021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Cara Bisnis Aqiqah agar Cepat Sukses

Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam menjadi peluang berkembangnya bisnis aqiqah. Ikuti cara bisnis aqiqah dibawah ini agar cepat untung.

Indonesia terkenal akan masyarakatnya yang mayoritas beragama islam. Peluang usaha yang sejalan dengan syariat Islam tumbuh berkembang pesat. Misalnya saja bisnis aqiqah yang tak hanya bisa Anda temui di daerah pedesaan namun juga perkotaan.

Bisnis aqiqah merupakan peluang usaha menyediakan hewan qurban untuk perayaan hari ketujuh bayi terlahir ke dunia. Bisnis aqiqah ini juga erat kaitannya dengan catering.

Cara Sukses Membuka Bisnis Aqiqah

Cara Sukses Membuka Bisnis Aqiqah

Selain menyediakan hewan ternak untuk kelahiran biasanya juga memenuhi kebutuhan hewan qurban pada Idul Adha. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membuka bisnis aqiqah tapi bingung mulai darimana maka simak dulu caranya sebagai berikut :

1. Niat & Kuasai Ilmunya

Dalam memulai bisnis aqiqah mulailah dengan tekat dan niat yang kuat. Anda konsisten dalam menjalankan bisnis aqiqah meskipun banyak rintangan yang perlu Anda hadapi.

Bisnis aqiqah tak jarang sebelum mulai dijalankan sudah menemui kendala. Hambatan ini biasanya membuat pelaku bisnis goyah sebelum memulai. Kukuhkan tekad terlebih dulu dan kuasai ilmu terkait aqiqah.

Sebagai pelaku usaha tentunya Anda harus paham betul terkait apa itu aqiqah. Bagaimana aturan hewan qurban yang boleh digunakan untuk aqiqah. Apa saja ketentuan yang perlu Anda hindari saat aqiqah menurut ajaran Islam.

Hewan korban untuk anak perempuan satu ekor kambing sementara anak laki-laki dua ekor kambing. Tata penyembelihan juga harus memenuhi syariat Islam.

Wawasan seputar aqiqah ini perlu Anda kuasai sebelum memutuskan untuk membuka bisnis aqiqah. Jika belum berpengalaman maka konsultasikan dulu pada teman atau mereka yang sudah membuka bisnis ini.

Dari konsultasi ini Anda dapat mengetahui kendala apa saja yang perlu diantisipasi. Selain itu bagaimana solusi dalam memecahkan masalah tersebut juga bisa Anda dapatkan dari pelaku usaha aqiqah yang sudah berpengalaman.

2. Perhitungkan Modal Usaha

Untuk mencegah bisnis aqiqah merugi maka perhitungkan modal bisnis ini sedini mungkin. Perhitungan bisnis aqiqah juga meliputi biaya pengiriman hewan qurban ke pelanggan.

Hitung pula biaya karyawan, pakan hewan dan perawatannya. Dalam bisnis aqiqah membutuhkan modal yang cukup besar. Contohnya saja harga kambing sendiri sekitar Rp1.000.000 – Rp3.000.000 per ekornya.

Bayangkan bila ada yang memesan hingga 10 ekor saja. Anda perlu mengeluarkan modal paling sedikit Rp10.000.000. Belum lagi ongkos tenaga penyembelih hingga biaya angkut hewan.

Selain itu Anda juga harus menyediakan dana perawatan hewan. Hewan yang boleh untuk aqiqah harus dalam keadaan sehat serta tidak memiliki cacat tubuh. Berat minimal kambing harus 16 kilogram dan berusia 6 bulan.

Dalam menjaga kondisi kambing prima biasanya perlu vitamin agar hewan tidak mudah sakit. Makanan hewan harus tersedia setiap hari sehingga kambing sehat dan kayak potong hingga hari H.

3. Jalin Kerjasama

Jika ingin memangkas modal bisnis aqiqah, ada baiknya jalin kerjasama dengan peternak kambing. Keunggulan dari kerjasama ini adalah menjaga pasokan kambing selalu ada setiap saat.

Ketika ada pesanan hewan qurban dalam jumlah banyak Anda tak perlu khawatir memenuhi permintaan tersebut. Pilih peternak kambing yang amanah dan bertanggung jawab.

