021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Tips Jualan Beras agar Cepat Sukses

Ingin mulai usaha jualan beras tapi takut gagal

Ingin mulai usaha jualan beras tapi takut gagal atau Lama Balik Modal? Gunakan 10 tips ampuh dari kami berikut ini agar Anda cepat sukses saat usaha jualan beras. Banyak orang yang beranggapan bahwa jualan beras merupakan usaha yang sangat menguntungkan.

Namun pada kenyataannya, masih banyak penjual beras yang sulit mendapatkan keuntungan. Meski begitu, bukan berarti bisnis jual-beli beras sudah mati. Sebab beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga permintaannya akan terus ada.

Oleh sebab itu sebenarnya tidak salah jika menganggap bisnis jual-beli beras sangat menguntungkan. Hanya saja, dalam menjalankannya Anda tidak boleh sembarangan.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika jualan beras. Dengan tips ini, kami berharap Anda bisa cepat mendapatkan keuntungan dan kesuksesan.

Tips Jualan Beras Cepat Untung

Tips Jualan Beras Cepat Untung

Meski menjadi kebutuhan pokok, bukan berarti Anda bisa seenaknya dalam menjual beras. Jika ingin untung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menjual beras.
Berikut adalah sepuluh tips yang bisa Anda terapkan agar cepat mendapat keuntungan dari bisnis beras.

1. Cermat Memilih Lokasi

Tips jualan beras cepat laku pertama adalah cermat ketika memilih lokasi berjualan. Sebab pemilihan lokasi sangat penting ketika Anda berbisnis kebutuhan pokok seperti beras.
Pastikan Anda memilih tempat berjualan yang dekat dengan pemukiman warga.

Sebab calon pelanggan potensial Anda berasal dari lingkungan sekitar tempat Anda berjualan. Jika Anda jualan beras di tempat yang jauh dari pemukiman, maka potensi mendapatkan pelanggan sangatlah kecil. Selain itu, Anda juga akan sulit memasarkan beras dan menjangkau calon pelanggan di tempat lain.

Sebab hampir semua titik di kota ataupun desa di Indonesia ada penjual beras. Sehingga lebih banyak orang memilih untuk membeli beras dari tempat terdekat daripada harus mengeluarkan waktu dan tenaga lebih ke tempat yang jauh.

2. Memahami Calon Pembeli Beras

Salah satu tips sukses jualan beras yang tidak boleh Anda abaikan adalah memahami calon pelanggan. Sebab meski beras merupakan kebutuhan pokok, kenyataannya kebutuhan terhadap beras pada setiap orang berbeda.

Terdapat calon pelanggan yang lebih mementingkan harga beras dibanding kualitasnya. Di sisi lain, terdapat pelanggan yang rela membayar mahal untuk bisa mendapatkan beras dengan kualitas terbaik.

Pemahaman ini dapat Anda gunakan ketika jualan beras yaitu dengan menyediakan beras sesuai keinginan calon pelanggan. Contoh jika Anda jualan di dekat perumahan elit, maka bisa perbanyak kualitas bagus dengan harga mahal.

Namun jika Anda menjual beras dekat dengan pemukiman padat dan ekonomi menengah ke bawah, sebaiknya perbanyak beras yang memiliki harga terjangkau. Sehingga mereka bisa membeli beras yang Anda jual.

3. Perbanyak Pilihan Beras

Meski beras terkesan sama, namun sebenarnya ada banyak jenis dan produsen beras. Oleh karena itu salah satu cara sukses jualan beras adalah menyediakan ragam pilihan jenis dan merek beras.

Banyaknya pilihan akan membuat peluang Anda mendapat pelanggan menjadi lebih besar. Berbeda jika Anda hanya menyediakan satu atau dua jenis beras yang mungkin tidak menjadi pilihan banyak orang.

Selain itu memperbanyak pilihan beras akan mempermudah Anda meningkatkan keuntungan dari jualan beras. Sebab Anda bisa langsung memberi perbandingan di hadapan pelanggan.

Dari perbandingan tersebut, pelanggan yang tadinya hendak memilih beras harga rendah bisa memilih beras harga lebih tinggi. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan keuntungan Anda sebagai penjual.

4. Tidak Sembarangan Memilih Supplier

Pemilihan supplier merupakan salah satu kunci jualan beras cepat laku. Sebab kualitas produk beras yang Anda tawarkan akan bergantung pada kualitas supplier.

Semakin baik supplier yang Anda pilih, maka Anda bisa mendapatkan beras dengan kualitas lebih baik. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan beras berkualitas rendah jika keliru memilih supplier.

Oleh karena itu jangan sampai Anda sembarangan memilih supplier ketika jualan beras. Pastikan supplier yang Anda pilih sudah terpercaya dan memilih beras dengan kualitas baik.

Apalagi terdapat oknum supplier beras yang curang dengan mencampur beras kualitas rendah dan kualitas baik. Jika Anda memilih supplier tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mengalami kerugian.

Update Info Bisnis Beras dari Hulu ke Hilir

5. Update Info Bisnis Beras dari Hulu ke Hilir

Tips jualan beras untung besar yang sering dilupakan oleh para penjual adalah memperhatikan informasi seputar beras. Khususnya informasi dari hulu yaitu kondisi pertanian padi.

