021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Inilah 60+ Macam Nama Kopi yang Wajib Anda Ketahui

Siapa yang tak kenal dengan komoditas satu ini? Kopi bahkan telah dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia. Karena rasa dan aromanya yang sangat khas, banyak orang dari berbagai usia menyukainya.

Di bawah ini kami akan mengulas beragam nama dan jenis kopi nusantara dan dunia yang wajib Anda ketahui.

macam nama kopi

Nama nama kopi di dunia

Tahukah Anda bahwa bukan hanya Indonesia yang menghasilkan kopi terbaik? Berikut jenis kopi dari berbagai negara termasuk Indonesia.

1. Kopi arabika

Kopi yang paling banyak diminati pecinta kopi ini memiliki ukuran biji lebih kecil dan rasa serta aroma yang lebih nikmat dibanding jenis lainnya. Arabika mempunyai kandungan kafein yang tidak terlalu tinggi sehingga dapat dikonsumsi oleh siapapun.

2. Kopi liberika

Tidak seperti arabika yang menguasai pasar, jenis kopi ini justru belum banyak diproduksi. Liberika dibuat dengan memadukan kopi arabika dan robusta dengan cita rasa khas. Kopi yang banyak ditemukan di Liberia, Afrika ini biasa dijadikan bahan dasar kopi latte dan espresso.

3. Kopi robusta

Kopi ini dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Robusta memiliki biji oval dan besar serta memiliki kandungan kafein lebih tinggi dibanding arabika.

4. Kopi excelsa

Nama kopi yang bisa ditemukan di Tanjung Jabung Barat, Jambi ini memiliki daun hijau keabuan dan lebar. Excelsa dapat tumbuh di dataran rendah dengan suhu tinggi serta keadaan kekeringan.

5. Kopi luwak

Kopi termahal di dunia ini dihasilkan dari proses fermentasi biji kopi di dalam tubuh hewan luwak sehingga disebut kopi luwak.

6. Kopi kolombia

Sesuai namanya, kopi ini hanya dapat ditemukan di Kolombia. Kopi kolombia termasuk jenis kopi arabika dengan rasa yang lebih nikmat.

7. Kopi jamaika

Nama kopi premium ini dibudidayakan di Blue Montain Jamaika. Rasanya yang ringan dan tidak pahit membuatnya menjadi kopi dengan harga tertinggi di dunia.

8. Kopi kona

Kona hanya bisa tumbuh di Hawai dengan musim tertentu. Harga jual kopi kona sangat tinggi namun rasanya sangat khas dan unik sehingga berbeda dari jenis kopi lainnya.

9. Kopi gayo

Dari namanya sudah jelas bahwa kopi ini dibudidayakan di Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Namun kopi dengan kelas premium ini sudah diekspor ke berbagai negara.

10. Kopi kintamani

Kopi ini berasal dari Kintamani, Bali dan sudah digemari oleh pecinta kopi di berbagai negara. Ciri khas kopi kintamani adalah proses pengairannya yang masih tradisional sehingga disebut kopi organik.

nama kopi di dunia

Macam macam kopi dan cara membuatnya

Berbagai jenis biji kopi dapat diolah menjadi bahan dasar minuman kopi dengan proses yang berbeda-beda. Simak cara membuat beragam minuman kopi berikut ini.

1. Espresso

Nama kopi ini dibuat dengan meletakkan biji kopi dalam mesin brewing hingga menghasilkan ekstrak kopi pahit dan pekat yang bisa jadi bahan dasar pembuatan kopi americano.

2. Ristretto

Pembuatannya sama seperti mengekstrak espresso namun menggunakan lebih sedikit air dari espresso biasa. Proses brewing sama seperti espresso yaitu 15 detik saja.

3. Americano

Cara membuat kopi americano adalah dengan mencampurkan satu shot kopi espresso dengan air panas.

4. Latte

Cara membuatnya adalah dengan menuangkan 170 ml susu panas ke atas 30 ml ekstrak espresso.

5. Macchiato

Ada dua jenis macchiato yaitu espresso dan latte macchiato. Untuk espresso macchiato, cukup dengan cara menambahkan susu ke dalam secangkir espresso.
Sebaliknya, latte macchiato dibuat dengan menambahkan espresso ke dalam segelas susu.

