021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara membuat merek dagang dengan mudah

1 membuat merek dagang

Bagaimana cara membuat merek dagang dengan mudah ? Segera hubungi Patendo 0853 5122 5081. Kami siap membantu anda dalam membuat brand. Cermati panduan membuat merek secara mandiri baik pribadi maupun kolektif.

Bolehkah menganggap sepele suatu merek? Merek merupakan hal terpenting yang tidak bisa dianggap remeh di dalam suatu usaha.

Sama halnya ketika orang tua baru saja dikaruniai seorang anak, hal pertama yang dipikirkan adalah cari nama yang keren dan barokah untuk si buah hati.

Begitu pula dengan pelaku usaha atau bisnis yang akan buka sebuah usaha. Tugas mereka tentu harus memikirkan aspek aspek yang perlu dijadikan pertimbangan untuk berbisnis.

2 membuat merek kemasan

Elemen merek

Pentingnya merek membuat Anda harus aktif menggali lebih dalam apa saja yang berkaitan dengan merek itu sendiri.

Minimal Anda harus tahu elemen atau unsur hak atas merek.
Perhatikan deskripsi elemen dan penjelasannya berikut sebagai syarat syarat dalam membuat merek.

1. Nama

Pengertian soal nama merek harus dipahami terlebih dahulu.

Nama merek merupakan rangkaian kata kata atau word formation yang berfungsi untuk menunjukkan identitas perusahaan atau company, produk, jasa maupun jenis barang lainnya yang dipakai untuk perdagangan.

Nama merek penting untuk menunjukkan asal dan manfaat produk sehingga mudah dibedakan dengan produk sejenis di pasaran. Pemilihan nama sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan.

Nama yang akan digunakan harus memenuhi beberapa unsur penting yang tidak bisa diabaikan. Yang paling utama adalah nama merek harus buatan sendiri dan tidak memodifikasi merek lain.

Jika Anda menggunakan nama merek yang sudah ada, maka akan berisiko pada bisnis Anda ke depannya. Selanjutnya, nama yang akan Anda gunakan harus unik namun mudah diingat dan diucapkan.

Hal ini penting karena jika nama merek terlalu umum atau justru terlalu rumit maka akan menyulitkan konsumen dalam mengenali produk Anda.

Logo merupakan ilustrasi grafis dari identitas merek perusahaan, representasi visual yang mudah dikenal sebagai nama, simbol, hak atas merek dagangan atau warna yang ditetapkan.

Logo sama pentingnya dengan nama merek sehingga termasuk dalam salah satu elemen merek.

Logo bertujuan untuk mencegah peniruan, sebagai tanda kepemilikan dan mengomunikasikan kualitas serta nilai produk seperti halnya nama merek.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo.

1. Riset.

Untuk memulai segala sesuatu penting untuk dilakukan riset terlebih dahulu.

Riset berfungsi untuk menentukan konsep logo sehingga tidak asal membuat tanpa mempertimbangkan karakter produk, nama merek dan perusahaan.

Kesalahan dengan tidak melakukan riset dapat berakibat pada lemahnya karakter logo yang akan dibuat. Maka jangan sepelekan tahap riset sebelum membuat logo merek.

2. Warna.

Penggunaan warna pada logo memegang peranan penting karena yang dilihat dari logo biasanya adalah warnanya.

Sehingga Anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek sebelum memasukkannya ke dalam logo. Kesalahan dalam memilih warna dapat berakibat pada emosi dan kesan konsumen terhadap logo Anda.

3. Bentuk.

Setiap bentuk memiliki kesannya masing-masing. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah memilih bentuk logo agar tidak menimbulkan kesan yang tidak sesuai dengan merek serta produk Anda.

Bentuk logo bundar, siku ataupun lurus bisa berarti aktif maupun pasif. Misal untuk produk kecantikan hindari bentuk siku karena terkesan keras dan tegas.

4. Tipografi.

Tipografi adalah penataan pada penulisan teks di dalam logo. Tipografi yang paling utama di sini adalah pemilihan font atau huruf teks.

Ada banyak jenis font yang tersedia pada aplikasi pembuat logo. Ini bisa memudahkan sekaligus menyulitkan pendesain jika tidak pandai menganalisis emosi konsumen melalui jenis dan ukuran font.

Hal ini masih ada kaitannya dengan bentuk logo. Hindari font dengan tipe garis tegas pada logo merek kosmetik, misalnya.

Anda bisa pilih jenis font dengan kesan manis dan fleksibel serta ukuran yang disesuaikan sengan logo merek kosmetik yang akan dibuat.

5. Keseimbangan.

Keseimbangan di sini berkaitan dengan tata letak atau tipografi teks dan elemen lain dalam logo. Anda bisa mencoba memutar logo hingga ditemukan tipografi, layout dan visual yang seimbang.

Jangan sampai jarak antar huruf terlalu jauh, atau jarak antara teks dengan bidang kosong kurang seimbang. Hal ini pasti berpengaruh pada reaksi konsumen terhadap merek dan logo Anda.

6. Selera.

Dalam mendesain logo memang disesuaikan dengan selera pendesain yang subyektif. Namun tetap harus memperhatikan riset yang sudah dilakukan sebelumnya.

