021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

19 Cara Bisnis Skincare yang Menguntungkan

cara bisnis skincare

Dapatkan beberapa cara bisnis skincare yang sedang digandrungi para pegiat bisnis di usia muda agar lebih menguntungkan dan menjanjikan. Saat ini, bisnis skincare memang sedang digandrungi para pegiat bisnis usia muda.

Apalagi di era pandemi Covid-19 ini, bisnis skincare di masa pandemi bisa sangat menjanjikan. Pasalnya, perawatan kulit juga kini sedang diminati oleh kaum hawa sehingga ketertarikan untuk memiliki produk perawatan kulit juga ikut meningkat.

Tidak heran kalau bisnis skincare bisa saja mendatangkan keuntungan apabila dilakukan dengan serius dan dengan strategi yang tepat.

Cara Membuka Bisnis Skincare yang Menguntungkan

Cara Membuka Bisnis Skincare yang Menguntungkan

Lalu, bagaimana cara membuka bisnis skincare yang menguntungkan? Berikut ini 20 cara membangun bisnis skincare yang menjanjikan:

1. Tentukan Jenis Bisnis

Yang pertama, tentukan terlebih dahulu jenis bisnis skincare seperti apa yang akan Anda jalankan. Ada dua jenis bisnis yang bisa Anda pilih, yaitu dropship, atau juga membuat bisnis skincare sendiri. Untuk modal yang lebih sedikit, Anda bisa memulai bisnis skincare dengan cara Dropship.

Konsep Dropship sendiri adalah di mana kita sebagai dropshipper merupakan pihak ketiga yang menghubungkan produsen dengan pembeli. Dengan begitu, kita tidak perlu menyiapkan uang yang banyak untuk stok barang dengan jumlah besar.

Dengan begitu, dropship menjadi salah satu cara bisnis skincare tanpa modal yang bisa Anda lakukan.

Jika modal sudah banyak, Anda bisa memulai bisnis dengan membuat skincare sendiri. Anda bisa meracik bahan-bahan sendiri dan memproduksi skincare dengan nama brand sendiri.

2. Tentukan Tujuan Bisnis

Tentukan terlebih dahulu tujuan dari bisnis yang hendak Anda jalankan. Pada dasarnya, tujuan dari bisnis memang untuk memperoleh keuntungan finansial. Namun, yang bisa menjadi penyemangat Anda dalam menjalankan bisnis adalah idealisme.

Apabila Anda hanya bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya, maka bisa saja Anda justru mengabaikan kualitas dari produk Anda.

Jika Anda menjaga idealisme bisnis skincare seperti ingin memberikan produk yang berkualitas dan aman untuk kulit wanita, dengan begitu pelanggan akan datang sendiri karena sudah percaya dengan produk yang Anda buat.

3. Riset

Lakukan riset mengenai produk maupun pasar. Riset terlebih dahulu produk apa yang akan Anda jual. Pelajari apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda bisa merekomendasikan produk-produk tertentu untuk kondisi kulit wanita yang tentu saja berbeda-beda.

Yang kedua adalah riset pasar. Pelajari masyarakat dan konsumsi skincare mereka. Jika Anda sudah mengetahui trend apa yang sedang ramai, Anda bisa menentukan produk apa yang akan laku untuk dijual.

4. Tentukan Target Pasar

Setelah mengetahui kondisi masyarakat tentang trend skincare, tentukan target pasar untuk produk Anda. Anda bisa menentukan beberapa produk untuk menggaet pasar-pasar tertentu.

Dengan begitu, bisnis skincare Anda akan lebih luas dan keuntungan yang Anda dapat bisa lebih banyak.

4. Buat Produk

Setelah mempelajari produk dan riset pasar, Anda bisa membuat produk sendiri. Apabila Anda bukan ahli di bidang kecantikan, Anda bisa bekerja sama dengan ahli untuk membuat produk skincare ini. Anda bisa bekerjasama dengan ahli farmasi ataupun dokter spesialis kecantikan.

Dengan begitu, bisnis skincare Anda akan lebih terjamin kualitasnya. Selain itu, kepercayaan konsumen akan lebih besar karena brand Anda yang terbukti berkualitas karena dikerjakan oleh tangan-tangan profesional para ahli.