6. Mocha

Mocha dibuat dengan menambahkan bubuk cokelat ke dalam ekstrak espresso kemudian diberi susu panas dan busa dari susu kocok serta taburan cokelat bubuk di atasnya.

7. Cappucino

Cara membuatnya mirip seperti latte hanya saja busa di atasnya lebih banyak. Tuangkan susu panas ke dalam ekstrak espresso lalu tambahkan foam atau busa dari susu yang dikocok.
Sebagai sentuhan terakhir tambahkan taburan coklat di atasnya.

nama kopi sachet

Jenis penyajian kopi

Selain cara membuat ragam kopi di atas, masih ada beberapa cara penyajian kopi yang perlu Anda ketahui.

1. Kopi hitam

Penyajian kopi yang paling sering ditemui ini terbuat dari rebusan bubuk kopi tanpa penambah rasa apapun.

2. Kopi tubruk

Kopi ini disajikan dengan cara menambahkan gula pada kopi hitam.

3. Cafe au lait

Penyajiannya hampir sama dengan latte, namun kopi ini menggunakan campuran kopi hitam bukan ekstrak espresso.

4. Dry cappucino

Kopi ini sama seperti cappucino namun tidak menggunakan susu sama sekali dan hanya menggunakan sedikit krim.

5. Frappe

Frappe merupakan jenis cappucino versi dingin dengan tambahan krim di atasnya.

6. Kopi irlandia

Kopi ini sering disebut irish coffee ini merupakan minuman kopi yang dicampur dengan whisky.

7. Kopi oleng

Minuman kopi khas Thailand ini disajikan dengan kacang kedelai, jagung dan wijen.

8. Melya

Kopi melya disajikan dengan menambahkan madu serta bubuk cokelat ke dalam kopi.

nama kopi unik

Nama nama kopi sachet

Bagi para pecinta kopi yang malas meracik kopi sendiri juga bisa menikmati secangkir kopi dari kopi instan sachet yang saat ini sudah banyak tersedia. Apa saja kopi sachet yang bisa Anda coba di rumah?

1. Top Coffee

Produk ini terbuat dari campuran arabika dan robusta. Kopi instan ini tersedia dalam berbagai varian seperti mocca, kopi susu, susu kental manis dan lainnya.

2. ABC

ABC White Coffee adalah salah satu andalannya, terbuat dari gula, kopi bubuk dan krimer nabati yang bebas kolesterol.

3. Kapal Api

Bagi pecinta kopi tubruk, Kapal Api varian special mix adalah pilihan tepat karena dalam satu sachet sudah terdapat kopi hitam dan gula sehingga Anda tinggal menyeduhnya saja.

4. Indocafe

Kopi dengan produk 3 in 1 dan cappucino ini terbuat dari biji kopi pilihan asal Mandailing, Sumatera Utara.

5. Luwak

Salah satu keunggulan dari Luwak White Coffee adalah aman bagi lambung karena sudah diproses secara khusus. Kopi sachet ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa.

6. Torabika

Salah satu nama kopi instan yang paling digemari masyarakat ini memiliki beragam varian yaitu Torabika creamy, jahe susu, cappucino, moka, 3 in 1, susu full cream dan lainnya.

7. Owl

Kopi Owl yang memiliki varian rasa brown sugar, hazelnut dan coconut sugar ini terbuat dari biji kopi pilihan yang mempunyai rasa dan aroma khas.

8. Good Day

Kopi favorit anak muda ini tersedia dalam berbagai rasa seperti coolin, vanilla latte, moccacino, chococino, white frappe, carrebian nut dan original.

9. Icepresso

Kopi instan yang terbuat dari campuran espresso dan krimer kental manis ini bisa dinikmati dengan diseduh biasa atau diblend jika ingin disajikan dingin.

nama kopi keren

Macam macam minuman kopi yang populer saat ini

Selain jenis-jenis kopi yang sudah disebutkan di atas, ada lagi nama kopi populer yang patut Anda pertimbangkan untuk dicoba.

