021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Cara Membuat Brand Sendiri yang Menarik & Unik

Bagaimana cara membuat brand sendiri yang menarik dan unik dengan mudah. Dalam kegiatan bisnis, kita harus menerapkan beberapa strategi yang penuh perhitungan agar bisnis berjalan lancar. Salah satunya adalah dengan membuat brand yang akan menggaet calon konsumen dengan jauh lebih mudah lagi.

Namun, banyak pebisnis yang kurang percaya diri dalam menciptakan brand padahal ini adalah hal yang penting. Untuk itu, mari kita simak beberapa cara membuat brand sendiri yang menarik dan bagus.

Cara Membuat Brand Sendiri

Brand adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan suatu identitas yang berkaitan dengan citra perusahaan pada khalayak publik. Cara membuat brand sendiri bukanlah hal yang bisa dianggap remeh terlebih jika masih berada dalam tahap memulai bisnis.

Agar brand yang dibuat mampu membangun ekspektasi tinggi dari orang-orang terhadap bisnis Anda, berikut beberapa cara membuat brand sendiri yang menarik dan unik:

1. Tentukan Nama Brand yang Sesuai dengan Misi Perusahaan

Langkah pertama cara membuat brand sendiri adalah dengan menentukan nama dari brand perusahaan. Nama adalah hal yang paling penting dan krusial karena nama menjadi hal yang membuat pelanggan menjadi lebih mudah dalam mengingat perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Oleh karena hal tersebut, maka untuk menentukan nama brand juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan harus ditentukan melalui proses yang matang.

Terkait cara membuat brand sendiri, nama brand harus dipilih berdasarkan pertimbangan dari berbagai macam hal dan harus sejalan dengan tujuan dari perusahaan atau bisnis tersebut.

Selain itu, nama tersebut juga sangat penting karena nantinya akan mempengaruhi proses pendaftaran merek dagang, tampilan produk, dan juga pembuatan logo bisnis. Pastinya, Anda menginginkan sebuah nama brand yang unik dan sulit untuk ditiru oleh pihak lain serta menjadi ikon atas produk yang ingin Anda jual.

Untuk itulah, pembuatan nama brand harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar tercipta sebuah nama yang keren dan bisa merepresentasikan perusahaan. Hindari menciptakan nama brand yang terdiri atas singkatan atau mirip dengan brand lainnya agar Anda tidak terjerat oleh ancaman hukum.

Tidak hanya itu, usahakan untuk membuat nama brand yang memiliki makna positif sehingga pelanggan bisa turut serta membantu proses promosi brand dari marketing mulut ke mulut.

2. Buat Visual Brand yang Menarik

Point kedua terkait cara membuat brand sendiri yang tidak boleh dilupakan, yakni visual dari suatu brand pun tidak kalah penting untuk diperhatikan, sehingga Anda harus mulai menentukan seperti apa visual yang dikehendaki untuk merepresentasikan perusahaan.

Pada dasarnya, visual brand adalah tampilan yang akan menampilkan ciri khas dari suatu bisnis atau perusahaan kepada publik.

Tampilan visual ini mencakup beberapa hal seperti identitas brand, packaging, logo, dan lain sebagainya. Setiap bisnis atau perusahaan wajib untuk memiliki visual brand sehingga nantinya konsumen akan menjadi lebih mudah dalam mengidentifikasi atau mengenali sebuah produk yang ingin mereka beli.

Terlebih, sekarang ini sudah semakin banyak bisnis baru yang bermunculan sehingga persaingan antar pengusaha pun menjadi hal yang tidak terelakkan.

Anda harus berusaha membuat tampilan visual yang menonjol dan mampu membuat pelanggan mengingat brand Anda dengan baik. Dengan begitu, maka produk yang Anda jual pun tidak akan kalah dalam persaingan ketat dengan pihak kompetitor yang memang menjual produk hampir mirip dengan produk Anda.

1 membuat merek dagang

3. Tentukan Karakter Brand

Karakter brand bisa juga didefinisikan sebagai identitas yang dianut oleh brand yang hendak Anda ciptakan. Cara membuat brand sendiri dengan karakter yang kuat akan memiliki jangka waktu yang cukup lama dan bisa bertahan di pasar dengan lebih awet lagi.

