021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

5 Cara Jitu Jalankan Bisnis Beras dengan Hasil Menjanjikan

bisnis beras

Indonesia menjadi negara terbesar ke tiga dibawah China dan India dalam produksi beras terbesar di dunia. Tidak heran jika beras sebagai kebutuhan primer di Indonesia, akhirnya banyak pengusaha yang ingin menjalankan usaha dagang beras.

Cara berbisnis beras kemasan

Beras adalah produk makanan pokok di Indonesia, oleh karena itu permintaan penjualan beras di Indonesia sangat tinggi dibanding negara lainnya. Tingginya permintaan pasar oleh konsumen, maka banyak produsen atau pengusaha yang tergiur dengan bisnis ini.

Lalu bagaimana cara usaha dagang beras dengan kemasan yang lebih efisien, berikut beberapa cara usaha dagang beras diantaranya:

1. Siapkan alat takar dan kemasan

Kemasan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani usaha jual beras, karena kemasan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen sebelum membeli beras, sebaiknya penjual menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan tidak mudah rusak.

2. Tentukan target pasar

Target pasar harus dipikirkan sebelum melakukan bisnis, demikian juga ketika Anda ingin menjalani usaha beras kemasan. Karena ketika Anda menjual produk tanpa mengetahui target pasar yang dituju, maka akan kesulitan dalam berjualan dan kesuksesan bisnis tidak akan maksimal.

3. Meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan pelayanan yang maksimal

Pelayanan yang baik dan ramah adalah kunci keberhasilan sebuah usaha, karena dengan keramahan maka pembeli akan merasa nyaman dan akan datang lagi untuk membeli produk Anda.

Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pelanggan tetap, produk yang mempunyai kualitas yang baik akan mudah dipilih oleh konsumen, menjaga kualitas produk juga merupakan salah satu faktor penentu berjalannya usaha.

4. Berinovasi dalam menjalankan bisnis

Membuat inovasi yang baru akan menarik pembeli, contohnya membuat kupon yang dapat ditukar ketika sudah terkumpul banyak, atau Anda bisa memberikan potongan harga kepada pelanggan untuk produk tertentu.

bisnis beras1

Cara memasarkan beras

Strategi pemasaran yang tepat akan memudahkan Anda dalam menjalani bisnis, berikut ini merupakan cara-cara untuk memasarkan produk di antaranya:

1. Tempat yang strategis

Permasalahan yang sering muncul dalam setiap bisnis yaitu mengenai tempat yang cocok untuk berjualan. Anda harus menentukan tempat yang cocok untuk usaha Anda.

Misalnya mengapa ibu rumah tangga lebih memilih membeli beras di pasar tradisional?
Tidak lain karena selain untuk membeli beras ia dapat membeli kebutuhan yang lainnya, kemudian karena di pasar memiliki banyak pilihan.

2. Jenis beras dan harga

Siapkan semua jenis beras yang banyak dikonsumsi oleh konsumen, banyaknya variasi dapat memberikan konsumen pilihann sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk harga jual lakukan survei pada toko beras yang ramai di kunjungi pembeli, dalam strategi penentuan harga jual, lakukan penetapan harga yang relatif murah pada beras yang banyak di minati konsumen.

Jenis-jenis beras

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha dagang beras yaitu dengan mengetahui jenis beras dan kualitasnya. Semua jenis beras harus memenuhi ketentuan syarat kualitatif, apa saja syarat yang harus terpenuhi?

1. Bebas dari hama, dalam perdagangan tidak diperbolehkan untuk menjual beras yang ada hamanya, hama dalam hal ini biasanya disebut kutu beras.

2. Beras harus bebas dari bau tengik, dan tidak berbau asam.

3. Tidak dicampur dengan kimia.

Kriteria yang digunakan untuk menentukan antara beras premium dan beras non premium dapat ditentukan dari fisik suatu beras.

Dapat dinilai dari ada atau tidaknya batu atau krikil, masih ada gabah, butir berwarna kuning atau rusak, butir menir dan lain sebaginya.

