021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Jasa Pengurusan HKI Merek Online Terpercaya 2022

Jasa Pengurusan HAKI Merek
Jasa pengurusan HKI online Terpercaya 2022. Kami Konsultan HKI Terdaftar dan terpercaya siap membantu anda dalam pendaftaran izin HAKI merek secara online dengan biaya terjangkau. Apabila Anda mendaftarkan suatu merek, maka sudah saatnya mengetahui tentang HKI. Jangan sampai merek yang telah susah payah Anda buat dan hasilkan menjadi celah bagi orang lain untuk mengambil keuntungan darinya. Oleh karena itulah Anda perlu mendatangi jasa pengurusan HKI.

Apa yang dimaksud HKI?

HKI adalah singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual. Hak akan diberikan kepada orang yang telah mendaftarkan merek tersebut untuk menikmati hasilnya secara ekonomis. Wujud dari hak dapat berupa penghargaan atas mereknya dengan perlindungan hukum.

Perlindungan hukum bertujuan guna mendorong dan meningkatkan semangat berkarya kepada para pendaftar merek. Objek yang mendapatkan perlindungan hukum telah diatur dalam HKI berupa nama merek yang lahir dari kemampuan intelektual manusia.

Fungsi dan tujuan dari HKI dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. HKI dijadikan sebagai tameng perlindungan secara hukum bagi pendaftar merek yang dimiliki oleh perorangan maupun kelompok atas jerih payahnya dalam menciptakan nama merek yang bernilai.

2. HKI dapat mengantisipasi terjadinya pelanggaran atas HKI orang lain.

3. HKI dijadikan motivasi dalam meningkatkan kompetensi terutama dalam hal komersialisasi kekayaan intelektual. Para pendaftar merek akan terdorong untuk terus berkarya dan berinovasi guna mendapatkan apresiasi dari masyarakat tanpa takut karyanya diambil orang lain.

4. HKI dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi penelitian dan industri yang ada di Indonesia. Jasa pengurusan HKI Patendo siap membantu melindungi merek anda.

Dasar Hukum Tentang HKI

Dasar Hukum Tentang HKI

Pengurusan HKI merek tidak dilakukan secara sembarangan karena seluruhnya berlandaskan dasar hukum yang sah. Cakupan dasar hukumnya pun cukup luas, antara lain sebagai berikut:

1. Undang-undang Nomor 19/2002 yang diganti dengan Undang-undang Nomor 28/2014 Tentang Hak Cipta. Undang-undang yang berisi tentang hak cipta, pencipta, perlindungan hak cipta dan ciptaan yang dilindungi.

2. Undang-undang Nomor 4 Tahun 2001 Tentang Paten. Undang-undang yang berisi tentang investor dan juga pemegang hak paten.

3. Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Undang-undang yang berisi tentang merek, merek dagang, merek jasa, merek kolektif dan jangka waktu perlindungan terhadap merek.

4. Undang-undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri. Undang-undang yang berisi tentang desain industri dan jangka waktu perlindungannya.

5. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu. Undang-undang berisi tentang tata letak dan juga sirkuit terpadu.

6. Undang-undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang. Undang-undang yang berisi tentang rahasia dagang, lingkup rahasia dagang dan perlindungan terhadap rahasia dagang.

Prinsip HKI

HKI Merek harus memahami empat prinsip yang diterapkan untuk melindungi banyak karya.
1) Prinsip ekonomi, HKI bermanfaat dan bernilai ekonomi yang dapat memberikan keuntungan kepada pemilik merek.

2) Prinsip kebudayaan, HKI meningkatkan pengembangan kebudayaan dari ilmu pengetahuan maupun aspek lain serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

3) Prinsip keadilan, HKI memiliki kekuasaan dalam penggunaan hak merek dan tidak dapat dimanfaatkan oleh orang lain tanpa izin dari pemilik merek.

4) Prinsip sosial, HKI berupa suatu kesatuan yang dibuat dengan mempertimbangkan keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat luas. Jasa pengurusan HKI Patendo mempermudah anda dalam pengurusan merek.

Jenis HKI

Hak Kekayaan Intelektual secara garis besar terbagi dua jenis, yakni Hak Cipta dan hak Kekayaan Industri.

