021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Tata Cara Mendaftar Hak Kekayaan Intelektual dengan Mudah

apa itu hak kekayaan intelektual

Materi tentang hak atas kekayaan intelektual bisa Anda dapatkan di website kami atau Anda bisa hubungi kami melalui telefon maupun chat di 081386706312 untuk informasi lebih lanjut.

Segera daftarkan merek Anda melalui kami, sebelum hak atas merek Anda diambil oleh orang lain. Jika Anda belum mengetahui tentang filosofi hak kekayaan intelektual beserta dasar hukumnya, simak rangkuman berikut ini.

contoh hak kekayaan intelektual

Apa itu hak atas kekayaan intelektual

Dalam beberapa jurnal disebutkan bahwa hak atas kekayaan intelektual merupakan hak yang muncul dan lahir dari hasil pikiran untuk suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia.

Hak kekayaan intelektual bahasa inggris dikenal dengan istilah Intellectual Property Rights (IPR). Dalam sejarah, istilah ini pertama kali digunakan tahun 1793.

Manfaat kekayaan intelektual yaitu untuk menikmati hasil dari kreativitas intelektual manusia melalui pendaftaran yang diajukan kepada organisasi terkait atau instansi yang berwenang mengelola pendaftaran HKI yaitu Dirjen.

Objek utama kekayaan intelektual adalah karya yang muncul dan lahir dari kemampuan intelektual manusia.

Perlindungan hukum untuk karya cipta penting dilakukan supaya tidak dibajak oleh pihak lain.

Apa yang dimaksud dengan hak atas kekayaan intelektual? pengertian hak atas kekayaan intelektual adalah hak perlindungan atas karya dan ciptaan seseorang yang wajib dimiliki oleh pemilik karya tersebut.

Dalam kekayaan intelektual ada sistem yang mengatur HKI yang disebut hak privat.

Hak privat (private rights) artinya pemilik karya bebas untuk mengajukan pendaftaran untuk karya intelektualnya tersebut.

Tujuan diberlakukannya hak tersebut supaya menghargai hasil karya pemilik dan dapat mengembangkannya.

Pemilik karya harus memahami hak atas kekayaan intelektual, karena akan adanya timbul pertanyaan mengapa seseorang perlu mendaftarkan kekayaan intelektualnya?

Setiap manusia memiliki ide cemerlang dan kreatif berdasarkan kemampuan intelektual. Ide tersebut perlu dilindungi supaya tidak diklaim atau dengan kata lain dibajak oleh pihak lain.

Cara menghargai hasil karya cipta tersebut adalah adanya perlindungan dari negara melalui proses pendaftaran HKI.

Pentingnya payung hukum terhadap hak atas ciptaan bertujuan untuk mendorong dan melindungi penyebarluasan hasil karya di bidang ilmu pengetahuan, sastra dan seni.

Untuk mendapatkan perlindungan hukum hak kekayaan intelektual Anda, segera daftarkan via Patendo. Kami siap melayani daftar hak merk internasional yang akan didaftarkan di Indonesia.

HKI terdiri dari dua bagian yaitu:

1. Hak atas ciptaan

Hak cipta merupakan hak khusus dari negara diberikan ke pemilik karya cipta untuk dapat diumumkan dan diperbanyak salinan karya ciptanya.

2. Hak kekayaan industri

Hak kekayaan industri, meliputi:

1. Paten (patent).

2. Desain untuk industri (industrial design).

3. Merek (trademark).

4. Desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit).

5. Rahasia dagang (trade secret).

6. Penganggulangan praktik persaingan curang (repression of unfair competition).

7. Perlindungan varietas tanaman (plant variety protection).

Kenapa kekayaan intelektual harus dihormati oleh siapapun? Karena hak tersebut memiliki banyak manfaat bagi pemilik maupun masyarakat lainnya.

Adapun manfaat kekayaan intelektual yaitu:

1. Mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan untuk penemuan baru di bidang teknologi.

2. Peningkatan dan perlindungan hak atas kekayaan intelektual untuk mempercepat pertumbuhan industri dan menciptakan lapangan kerja baru.