Berikut adalah kriteria beras premium diantaranya:

1. Memiliki derajat sososh artinya beras tersebut dalam keadaan putih bersih, setelah terkelupas dari gabah beras di kelupas lagi pada bagain lapisan kedua.

2. Kadar air dari beras premium sekitar 14%, maka beras yang kadar airnya diatas itu termasuk dalam jenis beras medium.

3. Beras kepala, yaitu beras yang memiliki ukuran minimal 85% dari beras standar.

4. Beras patah pada beras premium hanya boleh sekitar 5%.

5. Beras premium tidak boleh ada butir merah, butir kuning, butir kapur benda asing dan butir gabah.

Berdasarkan hal tersebut calon pebisnis beras dapat mengetahui standar yang dipergunakan dalam penentuan jenis-jenis beras dengan menggunakan standar yang telah ditetapkan.

bisnis beras2

Bisnis jualan beras

Nasi yang merupakan olahan beras dan jadi makanan pokok setiap orang, kebutuhan bahan pokok beras memang tidak ada habisnya, bahan pokok beras mudah untuk dijual karena semua orang membutuhkannya.
Cara menjalankan bisnis beras yang menguntungkan.

Jika Anda ingin berjualan beras, siapa konsumen yang Anda targetkan? Apabila Anda mengincar konsumen terakhir, maka Anda butuh modal yang lumayan banyak.

Sedangkan jika Anda ingin menjual beras dengan memenuhi kebutuhan penjual lainnya maka prospek kerjanya lebih menguntungkan.

Berjualan beras memang membutuhkan modal yang tidak kecil, keuntungan penjualannya pun tidak terlalu besar, misalnya saja Anda membeli beras dikisaran 8.000 per kg, jika dijual lagi paling mahal 9.000 bahkan 8.500, artinya untung yang didapatkan kurang dari 2.000 per kg nya.

Jika Anda memiliki modal yang lebih, disarankan untuk menjadi agen bisnis beras, dengan menyetok beras, mencari toko-toko yang mau menampung beras Anda.

Berikan penawaran yang menarik, agar konsumen memilih untuk membeli beras Anda. Keuntungannya bisa berkali lipat, tidak hanya per kg saja namun per karung per kwintal bahkan per ton.

Perputaran uang menjadi lebih cepat dari pada menjual langsung ke konsumen terakhir, sistemnya lebih mudah, Anda hanya menyetok kebutuhan warung.

Produknya pun sudah dibayar oleh pihak warung dan tidak perlu melayani pembeli satu persatu. Anda bisa fokus mengembangkan bisnis beras dalam jumlah yang banyak.

Jika Anda ingin berbisnis beras dengan harga yang lumayan sebaiknya cari agen beras yang prospek kerjanya bagus, Anda juga harus memperhatikan ketersediaan beras, kemudian harga dan kualitas yang ditawarkan agen tersebut.

Atau jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah, Anda bisa datang ke salah satu selepan padi dan membeli berasnya langsung dari petani.

Cara terakhir Anda bisa bekerja sama dengan petani, beli hasil panennya, kemudian diselep sendiri, namun cara ini butuh perkiraan dan pengetahuan yang mumpuni.

Mungkin Anda sedikit repot karena harus menyelep padi sendiri, namun Anda bisa memanfaatkan sisa selepan padi yaitu dedak atau bekatul yang bisa Anda jual kepada para peternak.

Untuk bersaing dengan penjual yang lain, Anda perlu memberikan pelayanan terbaik, menyediakan stok dengan lengkap, atau Anda bisa mencoba memberikan pelayanan ekstra dengan mengatar produk sampai ketujuan.

Persaingan bisnis beras sangat ketat, Anda perlu melakukan inovasi baru agar menarik perhatian pembeli hingga konsumen menjadi pelanggan setia.

Seperti penjelasan diatas, berjualan beras membutuhkan modal yang banyak dan untungnya kecil, namun karena beras merupakan kebutuhan pokok beras tetap menjadi pilihan berbisnis yang mengiurkan.

