021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

50+ Nama Mainan Jadul Hingga Modern yang Edukatif

Penjelasan mengenai nama mainan anak yang terpopuler dan terbaik. Berikut daftar mainan yang ada di Indonesia. Juga dapat bermanfaat bagi anak-anak.

nama mainan dari kertas

Mainan jadul 80an

Jaman dulu banyak mainan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Mainan-mainan jadul ini juga sempat menjadi primadona di kalangan anak-anak sekolah pada tahun 80-an. Berikut ini daftar nama mainan jadul tahun 80-an.

1. Ular tangga

Salah satu mainan jadul yang pasti dijajakan oleh penjual mainan di depan sekolah ini biasanya dapat dimainkan oleh beberapa orang.

Cara memainkannya yaitu dengan melemparkan dadu, setelah tahu angkanya, pemain maju ke poin yang didapatkan sesuai angka dadu. Selanjutnya bergantian dengan lawan sampai finish di angka 100.

Jika berhenti di poin yang terdapat ekor ular, maka harus menuruni ular dan kembali ke kotak sebelumnya sampai ke ujung gambar kepala ular. Tapi jika berhenti di gambar tangga, maka keuntungannya bisa naik poin sampai di ujung tangga.

2. Kelereng

Mainan satu ini menjadi mainan legendaris dan banyak dikoleksi pada tahun 80 hingga 90-an. Permainannya cukup seru dan mengasyikkan, karena jika kalah biasanya kelereng akan diserahkan kepada lawan yang menang.

3. Congklak

Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak perempuan. Biasanya dimainkan dua orang dengan cara bergantian atau giliran. Orang tua bisanya menyarankan anak bermain congklak agar melatih anak untuk belajar menabung.

4. Yoyo kayu

Mainan yang hits pada masanya ini memang mengasyikkan dan banyak dijumpai ketika ada penjual mainan di sekitar sekolahan. Dulu mainan ini terbuat dari kayu namun sekarang banyak penjual yang menjual yoyo dari bahan plastik, karena lebih ringan.

Untuk memainkannya memang cukup sulit, namun jika sudah berlatih akan sangat menyenangkan. Cara mainnya, tali digulung dan pegang yoyo kemudian ayun sambil lepaskan yoyo agar bergerak ke bawah dan ke atas kemudian tangkap.

5. Balon tiup

Sesuai dengan namanya, balon ini dibuat dengan cara ditiup. Caranya mudah, tempelkan gel balon pada sedotan kecil (sudah satu paket dengan gelnya), kemudian tiup hingga gel berubah jadi balon.

Biasanya anak-anak dulu membuat balon ini dengan ukuran besar dan diletuskan sambil ditempelkan pada wajah sehingga sangat menghibur dan lucu. Itulah mainan era 80-an yang seru dan mengasyikkan.

nama mainan anak tk

Jual mainan jaman dulu

Beberapa mainan jadul masih banyak dijual dan mudah ditemukan di lapak online. Berikut ini beberapa daftar nama mainan jaman dulu yang masih dijual di toko online antara lain:

Balon tiup sedotan.

Tamagotchi.

Lego jaman dulu.

Game air.

Ular tangga.

Timbangan pasar.

Gambot (game board).

Parasut plastik

Ketapel kayu.

Congklak (dakon).

Itulah beberapa nama mainan yang masih bisa ditemukan di online shop.

nama mainan gigitan bayi

Mainan anak jaman dulu

Berikut daftar nama mainan jadul yang dimainkan anak-anak sekitar tahun 90-an dan mungkin sudah mulai terlupakan.

1. Kapal othok-othok

Mainan kapal-kapalan ini terbuat dari bahan seng yang dapat bergerak di air dengan bunyi khasnya. Bentuk kapal menyerupai kapal sungguhan dengan nahkoda lengkap dengan bendera merah putih.

Cara memainkannya mudah, Anda tinggal meletakkan kapal pada ember yang berisi air lalu isi tangki kapal dengan minyak tanah, kemudian nyalakan sumbu dan kapal akan bergerak dengan sendirinya.

2. Bola bekel

Permainan ini biasanya lebih sering dimainkan oleh anak perempuan. Untuk memainkannya biasanya menggunakan benda yang dapat dibolak balik seperti cangkang kerang atau kuwuk.

