021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

50 Ide Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Ingin memperoleh penghasilan tambahan dari usaha rumahan untuk mengisi waktu luang? Segera wujudkan, karena usaha rumahan pun bisa sangat menguntungkan!

Menurut Anda, mana yang lebih berat antara memangkas pengeluaran atau menambah pemasukan? Pilihan kedua tentu lebih masuk akal, karena faktanya ada banyak usaha rumahan yang mampu meraih kesuksesan.

Apalagi teknologi sudah semakin canggih, peluang semakin terbuka lebar. Namun tetap saja, itupun hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang jeli dan mampu memanfaatkannya dengan baik.

penghasilan tambahan dari usaha rumahan

Referensi Ide Usaha Rumahan

Pasalnya, sehebat apapun sebuah ide, tanpa ada eksekusi atau action tentu tidak akan menghasilkan, bukan? Namun tenang, bagi yang masih bingung ingin membuka usaha dari rumah, berikut kumpulan idenya:

1. Laundry Kiloan

Keberadaan laundry kiloan adalah penyelamat bagi orang-orang dengan aktivitas padat, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus cucian. Kebutuhan ini bisa jadi usaha rumahan yang menjanjikan, apalagi jika berada di lokasi padat penduduk.

2. Cucian Mobil dan Motor

Musim hujan tiba, jasa cuci mobil dan motor merupakan tempat yang paling banyak dicari. Selain tampak kotor, air hujan juga bisa memicu karat dan jamur pada sela-sela terkecil maupun baut dan mur.

Jangan heran, jika usaha rumahan simple ini mampu menawarkan keuntungan super besar. Dari segi modal sendiri juga tidak terlalu besar, cukup selang air, sabun atau shampoo khusus, dan alat pencuci kendaraan.

3. Jasa Cuci Helm

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa mencuci helm bukanlah kegiatan yang mudah, karena bentuknya rumit dan susah kering. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih untuk mencuci helmnya di tempat pencucian. Simple, praktis, dan cepat.

4. Tempat Pencucian Sepatu

Sekilas, mencuci sepatu memang mudah, tinggal kasih sabun dan gosok. Namun untuk jenis sepatu dengan bahan tertentu tidaklah semudah itu, tetapi membutuhkan perlakuan khusus.

Jika Anda berada di kota besar, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha rumahan. Fokus pada pelayanan dan kebersihan, karena biasanya kaum sosialita yang tertarik dengan jasa cuci sepatu ini.

5. Franchise Ekspedisi

Seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja online, maka jasa ekspedisi akan terus populer. Manfaatkan momen ini sebagai usaha sampingan, karena peluangnya cukup besar, baik di kota besar maupun kecil.

6. Usaha Rumahan: Sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga sangat jarang sepi pembeli. Hanya saja, kompetitornya juga terbilang lumayan banyak. Mau tidak mau, Anda harus menghadirkan strategi terbaik untuk menguasai pasar.

7. Grosiran

Sedikit berbeda dengan warung sembako, pembeli grosiran berbelanja dalam jumlah yang lebih besar. Dalam beberapa case, justru grosiranlah yang menyuplai barang ke warung-warung kecil.

Namun grosiran juga bukan distributor, karena tidak terikat secara resmi dengan industri atau pabrik tertentu. Maka dari itu, biasanya barang di grosiran lebih lengkap daripada distributor.

8. Membuka Warung Makan

Apakah Anda tinggal berada di kawasan industri, perkantoran, atau kos-kosan? Maka membuka warung makan kecil-kecilan di depan rumah bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Tidak harus mewah seperti kafe maupun restoran, terkadang menu rumahan yang sederhana justru menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya harganya yang ramah kantong, tetapi juga mengingatkan pembeli akan kampung halaman.

9. Katering

Selain warung makan, jasa katering juga termasuk usaha rumahan dengan peluang besar, apalagi jika bisa masuk ke perkantoran atau pabrik. Selama tempat tersebut masih beroperasional, besar kemungkinan usaha katering akan bertahan.

