021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara memulai usaha dagang

definisi hak kekayaan intelektual

Cara memulai usaha dagang menjadi informasi yang paling banyak dibutuhkan oleh para pebisnis pemula yang akan menjalankan bisnis kuliner. Ya, usaha dagang kuliner merupakan salah satu bagian usaha yang paling menjanjikan.

Dasarnya, saat sedang berhemat, kebutuhan sekunder yang berupa pakaian ataupun kebutuhan lainnya mungkin bisa direm atau ditahan. Namun beda ceritanya jika rasa lapar muncul saat berhemat tersebut.

Mau tidak mau walaupun tengah berhemat, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan agar perut yang lapar bisa terisi.

Atas dasar inilah, tidak mengerankan apabila beberapa dekade ini pelaku usaha dagang kuliner begitu berkembang pesat.

Mulai pedagang kaki lima hingga berbagai makanan modern dengan harga yang fantastik yang dikenal dengan nama usaha dagang berupa kafe atau restoran.

Cara memulai usaha dagang

Baca : Cara membuat merek dengan mudah

Karena banyaknya pelaku usaha dagang yang serupa, bisa dipastikan persaingan dalam dunia usaha dagang ini juga akan ketat.

Dimana, hanya produk unggulan sajalah yang bakal memenangkan persaingan ini. So, masihkah Anda ingin memulai bisnis usaha dagang bertajuk kuliner ini?

Cara Memulai Usaha Dagang Kuliner

Khusus Anda yang berminat untuk memulai usaha dagang dalam bidang kuliner, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Hal penting ini sangat berpengaruh pada pemasaran kuliner dan keuntuga usaha yang bakal kamu dapatkan. Adapun hal penting tersebut antara lain adalah:

Modal

Modal merupakan hal penting pertama yang harus disiapkan jika ingin memulai usaha dagang kuliner. Modal yang cukup sangat berpengaruh pada usaha yang dijalankan. Bagaimana jika modal yang kita miliki kurang?

Bisa saja Anda berkolaborasi dengan rekan yang memiliki satu visi yang sama. Dengan begitu, modal yang dimiliki akan besar karena usaha dagang digarap oleh dua orang atau lebih.

Selain itu, Anda juga bisa meminta pinjaman dana kepada lembaga keuangan yang ada di kota Anda.

Cara memulai usaha dagang makanan

Lokasi usaha

Tak hanya soal dana saja yang harus dipenuhi, mencari lokasi usaha nyatanya juga sangat penting pada cara mermulai usaha dagang kuliner. Pastikan memilih lokasi usaha yang banyak dikunjungi.

Saat memilih lokasi usaha, Anda juga harus lebih teliti. Jangan sampai memilih lokasi usaha dagang yang bisa menguras modal yang dimiliki.

Apakah lokasi usaha memang mutlak dimiliki agar usha dagang kuliner bisa berjalan? Sebenarnya tidak, jika Anda tidak memiliki lokasi usaha, bisa saja menitipkan produk yang dimiliki di tempat usaha yang menjadi mitra ataupun menitipkan ke lokasi yang strategi.

Menu Utama

Sebelum memulai usaha dagang kuliner, ada baiknya jika Anda harus mensurvei dahulu mengenai menu yang saat ini tengah beredar di pasaran. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu yang kira-kira belum terlalu banyak dijual.

Langkah ini sangat akurat agar persaingan di pasaran bisa ditekan. Walaupun demikian, pastikan menu yang dipilih juga sesuai target pasar.

Dan yang tak kalah penting, Anda juga perlu memperkirakan berapa harga dari produk yang Anda jual tadi. Pastikan harga dipatok tidak terlalu mahal karena bisa mengurangi minta konsumen.

Walaupun begitu, jangan juga terlalu mematok harga yang terlalu murah karena bisa membuatmu rugi.

Pemasok bahan dasar

Menentukan siapa pemasok bahan dasar makanan yang akan diproduksi setiap hari sangat penting untuk dipertimbangkan. Cara memulai usaha dagang kuliner yang satu ini bertujuan agar produksi produk yang dijual bisa tetap stabil.

