021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

7 Cara Berbisnis agar Cepat Sukses

Lakukan cara berbisnis berikut ini agar usaha mudah berkembang dan meraih kesuksesan. Daftarkan nama merek usaha Anda melalui Patendo dan dapatkan segala kemudahan. Hubungi 0853 5122 5081 segera.

pengertian bisnis

Cara berbisnis agar cepat sukses

Salah satu tujuan seseorang membangun bisnis adalah untuk meraih kesuksesan. Untuk dapat mencapainya pasti membutuhkan usaha keras dan tidak instan.

Usaha tersebut berupa niat yang kuat dan menjalankan cara berbisnis yang tepat agar segera meraih kesuksesan. Apa saja cara menjalankan bisnis agar cepat sukses?

1. Kuasai ilmu manajemen bisnis

Sebelum memulai bisnis, Anda tentu harus memahami apa itu bisnis dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis meliputi bagaimana cara membangunnya, apa saja yang perlu disiapkan dan apa untung rugi menjalankan bisnis.

Usahakan mempelajari ilmu bisnis secara umum terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Ada banyak cara untuk mendapatkan ilmu manajemen bisnis, salah satunya dari buku.

Saat ini sudah banyak tersedia buku-buku tentang bisnis baik versi cetak maupun online atau ebook. Di samping buku, Anda pun bisa mengikuti workshop dan pelatihan bisnis secara rutin untuk menambah pengetahuan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menonton materi bisnis di platform youtube yang kebanyakan disampaikan oleh para pebisnis sukses dan motivator serta konsultan bisnis terkemuka. Ini sangat menguntungkan dan memudahkan Anda bukan?

2. Pahami bisnis yang akan dijalankan

Jika Anda sudah mengantongi ilmu bisnis yang cukup, cara berbisnis selanjutnya adalah mencari tahu seluk beluk bisnis yang akan dijalankan. Ini dilakukan untuk mengetahui peluang yang tersedia.

Anda bisa melakukan analisis pasar dengan cara sederhana seperti voting dan polling yang melibatkan calon konsumen. Anda juga bisa menganalisis pasar dengan cara mencari referensi di internet tentang tren dan kebutuhan pasar saat ini.

Setelah mendapat kesimpulan dari analisis tersebut, Anda perlu memikirkan bagaimana cara memulainya. Yang utama adalah persiapkan modal, operasional, lokasi dan strategi pemasaran apa yang akan Anda gunakan.

Catat semua hal penting ini dalam business plan agar bisnis lebih terarah dan tidak berhenti di tengah jalan karena kurang persiapan.

3. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Para pebisnis saat ini telah dimudahkan dengan adanya beragam teknologi yang mendukung bisnis mereka. Teknologi yang ada bukan hanya mendukung kegiatan produksi saja namun juga kegiatan marketing atau pemasaran.

Teknologi tersebut meliputi berbagai aplikasi dan platform media sosial yang memudahkan Anda untuk mempromosikan produk Anda, misalnya Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram.

Platform digital tersebut menyediakan beragam fitur yang mendukung kegiatan marketing seperti Facebook Ads, Instagram Story dan sebagainya. Selain aplikasi tersebut, ada pula teknologi lain yang sering dimanfaatkan pebisnis untuk mempromosikan usahanya seperti Gofood, Gosend dan Grabfood.

Kedua aplikasi tersebut dinilai ampuh meningkatkan penjualan karena mudah diakses konsumen. Hanya dengan memesan via aplikasi, konsumen sudah bisa mendapat makanan atau barang dengan mudah.

Ini juga menguntungkan pebisnis karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk promosi di berbagai platform lainnya.

cara berbisnis

4. Bertindak segera

Ilmu manajemen bisnis sudah, ide bisnis dan teknologi untuk marketing juga sudah. Cara berbisnis yang terakhir dan utama adalah segera bertindak.

Kebanyakan orang punya segudang ide dan konsep dalam berbisnis, namun tak banyak dari mereka yang berani bertindak dan memulai apa yang selama ini mereka pikirkan.

