021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Cara Bisnis Kos Kosan yang Menjanjikan

Bisnis kos kosan sangat menjanjikan ketika lokasinya strategis. Selain itu ada cara lainnya yang membuat kosan Anda cepat dipenuhi anak kos berikut ini! Bisnis kos kosan semakin menggeliat usai pandemi Covid-19.

Ketika pandemi harga properti cenderung turun sehingga ada banyak kesempatan membeli hunian dengan harga jauh lebih murah. Kini pasca pandemi, keadaan sudah normal kembali. Karyawan dan pelajar mulai masuk kerja atau sekolah seperti biasanya. Mobilitas tinggi dan bisnis properti kembali menggeliat seperti sedia kala.

Tips Bisnis Kos Kosan

Tips Bisnis Kos Kosan

Anda yang ingin memulai investasi kos-kosan apalagi masih pemula ada baiknya menyimak tips berikut ini! Bisnis kos kosan cukup kompetitif sehingga bila salah langkah Anda bisa menuai kerugian ketimbang profit.

1. Tentukan Lokasi Kos

Bisnis kos kosan memang menguntungkan apalagi di kota besar. Kebutuhan akan tempat tinggal ini biasanya muncul di lokasi industri yang produktif. Dengan memilih lokasi yang tepat sekaligus dapat menghemat biaya marketing.

Para pencari kos datang dengan sendirinya sehingga kamar kos cepat penuh. Lokasi yang tepat untuk dijadikan kos adalah dekat kampus, area pabrik, tak jauh dari fasilitas umum, atau dekat dengan bangunan terkenal atau pariwisata.

Kost dekat fasilitas umum bisa diartikan tak jauh dari sekolah, rumah sakit, stasiun maupun tol. Untuk menuju fasilitas umum tersebut bisa dalam hitungan menit sehingga dapat dikatakan dekat.

Bila suatu saat ingin jual kos-kosan pada area tersebut tak akan rugi. Nilai jualnya bahkan semakin naik setiap tahunnya. Khususnya area dekat kampus, pabrik maupun fasilitas umum.

2. Pilih Bangunan yang Tepat

Bisnis kos-kosan tanpa modal dapat Anda mulai dari rumah sendiri. Terlebih jika tempat tinggalmu sudah memiliki banyak kamar kosong. Ketimbang Anda biarkan begitu saja bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Rumah yang mulanya sudah pernah ditinggali tak perlu banyak renovasi. Jika membeli dari orang lain maka Anda wajib mengecek kondisi bangunan tersebut.

Apakah bangunan kos-kosan sudah memiliki saluran sanitasi dan dialiri listrik atau belum. Anda juga perlu mengecek legalitas bangunannya seperti ada tidaknya sengketa.

Selain itu IMB rumah kost dan sertifikat pendukung lainnya juga harus ada sehingga bangunan bukan termasuk hunian ilegal. Pertimbangkan pula bangunan termasuk baru atau lama karena hal ini mempengaruhi harga bangunan.

3. Sediakan Fasilitas Layak

Dengan menyediakan fasilitas yang layak akan mampu mendongkrak bisnis kos kosan yang sedang Anda kelola. Standarnya kamar kos sudah memiliki perabotan utama.

Misalnya saja kasur, meja kecil hingga lemari pakaian. Apabila anggaran lumayan besar Anda dapat memilih springbed untuk tempat beristirahat. Kamar yang luas bisa diisi dengan banyak perabotan.

Apabila ukuran kamar mungil maka pertimbangkan furniture lipat. Perabotan seperti ini sangat multifungsi dan tidak memakan banyak tempat. Secara visual lebih rapi dan terkesan luas.

Kos-kosan yang bagus menyediakan area parkir untuk penghuni kosnya. Ini sangat menguntungkan anak kos ketika membawa kendaraan pribadi. Saat pencari kos survey tempat pastikan Anda menginformasikan area parkir.

Fasilitas penting lainnya yang harus tersedia adalah dapur. Anak kos akan mudah menyimpan dan memasak ketika tidak bisa keluar kos. Lengkapi dapur dengan kulkas, kompor dan alat masak sederhana.