Sebab, karakter brand akan memberikan sifat ke dalam suatu brand sehingga bisa mempermudah pelanggan mengenalinya dan proses memasuki pasar pun juga tidak akan sulit lagi.

Dalam artian bahwa nantinya pelanggan akan menumbuhkan perasaan relate pada brand tersebut baik dari segi fundamental, prinsip, atau pun nilai yang dimilikinya.

Untuk membuat suatu karakter brand, maka Anda pun harus turut serta mencari tahu sifat brand seperti apa yang ingin Anda perlihatkan kepada masyarakat.

Ada beberapa contoh sifat karakter brand yang bisa Anda jadikan inspirasi, seperti ketangguhan, kegembiraan, ketenangan, dan lain-lain. Salah satu karakter brand yang paling banyak ditemukan memang sifat kegembiraan karena bisa menandakan bahwa brand tersebut memiliki rasa semangat tinggi dan selalu riang.

Biasanya, karakter brand kegembiraan ini bisa diterapkan pada bisnis yang berfokus pada hiburan untuk masyarakat seperti bisnis taman bermain.

4. Rencanakan Marketing yang Baik

Cara membuat brand sendiri menjadi lebih baik adalah strategi marketing. Pada masa sekarang, perkembangan teknologi semakin melaju dengan begitu gesit dan Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan marketing yang tepat sehingga nama brand pun menjadi semakin terkenal di masyarakat luas.

Proses perencanaan marketing ini juga harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh salah langkah agar Anda bisa mencapai target pasar yang diinginkan.

Cara untuk melakukan marketing agar bisa mempromosikan brand adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada di sekitar Anda. Salah satunya adalah menggunakan situs web atau media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan seluruh warganet tentang brand yang baru saja Anda buat.

Perencanaan marketing ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan target pasar yang ingin dituju sekaligus bentuk pengiklanannya pun harus efektif. Jika proses marketing ini tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai, maka tentunya nanti hasilnya tidak akan memuaskan sama sekali.

Anda pun bisa merencanakan marketing dengan perlahan-lahan tanpa harus merasa terburu-buru. Marketing yang dilakukan dengan setengah-setengah hanya akan membuat nama brand tersebut mendapatkan citra yang buruk dan tentunya Anda harus menghindari terjadinya masalah seperti ini.

5. Buat Logo

Proses membuat brand yang selanjutnya adalah dengan menciptakan logo yang baik. Apabila Anda memiliki logo, maka nantinya Anda bisa membuat orang-orang menjadi lebih mudah dalam mengidentifikasi brand bisnis Anda.

Pemilihan logo adalah hal yang penting karena pelanggan pastinya tidak akan mau membeli produk dari brand yang memiliki logo kurang meyakinkan dan memiliki kesan asal-asalan. Berikut adalah beberapa tips tambahan agar logo yang dibuat menjadi lebih mengesankan.

• Pilih Font yang Jelas

Bentuk huruf yang dipakai dalam membuat logo harus dipilih dengan tepat sehingga pelanggan tidak mengalami kesulitan dalam membaca nama brand pada logo tersebut. Sebagai contohnya, apabila Anda hendak membuat brand yang memiliki kesan ceria dan riang, maka Anda bisa memilih jenis font yang memang terlihat bersahabat dan fleksibel.

• Pilih Warna yang Mencolok

Warna akan mampu menyampaikan perasaan seperti apa yang ingin Anda komunikasikan kepada pelanggan melalui logo brand, warna termasuk elemen penting dalam cara membuat brand sendiri.

Warna juga bisa menjadi identitas dari bisnis Anda sehingga pelanggan dapat mengasosiasikan warna tersebut dengan brand yang sudah Anda buat.

Pemilihan warna ini juga harus diperhatikan dengan tepat, salah satu contohnya adalah warna hitam dan putih akan terasa kurang cocok jika diterapkan pada brand makanan karena terlihat kurang menarik perhatian.