Sebagus dan sesempurna apapun konsep bisnis yang sudah dirancang, tidak akan ada artinya jika tidak ada tindakan nyata. Yang diperlukan untuk segera memulai bisnis adalah keyakinan dan mental yang kuat.

Jika keyakinan dan mental sudah kuat, maka tinggal eksekusinya saja. Anda tidak akan pernah tahu apakah bisnis yang Anda rancang ini akan berhasil atau tidak jika tidak segera menjalankannya.

5. Berdamai dengan kegagalan

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan ketika menjalankan sesuatu termasuk bisnis. Yang dibutuhkan adalah mental pebisnis yang kuat dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi permasalahan dalam berbisnis.

Kebanyakan pebisnis pemula merasa takut untuk memulai usaha karena takut mengalami kegagalan. Padahal kegagalan merupakan bagian dari proses berbisnis yang sangat mungkin terjadi.

Tidak ada usaha yang sukses begitu saja tanpa mengalami jatuh bangun. Maka nikmati prosesnya, jangan takut gagal dan jangan mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

6. Hargai proses

Proses menjadi tahap penting dalam berbisnis karena segala pencapaian dalam usaha adalah berkat proses panjang yang dilalui. Setiap bisnis tentu memiliki prosesnya masing-masing.

Ada yang singkat dan mudah, ada pula yang panjang dan memerlukan usaha keras untuk dapat mencapai kesuksesan. Maka dari itu penting bagi pebisnis untuk selalu menghargai proses yang telah dilalui.

7. Jangan lupa bersyukur

Cara berbisnis yang sering dilupakan adalah bersyukur kepada Tuhan. Padahal ini penting untuk keberlangsungan usaha Anda karena dengan usaha dan strategi branding yang maksimal saja belum cukup tanpa diiringi doa.

cara berbisnis supaya cepat sukses

Karakter yang harus dimiliki sebelum mulai berbisnis

Salah satu faktor penentu kesuksesan pebisnis adalah karakter yang dimiliki. Cara berbisnis yang tepat saja belum cukup untuk memudahkan jalan menuju kesuksesan. Jika tidak memiliki karakter pebisnis maka akan sulit untuk menjalankan dan mengembangan bisnis. Berikut 4 karakter yang wajib dimiliki oleh pebisnis.

1. Mandiri

Karakter utama yang harus dimiliki adalah independen atau mandiri. Kemandirian sangat dibutuhkan untuk menjalankan dan memimpin perusahaan. Anda dituntut untuk bisa mengambil keputusan sendiri tanpa intervensi pihak lain.

Tanpa karakter ini Anda akan sulit memulai dan menjalankan usaha karena masih bergantung pada orang lain. Jika Anda rasa belum memiliki kemandirian, Anda bisa mulai melatih kemandirian terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia bisnis.

2. Berani ambil risiko

Karena dituntut untuk bisa mengambil keputusan sendiri, maka Anda juga harus berani mengambil risiko dari setiap keputusan yang diambil. Pada dasarnya setiap keputusan pasti memiliki tingkat risiko yang berbeda.

Anda harus mampu mempertimbangkan risiko apa yang mungkin terjadi dan mengambil keputusan dengan risiko terkecil. Jika mengambil risiko saja tidak mampu bagaimana bisa bisnis akan berjalan, karena dalam berbisnis Anda akan selalu dihadapkan pada berbagai pilihan berisiko.

3. Pandai bernegosiasi

Menjadi seorang pebisnis mengharuskan Anda untuk sering melakukan negosiasi dengan klien dan investor. Negosiasi merupakan cara berbisnis untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak.

Jika tidak ahli dalam bernegosiasi, tentu akan sulit mengembangkan bisnis karena salah satu faktor mudahnya bisnis berkembang adalah relasi dan investasi. Maka dari itu sangat diperlukan kemampuan negosiasi yang baik agar dapat menjalankan bisnis dengan baik pula.

