021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Konsultan Pajak Adalah: Pengertian, Manfaat dan Biaya

Konsultan pajak adalah seseorang yang memberikan jasa konsultasi kepada wajib pajak untuk memenuhi kewajiban membayar pajak sesuai undang-undang. Walaupun merupakan kewajiban setiap warga negara namun banyak yang menganggap proses pelaporan dan pembayaran pajak terbilang rumit.

Konsultan pajak adalah solusi yang tepat untuk membantu Anda untuk menuntaskan kewajiban tersebut.

konsultan pajak adalah

Pengertian Konsultan Pajak dan Jenis Layanan Konsultan Pajak

Definisi konsultan pajak adalah badan atau pribadi yang menyediakan layanan konsultasi perpajakan bagi Wajib Pajak. Hal ini demi menjalankan kewajiban perpajakannya sebagaimana aturan perundangan perpajakan yang berlaku.

Secara sederhana, dapat dikatakan konsultan pajak adalah mereka yang membantu Wajib Pajak baik pribadi maupun badan dalam menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan pajak.

Bagi Wajib Pajak, konsultan pajak berperan untuk mempermudah melaksanakan kewajiban membayar pajak tepat waktu sesuai ketentuan. Lebih dari sekadar membantu perusahaan dan perorangan untuk membayar pajak, berikut layanan yang juga tersedia pada konsultan pajak:

1. Kepatuhan Pajak

Ketidakpatuhan perpajakan kerap terjadi bukan karena yang bersangkutan tidak bersedia melaksanakan kewajibannya, namun lebih kepada ketidaktahuan dan kurang memahami tata cara prosedur perpajakan.

Di sini peranan konsultan pajak adalah memberi informasi yang tepat, melaporkan, menghitung, membayar pajak. Singkatnya, konsultan pajak membimbing Wajib Pajak untuk menjalankan kewajibannya hingga tuntas.

Aktivitas lain yang berkaitan dengan layanan konsultan pajak juga membuat estimasi pajak yang wajib dibayar oleh klien, termasuk melakukan koreksi fiskal.

Aktivitas yang dikerjakan konsultan pajak dalam hal ini adalah pencatatan, pembetulan, juga penyesuaian.
Konsultan pajak perlu melakukan koreksi fiskal karena terjadi ketidaksamaan dalam pengakutan besarnya penghasilan, penempatan, serta biaya dalam akuntansi pajak dengan laporan akuntansi komersial.

2. Perencanaan Pajak

Layanan konsultan pajak selanjutnya adalah membuat perencanaan pajak terutama bagi klien pengusaha kena pajak (PKP). Klien perlu mempunyai perencanaan perhitungan pajak untuk perusahaannya, dan yang bersangkutan juga perlu mengetahui jenis pajak yang berlaku pada bisnisnya.

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan profit bisnis yang dijalankan dan konsultan pajak dapat membantu dalam merancang perencanaan pajak ini. Selanjutnya konsultan pajak juga berwenang mempersiapkan dan menangani data yang berkaitan dengan pajak sekaligus melaporkan sesuai ketetapan.

3. Pemeriksaan Laporan Pajak

Di sini peranan konsultan pajak adalah untuk membantu Wajib Pajak yang sudah membayar pajak memeriksa laporan pajaknya. Ini antara lain apakah klien konsultan pajak sudah menjalankan prosedur pajak yang tepat, hingga mengevaluasi jumlah pajak yang telah dilaporkan.

Tujuannya adalah meminimalkan terjadinya kesalahan saat pelaporan pajak dan mengevaluasi data beban pajak yang berpotensi merugikan bisnis klien konsultan pajak.

Konsultan pajak juga dibutuhkan untuk meminimalisir anggaran untuk membayar pajak. Namun dalam hal ini konsultan pajak tetap melakukannya dalam koridor aturan dan ketentuan perundang-undangan perpajakan.