3 membuat merek produk

6. Ciptakan Slogan yang Bisa Diingat

Walaupun memang terdengar cukup sepele dan biasa saja, namun ternyata slogan juga menjadi salah satu bagian yang paling penting ketika hendak membuat suatu brand. Sebab, slogan yang unik dan mudah ditirukan oleh pelanggan dapat memperkuat identitas bisnis yang Anda jalankan.

Sebagai contohnya, ketika Anda meminum Antangin pasti langsung teringat dengan slogan singkatnya yaitu “Orang pintar minum Tolak Angin”. Jadi slogan tidak bisa lepas dari cara membuat brand sendiri.

Ketika Anda hendak menentukan slogan seperti apa yang terdengar unik dan memorable, Anda tidak usah terlalu pusing dan bingung. Ciptakanlah slogan yang memang memiliki nada unik, catchy, dan singkat sehingga pelanggan tidak akan kesusahan dalam mengingatnya.

Namun, hindari menciptakan slogan yang terkesan terlalu memaksa pelanggan seperti dengan menambahkan kata ajakan tertentu. Daripada itu, Anda bisa membuat slogan tersebut dengan lebih menarik jika menambahkannya dengan kata-kata yang bersifat personal dan dekat dengan pelanggan.

7. Tempatkan Posisi Brand dengan Tepat

Cara membuat brand sendiri selanjutnya, ada kemungkinan bahwa nantinya ada beberapa pihak yang tidak menyukai brand tersebut. Ini merupakan hal yang cukup wajar untuk terjadi di dunia bisnis terlebih apabila Anda adalah pebisnis yang masih pemula.

Anda akan memerlukan waktu agar khalayak publik menjadi lebih terbiasa dengan brand yang Anda ciptakan sehingga usahakan untuk tidak terlalu khawatir atau cemas atas kondisi brand pada saat awal bisnis.

8. Riset yang Mendalam

Melakukan riset menjadi hal paling fundamental dalam proses pembuatan brand. Ada beberapa hal yang harus diteliti terlebih dahulu, seperti menentukan target pasar dari brand yang dibuat atau pun melakukan riset yang berkaitan dengan pihak kompetitor lainnya.

Anda harus mengetahui bagaimana brand milik kompetitor itu bisa diterima oleh masyarakat dan menerapkan strategi yang sudah Anda pelajari tadi untuk brand Anda sendiri.

Tidak hanya itu, namun pastikan bahwa Anda sudah mencari informasi atau riset pada target pasar yang sesuai dengan identitas brand Anda.

Terkait cara membuat brand sendiri kedelapan ini, Anda bisa melakukan survei secara daring menggunakan platform media sosial atau justru mewawancarai target pasar tersebut secara langsung.

Tentunya, Anda harus melakukan perjanjian terlebih dahulu dengan mereka sehingga mereka bisa membantu proses riset dengan lebih baik lagi.

9. Bangun Ikatan yang Erat dengan Pelanggan

Sebuah brand yang baik adalah brand yang memiliki ikatan yang dekat dan mendalam dengan pelanggan yang dimilikinya. Proses pembuatan brand dikatakan mencapai titik yang paling tinggi apabila pelanggan bisnis Anda sudah membentuk suatu ikatan psikologis dengan brand yang Anda buat sebelumnya.

Ini adalah proses yang cukup sulit, namun jika sudah sampai di sini maka pelanggan pun tidak akan segan lagi untuk membeli produk Anda dalam waktu lama dan setia pada bisnis Anda.

7 membuat merek makanan

10. Buat Impresi Brand yang Positif pada Publik

Cara membuat brand sendiri yang terakhir adalah Anda harus mampu membuat impresi brand yang dibuat memiliki kesan positif. Perhatikan selalu bagaimana pelanggan menanggapi brand Anda dan lakukan perubahan apabila memang ada beberapa hal yang tidak mereka sukai.

Demikian beberapa cara membuat brand sendiri yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Memang membuat brand adalah langkah yang panjang dan harus teliti, namun Anda pasti akan mampu memperoleh keuntungan yang lebih tinggi jika bisa membuat brand yang tepat. Patendo siap membantu melindungi nama brand anda agar tidak digunakan orang lain.

Bagikan :
There are currently no comments.