021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

8 Cara Membuat Brand Sendiri agar Sukses dan Berhasil

Cara Membuat Brand Sendiri agar Sukses dan Berhasil

Masih bingung bagaimana cara membuat brand sendiri meskipun anda pemula? Dapatkan tips sukses membuat brand sendiri agar anda berhasil. Brand atau merek menjadi salah satu ciri dari suatu produk.

Apabila saat ini Anda sedang menjalankan bisnis, maka Anda perlu memperhatikan perihal brand yang akan melekat pada produk. Untuk itu, mungkin sebagian dari Anda perlu mencari tahu cara membuat brand sendiri. Agar produk yang Anda pasarkan memiliki ciri khas tersendiri.

Melalui brand, perusahaan dapat membentuk identitas produknya, sehingga lebih mudah dikenali oleh calon konsumen. Dalam menciptakan sebuah brand, Anda memang bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Namun ketika melibatkan konsultan, maka Anda juga harus menyiapkan budget lebih.

Apabila saat ini Anda baru mau memulai bisnis, dan belum memiliki budget yang cukup untuk membayar konsultan, maka Anda bisa membuat brand sendiri. Berikut beberapa cara membuat brand sendiri, untuk para pebisnis pemula.

Cara Membuat Brand Sendiri Bagi Pebisnis Pemula

Cara Membuat Brand Sendiri Bagi Pebisnis Pemula

Kami memahami bahwa sebagian dari Anda mungkin ada yang mulai merintis karir di dunia bisnis, tetapi dengan modal yang pas-pasan. Sehingga modal tersebut hanya cukup Anda gunakan untuk kepentingan pokok saja. Seperti membeli pasokan produk, menyewa tempat untuk berjualan, membayar upah karyawan, dan lain-lain.

Untuk memaksimalkan penggunaan modal usaha, sebaiknya memang Anda mencari tahu cara membuat brand sendiri. Karena modal untuk membuat brand sendiri relatif lebih murah apabila Anda bandingkan dengan menggunakan jasa konsultan.

Lalu pertanyaanya, bagaimana cara membuat brand? Berikut kami bagikan tips bagi Anda cara membuat brand sendiri:

1. Mulai dengan Riset Pasar

Cara membuat brand sendiri bisa Anda awali dengan melakukan riset pasar. Tujuan dari riset pasar adalah agar Anda mengenal lebih dalam seputar hal-hal yang berkaitan dengan produk yang akan Anda jual.

Misalnya, Anda melakukan riset seputar target pasar. Sehingga Anda akan mengetahui, apakah produk yang Anda jual cocok untuk kalangan muda atau generasi yang lebih dewasa.
Anda juga bisa melakukan riset kompetitor.

Mengenal kompetitor akan membuat Anda mengetahui celah untuk tampil beda dibandingkan dengan produk kompetitor. Karena tujuan utama dari membuat brand sendiri adalah agar produk Anda memiliki identitas. Sehingga dapat berbeda dengan produk kompetitor.

2. Tentukan Target Pasar

Hasil riset yang sudah Anda kantongi kemudian dapat membantu Anda dalam menentukan target pasar. Menentukan target pasar dapat menjadi salah satu tips membuat brand sendiri.

Karena idealnya, brand yang Anda buat harus merepresentasikan target pasar. misalnya Anda ingin membuat brand fashion sendiri, lalu target pasar Anda adalah laki-laki usia muda. Maka brand yang Anda buat pun harus menunjukan sisi maskulinitas, dan kekinian.

Misalnya, dengan pemilihan warna-warna gelap pada logo yang Anda buat untuk brand.
Membuat logo sesuai target pasar juga akan lebih memudahkan orang untuk mengenal produk Anda.

Ketika melihat logo dengan konsep yang memperlihatkan sisi maskulinitas, maka orang akan paham bahwa produk yang Anda jual diperuntukan bagi laki-laki.

3. Buat Konsep Brand secara Matang

Selanjutnya cara membuat brand sendiri adalah dengan membuat konsep brand secara matang. Membuat brand dengan konsep yang matang akan membuat brand produk Anda “bercerita”.

