021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

30 Contoh Merek Dagang Produk Indonesia yang Sukses

Tahukan anda ada beberapa merek dagang asli dari Indonesia yang sukses luar biasa ditahun 2022. Apa saja mereknya, yuk simak disini. Berbicara tentang merek dagang, ada beberapa contoh merek produk lokal yang namanya harum di dalam dan luar negeri.

contoh merek dagang produk asli dari indonesia

Contoh Merek Dagang Produk Indonesia

Sebagai pebisnis, Anda bisa menjadikan mereka sebagai inspirasi untuk membangun merek dagang Anda sendiri. Setidaknya ada 30 merek lokal yang namanya sangat populer. Penasaran apa saja contoh merek dagang produk Indonesia yang sukses pada tahun 2022? Berikut adalah daftarnya:

1. Indomie
Anda pasti sudah sangat mengenal Indomie, bukan? Contoh merek lokal asal Indonesia ini namanya sudah sangat melegenda di antara masyarakat tanah air. Ternyata, tak hanya di Indonesia, merek yang satu ini juga populer di berbagai negara tetangga.

Bahkan, Indomie masuk sebagai salah satu contoh merek mie instan terenak dunia dalam beberapa survei dari berbagai majalah di dunia. Jika Anda tak percaya, Anda bisa langsung membuka Google dan mengetikkan kata kunci “Indomie mie instan paling enak di dunia”. Anda akan mendapatkan berbagai artikel rujukan.

Oleh karena itu, jika membahas contoh merek produk lokal yang sukses, Indomie harus ada di urutan pertama. Kesuksesan produk lokal ini tentunya menginsprasi Anda.

2. Wardah
Kemudian, contoh merek produk lokal yang cukup sukses selanjutnya adalah Wardah. Produk kosmetik asal Indonesia ini sangat terkenal di Indonesia. Sebagai penggagas kosmetik halal, Wardah begitu dicintai oleh masyarakat Indonesia hingga Malaysia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam.

Wardah berhasil membangun brand mereka hingga mendapatkan kepercayaan penuh oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tak heran jika Wardah termasuk dalam contoh merek dagang lokal yang sukses tahun ini.

3. Scarlett
Berada di bidang yang sama dengan Wardah, Scarlett juga bisa menjadi salah satu contoh merek dagang lokal yang sukses. Merek yang dibangun oleh artis Felicya Angelista ini sangat booming beberapa tahun terakhir.

Bahkan, tahun ini Scarlett pun berani memboyong Song Jong Ki, aktor papan atas Korea Selatan, untuk menjadi brand ambassador produknya. Efek dari hal tersebut adalah merek ini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan menjadi contoh merek yang sukses melakukan pemasaran.

4. Avoskin
Masih di bidang kosmetik, contoh merek dagang yang juga sangat populer beberapa bulan belakangan ini adalah Avoskin. Merek ini merupakan produk kecantikan yang berada di bawah naungan PT. AVO Innovation & Technology.

Sama seperti Scarlett, Avoskin juga memboyong aktor asal Korea Selatan untuk menjadi brand ambassador. Aktor tersebut adalah Park Hyung Sik. Kehadiran BA tersebut pun berhasil membawa nama Avoskin sebagai salah satu produk kecantikan lokal yang populer. Dengan kesuksesan tersebut, Avoskin pun layak menjadi salah satu contoh merek produk populer tahun ini.

5. Somethinc
Selanjutnya, masih di bidang kosmetik, ada juga brand bernama Somethinc yang bisa masuk dalam daftar contoh merek produk yang populer tahun ini. Sama seperti produk kecantikan era 2022 lainnya, Somethinc juga menggandeng artis Korea Selatan sebagai brand ambassador, yakni Han So Hee.

Teknik marketing tersebut sukses membuat produk-produk kecantikan era ini sukses dan layak masuk dalam contoh merek produk lokal yang amat populer.

6. Erigo
Beralih dari produk kosmetik, ada juga produk fashion lokal yang namanya sangat populer sehingga layak masuk dalam contoh merek produk populer tahun ini. Merek yang dimaksud adalah Erigo.

Brand pakaian ini menggandeng beberapa artis lokal tanah air untuk mengiklankannya. Hasilnya pun sudah terlihat. Erigo berhasil menjadi contoh merek produk populer.

7. AQUA
Untuk produk yang satu ini, rasanya tidak perlu banyak penjelasan mengapa bisa menjadi contoh merek produk populer asal Indonesia. Saking populernya Aqua sebagai produk air mineral, kita menyebut semua merek air mineral dengan sebutan Aqua.

