021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10+ Tips dan Cara Sukses Dalam Membuka Usaha Bengkel

Memiliki usaha bengkel dapat meningkatkan perekonomian Anda. Apalagi jika Anda sudah mendaftarkan nama bengkel Anda tentu keuntungan juga akan meningkat karena bengkel mudah dikenal masyarakat.

Bayangkan jika usaha Anda tanpa nama yang resmi, pelanggan mungkin akan kesulitan untuk menemukan bengkel Anda lagi. Untuk itu penting bagi Anda untuk mendaftarkan usaha. Kami siap membantu mendaftarkan bisnis Anda WA 0853 5122 5081.

buka usaha bengkel

Tips sukses usaha bengkel bagi pemula

Pertumbuhan permintaan kendaraan baik mobil maupun motor tiap tahunnya selalu meningkat. Karena banyaknya pengguna kendaraan, maka banyak orang memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis bengkel. Berikut ini beberapa tips memulai usaha bengkel bagi pemula, di antaranya:

1. Lokasi strategis

Lokasi merupakan tempat penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis bengkel. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan dilihat banyak orang.

Sebagai pemula cara dalam menentukan lokasi yang strategis dapat digunakan supaya bengkel bisa dikenal masyarakat luas. Karena menentukan lokasi yang strategis juga menjadi salah satu penentu agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

Jika ingin membuka bisnis bengkel di lahan tempat tinggal Anda, tentu akan dapat menurunkan beban bagi usaha pemula. Namun jika tempat tinggal Anda kurang strategis, justru itu akan memberatkan Anda.

Carilah tempat sewa lahan atau kios yang harganya tidak terlalu mahal dan lokasinya strategis. Memang biaya pengeluaran akan membengkak, namun hal ini akan sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

2. Karyawan atau montir

Memiliki keahlian bengkel bisa menjadi poin plus dalam usaha ini. Namun jika Anda sebagai pemula dan belum menguasai dunia perbengkelan, sebaiknya Anda mencari montir yang bisa diandalkan.

Untuk menghemat pengeluaran gaji montir, Anda bisa merekrut satu montir dengan keahlian dan pengalaman yang mumpuni, kemudian dibantu oleh dua karyawan pemula. Dengan begitu karyawan pemula akan belajar dengan montir ahli.

Harapannya ia bisa berkembang dan berpengalaman sehingga nantinya biaya yang akan Anda keluarkan untuk tenaga kerja akan berimbang sesuai dengan perkembangan bisnis bengkel Anda.

Pelanggan tentu akan melihat kualitas pelayanan dan perbaikan yang diberikan bengkel. Jika pelanggan merasa terpenuhi, maka mereka akan puas sehingga dapat mengangkat citra usaha bengkel Anda.

3. Menentukan target pasar

Menentukan calon pelanggan tentu menjadi hal penting dalam pemasaran. Kira-kira siapa yang menjadi target market Anda?.

Untuk menentukan target market Anda bisa membedakannya berdasarkan jenis bengkel. Berikut ini 3 jenis bengkel sepeda motor di antaranya:

1. Bengkel motor resmi, yaitu bengkel dealer yang hanya melayani servis sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor tersebut. Contoh bengkel motor resmi yaitu APTM, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lainnya.

2. Bengkel motor umum, yaitu bisnis bengkel yang melayani perbaikan untuk motor biasa, misalnya perbaikan mengganti sparepart dan perbaikan kecil serta melayani servis strandar.

3. Bengkel motor khusus, yaitu bisnis bengkel motor yang khusus melayani modifikasi menjadi kendaraan yang tidak standar.

Biasanya ini tergantung pada permintaan pelanggan, misalnya mengubah akselerasi motor atau mengubah bentuk motor menjadi lebih menarik dan unik.

4. Persaingan

Hal yang harus diperhatikan apabila ingin memulai bisnis bengkel yaitu seberapa banyak kompetitor yang ada di sekitar usaha Anda.