4. Gunakan Konsep Unik

Jangan lupa gunakan konsep unik untuk bisnis kos kosan Anda. Persaingan Bisnis kos kosan sangat ketat apalagi di area strategis. Pencari kos bisa memiliki banyak pilihan tempat tinggal.

Anda dapat mendesain kos dengan tema kekinian sehingga menjadi pertimbangan pencari kos dalam membuat keputusan. Interior estetik sebagai penanda kos Anda dengan lainnya.

Anda bisa membuat desain kamar minimalis dengan interior Scandinavian. Ada pula konsep kos-kosan syariah yang menjunjung tinggi syariat Islam. Kegiatan beribadah maupun tempat tinggalmu terjamin aman.

Area luar kos bisa Anda tambahkan taman indoor. Kos terasa unik dan memiliki suasana yang teduh. Anak kos pasti nyaman dan betah berlama-lama di kos. Ini akan menjadi nilai plus sekaligus upaya untuk membuat anak kos memperpanjang kontrak sewanya.

5. Beri Layanan Tambahan

Tingkatkan layanan kos dengan fasilitas tambahan seperti menyediakan Wifi untuk seluruh penghuni kos. Kini kegiatan akademik maupun non akademik sangat bergantung dengan internet.

Koneksi internet juga berkecepatan tinggi agar ketika penghuni kos gunakan tetap lancar dalam segala kondisi. Anda juga dapat menyediakan layanan laundry maupun kamar dengan AC ataupun kamar mandi dalam.

Adanya laundry bisa menjadi tambahan pendapatan dengan konsumen tetap. Untuk menggaet anak kos sebagai pelanggan laundry, Anda bisa memberikan layanan cuci seprei gratis terlebih dulu.

Dengan begitu anak kos mengetahui jasa yang Anda tawarkan. Selain laundry sebenarnya Anda bisa menawarkan paket makanan. Anda dapat bekerja sama dengan jasa catering atau menyediakan menu secara mandiri.

Tips Sukses Bisnis Kos Kosan

6. Branding

Bisnis kos kosan membutuhkan branding agar mudah diingat oleh banyak orang. Walaupun fasilitas kos lengkap jika marketing tidak berjalan dengan baik maka akan sulit menggaet anak kos.

Dalam memasarkan kos-kosan gunakan bujukan persuasif. Khususnya saat pencari kos melakukan survei. Anda dapat menunjukkan fasilitas yang tersedia. Bujukan dapat berupa pemberian diskon khusus untuk pencari kos yang memberikan DP.

Gunakan media sosial untuk memasarkan kos-kosan. Bekerjasamalah dengan beberapa institusi sehingga dapat direkomendasikan ketika ada pencari kos. Pasang papan atau banner depan kos sehingga pencari kos dapat mengenali bangunan kos.

Ketika berpromosi di media sosial jangan hanya memasang foto kamar saja. Anda bisa menunjukkan nilai lebih dari kosanmu dengan memperlihatkan fasilitas yang tersedia sebagai daya tarik.

Sediakan nomor kontak yang bisa dihubungi setiap waktu. Saat ada yang menanyakan kosan, Anda cepat tanggap merespon. Anda bisa bergabung dengan platform penyedia kos-kosan.

Platform seperti ini umumnya gratis dan memiliki syarat mudah dalam membuat akun. Anda hanya perlu menyertakan informasi kontak dan foto maupun video terkait kos-kosan. Tambahkan informasi luas kamar dan harga sewa kos serta lokasinya.

7. Jaminan Keamanan & Kebersihan

Kamar yang luas dengan perabotannya memang cukup memuaskan para pencari kos. Namun ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pencari kos untuk menyewa kamar.

Misalnya saja jaminan keamanan dan kebersihan yang tersedia. Keamanan yang kurang terjamin akan rawan kejahatan. Tidak hanya menimbulkan resiko pencurian untuk barang-barang Anda saja namun juga milik anak kos.

Solusinya adalah menempatkan CCTV pada area tertentu. Misalnya pada area parkiran, lorong kamar hingga area belakang rumah. Dengan begitu pengawasannya jauh lebih mudah.