4. Berpikir kreatif

Kreativitas pasti dibutuhkan dalam menjalankan bisnis agar mampu bersaing. Bagaimana bisa menciptakan terobosan baru tanpa adanya kreativitas yang dimiliki.

Padahal tanpa kreativitas, bisnis akan sulit bertahan di tengah ketatnya persaingan. Maka dari itu karakter ini wajib ada dalam diri pengusaha.

Jika Anda ingin menjadi pebisnis namun belum memiliki empat karakter utama di atas, Anda perlu melakukan persiapan ekstra sebelum memulai usaha, yaitu dengan meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan karakter tersebut.

Meski tidak bisa dibentuk dalam sekejap, namun karakter dapat dibentuk dengan cara dan proses yang tepat sehingga Anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha.

karakter yang harus dimiliki sebelum memulai berbisnis

Langkah sukses usaha dagang

Berdagang termasuk dalam jenis bisnis yang paling banyak digeluti masyarakat. Hal ini disebabkan oleh adanya peluang usaha yang terbuka lebar dan tidak ada habisnya karena selalu mengikuti tren dan kemajuan zaman. Agar sukses dalam berniaga, berikut cara berbisnis untuk usaha dagang yang perlu Anda ketahui.

1. Selalu berkreasi dan berinovasi

Karena banyaknya usaha dagang maka diperlukan kreativitas dan inovasi yang membedakan bisnis Anda dengan pesaing lainnya. Ini penting agar konsumen tertarik dan loyal terhadap produk Anda.

Tanpa inovasi dan kreasi, produk Anda tidak akan menonjol di mata konsumen dan dianggap sama dengan produk lain sehingga penjualan tidak akan meningkat bahkan mungkin akan sulit laku.

Untuk mengatasinya, gunakan strategi yang tepat agar inovasi dan kreasi yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar sehingga dapat mendatangkan keuntungan sesuai harapan.

2. Tingkatkan investasi

Investasi di sini bukan hanya soal materi berupa uang, saham dan lainnya. Ada investasi lain yang tak kalah pentingnya dan harus selalu ditingkatkan agar usaha tetap berjalan dan berkembang pesat.

Investasi tersebut antara lain investasi ilmu, kemampuan, rekan bisnis dan lainnya. Ilmu dan kemampuan dalam berdagang perlu ditingkatkan dengan beragam cara, salah satunya dengan berguru pada yang lebih berpengalaman.

Maka dari itu, perbanyak rekan bisnis agar Anda semakin banyak menyerap ilmu dari mereka yang telah lebih dulu bergelut di dunia dagang.

3. Kuasai pasar

Agar dapat menguasai pasar, dibutuhkan reputasi brand dan perusahaan yang baik. Dengan citra dan reputasi yang baik, mitra bisnis dan konsumen akan percaya dan loyal terhadap produk dagangan Anda.

Jika sudah dipercaya konsumen, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi bahkan produk Anda akan dicari oleh konsumen. Maka dari itu, perkuat reputasi dan citra produk Anda agar dapat menguasai pasar dengan mudah.

4. Bangun reputasi brand

Agar dapat menguasai pasar diperlukan reputasi brand dan perusahaan yang baik di mata konsumen. Bagaimana cara membangun reputasi perusahaan?

1. Selalu bersikap jujur.

2. Menyelesaikan pesanan tepat waktu.

3. Memberikan pelayanan yang terbaik.

4. Konsisten menjaga kualitas produk.

Cara di atas harus dilakukan secara konsisten dari awal berdirinya usaha agar reputasi brand makin kuat di mata konsumen. Jika reputasi brand dan perusahaan sudah terbangun dengan baik, maka tidak akan sulit untuk menguasai pasar.

langkah sukses usaha dagang

5. Tentukan harga yang tepat

Cara berbisnis yang salah namun sering dilakukan oleh pedagang di awal membangun usahanya adalah membanderol harga tinggi agar cepat untung dan balik modal.