Cara mainnya cukup mudah, pantulkan bola ambil kerang atau balik cangkang kerang dan tangkap bola lagi. Jika bola mantul di lantai lebih dari satu kali, maka pemain dinyatakan kalah dan giliran lawan untuk bermain.

3. Layangan

Permainan satu ini sangat mengasyikkan. Untuk menerbangkannya ke udara, biasanya pemain meminta bantuan teman untuk memegang layangan, kemudian pemain layangan lari hingga layangan terbang di udara.

Hal seru lainnya yaitu ketika ada layangan yang terputus, pasti anak-anak akan mengejar layangan sampai ketemu. Itulah beberapa mainan jadul yang sudah mulai tersingkirkan dengan mainan sekarang.

nama mainan tradisional

Mainan tahun 2000an

1. Kertas binder

Anak-anak era 2000-an yang masih duduk di bangku SD banyak yang mengoleksi kertas binder.
Biasanya mereka akan menukarkan kertas bindernya kepada teman lain, dengan maksud agar kertas yang dimiliki banyak dan bervariasi.

2. Bongkar pasang boneka kertas

Permainan ini menjadi salah satu mainan favorit anak perempuan di tahun 2000-an. Biasanya dapat dibeli dengan harga 500 perak per lembarnya. Terdiri dari model boneka, baju hingga aksesorisnya.

3. Kartu bergambar atau wayang

Permainan ini cukup hits pada masanya. Untuk memainkannya terlebih dahulu kartu dikocok dan dibagikan sama rata dengan pemain lainnya.

Kartu ini biasanya terdapat nomor pada bagian depan. Jika jumlah angka yang didapat lebih besar dari lawan maka ia pemenangnya.

nama mainan emoji

Mainan anak tahun 70 an

Permainan zaman dulu memang banyak ragamnya. Selain murah anak-anak juga dapat main sepuasnya bersama teman-teman.

Namun seiring perkembangan zaman dan maraknya penggunaan gadget, mainan jadul pun sudah mulai dilupakan. Berikut ini contoh nama-nama mainan jadul yang populer di tahun 70-an.

1. Lompat karet

Permainan satu ini biasanya dilakukan ramai-ramai. Anak-anak jaman dulu akan memainkannya di jam istirahat atau sesudah pulang sekolah di halaman atau lapangan yang luas.

Untuk memainkannya, beberapa pemain melakukan suit. Dua orang yang kalah akan jaga karet dengan cara membentangkannya, dari tinggi tali hanya selutut hingga setinggi kepala.

Jika pemain tidak bisa melewati tali karet dengan baik maka ia akan menggantikan penjaga karet sebelumnya.

2. Lego jadul

Cara mainnya hampir sama dengan lego sekarang ini. Perbedaannya hanya pada ukuran dan bentuknya. Mainan lego jadul ini juga bisa dibentuk menjadi berbagai mainan yang diinginkan misalnya pesawat, menara, robot, pistol dan lainnya.

3. Kipas warna

Mainan ini terbuat dari kertas yang diberi warna. Kertas tersebut dibuat dengan potongan yang detail dan rapi sehingga akan berbentuk bulat dan bervolume.

Kipas kertas warna ini juga dapat dilipat dan disimpan agar bentuknya tidak cepat rusak. Kipas warna biasanya dimainkan saat bersepeda atau dibawa dengan berlarian.

4. Ketapel

Mainan tradisional ini fungsinya hampir sama dengan busur panah, sama-sama membidik sasaran dari jarak jauh. Ketapel terbuat dari ranting pohon kecil bercabang dua seperti huruf Y.

Pada kedua ujungnya diberi karet pentil dan pada ujung karet diberi potongan kulit sebagai tempat untuk meletakkan batu atau kerikil.

Untuk memainkannya, letakkan kerikil pada bagian tengah. Tarik ketapel kemudian bidik sasaran dan lepaskan.

Semakin kuat tarikan karetnya maka semakin jauh lontaran kerikilnya. Itulah mainan klasik yang sempat hits pada masanya.

nama mainan yang disusun

10 nama mainan

Beragam permainan tradisional kini telah tergantikan dengan mainan modern. Pilihan mainan juga semakin beragam. Sebagai orang tua sebaiknya mengenalkan anak dengan berbagai permainan tradisional agar menambah wawasan.

