021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Estatus HKI Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Estatus HKI

Estatus HKI adalah layanan elektronik yang berguna untuk mengecek proses pendaftaran HKI / Hak Kekayaan Intelektual Anda tanpa perlu datang ke kantor DJKI.
Hak Kekayaan Intelektual merupakan bentuk perlindungan hukum dari negara terhadap suatu karya cipta yang dapat Anda cek melalui estatus HKI.

Estatus HKI mempermudah seseorang mengecek mereknya apakah masih dalam proses, sudah disetujui atau bahkan malah ditolak. Dengan estatus HKI pendaftar bisa melihat status mereknya sudah sampai mana.

Jika anda ingin mendaftar merek maka anda tidak bisa hanya mengandalkan estatus HKI dalam mengecek merek karena estatus HKI tidak bisa mengecek merek yang mirip dengan merek anda.

Anda perlu bantuan Konsultan HKI Patendo untuk mengecek merek yang akan anda daftarkan sudah ada yang memiliki atau belum.

Patendo bisa mengecek merek terdaftar yang mirip dengan merek yang akan anda daftarkan sehingga peluang merek yang anda daftarkan mempunyai peluang yang lebih besar untuk diterima atau disetujui pendaftarannya oleh Ditjen HKI.

Ditjen HKI akan menolak pendaftaran merek jika merek yang didaftarkan dianggap sama atau mirip dengan merek yang sudah terdaftar. Untuk pendaftaran merek yang mudah silahkan hubungi Patendo.

Namun untuk mendaftarkan hak tersebut, terdapat sejumlah persyaratan dan proses yang harus Anda lalui termasuk saat mengecek status pendaftaran saat ini.

Meski lebih mudah karena tersedia cara cek estatus HKI lewat situs yang disediakan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, namun akan lebih mudah lagi jika Anda didampingi langsung oleh konsultan HKI yang terpercaya.

Dengan layanan estatus HKI, Anda bisa mengecek sudah sampai mana proses pendaftaran atau perpanjangan HKI. Namun apakah itu hak kekayaan intelektual yang sangat berharga bagi sebuah karya?

Secara pengertian, HKI adalah bentuk perlindungan hukum dari negara terhadap sebuah hasil karya intelektual seseorang, kelompok atau perusahaan. Hadirnya perlindungan hukum terhadap hasil karya bertujuan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat agar termotivasi untuk selalu berinovasi.

Dengan hak cipta, seorang pencipta karya bisa mengumumkan hasil karyanya ke publik dan berhak memperbanyaknya atau memberi izin bagi orang lain untuk menggunakan karya Anda. Hak cipta ini biasanya berkaitan dengan produk atau karya dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sastra, dan seni.

Sementara hak kekayaan industri mengatur tentang urusan perindustrian seperti paten, merek, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, desain industri, dan varietas tanaman. Harapannya dengan adanya perlindungan hukum pada sebuah hasil karya maka inovasi dan kreativitas masyarakat semakin berkembang.

Hal ini karena masyarakat merasa aman bahwa ide atau produk yang dihasilkannya dilindungi secara hukum.

Manfaat Merek dan Estatus HKI

Manfaat Merek dan Estatus HKI untuk Perlindungan Bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, kehadiran estatus HKI memiliki beberapa manfaat penting yang bersifat ekonomis. Pengurusan pendaftaran HKI sebaiknya dilakukan sejak awal membangun bisnis dan bukan saat sudah tumbuh besar.

Hal ini untuk melindungi brand atau ide bisnis Anda dari klaim kompetitor. Ketika HKI sudah dikantongi, bisnis Anda akan lebih terproteksi. Tidak hanya perlindungan bisnis, ternyata terdapat beberapa manfaat merek lainnya, berikut penjelasannya.

1. Bukti Kepemilikan Resmi

Dengan mendaftarkan merek Anda dapat mengeklaim brand atau ide bisnis yang sedang dirintis adalah benar milik Anda. Bukti kepemilikan resmi ini sah di mata hukum sehingga jika suatu saat terjadi sengketa merek, Anda memiliki dasar hukum yang kuat karena sudah memiliki pengakuan kekayaan intelektual.

2. Mencegah Pencurian atau Klaim dari Kompetitor

Manfaat lain memiliki merek adalah mencegah pencurian atau klaim dari kompetitor terhadap ide atau hasil karya Anda. Dengan memiliki bukti yang sah, Anda dapat menuntut kompetitor atau siapapun yang mencuri ide bisnis Anda ke pengadilan.

3. Melindungi Pertumbuhan Bisnis

Bagi UKM atau startup yang baru merintis bisnisnya, mengurus estatus HKI adalah langkah awal yang harus segera diurus. Bukan justru diurus saat bisnis Anda tumbuh besar.

4. Melindungi dari Pembajakan Pemodal Besar

Selain pencurian ide bisnis dari pihak kompetitor, hal lain yang bisa membahayakan brand bisnis Anda adalah pembajakan dari pemodal yang lebih besar. Kelompok pemodal ini bisa saja tiba-tiba membajak ide dan produk Anda ketika brand bisnis belum terlindungi secara hukum.

5. Memiliki Nilai Ekonomis dan Bisa Jadi Penyelamat Bisnis

Tidak hanya memberikan perlindungan hukum, pengurusan merek juga dapat memberikan nilai ekonomis pada sebuah ide atau karya yang didaftarkan jika suatu saat dibutuhkan.
Anda dapat menjual, menghibahkan, mewariskan, atau melisensikan HKI pada produk yang didaftarkan untuk menjadi tambahan penghasilan untuk penciptanya.

6. Ekspansi Bisnis

Dengan memiliki brand yang jelas, identitas kepemilikan ide atau karya juga menjadi jelas. Hal ini untuk memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan ekspansi bisnis ke pasar yang lebih luas.

Cara Cek HKI Online Lewat Jasa Konsultan HAKI

Indonesia sebagai salah satu negara dengan ketentuan yang lengkap terkait pengurusan HKI memberikan beberapa syarat untuk mendaftar. Namun proses pendaftaran merek bukanlah hal yang mudah. Terdapat sejumlah tahapan proses yang harus Anda jalani dengan berbagai dokumen yang harus dilengkapi.

Untuk memudahkan Anda mendapatkan HKI, Anda bisa meminta bantuan jasa konsultan HKI terpercaya yang telah berpengalaman di bidang ini. Semua itu bisa Anda proses dengan bantuan jasa konsultan HKI Patendo yang telah berpengalaman, termasuk di tahap awal adalah pengecekan nama brand sejenis agar ide bisnis Anda tidak digugat.

Tujuan dibuatnya estatus HKI adalah agar orang bisa mengecek status merek yang sudah didaftarkan. Dengan hadirnya estatus HKI seseorang bisa mengecek status mereknya.

Bagikan :
There are currently no comments.