Perkirakan hal tersebut dengan baik karena bisa saja Anda membuka usaha di tempat yang sudah banyak orang belangganan di tempat kompetitor Anda. Sebaiknya Anda membuka usaha di tempat yang belum banyak orang membuka jasa bengkel.

memulai buka usaha bengkel motor

5. Manajemen bengkel

Manajemen bengkel merupakan rencana yang digunakan untuk mengatur efisiensi dan efektivitas agar bisnis bengkel mengalami peningkatan.

Manajemen bengkel dapat dimulai dari pelayanan dan kenyamanan pelanggan, administrasi yang terstruktur, kerapian bengkel dan lainnya. Tujuannya agar pengelolaan bengkel tertata rapi, sehingga pelanggan akan puas dan kembali menggunakan jasa Anda.

6. Mencari pemasok suku cadang

Memiliki bengkel tidak hanya memberikan pelayanan servis saja tapi juga melayani penjualan suku cadang. Tentu Anda harus mencari supplier suku cadang yang menjual produknya dengan harga miring.

Perlu diingat biasanya untuk membeli suku cadang di supplier terdapat syarat minimum pembelian, jadi Anda harus menyiapkan modal yang cukup.

7. Promosi

Supaya bisnis bengkel Anda cepat dikenal banyak orang, Anda perlu melakukan promosi, misalnya menggunakan promosi melalui sosial media untuk menjaring pelanggan yang lebih luas.

Selain itu, berikan juga promo-promo potongan harga kepada pelanggan Anda atau juga bisa menyediakan tempat tunggu yang nyaman dan ber-AC serta minuman gratis.

Hal ini dapat memberikan kesan untuk para pelanggan supaya kembali lagi. Itulah beberapa cara memulai usaha yang bisa Anda terapkan untuk membuka bengkel Anda.

modal buka usaha bengkel

Modal usaha bengkel

Kendaraan merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mobilitas setiap orang dari tempat satu ke tempat lainnya. Salah satu jenis kendaraan yang umum digunakan masyarakat yaitu sepada motor.

Semakin banyaknya minat penggunaan motor, semakin banyak pula peluang untuk usaha di bidang ini. Peluang yang bisa Anda manfaatkan yaitu membuka usaha bengkel. Ada 3 jenis bengkel yang bisa dijadikan peluang usaha ini.

Bengkel motor custom yang melayani modifikasi motor, bengkel yang melayani servis motor secara umum atau bengkel yang melayani servis ringan maupun berat dan bengkel spesialis motor tanpa afiliasi dengan motor tertentu.

Untuk memulai usaha ini perlu melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pelayanan customer hingga sistem operasional bengkel.

Selain itu ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha bengkel salah satunya adalah modal usaha. Berikut rincian modal bisnis bengkel motor secara umum di antaranya:

1. Biaya sewa lahan

Membuka bisnis bengkel motor sebenarnya bisa dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas. Modal awal yang harus Anda persiapkan yaitu menyewa lahan atau menyewa ruko dan biaya renovasi, total biaya ini bisa mencapai 40 juta.

Jika Anda merasa berat untuk menyewa ruko, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha ini di lahan sekitar rumah Anda.

Ada cara lain untuk mengurangi beban modal sewa lahan atau sewa ruko, Anda bisa melakukan negosiasi dengan pemilik lahan, misalnya dengan membayar sewa dua kali dalam satu tahun.

Namun Anda perlu memperhatikan lokasi Anda. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis yang banyak dilalui pengendara motor.

2. Biaya peralatan

Selain sewa lahan atau ruko, Anda harus mempersiapkan biaya untuk membeli peralatan. Ada dua peralatan yang harus dipersiapkan yaitu peralatan umum dan peralatan khusus.

Peralatan khusus seperti bor, kompresor, gerinda tangan dan duduk, peralatan ini bisa menghabiskan dana sekitar 2,6 juta.

Peralatan umum seperti palu, kunci, tang, obeng minus dan plus, palu besi dan karet, gergaji besi, ragum, pahat. Peralatan umum ini bisa menghabiskan dana sekitar 3,5 juta. Jadi total biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan umum dan khusus yaitu sekitar 6 juta rupiah.