1. Hak Cipta

Hak yang diberikan secara khusus kepada pencipta dan mereka memiliki hak eksklusif untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil karyanya tersebut. Karya yang dimaksud harus berada dalam ruang lingkup bidang ilmu pengetahuan, kesusastraan dan kesenian.

2. Hak Kekayaan Industri

Hak yang diberikan untuk melindungi sebuah perusahaan dari berbagai ancaman plagiarisme dan mengatur segala sesuatu dalam lingkungan industri.

a) Merek

Gambar dan nama yang terdiri dari kata, huruf dan angka untuk pembeda dalam kegiatan perdagangan produk atau jasa pengurusan HKI disebut dengan merek.

b) Desain Industri

Olahan karya terkait bentuk, komposisi warna maupun garis yang memberikan kesan pada sebuah produk disebut desain.

c) Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu

Suatu produk jadi atau setengah jadi yang terdapat berbagai elemen pembentuk sehingga menghasilkan fungsi elektronik.

d) Rahasia Dagang

Hak informasi yang berkaitan dengan teknologi maupun bisnis dan memiliki nilai ekonomis tapi tidak perlu diketahui oleh masyarakat.

e) Indikasi Geografis

Hak yang diberikan untuk melindungi produk atau jasa dengan menunjukkan daerah asal produk atau jasa tersebut.

Pengurusan HKI Merek

Keuntungan Pengurusan HKI Merek

Tugas jasa pengurusan HKI adalah membantu dan mendampingi pendaftar merek sampai diterbitkannya sertifikat merek. Merek yang telah disetujui akan terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Pendaftaran merek ini akan melindungi secara hukum. Selain perlindungan hukum, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh setelah mendapatkan HKI.

1. Usulan Keberatan Merek

Ketika merek yang didaftarkan haknya masuk dalam berita resmi merek selama dua bulan. Jangka waktu tersebut digunakan sebagai kesempatan untuk setiap orang agar dapat mengajukan keberatan atas merek yang diajukan. Ajuan keberatan tersebut tentu harus disertai dengan bukti dan alasan bahwa merek yang dimohonkan harus ditolak berdasarkan UU merek.

Apabila merek yang dimohonkan mirip dengan mereka Anda, maka berhak untuk memberikan bukti yang kuat untuk mengajukan keberatan. Jelaskan bahwa merek yang dimohonkan memiliki persamaan yang signifikan dengan merek Anda. Jangan lupa untuk sertakan sertifikat merek yang telah Anda miliki.

2. Pembatalan Merek Terdaftar

Setelah menggunakan jasa pengurusan HKI, Anda masih bisa mengajukan pembatalan merek terdaftar. Hal ini dapat dilakukan pada merek yang telah terdaftar. Gugatan tersebut diajukan paling lambat 5 tahun sejak tanggal pendaftaran merek tergugat.

Hal ini hampir serupa dengan usulan keberatan karena penggugat harus menyertakan alasan dan bukti bahwa merek yang tergugat memiliki persamaan dengan mereka Anda. Namun dengan catatan bahwa merek Anda sudah terdaftar lebih dahulu dibandingkan mereka tergugat.

3. Menggugat Pelanggar Merek

Gugatan ini dapat diajukan pada pihak lain yang menggunakan merek tanpa hak atau izin. Pemilik merek yang terdaftar dan penerima lisensi merek dapat menggugat pihak tersebut. Anda dapat meminta ganti rugi pada pihak tergugat sekaligus meminta penghentian seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan merek Anda tanpa izin.

4. Pidana Pelanggaran Merek

Apabila gugatan perdata Anda belum cukup, maka pilihan akhirnya adalah meminta upaya hukum pidana. Sanksi dari hukum pidana dapat dikenakan kepada mereka yang menggunakan merek tanpa hak. Sanksi tersebut juga hanya dapat dilakukan pada pelaku apabila pemilik merek terdaftar mengajukan aduan. Seluruh tindak pidana merek masuk dalam delik aduan.

