021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Cara Bisnis Beras yang Sangat Menguntungkan

Bisnis beras menjadi sektor bisnis

Bisnis beras menjadi sektor bisnis yang menjanjikan. Untuk itu pahami cara bisnis beras dengan tepat, agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Beras menjadi bahan makanan pokok mayoritas orang Indonesia.

Sehingga kebutuhan terhadap beras di Indonesia sangat tinggi. Hal tersebut kemudian membuat bisnis beras menjadi salah satu sektor bisnis yang cukup menjanjikan.

Apakah saat ini Anda tertarik untuk memulai bisnis beras? Jika iya, maka Anda harus perhatikan kira-kira apa saja langkah yang akan membuat bisnis beras Anda menghasilkan keuntungan maksimal.

Apakah Anda pernah mendengar istilah “belum makan kalau belum makan nasi?”. Istilah tersebut memang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, mengingat makanan pokok mayoritas orang Indonesia adalah nasi.

Hal tersebut kemudian menjadikan bisnis ini sebagai pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Bagaimana tidak, setiap hari orang butuh makan nasi. Itu artinya, kebutuhan terhadap beras akan terus ada setiap saat.

Banyaknya kebutuhan terhadap beras, membuat bisnis ini tidak begitu berpengaruh pada naik turunnya harga. Saat harga beras naik, permintaan terhadap beras akan tetap ada. Hal tersebut yang membuat usaha jual beras menguntungkan bagi Anda.

Cara Bisnis Beras

Cara Bisnis Beras Agar Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal

Kami memahami, bahwa setiap dari Anda yang berbisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena keuntungan dari sebuah bisnis dapat menjadi salah satu tolak ukur bahwa bisnis tersebut berhasil atau sukses.

Setiap sektor bisnis tentu memiliki cara ataupun tips sendiri untuk menunjang keberhasilannya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan, untuk menunjang keberhasilan berbisnis.

1. Persiapkan Modal Untuk Usaha Beras

Dalam menjalankan sebuah bisnis, modal usaha menjadi salah satu yang harus Anda persiapkan sejak awal. Jumlah modal yang Anda miliki dapat menentukan apakah bisnis beras yang Anda mulai akan langsung dalam skala yang besar, atau perlahan-lahan dari skala kecil dulu.

Bagi Anda yang saat ini bisnis beras pemula, mungkin bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu banyak. Misalnya, harga beras per 1 karung yang berisi 10 kg adalah Rp100.000 dan Anda membeli 50 karung beras, maka modal yang Anda perlukan adalah 5 juta rupiah.

Mempersiapkan modal dengan jumlah yang tidak terlalu besar memang menjadi salah satu cara bisnis beras untuk pemula. Karena para pemula harus mengetahui dulu bagaimana ruang lingkup bisnis ini. Apabila Anda sudah mulai memahami dunianya, maka Anda bisa mulai bisnis dengan modal yang besar.

2. Lakukan Riset Seputar Bisnis Beras

Setelah mengantongi modal usaha, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah riset seputar bisnis jual beras. Sebelum Anda terjun pada sektor bisnis beras, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu seputar bisnis tersebut.

Banyak hal yang bisa Anda riset, seperti riset harga, membuat list pemasok beras mana saja yang bisa Anda ajak kerjasama, serta dimana Anda sebaiknya memasarkan produk, dan lain-lain.

Tahapan riset ini bertujuan untuk mengurangi kerugian yang akan Anda peroleh. Karena hasil riset tersebut dapat menjadi acuan Anda untuk melangkah atau membuat keputusan-keputusan lainnya.

3. Pilih Pemasok Beras Terbaik

Pemasok atau distributor beras menjadi salah satu aspek yang akan menentukan keberhasilan Anda dalam bisnis jual beras. Mengapa demikian? Karena kualitas beras yang Anda jual bergantung pada kualitas beras yang ada di pemasok beras tersebut.

Untuk mendapatkan kualitas beras terbaik, maka Anda perlu cermat dalam memilih pemasok beras. Pilih pemasok beras yang aware terhadap kualitas produk. Selain itu, pertimbangan lain dalam memilih pemasok beras adalah pilih pemasok beras yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Karena hal tersebut akan memudahkan proses distribusi pasokan beras.
Pilihan lainnya adalah Anda dapat bisnis beras dari petani langsung. Bekerjasama dengan para petani akan mempermudah Anda untuk mendapatkan pasokan beras.

4. Pilih Tempat Menjual Beras

Terdapat beberapa pilihan tempat yang dapat Anda pilih untuk menjalankan bisnis ini. Misalnya Anda bisa memanfaatkan halaman rumah sendiri untuk sarana berjualan. Atau Anda bisa menyewa ruko, atau Anda juga bisa berjualan di pasar.