Ada banyak keuntungan jika Anda menentukan pemasok bahan dasar ini. Keuntungan pertama tentu bahan baku yang dibutuhkan akan dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Pasalnya, pemasok tersebut juga diuntungkan dengan jatah bahan baku harian yang dikirimkan ke usaha dagang milik Anda.

Selain itu, jika suatu saat usaha dagang yang dijalankan ternyata tengah berada dikeadaan yang sulit, bisa saja Anda meminta bantuan pada pemasok bahan dasar makanan tadi.

Dan lebih penting, jika bahan dasar yang dibutuhkan dalam produksi makanan yang dijual ternyata tengah langka, tidak menutup kemungkinan Anda akan dipriorotaskan. Usahakan, memilih pemasok yang bisa dipercaya.

Diperbolehkan untuk memiliki pemasok lebih dari satui agar ada alternatif apabila pemasok satu tidak dapat menyediakan permintaan.

Cara memulai usaha dagang warung

Baca : nama kedai dan warung berdasarkan referensi

Promosi produk

Promosi adalah cara memulai usaha dagang kuliner yang paling penting, Jika semuanya sudah ready, melakukan promosi atau pemasaran tentu akan mengundang banyak konsumen yang bisa saja jadi langganan tetap.

Promosi produk yang Anda lakukan bisa diaplikasikan dalam banyak cara. Baik itu menggunakan cara tradisional dengan cara menyiarkan dari mulut ke mulut ataupun melalui cara modern menggunakan kecanggihan teknologi.

Cara modern ini bisa dicoba dengan cara memposting produk kuliner yang kamu miliki dengan bantuan media sosial. Dibandingkan cara yang pertama, cara modern ini lebih direkomendasikan.

Pasalnya, jangkauan pasar yang membutuhkan akan semakin luas. Itu artinya, kesempatan untuk bisa bersaing dan mendapatkan banyak langganan akan terbuka lebar.

Nah, itu tadi beberapa informasi penting yang bisa diterapkan saat akan memulai usaha dagang kuliner. Usaha dagang kuliner memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit agar bisa mengarah pada keuntungan besar.

Sabar dan konsisten adalah kunci utama agar usaha dagang kuliner yang dijalankan bisa berubah memberikan keuntungan besar.

Pada dasarnya, selain 5 cara memulai usaha dagang kuliner yang sudah dibahas tadi, dua hal penting, sabar dan konsisten saat menjalankan usaha kuliner juga perlu diperhatikan.

Cara memulai suatu usaha menjadi langkah awal yang harus diketahui dan dipahami secara benar oleh para pemula yang berkeinginan berkecimpung dalam dunia bisnis.

Seseorang biasanya akan terdorong dengan gairah menggebu untuk menjalankan suatu usaha saat melihat peluang bisnis yang ada disekitarnya, sehingga mereka ingin secepatnya merealisasikan ide tersebut dengan membuka dan memulai usaha sendiri.

Pada dasarnya membangun sebuah usaha tentu saja menjadi impian dan cita-cita semua orang. Bahkan sebagian pengusaha besar berangkat dari khayalan besar di dalam kehidupan sempit yang dijalaninya.

Sehingga bukan hal yang mustahil jika Anda menjadi salah satu orang yang berkeinginan memulai usaha dari nol dengan harapan besar untuk masa yang akan datang. Bukankah kesuksesan membutuhkan pengorbanan?

Hidup tidak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga untuk mulai membangun usaha.

Cara memulai suatu usaha

Baca : Perpanjangan merek dan pengalihan hak merk menurut konsultan terpercaya

Maka Anda juga harus memulainya dengan merangkak terlebih dahulu. Hal pertama sebagai salah satu cara memulai suatu usaha ialah dengan memastikan apa yang menjadi landasan Anda memulai bisnis.

Biasanya terdapat beberapa landasan yang memicu seseorang melakukan usaha, seperti bosan menjadi pegawai, ingin mendapatkan penghasilan lebih, tidak ingin terikat dengan waktu dan bergantung pada orang lain, memiliki modal yang lebih, ingin merubah nasib, bercita-cita menjadi boss, menemukan peluang bisnis yang menjanjikan dan lainnya.