Memberikan harga yang kurang bersahabat justru membuat usaha sulit berkembang karena konsumen cenderung lebih memilih produk dengan harga terjangkau.

Maka dari itu, usahakan untuk memberikan harga terjangkau dan bersahabat yang penting masih mendatangkan keuntungan. Jika modal yang Anda miliki masih minim usahakan untuk mencari pelanggan dari rekan Anda dan hindari pemberian harga di atas harga pasaran.

Ini juga bisa menjadi peluang bisnis baru untuk Anda dan rekan Anda asal bisa membangun komunikasi yang baik.

6. Mulai dari orang sekitar

Usaha dagang yang baru dibangun bisa dimulai dari orang sekitar dulu. Hal ini dinilai efektif untuk membentuk mental dan kemampuan Anda dalam berdagang dari nol.

Setelah mendapat pengalaman yang cukup, Anda bisa mulai melebarkan usaha ke luar daerah hingga luar negeri. Peluang ekspor sangat terbuka jika Anda sudah mampu menjalankan strategi marketing dari orang sekitar Anda.

7. Promosi melalui pembeli

Bagaimana cara melakukan promosi melalui pembeli? Hal ini mudah dilakukan apalagi jika reputasi bisnis telah terbangun dengan baik dan pembeli loyal terhadap produk Anda.

Pembeli secara tidak langsung akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk promosi.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak kerja sama pembeli Anda dengan cara menjadi supplier bagi mereka. Pembeli Anda juga sekaligus bertindak sebagai penjual yang akan mempromosikan produk Anda.

Sistem yang sering dijalankan pedagang biasanya adalah reseller dan dropship. Kedua cara berbisnis ini terbukti dapat memudahkan promosi dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan loyalitas pembeli.

8. Bekerja cerdas

Dalam berniaga, tidak hanya butuh bekerja keras namun juga bekerja cerdas. Bekerja keras saja tidak cukup karena persaingan sangat ketat dan dibutuhkan strategi branding yang jitu agar mampu bertahan.

Bekerja cerdas di sini berarti mampu menerapkan ilmu bisnis dan kemampuan dalam berbisnis untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul.

Segala keputusan yang diambil harus berdasarkan pemikiran dan pertimbangan yang matang. Maka dari itu dibutuhkan kerja cerdas di samping harus bekerja keras pula.

Cara berbisnis untuk pedagang di atas sangat bermanfaat jika Anda mau menjalankannya karena berdagang juga memerlukan cara-cara yang tepat agar usaha berjalan sesuai harapan.

cara berbisnis online bagi pemula

Cara berbisnis online bagi pemula

Berbisnis online rupanya sudah menjadi budaya baru saat ini. Selain memberikan keuntungan bagi penjual, bisnis online juga memudahkan para konsumen untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Maka tak heran jika banyak pebisnis lama yang mulai beralih ke bisnis online ini. Selain itu juga banyak pebisnis baru yang bermunculan dan memilih menjalankan bisnis online.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis online, simak cara berbisnis online berikut ini agar lebih mudah dalam mengembangkannya.

1. Miliki niat dan pola pikir yang benar

Hal pertama yang harus dimiliki oleh pebisnis online adalah niat yang kuat dan pola pikir terhadap bisnis yang benar. Niat sangat menentukan kesuksesan bisnis yang akan dijalankan, maka luruskan niat sebelum memulai usaha.

Mind set atau pola pikir terhadap bisnis harus tepat agar tidak salah langkah. Segala hal yang berkaitan dengan bisnis perlu dipahami dan dipertimbangkan. Selain itu, visi dan misi dalam berbisnis juga harus diperhatikan.

Apabila Anda ingin memulai usaha online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Modal yang cukup.

Modal bukan hanya uang semata namun juga mental dan keahlian yang dibutuhkan dalam berbisnis online. Anda tidak akan bisa menjalankan usaha tanpa adanya modal yang sesuai dan memadai.