Jaga pula kebersihan kos khususnya area fasilitas bersama. Apalagi jika kamar mandi dan dapur bersama. Area ini perlu Anda bersihkan setiap minggunya sehingga tetap bersih dan terawat.

Bangunan kos yang kotor beresiko menimbulkan penyakit. Selain kamar mandi perhatikan pula area jemuran yang cenderung lembab. Bersihkan kos-kosan dari debu setiap harinya. Anda bisa melakukannya secara mandiri maupun menyewa jasa bersih-bersih yang datang ke kos.

8. Harga Kompetitif

Jika ingin cepat balik modal dalam bisnis kos kosan tetapkan harga yang kompetitif. Bila harga sewa cenderung tinggi maka harus sebanding dengan fasilitas yang diberikannya.

Harga menentukan kualitas dari kos itu sendiri. Anda dapat menawarkan kos harian, mingguan atau bulanan. Berikan pilihan kepada pencari kos tentang paket sewa yang disediakan.

Misalnya saja harga kos tersebut sudah termasuk biaya listrik. Anak kos bebas membawa alat elektronik apapun seperti laptop, magic com maupun setrika. Bila ingin dihitung terpisah maka hitung biaya listrik maupun internet setiap bulannya.

Setelah mengetahui rata-rata biaya listrik atau internet maka bagi dengan jumlah kamar. Dengan begitu biaya yang anak kos tanggung secara mandiri tidak begitu mahal.

Jika bingung memperhitungkannya sendiri maka Anda dapat survey dulu. Cek harga kos sekitar dengan fasilitas yang sama agar mudah menyesuaikan harga.

9. Libatkan Anak Kos

Bisnis kos kosan semakin mudah dijalankan bila Anda juga melibatkan anak kos. Minta anak kos untuk memberikan review pada platform di mana kos dipasarkan.

Pendapat anak kos mampu mempengaruhi pencari kos lainnya untuk menyewa kamar. Anda bisa pula meminta review anak kos untuk kebutuhan media sosial. Tayangkan video terkait ulasan kos Anda dengan narasumber anak kos.

Untuk melibatkan anak kos bisa dengan memberikan potongan harga atau memberikan layanan tambahan jika ia turut mempromosikan kos Anda pada media sosial pribadinya.

Bangun keeratan dengan penghuni kos melalui kegiatan bersama. Misalnya saja turut membagikan nasi kotak ke anak kos ketika Anda mengadakan syukuran. Anda juga dapat meminta foto bersama seluruh penghuni kos untuk kebutuhan di posting di media sosial.

10. Tunjuk Orang Kepercayaan

Tips terakhir dalam memulai bisnis kosan yang menjanjikan ialah menunjuk orang kepercayaan. Pegawai ini selain menjaga keamanan kos juga membantu mengawasi anak kos itu sendiri.

Ia membantu Anda saat tidak berada di gedung kos. Tugasnya sebagai pengawas yang memastikan tidak ada penghuni kos yang melanggar aturan yang ditetapkan. Misalnya saja aturan untuk tidak membawa lawan jenis ke kamar kosan atau memakai bahan terlarang.

Operasional kos-kosan dapat berjalan dengan baik seperti kebutuhan listrik terpenuhi. Anda mendapatkan laporan harian atas kebutuhan kos. Pilih orang yang bertanggung jawab, disiplin dan ramah.

Ia mampu bekerja secara profesional sehingga kos-kosan berjalan dengan lancar. Orang kepercayaan ini dapat pula diambil dari anggota keluarga terdekat.

Dalam membangun bisnis kosan sebaiknya tentukan lokasi yang strategis. Pilih bangunan kos yang sesuai serta fasilitas pendukung layak guna. Jangan lupa untuk menjamin keamanan dan kebersihan bangunannya.
Bisnis kos kosan cukup kompetitif sehingga perlu branding yang kuat pula.

Gunakan konsep unik dan pemasaran online agar kos Anda lekas dikenali. Jangan lupa libatkan anak kos dalam marketing.

Bagikan :
There are currently no comments.