Semuanya menjadi landasan yang bisa digunakan sebagai sebuah motivasi untuk Anda dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis.

Apabila kegagalan bisnis yang Anda dapatkan, maka ingatlah kembali landasan yang Anda bangun sejak awal dan mencoba bangkit untuk menjadi lebih baik lagi.

Kegagalan saat menjalankan usaha menjadi hal yang sangat wajar dan bahkan dialami oleh hampir semua bisnis yang dijalani sehingga tidak perlu trauma dan malah enggan menjalaninya.

Cara memulai suatu usaha untuk meraih kesuksesan pada dasarnya dimulai dari sebuah mimpi.

Yakni sebuah keinginan, harapan, angan dan cita-cita yang sangat ingin dicapai oleh semua orang.

Seseorang yang memiliki mimpi dalam hidupnya merupakan orang yang baik karena harapan itulah yang menjadi motivasi dan tertanam di dalam pikirian, jiwa dan otaknya untuk bisa dicapai pada suatu saat nanti.

Misalnya, Anda mempunyai impian menjadi pengusaha sukses, maka dengan sendirinya hati Anda mendapatkan motivasi untuk menemukan cara tepat agar harapan dan mimpi tersebut bisa terwujud.

Cara memulai suatu usaha yang benar

Selain bermimpi dan bercita-cita, Anda juga harus menemukan ide usaha menjanjikan yang sekiranya memiliki peluang besar untuk mendatangkan keuntungan.

Dalam sebuah bisnis, ide-ide usaha menjadi pertimbangan penting lainnya yang harus diperhatikan. Mengapa ide menjadi penting? Tentu saja karena ide yang sejalan dengan keahlian Anda akan menghasilkan sebuah usaha menguntungkan.

Dapatkan ide usaha tersebut dengan mendengarkan kata hati Anda, dan lakukan sesuai apa yang Anda sukai dan bisa Anda kuasai.

Misalnya, Anda hobi memasak, maka ide membuka bisnis kuliner bisa Anda pertimbangkan sebagai usaha menjanjikan yang patut dicoba.

Beberapa pertimbangan untuk mendapatkan ide ialah seperti mengetahui kemampuan yang Anda miliki, pastikan untuk selalu mempertimbangkan hobi Anda, lihatlah sekeliling Anda dan temukan apa yang menjadi kebutuhan banyak orang.

Carilah sebuah produk atau jasa yang booming saat ini, cara mudah lainnya ialah dengan melihat dan memperhatikan apa yang orang terdekat Anda katakan mengenai bakat Anda.

Ini akan menjadi awal yang baik untuk menemukan cara memulai suatu usaha dengan ide cemerlang. Berikutnya, cara memulai suatu usaha yang tepat ialah dengan langsung belajar dari para ahlinya.

Saat telah menemukan ide usaha, maka cobalah untuk menyisihkan sedikit waktu untuk mempelajari usaha yang ingin Anda kembangkan tersebut.

Seperti yang diketahui, mendirikan sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi Anda para pemula.

Cobalah lakukan pendekatan dengan beberapa orang yang telah berpengalaman di bidang usaha yang sesuai keinginan Anda. Mungkin Anda juga harus mengeluarkan sedikit biaya untuk memperoleh ilmu dan arahan dari mereka.

Namun, itu bukan masalah besar, dimana sekarang ini bahkan berbagai pelatihan mengenai membangun sebuah bisnis telah dilakukan oleh praktisi untuk membagikan ilmu dan pengalaman kepada orang-orang yang membutuhkan, termasuk Anda salah satunya.

tips Cara memulai suatu usaha

 

Pelatihan ini tentu saja tidak gratis, sehingga mempersiapkan sejumlah modal wajib Anda lakukan.

Modal uang memang dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha, namun terdapat beberapa modal pentingnya lainnya sebagai cara memulai suatu usaha agar cepat sukses.

Yakni memiliki modal pengalaman, pengetahuan, keberanian, memiliki konsep usaha, relasi, semangat, kreatifitas tinggi dan lainnya.