Di mana pun tempat yang Anda pilih, poin utama yang perlu Anda perhatikan adalah pastukan tempat tersebut strategis dan mudah dijangkau.

Karena percuma Anda menjual beras dengan kualitas yang baik, pilihan jenis beras yang beragam, tetapi tempat Anda berjualan tidak strategis. Para pembeli tetap akan kesulitan menemukan tempat bisnis Anda.

Pilihan lainnya adalah Anda bisa bisnis beras online. Bisa menjualnya menggunakan media sosial, atau Anda berjualan di ecommerce.

5. Tentukan Harga Jual yang Tepat

Pastikan Anda menentukan harga jual beras yang sesuai dengan pasaran. Karena biasanya pembeli melakukan perbandingan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Apabila Anda mematok harga terlalu mahal, khawatirnya calon pembeli akan kabur.

Dan memilih membeli beras dengan harga yang lebih murah, dengan kualitas yang sama.
Tetapi Anda juga sebaiknya tidak menjual beras dengan harga yang terlalu rendah.

Karena Anda harus ingat bahwa tujuan Anda memulai bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan. Perlu perhitungan yang tepat agar modal usaha yang Anda keluarkan dapat menghasilkan keuntungan.

6. Tentukan Jenis Beras yang Akan Anda Jual

Anda bisa menjual beras dengan kualitas yang beragam, seperti kualitas standar, kualitas menengah, hingga kualitas super. Hal ini akan membuat Anda memiliki pelanggan dengan berbagai segmentasi.

Namun pastikan dari setiap kualitas beras yang Anda jual, semuanya harus bersih dan bebas dari kutu beras. Menjual beras dengan berbagai tingkatan kualitas memungkinkan Anda untuk bisnis beras murah hingga dengan harga yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa menjual beras putih, beras merah, beras pulen, beras hitam, dan lain-lain. Anda juga dapat bisnis beras per kg, ataupun bisnis beras kemasan.

7. Persiapkan Kemasan dan Alat Ukur Beras

Apabila Anda berencana menjual beras secara kemasan, maka pastikan Anda mempersiapkan kemasan dengan ciri khas tersendiri. Buat kemasan yang membuat pembeli semakin percaya dengan kualitas beras yang Anda jual.

Untuk kemasan, sebaiknya Anda menggunakan kemasan yang transparan. Agar pembeli dapat melihat kualitas serta jenis berasnya. Tidak lupa juga untuk menuliskan deskripsi yang berkaitan dengan beras tersebut.

Sebagai upaya meyakinkan pembeli bahwa beras yang Anda jual benar-benar berkualitas. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan penakar beras untuk penjualan per kg.

8. Kelola Stok dengan Baik

Untuk menunjang keberhasilan bisnis beras Anda, maka penting untuk memperhatikan pengelolaan beras. Pastikan Anda memiliki stok beras yang cukup, tidak terlalu banyak tetapi juga tidak terlalu sedikit.

Mengapa demikian? Karena apabila stok beras Anda terlalu banyak, khawatirnya Akan membuat kualitas beras Anda menurun. Karena beras sebaiknya tidak disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian apabila stok beras Anda terlalu sedikit, maka kemungkinan Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan para pembeli. Untuk itu, Anda harus bisa memperkirakan jumlah stok yang tepat sesuai dengan kebutuhan para pembeli.

9. Konsisten Memperhatikan Kualitas Beras

Dalam bisnis beras Anda harus secara konsisten mempertahankan kualitas beras. Sehingga para pelanggan setia Anda tidak kabur dan mencari penjual beras lain. Mempertahankan kualitas beras merupakan upaya yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kepuasan konsumen.

Kepuasan konsumen tersebut pada akhirnya akan membuat Anda memiliki pelanggan yang loyal. Dalam sebuah bisnis, lebih baik menjaga konsumen yang sudah loyal dibandingkan dengan mencari konsumen baru.

10. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Promosi merupakan upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis beras. Maraknya penggunaan media sosial saat ini dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis beras.

Selain mudah dan murah, promosi melalui media sosial juga memungkinkan untuk Anda menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Mengingat jangkauan dari media sosial yang tidak terbatas.

Terlepas dari cara jual beras Anda secara konvensional maupun secara online, Anda tetap bisa mempromosikannya melalui media sosial. Sehingga bisnis beras Anda dapat semakin berkembang dengan pesat.

Menjual melalui media online juga pasarnya lebih luas lagi. Jadi, kenapa tidak berbisnis beras secara online? Yuk dicoba! Lindungi nama merek beras anda gara tidak dilindungi orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.