Syarat Pengurusan HKI Merek

Syarat Pengurusan HKI Merek

Jika Anda berminat untuk mengurus HKI, gunakan jasa pengurusan HKI yang terpercaya seperti Patendo. Kemudian penuhi syarat pengurusan HKI. Meskipun memiliki banyak keuntungan, pengurusan HKI tidak mudah dilakukan. Anda harus mengurus melalui pemerintah terkait. Oleh karena itu Anda disarankan untuk melengkapi beberapa dokumen dengan mencantumkan sebagai berikut :

– Bukti transfer pembayaran biaya pendaftaran merek

– Menulis Nama, kewarganegaraan dan alamat pendaftar merek

– Nama merek dan jenis barang/jasa sesuai kelas yang akan didaftarkan

– Logo merek

– Fotokopi KTP atau paspor jika pendaftar perorangan / KTP dan NPWP perusahaan jika pendaftar perusahaan.

– Menandatangani surat permohonan pendaftaran merek dan surat kuasa yang sudah disediakan.

Tips Memilih Jasa pengurusan HKI

Apabila Anda termasuk orang yang tidak mau repot sendiri, maka bisa mengajukan permohonan melalui jasa pengurusan HKI. Namun Anda tentu saja harus memperhatikan beberapa tips berikut agar tidak salah memilih jasa pengurusan HKI.

1. Konsultan dengan Jam Terbang Tinggi

Profesionalitas seorang konsultan jasa pengurusan HKI dapat dilihat dari tingginya jam terbang. Semakin banyak klien yang dibantu membuat konsultan semakin dapat diandalkan untuk pengurusan merek Anda. Selain itu konsultan yang sudah profesional dan yang masih mencari pengalaman tentu berbeda hasil kerjanya.

Jasa pengurusan HKI yang telah memiliki banyak klien bisa memiliki keahlian lebih dalam menyelesaikan masalah. Mereka juga telah menangani berbagai jenis masalah dengan klien yang berbeda-beda. Anda bisa melihat riwayat jam terbangnya di website atau meminta portofolionya langsung pada mereka. Testimoni dari klien juga bisa dijadikan patokan tingginya jam terbang konsultan HKI.

2. Patuh Terhadap Kode Etik

Tidak hanya konsultan HKI, setiap profesi memiliki kode etik masing-masing yang harus dipatuhi. Oleh karena itu Anda harus memilih konsultan jasa pengurusan HKI yang patuh terhadap kode etik yang berlaku. Pekerjaan yang dilakukan tanpa memperhatikan kode etik akan dianggap sebagai pelanggaran sehingga mengurangi kredibilitas mereka.

Penjelasan mengenai kode etik tersebut yakni konsultan tidak diperbolehkan menyampaikan informasi menyesatkan. Konsultan juga tidak diperkenankan untuk menjelekkan konsultan HKI lainnya atau menampilkan citra buruk profesi kepada klien. Artinya mereka juga harus menjaga nama baik profesinya agar terus dipercaya oleh klien.

Hindari konsultan yang menyatakan dirinya memiliki kemampuan sehingga dapat mempengaruhi pegawai pemerintah terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung. Konsultan juga tidak dibenarkan untuk memberikan jaminan berhasil dalam pengurusan merek. Hal itu karena keputusan tidak diberikan oleh konsultan melainkan Ditjen terkait HKI.

3. Proses Pengurusan Merek Ditangani Hingga Akhir

Peran konsultan HKI yakni mengajukan mereka kepada Ditjen HKI dengan serangkaian tahapan. Jadi lebih baik Anda memilih konsultan yang mau menangani proses tersebut hingga akhir. Mulai dari pengumpulan dokumen yang dibutuhkan hingga tiba waktunya merek Anda benar-benar terdaftar secara resmi.

Selama proses pengurusan merek berlangsung, maka konsultan harus melakukan monitoring guna antisipasi kendala ketika pemeriksaan. Jika Anda memilih konsultan terpercaya, maka pengurusan merek tentu akan berjalan lebih mudah.
Itulah penjelasan singkat mengenai jasa pengurusan HKI di Indonesia.

Jangan lupa untuk mempersiapkan biaya yang cukup untuk menggunakan jasa pengurusan HKI. Penuhi syarat dan dokumen yang harus diajukan agar lebih mudah ketika proses pengurusan merek. Silahkan hubungi jasa pengurusan HKI Patendo agar merek anda terlindungi. Patendo sudah dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri, silahkan klik disini untuk melihat klien Patendo, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.