8. Tolak Angin
Kemudian, ada juga produk obat herbal asli Indonesia bernama Tolak Angin juga masuk sebagai contoh merek produk populer. Produk ini menjadi obat herbal sehari-hari masyarakat Indonesia yang sering terkena masalah masuk angin.

Tolak Angin berada di bawah naungan PT. Sido Muncul asal Indonesia. Merek ini menjadi salah satu contoh merek produk dari Sido Muncul yang membuat perusahaan tersebut populer dan terus bertahan hingga sekarang.

9. Viva
Selanjutnya, ada juga produk kosmetik jadul Viva yang namanya tetap saja populer hingga saat ini. Kita juga bisa menjadikan Viva sebagai contoh merek produk yang berhasil mempertahankan popularitasnya hingga sekarang.

10. Emina
Contoh merek produk populer di bidang kosmetik selanjutnya adalah Emina. Produk kecantikan yang satu ini cukup populer di kalangan remaja. Segmen pasar Emina memang para remaja.

11. Make Over
Make Over juga menjadi salah satu contoh merek produk kecantikan yang populer. Namun, tahukah Anda bahwa Make Over adalah produk lokal Indonesia? Make Over berada di bawah naungan PT. Paragon Technology & Innovation.

Kualitas produknya telah diakui oleh para makeup artist. Di antara banyaknya produk kecantikan yang bermunculan di era ini, Make Over tetap bisa bertahan menjadi salah satu contoh merek produk populer andalan masyarakat Indonesia.

12. Vantela
Selanjutnya, ada Vantela yang juga layak kita masukkan sebagai contoh merek dagang populer. Vantela adalah merek untuk produk sepatu. Desainnya mirip-mirip seperti Vans, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun dengan harga terjangkau, kualitas Vantela sebagai produk lokal cukup bagus. Itulah alasan mengapa akhirnya Vantela masuk sebagai salah satu contoh merek dagang populer.

13. Cosmos
Lalu, kita akan beralih ke produk elektronik. Anda pasti mengenal merek Cosmos, bukan? Contoh merek dagang populer ini juga bisa kita jadikan acuan untuk membangun produk. Cosmos tetap terkenal meskipun banyak produk elektronik asal luar negeri yang masuk di Indonesia.

14. Swallow
Kemudian, ada juga produk sandal legendaris yang layak kita masukkan dalam daftar contoh merek dagang populer, yakni Swallow Sandal. Karena merek sandal tersebut sangat populer, orang-orang dari luar negeri bahkan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Indonesia.

15. J.CO
Contoh merek dagang populer asal Indonesia lainnya adalah J.CO. Produsen donat yang biasanya hadir di berbagai mall ini sebenarnya adalah produk lokal, tetapi banyak masyarakat yang belum tahu.
Keberhasilan J.CO dalam membangun merek perlu Anda contoh sebagai pebisnis. Dengan belajar dari berbagai contoh merek dagang populer, siapa tahu merek yang Anda bangun pun bisa populer.

16. Mie Sedaap
Selain Indomie, contoh merek dagang di bidang mie instan yang populer adalah Mie Sedaap. Di Indonesia, dua merek mie instan tersebut menjadi idola masyarakat.

17. Dua Kelinci
Masih di bidang kuliner, ada juga contoh merek dagang populer bernama Dua Kelinci yang akrab di telinga masyarakat. PT. Dua Kelinci banyak mengeluarkan produk makanan yang laris manis di tengah masyarakat, di antaranya adalah Sukro, Deka, TicTac, dan lain sebagainya.

18. Wings
Contoh merek dagang selanjutnya yang populer adalah Wings. Merek yang satu ini membawahi beberapa produk populer di Indonesia, seperti Daia, So Klin, Mie Sedaap, Rapika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

19. SilverQueen
Lalu, ada juga contoh merek dagang lokal yang sering disalahpahami sebagai produk luar negeri, yakni SilverQueen. Produk coklat paling terkenal di Indonesia ini adalah produk lokal. Produk ini bahkan tetap populer di antara banyaknya produk lokal dari asing lainnya.

20. Martha Tilaar Group
Selanjutnya, contoh merek yang bisa kita jadikan inspirasi adalah Martha Tilaar Group. Merek yang satu ini punya banyak sekali produk. Salah satu produk yang paling terkenal adalah produk Sariayu sebagai produk kecantikan lokal yang diklaim paling cocok untuk kulit orang Indonesia.