1. Red eye

Red eye dibuat dari campuran kopi hitam dan espresso. Nama kopi ini biasa disebut eye opener karena benar-benar membuat mata terbuka lebar.

2. Flat white

Kopi ini hampir mirip dengan latte dan cappucino namun lebih lembut dan kuat dari latte karena dibuat dengan komposisi 2 shot espresso dan susu yang lebih banyak.

3. Cortado

Kopi yang mirip dengan macchiato ini dibuat dengan mencampurkan espresso dan susu hangat dengan perbandingan 1:1.

4. Affogato

Nama kopi ini terbilang unik karena mencampurkan espresso dengan es krim vanila. Perbandingannya adalah 3/5 es krim dan 2/5 espresso.

5. Cold brew

Cold brew dibuat dengan menuangkan air dingin pada gelas berisi kopi bubuk lalu didiamkan selama 12 jam kemudian disaring. Cocok untuk Anda yang tidak suka kopi asam dan pahit.

6. Yuanyang

Kopi yuanyang sering disebut kopi teh karena terbuat dari campuran teh hitam, kopi hitam dan susu kental manis.

7. Piccolo latte

Piccolo dibuat dengan cara mencampurkan ristretto dengan susu panas sehingga menghasilkan rasa yang creamy dan tidak terlalu pahit.

8. Frappuccino

Minuman kopi ini dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu berbusa seperti pada pembuatan frappe dan cappucino.

9. Salted caramel mocca latte

Dari namanya saja sudah terdengar unik. Kopi ini terbuat dari kopi yang dicampur dengan garam, susu, sirup coklat dan krim.

10. Honey bee latte

Kopi menyehatkan ini terbuat dari espresso, madu, susu, kayu manis dan kacang almod serta foam atau busa susu kocok.

11. Dirty chai latte

Hampir seperti honey latte, kopi ini juga menggunakan beberapa rempah menyehatkan seperti jahe, teh, kayu manis yang dicampur dengan espresso, madu dan susu cair.

nama kopi kekinian

Nama nama kopi keren dan artinya

Jika Anda adalah penggemar berat kopi, Anda perlu tahu arti dibalik jenis kopi berikut ini.

1. Espresso

Bahan dasar untuk nama kopi ini memiliki arti “sesuatu yang ditekan hingga keluar” dalam bahasa Italia.

Proses pembuatannya dengan cara memberi tekanan pada kopi campur sedikit air sampai menetes sedikit demi sedikit sehingga hasilnya sangat pekat dan pahit.

2. Cup of Joe

Arti dari nama kopi ini diselimuti mitos yang menyebutkan bahwa pada tahun1914 ada seorang kapten angkatan laut bernama Joe yang melarang seluruh pelaut meminum minuman beralkohol dan diganti dengan kopi pahit.

Namun fakta lain mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari kata jamoke, perpaduan antara java dan mocha yang merupakan tempat perdagangan kopi terbesar di masa silam.

3. Moccachino

Moccachino adalah kopi campuran esresso dengan susu dan cokelat bubuk atau sirup cokelat. Kopi ini juga sering disebut mocha karena ternyata nama tersebut adalah nama sebuah pelabuhan di Yaman.

Tempat tersebut dijadikan sebagai lokasi singgahnya perdagangan kopi terbesar sejak abad 15-18.

4. Macchiato

Kopi dengan bahan dasar espresso dan susu ini memiliki arti ternoda dalam bahasa Italia. Nama ini dipakai untuk menunjukkan espresso yang dinodai susu pada permukaannya.

5. Cappuccino

Jenis minuman kopi yang paling diminati masyarakat ini ternyata memiliki arti dan sejarah yang cukup unik. Kata cappuccino diambil karena warna kopi ini mirip dengan syal yang dipakai oleh biarawan Capuchin.

Ragam kopi unik di Indonesia

Sebagai salah satu penghasil kopi terbaik, Indonesia memiliki beragam nama minuman kopi unik dari berbagai daerah yang patut dicoba. Bukan hanya namanya yang unik, kopi-kopi di bawah ini juga disajikan dengan cara yang unik pula.