2. Produk yang dijual.

Tanpa produk, bagaimana Anda bisa berbisnis? Setelah modal siap, langkah selanjutnya adalah memiliki produk. Produk bisa diproduksi sendiri atau diambil dari supplier.

3. Target pasar.

Setelah produk siap, target market adalah aspek yang harus dipikirkan. Sesuaikan target pasar dengan produk dan strategi branding yang dijalankan. Kesalahan dalam menentukan target pasar akan berdampak buruk pada kelangsungan usaha dan sulit berkembang.

4. Strategi marketing.

Jika sudah menentukan target pasar, selanjutnya pikirkan strategi pemasaran apa yang cocok untuk bisnis Anda. Sesuaikan dengan produk dan target market yang ada.

Strategi pemasaran ini penting karena merupakan kunci keberhasilan bisnis Anda. Apakah produk akan diterima konsumen dan laku atau sebaliknya, apakah banyak yang mengenal produk atau tidak dan sebagainya. Pertanyaan tersebut menjadi tolak ukur berhasilnya strategi pemasaran yang Anda gunakan.

5. Kelangsungan dan tren bisnis.

Tren dan perkembangan bisnis juga penting agar usaha dapat bertahan dan mampu bersaing. Jika abai terhadap tren bisnis maka usaha Anda akan mudah gulung tikar karena tidak laku.

Maka dari itu selalu ikuti kelangsungan dan tren bisnis yang ada agar tetap bertahan dan mampu menguasai pasar.

2. Tentukan produk jualan

Jika niat sudah terkumpul dan pola pikir telah terbentuk dengan benar, maka Anda harus memikirkan produk apa yang akan Anda jual. Memilih produk jualan bukan perkara mudah.

Anda harus melakukan riset atau survei pasar sebelum menentukan pilihan. Ikuti langkah berikut agar dapat menemukan ide produk jualan yang tepat.

1. Pilih produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Cari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat dan akan selalu dibutuhkan hingga jangka panjang, seperti makanan dan pakaian.

2. Pilih produk yang mampu menyelesaikan masalah.

Produk yang Anda tawarkan sebisa mungkin hadir sebagai solusi dari segala permasalahan yang ada.

3. Ubah manfaat menjadi transaksi.

Produk yang Anda tawarkan harus mengandung manfaat yang nantinya akan dirasakan oleh konsumen sehingga terjadi transaksi yang menguntungkan kedua pihak. Anda mendapat manfaat finansial, konsumen memperoleh manfaat produk yang Anda jual.

Tidak sedikit pebisnis yang mengabaikan cara berbisnis ini sehingga banyak yang berakhir bangkrut karena produk yang mereka jual tidak laku di pasaran.

Untuk bisa mendapatkan ide produk yang tepat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Produk yang akan dijual harus memenuhi 3 kategori yaitu problem solver, bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat.
Untuk jenis produk dapat berupa produk fisik, jasa dan digital.

1. Produk barang fisik meliputi motor, mobil, jam tangan, kosmetik, obat herbal, rumah, makanan, aksesoris dan lain sebagainya yang berwujud barang.

2. Produk jasa antara lain agen umroh dan haji, agen tour dan travel, jasa pembuatan website, jasa pembayaran tiket pesawat dan lainnya yang tidak berwujud barang melainkan jasa atau layanan.

3. Produk digital seperti ebook, pulsa, software, kursus online dan sebagainya yang tidak berwujud barang dan jasa namun berkaitan dengan dunia digital.

Cara berbisnis yang kedua ini perlu dibarengi dengan konsep, ilmu bisnis dan lainnya agar bisnis dapat segera berjalan. Tidak perlu detail dan rinci, yang penting Anda tahu akan dimulai dari mana dan dibawa ke mana bisnis online Anda itu.

cara bisnis kuliner

Untuk pemula, Anda bisa menjalankan konsep reseller, dropship dan affiliate marketing suatu vendor. Dengan konsep tersebut, Anda akan mengeluarkan minim modal namun tetap menghasilkan keuntungan.

