021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Merek : Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

apa itu merek

Apa itu merek ? Apa saja manfaat dan fungsi merek bagi pengusaha? Merek akan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Kami Konsultan HKI Patendo siap membantu melindungi merek usaha anda.

Dengan adanya merek seperti ini, akan membuat publik lebih mudah dalam mengetahui jenis produk dan jasa yang sedang Anda tawarkan. Dikarenakan merek ini sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis Anda, sehingga tentu Anda perlu membuatnya dengan sebaik dan semenarik mungkin.

Ketika Anda mampu membuat merek yang unik dan juga menarik, maka akan semakin besar peluangnya untuk produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan dikenal oleh publik secara meluas.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat sebagian besar orang umumnya akan melihat merek dari sebuah produk tertentu terlebih dahulu sebelum membelinya. Jadi, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa merek pada sebuah produk maupun jasa seperti ini bisa berfungsi sebagai wajah dari hal tersebut.

Sementara itu, umumnya merek akan dibuat sejak sebelum bisnis dibangun, sehingga ketika bisnis sudah bisa mulai beroperasi, merek tersebut sudah bisa digunakan dan dikenalkan ke khalayak publik. Dengan begitu, publik akan lebih cepat mengenalnya, dan hal tersebut dapat memberikan dampak positif ke dalam perkembangan bisnis Anda.

Sebab, semakin banyak orang yang mengenal merek dari produk maupun jasa milik perusahaan Anda, maka semakin baik untuk tingkat penjualan bisnis Anda. Maka dari itu, penting untuk Anda lakukan membuat merek yang berbeda dari perusahaan lain.

Kelas Merek Barang Dan Jasa

Arti merek menurut beberapa ahli

Saat ini, arti dari istilah ini bisa Anda cari melalui internet. Sudah ada banyak artikel yang menyediakan jenis informasi ini, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari pengertian dari istilah tersebut. Pada dasarnya, ketika Anda masuk ke dunia bisnis, maka Anda akan secara otomatis mengenal dengan apa itu istilah merek.

Nantinya, merek ini bisa menjadi citra atau image dari perusahaan Anda sendiri, sehingga dalam proses pembuatannya Anda perlu merencanakan segala halnya dengan serinci mungkin.

Merek yang menarik akan lebih memiliki peluang yang tinggi untuk dikenal oleh publik. Ketika Anda berhasil membuat merek yang menarik, maka kemungkinan besar publik akan merasa ingin tahu dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan tersebut.

Dengan begitu, tingkat penjualan dalam bisnis Anda akan semakin meningkat, ketika banyak orang merasa penasaran dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan tersebut. Maka dari itu, kami selalu berkata bahwa manfaat dari sebuah merek akan sangat berkaitan dengan perkembangan bisnis tertentu.

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan merek itu. Maka dari itu, disini kami akan membantu Anda dalam memahami pengertian dari merek yang dilontarkan oleh para ahli profesional, yaitu:

1. Pengertian merek menurut Philip Kotler

Sebelum kita membahas tentang pengertiannya itu sendiri, mari kita mengenal terlebih dahulu siapa itu Philip Kotler. Philip Kotler sendiri merupakan salah satu ahli dari American Marketing Association yang memang bergerak di bidang bisnis, sehingga tidak menjadi suatu hal yang mengherankan jika Philip Kotler juga akan menyerukan pendapatnya mengenai apa itu merek.

Ya, pada dasarnya merek sama saja dengan merek, dan di Indonesia juga kedua istilah ini sudah dikenal sebagai suatu hal yang sama saja. Menurut Philip Kotler, merek adalah suatu simbol, tanda, maupun rancangan yang dikombinasikan menjadi satu, dan hal ini akan berfungsi sebagai identitas dari beberapa penjual, yang nantinya akan digunakan sebagai pembeda antara 1 perusahaan dengan perusahaan pesaing yang ada di pasaran.

Pernyataan ini sebenarnya sudah sering dibahas oleh orang-orang yang bergelut di dunia bisnis. Menurut ahli yang bernama Philip Kotler ini, merek bisa diibaratkan sebagai janji yang mampu memberikan keistimewaan, yang nantinya akan diberikan oleh penjual kepada para konsumennya. Dengan begitu, tidak mengherankan jika merek menjadi salah satu faktor yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda.