1. Kopi tubruk

Kopi unik satu ini pasti sudah banyak yang pernah menikmatinya. Minuman kopi khas Jawa ini sangat mudah dibuat dengan cara mencampur bubuk kopi dengan gula lalu dituang dengan air panas.

2. Kopi khop

Kopi yang berasal dari Aceh ini disajikan dengan membalikan cangkir kopi di atas piring kemudian diseruput dengan sedotan.

3. Kopi rarobang

Kopi khas Ambon ini terbilang unik karena dicampur dengan rempah khas seperti cengkeh, sereh, jahe dan kayu manis serta gula pasir sebagai pemanis.

Kopi tersebut kemudian disaring dan diberi taburan kacang kenari. Sekilas kopi ini mirip wedang ronde yang ada di Jawa.

4. Kopi joss

Kopi unik ini merupakan kopi khas Yogyakarta dengan ciri khas penggunaan arang pada penyajiannya. Arang membara dicelupkan ke dalam segelas kopi tubruk hingga berbunyi jos.
Bunyi inilah yang dijadikan sebagai nama kopi tersebut.

5. Kopi sanger

Kopi sanger juga merupakan kopi khas Aceh yang biasa disebut kopi susu tarik karena proses pembuatannya yang unik.

Bubuk kopi yang diseduh dengan cara ditarik menggunakan saringan ini kemudian dicampur dengan susu kental manis dan dikocok sampai berbusa.

6. Kopi durian

Kopi khas Lampung ini memadukan pahitnya kopi dengan legitnya buah durian yang juga melimpah di provinsi tersebut.

7. Kopi kasar

Minuman kopi khas Gresik ini juga sering disebut kopi kopyok. Diberikan julukan kopi kasar tersebut karena kopi yang digunakan telah ditumbuk kasar sehingga ketika diminum masih terasa tekstur kopinya.

8. Kopi takar

Minuman kopi khas Mandailing, Sumatera Utara ini diseduh dengan gula aren dan batang kayu manis dan disajikan dalam tempurung kelapa. Batang kayu manis di sini juga digunakan sebagai sedotan.

9. Kopi kawa daun

Minuman ini berasal dari Minangkabau dan bahan dasar yang digunakan bukanlah biji kopi melainkan daun kopi yang dikeringkan seperti teh. Uniknya lagi, minuman ini disajikan dalam batok kelapa bukan gelas atau cangkir.

10. Kopi kothok

Kopi unik ini berasal dari Cepu, Jawa Tengah. Proses pembuatannya dengan cara merebus kopi, air dan gula secara bersamaan dalam satu wadah sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang kuat.

nama kopi cafe

Nama menu kopi unik dan kekinian

Beberapa waktu terakhir ini menjadi tahun berjayanya kopi di Indonesia. Kedai kopi dengan berbagai menu tersebar di seluruh daerah bahkan di kota-kota kecil banyak dijumpai gerai kopi.

Peminatnya pun kebanyakan generasi milenial yang hobi nongkrong sambil mengerjakan tugas atau sekadar ngopi bersama teman dan sahabat.

Hal ini yang memotivasi pemilik coffee shop untuk menciptakan nama menu seunik mungkin agar menjadi daya tarik bagi kalangan anak muda.

Berikut ini daftar nama menu kopi lucu dan unik dari beberapa kedai kopi kekinian.

1. Kopi susu tetangga

Kopi milik kedai kopi Tuku ini terbuat dari campuran kopi, susu dan brown sugar. Namanya yang unik membuat pengunjung berdatangan karena penasaran ingin mencobanya.

2. Kopi kenangan mantan

Kopi yang satu ini disediakan oleh kedai kopi Kenangan. Selain kopi kenangan mantan, ada juga menu unik lain di tempat ini seperti kopi kenangan masa lalu dan kopi mantan menikah.

3. Kopi yang itu

Minuman dengan nama unik milik 3K Coffee ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas maupun dingin, bergantung selera Anda.

4. Kopi bersahaja

Menu kopi ini bisa ditemui di toko roti bakar Eneng. Minuman tersebut biasa dipesan pengunjung untuk menemani roti bakar hangat agar lebih nikmat.