Selain itu mengenalkan anak dengan mainan modern juga bisa dilakukan tetapi dengan memilih mainan yang tepat untuk anak-anak. Berikut ini 10 contoh nama mainan anak zaman modern.

1. Fidget spinner

Mainan modern ini banyak diminati banyak orang. Memiliki bentuk 3 roda dan biasanya terdapat lampu LED. Cara memainkannya cukup dipegang dengan 2 jari pada bagian tengah, lalu putar dengan jari tengah.

Mainan ini ternyata memiliki manfaat untuk orang-orang yang mengalami kegelisahan, kecemasan dan untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

Mainan ini juga dirancang untuk membantu orang yang mengalami gangguan psikologi dan sulit fokus serta diklaim dapat meningkatkan konsentrasi.

2. Pasir kinetik

Salah satu mainan edukatif ini sangat aman dimainkan. Mainan ini sudah banyak ditemukan di mall atau pusat perbelanjaan dan toko online. Pasir tersebut memiliki tekstur yang lembut dan mudah dibentuk.

Anak-anak dapat berkreasi dengan bentuk yang mereka inginkan mulai dari istana hingga binatang.

Dalam satu set pasir kinetik biasanya terdapat cetakan dengan bentuk beraneka ragam, sendok pasir dan beberapa pilihan warna pasir.

Mainan ini juga tidak mudah kering, tidak beracun, anti bakteri sehingga aman dan cocok untuk mengasah kreativitas anak.

3. Pie face

Mainan satu ini juga tidak kalah seru, mainan ini dapat dimainkan semua kalangan baik bersama teman maupun keluarga. Cara memainkannya cukup menuangkan krim atau mentega di atas tangan pada alat main.

Kemudian putar handle dan spiner, letakkan alat di depan wajah. Jika tidak mengenai wajah maka pemain aman dan mendapatkan poin.

4. Slime

Mainan populer ini terbuat dari lem, campuran sabun, lotion dan slime activator. Slime memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan tidak lengket.

Biasanya dimainkan untuk mengurangi rasa stres karena dapat ditarik, dikepal dan dapat dibentuk sesuai yang diinginkan.

5. Fidget cube

Mainan ini terdiri dari 6 sisi dan setiap sisinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada bagian yang dapat dipencet, ada yang dapat diputar dan ada pula bagian yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi stres.

Fidget cube cocok untuk penderita gangguan otak, gelisah dan sulit fokus. Produsen mainan ini mengklaim bahwa mainan tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

6. Squishy

Mainan ini sangat populer karena memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Terbuat dari bahan spons kenyal dan lembut yang dapat diremas-remas sehingga dapat membantu menghilangkan stres.

Bentuknya berupa karakter beraneka ragam yang menggemaskan dan lucu sehingga tak jarang banyak yang mengoleksi mainan ini.

7. Stress ball

Seperti namanya, mainan ini memang difungsikan untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres, rasa cemas dan gelisah. Tidak hanya berbentuk bola, mainan ini juga biasanya dijual dalam bentuk persegi atau bentuk lainnya.

Mainan dapat berubah bentuk setelah dipencet-pencet sebagai sarana perangsang saraf dan pengalih perhatian.

8. Penny board

Sama seperti mainan skateboard, mainan ini memiliki roda pada bagian depan dan belakang, bedanya hanya pada bahannya saja.

Penny board terbuat dari bahan plastik yang kuat, sehingga aman untuk dimainkan. Rodanya pun dapat menyala dan papannya memiliki warna-warna yang menarik dan keren.

9. Teepee tent

Mainan ini bentuknya sama dengan tenda yang tersedia dalam berbagai pilihan warna, motif dan ukuran. Mainan ini juga mudah dibongkar pasang dengan tiang kayu yang kuat.

Selain dapat digunakan untuk bermain anak-anak, teepee tent juga dapat dijadikan sebagai dekorasi kamar anak yang bagus dan lucu.

10. Sepatu roda

Mainan yang kembali populer ini selain dapat digunakan untuk bermain, dapat pula digunakan untuk berolahraga dan melatih keseimbangan tubuh.