7. Opini.

Hal yang tak kalah penting adalah opini atau pendapat orang lain terhadap desain logo Anda. Ini penting agar ada masukan selain pendesain sehingga dapat memaksimalkan hasilnya nanti.

Itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika akan membuat logo. Pertimbangkan aspek tersebut dengan baik agar mendapat hasil yang maksimal sehingga makin menguatkan merek Anda.

3. Grafik

Grafik di sini termasuk bentuk font atau huruf yang digunakan untuk membuat merek di microsoft word atau ms word 2010. Sebagai contoh “Walt Disney” memiliki grafik name yang cukup legendaris, begitu pun “Coca Cola”.

Elemen ini terbukti menjadi salah satu teknik membuat merek lebih mudah diingat.

4. Bentuk

Bentuk unik dan berbeda dari botol kaca “Coca Cola” pada akhirnya membentuk sebuah identitas hak merk yang cukup kuat.

Tak jauh berbeda, bentuk-bentuk produk Apple, mulai dari iPhone, iPod hingga iPad yang meskipun selalu bervariasi, namun tetap mengesankan dengan bentuk minimalis, elegan yang menjadi ciri khasnya.

5. Warna

Bagi beberapa merek, warna bisa melambangkan identitas hak merk tersebut.

Sebut saja “Green Peace” yang sesuai dengan warnanya selalu menggunakan warna-warna alami atau natural, seperti hijau dan cokelat.

Selain itu, ada juga “Coca Cola” dengan background atau latar belakang warna identiknya yakni warna merah, begitu pun maskapai “Air Asia” dan “Palang Merah Internasional”.

6. Suara

Suara di sini dapat berupa jingle. Jingle adalah suatu gambaran dari sebuah iklan yang direalisasikan dlm bentuk musik.

Di dalam jingle harus terdapat makna atau pesan-pesan yang terkait dengan apa yang ingin diiklankan atau dipromosikan. Apalagi jika Anda menggunakan ambassador untuk mengenalkan slogan merek Anda.

7. Aroma

Elemen yang satu ini mungkin jarang disadari oleh banyak orang. Namun pada kenyataannya perpaduan aroma mawar, melati dan musk dari “Chanel” no. 5 telah dipatenkan sebagai merek dagang.

8. Citarasa

“Kentucky Fried Chicken” memberikan pernyataan bahwa ayam goreng miliknya memiliki keistimewaan yaitu cita rasa yang berbeda karena diracik dari 11 bumbu dan rempah rahasia terbaik.

Ini sebagai bukti bahwa cita rasa juga termasuk dalam elemen merek.

9. Pergerakan

Mungkin hanya “Lamborghini” yang memiliki mobil dengan bukaan pintu ke atas, bukan ke samping seperti mobil pada umumnya. Adakah mobil lain dengan model seperti itu?

Nyatanya, pergerakan yang unik tersebut menjadi identitas kuat yang membedakan “Lamborghini” dengan produsen mobil lainnya.

Ekuitas merek dan brand awareness bisa dilihat dari perbedaannya pada manfaat atau benefit, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise.

Hal inilah yang pasti meyakinkan konsumen bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa.

3 membuat merek produk

Tujuan merek

Tujuan membuat merek antara lain:

1. Sebagai identitas atau code perusahaan yang membedakannya dengan produk pesaing, sehingga mudah mengenali dan melakukan pembelian ulang.

Bayakngkan jika suatu produk tidak memiliki merek, konsumen pasti kesulitan untuk mendapatkannya.

Untuk satu jenis produk saja pasti memiliki beragam merek, misal produk bedak atau compact powder. Ada yang bermerek Wardah, Viva dan lain sebagainya.

Inilah tujuan penting merek yang harus dipahami oleh para pemilik merek.

2. Sebagai alat promosi yang menonjolkan daya tarik produk (misalnya dengan bentuk desain dan warna-warna menarik).

Dengan desain logo dan nama merek yang unik akan memudahkan proses pemasaran produk melalui berbagai iklan dan promosi. Tanpa adanya merek akan sulit bagi Anda untuk memasarkan produk.

3. Untuk membina citra atau image, yaitu dengan memberikan keyakinan, jaminan kualitas, serta bernilai tertentu kepada konsumen. Citra produk dapat terbentuk dengan adanya merek.

Produk akan dinilai baik oleh konsumen jika bercitra baik. Citra sendiri ditonjolkan melalui merek. Mengapa demikian?

Produk bermerek dapat memberikan jaminan kualitas serta kepercayaan terhadap produk tersebut sehingga sangat penting untuk memberi merek pada produk barang atau jasa Anda.

4. Untuk mengendalikan dan mendominasi pasar.

Persaingan antara produk bermerek dengan yang tidak pasti sudah bisa ditebak siapa pemenangnya.
Salah satu tujuan merek paling krusial adalah merek yang tertera pada produk ternyata mampu mendominasi dan mengendalikan pasar.

Konsumen pasti akan lebih memilih produk bermerek daripada yang tidak dengan berbagai alasan, termasuk jaminan kualitas dan lain sebagainya. Itulah mengapa merek dapat mengendalikan pasar.

Tujuan merek di atas perlu dipahami agar bisnis yang Anda jalankan dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Artinya, dengan membangun trademark yang terkenal, bercitra baik, dan dilindungi hak eksklusif berdasarkan hak merek, maka perusahaan dapat meraih dan mempertahankan loyalitas konsumen.