3. Memberikan keleluasaan terhadap para pencipta supaya karyanya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

4. Sebagai jaminan perlindungan hukum bagi pencipta dan penemu lalu memberikan hak khusus untuk mengkomersialkan karya ciptanya.

5. Meningkatkan produktivitas dan daya saing produk Indonesia.

6. Memberikan perlindungan hukum dan dukungan kreativitas bagi masyarakat agar tidak merasa takut untuk menciptakan sesuatu.

makalah hak kekayaan intelektual

Contoh hak kekayaan intelektual di indonesia

Hasil kemampuan intelektual manusia dapat berupa karya seni, sastra, teknologi dan ilmu pengetahuan yang memakan waktu dan proses panjang.

Bagi seseorang yang menghasilkan sebuah karya wajib diberikan hak perlindungan agar tidak timbul hal negatif di kemudian hari. Hak tersebut bisa menjadi hak privat (privat rights) bagi mereka.

Perkembangan hak kekayaan intelektual terbaru sangat mudah diakses. Tingkatkan kemampuan intelektual Anda dalam bidang apapun seperti karya seni batik, teknologi komputer, karya sastra dll.

Pemerintah memberikan hak eksklusif bagi pemilik karya sebagai penghargaan, supaya mereka dapat meningkatkan kemampuan intelektualnya. Ada beberapa contoh hak atas kekayaan intelektual berdasarkan ruang lingkupnya yaitu:

1. Merek

Merek atau trademark adalah identitas sebuah produk berupa nama, angka, huruf dan susunan warna atau kombinasi dari komponen tersebut yang digunakan untuk perdagangan.
Berikut ini contoh tentang merek yaitu:

Toyota.

Iphone.

BMW.

2. Paten

Paten yaitu hak yang diberikan negara kepada penemu untuk melaksanakan hasil temuannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Invensi tersebut bisa juga diberikan kepada pihak lain atas persetujuan inventor. Beberapa contoh paten adalah:

Algoritma penggerak milik google.

Teknologi touch screen.

Teknologi mesin mobil.

3. Hak atas ciptaan

Hak atas ciptaan ialah hak eksklusif yang diberikan kepada para pencipta karya maupun penerima hak untuk mengumumkan ciptaan mereka dan memperbanyak karyanya. Contoh hak tersebut di Indonesia adalah:

Lagu.

Buku atau ebook.

Film.

Software.

Ciptaan tersebut bisa digunakan oleh pihak lain atas izin pencipta dengan tanpa mengurangi batasan yang diatur dalam uu.

Selain HKI dan contohnya, ada juga tujuan hak atas kekayaan intelektual, berikut penjelasannya:

1. Adanya perlindungan plagiat dari karya intelektual.

2. Pemberian penghargaan atas hasil karya intelektualnya, di mana hal tersebut sudah mengorbankan waktu, pikiran, rasa, daya cipta manusia dan karsa.

3. Sebuah invensi atau ciptaan dapat dipromosikan dan dipublikasi melalui dokumen HKI yang terbuka secara umum.

4. Meningkatnya perkembangan daya saing, mutu dan produktivitas dalam produk ekonomi Indonesia.

jenis hak kekayaan intelektual

Makalah kekayaan intelektual menurut para ahli

Berbagai essay tentang HKI menjelaskan bahwa ide kreatif dari seseorang atau sekelompok orang harus dilindungi supaya ide tersebut tidak dibajak atau diklaim oleh siapapun.

Penjelasan makalah tentang KI menurut para ahli akan kami jelaskan selengkapnya.

Melalui penjelasan makalah HKI, penulis menyebutkan ada beberapa para ahli yang memberikan keterangan tentang hak kekayaan intelektual.

HKI menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut Ismail Saleh mengidentifkasi kekayaan intelektual sebagai ciptaan karya atau temuan seseorang yang bersifat intelektual dan juga diberikan hak-hak khusus yang bersifat sosial dan ekonomi.