Terbuat dari bahan alumuniam dan karet PVC yang aman. Manfaat lainnya dapat membantu anak agar lebih aktif di luar ruangan. Itulah contoh mainan modern yang dapat Anda jadikan referensi.

nama mainan jadul

Kolektor mainan jadul

Pada zaman dulu mainan sudah banyak pilihannya dan setiap anak pasti memiliki mainan lebih dari satu. Namun seiring perkembangan zaman, mainan terus berkembang sehingga mainan jadul mulai tersingkirkan.

Mainan yang telah lama terbuang atau masih tersimpan di gudang mungkin akan diburu oleh kolektor bahkan dibeli dengan harga yang fantastis. Berikut ini daftar nama mainan jadul yang masih laku dijual.

1. Kartu pokemon

Sekarang ini sudah ada game kekinian pokemon go. Walaupun begitu mainan kartu pokeman jadul masih tetap diburu oleh para kolektor, terutama kartu pokemon yang memiliki nama the pikachu illustrator.

Harga satu kartu bisa mencapai 75 hingga 700 juta. Harganya mahal karena kartu ini dibuat pada tahun 1998 dan hanya tersedia 10 saja di seluruh dunia.

2. Kotak sereal edisi spiderman

Gambar spidermen di belakang kotak sereal ini disebut dengan kellog’s limited edition spider-man cerealbox.

Kotak tersebut diproduksi pada tahun 1995 dan bisa disulap menjadi mainan anak-anak. Satu gambar kotak sereal saat ini sudah mencapai harga 200 juta.

3. Darth vader lego

Mainan yang banyak digemari semua kalangan ini memiliki satu edisi yang di dalamnya terdapat lego mahal dan paling diburu oleh para kolektor mainan.

Nama lego tersebut yaitu darth vader lego edisi star wars. Lego langka ini memiliki harga yang fantastis yaitu sekitar 130 juta.

4. Game boy original

Mainan ini sangat booming di tahun 80 hinggan 90-an. Pertama kali dikeluarkan pada tahun 1989 dan menjadi mainan terpopuler pada saat itu. Mainan ini adalah gabungan antara game console NE dengan handheld game & watch tahun 80-an.

Kolektor mainan jadul akan memberikan harga yang cukup mahal yaitu sebesar 20 juta rupiah. Itulah beberapa mainan jadul yang diburu kolektor dengan harga fantastis.

mainan modern

Mainan dari kertas

Berikut ini daftar nama mainan yang terbuat dari kertas.

1. Pesawat luar angkasa

Cara membuat mainan pesawat ini cukup mudah, yaitu hanya perlu satu lembar kertas dan buat dengan sedikit lipatan-lipatan.

Dulu paling sering dimainkan anak laki-laki dan biasanya diisi dengan koin di dalamnya agar dapat bergerak sejauh mungkin.

Pesawat ini dapat juga diberi aksesoris lainnya seperi sayap yang lebar dan pada bagian belakang ujungnya dilancipkan supaya terlihat seperti rudal atau dapat diwarnai agar terlihat lebih keren.

2. Robot-robotan

Cara membuat mainan kertas robot ini tidak beda jauh dari pembuatan mainan kertas pesawat luar angkasa, bedanya ditambah dengan bagian kaki robot.

Mainan kertas yang mirip dengan megazord di film power ranger ini bisa menjadi permainan yang seru bagi anak laki-laki, karena bisa dibongkar pasang menjadi bagian yang terpisah-pisah.

3. Perahu speed boat

Meskipun cara membuatnya cukup sulit karena harus melipat dan menekuk balik sehingga rawan sobek, namun ketika berhasil membuatnya akan berbentuk bagus dan mirip dengan speed boat aslinya.

Untuk memainkannya cukup dihanyutkan pada genangan air atau selokan. Biasanya paling seru dimainkan saat hujan turun sehingga perahu akan hanyut dengan air.

4. Burung bangau

Mainan kertas dengan bentuk burung bangau ini masih tetap populer dari dulu hingga sekarang. Cara membuatnya cukup rumit, karena memiliki teknik lipatan yang banyak dan harus teliti.

Biasanya lebih sering dibuat dan dimainkan oleh anak-anak perempuan. Selain untuk mainan, bisa juga dijadikan untuk hiasan bahkan hadiah. Itulah beberapa contoh mainan kertas yang sangat asyik dimainkan.

jual nama mainan

Nama mainan anak TK

Mainan anak TK memang banyak ragamnya, berikut ini nama permainan yang aman untuk anak-anak TK.