Beberapa tujuan merek di atas perlu diperhatikan sebelum Anda mengetahui prosedur membuat merek selanjutnya.

4 membuat merek sendiri

Sebutkan cara-cara membuat merek dagang yang menarik

Bagaimana cara2 membuat merek dagang yang baik dan menarik? Keputusan membuat merek pada suatu produk adalah salah satu hal terpenting bagi suatu perusahaan atau pt.

Untuk menyiapkan sebuah nama bren tidaklah mudah dan tidak ada aturan baku untuk membuat merek. Namun ada beberapa tahapan atau tata cara memperoleh merek yang menarik antara lain:

1. Sederhana

Dimulai dengan saran nama merek yang sederhana dan original akan lebih mudah dihafal oleh masyarakat dibanding dengan nama yang berbelit-belit.

Misalnya merek deterjen dari unilever yaitu surf, rinso, so klin dan wings hanya menggunakan satu kata.

Buatlah list nama sederhana yg banyak diminati dalam 1 lembar di microsotf excel sehingga lebih memudahkan Anda.

2. Nama unik

Unik berarti khas dan tidak dimiliki oleh yang lainnya. Ini juga berlaku dalam penamaan merek agar tidak sama seperti merek milik orang lain. Lalu seperti apa nama merek unik itu?

Nama merek yg gampang diingat oleh konsumen adalah nama yang unik. Selain sederhana, nama dengan tema unik harus dipersiapkan agar terhindar dari kesamaan nama produk dengan perusahaan lain.

3. Mudah diucapkan

Meskipun nama merek sudah simple dan unik namun sulit diucapkan maka akan percuma. Cara membuat merek dengan nama yang terkesan dibuat-buat tidak akan menarik konsumen.

Mereka justru akan mudah melupakan nama merek yang cenderung sulit diucapkan. Dengan demikian, pilihlah nama yang unik namun tetap mudah diucapkan agar tidak membingungkan konsumen.

4. Relevan

Nama trademark yang mau Anda gunakan pada produk harus relevan. Artinya nama merek dengan produk yang dijual harus sama maknanya.

Kalaupun tidak sama, setidaknya nama merek yang digunakan masih berkaitan dengan produk yang dijual. Jangan sampai terlalu jauh maknanya dan membuat konsumen sulit mengenalinya.

Misalnya menambahkan kata “tech” untuk produk teknologi seperti komputer, smartphone dan toko komputer atau HP. Ini akan memudahkan konsumen mengetahui produk apa yang Anda jual.

5. Memiliki slogan

Slogan merupakan kalimat singkat saat produk diiklankan. Slogan sebuah merek seharusnya diciptakan berirama atau bisa pakai musik.

Hal terpenting adalah usahakan memasukkan salah satu kata kunci dalam slogan tersebut yang menggambarkan produk ukm Anda. Misal Anda menggunakan kata termurah untuk produk Anda.

Gunakan kalimat atau kata-kata positif dalam membuat slogan merek sehingga dapat memengaruhi emosi konsumen.

6. Memiliki warna yang khas

Perkiraan pemilihan warna juga penting bagi Anda yang sedang membuat merek. Suatu nama merek jika tidak diberi warna akan telihat tidak menarik dan terkesan membosankan.

Penggunaan warna dalam suatu merek juga menandakan kekhasan yang bersifat identik dari produk Anda karena setiap warna punya psikologi atau artinya masing-masing.

Intinya, hal pertama yang harus dipahami oleh pengusaha adalah bagaimanakah cara membuat merek dapat menonjol dan banyak disukai orang.

Salah satunya adalah dengan memilih warna merek yang mewakili produk Anda. Contoh penggunaan warna khas dapat dilihat dari warna merek McD yaitu kuning dan merah.

5 cara membuat merek

Mencari nama merek keren

Nama merek kreatif dan keren tentu banyak dicari oleh pebisnis khususnya bagi pemula. Antusias konsumen terhadap nama yang iconic makin meningkat apalagi bagi kaum muda.

Berbagai jenis barang dan usaha kini diberi nama keren biar makin diminati masyarakat umum.
Mulai dari industri fashion, kafe, distro hingga produk makanan rumahan atau kuliner halal seperti ayam bakar sabana dan lainnya.

Untuk Anda yang sedang mencari nama merek keren ataupun hoki sesuai fengshui untuk bisnis Anda, simak penjelasan ketentuan membuat merek kaos clothing berikut:

Northcastle: cocok untuk digunakan sebagai nama brand clothing.

Uniqy: nama yang pas digunakan untuk brand fashion.

Xerena: nama ini bisa dicoba untuk Anda yang memiliki usaha di bidang fashion.

Ravely: ini juga tak kalah keren untuk dijadikan nama distro atau brand fashion.

Screamous: nama yang mungkin bisa dicoba untuk brand clothing.

Bloods: nama ini bisa dikombinasikan dengan kata lain agar makin keren untuk nama merek Anda.

Nordhen Basic: contoh nama brand yang mungkin menginspirasi Anda.

Friday killer: nama merek ini cocok digunakan sebagai brand clothing line atau distro milik Anda.

Valden: nama ini mungkin bisa digunakan untuk membuat merek dropship olshop, coffeeshop outdoor, atau yang lainnya.

