021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

12 Cara Usaha Cuci Mobil Agar Cepat Sukses

Usaha cuci mobil termasuk menjanjikan karena modalnya tidak begitu besar. Anda tidak perlu promosi berlebihan karena rata-rata pelanggan dari lokasi car wash dan biaya operasional juga standar. Akan tetapi, meski terlihat gampang kenapa banyak yang gagal, langkah apa yang harus diambil agar usaha sukses?

Kami sudah mempelajari dan mencari tahu langkah menghindari usaha cuci mobil bangkrut. Ternyata, tidak selamanya kesalahan fatal yang menjadi penyebab kegagalan dan sebenarnya mudah mengatasinya. Jadi, bagi yang ingin membuka jasa car wash jangan ragu, kami punya tips jitu agar usaha Anda lancar.

Cara Usaha Cuci Mobil Agar Cepat Sukses

Tips Menjalankan Usaha Cuci Mobil Lancar dan Cepat Sukses

Tips sukses usaha cuci mobil agar bisa segera balik modal, pendapatan lancar, dan anti bangkrut sebenarnya tidak banyak. Jadi, asalkan benar-benar memperhatikannya kemungkinan besar usaha tempat cuci mobil Anda akan lancar jaya.

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Resiko usaha cuci mobil untuk gagal sangat besar jika dalam pemilihan lokasi saja sudah salah, apa alasannya? Hal ini karena semakin banyak lalu lintas mobil di sekitarnya maka semakin banyak pula konsumen potensialnya.

Bayangkan saja, jika lokasi masuk ke dalam gang meski jalannya lebar apa yang terjadi? Apakah pemilik mobil bisa menemukannya dengan mudah dan akan repot-repot masuk gang padahal ada car wash lebih strategis?

Oleh karena itu, pilih lokasi dengan mobilitas tinggi untuk meningkatkan prospek konsumen. Area-area menuju perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, fasilitas hiburan, tempat makan, dan area umum lain akan lebih baik.

2. Tentukan Jenis Tempat Cuci Mobil

Sebelum buka usaha cuci mobil, tentukan dulu jenis car wash yang mau Anda punya. Apakah Anda mau membuka jenis manual, hidrolik, atau otomatis, kira-kira mana yang menjadi pilihan?

● Tipe manual: Usaha cuci kendaraan mobil manual pengerjaannya hampir semuanya dengan tenaga manusia. Umumnya cucian akan mempunyai semacam ruang kosong untuk membersihkan bagian bawah mobil yang di taruh di atas ruang tersebut. Jenis manual memang sederhana, tetapi sering menjadi favorit karena aman.

● Jenis Hidrolik: Kebanyakan usaha cucian mobil sekarang memakai sistem hidrolik karena lebih mudah membersihkan bagian bawahnya. Hanya saja, untuk hidrolik ada resiko mobil bisa jatuh jika operator tidak ahli atau kurang maintenance.

● Tipe Otomatis: Otomatis pada pengerjaannya memakai robot, persis seperti yang sering Anda lihat di car wash pada serial televisi luar negeri. Jenis ini tidak butuh pekerja tetapi usaha cuci mobil otomatis jelas modalnya jauh lebih besar.

Pikirkan baik-baik tipe-tipe car wash di atas dari berbagai aspek, baru putuskan setelah mantap.

3. Jumlah Modal dan Dana Cadangan yang Cukup

Menyediakan modal dan dana cadangan yang cukup penting karena sering kali ada pengeluaran di luar perkiraan. Biaya usaha cuci mobil sendiri memang tidak terlalu mahal, contohnya untuk hidrolik perlu sekitar Rp50 jutaan.

Akan tetapi, biaya tersebut belum termasuk dana untuk menyewa tempat. Kemudian, harga alat-alat yang dulunya Anda incar bisa saja berubah saat membelinya. Kemungkinan lain, alat yang dipesan tidak tersedia dan harus menunggu lama atau mengganti ke tipe lain.

Jadi, menyediakan modal yang cukup dan dana cadangan sangat penting untuk mengatasi masalah di atas. Tentunya tidak ingin pembukaan usaha tertunda apalagi sudah membayar sewa tempat, bukan?