Menurut Bambang Kesowo menganalisis hak kekayaan intelektual sebagai hak yang diberikan kepada seseorang yang menciptakan atau menemukan karya berdasarkan kemampuan intelektualnya.

Menurut Adrian Sutedi, kekayaan intelektual yaitu berdasarkan hasil pola pikir maupun ide cerdas dari manusia dalam ciptaannya seperti karya sastra, seni, lagu, ilmu pengetahuan dan juga di bidang teknologi.

Hak terbagi menjadi 2 yaitu hak dasar (asasi) dan hak amanat aturan atau perundangan. Hak dasar (asasi) adalah hak mutlak yang tidak bisa diubah. Seperti hak keadilan dan hak untuk hidup.

Selain itu hak amanat aturan atau perundangan adalah hak yang diberikan dan diatur oleh masyarakat melalui undang-undang yang berlaku.

Adanya penegakan hukum dalam memberantas pembajakan terhadap HKI sesuai dengan undang-undang juga telah ditetapkan untuk melindungi hak tersebut.

Kesimpulan berdasarkan review tentang materi kekayaan intelektual bahwa kekayaan intelektual berguna untuk melindungi dan menghargai kreativitas seseorang.

Untuk meminimalisasi maraknya sistem pembajakan di Indonesia dibuatlah uu sebagai dasar pengaturan kekayaan intelektual.

Diadakannya pemberlakuan undang-undang tersebut, dapat melindungi karya-karya hasil kemampuan intelektual manusia.

Peranan HKI sangat penting bagi masyarakat. Hal tersebut bersangkutan dalam peran dan tantangan dalam HKI. Berikut ini hak kekayaan intelektual apa saja yang berkaitan dengan peran dan tantangannya yaitu:

1. Meningkatkan perkembangan teknologi.

2. Menciptakan iklim perdagangan dan investasi ke Indonesia.

3. Mempromosikan sumber daya sosial dan budaya yang dimiliki.

4. Meningkatkan invensi dan inovasi dalam negeri yang berorientasi ekspor dan bernilai komersial.

5. Memberikan reputasi internasional untuk ekspor produk lokal yang berkarakter dan memiliki tradisi budaya daerah.

6. Mendukung perkembangan dunia bisnis yang kompetitif dan spesifik dalam dunia usaha.

dasar hukum hak kekayaan intelektual

Jenis hak kekayaan intelektual

Kekayaan intelektual termasuk dalam bidang hukum yang mengatur tentang hak kebendaan yang bersumber dari hasil olah pikir seseorang. Hak kebendaan terdiri atas hak benda materil dan immateril.

Bisa juga disebut sebagai benda yang memiliki hak. Hak atas kekayaan intelektual juga bermanfaat apapun klasifikasi dan bentuknya.

Kekayaan intelektual memiliki macam macam dan jenis yang berkaitan dengan hak yang didapatkan oleh pemilik kemampuan intelektual. Berikut ini penjelasan tentang kekayaan intelektual dan jenisnya. Ada beberapa jenis hak atas kekayaan intelektual yaitu :

1. Hak atas ciptaan (copy rights)

Hak cipta merupakan hak yang diberikan kepada pencipta dan penerima hak untuk mengumumkan dan memperbanyak ciptaannya dan memberi izin tanpa mengurangi batasan yang telah ditentukan.

2. Hak kekayaan industri, meliputi

1. Paten (patent).

Paten adalah hak yang melindungi hasil temuan di bidang teknologi. Berbeda dengan hak cipta, hak paten hanya dimiliki oleh pemilik ide invensi dalam bidang teknologi.

Jika suatu ide telah dipatenkan, maka seseorang tidak berhak untuk membuat invensi yang memiliki persamaan dengan invensi sebelumnya.

Kekayaan intelektual yang masuk dalam hak paten adalah touch screen. Hak itu diberikan kepada pemilik hak yang bersangkutan. Penemu dapat mengalihkan temuannya melalui lisensi atas karyanya.

Pengalihan KI salah satunya adalah melalui wakaf. Di dalam perjanjian lisensi tersebut akan dituliskan beberapa klausul yang mengatur penggunaan karya tersebut.