3. Biaya spareparts dan pelumas

Rata-rata layanan bengkel umum akan menyediakan berbagai macam sparepart dan pelumas. Oleh karena itu Anda juga harus mempersiapkan anggaran tambahan biaya belanja untuk keperluan seperti sparepart kecil, paking knalpot, saklar, baut mesin, kampas, busi dan lainnya.

Untuk pelumas atau cairan-cairannya sendiri Anda bisa menyediakan beberapa barang seperti carburator cleaner, injector, minyak rem, fork oil dan lain sebagainya.

Karena barang-barang ini sifatnya fast moving atau perputarannya cepat, jadi stok barang akan cepat terpakai atau terjual dan tidak menyebabkan barang cepat rusak.

Biaya yang dikeluarkan kisaran 6,5 juta untuk keperluan belanja seperti pelumas dan spareparts. Sebisa mungkin hindari karja sama titip barang dengan sales sparepart atau oli, karena hal tersebut bisa berisiko kehilangan barang.

Jika Anda berniat membeli barang melalui sales, manfaatkan promo-promo yang biasanya diberikan, misalnya beli satu karton dapat gratis satu sparepart.

Dengan adanya promo tersebut, Anda bisa memanfaatkannya agar mendapatkan keuntungan yang lebih.
Kunci bagi pengusaha bengkel pemula yaitu menjaga ketersediaan barang untuk memenuhi perlengkapan yang dibutuhkan pelanggan selama 3 bulan ke depan.

4. Biaya operasional

Selain menyediakan stok pasokan sparepart, ada biaya lainnya yaitu biaya operasional. Biaya operasional yang harus dikeluarkan yaitu keperluan biaya gaji karyawan, biaya listrik, dan biaya tak terduga dengan total pengeluaran sebesar 3 juta rupiah.

Jadi estimasi biaya yang harus Anda keluarkan untuk modal awal yaitu:

Biaya sewa lahan atau ruko = 40 juta

Biaya peralatan = 6 juta

Biaya sparepart dan pelumas = 6,5 juta

Biaya operasional selama 3 bulan = 7 juta

Jadi total modal awal yang harus dikeluarkan yaitu sekitar 60 juta.

peralatan yang dibutuhkan untuk usaha bengkel

Macam-macam usaha bengkel

Jasa yang memberikan pelayanan berupa servis barang banyak dibutuhkan masyarakat. Berikut beberapa peluang jasa bengkel yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Bengkel sepeda motor

Jenis bisnis bengkel ini sangat luas cakupannya. Jika Anda memiliki keahlian dan mampu mengatasi permasalahan pada sepeda motor kemudian Anda dapat menganalisis segala macam permasalahan kendaraan roda dua, maka peluang usaha ini sangat terbuka lebar untuk Anda.

Yang terpenting yaitu ukur kemampuan Anda. Jika Anda hanya ahli memperbaiki kendaraan sepeda motor matic, maka sebaiknya membuka jasa teknik sepeda motor matic.

Memiliki keahlian dan kemampuan servis motor tidak harus lulusan SMA atau kuliah, hanya lulusan SD pun bisa menuangkan berbagai kemampuan dan keahlian di bidang ini. Jika Anda ingin mengasah keahlian bengkel, Anda dapat mengikuti pelatihan kursus perbengkelan mekanik.

Untuk tampilan bengkel, Anda bisa membuatnya lebih rapi dan elegan agar terkesan profesional. Sebenarnya hal ini juga sebagai langkah dalam menyiasati supaya pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa bengkel Anda.

2. Bengkel elektronik

Alat-alat elektronik sudah semakin akrab dengan keseharian masyaraka. Lihat saja setiap rumah pasti mempunyai TV. Tak ketinggalan bagi keluarga yang tingkat ekonominya lumayan di rumahnya pasti tersedia barang-barang elektronik lainnya seperti mesin cuci, kulkas, rice cooker, blender dan lainnya.