4. Mendapatkan Luas Tanah yang Sesuai

Tips selanjutnya agar usaha cuci kendaraan mobil cepat sukses adalah mempertimbangkan luas tanah tempat car wash. Mendapatkan luas tanah yang sesuai penting agar pelanggan mudah untuk parkir dan Anda juga bisa memproyeksikan keuntungan.

Contohnya, tempat hanya muat untuk dua mobil saja, itu berarti selama 60 menit ya hanya dua pelanggan. Kondisi akan berbeda jika tempat muat untuk dua pencucian dan 3 parkir mobill, keuntungan bisa lebih banyak dan cepat sukses.

Luas tanah ideal untuk usaha cuci mobil sendiri jelas sesuai dengan keinginan pemilik. Akan tetapi, jika Anda ingin car wash yang bisa menampung 4-5 mobil maka 150 m2 rasanya akan cukup.

5. Pemilihan Alat Cuci

Alat cuci sama halnya seperti ponsel yang meski spesifikasi sama, kualitas bisa berbeda. Jadi, perhatikan betul masalah pemilihan alat cuci karena ada harga tentu ada barang.

Spesifikasi alat cuci juga berbeda-beda, silahkan pilih yang sesuai dengan skala usaha cuci kendaraan mobil Anda. Contohnya, kompresor dengan kekuatan seberapa besar, penggunaan jet cleaner, ukuran selang, penyedot, dan alat-alat pelengkap lainya.

Cari tahu juga bagaimana maintenance alat-alat yang Anda pilih dan daya tahannya. Kira-kira apakah akan awet jika usaha tempat cuci mobil sukses dan banyak pelanggan setiap hari, atau kebutuhan perawatan seribet dan sesering apa.

Pastikan juga untuk menyimpan kartu garansi sebaik mungkin agar jika ada kerusakan Anda bisa memanfaatkannya.

Amati Persaingan Usaha Cuci Mobil

6. Amati Persaingan Usaha Cuci Mobil

Apabila Anda ingin cepat sukses, lebih unggul dari pesaing jelas perlu untuk menggaet pelanggan. Jadi, mengamati persaingan bisnis car wash di sekitar Anda perlu untuk mengetahui bagaimana keadaan, kualitas, dan strategi mereka.

Jangan sampai karena merasa sudah berjalan dengan lancar lantas malah jadi stuck di situ-situ saja. Sedangkan, di sisi lain kompetitor terus mengadakan perbaikan dan tambahan pelayanan yang bisa mengambil konsumen Anda.

Untuk tidak tertinggal dari kompetitor sendiri ada banyak cara dan tidak melulu harus apple to apple. Misalnya, mereka menawarkan pencucian lebih cepat maka untuk keep up tidak selamanya menawarkan hal yang sama adalah jalan terbaik. Pikirkan dulu apakah Anda tidak keteteran jika akan menawarkan hal yang sama?

Anda bisa mengambil langkah berbeda yang masih di dalam jangkauan. Contohnya, adakan promo atau berikan pelanggan voucher cucian, ini juga menarik.

7. Sesuaikan Harga Jasa Cuci

Untuk sukses dengan cepat tentu mendapatkan keuntungan usaha cuci mobil yang besar adalah jalannya. Hanya saja, mematok biaya cuci yang tinggi bukan solusi. Bagaimana jika car wash di sekitar jauh lebih murah, kira-kira mereka akan memilih Anda tau jasa cuci lain?

Jadi, sesuaikan harga atau biaya cuci mobil dengan di sekitar agar konsumen tidak kabur duluan. Misalnya, Anda ingin menawarkan jasa dengan lebih tinggi, maka harus ada nilai plus yang jauh berbeda dan konsumen merasa diuntungkan.