Boba Boom: nama yang cocok untuk bisnis minuman kekinian seperti halnya thai tea dan capcin.

6 membuat merek hijab

Inspirasi nama merek toko online

Zaman semakin berkembang sehingga manusia saat ini tidak perlu repot datang langsung ke toko terdekat untuk berbelanja. Ada cara praktis yang biasa disebut dengan belanja online atau online shopping.

Beralihnya perilaku belanja masyarakat ini membuat semakin banyaknya toko online yang menawarkan berbagai macam produk, antara lain makanan instan, minuman, cosmetic, fashion, hingga peralatan rumah tangga.

Bagi Anda yang punya online shop namun belum mempersiapkan nama yang sesuai, berikut ini referensi merek dengan produk jualan yang berbeda termasuk cara membuat brand skincare sendiri:

pusatjajanan.id: nama toko ini cocok untuk Anda yang punya olshop makanan.

markasfashion.com: rekomendasi nama yang pas untuk berjualan fashion atau pakaian untuk Anda.

herbalsehat.id: Anda yang punya produk ataupun klinik kesehatan herbal bisa mencoba menggunakan nama ini.

gadgetlaku.com: toko online bernama unik ini bisa Anda coba gunakan.

skincarecenter.id: cocok untuk produk perawatan kulit local yang jual krim dan bedak.

beautycosmetic.id: jika Anda seorang reseller online shop kosmetik lokal dengan berbagai produk agar wajah glowing bisa mencoba nama ini.

bajumuslimmurah.com: untuk Anda yang ingin tokonya berkah dan ramai pelanggan.

pakaiananaklucu.com: bisa digunakan untuk toko pakaian anak atau baby.

sepatucustomerna.id

baglovers.id: cocok untuk toko tas.

7 membuat merek makanan

Kumpulan nama merek dan artinya

Ide membuat merek memang tak bisa muncul begitu saja, apalagi bagi Anda yang harus menemukan inspirasi dulu untuk membuat sesuatu. Nama merek agaknya menjadi sesuatu yang amat krusial.

Bukan hanya sebagai pembeda, tapi nama merek juga menunjukkan identitas atau identity produk dan usaha Anda.

Maka para pebisnis yang memberi nama brands mereka dengan hati-hati dan butuh waktu lama agar tidak salah dalam brand positioning atau penempatan brand.

Beberapa dari mereka memilih nama merek yang mengandung definisi tertentu. Seperti inspirasi nama brand beserta artinya berikut ini.

Ikea: nama merek terkenal ini memiliki arti yang tak banyak orang tau, yaitu “I” dan “K” diambil dari inisial pemiliknya, lalu “E” dan “A” dari nama daerah di mana mereka tinggal.

BMW: singkatan dari Bayerische Motoren Werke dalam bahasa Jerman atau jika diterjemahkan ke bahasa Inggris berarti Bavarian Motor Works.

MAC alias M•A•C merupakan singkatan dari Make-up Art Cosmetics.

Nike: diambil dari mitologi Yunani kuno yang merupakan dewi kejayaan dengan simbol “swoosh” yang sangat terkenal.

Microsoft: nama ini diambil dari kata “microprocessor” dan “software” yang mencerminkan misi pabriknya.

Samsung: nama itu merupakan bahasa Korea yaitu kata “sam” berarti “tiga” dan “sung” artinya “bintang”.

Hyundai: berasal dari bahasa Korea yang berarti “modernitas”.

Lego: nama ini diambil dari kata Denmark “leg godt” yang berarti “bermain dengan baik”.

Nikon: penemuan nama ini merupakan paduan dari kata Nippon Kogaku yang berarti “Japan optical” dan kata “Ikon”.

Volkswagen: artinya “mobil rakyat” dalam bahasa Indonesia atau “people’s car” dalam bahasa Inggris.

8 membuat merek minuman

Cara membuat merek produk makanan dan minuman

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Tak heran jika banyak produk makanan dan minuman dengan berbagai merek bermunculan di berbagai toko online maupun offline.

Brand untuk makanan dan minuman, nama di bawah ini bisa jadi inspirasi bagi Anda.

Tea Tarix: yang satu ini adalah plesetan dari kata “tarik” menjadi “tarix” sehingga menambah keunikan namanya.

Namo Nasi Padang: cocok untuk rumah makan padang.

Es Jelly Drink

Smoke Apple & Lavender Snacks

Griffin Ice Cream

King Mango: nama produk yang menjual minuman kekinian ini sudah tersebar di seluruh wilayah karena keunikannya.

Faceless Apricots & Honey Gingerbread

Unicorn Pie: nama produk makanan ringan yaitu pie ini pake nama unicorn yang unik dan menarik bagi anak-anak maupun perempuan.

Drink Beng Beng

Chocolatos

Contoh cara membuat merek makanan dan minuman tersebut semoga dapat memacu kreativitas Anda untuk menciptakan nama produk buatan sendiri dan tidak meniru milik orang lain.

9 inspirasi nama merek

Membuat merek dan kemasan menarik untuk usaha baru

Bagi Anda yang punya cita cita membuat merek usaha dan kemasan yang menarik maka hal hal yang harus diperhatikan dalam membuat merek adalah:

1. Memahami karakter pelanggan

Masalahnya saat ini, seringkali kemasan tidak secara langsung dapat memuaskan kebutuhan semua orang.