3. Buatlah website atau toko online

Website ibarat lapak atau toko Anda di dunia online. Karena seperti lapak, maka website inilah yang akan digunakan sebagai tempat promosi produk-produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berjualan online melalui website dibanding dengan berjualan melalui toko offline.

Memiliki toko fisik memang menjadi salah satu kelebihan karena konsumen dapat memilih langsung produk-produk yang Anda jual. Namun tren yang ada saat ini menunjukkan keadaan yang berbeda.

Konsumen justru lebih gemar berbelanja online daripada datang langsung ke toko fisik. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi fenomena tersebut, antara lain:

1. Belanja online lebih mudah dan praktis serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

2. Produk yang ditawarkan lebih lengkap apalagi jika berbelanja di marketplace seperti Shoppe, Bukalapak dan lainnya.

3. Harga yang ditawarkan cenderung murah karena kebanyakan penjual di marketplace merupakan supplier tangan pertama alias produsen produk tersebut.

4. Banyak promo dan diskon menarik yang membuat konsumen semakin nyaman berbelanja online.

Promo yang diadakan misalnya gratis ongkir sehingga pembeli hanya perlu membayar sejumlah harga barang yang dibeli tanpa ongkir dan tinggal menunggu barang datang saja.

Itulah setidaknya alasan mengapa konsumen saat ini lebih memilih belaja online daripada menyempatkan waktu untuk datang ke toko offline. Untuk Anda yang akan berbisnis secara online, ada 2 cara berbisnis online yang penting diketahui dan dijalankan, yaitu:

1. Berjualan melalui marketplace, media sosial dan aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Untuk marketplace ada banyak pilihan antara lain Bukalapak, Shopee, Lazada, OLX, Tokopedia dan lainnya.
Media sosial yang sering dijadikan ajang pamer produk jualan adalah Instagram, Facebook dan Twitter.
Ketiganya merupakan platform dengan jumlah user terbanyak yang artinya peluang closing atau terjualnya produk juga lebih besar.

Selain itu, jangkauan ketiga media sosial tersebut sangat luas bahkan hingga mencakup pengguna luar negeri. Bisa dibayangkan betapa besar peluang menjual produk dengan cara berbisnis ini bukan?

2. Berjualan melalui website sendiri.

Mempunyai website sendiri merupakan hal penting yang terkadang luput dari rencana pebisnis online. Mereka cenderung terpaku pada pemasaran melalui media sosial dan aplikasi chat yang sudah disebutkan di atas.

Padahal website bisa dibilang kunci dari segala proses pemasaran yang dilakukan. Website berisi segala informasi terkait produk dan perusahaan Anda.

Website inilah yang bisa kita cantumkan dalam setiap forum, status media sosial dan sebagainya. Dengan demikian, orang akan mudah melihat profil lengkap perusahaan dan produk Anda dengan cara mengklik tautan yang Anda buat.

Terkadang konsumen menilai bahwa perusahaan yang memiliki website adalah perusahaan yang serius dan komitmen terhadap bisnisnya. Berbeda dengan perusahaan yang tidak memiliki website akan dinilai kurang berkompeten dan serius terhadap bisnisnya.

Bagi Anda yang awam dengan dunia website, simak penjelasan tentang seluk beluk website berikut ini.
Dalam membuat website, Anda membutuhkan nama domain dan hosting. Apa bedanya?

1. Domain.

Domain adalah nama website Anda atau alamat toko Anda. Maka usahakan untuk memilih nama domain yang menunjukkan produk jualan Anda atau nama brand Anda secara jelas.

2. Hosting.

Jika domain merupakan toko Anda maka hosting bisa dianalogikan seperti tanah tempat berdirinya toko tersebut. Hosting adalah tempat nama domain dan file pembentuk website.