2. Pengertian merek menurut Marty Neumeier

Untuk pengertian yang dikemukakan oleh Marty Neumeier sendiri bisa dibilang sangatlah sederhana. Seorang ahli yang mengawali karirnya sebagai desainer grafis dan copywriter ini berkata bahwa merek adalah perasaan seseorang tentang suatu produk, jasa, maupun beberapa hal lainnya yang terkait dalam sebuah bisnis tertentu.

Bisa Anda lihat sendiri pernyataan mengenai merek yang diucapkan oleh Marty Neumeier ini sangatlah mudah untuk diingat, saking sederhananya pernyataan tersebut.

Meskipun pernyataan atau pengertian dari merek yang dikemukakan Marty Neumeier termasuk sederhana dan mudah diingat, akan tetapi kredibilitas dari pengertian tersebut tidak perlu Anda ragukan lagi. Mengingat Marty Neumeier ikut andil dalam pembuatan merek-merek ternama seperti Apple, Google, hingga Adobe, tentu pernyataan tersebut sudah bisa dijamin kredibilitasnya.

3. Pengertian merek menurut David A. Aaker

Sejak awal, David A. Aaker selalu berpendapat bahwa keberadaan merek akan sangat penting, karena merek dapat berfungsi sebagai pertanda yang nantinya akan memudahkan konsumen dalam mengenali sebuah produk maupun jasa tertentu.

Jadi, bisa dibilang fungsi dan manfaat dari merek itu sendiri sangatlah besar dalam dunia bisnis. Selain itu, sesuai dengan adanya proses mereking dalam dunia bisnis, tentu hal ini akan semakin menjelaskan betapa pentingnya peran dari merek itu sendiri.

Menurut David A. Aaker, merek adalah sebuah nama atau simbol yang di dalamnya mengandung sifat membedakan, dan bertujuan untuk mengidentifikasikan sebuah produk maupun jasa yang dimiliki oleh seorang penjual maupun organisasi tertentu. Nantinya, merek ini bisa berupa logo, cap, atau pun kemasan tertentu.

Selain menjelaskan tentang pengertiannya itu sendiri, David A. Aaker juga menyebutkan bahwa keberadaan merek dalam dunia bisnis mampu membantu para pelaku usaha dalam melindungi produk maupun jasa yang sedang ditawarkannya dari perusahaan pesaing.

Mengapa demikian? Sebab, merek akan selalu identik dengan 1 produk maupun jasa tertentu saja, sehingga tidak akan ada pihak lain yang bisa menirunya. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah dalam menemukan produk dan jasa dari bisnis Anda, sehingga hal ini pun juga akan baik untuk perkembangan bisnis Anda.

tujuan merek

Manfaat merek yang sangat beragam

Dengan melihat banyaknya orang yang berkata bahwa merek atau merek sangatlah penting dalam dunia bisnis, tentu hal ini akan membuat Anda penasaran sebenarnya apa saja manfaat dari merek itu sendiri. Pada dasarnya, setiap perusahaan atau bisnis yang ada di dunia wajib memiliki merek sendiri untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

Sebab, merek akan menjadi identitas utama dari bisnis Anda, sehingga jika Anda tidak memilikinya, maka aktivitas mereking yang baik untuk perkembangan bisnis ini pun juga tidak bisa dilakukan.

Selain itu, manfaat merek juga sebenarnya sangatlah beragam, dan semuanya akan sangat berkaitan dengan dunia bisnis. Sebenarnya, untuk memahami manfaat dari merek itu sendiri bisa dilihat dari pengertiannya langsung, akan tetapi dengan cara ini kemungkinan besar tidak akan memberikan pemahaman yang jelas kepada Anda.

Maka dari itu, penting untuk Anda lakukan mencari tahu manfaatnya itu sendiri, yang disertai dengan penjelasannya lengkap, dan antara lainnya adalah:

1. Alat promosi perusahaan

Salah satu manfaat utama dari sebuah merek adalah sebagai alat promosi perusahaan atau bisnis tertentu. Pelaku usaha dapat menggunakan merek sebagai identitas dari sebuah usaha, produk, maupun jasa yang ada dalam bisnis tersebut, sehingga produk maupun jasa yang sedang ditawarkan tersebut bisa dikenal secara lebih luas lagi.

