021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Daftar HAKI dan Daftar Merek Yang Sudah Terdaftar di HAKI

Pengecekan daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI lebih baik menggunakan jasa konsultan HKI. Agar daftar HaKI mempunyai peluang diterima lebih besar. Apakah Anda pernah mendengar tentang HaKI? Seberapa penting HaKI bagi pengusaha? Perlukah daftar HaKI tersebut?

Banyak pertanyaan bagi orang awam tentang HaKI. Beberapa orang masih awam tentang hal tersebut. Padahal sudah banyak sekali kasus yang terjadi mengenai pelanggaran HaKI.
Apakah Anda ingin mendalami lebih lanjut tentang apa itu HaKI? Yuk simak ulasan berikut!

Daftar HAKI

Apa Itu HaKI?

Pengertian Hak Kekayaan Intelektual  HaKI menurut istilah adalah kekayaan intelektual yang berpacu ada segala produk pikiran. Maka dari itu supaya segala karya seni, karya sastra, penemuan khusus dan lainnya memiliki hak cipta. Namun, Anda harus daftar HaKI tersebut supaya mendapat perlindungan hukum.

Jika Anda tidak daftar HaKI, maka orang lain bisa saja mengambil dan mengaku-ngaku hak kekayaan intelektual Anda. Anda bisa meminta bantuan konsultan HKI jika ingin daftar HaKI. Konsultan HKI ini dapat membantu Anda melihat daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI saat pengecekan merek.

Jika ternyata ketika sudah melihat daftar merek yang sudah terdaftar di Haki dan sudah ada pemiliknya, maka Anda tidak bisa daftar HaKI dengan merek tersebut, silahkan membuat nama merek yang baru.
Untuk melihat daftar merek di HaKI lebih mudah dengan konsultan HKI dan lebih menguntungkan.

Konsultan akan membantu Anda mengecek daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI sehingga pendaftaran merek anda mempunyai peluang yang lebar untuk diterima.

Contoh HaKI

Berikut contoh HaKI yang bisa Anda ketahui supaya bisa lebih memahami tentang daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI tersebut.

● Contoh Hak Paten. Pada contoh HaKI hak paten Anda bisa melihat karya besar dari penemuan Presiden RI B.J Habibie yang sering dikenal dengan sebutan cakar ayam atau aeronautika oleh Sedijatmo.

● Contoh Hak Desain Industri. Pada contoh ini misalnya seperti bentuk dan detail dari suatu produk, yakni laptop, smartphone dan lainnya.

● Contoh Hak Indikasi Geografis. Contoh lainnya HaKI adalah tentang Hak Indikasi Geografis, misalnya kopi Arabika Kintamani Bali. Jenis kopi ini pemegang haknya adalah masyarakat untuk perlindungannya sebagai Hak Indikasi Geografis. Untuk contoh lainnya adalah tembakau hitam Sumedang oleh Pemerintah Sumedang.

● Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST). Contoh lainnya adalah DTLST. Untuk contohnya adalah circuit housed in a program (chip) atau komponen chip pada komputer. Jika tidak ada komponen ini, sebuah komputer pada alat elektronik tidak dapat berfungsi.

Manfaat Daftar HaKI Merek

Manfaat Daftar HaKI Merek

Memiliki merek sendiri bagi para pengusaha sangat penting sekali. Namun, sayangnya masih banyak sekali pengusaha yang terlambat menyadari betapa daftar HaKI ini penting.

Daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI memiliki kekuatan hukum dan penjiplak bisa terkena denda. Maka dari itu, daftar HaKI perlu bagi Anda. Beberapa manfaat daftar HaKI bagi para pengusaha dan pebisnis diantaranya sebagai berikut:

1. Usulan Keberatan Merek

Pada saat Anda sudah daftar HaKI dan permohonan Anda masuk ke pendaftaran merek, maka permohonan Anda tersebut akan langsung diumumkan ke dalam Berita Resmi Merek.

Pengumuman berita resmi merek secara online. Jadi, orang lain bisa mengaksesnya juga dalam kurang lebih 2 bulan. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2016 yang menerangkan tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Dalam jangka waktu 2 bulan tersebut, setiap orang yang daftar HaKI bisa mengajukan keberatan terkait dengan permohonan merek dari seseorang. Namun, jika ada keberatan harus ada bukti dan alasan yang jelas dan masuk akal.

