021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

6 Cara yang Tepat Bisnis Online Shop Baju Agar Bisa Sukses

dgip cek merek hki

Cara memulai usaha olshop baju merupakan salah satu tips memulai bisnis yang sangat diidolakan masa kini. Jelas saja, peluang usaha dari internet ini memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi para pelakonnya.

Apakah Anda salah satu orang yang mulai kelimpungan mencari tahu bagaimana cara ampuh memulai bisnis internet? Jika iya, maka ulasan berikut ini akan memberikan pencerahan untuk menghadirkan ide-ide kreatif Anda.

Salah satu bisnis online shop yang tidak akan pernah luput dari lirikan konsumen ialah bisnis online shop baju. Ya, salah satu item fahshion ini akan selalu diminati karena menjadi kebutuhan pokok semua orang.

Terlebih dengan trend fashion kekinian yang sangat mustahil jika diabaikan oleh para konsumen.

Menawarkan baju melalui online shop menjadi bisnis menjanjikan yang bisa Anda uji coba karena hampir semua manusia di dunia akan menjadi calon pelanggan Anda.

cara memulai bisnis online shop baju

Maklum, hampir semua manusia menjadi pengguna internet dan sosial media bukan? Sehingga mereka juga akan menjadi pelanggan potensial untuk bisnis yang Anda garap.

Dalam memulai usaha bisnis online shop, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda tanamkan pada diri Anda, seperti membangun mindset yang benar tentang bisnis Anda. Melakukan riset tentang peluang bisnis Anda, dan masih banyak lainnya.

Semua hal ini menjadi modal awal bagi para pebisnis pemula untuk mampu membangun karirnya dari bawah.

Saat telah mantap dengan hati dan mental, maka silahkan saja untuk mulai mencari cara memulai dalam berbisnis olshop baju tanpa membutuhkan modal yang besar untuk para pemula. Anda tentunya sangat ingin tahu bukan?

Langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. Semoga bermanfaat untuk pengembangan bisnis online shop baju Anda ke depannya.

Cara memulai bisnis online shop baju distro

Terdapat beberapa poin penting sebagai cara memulai usaha olshop baju.

Cara atau tips yang diberikan ini apabila dilakukan secara optimal, maka akan memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda, minimal keuntungan akan Anda dapatkan secepatnya.

Jangan hanya termangu menyaksikan kesuksesan orang lain, tapi cobalah untuk beranjak dan mempraktikkannya sekarang juga.

Pada dasarnya terdapat 3 langkah utama dalang memulai bisnis online shop baju untuk para pemula tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Tips yang diberikan ini bisa diterapkan terhadap berbagai jenis baju, baik baju distro, baju remaja, baju anak-anak, baju bayi, dari yang murah maupun yang mewah bisa diuji coba menggunakan tips yang diberikan ini.

Apa saja? Yang pertama ialah dengan menjual kembali produk dari pasar. Cara ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang baru saja mencoba terjun ke dunia bisnis online shop baju.

Tanpa membutuhkan modal yang besar, Anda hanya perlu mendistribusikannya ke tempat-tempat khusus, tepatnya ialah di pasar online yang Anda miliki.

Biasanya para produsen baju akan memproduksi baju dalam jumlah yang besar, sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan dari selisih hasil jualnya.

Cara memulai usaha seperti ini pada dasarnya bisa meminimalisir tingkat kerugian yang mungkin menjadi tanggungan Anda. Kedua ialah dengan menjadi reseller. Cara inilah yang saat ini menjadi favorit banyak orang.

Anda bisa menjadi reseller dari salah satu produk pakaian yang memang saat ini sedang booming di pasaran.

Cara memulai bisnis online shop baju branded

Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu membayar sejumlah uang kepada para produsen baju dan mendapatkan beberapa produk awalan sekaligus mendapatkan alat-alat promosinya.

Sebut saja seperti banner, spanduk, digital banner dan masih banyak lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjual sekaligus mempromosikan produk milik produsen tersebut.

Anda bisa mengetik di mesin pencarian Google untuk mendapatkan peluang usaha menjadi reseller beberapa produk pakaian ternama.

Selain kelebihan, cara memulai usaha olshop baju akan menguntungkan, ini memang sangat mudah tanpa harus melakukan riset produk dan bahkan telah ada pembeli dalam jumlah besar yang menantikan produk yang Anda jual dengan kualitas produk yang terlah terjamin.

Juga terdapat beberapa kekurangan yang harus Anda antisipasi sejak dini.  Dimana menjadi seorang reseller akan membuat Anda memiliki pengetahuan yang minim terhadao produk yang Anda jual tersebut.

