021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Biaya Pendaftaran Merek Dagang dan Prosedurnya 2022

Biaya pendaftaran merek dan prosedur pendaftaran merek dagang bisa anda simak ulasannya disini. Untuk melindungi merek dagang Anda, sebaiknya sisihkan sejumlah uang untuk biaya pendaftaran merek. Kemudian, lakukan pendaftaran merek dagang. Pada dasarnya, biaya untuk melakukan pendaftaran merek ini tidaklah mahal. Kira-kira berapa sih kisaran biaya yang harus Anda siapkan saat ingin mendaftarkan merek dagang?

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Biaya Pendaftaran Merek

Biaya pendaftaran merek antara yang satu dengan yang lain mungkin saja berbeda.
Biaya pendaftaran merek melalui Konsultan HKI Patendo sebesar Rp 2.800.000 per merek per kelas. Sedangkan biaya pengecekan merek sebesar Rp 100.000 per merek per kelas.
Namun, perlu Anda pahami bahwa biaya pendaftaran merek dagang ini belum termasuk biaya perpanjangan merek dan pengajuan banding.

Biaya Perpanjangan Merek Dagang

Sebelum perlindungan merek Anda habis, tepatnya 6 bulan sebelumnya, sebaiknya lakukan perpanjangan. Biaya perpanjangan merek 6 bulan sebelum masa habis/kadaluarsa merek sebesar Rp 4.000.000. Biaya perpanjangan merek 6 bulan setelah masa kadaluarsa merek sebesar Rp 6.000.000.

Agar tidak merasa berat, Anda bisa mulai menabung biaya pendaftaran merek dari sekarang. Sebab, akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh jika Anda melakukan pendaftaraan merek untuk bisnis Anda.
Jadi, pendaftaran merek dagang ini sangatlah penting. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui apa syarat dan bagaimana prosedur pendaftaran merek.

Tapi sebelum mengetahui bagaimana prosedur pendaftaran merek dagang, Anda pun sebaiknya mengetahui apa saja syarat pendaftaran merek dagang.

Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Dalam melakukan pendaftaran merek dagang, terdapat berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi. Apa saja? Syarat melakukan pendaftaran merek dagang yaitu adanya logo merek, identitas pendaftar dan tanda tangan dari pemohon. Proses mendaftarkan merek dagang di HKI ternyata mudah, anda cukup menghubungi Konsultan HKI Patendo.

Hak perlindungan dari pendaftaran merek dagang ini tidak berlaku untuk selamanya, melainkan hanya untuk waktu tertentu. Oleh karena itu, akan ada saatnya bagi Anda untuk melakukan perpanjangan jangka waktu perlindungan merek. Setidaknya selama 10 tahun dari tanggal pendaftaran merek dagang awal.

Nah, apakah Anda sadar jika ternyata pendaftaran merek dagang bisa melindungi Anda dan usaha Anda di bawah naungan hukum? Ini artinya pendaftaran merek dagang sangatlah penting. Coba bayangkan jika Anda sudah berjuang membesarkan brand, tetapi kemudian merek dagangnya dengan mudah diambil orang lain karena Anda tidak melakukan pendaftaran merek. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Ini akan sangat merepotkan apalagi jika kompetitor justru terlebih dahulu melakukan pendaftaran merek usahanya. Padahal, biaya pendaftaran merek sebenarnya tidak semahal yang dibayangkan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pendaftaran merek melalui Konsultan HKI agar lebih mudah prosesnya.

Manfaat dan Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang

Manfaat dan Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang

Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari pendaftaran merek dagang itu sendiri, terlepas dari seberapa besar nominal biaya pendaftaran merek. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat Anda berhasil melakukan pendaftaran merek dagang:

1. Kejelasan Identitas Produk

Sesuai dengan UU nomor 20 tahun 2016, merek merupakan identitas dengan berbagai tampilan secara grafis. Baik itu logo, nama, huruf, angka, kata, maupun susunan warna. Bisa juga berupa hologram, suara, maupun kombinasi unsur 2D dan 3D.

Salah satu tujuan pendaftaran merek dagang ini tentu saja untuk membedakan jasa dan/atau barang produksi dalam perdagangan. Dengan pendaftaran merek dagang, identitas usaha menjadi semakin kuat dan jelas.

2. Perlindungan Hukum

Dengan membayar sejumlah biaya pendaftaran merek, Anda sudah bisa mendapatkan jaminan perlindungan hukum. Ini juga termasuk berbagai hak yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik merek dagang tersebut.

Manfaat perlindungan hukum merek ini tertuang dalam UU Merek tahun 2016 dengan pengesahan langsung oleh presiden. Tentu saja, ini menjadi tombak paling ampuh dalam melindungi keaslian dan keunikan perusahaan Anda. Jadi, apabila suatu saat ada tindakan penjiplakan oleh kompetitor, Anda bisa dengan mudah melakukan penuntutan.