1. Perosotan

Permainan yang paling sering bahkan wajib ada di halaman sekolah TK. Berbentuk seperti seluncuran. Permainan ini dapat melatih gerakan motorik kasar anak sekaligus melatih keberanian dan kelenturan tubuh anak.

Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak TK, apalagi jika perosotan terbuat dari bahan fiber yang anti karat.

2. Mangkok putar

Permainan yang berbentuk seperti mangkok berputar ini dapat dikemudikan arah putarnya dengan kemudi yang ada pada bagian tengah.

Serunya anak-anak dapat bermain ramai-ramai dan berputar-putar. Anak dapat melatih kecerdasan spasial dan melatih gerakan motoriknya serta dapat melatih keseimbangan tubuh.

3. Jungkat-jungkit

Permainan ini sudah pasti ada di setiap sekolah TK. Untuk memainkannya butuh 2 orang atau lebih. Anak akan merasa terbang pada saat di atas. Selain itu sensasi naik turunnya membuat anak akan merasa lebih senang dan gembira.

Permainan ini dapat melatih keseimbangan tubuh, rasa percaya diri, keberanian interpersonal dan gerak motorik kasarnya.

4. Ayunan

Mainan favorit anak-anak satu ini biasanya terbuat dari rangka dan rantai besi yang aman untuk anak-anak TK. Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih motorik kasar anak, keberanian dan kinestetika tubuh.

Cara memainkannya sederhana, namun sensasinya cukup membuat asyik. Apalagi ada teman yang mengayunkan sehingga ayunan tambah kencang dan seru.

5. Papan titian

Bentuk permainan ini hampir sama dengan jembatan namun tidak ada pegangannya. Untuk memainkannya anak-anak dapat naik ke papan dan berjalan dari ujung ke ujung papan.

Manfaatnya tentu untuk melatih keseimbangan tubuh anak, meningkatkan keberanian dan melatih kinestetika tubuh anak.

mainan 80an

Mainan gigitan bayi

Keamanan untuk bayi adalah yang paling utama. Apalagi jika berbicara tentang mainan bayi, tentu orang tua akan memberikan mainan yang aman dan bersih. Berikut ini rekomendasi nama mainan gigitan bayi:

1. Water filled shooter teether

Mainan untuk gigitan bayi ini di dalamnya berisi hiasan air dan dapat membantu melewati masa tumbuh gigi bayi, cocok untuk bayi usia 3 sampai 12 bulan.

2. Baby fruit pacifier

Mainan bayi sekaligus empeng bayi ini berbentuk dot yang dapat diisi dengan makanan atau buah-buhan lunak seperti jeruk. Jadi selain untuk menggigit dot, bayi juga dapat memakan buah hasil dari gigitannya.

3. Teether baby toothbrush banana

Gigitan bayi ini berbentuk seperti buah pisang yang sudah dikupas. Mainan ini cocok untuk bayi yang giginya sedang tumbuh atau gusinya gatal. Teksturnya lentur dan kenyal serta terbuat dari bahan silikon yang aman.

4. Gigitan bayi berbentuk buah

Mainan ini bermanfaat untuk melatih visual bayi karena memiliki bentuk beraneka ragam buah yang lucu dan menarik. Bayi dapat belajar mengunyah dan menggigit pada saat gusi sedang gatal.

Mainan tersebut terbuat dari bahan karet yang aman dan terdapat pegangan sehingga mumudahkan bayi untuk memegang gigitan ini.

5. Mombella hugging monkey teether

Mainan gigitan bayi satu ini sangat aman untuk bayi karena terbuat dari bahan food grade silicone yang elastis dan sangat lembut.

Berbentuk seperti hewan monyet dan dapat mudah dipegang bayi saat digigit. Dapat juga disterilisasi dan didinginkan di dalam freezer dengan mudah.

mainan 2000an

Nama mainan tradisional

Salah satu warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya adalah permainan tradisional. Berikut ini macam-macam nama permainan tradisional.

1. Petak umpet

Permainan ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan alat main. Permainannya pun sederhana namun sangat mengasyikkan.