Namun jangan khawatir, hal tersebut masih bisa dipelajari dengan cepat dan mudah, selama Anda mau dan ingin tahu untuk terus belajar menjadi lebih baik. Ketiga, memulai bisnis dropship yang sangat rekomended untuk para pemula.

prosedur pengajuan merek

Dropship ialah sebuah bisnis yang mengharuskan dropshiper untuk mempromosikan sebuah produk milik produsen melalui channel lain yang diperoleh dari online shop atau marketplace lain.

Saat kegiatan promosi yang Anda lakukan menghasilkan pembeli, dimana mereka mulai mengorder baju tersebut, maka Anda hanya perlu mengordernya dari para supplier untuk mendapatkan produk yang sesuai orderan pembeli.

Pihak supplier tersebutlah yang kemudian akan mengirimkan orderan para pembeli saat Anda telah mentransfer biaya yang sesuai harga baju pesanan tersebut.

Singkat cerita, Anda hanya perlu berperan sebagai pihak yang mempromosikan sebuah produk tertentu (seperti baju) tanpa harus memliliki stock produk dalam jumlah yang besar.

Cukup hanya berbekal gambar saja serta didukung oleh keterangan produk yang dipromosikan, Anda bisa mendapatkan banyak orderan dengan memposting gambar tersebut di sosial media maupun blog.

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan cara berwirausaha olshop baju yang satu ini, seperti hanya membutuhkan modal yang sangat kecil karena tidak perlu memiliki stock baju dalam jumlah yang besar.

Kekurangannya ialah sulit mengendalikan stock produk sehingga Anda harus memastikan dengan tepat stock produk yang ada pada supplier.

cara memulai bisnis online shop baju

Baca : Cara membuat hak merek

Hal-hal yang diperhatikan saat bisnis online

Ada beberapa hal penting dalam cara memulai bisnis online shop, yaitu:

1. Passion

Cari hal yang sesuai passion, hobi maupun kesukaan anda. Cara bisnis online shop baju atau apapun itu, anda harus mengetahui apa yang menjadi hal kesukaan anda.

Carilah produk atau barang yang anda sukai, jika anda telah menemukan produk yang anda sukai, maka anda sangat memahami apa yang anda jual. Sebagai contoh yaitu fashion.

2. Cari role model/Cari contoh yang sukses

Ketika anda ingin memulai bisnis online shop baju, anda harus mencari contoh online shop baju yang anda sukai. Hal tersebut bisa anda jadikan referensi untuk bisnis online shop anda.

Teknik yang anda gunakan adalah teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi). Lihatlah teknik dalam penjualannya. Anda bisa melihat role model yang anda sukai. Teknik ini sangat mudah bagi anda yang memulai bisnis online shop baju.

3. Pilih pelanggan

Pilih pelanggan dalam menentukan produk yang akan anda jual, lihatlah pelanggan terdekat anda.
Jika pelanggan disekitar anda menyukai baju, maka kita harus mencari tahu lebih detail, seperti costumer persona. Lalu pilih kategori produk yang anda jual.

4. Memilih channel penjualan

Cara memilih lokasi penjualan yang baik dengan pilihlah salah satu, misalkan anda membuka bisnis online shop baju di instagram, maka anda hanya fokus pada satu saja. Fokus penjualan di satu tempat saja karena anda sebagai pengusaha pemula.

5. Action/Tindakan

Dalam hal berbisnis diperlukan adanya tindakan yang dilakukan, seperti promosi, upload gambar produk baru dan selalu memberikan pelayanan yang baik. Hal tersebut merupakan cara berbisnis online shop baju atau jenis lainnya.

cara memulai bisnis online shop baju1

Keuntungan dan kerugian dalam berbisnis pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan bagi semua kalangan manusia. Bisnis fashion ada kelebihan dan kekurangan. Pakaian juga merupakan kebutuhan pokok manusia.

Anda juga harus bisa mengikuti perkembangan jaman dan trend pakaian saat ini. Tren pakaian selalu berganti model setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Toko pakaian yang menyediakan pakaian trend kekinian pasti ramai pembeli dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Tidak hanya menjual pakaian melalui toko offline saja, saat ini perkembangan teknologi yang pesat menjadikan masyarakat menjadi update informasi.

Adanya smartphone yang semakin canggih, anda juga bisa menjual baju atau pakaian melalui media sosial.
Kerugian dalam menjual pakaian yaitu pakaian lama dan pakaian yang tidak tren lagi.