10. Tempat Kursus Memasak

Mempunyai hobi memasak bisa menjadi berkah tersendiri, karena Anda bisa membuka kursus atau pelatihan. Usaha rumahan ini tidak harus melakukan tatap muka secara langsung, tetapi bisa online.

penghasilan dari usaha rumahan

11. Toko Kue

Punya keahlian untuk membuat kue dengan berbagai bentuk dan varian rasa? Tidak ada salahnya memanfaatkan skill tersebut untuk membuka toko, baik kue modern maupun tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

12. Tukang Sayur

Jangan pernah memandang sebelah mata dengan keberadaan tukang sayur, karena usaha low budget ini juga mampu mendatangkan keuntungan besar. Tambahkan layanan pesan via WhatsApp, agar semakin banyak pembeli yang merasa terbantu.

13. Menjual Camilan

Usaha rumahan kuliner memang tidak pernah ada matinya. Jika tidak terlalu lihai untuk membuat aneka camilan, Anda bisa re-package atau mengemas ulang. Caranya beli dalam partai besar, kemudian bungkus ke dalam kemasan lebih kecil.

14. Agen Frozen Food

Frozen food atau makanan beku adalah jalan ninja, bagi ibu rumah tangga yang ingin membuat suguhan super cepat. Ada dua cara untuk membuka usaha rumahan frozen food, yakni kulakan dari tempat lain atau membuat sendiri alias homemade.

Mungkin sedikit lebih ribet, karena harus membuat sendiri makanannya, seperti nugget. Namun, saat ini frozen food varian homemade-lah yang justru sedang menjadi primadona, karena lebih sehat.

15. Depot Air Isi Ulang

Segala sesuatu yang praktis memang tengah menjadi kesukaan banyak orang, termasuk dalam hal persediaan air minum. Hanya saja, usaha rumahan ini butuh biaya besar, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu sebelum memulainya.

16. Menjual Minuman Kekinian

Franchise minuman adalah usaha rumahan kekinian yang saat ini masih booming. Wajar, karena target marketnya sendiri adalah para remaja dengan rasa penasaran tinggi terhadap segala sesuatu yang sedang viral.

17. Warung Kopi atau Coffee Shop

Kopi merupakan bagian dari gaya hidup orang Indonesia, baik wanita maupun pria. Membuka coffee shop dengan berbagai macam citarasa khas Indonesia tentu akan menjadi usaha rumahan yang unik dan otentik.

18. Fotokopi

Meski sudah banyak yang beralih ke sistem digital, tetapi faktanya mesin fotokopi tetap saja dibutuhkan. Bukan hanya untuk kepentingan sekolah saja, tetapi instansi atau lembaga tertentu juga membutuhkannya.

Bagaimanapun dokumen fisik tetap diperlukan untuk berbagai kepentingan, terutama yang berkaitan dengan data-data penting. Oleh karena itu, Anda bisa membuka usaha rumahan yang menyediakan alat tulis, lengkap dengan mesin fotokopi dan scan.

19. Pulsa dan PPOB

Berjualan pulsa dan PPOB adalah usaha rumahan yang mempunyai masa depan panjang. Sekali mendapat pembeli, besar kemungkinan akan menjadi pelanggan, karena pulsa dan pembayaran tagihan harus orang lakukan secara rutin.

20. Bisnis Fashion

Tren dalam dunia fashion sangat cepat berubah, khususnya fashion wanita atau remaja. Jika berminat untuk usaha rumahan fashion, Anda harus selalu up to date mengenai perkembangan terbarunya.

penghasilan dari usaha rumahan fashion

21. Jual Aksesori Wanita

Aksesori wanita tidak terbatas pada pernak-pernik seperti jepit atau ikat rambut saja, tetapi juga syal, tas, jam tangan, hingga sepatu. Membuka toko khusus aksesoris terdengar cukup unik dan Anda akan mempunyai target market yang jelas.

22. Bisnis Skincare dan Kosmetik

Kedua produk ini seolah sudah menjadi harga mati bagi para wanita, baik remaja maupun dewasa. Bahkan untuk sekarang ini, tidak sedikit pria yang mulai tertarik untuk menggunakan skincare routine.

Tidak heran, jika semakin banyak yang tertarik untuk menjadikan kebutuhan tersebut sebagai usaha rumahan. Dari segi modal memang cukup besar, tetapi tidak butuh lahan yang terlalu luas.