8. Berikan Opsi yang Memudahkan Pelanggan

Memberikan opsi yang memudahkan pelanggan bisa membuat mereka puas dan kembali lagi dan jadi langganan. Jumlah langganan yang banyak tentunya menguntungkan dan bisa membuat usaha cuci kendaraan mobil Anda cepat sukses. Beberapa kemudahan yang bisa Anda tawarkan pada pelanggan antara lain:

● Parkir yang mudah

● Pilihan sistem pembayaran

● Variasi cucian (misalnya ingin membersihkan luar saja atau dalam saja)

● Penjemputan dan pengantaran mobil

Pilihan sederhana seperti di atas bisa membuat pelanggan merasa puas dan akhirnya kembali dan kembali lagi.

9. SOP yang Jelas

SOP yang jelas bisa membuat usaha jasa cuci mobil Anda cepat sukses dan menuai keuntungan. Hal ini karena pelanggan jadi tahu apa yang bisa mereka dapatkan, standar pelayanan yang jelas, dan standar pengerjaan yang jelas.

Adanya SOP juga menjadi standarisasi dalam berbagai hal termasuk kualitas pencucian. Hal ini sekaligus bisa menjaga kualitas car wash Anda agar tidak menurun dan terus memberikan yang terbaik.

Sebaiknya, post SOP ini di laman sosial media, website, atau di tempat usaha tempat cuci mobil Anda langsung. Tujuannya supaya baik pelanggan dan karyawan tahu apa kewajiban dan hak mereka.

10. Reward Bagi Pelanggan

Pemberian reward bagi pelanggan bisa membuat mereka merasa dihargai dan spesial. Untungnya tentu membuat pelanggan tidak segan untuk kembali mencuci mobilnya di tempat Anda.

Kemudian, ada kemungkinan juga mereka akan merekomendasikan tempat Anda ke teman, keluarga, atau relasin mereka. Pemberian reward ini bisa beragam bentuknya tergantung kesanggupan Anda, misalnya:

● Potongan harga atau diskon

● Merchandise

● Voucher gratis cuci

● Gratis produk cucian

● Minuman

Silahkan sesuaikan pemberian reward dengan kemampuan Anda agar bisa terus berlangsung dengan lancar. Jangan sampai program berhenti di tengah jalan dan membuat konsumen kecewa dan memilih pergi.

Karyawan Profesional dan Ramah

11. Karyawan Profesional dan Ramah

Karyawan adalah tonggak usaha Anda karena mereka yang mengoperasikan dan berhadapan dengan konsumen. Pilah-pilih karyawan yang akan bekerja dan jika bisa sudah mempunyai pengalaman sebelumnya. Set standar yang Anda inginkan selama recruitment agar nantinya tidak mengecewakan.

Owner sebaiknya juga memberikan pelatihan agar karyawan bisa mahir dan sesuai SOP. Pengawasan juga tetap perlu agar karyawan tidak seenaknya sendiri atau menyepelekan.

12. Tempat Tunggu Nyaman

Terakhir adalah masalah tempat tunggu yang nyaman agar pelanggan betah saat menunggu mobil selesai dicuci. Ukuran tempat menunggu yang nyaman ini tentu berbeda.

Apabila tempat cuci mobil menawarkan jasa cuci premium, jelas tempat tunggu yang wah menjadi ekspektasi. Sebaliknya, jika tempat cuci sederhana maka pelanggan juga tidak berekspektasi lebih, tidak kehujanan, kepanasan, dan bersih sudah cukup.

Raih Sukses dengan Langkah yang Tepat

Saran atau tips cara usaha tempat cuci mobil cepat sukses di atas bisa Anda terapkan di car wash mana saja. Entah itu modal usaha cuci mobil sederhana yang pas atau cucian mobil elit, inti usahanya tepat sama.

Pelayanan menjadi keutamaan dan kepuasan pelanggan harus tetap terjaga agar mereka tidak kapok untuk kembali. Kemudian, masalah lokasi memang sangat krusial dan memiliki peranan yang penting. Jadi, jika belum menemukan lokasi yang cocok sebaiknya tunggu dulu karena hanya luas dan ada biaya tidak cukup.

Semoga Anda bisa menjalankan usaha cuci mobil Anda dengan lancar dan cepat sukses. Apabila ada masalah, jangan langsung panik dan menyerah silahkah coba dulu tips di atas, siapa tahu bisa membantu dan membuat Anda bangkit kembali.

Bagikan :
There are currently no comments.