2. Merek dagang.

Merk dagang merupakan sebuah simbol, logo atau gambar untuk nama suatu produk atau layanan. Hak atas merek dagang dapat digunakan setelah disetujui oleh pihak lembaga kekayaan intelektual.

3. Hak desain industri.

Hak desain industri adalah hak eksklusif yang diberikan negara kepada pencipta desain melalui hasil karya sendiri dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Hak tersebut juga dapat diberikan kepada pihak lain atas persetujuan pencipta desain tersebut.

4. Rahasia dagang.

Rahasia dagang merupakan suatu rahasia dalam perdagangan yang tidak dipublikasikan atau tidak disebarluaskan oleh pemilik rahasia dagang maupun pihak lembaga kekayaan intelektual.

prinsip hak kekayaan intelektual

UU atau undang-undang hak kekayaan intelektual

Hak atas kekayaan intelektual adalah hak yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang atas hasil suatu karya cipta. Hak tersebut memiliki nilai ekonomis yang dapat dinikmati oleh pencipta karya.

HKI mempunyai tujuan untuk melindungi karya cipta seseorang atau sekelompok orang. Hal tersebut dapat dilihat dalam undang-undang yang mengatur tentang KI.

Berikut ini kami sebutkan dasar hukum undang-undang atau UU KI yaitu:

1. UU Nomor 28 Tahun 2014 yang mengatur Hak atas Ciptaan.

2. UU Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.

3. UU Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten.

4. UU Nomor 32 Tahun 2000 tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.

5. UU Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.

6. UU Nomor 31 Tahun 2000 yang mengatur Hak Desain.

7. UU Nomor 15 Tahun 2001 tentang Indikasi Geografis.

Berdasarkan uu hak kekayaan intelektual di atas, dijelaskan bahwa kekayaan intelektual terdiri dari beberapa jenis manfaat dan penggunaan.

Dasar hukum hak kekayaan intelektual adalah segala regulasi atau yang terkait dengan kekayaan intelektual secara resmi telah ditetapkan dan diatur oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual.

uu hak cipta

Prinsip-prinsip hak atas kekayaan intelektual

Prinsip yang diatur dalam kekayaan intelektual meliputi hal-hal yang menyangkut tentang manfaat dan perlindungan hak atas kekayaan intelektual.

Berikut ini penjelasan tentang beberapa prinsip-prinsip mengenai kekayaan intelektual yaitu:

1. Prinsip sosial

Prinsip sosial adalah perlindungan hak yang diberikan pada pencipta karya untuk kepentingan individu dan masyarakat.

2. Prinsip ekonomi

Prinsip ekonomi adalah keuntungan yang didapatkan oleh pencipta atas hasil kemampuan intelektualnya.

3. Prinsip keadilan

Prinsip keadilan yaitu perlindungan yang diberikan negara terhadap pencipta atas hasil dari kemampuan intelektualnya yang berupa karya seni, sastra dan ilmu pengetahuan.

4. Prinsip kebudayaan

Prinsip kebudayaan yaitu prinsip dalam mengembangkan karya cipta dalam bidang ilmu pengetahuan, karya sastra dan seni.

Menambah kreativitas karya cipta manusia supaya berkembang dan meningkatkan taraf kehidupan serta memberikan keuntungan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Setiap manusia yang memiliki hak kekayaan harus mendapat perlindungan hukum atas karya atau ciptaannya.

Oleh karena itu, adanya tujuan penerapan hak atas kekayaan intelektual untuk mendukung kekuatan hukum atas karya dan ciptaan setiap manusia.

Berikut ini tujuan penerapan hak atas kekayaan intelektual, yakni:

1. Meningkatkan daya kompetisi dan keuntungan pangsa pasar dalam kekayaan intelektual.

2. Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi usaha, penelitian dan industri di Indonesia.

3. Penanggulangan pelanggaran HKI.

hak kekayaan intelektual buku

Hak atas kekayaan intelektual buku

HKI buku termasuk dalam hak atas ciptaan. Hak atas ciptaan buku merupakan hak eksklusif yang diberikan negara terhadap hasil karya cipta seperti buku, karya tulis dan ilmu pengetahuan.