Kebanyakan penjual hanya fokus pada hilir atau kondisi pasar. Padahal kondisi pada pertanian akan berdampak pada penjualan beras secara keseluruhan. Contohnya kondisi gagal panen akan membuat harga beras meningkat.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda yang ingin jualan beras untuk selalu update informasi seputar beras dari hulu ke hilir. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan segala kemungkinan di masa depan.

Persiapan yang matang akan menghindarkan Anda dari kondisi terburuk. Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan sangat besar jika memahami bisnis beras secara keseluruhan.

6. Berikan Bonus

Bonus merupakan salah satu cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan. Oleh karena itu, salah satu tips jualan beras laris manis adalah dengan memberi bonus pada pelanggan.

Ada banyak skema bonus yang bisa Anda berikan seperti membeli 10 liter beras gratis 1 liter, setiap pembelian 5 liter beras gratis telur dan sebagainya.

Memang pemberian bonus membuat Anda harus mengeluarkan modal lebih. Oleh karena itu Anda harus menghitung dengan cermat dan teliti ketika jualan beras.

Pastikan skema bonus yang Anda terapkan memberi Anda keuntungan. Karena jika tidak, mungkin Anda memiliki banyak pelanggan namun keuntungan yang Anda dapatkan sangat kecil.

7. Buat Sistem Keanggotaan

Cara jualan beras laris manis yang patut untuk Anda coba adalah membuat sistem keanggotaan. Anda bisa menawarkan keuntungan pada anggota seperti potongan harga, servis tambahan, bonus produk atau beberapa keuntungan lainnya.

Sistem keanggotaan akan membuat pelanggan selalu membeli beras dari tempat Anda. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan pelanggan tetap yang menjamin keuntungan.

Apalagi mengingat kebutuhan beras bersifat harian. Maka pelanggan pasti akan melakukan pembelian beras secara rutin. Maka hal ini bisa Anda manfaatkan ketika jualan beras.

Di sisi pelanggan, sistem keanggotaan juga akan menguntungkan mereka karena bisa mendapat layanan tambahan sebagai anggota. Maka pelanggan akan menjadi loyal tidak selalu membeli beras di tempat Anda.

8. Adakan Doorprize untuk Pembeli Beras

Tips jualan beras laku keras yang selanjutnya adalah memberikan doorprize pada pelanggan. Contoh caranya adalah dengan memberi kupon setiap pembeli 5 liter beras.

Setelah itu setiap akhir bulan Anda akan mengadakan pengundian kupon. Hal ini akan menarik pelanggan untuk membeli beras di tempat Anda dengan harapan bisa mendapatkan hadiah doorprize.

Ketika melakukan tips ini dalam jualan beras, pastikan Anda menyediakan hadiah doorprize yang menarik. Sebab ketertarikan pelanggan pada hadiah doorprize merupakan kunci dari tips ini.

Selain menarik, pastikan juga hadiah sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai biaya untuk memberi hadiah jauh lebih besar daripada keuntungan yang Anda dapatkan.

9. Jual Produk Bahan Pokok Lain

Cara jualan beras agar untung banyak yang bisa Anda terapkan adalah menjual kebutuhan pokok lainnya. Sehingga pelanggan bukan hanya bisa mendapatkan beras di toko Anda.

Ada banyak kebutuhan pokok yang bisa Anda jual beriringan dengan beras. Mulai dari sembako lainnya, gas, air mineral isi ulang dan berbagai kebutuhan lainnya.

Keberadaan produk tambahan akan memberi Anda keuntungan tambahan saat jualan beras. Sebab pelanggan biasanya akan membeli berbagai kebutuhan pokok di saat yang bersamaan.

Dengan begitu saat mereka mendatangi toko Anda, pelanggan bisa membeli berbagai item di saat bersamaan. Hal ini tentu memudahkan pelanggan dan juga akan memberi Anda keuntungan yang lebih besar.

10. Jujur & Amanah dalam Menjual Beras

Tips jualan beras anti rugi yang terakhir adalah menjadi penjual yang jujur dan amanah. Sebab kedua hal ini akan membuat Anda menjadi penjual yang terpercaya dan menjadi rujukan bagi para pelanggan.

Apalagi sering ada oknum penjual nakal yang menaikkan harga ataupun menimbun beras untuk mendapat keuntungan lebih. Hal ini membuat pelanggan menjadi kesal dan antipati terhadap penjual beras.

Oleh karena itu jika Anda jualan beras secara jujur dan amanah, pasti akan langsung menjadi rujukan para pelanggan. Bukan hanya mereka loyal dan selalu belanja di toko Anda, tapi mereka juga bisa merekomendasikan Anda ke orang lain.

Sehingga tanpa melakukan promosi sekalipun, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru. Dengan kata lain, bisnis Anda akan semakin terkenal dan mencapai kesuksesan secara lebih cepat.

Meski beras merupakan kebutuhan pokok, bukan berarti Anda bisa menjualnya secara sembarangan. Sebab berbisnis beras tetap perlu perhitungan dan pengambilan keputusan secara tepat agar mendapatkan keuntungan.

Hal ini dapat Anda lihat dengan begitu banyak pengusaha beras yang justru mengalami gulung tikar. Namun bukan berarti bisnis beras sudah mati dan Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan ketika menjalankannya.

Dengan menerapkan kesepuluh tips di atas akan membantu Anda lebih cepat mendapatkan keuntungan dan kesuksesan ketika jualan beras.

Daftarkan nama merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain, hubungi Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.