5. Kopi buatan istri

Yang satu ini tak kalah unik. Menu dari Kopimana27 ini sangat menggelitik di telinga pengunjung. Bukan menu itu saja, ada beberapa menu lain yang diberi nama unik seperti kopi dangdut dan setengah lima.

6. Es KPK

Untuk menu satu ini dimiliki oleh kopi Kawi yang dijual secara online. Diberi nama KPK karena dalam kemasannya terdapat kalimat atau slogan anti korupsi.

7. Kopi no secret

Menu kopi milik Roempi Coffee ini sangat cocok dinikmati sambil nongkrong bareng sahabat. Selain kopi no secret, ada juga menu unik lain seperti kopi anti sianida dan kopi kampungan.

8. Kopi susu kampung

Kopi ini disajikan oleh kedai Di Bawah Tangga milik artis tanah air. Nama tersebut berhasil membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mencicipinya.

9. Kopi nadia

Menu kopi andalan kedai kopi Lokal ini berhasil membuat masyarakat pensaran. Hingga saat ini tidak ada yang tahu kenapa memilih nadia sebagai nama menu kopinya.

10. Kopi kebut nitro bar

Minum ini dapat ditemui di kedai kopi Kebut. Bukan hanya namanya yang unik namun penyajiannya juga unik. Kopi di tempat ini diseduh dengan teknik nitro sehingga kopi yang dihasilkan akan berbuih.

nama kopi pahit

Salah satu minuman kopi yang digandrungi kaum muda saat ini adalah es kopi susu kekinian. Minuman ini bisa ditemukan di hampir seluruh kedai kopi dengan beragam modifikasinya.

Coffe shop mana saja yang menyajikan es kopi kekinian ini? Berikut daftar nama kedai kopi kekinian di berbagai wilayah Indonesia.

1. Kopi Tuku

Menu kopi kekinian di sini terbuat dari krimer, gula aren dan iced latte. Selain menu ini, ada juga menu lain yaitu kopi rasa-rasa, kopi premium dan lainnya.

2. Kopi Kenangan

Es kopi susu kekinian yang dijual di sini disebut juga dengan kopi kenangan mantan. Menu tersebut menjadi andalan kedai yang punya puluhan cabang di berbagai daerah ini.

3. Kopi Soe

Menu kopi kekinian ala kedai Soe yakni kopi soe gula merah, kopi rum dan lain-lain. Untuk menu non kopi yaitu es regal, matcha, yuzu soesoe dan sebagainya.

4. Kopi Kulo

Menu andalannya adalah es kopi kulo kekinian. Ada juga menu lain yang tak kalah menarik antara lain es kopi keju, cookies n cream dan lain-lain.

5. Kopi Janji Jiwa

Kedai satu ini juga punya banyak cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Menu kopi kekinian yang ditawarkan antara lain es kopi pokat, madu yuzu, matcha dan masih banyak lagi.

6. Sagaleh

Minuman kekinian andalannya adalah es kopi susu, kopmil, mak itam dan lainnya. Selain minuman, kedai ini juga menyediakan camilan teman ngopi seperti lemper, martabak dan lain-lain.

7. Kopimana 27

Kedai kopi ini terkenal dengan keunikan nama menunya, antara lain andhap asor, pasta ditinggal dinas, kopi dangdut, kopi olla dan kopi buatan istri yang kekinian.

8. Kopi Lain Hati

Kopi kekinian yang dijual di sini adalah kopi LDR, kopi lajang, kopi bucin, es kopi sakit hati, es kopi gemas dan es kopi duda keren. Nama unik inilah yang membuat kedai selalu ramai pengunjung.

9. Kopi Pono

Coffe shop ini menyajikan menu kopi kekinian seperti es kopi pono, affogato, es kopi susu dan pono spesial.

10. Kopi Sana

Tempat ngopi yang satu ini menyatu dengan studio fitness sehingga Anda bisa langsung ngopi setelah berolahraga. Menu kopi yang paling sering dipesan adalah kopi susu, kopi hitam dan matcha.

kopi espresso

Nama kopi cafe di Semarang

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tak heran jika banyak kafe kopi mudah ditemui di Kota Atlas ini. Berikut beberapa nama kafe kopi di Semarang yang patut dicoba jika berkunjung ke kota ini.