4. Pendampingan Wajib Pajak

Pada layanan ini tugas konsultan pajak sebagai perwakilan atau pendamping klien saat pemeriksaan pajak.
Kewajiban konsultan pajak juga termasuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan hingga memproses penghitungan pajak sesuai perkembangan peraturan pajak yang berlaku.

Di sini terlihat pentingnya peranan konsultan pajak, mengingat tak sedikit orang/perusahaan yang kurang mengerti permasalahan perpajakan yang menjadi kewajibannya. Jadi jangan ragu bermitra dengan konsultan pajak profesional untuk memenuhi kewajiban perpajakan Anda.

5. Konsultasi Pajak

Sebagaimana nama profesinya, seorang konsultan pajak adalah penasehat dalam permasalahan pajak. Konsultan pajak wajib memberitahukan setiap detail informasi kepada Wajib Pajak mengenai peraturan perpajakan terbaru yang harus dipenuhi.

Berkonsultasi dengan konsultan pajak berpengalaman dapat menghemat waktu dan energi sehingga Anda bisa berkonsentrasi kepada bisnis.

6. Restitusi Pajak

Ada kalanya klien memerlukan restitusi, yaitu pengembalian kelebihan pembayaran pajak. Konsultan pajak berperan di sini untuk membantu realisasinya. Untuk itu konsultan pajak harus mempersiapkan data yang dibutuhkan, melaporkan restitusi pajak, memeriksa, hingga proses terakhir, yaitu penerimaan pengembalian kelebihan pajak kepada klien.

Dalam proses tersebut konsultan pajak juga berwenang untuk mendampingi.

7. Penyelesaian Sengketa Pajak

Penyelesaian sengketa pajak juga termasuk dalam layanan konsultan pajak. Jika terjadi hal tersebut, maka konsultan pajak berwenang mendampingi klien jika dilakukan pemeriksaan pajak kepada yang bersangkutan.

Sebelumnya klien dapat meminta saran konsultan pajak, misalnya ketika dia berniat melakukan keberatan maupun banding pajak. Konsultan pajak berpengalaman dapat membantu mendapatkan solusi dari permasalahan ini.

Siapa Saja yang Membutuhkan Jasa Konsultan Pajak

Sebagaimana yang telah disinggung, klien konsultan pajak adalah para Wajib Pajak.
Berdasarkan Pasal 1 Ayat (2) UU No 16 tahun 2009, Wajib Pajak adalah perorangan atau badan yang mempunyai kewenangan sebagai pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, serta memiliki kewajiban dan hak perpajakan sebagaimana aturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Ada dua kategori Wajib Pajak yang biasanya membutuhkan konsultan pajak, yaitu orang pribadi dan Wajib Pajak badan.

1. Wajib Pajak Orang Pribadi
Ada beberapa jenis wajib pajak orang pribadi yang wajib Anda ketahui. Berikut ini merupakan penjelasannya:

● Orang Pribadi (Induk)
Yang termasuk dalam Wajib Pajak ini adalah mereka yang belum menikah dan seorang suami sebagai kepala keluarga.

Di sini konsultan pajak dapat membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan dalam hal merekomendasikan tindakan, pendampingan, mewakili, dan memeriksa laporan pajak.
Konsultan pajak tak jarang memiliki klien selebritis dan artis yang termasuk dalam kategori Wajib Pajak pertama ini.

● Hidup Berpisah (HB)
Wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena sudah hidup berpisah berdasarkan putusan hakim.
Jika termasuk kategori tersebut dan mengalami kesulitan menghitung pajak Anda, peranan konsultan pajak adalah membantu Anda menyelesaikan kewajiban tersebut. Anda bisa mendapatkan solusi terbaik dari konsultan pajak profesional dalam menangani pajak Anda.

● Pisah Harta (PH)
Pasangan suami istri yang termasuk dalam kategori tersebut dikenakan pajak terpisah karena secara tertulis menghendaki demikian. Hal ini berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan keduanya.