Maksud dari hak atas ciptaan adalah hak secara eksklusif yang diberikan kepada pemilik atau penerima hak atas hasil ide kemampuan intelektual. Hak atas ciptaan terdiri dari hak moral dan hak ekonomi.

Semua ciptaan dapat didaftar atau dilindungi kecuali beberapa list karya di bawah ini.

1. Hasil karya yang belum terwujud.

2. Produk yang termasuk dalam kategori benda untuk kebutuhan fungsional.

3. Putusan pengadilan, simbol keagamaan dan kitab suci.

4. Hasil forum maupun konvensi terbuka oleh lembaga negara, pidato kenegaraan, pidato formal pejabat pemerintah dan juga peraturan perundang-undangan.

Hasil karya cipta yang dilindungi berupa ilmu pengetahuan, sastra dan seni. Karya cipta tersebut berupa buku, novel, pamflet dan lain sebagainya yang ada hubungan dengan karya tulis.

Banyak asosiasi penerbit dan pencipta karya dirugikan karena karyanya digandakan dan dijual dengan harga yang murah. Hal itu merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak atas ciptaan buku.

Adanya ciptaan ganda ini membuat masyarakat harus berhati-hati dan cek keaslian karya cipta dahulu sebelum membeli.

Ada beberapa contoh berita kasus pelanggaran hak terhadap ciptaan buku di Indonesia yang sempat jadi isu di kalangan seniman yakni:

1. Kampoeng ilmu surabaya

Di daerah tersebut banyak yang menjual buku dengan harga murah. Hal tersebut membuat penerbit dan pencipta karya dirugikan. Ada juga buku yang sangat langka, namun orang bisa menemukannya di sana.

Harga untuk buku original sekitar Rp.100.000 namun buku di sana dijual dengan harga Rp.20.000 hingga Rp. 25.000.

Banyak masyarakat yang membeli buku di sana karena harganya murah dan isi bukunya pun sama mulai dari pengantar sampai kesimpulan di akhir buku.

2. Sarjana komputer cetak buku bajakan

Seorang sarjana teknik informatika yang tinggal di Semarang dan juga seorang pemilik percetakan, ketahuan telah memperbanyak buku tanpa izin pemilik. Padahal biasanya beliau hanya mencetak nota, undangan dll.

Beberapa waktu kemudian, beliau mendapat permintaan dari konsumennya untuk mencetak buku tentang KI. Bayaran yang ditawarkan cukup besar, jadi mulailah beliau mencetak buku bajakan.

Berawal dari membeli buku asli lalu dicetak dengan menggunakan kualitas kertas yang rendah. Lalu beliau ditangkap atas tuduhan pembajakan buku ilegal. Beliau dipenjara dan didenda 500 juta.

Contoh lain dari pelanggaran hak atas ciptaan yaitu:

1. Pelanggaran hak atas ciptaan film Soekarno

Pada film soekarno ada dugaan pelanggaran hak terhadap film, karena dalam adegan film tersebut terdapat adegan Soekarno ditampar oleh polisi hingga jatuh ke lantai.

Anak dari Soekarno yang bernama Rachmawati Soekarnoputri melaporkan kasus pelanggaran hak atas ciptaan film tersebut kepada Pengadilan Niaga Jakarta. Film tersebut ditarik dari peredaran.

Kuasa hukum Multivision Plus kemudian menjelaskan permasalahan tersebut lebih lanjut.

2. Kasus pelanggaran hak atas ciptaan lagu

Toto Goenarto melaporkan penyanyi senior Iwan Fals terkait pelanggaran hak atas ciptaan lagu. Beliau membawakan lagu “Bencana Alam” di salah satu stasiun televisi.

Pihak stasiun TV mencantumkan nama pencipta lagu tersebut dengan menggunakan nama Iwan Fals, karena beliau sudah konfirmasi kepada pihak televisi bahwa lagu tersebut adalah karya ciptaannya.