Selain itu, merek juga wajib dibuat dengan semenarik mungkin, supaya merek tersebut bisa memberikan dampak yang positif ke dalam bisnis Anda. Usahakan untuk membuat merek yang berbeda dari produk-produk sejenis lainnya, karena ketika Anda menggunakan merek yang sama, maka hal ini akan menjadi kerugian tersendiri untuk perkembangan bisnis Anda.

Apalagi mengingat salah satu fungsi merek itu sendiri adalah sebagai pembeda antara 1 produk dengan produk sejenis lainnya, jadi tentu saja antara 1 merek dengan yang lainnya harus berbeda satu sama lain.

Kemudian, maksud dari manfaat ini juga akan meliputi momen ketika konsumen merasa puas dengan produk maupun jasa dari bisnis Anda. Ketika konsumen merasa puas dengan apa yang sudah mereka beli, tentu mereka akan selalu mengingat-ingat merek dari produk atau jasa yang mereka beli tersebut. Untuk itu, Anda bisa menilai sendiri betapa pentingnya merek dalam sebuah bisnis.

2. Perlindungan terhadap produk maupun jasa

Untuk manfaat merek yang satu ini hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda berhasil mendaftarkan merek Anda secara hukum, sehingga ketika ada pihak lain yang mencoba menggunakan atau meniru merek yang telah Anda gunakan tersebut, Anda memiliki hak untuk menuntut pihak ketiga tersebut.

Sebab, merek yang digunakan bisnis Anda tersebut sudah terdaftar secara hukum, sehingga salah satu manfaat dari pendaftaran merek secara resmi ini adalah Anda bisa mendapat perlindungan hukum yang resmi. Nantinya, ketika Anda mendaftarkan merek Anda secara resmi, Anda akan mendapatkan sertifikat yang dicatat secara hukum, untuk dijadikan sebagai bukti bahwa merek tersebut resmi dibuat oleh bisnis Anda.

Hal ini tidak hanya baik untuk mengantisipasi terjadinya plagiarisme saja, tapi juga baik untuk melindungi tingkat keterpercayaan konsumen, sehingga para konsumen tidak akan ragu untuk membeli atau pun menggunakan produk dan jasa dari perusahaan Anda. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa merek wajib didaftarkan, supaya Anda bisa merasakan manfaat yang satu ini.

3. Hak eksklusif

Hak eksklusif ini memang akan diberikan oleh negara dalam jangka waktu tertentu, yang telah ditunjukkan dalam perjanjian awal. Namun, ketika jangka waktu tersebut telah habis masa berlakunya, maka Anda bisa mendaftarkannya ulang.

Apalagi, manfaat merek yang sudah didaftarkan resmi juga sangatlah baik untuk perkembangan bisnis Anda, jadi tenaga dan biaya yang Anda keluarkan untuk mengurus perpanjangan proses ini pun akan terbayar dengan beberapa keuntungan yang bisa mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Pada dasarnya, hak ekslusif dari sebuah merek ini sendiri akan sangat bermanfaat untuk melindungi merek yang sedang Anda gunakan. Ketika Anda memiliki hak seperti ini, maka tidak akan ada pihak lain yang bisa menggunakan atau pun meniru merek tersebut. Nantinya, jika ada salah satu pihak tertentu yang memaksa untuk menggunakan merek tersebut, maka hukumlah yang akan menjawab.

Melihat fakta tersebut, tidak mengherankan jika sebagian besar pelaku usaha lebih memilih mendaftarkan merek-nya secara langsung, meski pada dasarnya aktivitas seperti ini akan menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga yang tidak sedikit.

Kendati demikian, menurut para pelaku usaha yang sudah berpengalaman atau pun yang masih pemula, aktivitas ini akan lebih menguntungkan bisnisnya, dibanding ke depannya akan ada kendala seperti peniruan merek yang dilakukan oleh pihak lain. Daripada menanggung rugi yang tidak sedikit, lebih baik mengantisipasinya dengan meluangkan waktu, biaya, dan tenaga yang dimilikinya.