Setiap barang elektronik memiliki masa pakai dan jika digunakan terus menurus dapat mempengaruhi ketahanan sparepartnya, sehingga tidak dapat tahan lama dan akan rusak. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk usaha Anda.

Apabila Anda mempunyai keahlian memperbaiki bermacam-macam alat elektronik seperti AC, kulkas, mesin cuci, televisi, radio, TOA , sound system dan lainnya, maka hal ini bisa menjadi bekal yang cukup untuk membuka bengkel elektronik.

Untuk memiliki keahlian memperbaiki segala macam kerusakan alat elektronik, Anda tidak harus berpendidikan tinggi, belajar otodidak pun bisa memiliki peluang usaha ini, asalkan mempunyai niat dan tekad yang kuat.

Cara belajar lain, misalnya dengan membeli buku dan belajar melalui video tutorial di internet.
Untuk mengembangkan ilmu yang sudah Anda pelajari, Anda bisa langsung mempraktikkan ke alat elektonik yang rusak.

Berikut contoh jenis bengkel elektronik yang bisa dijadikan referensi yaitu, bengkel TV, LCD dan proyektor, jasa reparasi freezer dan kulkas, jasa servis alat musik, bengkel mesin fotocopy, reparasi printer dan scanner.

Untuk peralatan servis biasanya membutuhkan DC power supply, multitester yaitu alat pengukur komponen, pengecek jalur hubungan antar komponen dan pengecek battery, solder, kawat timah dan lainnya.

Bengkel servis sistem elektrik dari mesin industri dan alat berat masih belum banyak orang yang menggelutinya. Ini bisa Anda masukkan ke daftar rencana Anda, karena jasa ini menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding dengan jasa-jasa lainnya.

3. Bengkel komputer

Walaupun komputer termasuk alat elektronik, namun untuk memperbaiki kerusakannya berbeda dengan alat elektronik pada umumnya karena komputer terdiri atas dua mesin sekaligus yaitu software dan hardware.

Untuk mengatasi permasalahan komputer cukup rumit. Namun untuk mempelajari cara mengatasi permasalahan atau kerusakan komputer, Anda tidak harus mempunyai pendidikan yang tinggi.

Anda bisa belajar otodidak, kursus komputer ataupun belajar via online. Peluang usaha ini sangat menguntungkan, pasalnya tidak semua orang bisa memperbaiki kerusakan komputer.

cara promosi bengkel

4. Bengkel servis hp

Hampir semua orang di Indonesia saat ini sudah memiliki gadget. Ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin membuka bisnis bengkel hp.

Seperti halnya komputer, cara mengatasi hp berbeda dengan cara yang digunakan untuk memperbaiki alat elektronik lainnya. Untuk dapat mengatasi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi Anda bisa belajar sendiri atau belajar lewat internet dan media sosial mengenai tata cara mengatasi permasalahan hp.

Ada cara lain yaitu dengan mengikuti kursus hp di lembaga-lembaga yang berfokus pada perbaikan hp. Modal usaha ini tidak terlalu banyak, karena hanya membutuhkan keahlian dan alat-alat pendukung lainnya.

Jika Anda memiliki hobi memperbaiki hp sebaiknya manfaatkan peluang bisnis ini agar mendapat pengalaman sekaligus keuntungan.

Kunci agar usaha bengkel hp Anda sukses adalah dengan memberikan kualitas terbaik dan harga yang sesuai karena dua hal tersebut akan selalu menjadi pertimbangan konsumen untuk menentukan tempat servis. Strategi pemasaran juga harus diterapkan dengan baik, agar tempat servis Anda selalu ramai.

Caranya dengan mempromosikan jasa Anda baik melalui online atau offline. Manfaatkan jejaring sosial Anda untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Untuk pemasaran secara offline bisa dengan membuat brosur dan kupon gratis servis dengan batas waktu yang ditentukan kepada pelanggan yang sudah servis di tempat Anda.

5. Bengkel mobil

Jenis bisnis bengkel ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Meskipun usaha ini sudah banyak ditemui, tapi pangsa pasar masih cukup luas. Layanan yang bisa diberikan untuk servis mobil yaitu memperbaiki komponen mobil yang rusak, modifikasi interior dan eksterior mobil, cuci mobil dan lainnya.