Terdapat berbagai pasar yang membutuhkan kemasan yang unik, misal dengan membuat merek timbul pada kemasan dengan berbagai bentuk, misal bentuk kotak.

Dengan demikian apabila kita menginginkan suatu target market yang lebih spesifik, kita harus melakukan riset agar dapat mengkemas produk yang dilengkapi segel dengan baik.

Belum tentu bungkus yang sesuai dengan target market tertentu cocok dengan target market yang lain. Contohnya makanan untuk anak-anak belum tentu cocok dengan makanan untuk orang dewasa.

2. Pelajari atribut kemasan apa yang sesuai dengan target pasar

Anda perlu mempelajari mana yang sesuai dengan target pasar agar tidak salah sasaran saat merilis produk.

3. Pelajari perilaku belanja customer Anda

Jika pada waktu lalu kita pernah mengenal produk dengan ukuran kemasan yang sangat besar. Namun saat ini perubahan pola belanja telah berubah menjadi ke arah besaran kemasan yang lebih kecil.

Namun demikian, kemasan yang relatif kecil tidaklah mencerminkan profit yang kecil. Sebab semakin kecil ukuran kemasan tersebut, maka akan semakin sering customer berbelanja.

4. Pelajari di manakah pelanggan suka berbelanja

Sudahkah terjadi perubahan pola belanja? Ya, perubahan dari pasar tradisional ke pasar modern yang lebih nyaman sekaligus tempat hiburan.

Namun pola ini berubah lagi, ketika di mana-mana terjadi kemacetan yang luar biasa, pelanggan kembali mencari area belanja yang tidak terlalu besar, tetapi memiliki akses parkir yang cepat.

5. Saat ini pelanggan mulai sadar terhadap bahaya pencemaran lingkungan

Kemasan yang dianggap memiliki potensi pencemaran lingkungan akan dihindari. Ini menunjukkan bahwa pengolahan kemasan yang dapat didaur ulang lebih disukai masyarakat.

10 membuat merek baju

Bagaimana membuat merek dagang sendiri yang bagus dan menarik ?

Tutorial yang dibutuhkan ketika akan memulai suatu usaha. Berikut ini 7 tips dan trik membuat merek adalah sebagai berikut:

1. Menentukan nama merek untuk produk

Berikut ini langkah langkah membuat merek dagang yang efektif antara lain:

1. Menggambarkan produk yang dijual

Langkah awal ini penting agar konsumen mengetahui secara cepat apa produk yang ditawarkan ketika mendengar merek tersebut.

Nama yang digunakan bisa mengombinasikan kata unik yang khas dan jenis produk yang dijual. Misalnya Aurelie Cosmetics, ini berarti bahwa produk yang dijual adalah produk kecantikan.

2. Nama merek singkat

Mengapa disarankan untuk memakai nama yang singkat daripada nama rumit dan panjang?

Menggunakan nama merek yang terlalu panjang dengan banyak karakter atau huruf akan beresiko mempersulit produk untuk bersaing karena sulit diingat bahkan diucapkan.

Lebih baik menggunakan satu kata saja namun unik dan khas daripada rumit dan panjang tapi sulit diucapkan.

3. Mudah diingat dan diucapkan

Nama mudah diingat dan enak diucapkan merupakan petunjuk membuat merek yang efektif karena akan meningkatkan daya pembeda dengan produk lain.

Seperti poin sebelumnya, nama yang singkat otomatis akan mudah diingat dan diucapkan dibanding dengan nama yang terlalu rumit.

4. Nama merek yang belum digunakan

Membuat merek dagang sendiri atas kreasi Anda lebih baik daripada menggunakan nama brand yang telah digunakan oleh orang lain.

Karena jika Anda menggunakan merek orang lain maka akan ada risiko di kemudian hari. Harusnya hal ini menjadi pembelajaran bagi Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu merek.

Ada baiknya jika Anda melakukan research terlebih dahulu tentang nama-nama merek yang akan digunakan.

Dengan melakukan penulusuran merek terlebih dahulu, Anda akan dengan mudah menentukan nama merek yang belum digunakan oleh orang lain.

2. Menentukan warna merek

Step selanjutnya yaitu menentukan komposisi warna. Gunakan susunan warna yang membawa pengaruh positif bagi usaha Anda.

Warna memiliki psikologinya masing-masing. Misal warna merah yang menunjukkan kesan berani seperti pada Coca-Cola.

Warna biru memiliki kesan berani dan mudah dipercaya, sering digunanakan oleh brand teknologi dan obat-obatan karena diharapkan dapat selalu dipercaya oleh konsumen.

3. Membuat logo merek

Logo tak kalah pentingnya dengan nama merek karena logo termasuk dalam elemen merek. Logo merek harus menggambarkan produk serta visi misi perusahaan atau pabrik.

Selain itu, logo juga harus dari kreasi sendiri atau tidak meniru logo merek lain dan lambang negara serta institusi tertentu.

Nama merek juga harus tertera di dalam logo agar mudah ketika akan didaftarkan ke pihak Direktorat Kekayaan Intelektual.

4. Membuat maskot merek

Selain logo, penggunaan maskot merek juga penting. Bagi sebagian orang, mengingat suatu nama lebih sulit daripada mengingat suatu bentuk atau perwajahan sesuatu.