Jadi, nama ataupun logo yang Anda buat tidak hanya sekadar nama atau logo saja, tetapi juga memuat cerita yang berkaitan dengan produk.

Pada brand produk Anda dapat menceritakan seputar sejarah dari produk yang Anda jual. Atau Anda juga dapat bercerita seputar budaya yang memang berkaitan dengan produk.

Cerita yang Anda sajikan dalam brand akan membuat konsumen semakin dekat dan mengenal produk Anda. Sehingga produk Anda pun akan semakin mudah diingat.

Dengan membuat konsep brand yang matang juga akan memudahkan Anda untuk menemukan nama, logo, hingga warna yang paling cocok untuk produk yang Anda jual.

4. Buat Nama Produk yang Mudah Diingat

Apabila Anda ingin membuat brand sendiri, maka pemilihan nama brand menjadi poin penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan konsumen akan mudah mengingat nama brand yang Anda buat.

Harapannya, dengan membuat nama brand yang mudah diingat adalah agar brand produk Anda menjadi top of mind pada benak konsumen. Jadi, ketika konsumen akan membeli jenis produk yang Anda jual, maka mereka akan otomatis teringat pada brand produk Anda.

Tips cara membuat brand sendiri mengenai nama produk adalah, buatlah nama produk yang unik atau nyeleneh. Hal-hal yang unik biasanya akan membuat orang merasa penasaran, sehingga mereka akan mencari tahu lebih lanjut seputar produk Anda.

5. Buat Logo Semenarik Mungkin

Logo menjadi komponen yang penting dalam sebuah brand. Untuk itu pastikan Anda membuat logo yang menarik, sehingga mudah untuk teringat dalam benak konsumen.

Apabila Anda tidak mempunya skill yang mumpuni dalam membuat desain visual, maka tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya logo itu tidak selalui harus artistic. Anda bisa membuat logo yang simple.

Yang terpenting adalah logo tersebut dapat menarik perhatian konsumen.
Dalam membuat logo brand, Anda bisa mulai dengan belajar melalui video-video tutorial.  Misalnya dengan keyword “cara membuat logo brand di photoshop”

Logo yang Anda buat, benar-benar harus Anda konsep secara matang. Agar Anda dapat secara konsisten menggunakan logo tersebut dalam jangka waktu yang panjang.
Karena sebaiknya Anda tidak sering mengubah-ubah logo.

Apabila logo dari brand Anda berubah-ubah, maka pada akhirnya brand produk Anda tidak akan memiliki identitas yang tetap. Konsumen pun akan kesulitan untuk mengenali brand produk Anda.

6. Pilih Font dan Warna yang Tepat

Cara membuat brand sendiri juga bisa Anda maksimalkan dengan memilih font serta warna yang tepat. Untuk pemilihan font, sebaiknya Anda memilih font yang mudah terbaca. Karena apabila tidak, konsumen akan kesulitan mengenali brand produk Anda.

Selanjutnya untuk pemilihan warna, Anda bisa sesuaikan dengan karakteristik produk yang Anda jual. Atau Anda juga bisa sesuaikan dengan karakteristik target pasar dari produk yang Anda jual.

Misalnya, Anda akan membuat brand hijab sendiri dengan target pasarnya adalah anak-anak. Maka idealnya warna dari brand produk Anda adalah warna-warna yang cerah. Sesuai dengan karakteristik anak-anak yang terkesan ceria, dan periang.

Atau Anda kan membuat brand baju sendiri, dengan target pasar orang-orang dewasa. Maka sebaiknya pilih warna-warna pastel atau netral. Karena warna-warna tersebut dapat merepresentasikan karakter yang tenang, dan dewasa.

7. Buat Slogan yang Singkat

Cara membuat brand sendiri dengan menyiapkan slogan. Slogan untuk sebuah brand sebaiknya tidak perlu terlalu panjang. Bahkan slogan dapat hanya berupa kata saja. Kalaupun Anda ingin membuat dalam bentuk kalimat, maka pastikan kalimat tersebut tidak terlalu panjang.