Untuk membuka bisnis ini yang perlu diperhatikan yaitu mempelajari hal yang berkaitan dengan kerusakan mobil. Contohnya cara membongkar, menganalisis kerusakan mobil, maupun menafsirkan biaya kendaraan, agar Anda tidak salah dalam menentukan cara memperbaikinya.

Anda juga perlu mencari karyawan yang ahli, terampil dan berpengalaman dalam bidang memperbaiki mobil.
Ada beberapa faktor utama yang menjadi tolak ukur pelayanan bengkel bagus dan tidak yaitu mengenai ketepatan , keterampilan, kecepatan dan kenyamanan.

Jika Anda berhasil menerapkan empat prinsip tersebut, pelanggan akan merasa puas bahkan merekomendasikan jasa bengkel Anda kepada pelanggan lainnya.

6. Bengkel las

Peluang usaha las masih terbuka lebar bagi siapa saja, karena pangsa pasar saat ini semakin meningkat.
Untuk mendirikan sebuah bengkel las, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, misalnya mesin bor, mesin gerinda, mesin kompresor, mesin pempotong besi, trafo las dan lainnya.

Keunggulan bengkel las yaitu meskipun dengan modal yang minim namum hasil keuntungannya cukup besar.
Agar dapat bersaing dengan kompetitor dengan cara unik.

Anda bisa mencoba untuk memberikan garansi, contohnya memberikan garansi selama 30 hari untuk jenis barang tertentu. Maka pelanggan akan merasa percaya dan puas dengan bengkel Anda. Itulah beberapa contoh bengkel yang bisa Anda jadikan referensi.

bengkel adalah usaha yang menguntungkan

Kelebihan dan kekurangan membuka bengkel motor

Setiap usaha pasti ada kelebihan dan kelemahannya, sama seperti bisnis bengkel motor tentu memiliki keunggulan dan kekurangan.

Sebelum Anda terjun untuk memulai usaha ini, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan maupun kekurangan bengkel motor. Tujuannya agar Anda mengetahui secara detail apa saja kendala dan risiko yang kemungkinan besar terjadi. Berikut ini beberapa kekurangan usaha bengkel motor:

1. Sulit menemukan lokasi yang strategis

Untuk mendapatkan tempat bengkel yang strategis tidaklah mudah. Ini menjadi salah satu kekurangan bisnis bengkel, kerena jika lokasi usaha Anda kurang cocok, bisa dipastikan konsumen enggan mendatangi bengkel Anda.

2. Masalah gaji karyawan (montir)

Jika Anda mempunyai montir yang sudah ahli dalam bidang bengkel motor, pastikan upah yang diterima sesuai dengan kemampuan dan keahliannya, jika tidak sesuai maka akan menjadi masalah.

Bisa saja karyawan tersebut akan pindah kerja ke tempat lain atau bahkan membuat bengkel sendiri dan menjadi pesaing Anda.

3. Persaingan semakin ketat

Sekarang ini banyak berdiri bengkel-bengkel motor yang berjejeran. Mereka sama-sama bersaing untuk mendapatkan pelanggan.

Jika Anda membuka bengkel di dekat bengkel kompetitor dan tidak memiliki keunggulan yang bisa ditonjolkan, bisa saja Anda akan mengalami kebangkrutan karena tidak ada pelanggan yang datang ke bengkel Anda.

4. Mahalnya biaya membuat pelanggan kabur

Hal ini sering terjadi, ketika pelanggan membayar biaya yang telalu mahal, maka pelanggan tidak lagi memasukkan bengkel Anda kedalam daftar bengkel yang murah.

Artinya jika jasa dan harga suku cadang mahal dan di atas rata-rata, maka pelanggan bisa pindah ke bengkel yang lebih terjangkau harganya. Berikut kelebihan usaha bengkel motor, di antaranya:

1. Pangsa pasar luas

Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis bengkel motor masih tetap menjanjikan karena setiap rumah pasti memiliki motor bahkan lebih dari satu.