Maka maskot merek akan membantu produk lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat.
Maskot ini bisa berupa hewan atau tokoh yang didesain sendiri tanpa meniru design orang lain agar mudah dikenal konsumen.

5. Membuat merek

Membuat merek di sini artinya mendaftarkan merek ke pihak berwenang dalam hal ini yaitu Dirjen KI agar memperoleh hak atas merek dan manfaat pendaftaran lainnya.

Jika tidak mendaftarkan merek maka tidak memiliki perlindungan hukum dari peraturan yang berlaku sehingga rawan untuk disalahgunakan pihak lain karena brand belum didaftar.

6. Mengaplikasikan nama merek

Setelah brand didapat secara resmi, selanjutnya adalah mengaplikasikan atau menerapkan merek pada kemasan produk, papan atau plang nama usaha di pinggir jalan dan media lainnya untuk kepentingan promosi / marketing.

Namun tarif yang dikeluarkan untuk promosi biasanya bisa melambung tinggi. Anda bisa menanyakan ke Patendo via email atau WA tentang harga membuat merek. Kami siap membantu anda dalam melindungi merek.

7. Pemasaran

Produk branded tidak akan booming / naik dengan sendirinya tanpa adanya strategi pemasaran yang sesuai. Misal dengan menggunakan brand ambasador untuk mendongkrak popularitas produk.

Brand ambasador atau duta merek yang dipercaya untuk menaikkan popularitas produk biasanya adalah seseorang yang memiliki popularitas tinggi dan pengaruh positif di mata masyarakat.

Contoh brand ambasador yang paling sering dipercaya adalah artis maupun selebgram terkenal dan dianggap punya daya tarik lebih bagi konsumen.

Ikuti tahap tahap atau cara membuat nama brand sendiri di atas agar usaha Anda lebih sukses dan unggul serta tidak salah dalam membuat merek.

Jika Anda bingung, Anda dapat meminta bantuan agen pembuat merek / konsultan merek Patendo.

Maka gunakan kreativitas Anda sendiri agar dapat menghemat budget yang dikeluarkan dalam mengeluarkan biaya promosi .

11 mencari nama merek keren

Cara mendaftarkan merek baju sendiri

Bisnis fashion khususnya outfit memang sangat menggiurkan terutama bagi kalangan anak muda. Jika Anda ingin brand baju yang baik dan benar sendiri, simak persiapan yang harus dilakukan berikut:

1. Konsep

Konsep adalah hal dasar yang harus Anda miliki dalam bisnis. Sebagai contoh Anda mengusung konsep modern ethnic, maka produk brand tidak boleh melenceng jauh dari konsep awal tersebut.

Usahakan untuk mengusung konsep yang unik serta kuat dan berbeda dari brand lain. Semakin kuat konsep maka akan semakin mudah bisnis dijalankan.

2. Nama brand atau label

Nama brend harus sesuai dengan konsep sebelumnya. Jangan sampai Anda memberi nama yang tidak nyambung dengan konsep Anda.

Ikuti tips membuat nama merek yang sudah dijelaskan di atas agar mudah bersaing di pasaran. Anda bisa membuat desain merek dengan corel draw atau adobe illustrator sebagai lebel.

Saat ini banyak tersedia apk atau aplikasi untuk membuat merek logo yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi tersebut ada yang gratis namun ada juga yang berbayar.

Logo brand harus mudah diingat. Selain itu, logo juga harus memiliki nilai estetika dan menampilkan value tersendiri.

4. Desain baju

Anda harus memiliki beberapa desain baju sesuai konsep untuk bisa berlanjut ke tahap pengerjaan. Anda bisa membuat desain baju di corel draw x7 kemudian untuk editing bisa dilakukan di photoshop atau sketchup.

Anda harus mampu menjadi desainer untuk produk Anda sendiri untuk menghemat biaya dan menunjukkan perbedaan dengan desain orang lain.

Anda juga bisa menerima pesanan custom sesuai desain atau keinginan pelanggan.

5. Produksi

Di bagian ini poin yang cukup penting dalam sebuah usaha. Jika tidak pandai dalam pengelolaan produksi maka bisa saja terjadi pembengkakan dana dan bisnis otomatis akan terhambat.

Anda harus memiliki tenaga penjahit yang kompatibel dalam memproduksi baju dan tentu sesuai dengan permintaan pelanggan, atau Anda bisa bekerjasama dengan jasa konveksi.

6. Pemasaran

Setiap bisnis memerlukan manajemen pemasaran yang tepat. Dengan demikian Anda tidak boleh menganggap sepele terhadap pemasaran ini. Anda perlu kiat kiat dan guideline jitu dalam memasarkan produk.

Anda bisa menitipkan baju produksi di distro milik teman dengan sistem bagi keuntungan. Pemasaran online juga harus diperhatikan mengingat keuntungan yang yang bisa didapat tidak sedikit.

Anda juga bisa memanfaatkan marketplace yang ada, dengan memiliki akun penjual yang terpercaya di shopee atau lazada. Namun, pemasaran saja tidak cukup menarik pembeli jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang baik.

Misal Anda menjual produk online dan selalu melakukan pengiriman barang dengan cepat, maka pelanggan akan memberi review baik terhadap pelayanan toko Anda.