1. Legend Coffee

Tempat ngopi satu ini terbilang unik karena bertema games atau permainan. Tak heran jika di dalamnya terdapat berbagai macam game seperti bilyard, uno, ding dong dan sebagainya.

2. Caffeine

Kafe ini memiliki bar untuk order minuman meskipun terlihat sederhana. Caffeine buka setiap hari dari jam 4 sore hingga 2 dini hari.

3. Blackbone Coffee & Bistro

Kedai kopi yang terletak di Banyumanik ini menawarkan konsep unik yaitu bentuk cafe dari peti kemas. Harga minuman kopi di sini juga tergolong murah sehingga pas untuk kantong mahasiswa.

4. Eastman Coffee House

Beragam menu kopi dan makanan ditawarkan dengan harga bersahabat meski tempatnya terkesan mewah.

5. Blue Lotus Coffee House

Coffee shop terbaik di Semarang ini memiliki desain interior Eropa yang membuat pengunjung sangat betah di sini. Blue Lotus juga menggunakan teknologi terbaru dalam penyajian kopinya.

6. Peacock

Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah interiornya yang vintage. Selain itu, kafe ini juga buka 24 jam dan menu di sini juga unik karena dibanderol dengan harga yang sama untuk semua menunya.

7. Joko Kopi Ungaran

Tempat ngopi ini tidak hanya menyuguhkan makanan dan minuman yang nikmat namun juga pemandangan indah saat matahari terbenam.

8. Nestcology

Kedai satu ini juga tak kalah menarik. Dengan konsep open kitchen, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan makanan dan minuman yang mereka pesan.

9. Jendela Coffee Brewers

Dinamakan jendela coffee kerena pengunjung dapat bertanya kepada barista tentang ragam kopi sehingga menjadi jendela ilmu bagi pengunjung.

10. Hans Kopi

Tempat ngopi ini punya beberapa cabang di kota Semarang. Salah satunya di kawasan kampus Universitas Diponegoro, Pleburan. Konsepnya yang sederhana namun nyaman justru menjadi favorit mahasiswa.

kopi americano

Nama kopi pahit

Rasa pahit pada kopi dihasilkan dari proses pengolahan biji kopi. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa minuman kopi dengan rasa yang pekat dijadikan bahan dasar pembuatan minuman kopi lainnya.

Yang tergolong kopi pahit adalah espresso, americano dan ristretto. Ketiganya merupakan jenis kopi pahit karena tidak menggunakan campuran apapun selain air dengan kadar yang berbeda-beda.

Sebenarnya ada banyak manfaat mengonsumsi kopi pahit, antara lain:

1. Meminimalisasi rusaknya fungsi kognitif pada lansia.

2. Membuat jantung lebih sehat.

3. Sebagai antioksidan dan nutrisi bagi tubuh.

4. Meningkatkan produktivitas dan selalu aktif.

5. Mencegah diabetes dan kanker.

6. Membuat badan segar dan bugar.

7. Memaksimalkan diet.

8. Memperkuat tulang.

Meski begitu, bagi penderita maag harus berpikir seribu kali jika ingin mengonsumsi kopi pahit.

kopi moccachino

Jenis kopi yang bikin gatal

Apa ada kopi yang bisa bikin gatal? Sebenarnya gatal setelah minum kopi adalah reaksi kekebalan tubuh terhadap kopi yang dianggap sebagai bakteri dan harus dilawan. Hal ini terjadi pada orang yang menderita alergi kopi.

Berikut ini ciri-ciri alergi kopi yang patut Anda ketahui.

1. Kulit terasa gatal-gatal.

2. Timbul ruam di area gatal.

3. Tekanan darah turun secara tiba-tiba.

4. Denyut nadi melemah.

5. Merasa mual hingga muntah.

6. Sulit menelan makanan dan minuman.

7. Mengalami batuk dan sesak napas.

8. Warna kulit berubah menjadi warna yang tidak biasa.

Bagikan :