021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pendaftaran Merek Asing di Indonesia Secara Online

Pendaftaran merek asing di indonesia untuk warga negara asing atau wna dan perusahaan asing dari luar negeri memerlukan Konsultan HKI Terdaftar. Pendaftaran merek asing bukan hanya penting untuk kelangsungan perusahaan asing yang berada di Indonesia, namun juga akan berpengaruh untuk proses pengurusan perizinan dan legalitas perusahaan di kemudian hari.

Manfaat Pendaftaran Merek Asing dari Luar Negeri Didaftarkan di Indonesia

Manfaat Pendaftaran Merek Asing dari Luar Negeri

Saat akan mendirikan sebuah perusahaan, Anda harus menyadari bahwa terdaftar atau tidaknya suatu merek berpotensi besar dalam menentukan masa depan perusahaan Anda. Oleh karenanya, pendaftaran merek asing di Indonesia terbilang penting karena alasan-alasan pendukung di bawah ini:

1. Memperoleh Perlindungan Menyeluruh dan Hak Eksklusif

Terlepas dari realitas bahwa pelanggaran kekayaan intelektual dapat dilakukan oleh siapa saja, manfaat terbesar dari mendaftarkan merek asing Anda yakni terbukanya akses lebar menuju hak-hak eksklusif. Alhasil, merek dagang Anda pun akan sepenuhnya terlindungi.

Untut menuntut seseorang atas pelanggaran merek dagang, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah izin Anda diabaikan oleh sang pelaku. Benefit lain dari pendaftaran merek asing adalah berkurangnya risiko pelanggaran kekayaan intelektual.

Tidak ada satu pebisnis pun yang mau repot-repot membahayakan masa depan perusahaan sendiri dengan mencuri paten dari pihak ketiga.

2. Meningkatkan Value Bisnis

Merek dagang bukan hanya ‘nama’ yang dipatenkan. Ia juga merupakan komoditas berharga yang dapat dipertukarkan. Penjualan merek tersebut dapat membawa keuntungan yang fantastis lantaran ia cenderung menarik perhatian banyak kubu.

Satu-satunya cara Anda dapat mengizinkan pihak lain untuk menggunakan merek dagang Anda di masa mendatang dan memperluas jangkauannya yaitu dengan melisensikannya. Anda juga dapat mewaralabakan merek dagang Anda jika merek sudah terdaftar.

Satu bukti tidak terbantahkan dari keberhasilan Anda adalah ketika usaha tersebut mulai membangun jaringan franchise. Mengikuti logika tersebut, nilai dan profit bisnis Anda akan melejit secara dramatis sebagai dampak dari pendaftaran merek asing.

3. Membuktikan Orisinalitas Bisnis

Pendaftaran merek asing juga membantu menghindari kekeliruan produk di kalangan konsumen yang dapat merugikan bisnis Anda.  Di samping itu, ia juga memberikan gambaran bagaimana perusahaan tersebut diperkenalkan. Lalu, merek dagang turut berfungsi sebagai ‘pengingat’ ketika suatu saat pelanggan setia kehilangan minat pada produk perusahaan tersebut untuk sesaat.

Jika menyangkut soal rencana pemasaran, maka merek dagang merupakan aset dan materi periklanan yang tak ternilai harganya.

4. Mendapatkan Hak Prioritas

Menurut UU No. 15 Tahun 2001, Indonesia memberlakukan prinsip first to file, atau sederhananya, ‘siapa cepat dia dapat’.

5. Memperluas Jangkauan Konsumen

Terakhir, manfaat dari pendaftaran merek asing yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa prosedur tersebut mempermudah Anda untuk menyentuh pasar yang lebih luas.

Berkat e-commerce, kini perusahaan dari seluruh penjuru dunia dapat mendirikan basis konsumen di negara mana pun. Akan tetapi, e-commerce saja tidak cukup apabila Anda menginginkan kemudahan akses ke pasar internasional.

Begitu produk Anda mencapai pasar global, akan ada lebih banyak orang yang menaruh minat tinggi pada barang tersebut seiring dengan meningkatnya popularitas bisnis Anda.

Oleh karenanya, mendaftarkan merek dagang Anda dapat mencegah praktik nakal pihak yang mencoba membingungkan pembeli dengan mencatut brand Anda.

Kenapa Pendaftaran Merek Asing di Indonesia Harus Melalui Konsultan HKI Terdaftar

Kenapa Pendaftaran Merek Asing di Indonesia Harus Melalui Konsultan HKI Terdaftar?

Merek dagang Anda tergolong komponen penting dalam membangun bisnis yang menjanjikan. Oleh karenanya, melakukan pendaftaran merek asing menjadi langkah pertama yang harus Anda ambil untuk melindungi aset berharga perusahaan Anda.

Kini, siapa saja dapat mengajukan permohonan untuk mematenkan merek. Namun, aturan khusus berlaku jika pemohon adalah orang atau institusi asing. Dalam hal ini, konsultan hak kekayaan intelektual (HKI) terdaftar di Indonesia harus mendampingi mereka.

Mengapa hal ini begitu krusial? Berikut alasannya:

1. Konsultan HKI Tahu Betul Proses Pendaftaran Merek Asing

Ya, konsultan HKI terdaftar mengetahui seluk beluk pendaftaran merek asing jauh lebih baik daripada siapa pun, tidak terkecuali Anda. Begini masalahnya: Proses pendaftaran merek asing bisa jadi berbelit-belit, rumit, dan sudah pasti akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Bahkan, kesalahan kecil sekalipun dapat menimbulkan konsekuensi besar. Belum lagi risiko pendaftaran merek asing Anda ditolak. Tugas konsultan HKI adalah memastikan bahwa Anda siap untuk melewati saat-saat kritis di bawah ulasan pihak berwenang.

Katakanlah Anda telah mengajukan permohonan merek dagang Anda dan menerima hasil negatif. Di skenario seperti ini, Anda dapat bekerja sama dengan konsultan HKI terdaftar setempat untuk mengevaluasi ulang merek Anda.

2. Konsultan HKI Memiliki Pengalaman Kerja dan Jam Terbang Tinggi

Banyak konsultan HKI yang merupakan ahli di bidang mereka. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni. Alhasil, tidak mengherankan apabila mereka mempunyai pengalaman kerja nyata di bidang yang mereka tekuni.

Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda hanya mempekerjakan konsultan HKI berpengalaman seperti Patendo yang mengerti tentang pendaftaran merek asing.

Bagikan :
There are currently no comments.