Selain pemasaran secara online, Anda juga dapat memasarkan produk secara offline dengan cara mengikuti bazar yang diselenggarakan oleh pemkot setempat.

12 kumpulan nama merek

Buat brand hijab unik

Sering mendengar pendapat teman-teman muslimah yang ingin memiliki brand hijab sendiri dengan berbagai macam alasan?

Ada yang mengatakan bahwa saya ingin membuat merek hijab karena merasa tidak puas dengan produk hijab yang dibeli, sehingga ingin membuka merek dagang sendiri.

Ada juga yang merasa sepertinya begitu mudah membuat merek, setelah melihat banyak merek hijab bertebaran di sosial media instagram termasuk brand milik artis dengan berbagai bahan dan model.

Hijab adalah salah satu jenis product yang mudah dijual. Setidaknya ada 2 alasan. Pertama, karena pertumbuhan pengguna hijab di Indonesia yang selalu bertambah.

Kedua, hijab sudah tidak lagi menjadi kebutuhan, tapi sebagai gaya hidup. Untuk dapat menyediakan stok hijab pun tidak sulit.

Kemudian muncul pertanyaan, kira kira butuh modal berapakah untuk buat brand ini.

Yang jadi masalah, bagaimana produk hijab yang Anda pasarkan ini menjadi sebuah brand yang dapat dikenali dan dicintai pelanggan?

Brand adalah ikatan emosional yang terjadi antara Anda dengan pelanggan Anda. Brand yang berhasil akan membuat pembeli merasakan pengalaman dan kepribadian berbeda saat memakainya.

Perhatikan kriteria membuat merek baju hijab ini, jika ingin buat merek hijab unik sendiri:

1. Tentukan siapa target pembeli dan pelanggan Anda. Tidak semua muslimah adalah tipe pembeli produk Anda. Anda bisa mulai lakukan research untuk mengetahui target pasar yang sesuai.

2. Jalinlah ikatan dan kesan baik mulai dari calon pembeli Anda melihat Instagram dengan hasil foto yang menarik di kamera dengan format jpg, facebook, atau website Anda.

Branding adalah ikatan yang terbangun dari setiap proses yang dijalankan. Maka dari itu, Anda harus menggunakan strategi yang tepat pada setiap prosesnya.

Mulai dari awal mengusung konsep, produksi, pemasaran hingga pelayanan terhadap konsumen.

3. Definisikan karakter brand Anda sehingga brand Anda menjadi terlihat beda di mata pembeli dibandingkan brand hijab kompetitor Anda.

Karakter merek haruslah kuat agar mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan. Cara memperkuat karakter merek bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara memperkuat karakter merek

Merek atau brand merupakan hal vital dalam sebuah bisnis. Ia merepresentasikan apa yang Anda jual, bagaimana manfaatnya dan dari mana produk tersebut berasal.

Dengan demikian, merek tidak bisa dianggap hanya sekadar nama dan logo namun lebih dari itu. Bahkan brand dianggap mampu menunjukkan nilai yang diberikan kepada pelanggan.

Tahukan Anda jika dalam memperkuat karakter brand tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat? Dibutuhkan proses dan strategi yang tepat agar dapat mencapainya.

Berikut ini cara agar merek berkarakter kuat dan mampu bertahan di tengah persaingan.

1. Be connected

Dalam hal ini, merek yang Anda bangun harus memiliki cara dan gaya komunikasi yang berkaitan dengan nilai serta budaya yang ada.

Dengan begitu, orang akan menganggap brand Anda beda dari yang lain sehingga berdampak pada kuatnya karakter merek.

2. Be noticed

Untuk memperkuat brand selanjutnya adalah dengan cara membuat elemen merek yang ikonik agar dikenali konsumen.

Elemen ikonik bisa dibuat dengan cara menggunakan nama dan logo merek yang unik dan khas. Selain itu, pemilihan warna dan slogan yang berbeda dari yang lain juga dapat memperkuat merek Anda.

3. Be clear

Clear berarti jelas, maka merek yang Anda buat harus menjelaskan setiap detail produk agar tidak membingungkan konsumen.

Kejelasan di sini bukan hanya tentang nama merek, logo, slogan dan lainnya namun gaya bahasa dan cara penyampaian produk terhadap konsumen juga harus jelas.

Maka sesuaikan pilihan kata yang digunakan dengan target market Anda. Jangan sampai menggunakan bahasa yang formal padahal target market produk Anda adalah anak-anak dan remaja.

4. Be different

Salah satu ciri merek adalah sebagai daya pembeda. Maka dari itu, Anda harus membangun merek yang punya ciri khas dibanding merek lain.

Salah satu cara untuk membedakan merek Anda dengan kompetitor adalah kualitas produk barang/jasa yang Anda miliki.

Agar dapat menghasilkan kualitas yang berbeda dengan kompetitor, Anda perlu melakukan research terhadap merek milik kompetitor sehingga dapat menemukan strategi yang tepat.

Menjadi berbeda bukan hanya soal elemen merek dari kemasan luarnya saja, namun kualitas juga bisa jadi daya pembeda yang mampu menguatkan merek Anda.

5. Be yourself

Jadi diri sendiri berarti mengupayakan merek agar menjadi berbeda dan tidak meniru merek lain. Ini penting karena dapat berdampak pada keberlangsungan merek Anda di masa mendatang.