Anda dapat meminta rekomendasi dari orang terdekat maupun survey langsung ke pasar hewan. Dengan melihat hewan kambing yang dijualnya maka Anda bisa mengetahui bagaimana peternak tersebut merawat dagangannya.

Selain itu dengan adanya kerjasama ini Anda bisa mendapatkan harga khusus. Peternak dapat memberikan harga lebih rendah ketimbang harga jual yang biasanya ia tawarkan.

Anda dapat bekerja sama dengan lebih dari satu peternak. Asal tidak berada di lokasi yang sama agar mengurangi persaingan tidak sehat atau kecemburuan. Pilih peternak yang jujur sehingga Anda terhindar dari perilaku curang.

4. Tentukan Lokasi Usaha

Dalam bisnis plan aqiqah jangan lupa untuk menentukan lokasi usaha. Hewan yang telah Anda beli dari peternak perlu lahan untuk memasarkannya. Lokasi usaha ini sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis aqiqah.

Tak sedikit bisnis aqiqah tidak berkembang karena kesalahan dalam menentukan lokasi usaha. Kriteria lokasi yang bagus untuk bisnis aqiqah ialah di pinggir jalan yang ramai.

Pastikan lahannya cukup luas dan bisa menempatkan sampel hewan. Lokasi tempat usaha tidak jauh dengan padang rumput sehingga mudah mencari pakan untuk kambing.

Meskipun dekat dengan jalan ramai namun lahan hewan harus lumayan luas. Area memiliki pagar untuk mencegah hewan berlarian hingga ke jalan. Sebaiknya lokasi usaha juga jauh dari pemukiman.

Tujuannya tidak mengganggu warga akan suara maupun menimbulkan bau di area padat penduduk. Lokasi merupakan tempat yang teduh dan memiliki saluran sanitasi yang baik. Anda mudah mencari sumber air untuk hewan ternak.

5. Variasi Menu

Bisnis aqiqah sering digabungkan dengan catering. Tak jarang pelanggan ingin menerima hasil bersih untuk aqiqah. Misalnya daging yang dikurbankan sudah langsung pelanggan terima dalam bentuk menu makanan.

Dengan begitu pelanggan tidak perlu mengolah kambing di rumah ketika acara. Anda perlu kreatif dalam menetapkan menu olahan daging kambing sehingga konsumen tertarik membeli.

Anda bisa menyediakan menu sate atau gulai kambing, semur maupun tongseng kambing bahkan kambing guling. Menu makanan ini dapat Anda kemas dalam nasi kotak lengkap dengan nasi.

Pelanggan bisa bebas memutuskan langsung memilih hewan ternaknya lalu meminta mengolah ke menu di atas atau langsung memesan menjadi makanan jadi. Asalkan syarat aqiqah yang ada telah terpenuhi dengan baik.

Bisnis aqiqah sering digabungkan dengan catering

6. Sediakan Harga Paket

Berikan konsumen banyak pilihan paket. Selain catering Anda juga dapat menggabungkannya dengan bisnis dekorasi aqiqah. Tiap paket aqiqah memiliki harga yang bervariasi dan kompetitif.

Anda bisa bedakan dari ukuran kambing yang pelanggan pesan. Misalnya saja paket Rp1.000.000 untuk satu ekor kambing yang sudah diolah menjadi 250 tusuk sate dan 50 porsi gulai kambing.

Ada pula paket Rp3.000.000 untuk 700 tusuk sate dengan 100 porsi gulai kambing. Harga ini sudah termasuk layanan antar dan dekorasi aqiqah sederhana. Dekorasinya bisa berupa menyediakan banner untuk nama anak.

Layanan antar gratis bisa Anda berikan untuk pelanggan yang domisilinya tak jauh dari lokasimu. Bila ada konsumen yang ingin memesan nasi kotak maka harga di luar paket di atas.

Harga nasi kotak bisa Anda banderol sekitar Rp15.000 per kotaknya. Harga ini sudah memuat daging olahan, kerupuk, nasi, dan buah. Paket seperti di atas sudah membuat pelanggan tertarik untuk menyewa jasa Anda.