Domain dan hosting saling berkaitan sehingga tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk membuat website toko online, ada beberapa yang bisa dilakukan yaitu:

1. Menggunakan website berbayar.

Website berbayar merupakan pilihan tepat ketika Anda akan membangun toko online. Dengan menggunakan website berbayar, usaha Anda akan terlihat lebih profesional dan bereputasi baik di mata konsumen.

Anda bisa menyewa hosting dan membeli nama domain dengan biaya tertentu. Domain dan hosting ini biasanya berlaku hingga satu tahun dan dapat diperpanjang.

Untuk permulaan, Anda bisa gunakan hosting dengan kapasitas kecil dulu dengan harga terjangkau. Harga sewa hosting dengan kapasitas kecil ini memerlukan biaya sekitar 150 ribu saja.

Sedangkan untuk nama domain, Anda dapat membelinya dengan harga 100 ribu saja. Jadi total biaya yang perlu disiapkan untuk sewa hosting dan beli nama domain adalah 250 ribu sampai 350 ribu saja.

Dengan harga yang masih tergolong murah ini Anda sudah bisa memiliki website untuk toko online Anda sendiri. Anda dapat mendesain website tersebut sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, konsumen akan lebih loyal dan percaya kepada perusahaan dan produk yang Anda tawarkan.

2. Memanfaatkan website gratisan.

Bagi Anda yang masih ragu untuk menyewa hosting dan membeli nama domain, website gratisan mungkin bisa jadi alternatif lain untuk membuat toko online.

Website gratis ini sudah banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia. Ada beberapa penyedia blog yang paling banyak digunakan dan punya reputasi bagus yaitu Blogspot, WordPress, Posterous, Tumblr, dan Typepad.

cara memulai bisnis

Agar lebih mudah muncul di mesin pencari, gunakan Blogspot dan WordPress karena keduanya paling mudah dikenali oleh search engine dan paling banyak digunakan. Jika Anda menggunakan website gratisan maka nama domain Anda akan seperti contoh di bawah ini:

1. Tumblr : http://galleryfashion.tumblr.com

2. Blogspot: : http://galleryfashion.blogspot.com

3. WordPress: http://galleryfashion.wordpress.com

Nama penyedia blog tersebut akan muncul di belakang nama domain Anda. Memang tidak masalah dan masih bisa digunakan untuk membuat website toko online, namun konsumen cenderung lebih percaya pada website dengan domain berbayar.

Meski begitu, pemasaran menggunakan website gratisan ini masih dapat mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan tepat.

Setelah bisnis berjalan sesuai harapan, Anda bisa mulai menyewa hosting dan membeli nama domain untuk meningkatkan reputasi dan penjualan.

Agar mampu menarik konsumen, Anda harus pandai mengelola website untuk toko online Anda. Berikut beberapa tips mengelola website yang bermanfaat untuk Anda.

1. Pilih template yang menarik namun mudah digunakan. Penyedia blog biasanya sudah menyediakan template atau tema untuk membuat website. Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar tidak kerepotan membangun website.

2. Isi dengan konten menarik dan original. Usahakan membuat konten sendiri untuk keperluan marketing di website dan jangan asal copy paste konten milik orang lain.

Buat konten dengan tema yang sesuai dengan produk Anda. Meski begitu, Anda perlu sesekali membuat konten dengan tema lain yang bermanfaat bagi pembaca.

3. Pastikan lima aspek ini tertera dalam website terutama pada halaman awal yaitu profil, logo, alamat, galeri produk beserta keterangannya, cara order dan formulirnya.

Lima informasi penting tersebut wajib ada dalam halaman utama untuk memudahkan konsumen mengetahui segala informasi tentang perusahaan dan produk Anda.

Untuk logo merek, Anda bisa mendesain sendiri melalui aplikasi pembuat logo gratis maupun berbayar. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa mencari jasa pembuat logo profesional yang ahli di bidangnya.

4. Gencar lakukan promosi

Setelah website jadi, cara berbisnis online selanjutnya adalah mempromosikan website melalui berbagai media. Media yang paling mudah dan efektif untuk ajang promosi website tentu media sosial.