Mengapa demikian? Karena slogan dengan kalimat yang terlalu panjang akan membuat konsumen kesulitan untuk menghafalnya. Sehingga slogan tersebut tidak efektif.

Slogan yang efektif adalah ketika konsumen mendengar ataupun membacanya, maka mereka akan langsung teringat pada brand produk yang Anda jual. Artinya adalah slogan tersebut sudah melekat di benak konsumen.

Jadi, pastikan Anda membuat slogan yang efektif agar brand produk Anda dapat mudah diingat oleh konsumen.

8. Lakukan Branding secara Konsisten

Pada dasarnya, cara membuat brand sendiri tidak hanya berhenti ketika brand tersebut sudah selesai Anda buat. Tetapi Anda harus melanjutkannya dengan dengan melakukan branding.

Apa itu branding? Branding adalah aktivitas atau program yang Anda lakukan untuk membedakan produk dari produk-produk pesaing. Fungsi dari branding adalah untuk memperkuat brand yang telah Anda buat.

Bagaimana? Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah semakin meyakini bahwa ternyata cara membuat brand sendiri itu tidak terlalu sulit. Karena Anda pun bisa membuatnya sendiri.

Lalu apa saja keuntungan dari mengetahui cara membuat brand sendiri?

Keuntungan Mengetahui Cara Membuat Brand Sendiri

Keuntungan Mengetahui Cara Membuat Brand Sendiri

Mengetahui cara membuat brand sendiri tentu memberikan Anda keuntungan, beberapa diantaranya adalah:

1. Dapat Memangkas Biaya

Seperti yang sudah kami ulas di atas, bahwa dengan mengetahui cara membuat brand sendiri maka Anda tidak perlu lagi membayar konsultan untuk membuat sebuah brand.
Sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk biaya pembuatan sebuah brand.

2. Brand dapat Anda Kreasikan Sesuai Kebutuhan

Keuntungan lainnya dari mengetahui cara membuat brand sendiri adalah Anda dapat berkreasi. Maksud berkreasi disini adalah, Anda dapat memilih berbagai komponen yang ada pada brand sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda.

Misalnya, Anda bisa memilih sendiri logo seperti apa yang paling cocok menggambarkan produk Anda. Atau warna apa saja yang sebaiknya Anda gunakan dalam brand tersebut. Hingga pemilihan slogan yang dapat Anda buat dan kreasikan sendiri. Jadi, selera personal Anda dapat tersalurkan melalui brand yang Anda buat sendiri.

3. Mendorong Anda untuk Lebih Kreatif

Setelah mengetahui ternyata cara membuat brand sendiri. Kemudian Anda akan mulai berpikir desain logo seperti apa yang paling menarik, warna apa saja yang sebaiknya Anda pilih, nama brand apa yang unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Hal-hal tersebut akan membuat bahkan memaksa Anda untuk berpikir kreatif. Karena kami meyakini, bahwa setiap dari Anda pasti menginginkan hasil yang maksimal. kreatifitas yang tinggi akan membuat brand yang anda buat menjadi maksimal.

4. Membuat Anda Lebih Terikat dengan Brand

Melalui tutorial cara membuat brand sendiri, akan membuat Anda merasa lebih terikat secara emosional dengan brand produk yang Anda ciptakan. Karena Anda memahami betul bagaimana proses dalam membuat brand tersebut. Step by step dari awal hingga akhir.

Apabila menggunakan jasa konsultan, maka Anda akan terima jadi. Anda tidak merasakan secara langsung bagaimana proses dari awal hingga brand tersebut jadi.

5. Sebagai Bekal Anda Dalam Berbisnis

Mengetahui cara membuat brand sendiri dapat menjadi bekal yang berharga bagi Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Terlebih lagi apabila beberapa tahun kedepan Anda berencana membuat bisnis baru, maka Anda sudah familiar bagaimana cara membuat brand sendiri. Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membuat brand sendiri. Jadi, apakah Anda sudah bersiap memiliki brand sendiri? Yuk buat sekarang juga!

Segera lindungi merek anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.