Untuk meningkatkan keuntungan, Anda perlu memperbanyak modal dengan memutarkan modal dengan lebih cepat, agar keuntungan yang minim bisa tertutupi dengan kuantitas penjualan. Tetep berusaha dan kerja keras, maka Anda juga yang akan menikmati hasil usaha Anda.

bisnis beras3

Cara berbisnis beras online

Memanfaatkan sosial media bisa menambah keuntungan dalam berbisnis, berikut cara memasarkan produk beras melalui online:

1. Perhatikan kualitas beras yang akan diperjualbelikan

Di Indonesia banyak sekali varietas beras contohnya beras rojolele, pandan wangi atau ramos, selain itu warna beras dan jenis nya bermacam-macam seperti beras merah, beras putih, beras hitam, ketan hitam dan ketan putih.

Sebaiknya Anda paham betul tentang kualitas produk yang akan dipasarkan.

2. Promosi produk

Lakukan promosi dengan baik, Anda dapat menggunakan media sosial atau media online, pastinya akan membantu Anda dalam memasarkan produk.

Anda juga bisa membuat website, dengan begitu Anda dapat memberikan keterangan secara jelas mengenai produk yang Anda jual.

Semakin detail penjelasan tentang produk Anda, maka konsumen akan semakin tertarik dengan produk yang Anda pasarkan.

Untuk mempermudah penjualan tidak ada salahnya jika Anda menggunakan media sosial. Cara ini tentu lebih cepat dan efisien, karena konsumen dapat melihat produk serta jenis yang Anda jual.

3. Sistem pengiriman barang

Untuk memudahkan pengiriman produk Anda dapat memberikan minimal order tertentu, dengan begitu Anda dapat mengantarkan barang tanpa khawatir mengalami kerugian.

4. Perhatikan harga produk

Harga produk sebaiknya mengikuti harga yang ada dipasaran saat ini, apabila Anda sudah bekerjasama dengan petani secara langsung, maka dapat menekan harga produksi dan harga barang.

Jika sering terjadi perubahan harga, maka lakukan update harga, agar para konsumen tidak kebingungan dan dapat membeli produk tanpa khawatir dengan kenaikan harga.

bisnis beras4

Cara pemasaran bisnis beras organik

Beras organik merupakan beras yang di budidayakan tanpa menggunakan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida.

Salah satu beras yang bisa ditanam secara organik yaitu beras merah, keunggulan beras merah yaitu mengandung vitamin B1, B6 dan B12 yang cukup tinggi, secara umum vitamin B dapat membantu pembentukan energi pada manusia.

Selain itu beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih, berikut ini cara memasarkan beras merah organik:

1. Ketahui target market

Bisnis akan berhasil, apabila Anda paham mengenai target pasar yang Anda tuju, misalnya yang menjadi target terbesar produk beras merah yaitu masyarakat kelas menengah keatas, karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan beras biasa.

2. Ciptakan nama merek yang tepat

Beras organik yang Anda jual harus memiliki merek yang mudah diingat, sebaiknya merek memiliki keterkaitan dengan kesehatan, anda akan lebih mudah menjual karena merek memiliki keterkaitan dengan kesehatan.

Biasanya konsumen tidak segan untuk membeli walaupun harganya tergolong mahal, kareana produk Anda dinilai memiliki manfaatnya dan kegunaan di bidang kesehatan.

3. Gaya komunikasi yang benar

Gaya komunikasi yang dipergunakan dalam pemasaran produk sesuai dengan pola pikir target market, komunikasi harus bersifat edukasi, kesehatan dan mengangkat nilai-nilai pertanian organik dan lingkungan hidup.

Komunikasi yang bersifat edukasi adalah dengan menjelaskan perbedaan beras organik dibandingkan beras biasa. Melalui layanan edukasi pemasaran.

Sebaiknya Anda memiliki layanan khusus untuk menjawab semua pertanyaan beras organik dan sekaligus pusat pemasaran produk dengan layanan delivery.Tulis kontak Anda dalam kemasan produk, agar konsumen dapat melakukan kontak dengan perusahaan Anda.

4. Pameran

Produk beras yang dijual juga dapat Anda perkenalkan memlaui pameran, pilihlah pameran yang sesuai dengan karakter produk, misalnya pameran makanan sehat atau yang berhubungan dengan kesehatan.

Bagikan :