Keseimbangan antara semua modal pendukung usaha ini akan menghasilkan sebuah bisnis menjanjikan yang memberikan profit berlimpah untuk para pelakon bisnis, termasuk Anda salah satunya.

Bagi Anda yang terhambat dengan modal uang, jangan khawatir karena permasalah inilah yang sebenarnya sering membuat para pengusaha stuck di tempat.

Namun, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan usaha kecil-kecilan tanpa membutuhkan modal dalam jumlah yang besar.

Cobalah untuk mendapatkan ide usaha dengan modal kecil dan cocok dengan apa yang Anda sukai dan Anda gemari.

Akan sangat berlebihan jika terdapat orang yang mengatakan jika memulai usaha tanpa modal sama sekali, karena itu sangat amat mustahil.

Terlebih untuk bisnis real, namun berbeda dengan bisnis online yang bisa dilakukan dengan menggunakan modal uang dalam jumlah yang sangat sedikit.

Selain bisnis online, beberapa usaha yang membutuhkan modal sedikit ialah seperti menjual minuman dingin, memproduksi kue rumahan, membuka bisnis catering, membuka usaha laundry.

Steam motor, rental PS, bahkan dengan membuka usaha tambal ban. Semuanya bisa Anda usahakan dengan niat dan ketulusan hati untuk mendapatkan hasil yang berkah.

Cara awal membuka usaha itu sangatlah banyak dan beragam, dan bisa dimulai dengan cara apa saja. Apabila anda sedang ingin merintis sebuah usaha atau bisnis sendiri, tidaklah sesulit yang seringkali orang katakan.

Namun, tentunya banyak sekali beragam aspek yang sangat perlu anda perhatikan dan persiapkan dengan matang di dalam menerapkan cara awal membuka usaha tersebut.

Di mulai dengan menentukan jenis usaha apa yang hendak anda jalankan, hingga strategi pemasarannya.

Cara awal membuka usaha

Apabila anda sekalian memang kurang di dalam membekali diri dengan pengetahuan berbisnis, maka anda harus banyak belajar lagi dengan lebih keras.

Dan apabila sejak awal anda sudah memiliki mental bermalas-malasan, maka dapat dipastikan usaha anda tidak akan mengalami perkembangan yang berarti, dan malah juga bisa gulung tikar alias rugi sama sekali.

Nah, oleh karena itu, sekarang banyak sekali para pengusaha pemula yang sengaja memakai konsultan dalam menjalankan bisnis.

Dengan harapan mereka bisa mendapat strategi pemasaran serta perencanaan bisnis yang baik dan matang.

Lantas, bagaimana dengan kondisi anda sekarang? Apakah anda masih dipenuhi dengan tanda tanya? Jangan khawatir, anda sekalian tidaklah perlu susah payah menyewa seorang konsultan dalam berbisnis.

Karena kali ini kita akan mengulas beragam tips dan kiat-kiat dalam menerapkan cara awal membuka usaha.

Berikut di bawah ini bisa anda simak baik-baik mengenai kiat-kiat dalam menerapkan cara awal membuka usaha :

Tentukanlah jenis usaha yang akan anda geluti :

Pertanyaan semacam ini harusnya sudah bisa anda pecahkan di benak anda di saat awal ketika anda hendak memulai sebuah bisnis atau usaha.

Sebelum anda sekalian mengambil sebuah keputusan dalam merintis sebuah usaha sendiri, sangatlah penting untuk anda dalam menentukan jenis bisnis atau usaha apa yang hendak anda geluti.

Anda bisa banyakmembaca mengenai peluang-peluang bisnis sebagai sumber inspirasi anda.

Cara awal membuka usaha makanan

Di samping itu, ada baiknya jenis usaha itu haruslah cocok dengan bakat serta minat dan juga keahlian yang sudah anda miliki.

Karena akan sangat percuma apabila menjalankan sebuah bisnis yang pada faktanya anda sama sekali tidak menyukainya. Keadaan demikian akan membuat anda menjadi setengah hati di dalam menjalankan bisnis itu.