Lalu, bagaimana jika ada yang daftar HaKI dengan nama merek yang hampir serupa dengan merek yang Anda miliki? Daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI memiliki kekuatan hukum yang kuat.

Anda bisa mengajukan keberatan atas permohonan daftar HaKI dari seseorang jika memang ada yang mengajukan permohonan daftar HaKI serupa dengan milik Anda. Anda bisa menunjukkan bukti sertifikat dan mengajukan permohonan ke Ditjen HaKI bahwa ada yang menyerupai merek Anda.

2. Pembatalan Merek Terdaftar

Selain bisa mengusulkan keberatan terhadap permohonan merek yang diajukan seseorang, Anda bisa juga melakukan gugatan pembatalan merek.

Namun, Anda tidak bisa serta merta melakukan pembatalan tanpa dengan bukti atau alasan yang kuat. Merek yang ingin Anda batalkan harus memang ada yang menyerupainya dan syaratnya merek Anda lebih dulu terdaftar secara resmi.

3. Menggugat Pelanggar Merek

Semua yang melakukan daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI memiliki kekuatan hukum. Jadi, apabila ada yang melakukan pelanggaran merek tanpa seizin Anda, Anda bisa mengajukan gugatan.

Daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI milik Anda mempunyai hak untuk menggugat karena sudah ada pasal yang mengaturnya, yakni UU Pasal 83 Ayat (1) yang mengatur tentang UU Merek. Sehingga penerima lisensi merek dan pemilik merek terdaftar bisa mengajukan gugatan.

Lalu, apa keuntungannya untuk Anda? Anda bisa meminta ganti rugi kepada yang melakukan pelanggaran. Anda bisa juga meminta penghentian atas semua perbuatan tentang penggunaan merek milik Anda.

4. Pidana Pelanggaran Merek

Apabila ternyata dalam hukum perdata dari apa yang sudah Anda gugatkan belum cukup, Anda bisa menindak ke ranah yang lebih berat sampai ke hukum pidana. Setiap orang yang telah menggunakan merek Anda dengan tanpa izin atau tanpa hak bisa mendapatkan sanksi pidana.

Untuk hukuman pidana tersebut hanya bisa hakim kenakan kepada si pelakunya saja, apabila Anda yang mengajukan aduan sebagai Pemilik Merek Terdaftar. Ini semua sudah ada pasalnya juga dalam UU pasal 103 UU merek tentang delik aduan tindak pidana merek.

5. Mendapat Perlindungan Hukum

Orang yang telah daftar HaKI akan mendapatkan keuntungan yang terbesar yaitu jaminan perlindungan hukum dari semua ciptaan, merek, karya, atau penemuan Anda. Daftar HaKI sangat penting supaya Anda terhindar dari penjiplakan. Merek Anda telah terjiplak oleh pesaing Anda bisa saja mendaftarkannya ke Ditjen HaKI.

Nah, meski Anda sudah branding sejak lama, namun belum daftar HaKI, maka tidak ada kekuatan hukumnya. Efeknya merek Anda dengan mudah pesaing ambil alih dan kuasai. Maka dari itu, mulai saat ini jika memang Anda ingin mendapatkan perlindungan hukum tentang merek Anda, daftar HaKI sekarang juga.

Undang-Undang yang mengatur terkait perlindungan merek ini pada tahun 2016 disahkan oleh Presiden.
Kenapa perlindungan ini sangat penting? Hal ini untuk melindungi keaslian dari perusahaan atau usaha yang sedang Anda bangun. Jadi, ketika ada penjiplakan dari pesaing Ada bisa langsung seret ke meja hijau.

6. Mengurangi Risiko Tindakan Plagiarisme

Plagiarisme di era digital sangat tinggi. Mulai dari bidang akademis hingga bisnis. Jika Anda sudah daftar HaKI, maka merek Anda sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Bagi yang belum daftar HaKI, maka sangat rentan dari keamanan tindakan plagiarisme oleh pesaing Anda.

Selain itu, Anda akan mendapatkan jaminan dari pemerintah yang ingin memasarkan produk dengan menggunakan merek yang sama atau serupa dengan milik Anda.