Namun Toto sebagai pencipta lagu tersebut tidak terima dengan tindakan yang dilakukan oleh Iwan Fals dalam mengakui karya ciptaannya tersebut.

Oleh karena itu, Toto melayangkan gugatan terhadap Iwan Fals ke pihak yang berwajib.
Toto menuntutnya atas tindak pidana pelanggaran hak atas ciptaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 mengenai Hak atas Ciptaan.

pengertian hak kekayaan intelektual

Hambatan dari pelaksanaan hak tersebut adalah minimnya perspektif masyarakat tentang pentingnya perlindungan hak atas kekayaan intelektual.

Banyak dari mereka yang tidak melindungi dan mematenkan hasil karyanya ke Dirjen HKI. Padahal karya tersebut bisa saja dibajak oleh pihak lain jika tidak segera dipatenkan.

Selain itu, kekayaan intelektual juga memiliki nilai ekonomi dan nilai komersial yang bisa menguntungkan sang pemilik.

Hak atas ciptaan dan kekayaan industri dengan cakupan paten, merk, rahasia dagang, sirkuit terpadu dan PVT/ perlindungan varietas tanaman bisa digunakan pihak lain bahkan negara lain jika tidak didaftarkan.

Patendo siap membantu Anda mendapatkan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual Anda tanpa perlu login ke laman Dirjen. Segera hubungi kami untuk proses pendaftarannya murah dan mudah.

Definisi hak atas kekayaan intelektual yakni perlindungan hak khusus yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang dalam menciptakan sebuah karya cipta melalui kemampuan intelektual mereka.

Pengertian tentang KI adalah berasal dari kata kekayaan dan intelektual. Kata kekayaan berarti memiliki segalanya, intelektual berarti kecerdasan, produk pemikiran dan daya pikir yang dimiliki oleh setiap manusia.

Perlindungan hak atas kekayaan intelektual mempunyai tujuan untuk menciptakan kesejahteraan sosial dan ekonomi bagi pencipta karya.

Wujud karya seperti karya sastra, seni, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya itu juga mendapat perlindungan resmi oleh pemerintah.

Selain itu, ciptaan dalam bidang teknologi juga mendapatkan hak yang sesuai dengan aturan pemerintah. Perlindungan hukum yang diberikan kepada pemilik ide tersebut memiliki manfaat secara sosial dan ekonomi.

Jika sebuah karya cipta telah didaftarkan, maka pihak lain tidak berhak membuat karya cipta yang sama. Oleh karena itu, adanya perlindungan kekayaan intelektual sangat bermanfaat bagi pencipta karya.

HKI dan ruang lingkupnya dibagi menjadi dua cabang yaitu:

1. Hak atas ciptaan.

2. Hak kekayaan industri.

Hak kekayaan industri meliputi paten, merek atau brand, hak desain, indikasi geografis, desain tata letak sirkuit terpadu, perlindungan varietas tanaman dan rahasia dagang.

Hukum tentang hak kekayaan bersifat komunal dan teritorial. KI yang dilindungi merupakan hak atas kekayaan intelektual yang telah terdaftar di negara tempat kekayaan intelektual tersebut didaftarkan.

Adapun syarat-syarat memperoleh HKI, seperti hak atas ciptaan antara lain:

1. Nama, status kewarganegaraan, dan alamat lengkap pendaftar.

2. Nama, status kewarganegaraan, dan alamat lengkap pemegang hak atas ciptaan.

3. Judul karya.

4. Waktu dan lokasi presentasi karya untuk pertama kali, bisa disertai dengan foto.

5. Resume karya secara singkat.

6. Sample karya yang didaftarkan.

Anda bisa menghubungi konsultan Patendo untuk membantu meresmikan hak atas kekayaan intelektual Anda dengan fasilitasi biaya murah dan proses mudah tanpa bingung mengisi formulir pendaftaran.

Semuanya akan dikerjakan oleh konsultan Patendo. Selain melayani pendaftaran hak atas ciptaan, kami juga melayani daftar merek waralaba maupun sentra kewirausahaan lainnya.