23. Toko Pernak-pernik Rumah

Mengisi waktu luang, banyak ibu rumah tangga yang mendekorasi rumah mereka dengan pernak-pernik dengan tema tertentu. Pastikan saja, etalase toko menyediakan pilihan yang variatif, sehingga pembeli semakin berdatangan.

24. Penjahit

Tukang jahit adalah salah satu usaha rumahan yang sering diremehkan, padahal mempunyai harapan besar. Sampai kapanpun orang pasti akan memerlukan jasa penjahit, baik untuk membuat baju, permak, maupun sewa.

25. Bisnis Thrifting

Thrifting adalah suatu bisnis mencari barang-barang second yang masih berkualitas dengan tujuan untuk dijual kembali. Umumnya, thrifting ini untuk barang-barang branded yang original dan masih dalam kondisi bagus.

26. Dropship

Ide yang satu ini cocok sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga yang masih sibuk dengan anak-anak, yakni dropship. Tanpa perlu menyetok produk atau repot-repot packing, Anda tetap bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar.

27. Daycare atau Penitipan Anak

Jika tinggal di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi, Anda bisa membuka usaha rumahan daycare atau tempat penitipan anak. Sulitnya mencari baby sitter membuat sebagian orang lebih memilih daycare untuk menjaga buah hati mereka.

Syaratnya satu, pastikan pekerja yang Anda pilih benar-benar menyukai dunia anak-anak, telaten, dan kompeten. Jangan sampai membuat pelanggan kecewa, karena setiap orang tua mampu melakukan apa saja untuk anak-anaknya.

28. Toko Susu dan Pampers

Susu dan pampers merupakan kebutuhan anak dengan pengeluaran rutin di setiap bulannya. Tidak heran, jika usaha rumahan ini terbilang cukup tangguh untuk survive dalam berbagai situasi dan kondisi.

Bagaimana tidak, orang tua pasti akan sekuat tenaga untuk memastikan kebutuhan buah hati tercukupi, bukan? Walaupun mungkin harganya naik, tetap ada saja orang yang membeli susu maupun pampers setiap harinya.

29. Les atau Privat

Tak dimungkiri, pelajaran sekolah sekarang sudah jauh lebih sulit, sehingga banyak orang tua yang memberikan anak jam belajar tambahan. Caranya, yakni dengan mengikut-sertakan mereka untuk les atau privat.

30. Souvenir Handmade

Usaha rumahan handmade adalah bisnis dengan nilai ekonomi tinggi, karena mengandung seni dan tidak semua orang mempunyai skill tersebut. Anda bisa memulainya dengan pernak-pernik kecil dengan nilai yang belum terlalu tinggi.

Misalnya souvenir untuk acara pernikahan, ulang tahun, perpisahan, wisuda, dan lain-lain. Keluarkan daya imajinasi, kreativitas, dan skill untuk menciptakan barang-barang yang unik.

penghasilan dari usaha rumahan menjanjikan

31. Membuka Jasa Titip Branded

Ada yang sering bepergian ke berbagai tempat, baik untuk travelling atau urusan pekerjaan? Kabar baik, karena Anda bisa membuka jasa titip atau jastip untuk membeli barang-barang dari tujuan tersebut.

Sebenarnya, jastip ini juga bisa menjadi ide usaha rumahan, asalkan Anda mempunyai koneksi yang luas. Sebab biasanya, barang-barang yang open jastip itu merupakan produk berkelas tinggi atau branded.

32. Jasa Rias atau MUA

Berawal dari hobi dandan, siapa sangka ternyata bisa menjadi usaha rumahan yang mendatangkan banyak cuan. Pasalnya hampir setiap bulan atau bahkan minggu, ada saja orang yang menyelenggarakan acara.

Bukan hanya pernikahan saja, tetapi juga ulang tahun, lamaran, wisuda, pertemuan bisnis, dan acara-acara penting lainnya. Word of mouth sangat berperan di sini, sehingga pastikan untuk terus memperluas koneksi.

33. Salon Kecantikan

Selain jasa rias atau MUA, Anda juga bisa membuka usaha rumahan berupa salon kecantikan untuk memanfaatkan skill berdandan. Hanya saja modalnya jauh lebih besar, karena Anda juga harus mempunyai peralatan yang lengkap.