Anda bisa menjualnya dengan memberikan diskon supaya pakaian lama dapat terjual kembali dan keuangan terus berputar.

Cara memulai bisnis online shop baju dengan baik

Ketika anda memulai berbisnis online shop carilah passion anda. Carilah sesuatu yang anda sukai dan anda kuasai. Dengan berbisnis online shop baju, anda bisa memulainya dengan niat. Niat berarti sesuatu yang dapat membuat orang bertahan dalam keadaan yang tidak nyaman.

Saat ini untuk menjual produk sangat mudah melalui online. Pilihlah bisnis yang anda sukai dan kuasai. Lalu carilah supplier baju yang cocok. Pilih supplier yang produknya selalu ready dan memiliki banyak follower.

Lihat feedback dari costumer supplier anda. Pilihlah supplier yang tepat.

Cari target pasar yang tepat, lihat pendapatan target kamu. Tentukan siapa target anda.

Mulailah bisnis dengan modal yang kecil. Jika anda siap memulai berbisnis online maka anda harus mengikuti perkembangan jaman.

Tentukan sistem managemen yang baik supaya anda sukses dalam bisnis online shop baju.

cara memulai bisnis online shop baju2

Baca : nama kedai dan merek warung

Cara menjual baju dengan keuntungan yang besar

Penjualan baju saat ini sangat mudah, dengan adanya kemajuan di bidang fashion yang hits. Pedagang baju saling bersaing, karena banyaknya permintaan pasar. Berikut ini cara memulai bisnis online shop baju dengan modal kecil namun keuntungan besar.

1. Survey pasar

Ketahui kondisi pesaing adalah melihat kondisi pesaing yang banyak menjual baju. Jangan menjual produk yang sama dengan pesaing.

Kondisi seperti itu anda melihat peluang yang belum ada disana. Jika anda ingin menjual baju, maka pilihlah baju yang memiliki banyak peminat.

Juallah baju yang trend atau up to date, jangan khawatir pasti anda tidak akan menyisahkan stok barang yang menumpuk.

Dalam memulai bisnis olshop, anda harus menyiapkan smartphone yang bagus. Lalu posting produk/barang anda ke media sosial.

2. Jual produk pakaian yang tepat

Jual produk yang tepat, anda harus memperhatikan apa yang menjadi produk yang anda jual, misalnya fashion. Fashion berarti pakaian/baju. Penjual baju lebih memperhatikan yang trend saat ini.

Lakukan penjualan produk yang mengikuti perkembangan jaman, supaya barang anda tidak akan numpuk dan tidak mengalami kerugian. Selain itu, cara memulai bisnis online shop baju atau produk lainnya adalah mencari distributor yang bagus.

3. Dropsipper/Reseller

Sebagai reseller anda tanpa menggunakan modal namun hanya menggunakan smartphone dan media sosial saja. Anda juga tidak perlu menyediakan stok baju banyak. Tanpa stok baju, anda bisa berjualan.

cara memulai bisnis online shop baju6

4. Teknik Marketing

Dalam tehnik marketing, anda hanya menggunakan aplikasi di smartphone anda, seperti media sosial.
Penjualan baju melalui media sosial juga sangat mudah dan prabayar. Anda bisa menggunakan instagram, you tube, facebook atau market place lainnya.

5. Managemen keuangan dan pemasaran

Uang hasil penjualan produk digunakan untuk modal, supaya perputaran keuangan dan produk nya membaik. Uang tersebut digunakan untuk update produk anda supaya produk anda terlihat trendi.

Keuntungan sedikit tidak masalah, yang terpenting produk anda selalu mengikuti perkembangan jaman. Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Dalam bidang bisnis, anda juga harus memiliki cara memulai bisnis online shop baju yang baik. Managemen keuangan dan pemasaran juga penting dalam bidang bisnis.

6. Sistem kemitraan

Untuk usaha bisnis baju anda, anda harus memiliki banyak rekan, supaya mempermudah kenaikan dalam penjualan.

Hal tersebut dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnis anda. Rekan atau mitra bisa anda ajak bekerjasama untuk membangun kesuksesan dalam bidang bisnis fashion. Semakin luas produk penjualan anda.

cara memulai bisnis online shop baju3

Baca : Perpanjangan merek dan pembahasan tentang pengalihan hak merk

Cara memulai bisnis online dengan baik

Dalam berbisnis, anda harus mengetahui apa yang akan anda lakukan. Berikut ini beberapa cara memulai bisnis online shop baju yang sukses:

1. Cari permasalahannya

Biasanya untuk memulai bisnis yang dibutuhkan adalah ide yang cemerlang/kreatif namun hal tersebut tidak berlaku bagi pebisnis saat ini.