3. Perlindungan dari Dugaan Penggunaan Merek Tanpa Izin

Baik sengaja maupun tidak sengaja, pasti hal ini akan terjadi pada Anda yang sedang merintis sebuah merek dagang. Bisa jadi, karena nama atau merk yang Anda pilih terlalu mirip, bahkan sama persis dengan merk dagang yang sudah terdaftar sebelumnya.

Oleh sebab itu, tujuan pendaftaran merek dagang yang berikutnya adalah meminimalisir hal tersebut. Namun, salah satu cara paling ampuh untuk menghindari penuntutan ini adalah melakukan search terlebih dahulu sebelum menentukan dan mengesahkan penggunaan merk.

4. Tingkatkan Nilai Aset Perusahaan

Dengan membayar biaya pendaftaran merek, nilai aset perusahaan juga akan semakin meningkat. Meskipun ini bukan sesuatu hal yang pasti, tetapi juga bukan berarti tidak mungkin. Branding juga akan semakin berharga akibat pendaftaran merek dagang yang Anda lakukan dalam merintis usaha.

Branding ini akan menjadi salah satu penyelamat yang membuat investor percaya dan yakin untuk menanamkan modal pada bisnis Anda.

5. Peluang Waralaba Terbuka Lebar

Akhir-akhir ini, model bisnis waralaba tampaknya sudah cukup menjamur dan sebagian besarnya berhasil.
Dengan melakukan pendaftaran merek dagang sebagai modal, Anda juga bisa memperbesar peluang pendapatan. Oleh karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang sisihkan dana yang berguna untuk biaya pendaftaran merek.

Selain cukup terjangkau, Anda banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, apalagi jika merek dagang yang Anda kembangkan sudah populer. Salah satunya adalah penggunaan model bisnis waralaba.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan pendaftaran merek dagang? Anda bisa melakukan pendaftaran merek msecara mudah dan efisien melalui konsultan HKI Patendo. HKI atau Hak Kekayaan Intelektual merupakan hak yang bersifat eksklusif pada satu orang atau kelompok pencipta karya yang orisinil. Penting bagi Anda untuk melakukan pendaftaran merek dagang.

Selain biaya pendaftaran merek yang cukup masuk akal, pendaftaran merek dagang sangat menguntungkan. Selain itu, Anda juga akan memperoleh sejumlah manfaat dari pendaftaran merek dagang.

Manfaat Pendaftaran Merek Dagang Melalui Konsultan HKI

Manfaat Pendaftaran Merek Dagang Melalui Konsultan HKI

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan pendaftaran merek dagang:

1. Proses Pendaftaran Lebih Mudah

Anda hanya memberikan data dan informasi terkait brand anda selama proses pendaftaran merek dagang. Selebihnya pengurusan akan ditangani oleh jasa konsultan HKI terdaftar.

2. Mendapatkan Fasilitas Pencarian Merek

Dengan melakukan pendaftaran merek dagang, Anda bisa mengetahui apakah merek yang Anda ajukan sudah pernah terdaftar atau belum.

Hal ini dapat terjadi lantaran Konsultan HKI Patendo akan melakukan pengurusan pendaftaran merek. Dengan benefit ini, tentu bisnis maupun usaha cenderung terpayungi oleh gangguan penyalahgunaan.
Oleh karena itu, selain menghindari kasus plagiarisme, perusahaan juga akan terhindar dari penyalahgunaan merek dagang.

3. Mendapatkan Saran yang Sangat Bermanfaat

Konsultan HKI yang baik umumnya akan memberikan saran dan masukan. Dalam praktiknya, Konsultan HKI akan menilai apakah sebuah merek berpeluang diterima atau ditolak pendaftarannya.
Pendaftaran merek dagang sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan value perusahaan. Pastinya ini akan menguntungkan Anda mengingat biaya pendaftaran merek juga tidak mahal.

4. Layanannya Tidak Hanya Sekedar Registrasi

Dengan biaya pendaftaran merek yang cukup terjangkau ini, Anda akan mendapatkan berbagai hak eksklusif dari merek yang terdaftar. Penggunaan Konsultan HKI juga memberi Anda hak untuk menentukan pelayanan sesuai kebutuhan. Mulai dari layanan pra-regis sampai pasca-regis. Jadi, Anda tidak akan merasa rugi dan justru worth it mengeluarkan sejumlah uang biaya pendaftaran merek.

5. Diberikan Bantuan Ketika Ada Masalah

Dengan sejumlah biaya pendaftaran merek, Konsultan HKI bisa memberikan prioritas utama ketika Anda mengalami sebuah permasalahan dengan merek. Oleh karena itu, Anda sudah tidak perlu cemas berlebihan karena Konsultan HKI siap membantu Anda dalam menangani permasalahan tersebut.

Jika Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari pendaftaran merek dagang sebaiknya Anda bisa mulai untuk melakukan pendaftaran merek melalui Konsultan HKI Patendo yang sudah dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri, hubungi Patendo segera terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.