Kendaraan roda dua ini biasanya dijadikan sebagai alat transportasi utama yang anti macet dan murah.
Melihat peluang tersebut, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai usaha ini.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan sepeda motor yang terlalu lama akan mengalami kerusakan, baik karena suku cadang yang memiliki masa pakai atau kerusakan pada komponen lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat.

2. Modal kecil

Hal utama untuk mendirikan sebuah usaha adalah modal. Namun tidak jarang pelaku usaha kecil dan UKM mengeluhkan modal yang besar dari bisnis bengkel ini.

Untuk membuka usaha bengkel terkadang tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil Anda sudah bisa memulai usaha servis motor Anda, misalnya bengkel motor rumahan.

Dengan membuka usaha di lahan Anda sendiri, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran biaya yang seharusnya digunakan untuk membayar biaya sewa lahan atau kios.

Kemudian ketika usaha Anda sudah berkembang Anda bisa mendirikan bengkel yang lebih menjanjikan dengan omzet yang berlipat ganda.

3. Menambah usaha sampingan

Selain membuka bisnis bengkel motor, Anda bisa menambah jenis usaha lainnya seperti menjual sparepart motor, usaha cutting stiker, modifikasi motor, tambal ban, jual bahan bakar eceran, cuci steam motor dan lainnya.

Dengan memiliki berbagai jenis usaha lainnya, Anda dapat mendatangkan pelanggan yang lebih banyak. Mereka akan tahu tempat bengkel Anda tidak hanya melayani servis motor saja, namun berbagai macam kebutuhan lainnya bisa terpenuhi.

4. Prospek bisnis yang menjanjikan

Salah satu yang menjamin prospek jangka panjang bisnis bengkel motor adalah ketika menjelang Idul Fitri, mereka yang akan mudik menggunakan kendaraan roda dua akan mengecek kondisi kendaraan, seperti rem, mesin, aki, busi dan lainnya.

Maka bengkel motor menjadi salah satu jasa yang paling dicari menjelang masa mudik, tentu omzet yang didapatkan akan bertambah bahkan naik berlipat-lipat.

Itulah kelebihan dan kekurangan bisnis bengkel motor yang dapat menambah wawasan Anda sebelum membuka usaha ini.

buka bisnis bengkel sukses

Strategi agar usaha bengkel ramai

Memiliki lokasi strategis memang mempunyai pengaruh besar tehadap ramai tidaknya bisnis bengkel. Selain lokasi strategis, ada cara lain yang bisa meningkatkan volume pelanggan agar bengkel ramai pengunjung, di antaranya:

1. Menentukan konsep

Tentukan konsep bengkel yang ingin Anda buka, apakah Anda ingin membuka bengkel motor tertentu, seperti motor matic, motor sport, atau motor gede. Kemudian apakah Anda akan memerima jasa servis saja atau menerima layanan lainnya seperti modifikasi. Tentukan juga target market yang jelas.

Jika keahlian montir hanya bisa mengatasi permasalahan motor matic maka jangan paksakan untuk menangani jenis motor lainnya, karena selain berisiko Anda juga bisa mempertaruhkan reputasi bengkel menjadi lebih buruk.

Lebih baik Anda mempekerjakan montir yang mempunyai keahlian di segala bidang atau Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa montir dengan keahlian yang berbeda-beda. Semakin banyak pelayanan yang dapat diberikan, maka semakin luas target pasar Anda.

Penentuan konsep ini juga dapat berpengaruh pada besaran modal yang harus Anda keluarkan, contohnya bengkel moge memungkinkan membutuhkan lahan yang besar dan peralatan yang lebih khusus.

2. Promosi tepat sasaran

Promosi bisa dilakukan dengan memasang banner atau spanduk mengenai informasi promo yang ingin Anda tonjolkan agar menarik minat pelanggan. Misalnya pada musim tertentu, Anda dapat memberikan promo gratis cuci motor setelah pelanggan melakukan transaksi dengan jumlah tertentu di bengkel Anda.