Jika merek Anda meniru merek yang sudah ada, meskipun hanya mirip maka dapat berisiko di kemudian hari.

6. Be direct

Direct berarti langsung, apa maksudnya? Beri kesempatan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan brand Anda. Buat konsumen dapat menikmati layanan produk dengan mudah.

Hal tersebut akan memperkuat karakter merek Anda di mata konsumen dan berdampak pada peningkatan penjualan jangka panjang.

7. Be consistent

Poin terakhir yang sangat penting adalah konsisten. Konsisten berarti menjalankan secara terus menerus atau konstan apa yang sudah dijalankan sebelumnya untuk memperkuat merek.

Mengingat branding adalah proses yang harus dijalani, konsistensi merek sangat dibutuhkan agar merek bertahan lama dan selalu diingat konsumen.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar merek dapat berkarakter kuat dan mampu merajai pasar.

13 cara membangun merek

Cara membangun merek agar makin sukses

Nama merek saja tidak cukup membuatnya sukses di pasaran tanpa modal yang tepat.
Berikut ini kami uraikan faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat merek agar semakin sukses dan tidak tergeser oleh merek lain yang sejenis.

1. Lakukan observasi dan analysis pasar

Anda bisa terlebih dahulu melihat bagaimana kompetitor melakukan kegiatan marketing mereka.

Anda juga bisa menggunakan questionnaire yang berisi pertanyaan kepada masyarakat tentang produk yang diminati saat ini.

Bandingkan merek yang satu dengan lainnya sehingga Anda mampu menemukan kelebihan serta kekurangannya.

2. Lakukan evaluasi

Setelah mengobservasi berbagai macam kompetitor, Anda bisa mulai belajar bagaimana caranya agar merek atau brand sesuai produk yang akan kita pasarkan.

Jika Anda ingin membuat merek di bidang fashion atau kecantikan, maka carilah nama merek dan tagline yang mewakili dan memiliki keterkaitan dengan kecantikan atau wanita.

Anda bisa mencari video membuat merek di youtube lewat ok google agar lebih memudahkan Anda dalam menganalisis dan memungkinkan merek anda nantinya masuk ke pasar global.

3. Pilih nama merek yang menarik

Artinya, nama yang akan Anda pilih akan memengaruhi logo beserta label yg ditempel pada bungkusan. Maka pilih nama merek semenarik dan sebaik mungkin.

4. Desain logo yang berkualitas

Bisa dikatakan bahwa logo merupakan wajah dari suatu bisnis. Oleh karena itu, perhatikan gambar pendukung merek tersebut supaya bisnis Anda lebih terlihat profesional.

5. Buat slogan atau tag line

Sebuah slogan atau tagline yang menarik bisa menjadi salah satu tehnik agar merek makin sukses.

Slogan merupakan kalimat singkat yang dapat Anda tuliskan pada logo merek anda dan bisa anda promosikan melalui twitter, instagram, channel youtube.

Dalam promosi onlien tidak harus menggnakan desktop pc, anda bisa gunakan smartphone anda untuk berpromosi.

Bisa juga merek ditaruh sebagai judul / nama website dan untuk tambahan promosi buatlah kartu nama 2d yang bisa anda bagikan ke calon customer anda.

Slogan yang bagus dan unik adalah yang singkat, menarik, dan membuat merek terkesan kuat. Misalnya, Nike dengan “Just do it.” Tagline seperti ini terbukti mampu meningkatkan profit penjulan.

Anda dapat membangun merek agar sukses dengan cara di atas agar bisnis makin maju.

Di mana tempatnya? Melalui jasa konsultan HKI terdaftar Patendo, dapatkan konsultasi gratis via email, WA atau telpon.

Dapatkan kemudahan dan harganya yang murah. Proses menpatenkan merek ini sekitaran 2 minggu kerja terhitung sejak tanggal Anda bayar biaya pengajuan merek dan telah mengirim bukti transfernya.

Anda tidak perlu khawatir mengenai pengisian formulir permohonan yang terkesan rumit karena itu merupakan pekerjaan kami sebagai konsultan.

14 elemen merek

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan? Untuk penelusuran atau pengecekan merek biaya 200rb per merek per kelas atau grade. Untuk pengajuan brand biaya 3juta per merek per kelas per logo.

Jika mendaftar lewat Patendo, jika pendaftar adalah perusahaan maka Anda hanya perlu menyiapkan npwp perusahaan tanpa perlu datang ke notaris.

Jika perorangan tidak perlu npwp, cukup ktp pendaftar saja. Hubungi 0853 5122 5081 segera.

Indikator merek yang sudah terlindungi hukum adalah merek anda sudah disetujui oleh Ditjen KI.

Perlu diketahui bahwa yang bertindak untuk menyampaikan pengumuman penolakan dan penghapusan suatu merek adalah lembaga terkait yaitu Dirjen HKI.

Anda juga harus paham bahwa tidak ada percepatan dalam penerbitan sertifikat merek. Masa berlakunya yaitu 10 tahun dan dapat diperpanjang.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa jadi pedoman bagi Anda yang sedang berada pada tahap awal mula merintis suatu usaha ataupun bisnis.

15 bikin merek sendiri

Apapun produk Anda harus didaftarkan nama mereknya agar mendapat perlindungan hukum dan dapat dipercaya. Segera hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.