7. Menambah Nilai Aset Perusahaan

Salah satu aset yang cukup besar pada suatu perusahaan adalah branding. Pada saat perusahaan Anda mengalami hampir bangkrut atau krisis, branding bisa menjadi penyelamat bagi perusahaan untuk mengajak investor bertanam modal.

Namun, branding Anda akan bernilai jika merek dagang Anda sudah terdaftar secara resmi. Karena tanpa adanya pengakuan dari pemerintah, merek Anda bisa saja ada yang menyalahgunakan terutama oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, daftar HaKI menjadi hal wajib bagi perusahaan Anda. Tentu, Anda tidak mau merek yang sudah Anda bangun sejak lama dan terkenal dengan mudahnya orang lain menjiplaknya, bukan?

8. Menjaga Kredibilitas dan Kepercayaan Konsumen

Kejelasan merek Anda dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, kredibilitas Anda akan terjaga dengan baik. Produk yang Anda pasarkan pun akhirnya tidak menjadi sia-sia.

Merek adalah pembeda dan ciri khas dari usaha yang Anda miliki. Meskipun, banyak produk sejenis, merekalah yang membuat konsumen memudahkan dalam membedakan mana produk bagus dan tidaknya, resmi dan tidaknya dan lainnya.

Untuk itu, mendaftarkan HaKI merek tidak ada ruginya. Justru, Anda mendapatkan keuntungan lebih karena bisa juga sebagai alat promosi.

Manfaat Mengecek Daftar Merek Terdaftar Di HAKI Melalui Konsultan HKI

Manfaat Mengecek Daftar Merek Terdaftar Di HAKI Melalui Konsultan HKI

Dengan adanya perlindungan tersebut bisa menjadi penyemangat dan faktor maju tidaknya sebuah hak kekayaan intelektual. Keberadaan konsultan HaKI dalam hal ini sangat penting. Ada beberapa manfaat jika Anda mengecek daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI melalui konsultan HaKI. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Memudahkan Memilah HaKI

Mengecek daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI sangat perlu. Siapa tahu saat Anda ingin daftar HaKI ternyata sudah terdaftar di HaKI merek Anda tersebut. Konsultan HaKI dapat membantu Anda dalam memperoleh perlindungan. Konsultan HaKI akan melakukan identifikasi pada merek, produk atau karya Anda.

2. Membantu Mendaftarkan Produk HKI

Ketika Anda mengecek daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI melalui bantuan konsultan, nanti akan mudah dalam mengidentifikasi produk Anda. Tentunya sangat nyaman jika daftar HaKI dibantu dengan konsultan HaKI. Anda dengan lebih mudah dalam mengidentifikasi produk dan semua urusan lebih mudah dalam daftar HaKI berkat bantuan konsultan HaKI.

3. Membantu Memeriksa HaKI

Konsultan HaKI tidak hanya akan membantu Anda dalam mengecek daftar merek yang sudah terdaftar di HaKI, namun juga bisa membantu dalam memeriksa HaKI. Konsultan HaKI akan membantu dalam pemeriksaan produk hak kekayaan intelektual untuk proses komersialisasi.

4. Memberikan Saran Upaya Hukum

Daftar HaKI bagi yang baru saja mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya tidak mudah. Maka dari itu, peran konsultan HaKI sangat penting. Anda akan mendapatkan saran upaya hukum saat sudah daftar HaKI.

Konsultan hukum akan membantu Anda dengan memberikan saran tentang upaya apa yang pantas diberikan kepada pihak yang melakukan penjiplakan dan pelanggaran HaKI. Tentunya, penentuan hukum tidak sembarangan harus berdasarkan undang-undang.

5. Penelusuran Terhadap Merek

Dalam upaya pengecekan merek yang terdaftar, konsultan HaKI akan membantu Anda dalam penelusuran merek. Konsultan HaKI akan mengetahui jika terdapat merek yang hampir sama dengan produk Anda atau hampir menyerupainya.

Jadi, daftar haki itu sangat penting. Anda tidak mau bukan merek Anda dijiplak orang? Yuk, daftarkan merek Anda segera. Jika masih bingung dengan HaKI, Anda bisa konsultasi dulu dengan konsultan HaKI. Mengecek daftar merek yang terdaftar dan daftar HaKI menjadi lebih mudah bersama Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.