Promo ini dapat dilakukan berkala sesuai dengan keadaan usaha Anda. Promo lain misalnya pelayanan gratis untuk cek oli dan rem. Selanjutnya keputusan kembali pada pemilik motor, apakah mau melakukan layanan selanjutnya atau tidak.

Dari contoh-contoh promo di atas bisa Anda kembangkan sendiri dan tentukan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu Anda akan memperoleh pelanggan yang lebih banyak.

3. Kejujuran montir

Banyak terjadi kasus penyalahgunaan pelayanan yang seharusnya tidak perlu. Pelanggan merasa tertipu karena montir menyarankan servis yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Padahal servis tersebut bisa dilakukan pada bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itu peran dan kejujuran montir atau mekanik sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Banyak konsumen yang tidak terlalu paham tentang seluk beluk mesin sehingga mereka membutuhkan tempat konsultasi bengkel yang jujur.

Berikan informasi yang jelas mengenai kondisi kendaraan, apa saja yang harus diperbaiki, kemudian kendala apa yang dialami jika tidak segera diperbaiki atau kapan waktu yang tetap bagi pelanggan untuk mengganti sparepart.

Dengan memberikan informasi yang tepat dan pelayanan terbaik untuk para pelanggan, memungkinkan pelanggan akan menggunakan jasa Anda kembali.

tips sukses usaha bengkel

4. Pelayanan setelah servis

Kembangkan pelayanan Anda demi membangun citra bisnis yang baik. Mintalah data konsumen sebagai bentuk kepedulian usaha Anda.

Setelah perbaikan dalam waktu dua atau tiga hari, tanyakan kepada konsumen mengenai kondisi kendaraan pasca perbaikan melalui pesan singkat atau telpon. Dengan begitu konsumen akan merasa memperoleh kepedulian dari bengkel Anda, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Memberikan layanan yang tidak dilakukan bengkel lain

Lakukan riset di beberapa bengkel yang dekat dengan bengkel Anda. Apa saja pelayanan yang belum mereka miliki kemudian lakukan inovasi untuk membuat layanan yang berbeda dari bengkel-bengkel lainnya.

Misalnya membuat layanan antar jemput kendaraan atau servis di tempat. Layanan ini memungkinkan menarik lebih banyak pelanggan yang membutuhkan servis lebih cepat dibanding harus mendatangi bengkel Anda.

Cara lain yang dapat menarik hati pelanggan adalah memperbaiki kerusakan yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel lainnya.

6. Memanfaatkan komunitas

Saat ini banyak komunitas yang tergabung berdasarkan tipe motor. Untuk menarik minat banyak komunitas tersebut ada strategi jitu yang bisa Anda lakukan yaitu aktif mengikuti komunitas motor tertentu.

Dengan begitu Anda bisa memiliki koneksi yang luas. Jika Anda sudah aktif, Anda dapat dengan mudah merekomendasikan jasa bengkel Anda kepada semua anggota dari komunitas yang Anda ikuti.

Berikan promosi atau layanan khusus bagi anggota yang melakukan perbaikan di bengkel Anda. Jika mereka puas, maka kemungkinan besar akan merekomendasikan bengkel Anda ke teman-teman lainnya.

Selain beberapa poin di atas, perhatikan juga waktu perbaikan motor. Beberapa pelanggan tidak mau menunggu terlalu lama karena kendaraan akan digunakan.

Berikan penjelasan kepada pelanggan mengenai waktu yang dibutuhkan mekanik untuk memperbaiki motor. Pelanggan akan memaklumi dan mengerti jika Anda memberitahu dengan baik dan sopan. Itulah beberapa strategi jitu memulai bisnis bengkel bagi pemula.

Memulai usaha bengkel saja sudah cukup sulit. Jadi jangan sampai Anda kesulitan untuk mendaftarkan usaha Anda. Anda bisa menghubungi kami untuk pendaftaran usaha dengan cara mudah, murah dan efisien melalui Patendo WA 0853 5122 5081.

Bagikan :