Sehingga anda bisa jadi akan menyerah pada pertengahan jalan, karena rasa bosan dan kurang nikmat dalam menjalankan bisnis tersebut.

Maka, ada baiknya untuk anda pikirkan dahulu dengan sematang mungkin, sebelum anda benar-benar memulai usaha itu. Perhatikan dan cermati kembali mengenai minat, serta keahlian, dan bakat yang anda miliki.

Sehingga anda akan benar-benar menikmati proses berbisnis pada nantinya. Sebagai contohnya adalah ketika seseorang memiliki hobi atau kesenangan membuat kue, maka dia ketika dia memutuskan untuk membuka usaha di bidang itu.

Dia akan benar-benar menjalankannya dengan sepenuh hati. Karena jelas, sejak awal kesukaan dia adalah membuat kue, dan dia akan benar-benar berusaha bagaimana kue-kue yang dia buat bisa dinikmati dan memiliki banyak peminat di pasaran.

Lakukanlah survei pasar terlebih dahulu.

Seusai anda sekalian menentukan jenis bisnis yang hendak digeluti, maka langkah berikutnya yaitu anda harus melakukan kegiatan survei pasar di lapangan dengan intens.

Kenapa?karena hal ini sangatlah penting untuk anda agar bisa membaca mengenai seberapa besar atas peluang bisnis anda itu nantinya.

Dan juga anda bisa mengetahui apakah bisnis anda akan punya peluang keberhasilan tinggi ataukah tidak. Survei itu bisa melingkupi :

Banyaknya persaingan yang ada di pasar.

Survei pasar pada lapangan itu sangat bermanfaat, agar anda bisa melihat sebrapa tinggi tingkat dan jumlah persaingan di lapangan.

Dan juga anda bisa melihat seberapa banyakkahpihak yang sudah bergelut di bidang itu. Di sisi lain, anda juga wajib untuk rajin menggali informasi mengenai standar kualitas serta ciri dari produk yang sudah beredar di pasaran.

Cara awal membuka usaha pemula

Baca : hak kekayaan intelektual yang ada di Indonesia

Lihatlah lokasi strategis dan tepat

Tempat dan lokasi untuk membuka sebuah usaha itu sangat perlu dan penting bukan kepalang.

Karena survei pada aspek ini memiliki tujuan guna mengetahui di manakah tempat ataulokasi yang memang bisa sesuai dengan jenis bisnis yang akan anda geluti.

Contohnya adalah ketika anda hendak membuka sebuah kios foto kopi, maka kios itu akan kurang bersifatefektif apabila anda sengaja membuka kios itu di sebuah komplek perumahan yang sepi.

Kaena lokasi atau tempat yang cocok adalah tempat yang berlokasi di sekitar kampus ataupun dekat dengan sekolah.

Lihat dan amati perilaku para konsumen

Perilaku dari para konsumen juga sangat penting untuk anda amati. Karena sebisa mungkin usaha yang anda miliki akan berdampak menguntungkan bagi anda, dan harus memiliki banyak jumlah peminat, serta juga memiliki daya beli tinggi dari para konsumen.

Karena sebagus apapun jenis usaha yang anda geluti, apabila daya belinya sangat rendah dan tidak memenuhi target, maka akan menjadi sebuah upaya yang sia-sia semata, dan itu akan membuang waktu anda di dalam menerapkan cara awal membuka usaha.

Persiapkanlah modal yang sesuai dengan kebutuhan :

Merintis sebuah bisnis yang dibangun sendiri itu memang memiliki keasikan tersendiri. Namun yang perlu anda catat baik-baik adalah di mana anda tetap harus menyiapkan sebuahmodal yang memadai guna mengawali bisnis anda tersebut.

Dan anda harus menentukan berapa jumlah modal yang akan anda butuhkan, sebisa mungkin tentukan modal yang sesuai dengan kebutuhan awal anda.

Nah, itu tadi ada beberapa tips dan kiat-kiat penting yang perlu anda cermati secara mendalam, sehingga bisa membantu anda sekalian di dalam menerapkan cara awal membuka usaha, yang natinya akan bisa berkembang dengan pesat.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.