5. Tidak Berhenti Berinovasi

Terus melakukan riset pasar, dan perhatikan trend. Dengan terus memperhatikan trend, Anda akan tetap berinovasi membuat produk skincare yang lebih menarik, harga terjangkau, dan aman untuk konsumen.

6. Membuat nama brand yang menarik

Meskipun kualitas menjadi yang utama dalam bisnis skincare, namun nama juga tak kalah pentingnya. Nama membuat produk Anda lebih dikenal oleh masyarakat. Buat nama yang unik namun juga mudah diucapkan oleh konsumen. Yang terpenting, jangan menjiplak nama brand yang sudah ada

Bisnis skincare brand sendiri juga bisa menjadi pembeda dengan produk yang lain. Anda bisa membuat nama yang mencirikan produk bisnis skincare yang Anda jual. Anda juga bisa menyisipkan nama Anda dalam bisnis skincare agar nama brand Anda menjadi lebih unik.

7. Pemilihan Kemasan

Kemasan atau packaging sama pentingnya dengan nama brand. Selain nama yang unik, kemasan yang unik juga membuat brand Anda berbeda dengan brand lain. Anda bisa melihat produk-produk lain sebagai referensi. Buat kemasan yang lebih sederhana dan belum digunakan produk lain.

Namun, jangan hanya melihat pada keunikan kemasan saja, kualitas tentu juga harus Anda perhatikan. Apabila kemasan bagus namun konsumen menerima dalam keadaan rusak, tentu saja masyarakat tidak akan kembali menggunakan produk bisnis skincare Anda.

Cantumkan informasi-informasi penting mengenai produk bisnis skincare Anda. Informasi itu terkait cara pemakaian, bahan pembuatan, tanggal pembuatan, dan juga tanggal kedaluwarsa.

8. Memahami izin edar

Bisnis skincare merupakan salah satu bisnis yang wajib memiliki izin edar dari BPOM. Selain agar skincare bisa Anda jual di pasaran, dengan adanya izin BPOM, produk Anda akan jauh lebih terpercaya. Izin BPOM juga bisa Anda cantumkan dalam kemasan agar terbaca oleh masyarakat.

9. Membuat Toko/Offline

Meskipun kini sudah dimudahkan dengan online marketplace, namun memiliki toko dan menjual produk secara offline menjadi hal yang harus Anda lakukan apabila Anda sudah punya modal besar. Dengan memiliki toko sendiri dan menjualnya secara offline, maka kepercayaan konsumen akan jauh lebih tinggi.

Tak hanya itu, pelayanan kepada pembeli jauh lebih mudah. Sistem pembayaran pun jauh lebih aman karena transaksi terjadi secara langsung. Selain itu, Anda juga tak perlu melakukan pengiriman barang untuk setiap pembelian.

10. Jual online

Bisnis skincare online menjadi suatu keharusan di era digital ini. Sangat sulit bersaing apabila Anda hanya mengandalkan penjualan secara offline saja.

Dengan menjual secara online, Anda tidak perlu modal yang besar untuk membuat toko. Selain itu, jangkauan penjualan online akan jauh lebih luas.

11. Promo di media sosial

Salah satu cara membuat bisnis skincare yang menjanjikan berikutnya adalah dengan rajin promo di media sosial. Banyaknya media sosial seperti Instagram, Facebook, twitter, dan lain-lain harus Anda manfaatkan. Buat akun media sosial khusus untuk menunjukkan produk-produk skincare Anda.

Anda juga bisa mempromosikan produk Anda pada akun-akun media sosial yang sudah besar dan memiliki banyak followers. Dengan begitu, jangkauan produk Anda akan jauh lebih luas.

12. Ikuti Trend

Tips bisnis skincare untuk pemula berikutnya adalah dengan selalu mengikuti trend. Dengan mengikuti trend, Anda bisa melihat bisnis skincare viral di masyarakat. Pelajari produknya, lalu Anda bisa menjual ke masyarakat.

13. Miliki Produk Unggulan yang jadi Pembeda dengan Produk Lain

Sebagai pegiat bisnis, mengikuti trend memang suatu keharusan. Namun, Anda juga harus memiliki produk unggulan yang tak dimiliki produk lain. Jangan sampai, hanya karena mengikuti trend, Anda dicap sebagai “brand latah” yang hanya ikutan trend yang tidak memiliki produk tetap.