4. Mencegah aksi pembajakan

Yang dimaksud dengan aksi pembajakan disini pada dasarnya adalah plagiarisme atau peniruan yang dilakukan oleh pihak lain tanpa seizin pihak yang bersangkutan dan bertanggung jawab. Di Indonesia sendiri, aksi yang sangat merugikan banyak pihak ini sudah sering terjadi, apalagi di dalam dunia bisnis itu sendiri.

Umumnya, dengan adanya merek dalam sebuah bisnis permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan baik. Namun, hal ini akan semakin baik ketika Anda mendaftarkan merek tersebut secara resmi.

Ketika Anda mendaftarkan merek tersebut secara resmi, maka aksi pembajakan dapat terhindar dari bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan salah satu kekhawatiran Anda dalam dunia bisnis, karena sudah ada perlindungan hukum sendiri yang akan menjaga kredibilitas dari merek tersebut.

Tidak akan ada pihak yang berani meniru, menjiplak, maupun membajak merek yang telah Anda gunakan dan daftarkan. Sebab, jika ada yang berani melakukan aktivitas negatif seperti ini, mereka harus berani berhadapan dengan hukum.

Kerugian yang bisa didapatkan pihak yang melakukan plagiarisme dan pembajakan seperti ini sangatlah besar. Maka dari itu, penting untuk Anda lakukan membuat merek yang unik, mudah diingat, dan menarik, yang nantinya akan Anda daftarkan secara resmi ke negara. Dengan merek dari bisnis Anda yang sudah diakui oleh negara seperti ini, maka akan semakin banyak konsumen yang percaya dengan perusahaan Anda.

5. Pembeda antara 1 produk dengan lainnya

Karena pada dasarnya merek itu sendiri adalah identitas dan wajah dari usaha, produk, maupun jasa dari sebuah bisnis tertentu, tentu manfaat merek lainnya adalah untuk menjadi pembeda antara 1 produk dengan produk sejenis lainnya. Manfaat ini mampu memberikan dampak yang positif ke dalam perkembangan bisnis, karena dengan adanya manfaat ini akan semakin banyak konsumen yang mudah mengingat produk atau jasa dari bisnis Anda.

Peluang terjadinya kesalahan ketika konsumen sedang mencari produk atau jasa dari bisnis Anda tergolong sangat rendah jika Anda menciptakan sebuah merek yang unik. Bahkan, dengan adanya merek yang menarik dan sesuai dengan jenis produk dan jasa yang sedang ditawarkan tersebut, juga bisa membuat konsumen selalu mengingat produk dan jasa dari bisnis Anda.

Dengan begitu, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualan usaha Anda. Ketika tingkat penjualan pada bisnis Anda selalu mengalami peningkatan yang signifikan, maka laba atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun akan selalu bertambah.

Hal ini akan membuat perusahaan Anda lebih mudah berkembang, dan bahkan keuntungan ini juga mampu mendatangkan keuntungan lainnya, seperti bertambahnya investor yang ingin menanamkan modalnya di perusahaan Anda. Dengan melihat fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa merek harus Anda miliki dan daftarkan.

6. Mempunyai hak atas pengajuan pembatalan merek

Tidak hanya memiliki hak untuk mengajukan gugatan atas terjadinya pembajakan saja, tapi pemilik merek yang sebenarnya juga akan memiliki hak atas pengajuan pembatalan merek milik perusahaan lain yang meniru merek dari perusahaan Anda.

Namun, sama seperti manfaat yang sebelumnya, manfaat ini hanya bisa Anda nikmati ketika Anda mendaftarkan merek bisnis Anda secara resmi. Jadi, Anda perlu mengantongi sertifikat resminya terlebih dahulu, baru setelah itu Anda bisa merasakan sendiri manfaat yang satu ini.

Sementara itu, sesuai dengan fakta yang telah kami katakan tersebut, sebuah merek yang tidak didaftarkan secara resmi dan tidak memiliki sertifikat resmi dari negara, akan memiliki peluang yang lebih besar untuk ditiru oleh pihak lain. Hal ini tentu berbeda dengan sebuah merek yang telah didaftarkan secara resmi dan telah mengantongi sertifikat resmi dari negara.

Merek yang telah memenuhi persyaratan tersebut, akan dilindungi secara hukum, sehingga tidak akan ada pihak lain yang berani menirunya. Jika masih ada pihak yang berani menggunakan merek yang sudah terdaftar dan diakui oleh negara seperti ini, maka pihak tersebut harus siap menjalani segala proses yang berkaitan dengan dunia hukum.