Jika menginginkan ketentuan tersebut yang berlaku pada kehidupan pernikahan Anda, sebaiknya mintalah nasehat konsultan pajak. Konsultan pajak secara profesional akan menjelaskan plus minus aturan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain menangani penyelesaian kewajiban pajak, konsultan pajak juga menyediakan layanan konsultasi untuk yang ingin mendapatkan informasi aturan terbaru yang berhubungan dengan kategori tersebut.

2. Wajib Pajak Badan

● Badan
Wajib Pajak adalah himpunan orang atau modal, baik dengan aktivitas bisnis maupun tidak.
Tanyakan kepada konsultan pajak, bagaimana Anda melaksanakan kewajiban pada kategori tersebut.
Dengan menyerahkan kepada

● Joint Operation
Wajib Pajak ini merupakan kerja sama operasi untuk melakukan penyerahan atas Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) yang mengatasnamakan bentuk kerja sama operasi. Pastikan menjalankan kewajiban pajak Anda dengan pendampingan konsultan pajak dalam hal ini.

● Kantor Perwakilan Perusahaan Asing
Yang termasuk Wajib Pajak ini merupakan perwakilan dagang asing atau kantor perwakilan perusahaan asing di Indonesia, namun tidak termasuk Bentuk Usaha Tetap (BUT). Jika Anda adalah orang yang berwenang untuk menangani kewajiban pajak perusahaan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan pihak luar, yaitu konsultan pajak.

Mengenai berapa besarannya dan bagaimana ketentuannya, konsultan pajak dapat memberikan penjelasan yang tepat.

Manfaat Konsultan Pajak Bagi Wajib Pajak dan Pemerintah

Memilih memercayakan pengurusan kewajiban pajak kepada konsultan pajak tidak hanya bermanfaat bagi Wajib Pajak, tetapi juga pemerintah.

Manfaat Konsultan Pajak Untuk Wajib Pajak

Untuk Wajib Pajak, inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Konsultan Pajak Lebih Efektif Dalam Penghitungan Perpajakan

Daripada orang awam, konsultan pajak tentu lebih terlatih dan berpengalaman terkait perpajakan sehingga dapat menghitung jumlah pajak Anda secara efektif dengan akurat dan singkat.

Meminta bantuan konsultan pajak tentunya dapat meminimalkan risiko kesalahan penghitungan yang membuat Wajib Pajak membayar lebih banyak atau lebih sedikit.

Demikian pula bagi perusahaan, wewenang konsultan pajak adalah mendampingi Anda dan tim dalam proses menghitung pajak.

2. Konsultan Pajak Dapat Menangani Masalah Pajak Secara Tuntas

Bisa jadi akibat kurangnya pemahaman Wajib Pajak, bisa terjadi berbagai masalah pajak. Ini misalnya kesalahan perhitungan tarif pajak, keterlambatan pembayaran dan pelaporan, hingga sengketa pajak.

Pada kondisi demikian konsultan pajak dapat menjadi andalan untuk memberikan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan Anda sampai tuntas. Jadi jangan ragu untuk menjadwalkan kunjungan kepada konsultan pajak.

Di sini klien akan mendapatkan beberapa opsi solusi dari konsultan pajak dan dia juga dapat menjelaskan, seberapa jauh kapasitasnya dalam menyelesaikan masalah tersebut.

3. Konsultan Pajak Membantu Merancang Perencanaan Pajak

Konsultan pajak adalah pihak yang kompeten untuk membuat perencanaan pajak yang berguna untuk meminimalkan pembayaran pajak Anda. Kewajibannya adalah mendampingi klien dalam merancang tax planning berdasarkan aktivitas atau bisnis yang bersangkutan.

Untuk itu klien perlu memberikan informasi terkait secara jujur dan detail.

4. Konsultan Pajak Dapat Meminimalkan Biaya Operasional

Jika berpikir tarif jasa konsultan pajak mahal, Anda keliru, karena bermitra dengan konsultan pajak justru dapat memotong biaya operasional. Pasalnya Anda tidak perlu lagi mempekerjakan banyak orang untuk menangani pajak perusahaan.