Penjaga pos atau orang yang kalah saat suit akan meghitung angka dari satu sampai sepuluh dengan menutup mata menghadap ke pohon atau tembok.

Setelah selesai menghitung, penjaga akan mencari dan menemukan orang yang bersembunyi.
Orang yang pertama kali ditemukan akan bergantian jaga di pos. Namun jika penjaga tidak bisa menemukan semua pemain maka dinyatakan kalah.

Petak umpet dapat dimainkan minimal dua orang, namun akan lebih seru jika dimainkan dengan orang banyak.

2. Engklek

Permainan ini dibuat dengan menggambar dan membuat petak-petak bentuk kotak di tanah. Cara memainkannya, setiap pemain akan melempar koin atau potongan serpihan genting di setiap petak secara berurutan.

Setelah melempar, pemain akan berjalan dengan satu kaki ke kotak-kotak yang telah di gambar. Setelah pemain kembali ke garis awal, pemain mengambil koin kembali dan tidak boleh menginjak kotak yang terisi oleh koin lawan.

Permainan ini dapat dimainkan oleh beberapa orang. Engklek sangat bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan ketangkasan serta keseimbangan tubuh.

3. Egrang

Salah satu alat permainan tradisional yang sudah mulai punah adalah egrang. Biasanya alat ini dibuat dari bambu atau kayu panjang dan terdapat bambu pendek yang dipasang secara melintang yang dijadikan sebagai pijakan kaki.

Untuk menggunakannya pemain menaiki bambu pijakan kemudian berjalan. Pemain tentu membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan serta latihan agar dapat berdiri dan berjalan di atas egrang dengan sempurna.

Biasanya pemain akan bertanding seperti lomba lari, siapa yang cepat dan paling jauh dialah pemenangnya.

 mainan 70an

Nama mainan emoji

oneka kecil yang umumnya berwarna kuning dilengkapi per atau pegas ini sedang booming. Aksesoris emoji ini sebelumnya sudah banyak digunakan sebagai pajangan di dashboard mobil.

Namun boneka yang bisa bergoyang ini sudah banyak dipakai untuk aksesoris motor dan dapat dipasang di bagian kepala motor atau di atas tempat oli rem.

Boneka emoji ini berbentuk bulat dengan beberapa karakter emoticon. Untuk memasangnya tinggal membuka double tip yang ada pada kaki boneka, kemudian tempelkan di motor.

Jika ingin lebih rekat gunakan lem korea agar boneka emoji tidak mudah lepas. Boneka emoticon akan bergoyang saat terkena guncangan atau pada saat terkena terpaan angin.

kolektor mainan jadul

Nama mainan anak yang disusun

Permainan susun ternyata dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan dan pemikiran seseorang. Berikut ini rekomendasi mainan seru yang dapat dimainkan dengan cara disusun.

1. Balok susun

Mainan yang biasanya terbuat dari kayu ini dapat direkomendasikan untuk anak dengan ragam bentuk seperti persegi, segitiga, lingkaran dan lainnya. Anak-anak pun dapat melatih kreativitas dan mengenal bentuk serta warna.

2. Lego

Lego merupakan mainan modern yang terdiri dari bongkahan-bongkahan kecil dan terbuat dari bahan plastik yang dapat disusun sesuai dengan keinginan.

Anak-anak dapat berimajinasi bentuk apa yang dapat dibuat menggunakan bongkahan lego. Manfaat lego sangat banyak selain untuk mengasah kreativitas dan mengembangkan imajinasi, lego juga dapat melatih motorik halus dan melatih memecahkan masalah.

3. Uno

Uno terdiri dari balok balok persegi panjang yang disusun 3 balok pada masing-masing tingkat dan setiap tingkat disusun secara menyilang dari bagian bawah ke atas sehingga berbentuk seperti menara.

Mainan modern satu ini banyak digemari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain untuk melatih konsentrasi, uno juga dapat melatih logika agar berfikir secara tepat dan teratur.

Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 sampai 10 orang. Untuk memainkannya, pemain harus mengambil satu persatu balok dari bawah secara bergiliran dengan lawan tanpa boleh menjatuhkan menara.

Pemain yang sedang mengambil balok dan menjatuhkan balok menara berarti dialah yang kalah. Itulah beberapa permainan seru yang dapat melatih ketangkasan.

Bagikan :