21. Gudang Garam
Selanjutnya, di bidang rokok, ada merek bernama Gudang Garam yang masuk ke dalam contoh merek lokal yang mendunia. Indonesia memang terkenal dengan produk rokoknya. Salah satu merek rokok yang terkenal adalah Gudang Garam.

22. Maspion
Selain Cosmos, ada juga contoh merek elektronik yang populer asal Indonesia, yakni Maspion. Maspion memproduksi banyak sekali produk elektronik. Kualitasnya pun cukup bagus. Produk Maspion pun sering dijadikan andalan masyarakat Indonesia yang mencari barang elektronik murah.

23. ABC
Di urutan selanjutnya, contoh merek di bidang makanan yang populer adalah ABC. Merek tersebut mengeluarkan banyak produk makanan, seperti mie, kecap, saus, dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia pun sudah cukup populer dengan merek ABC.

24. Polytron
Lalu, kita kembali lagi ke produk elektronik yang populer. Contoh merek elektronik andalan masyarakat Indonesia lainnya adalah Polytron. Merek yang satu ini juga memproduksi barang elektronik yang kualitasnya sangat bisa kita andalkan.

25. Ruang Guru
Di antara banyak contoh merek, Ruang Guru adalah satu-satunya merek produk di bidang pendidikan yang populer di Indonesia era ini. Sejak pandemi menyerang dunia, pembelajaran dilakukan secara online. Ruang Guru menjadi salah satu merek yang memulai tren pembelajaran secara online.

26. Gajah Duduk
Masyarakat Indonesia mempunyai produk fashion yang sangat khas, yakni sarung. Salah satu contoh merek sarung terkenal di Indonesia adalah Gajah Duduk.

Merek sarung ini punya ciri khas bahan yang berbeda dengan jenis sarung lainnya. Motifnya unik dan bahan kainnya halus. Kekhasan tersebut membuat merek ini lebih menonjol dibandingkan dengan merek lainnya.

27. Polygon
Selanjutnya, Anda pasti sudah kenal dengan merek Polygon, bukan? Kita mengenal Polygon sebagai merek sepeda. Kualitas sepeda Polygon sudah sangat diakui dari dulu hingga sekarang. Polygon pun layak kita jadikan sebagai contoh merek lokal yang tetap populer hingga era ini.

28. Nevada
Nama Nevada memang terlihat tidak terlalu lokal, tetapi Nevada adalah produk lokal yang sudah sangat populer. Kita bisa memasukkan Nevada sebagai salah satu contoh merek fashion asal Indonesia yang mampu bersaing dengan produk lainnya.

29. Dagadu
Untuk Anda yang sering bepergian ke Yogyakarta, nama Dagadu pasti sudah tidak asing. Contoh merek cenderamata asal kota istimewa tersebut masih terus berjaya hingga sekarang. Dagadu memproduksi kaos oblong, gantungan kunci, dan produk kreatif lainnya ini sudah hampir 3 dekade bersama kita.

30. Eiger
Terakhir, ada produk perlengkapan naik gunung yang menjadi andalan bagi banyak pendaki gunung. Eiger adalah contoh merek lokal yang paling populer di kalangan para pecinta kegiatan outdoor. Merek ini sering dikira sebagai merek asing, padahal sebenarnya merek lokal.

30 Contoh Merek Dagang Produk Indonesia yang Sukses

Dari sekian contoh merek di Indonesia, produk lokal tetap masih bisa bersaing dengan gempuran produk-produk asal luar negeri. Kunci agar bisa bersaing dengan merek-merek sejenis lainnya adalah dengan memiliki unique point sendiri. Anda bisa memulainya dengan mendaftarkan merek dagang Anda.

Merek dagang masuk dalam unique point yang nantinya akan menjadi bahan utama dalam usaha pemasaran. Jika Anda sudah melihat adanya kemungkinan produk Anda akan sukses, segeralah untuk mendaftarkan merek Anda.

Prosedur mendaftarkan merek dagang memang mudah, tetapi cukup memakan waktu. Untuk memudahkan prosesnya, Anda bisa menggunakan jasa konsultan HKI Patendo. Jasa tersebut akan membantu Anda mengurus pendaftaran produk.

Setelah melihat beberapa contoh merek lokal yang populer, Anda bisa mengikuti jejak mereka. Semuanya dimulai dengan membangun merek Anda sendiri. Daftarkan merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.