Dari segi lokasi sendiri juga lebih luas daripada jasa potong rambut pria atau barbershop. Namun akan menjadi sangat menguntungkan, jika Anda mampu menghadirkan perawatan lengkap dengan harga masuk akal.

34. Sanggar Senam

Saat ini, menjalankan usaha rumahan sanggar senam juga semakin ramai peminatnya. Hal ini dikarenakan semakin banyak juga wanita yang menyadari, bahwa cantik itu bukan hanya berasal dari kesempurnaan make-up saja.

Tubuh yang sehat, ideal, dan kepercayaan diri adalah tiga hal yang turut memengaruhi kecantikan seorang wanita. Dan cantik adalah salah satu bentuk kecintaan terhadap diri sendiri serta pasangan.

35. Tempat Perawatan Hewan

Bukan hanya manusia, hewan peliharaan pun butuh dirawat agar tetap sehat, lucu, dan berumur panjang. Contohnya saja kucing dan anjing yang kini sering mondar-mandir datang ke salon khusus hewan.

Apabila termasuk pecinta binatang, usaha rumahan berupa salon khusus hewan peliharaan bisa menjadi pilihan tepat. Alangkah lebih baik lagi, jika Anda menjalin kerjasama dengan dokter hewan.

36. Aquascape

Istilah ini merujuk pada usaha rumahan yang menyediakan layanan untuk mengatur dan menghias aquarium dengan pernak-pernik khusus. Meski terlihat sederhana, tetapi jasa aquascape ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar, Anda bisa sambil membuka toko aquarium dan ikan hias. Saat job untuk aquascape belum ada, pemasukan bisa datang dari toko tersebut.

37. Budidaya Ikan atau Ayam

Berbeda dengan aquascape, budidaya ini tidak terbatas pada ikan hias saja, tetapi juga untuk keperluan konsumsi. Usaha rumahan ini bisa menjadi sampingan, karena tidak membutuhkan perawatan setiap saat.

Sebagai langkah permulaan, pilihlah jenis ikan yang mempunyai banyak peminat dan tidak rewel. Mulai secara perlahan dengan kapasitas sedang, sehingga kalaupun ada yang mati, Anda tidak akan terlalu merugi.

Selain ikan, Anda juga bisa melakukan ternak ayam, baik pedaging maupun petelur. Masing-masing jenis tersebut mempunyai pangsa pasar yang luas, tetapi dari segi harga sangat mudah mengalami naik dan turun.

38. Penyedia Pakan dan Kandang Burung

Peminat burung seolah tidak pernah berkurang, semakin hari malah seolah terus bertambah. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka toko pakan dan kandang burung.

Jika memiliki cukup modal dan koneksi banyak, sesekali buatlah perlombaan atau menjadi sponsornya saja. Teknik tersebut terbilang cukup ampuh sebagai jalur untuk promosi usaha rumahan ini kepada para pecinta burung.

39. Toko Peralatan Olahraga

Membuka usaha rumahan berdasarkan hobi memang bisa menjadi keuntungan tersendiri, termasuk menjual peralatan olahraga. Lengkapi dengan pembuatan kaos tim maupun piala, agar semakin banyak calon pembeli yang datang.

40. Menjual Tanaman

Anda hobi bercocok tanam dan mempunyai bekal pengetahuan luas tentang dunia ini? Cobalah peruntungan untuk menjalankan usaha rumahan dengan menjual berbagai jenis tanaman hias.

Tidak hanya tanamannya saja, Anda juga bisa menyediakan berbagai keperluan yang lain di toko. Misalnya saja pupuk, vas bunga, berbagai jenis pot, maupun peralatan untuk merawat tanaman hias.

Service Elektronik

41. Service Elektronik

Di zaman yang sudah semakin maju ini, peralatan elektronik membantu hampir semua kegiatan rumah tangga. Mulai dari mencuci, menanak nasi, memasak, hingga membersihkan ruangan pun ada alatnya.

Oleh karena itu, mempunyai skill untuk service barang-barang elektronik tidak akan pernah ruginya. Alih-alih membeli barang yang baru, orang akan mencari tukang service terlebih dahulu sebagai pertolongan pertama.