Jika ide anda kreatif namun ide tersebut sudah ada yang menggunakan itu tidak belaku. Oleh karena itu, carilah permasalahan di lingkungan sekitar.

Sebagai contoh uber di amerika, sebelum ada uber, penemu uber sulit menemukan taksi, saat itu penemu uber memikirkan untuk membuat aplikasi taksi uber.

2. Carilah team yang dapat dipercaya

Dalam berbisnis carilah team yang bisa dipercaya. Adanya sebuah team bisnis untuk mengelola bisnis bersama. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang dipercaya untuk mengelola bisnis.

3. Pendanaan

Cari investor yang baik, maksudnya adalah carilah investor yang mendanai bisnis anda tanpa menggunakan jaminan / angel investor.

Ketika anda bertemu dengan investor seperti itu, maka jalin hubungan baik dengannya. Orang orang seperti itu memiliki banyak koneksi.

4. User / Pelanggan

Carilah target pelanggan anda. Bagian dalam marketing, gunakan digital marketing untuk mempromosikan produk anda. Itu adalah cara memulai bisnis online shop baju yang sukses.

cara memulai bisnis online shop baju4

Baca : hak yang meliputi kekayaan intelektual

Cara bisnis baju wanita muslimah melalui online

Peluang usaha rumahan yang cocok bagi adalah bisnis online. Bisnis jualan baju online juga dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga, cara memulai bisnis online shop baju adalah melalui media sosial.

Pembahasan kali ini mengenai bisnis baju syar’i atau baju muslimah, penjualan baju tersebut melalui online. Pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Cara memulai bisnis online shop baju merupakan peluang yang besar.

Kategori pakaian wanita muslimah seperti syar’i, gamis, dll. Bisnis yang memiliki jangka waktu lama ada dua jenis, yaitu bisnis pakaian dan bisnis makanan. Ide bisnis yang bisa dikembangkan yaitu bisnis pakaian.

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam berbisnis baju online.

1. Kelebihan bisnis baju online

a. Tidak harus memiliki toko

Cara memulai bisnis online shop baju, anda tidak di haruskan memiliki toko baju/butik untuk dapat berjualan online.

Anda hanya menyediakan smartphone dan koneksi internet yang lancar untuk dapat berbisnis baju online.

b. Tidak ada expired/tanggal kadaluarsa

Bisnis baju online maupun offline tidak ada expired nya, tidak seperti makanan yang memiliki expired. Makanan merupakan bahan yang memiliki jangka waktu yang sebentar, karena makanan mudah basi.

c. Memiliki peminat banyak

Wanita suka berbelanja, oleh karena itu, bisnis baju online memiliki peluang yang besar.

cara memulai bisnis online shop baju5

2. Kekurangan dalam bisnis baju online

a. Pesaing bisnis baju online meningkat

b. Tingkat repeat order/kemungkinan membeli baju lagi

Biasanya orang membeli baju 2-3 kali dalam satu tahun berbeda dengan makanan yang dapat dibeli berkali-kali.

c. Trend dalam dunia pakaian berkembang sangat cepat.

Pakaian yang anda jual harus up to date dan trendi.

Contoh bisnis baju muslimah online “Aneeng Griya Syar’i”. Lokasi usahanya berada diperumahan Permata Royal Garden Kabupaten Malang. Lokasi tersebut merupakan rumah yang dijadikan butik.

Ada banyak jenis baju yang dijual melalui online, oleh karena itu tidak ada yang datang ke butik tersebut. Usaha rumahan tersebut bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung penjualan bisnis online seperti media sosial, marketplace dan e-commerce. Merek yang dijual oleh aneeng griya syar’i PT Kanaya, Kameela, Ritz, Bugio dan lain lain.

Target market Aneeng Griya Syar’i adalah remaja muslimah dan ibu muda muslimah. Ada juga produk untuk anak anak yaitu casilla. Harga jual produk dewasa mulai dari Rp200.000 hingga Rp1.000.000.

Untuk produk anak mulai dari Rp60.000 hingga Rp100.000. Menambah follower di Instagram adalah strategi khusus yang dilakukan oleh pemilik Aneeng Griya Syar’i.

Cara memulai bisnis online shop baju, anda bisa memulainya dengan menjadi sub agen dari Aneeng Griya Syar’i atau distributor baju lainnya.

Bagikan :
There are currently no comments.