Biaya pendaftaran sudah termasuk PNBP merek atau Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Kekayaan intelektual tidak lepas dari berbagai aduan atau pelanggaran hak. Hak kekayaan intelektual yang dilindungi di Indonesia adalah lagu, drama, batik dan lain sebagainya.

Hak kekayaan intelektual zaman sekarang semakin mudah untuk diakses. Pada saat ini banyak pengguna akun youtube terkadang menyanyikan lagu milik orang lain. Hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran hak atas ciptaan.

Pentingnya KI di Indonesia yaitu untuk melindungi karya-karya kreatif anak bangsa.

Banyak kasus kekayaan intelektual yang terjadi di Indonesia, seperti cover lagu milik seseorang. Hal itu termasuk dalam kasus penyebarluasan karya cipta tanpa meminta izin terhadap pencipta.

Itu merupakan contoh kasus pelanggaran hak atas kekayaan intelektual yang saat ini sedang marak terjadi di masyarakat namun sering tidak disadari oleh mereka.

dijen hak kekayaan intelektual

Direktorat jenderal kekayaan intelektual

Dirjen KI adalah sebuah departemen yang mengatur tentang perlindungan hak atas ciptaan dan hak atas kekayaan intelektual. Dirjen kekayaan intelektual dinaungi oleh Kementerian Hukum dan HAM atau kemenkumham.

Hak kekayaan perlu didaftarkan supaya aman dan tidak dibajak oleh orang lain. Hak kekayaan yang perlu dilindungi meliputi: hak atas ciptaan, paten, merek dagang, hak desain dan indikasi geografis.

Kekayaan intelektual tersebut perlu didaftarkan ke dirjen kekayaan intelektual supaya terlindungi dan terpelihara karya ciptanya. Selain mendaftar langsung ke Dirjen, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui konsultan Patendo.

Kami siap membantu Anda mendaftarkan kekayaan intelektual secara online dari berbagai wilayah di Indonesia tanpa perlu repot membuang waktu dan tenaga.

Fungsi dari dirjen kekayaan intelektual adalah untuk menyelesaikan permohonan pendaftaran kekayaan intelektual, mengatasi adanya pengaduan pelanggaran kekayaan intelektual dan lain sebagainya.

Saat ini banyaknya perusahaan tidak mendaftarkan hak merk dan desain atas industrinya, karena kurangnya kesadaran tentang kekayaan intelektual. Padahal daftar merek atau produk ke Direktorat Jendral HKI sangat mudah.

Dirjen KI sudah mengupayakan untuk memberikan bimbingan terhadap orang yang memiliki kemampuan intelektual supaya dilindungi.

Direktorat Jendral KI memiliki visi dan misi yang kuat supaya dapat melindungi hasil karya cipta setiap masyarakat. Berikut ini visi dan misi dari Direktorat Jendral HKI:

Visi

Menjadi institusi kekayaan intelektual yang menjamin kepastian hukum dan menjadi pendorong inovasi, kreativitas dan pembangunan ekonomi nasional.

Misi

Mewujudkan pelayanan dan penegakan kekayaan intelektual yang berkualitas.

Selain itu Dirjen HKI mendorong masyarakat untuk dapat mengembangkan ide-ide cemerlang dan kreatif untuk dapat dilindungi secara resmi.

Bagaimana cara daftarkan HKI? Jika Anda ingin mendaftar merek atau HKI lainnya, Anda bisa daftar melalui Patendo dengan mengirim email ke alamat yang tertera di website.

Anda bisa gunakan jaringan internet pada hp ataupun laptop Anda di rumah untuk melakukan daftar kekayaan intelektual melalui konsultan Patendo.

Apakah pendaftarannya free? Tentu tidak gratis, namun daftar melalui kami tidak akan menguras budget Anda. Biaya murah dan proses mudah bisa Anda dapatkan di Patendo.

Ringkasan mengenai hak atas kekayaan intelektual di atas semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftarkan kekayaan intelektualnya.

Bagikan :