42. Bengkel Motor

Satu lagi, kemampuan yang bisa menjadi usaha rumahan dengan peluang besar, yakni bengkel motor. Sampai saat ini, motor adalah kendaraan favorit banyak orang, karena lebih praktis dan anti-macet.

Agar tetap bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal, motor juga harus mendapat perawatan secara rutin. Dalam hal ini, bengkel adalah jalan keluarnya. Sediakan juga suku cadangnya, agar keuntungan bengkel semakin besar.

43. Pertamini atau Pertashop

Kedua usaha rumahan ini adalah sama-sama berfungsi sebagai stasiun pengisian BBM, berupa Pertalite dan Pertamax. Baik Pertamini maupun Pertashop merupakan bentuk baru dari istilah penjual bensin eceran yang populer di masa lalu.

Hanya saja, sistem jualannya tidak lagi menggunakan botol kaca, melainkan sama seperti tempat pengisian di pom bensin. Perbedaan keduanya terletak pada status dan perizinan, dimana Pertashop resmi dari pihak Pertamina.

Berbeda dengan Pertamini yang merupakan milik sebuah perusahaan, sehingga terikat secara penuh dengan Pertamina. Setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan, silakan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat perizinan.

44. Penulis Freelance

Ada banyak keuntungan dengan menjadi seorang penulis freelance. Selain usaha rumahan ini nyaris tanpa modal, Anda juga bisa menjalankannya dari mana saja.

45. Blogger

Selain menjadi content writer, Anda juga bisa memanfaatkan skill menulis untuk mengelola blog sendiri. Keuntungan usaha rumahan ini bisa sangat besar, tetapi butuh konsistensi untuk membangunnya.

Sebab, penghasilan blogger lebih banyak datang dari advertising, yakni pemasangan iklan dari produk atau perusahaan tertentu. Hanya saja, mereka lebih tertarik dengan blog-blog yang sudah mempunyai interaksi tinggi.

46. Editor Online

Satu lagi peluang dari dunia literasi, yakni menjadi seorang editor online. Usaha rumahan ini juga sangat simple, hanya butuh kejelian, ketelatenan, dan wawasan yang luas mengenai dunia kepenulisan.

47. YouTuber

Tak dimungkiri, pendapatan sebagai YouTuber memang sangat menggiurkan. Dalam satu bulan saja, seorang YouTuber mampu meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Ulik apa yang menjadi passion, lalu mulailah dengan video Anda.

48. Affiliator

Saat ini, hampir semua marketplace mempunyai program afiliasi, yakni sebuah bentuk kerjasama dimana affiliator bertindak sebagai marketer. Tugas seorang affiliator hanya promosi produk-produk yang sekiranya mempunyai banyak peminat.

Enaknya usaha rumahan ini adalah tidak ada target, karena komisi berdasarkan jumlah orang yang menekan link promosi tersebut. Jika ingin memperoleh banyak penghasilan, tinggal perbanyak promosi ke berbagai media sosial.

49. Jasa Desain Grafis

Secara sederhana, desain grafis adalah teknik untuk membangun komunikasi atau menyampaikan pesan melalui gambar. Umumnya, orang menggunakan desain grafis untuk keperluan promosi atau marketing.

Pada zaman serba digital ini, semakin banyak yang mencari jasa desain grafis, baik untuk perusahaan maupun keperluan pribadi. Oleh karena itu, desain grafis mempunyai peluang sebagai usaha rumahan dengan masa depan cerah.

50. Admin Sosial Media

Saat ini untuk menjadi seorang admin, tidak harus bergabung dengan suatu perusahaan tertentu. Anda bisa melakukannya secara online, yakni menjadi admin untuk media sosial.

Adapun tugasnya adalah mempromosikan produk klien, membalas chat yang masuk, melakukan usaha untuk menaikkan traffic, dan lain-lain. Pendapatannya cukup besar, tetapi sebanding dengan tugas-tugas yang harus Anda lakukan.

Bagaimana, sudah siap untuk mewujudkan usaha rumahan versi Anda sendiri? Trik terbaik untuk memulainya adalah pilih jenis usaha yang sesuai dengan skill dan minat. Sebab, jarang ada bisnis yang langsung sukses, melainkan butuh konsistensi dan kegigihan. Selamat berjuang!

Lindungi nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.