14. Buat Rincian Modal

Tips bisnis skincare berikutnya adalah dengan membuat rincian modal. Tentukan biaya produksi, biaya kemasan, biaya pemasaran, dan biaya membuat toko apabila perlu. Jika Anda ingin memulai usaha skincare sendiri dengan modal yang minim, Anda tidak perlu memasukan biaya membuat toko.

15. Tentukan Harga Jual

Tentukan harga jual produk Anda. Anda bisa menentukan harga jual dengan menggunakan rumus berikut: Harga Jual = Biaya Total + Margin). Sebagai contoh, apabila modal Anda membuat skincare Rp100.000, dan apabila ingin mendapat laba bersih 15%, maka harga jualnya adalah 90.000 + (15% x 90.000) = Rp103.500

16. Hitung Keuntungan

Bisnis skincare menjanjikan juga ditentukan dengan keuntungannya. Pastikan skincare yang Anda jalankan dapat menguntungkan. Anda bisa menghitung keuntungan dalam periode tertentu seperti perminggu atau perbulan.

Laba Bersih bisa Anda dapatkan dari total pendapatan selama periode tertentu, dikurangi dengan total pengeluaran dalam periode yang sama. Sebagai contoh, dalam satu bulan,

Anda memperoleh omset sebesar Rp5 juta, dalam sebulan juga pengeluaran Anda mencapai Rp2 juta. Maka laba bersih yang Anda dapatkan selama satu bulan adalah Rp3 Juta.

17. Hitung Balik Modal

Agar bisnis skincare Anda bisa berjalan lama, Anda juga perlu menghitung biaya balik modal. Anda tentu tidak ingin apabila Anda menjalankan bisnis dengan sia-sia tanpa balik modal ataupun mendapat balik modal dengan periode yang sangat lama.

Untuk menentukan biaya balik modal atau BEP, Anda perlu memperhatikan rumus berikut ini. BEP = TFC/(P-V). TFC merupakan Total Fix Cost atau dalam bahasa Indonesia Total Biaya Sampai Usaha Kita Siap Jalan. P adalah harga jual/unit. Sedangkan V merupakan biaya produksi/unit.

Misal: Modal awal Rp20 juta. Biaya produksi per item skincare Rp100.000. Lalu Anda jual dengan harga Rp150.000 per-produk. Maka BEP= 20.000.000 / (150.000 – 100.000) = 400. Maka Anda perlu menjual produk Anda hingga 400 unit untuk memperoleh BEP.

Lalu, berapa omzet minimal yang didapat untuk mencapai BEP. Untuk menentukan jumlah ini rumusnya adalah Jumlah barang x harga jual. Berarti 400 x 150.000 = 60.000.000. Maka omzet minimal yang harus didapat untuk mencapai BEP adalah Rp60 juta.

18. Buat Promo-promo Menarik

Buat promo menarik untuk menggaet konsumen. Anda bisa membuat promo seperti buy one get one, gratis ongkir, diskon, dan lain sebagainya. Dengan adanya promo menarik ini, maka konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk skincare di toko Anda.

19. Menggandeng influencer

Gandeng influencer seperti artis atau selebgram. Dengan begitu produk Anda akan dilihat oleh para fans mereka. Kemungkinan masyarakat melirik produk Anda akan semakin besar. Maka produk skincare Anda akan menjangkau masyarakat yang jauh lebih luas.

Itulah beberapa cara membangun bisnis skincare yang menguntungkan. Skincare memang menjadi salah satu ladang bisnis yang sedang digandrungi oleh anak muda sekarang. Pasalnya, minat perawatan kulit oleh kaum hawa cukup banyak sehingga ketertarikan untuk memiliki produk perawatan kulit juga ikut meningkat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar produk skincare Anda bisa lebih menjanjikan dan menguntungkan. Mulai dari melakukan riset, terus mengikuti trend, tidak menutup diri untuk menjual secara online, menentukan harga jual yang dihitung secara matang, memikirkan biaya produksi dan keuntungan yang didapatkan, dan masih banyak lagi.

Namun, yang terpenting adalah tidak ulet, konsisten, dan terus berinovasi. Segera daftarkan nama merek anda agar terlindungi, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.