5 Manfaat Pendaftaran Merek

Cara membuat merek yang menarik dan unik

Pada dasarnya, untuk membuat sebuah merek yang menarik dan unik bukan termasuk salah satu aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk membuatnya saja memang mudah, tapi untuk mencari yang paling berbeda, menarik, unik, dan sesuai dengan apa yang sedang Anda tawarkan bukanlah perkara yang mudah.

Untuk membuatnya, Anda akan membutuhkan beberapa tips dan cara tertentu, supaya hasilnya bisa memberikan dampak yang positif ke dalam bisnis Anda. Semua yang berkaitan dengan usaha atau bisnis, perlu direncanakan secara matang-matang.

Hal ini pun juga berlaku ketika Anda sedang membuat dan mencari nama bisnis, produk, atau jasa yang ingin Anda gunakan. Beberapa kriteria tertentu perlu Anda miliki, supaya merek tersebut bisa menjadi identitas yang jelas untuk bisnis Anda. Karakter-karakter seperti menarik, unik, mudah diingat, dan sederhana adalah beberapa jenis karakter yang perlu Anda cantumkan dalam merek bisnis Anda.

Selain itu, ada beberapa karakter tambahan lainnya juga yang dipercaya mampu memberikan dampak positif ke dalam bisnis Anda. Sebab, ketika Anda membuat sebuah merek yang memenuhi kriteria terbaik, maka peluang untuk merek tersebut lebih mudah dikenal oleh publik akan terus meningkat.

Maka dari itu, jangan pernah meremehkan peran merek dalam sebuah bisnis, karena pada dasarnya tingkat penjualan dan peluang perkembangan bisnis akan sangat berkaitan dengan hal ini.

Untuk itu, informasi tentang cara membuat sebuah merek yang menarik dan unik, akan menjadi salah satu jenis informasi yang wajib Anda ketahui, terutama bagi Anda yang baru saja memiliki rencana untuk membangun sebuah bisnis sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dalam membuat sebuah merek yang terbaik dalam bidangnya, yaitu:

1. Kenali keunggulan dari produk maupun jasa

Langkah paling pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali keunggulan dari produk maupun jasa yang sedang ditawarkan. Keunggulan ini nantinya akan dicantumkan ke dalam merek yang dibuat, sebagai daya tarik tersendiri bagi suatu hal yang sedang ditawarkan tersebut.

Meskipun ada beberapa pelaku usaha yang bisa melakukan tahapan ini dengan mudah, akan tetapi ada juga beberapa di antaranya yang mengalami kesulitan dalam melakukan tahapan ini.

Keunggulan dari produk maupun jasa yang akan diberikan merek ini, wajib ditonjolkan supaya publik bisa mengetahui keunggulannya tersebut. Namun, nantinya keunggulan ini tidak perlu ditulis secara jelas, akan tetapi pelaku usaha bisa membuatnya dengan semenarik mungkin, yang terpenting intinya bisa tersampaikan dengan baik ke para konsumen.

Dengan Anda melakukan tips ini, maka peluang proses mereking yang Anda lakukan ini bisa berhasil akan semakin tinggi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencari terlebih dahulu merek yang paling sesuai dengan bisnis, produk, dan jasa dari perusahaan Anda.

2. Merek yang mudah diucapkan

Supaya konsumen bisa mengingat dengan mudah merek yang Anda gunakan tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan merek yang mudah untuk diucapkan. Sebab, merek yang mudah diucapkan memang akan lebih mudah untuk diingat, karena konsumen tidak akan mengalami kesulitan ketika mengucapkannya.

Selain itu, rasa nyaman juga bisa didapatkan oleh para konsumen ketika mengucapkan merek tersebut, sehingga peluang untuk merek ini selalu diingat oleh konsumen akan semakin tinggi.

Sementara itu, ada informasi tambahan lagi mengenai hal ini, yaitu untuk produk-produk yang tidak terbatas atau tersegmen, perlu menerapkan kriteria ini. Alasannya adalah, karena setiap konsumen akan memiliki tingkat pengetahuan dan pendidikan yang berbeda, sehingga untuk memudahkan para konsumen yang beragam ini, Anda yang berperan sebagai pelaku usaha perlu membuat merek yang baik dan memenuhi kriteria ini.