Serahkan saja kepada ahlinya, yaitu konsultan pajak yang dapat membantu Anda mengelola pajak dan menuntaskan kewajiban pajak dengan baik.

5. Konsultan Pajak Membantu Pengusaha Lebih Fokus pada Bisnisnya

Administrasi pajak bagi banyak orang terbilang kompleks dan rumit apalagi jika penghasilan Wajib Pajak cukup besar atau memiliki beberapa bisnis. Dengan menyerahkan urusan perpajakan kepada konsultan pajak, Anda dapat mencurahkan waktu dan tenaga untuk aktivitas lain yang lebih penting.

Konsultan pajak adalah mitra yang cukup penting untuk menuntaskan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

6. Konsultan Pajak Memudahkan Wajib Pajak Menjalankan Kepatuhan Pajak

Seperti yang kita ketahui jenis pajak sangat beragam dan masing-masing mempunyai peraturan perundang-undangannya sendiri. Untuk orang awam atau Wajib Pajak baru melaksanakan kewajiban pajak bisa sangat rumit.

Perusahaan konsultan pajak dapat membantu Anda melaksanakan kewajiban pajak sesuai regulasi yang berlaku. Peranan konsultan pajak adalah menangani pajak Anda mulai dari pengumpulan dokumen, penghitungan, hingga pembayaran pajak sampai tuntas. Dengan kata lain konsultan pajak adalah solusi untuk menjadi WNI yang taat pajak.

7. Konsultan Pajak Memberikan Informasi Regulasi Pajak Terbaru

Faktanya amandemen Undang-Undang Perpajakan kerap membuat satu aturan berkaitan dengan aturan yang lain. Inilah kewajiban lain konsultan pajak, yaitu memberikan informasi terbaru kepada klien sesuai rilisan Direktorat Jenderal Pajak.

Konsultan pajak adalah salah satu sumber informasi bagi Wajib Pajak yang berhubungan dengan Undang-Undang, kebijakan, dan peraturan yang baru. Mitra konsultan pajak akan membuat Anda terhindar dari kewajiban mempelajari perundangan-undangan baru yang menyita waktu dan tenaga.

Manfaat Konsultan Pajak Untuk Pemerintah

Manfaat Konsultan Pajak Untuk Pemerintah

Profesi konsultan pajak berperan penting bagi pemerintah, terutama Direktorat Jenderal Pajak. Bahkan dalam mukadimah Anggaran Dasar Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, konsultan pajak adalah mitra Dirjen Pajak dalam merealisasikan pedoman kerja yang sama.

Konsultan pajak dalam menjalankan profesinya sekaligus sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memasyarakatkan regulasi perpajakan yang berlaku. Sesuai rekomendasi konsultan pajak, Wajib Pajak selanjutnya dapat menjalankan kewajiban sekaligus menuntut hak perpajakannya.

1. Konsultan Pajak Berperan Aktif Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak

Salah satu kewajiban pengabdian negara bagi WNI adalah taat pajak untuk menjamin pelaksanaan pembangunan nasional. Konsultan pajak wajib berperan serta menyadarkan Wajib Pajak dalam hal ini sebagai bentuk kontribusi dalam kelangsungan pembangunan nasional.

Di sini konsultan pajak dapat memulai dengan memberikan pemahaman bahwa kewajiban pajak bukanlah pengeluaran yang membebani masyarakat. Pasalnya, penerimaan pajak akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk fasilitas dan layanan umum yang memadai.

2. Konsultan Pajak Turut Menciptakan Iklim Perpajakan Nasional yang Sehat

Ini dengan pengawasan kontrol sosial apakah petugas pajak telah berlaku sesuai regulasi ketika menuntut hak dari sektor pajak sebagai penerimaan negara.

3. Konsultan Pajak Berpartisipasi Meningkatkan Kualitas Pajak

Dalam menjalankan tugasnya, konsultan pajak wajib turut berperan dalam meningkatkan mutu layanan pajak bagi warga masyarakat Wajib Pajak.

Bagikan :
There are currently no comments.