7. Rekrut Karyawan

Cara bisnis aqiqah agar sukses perlu mempertimbangkan kualitas sumber daya manusianya. Bisnis aqiqah dapat berjalan dengan baik dari sigap dan cekatannya karyawan di lapangan.

Karyawan lapangan ini juga yang bertugas melayani pelanggan. Selain memiliki wawasan terkait produk yang Anda tawarkan harus pula memiliki sopan santun. Karyawan disiplin serta bertanggung jawab atas pekerjaannya.

Anda tidak mungkin melakukan segala hal sendiri sehingga adanya karyawan memudahkan bisnis yang dijalankan. Selain karyawan lapangan sediakan pula tenaga kerja di kantor.

Ia bisa membantu mengurus keperluan operasional kantor. Misalnya saja mengawasi dan memantau pesanan sampai ke pelanggan. Selain itu melakukan hal teknis lainnya seperti negosiasi dengan peternak kambing untuk memenuhi pasokan.

8. Responsif

Dalam menjalankan bisnis ini Anda perlu responsif begitu pula karyawan. Biasanya pelanggan akan mengajukan pertanyaan sebelum membeli. Pertanyaan seperti hewan qurban berkualitas dan harga lumrah diajukan.

Anda harus responsif terhadap pertanyaan pelanggan. Tidak hanya ketika di lapangan namun juga menjawab pertanyaan konsumen lewat chat atau telepon. Berikan informasi secara jelas dan detail begitu pula terkait lokasi untuk melihat sampel hewan.

Apabila memutuskan janji temu maka datang tepat waktu. Anda juga memantau bagaimana proses pengolahan daging pesanan agar kualitas makanan terjaga.

9. Beri Layanan Konsultasi

Untuk meningkatkan layanan berikan konsultasi gratis untuk pelanggan. Anda bisa memberikan saran paket apa yang bisa pelanggan ambil sesuai dengan budget yang ia sediakan.

Layanan ini bersifat gratis dan tersedia dalam bentuk chat atau telepon. Tetapkan waktu konsultasi agar calon konsumen bisa langsung tertangani. Anda dapat memberikan informasi terkait fasilitas yang tersedia.

Misalnya saja layanan antar hewan qurban atau diskon tertentu bagi pemesanan nasi kotak dalam jumlah besar. Gunakan teknologi untuk menunjang bisnis Anda seperti adanya website yang bisa konsumen akses.

Platform ini menyediakan virtual chat serta menampilkan hewan sampel korban. Ada pula kotak pemesanan dalam website untuk memudahkan konsumen memesan layanan secara mandiri.

10. Strategi Promosi

Terakhir gunakan strategi promosi yang maksimal agar bisnis Anda segera dikenali. Anda bisa menggunakan media sosial yang ramai digunakan saat ini. Buat akun khusus untuk informasi harga kambing dan paket aqiqah lainnya.

Jangan hanya memposting seputar dagangan saja namun sesekali perlu memposting hal terkait aqiqah. Tujuannya agar follower tidak bosan sekaligus mengedukasi calon pelanggan.

Pemasaran usaha dapat pula melalui pembagian buku doa yang Anda selipkan pada box nasi kotak. Ini dapat membantu menjaring calon konsumen baru kedepannya. Calon pelanggan yang merasa tertarik dapat langsung menghubungi dari kontak yang ada pada box nasi.

Pada dasarnya dalam menjalankan usaha aqiqah perlu ketelatenan dan tekad yang kuat. Rekrut pula tenaga ahli di bidangnya seperti tenaga pemotong dan pengolah daging.

Jangan lupa untuk menjalin kerjasama dengan institusi seperti rumah sakit bersalin. Cara ini cukup efektif menaikan penjualan serta tawarkan variasi paket layananmu. Lokasi usaha yang strategis turut mempengaruhi penjualan hewan.

Bisnis aqiqah juga butuh wawasan terkait aqiqah itu sendiri. Anda pun perlu memahami bagaimana pengolahan daging dan teknik penyembelihan. Selain itu juga hewan seperti apa yang boleh untuk aqiqah.

Bagikan :
There are currently no comments.