Dengan jumlah user terbanyak, Anda bisa dengan mudah mempromosikan website Anda agar banyak yang berkunjung dan menaikkan trafik website Anda. Jika trafik kunjungan naik, maka website Anda akan sering muncul di hasil pencarian Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa media sosial terampuh untuk promosi adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan jumlah teman dan follower yang tidak sedikit, media sosial tersebut menjadi tempat subur untuk mempromosikan website toko online Anda.

Website dengan konten menarik yang telah Anda buat juga dapat dicantumkan dalam forum bisnis dan marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Ada satu lagi kunci yang perlu dikuasai adalah teknik SEO atau Search Engine Optimization.

Teknik ini mengharuskan Anda untuk mampu memahami cara optimalisasi website agar muncul di halaman awal pada search engine dengan keyword tertentu. Dengan teknik tersebut, kemampuan Anda dalam memasarkan produk secara online akan lebih terasah.

Karena sebagai tempat rujukan konsmuen untuk memperoleh berbagai informasi tentang perusahaan dan produk Anda, maka manfaatkan momentum dengan memberi respon yang baik dan tepat sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

Penuhi informasi yang dibutuhkan konsumen seperti yang sudah disebutkan di atas. Semakin lengkap informasi yang didapat, semakin percaya dan yakin konsumen terhadap produk Anda.

Dengan begitu, kemungkinan closing atau transaksi juga semakin besar. Follow up segera calon konsumen yang menghubungi Anda dengan pelayanan yang ramah.

5. Berada di lingkungan positif

Lingkungan turut membentuk pola pikir dan sikap Anda sebagai pengusaha. Maka dari itu penting untuk selalu berada di lingkungan yang positif dan mendukung bisnis Anda. Salah satunya adalah mencari mentor atau pembimbing.

Mentor di sini bisa siapa saja yang mampu membimbing Anda dalam menjalankan bisnis dari awal. Setiap pebisnis membutuhkan mentor agar semakin banyak ilmu yang didapat.

Ilmu yang dibutuhkan bukan hanya teori bisnis saja namun praktiknya juga. Meski begitu, Anda tidak bisa sembarangan menjadikan seseorang sebagai mentor.

Alih-alih menjadi terbimbing dan sukses malah justru terjerumus karena salah pilih mentor. Anda bisa meminta saudara, rekan atau orang tua yang telah berpengalaman dalam dunia bisnis dan tentu terpercaya.

Dengan bimbingan mentor, Anda dapat meminimalisasi waktu yang terbuang untuk trial and error atau percobaan setelah gagal. Jika Anda melakukan percobaan sendiri tanpa ada bimbingan maka akan sulit untuk mencapai puncak.

6. Bangun sistem yang baik

Jika Anda telah memutuskan terjun ke dunia bisnis, maka Anda harus mempersiapkan sistem bisnis yang baik dan benar. Sistem ini akan berguna jika suatu saat bisnis sudah berkembang pesat dan memiliki banyak cabang.

Selain sistem bisnis, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah membangun tim kerja, mengumpulkan modal, membeli aplikasi yang diperlukan dan marketing tools atau alat pemasaran seperti website dan lainnya.

Dengan sistem bisnis yang telah dibangun, Anda akan dengan mudah mendokumentasikan dan mewariskannya kepada orang kepercayaan Anda.
Sistem di sini meliputi keseluruhan proses bisnis dari awal hingga mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan.

Dengan cara berbisnis yang tepat, Anda dapat meraih kesuksesan sesuai harapan. Namun, usaha yang telah Anda rintis dari awal bisa saja tersandung permasalahan hukum karena merek produknya belum terdaftar.

Oleh karena itu, jangan tunggu sampai Anda kehilangan merek yang telah Anda bangun dari nol. Hubungi 0853 5122 5081 untuk mendapatkan legalitas nama merek Anda.

Bagikan :