat.

Selain itu, Anda juga memerlukan surat persetujuan tetangga sekitar, bukti kepemilikan dan beberapa dokumen lainnya. Dengan begitu, Anda perlu hilir mudik selama proses pembuatan dokumen ini.
Dengan demikian, jasa pembuatan PT akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan dokumen ini.

4. Dapat Membantu Pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Perusahaan

Dengan layanan jasa pembuatan PT, ini akan menghemat waktu Anda terkait pembuatan NPWP yang prosesnya cukup memakan waktu yang lama. Begitu proses penyerahan data selesai, Anda tinggal menyiapkan pengesahan saja.

Tips Memilih Jasa Pembuat PT

Tips Memilih Jasa Pembuat PT

Penting sekali untuk memilih perusahaan jasa pembuatan PT yang terpercaya, sehingga Anda tidak tertipu dan dapat merasakan layanan yang ditawarkan. Berikut tips memilih perusahaan jasa yang tepat.

1. Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Mengingat dokumen yang akan diurus adalah dokumen penting, pastikan agensi jasa pembuatan PT adalah perusahan yang jelas dan berbadan hukum. Bagaimana mungkin mereka dapat mengurus badan usaha milik orang lain, sementara status perusahaan mereka belum jelas.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Sebelum memilih, sebaiknya Anda mengetahui harga pasaran jasa pembuatan PT pada umumnya. Harga yang terlalu miring biasanya malah mencurigakan. Jadi, jangan cepat tergiur dengan harga penyedia jasa pembuatan PT yang murah, namun malah merepotkan di masa mendatang.

3. Memiliki Keterampilan Terkait Perizinan PT

Tidak semua orang bisa mengurus perizinan PT dengan mudah dan lancar, karena banyaknya persyaratan yang ditentukan. Pastikan Anda memilih agensi jasa pembuatan PT yang berkompeten dalam bidang ini, jangan sampai malah kebingungan dengan persyaratan yang ada.

4. Tidak Melulu Meminta Uang

Biasanya, agensi abal-abal akan sering meminta uang di awal dengan dalih untuk keperluan pendaftaran. Tingkatkan kewaspadaan jika Anda merasa nominal jumlah uang yang mereka minta mulai tidak normal.

5. Jangan Mengabaikan Aturan Hanya Karena Kenalan

Mengabaikan aturan dan ketegasan dalam bertransaksi hanya karena status kerabat atau kenalan, akan membuat Anda kesulitan di belakang. Siapapun perusahaan jasa pembuatan PT yang Anda percaya, meskipun keluarga atau sahabat, Anda harus tetap mengedepankan aturan yang ada.

Ini penting untuk mencegah terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan kemudian hari.

Bagikan :
There are currently no comments.