Merek yang dibuat dengan memenuhi kriteria ini akan lebih memberikan efek atau dampak positif ke dalam perkembangan bisnis Anda, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian dalam jenis apapun itu meski harus mengeluarkan waktu, biaya, dan tenaga yang berlimpah untuk membuat merek yang memenuhi kriteria ini.

3. Merek yang mudah diingat dan dikenali

Umumnya, seseorang akan memperhatikan merek dari produk maupun jasa yang akan digunakannya terlebih dahulu. Sebab, sama seperti manusia yang harus memiliki nama, produk dan jasa pun juga harus memiliki identitas yang berupa merek ini.

Dengan adanya merek pada produk maupun jasa dalam bisnis Anda, akan memberikan peluang yang lebih besar ke dalam bisnis Anda untuk meraih kesuksesan yang di luar harapan. Namun, merek ini tidak boleh dibuat secara sembarangan.

Ada beberapa kriteria tertentu yang perlu Anda terapkan dalam pembuatan merek yang berkualitas, supaya merek tersebut bisa menjadi jalan yang tepat untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda ingin perkembangan bisnis dan kesuksesan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar, maka akan lebih baik jika Anda memulainya dengan memilih dan menggunakan merek yang paling terbaik.

Yang dimaksud dengan istilah paling terbaik disini adalah, sebuah merek yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu, seperti mudah diingat, mudah dikenali, mudah diucapkan, dan mampu membekas di pikiran banyak konsumen.
Ketika Anda menggunakan sebuah merek yang memenuhi kriteria ini, maka proses mereking yang Anda lakukan bisa dibilang sudah memasuki jalan yang benar.

Namun, jika di tahapan pembuatan merek saja sudah gagal untuk Anda lakukan, maka Anda masih harus meluangkan waktu berharga Anda untuk mencari strategi lainnya yang paling terbaik dan sesuai dengan bisnis Anda. Tentu jika seperti ini yang akan rugi adalah Anda sendiri, mengingat peran Anda disini ialah pelaku usaha dari bisnis tersebut.

4. Ciptakan sebuah merek dengan semenarik mungkin

Tidak hanya kata-katanya saja yang harus dibuat dengan semenarik mungkin, tapi desain dari merek itu sendiri juga harus dibuat dengan semenarik mungkin. Semakin menarik merek yang Anda gunakan, maka semakin baik dampaknya untuk bisnis Anda. Maka dari itu, sebagian besar pelaku usaha di Indonesia akan rela mengeluarkan waktu dan biaya lebih hanya untuk membuat merek yang menjual.

Sebuah merek yang dibuat dengan perencanaan yang matang, dapat memberikan dampak positif tersendiri ke dalam bisnis yang sedang berjalan saat itu. Dampak positif ini tidak hanya meliputi tingkat penjualannya saja, tapi kredibilitas dan reputasi perusahaan juga bisa terpengaruh oleh merek yang menarik, sehingga peran merek dalam sebuah bisnis bisa dibilang sangatlah besar.

Sementara itu, kembali lagi ke pembahasan tentang pembuatan merek yang menarik, meskipun Anda perlu membuat merek dengan semenarik mungkin, akan tetapi sangat disarankan untuk menghindari desain yang terlalu ramai.

Sebab, kesederhaan harus selalu diutamakan, supaya konsumen atau pun pelanggan bisa mudah dalam mengingat merek tersebut. Jika desain dari merek yang Anda gunakan terlalu ramai, bisa-bisa merek tersebut malah dianggap norak oleh para konsumen.

4. Sisipkan manfaat di dalam merek yang digunakan

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sebuah merek yang di dalamnya mengandung manfaat dari produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan. Dengan begitu, para konsumen tidak akan merasa kesulitan untuk mengenali jenis produk atau jasa dari bisnis Anda.

Namun, hal ini akan berbeda ketika merek yang Anda gunakan tidak mampu menggambarkan fungsi dan manfaat dari suatu hal yang sedang Anda tawarkan.Maka, secara otomatis konsumen akan mencoba mencari tahu terlebih dahulu tentang produk atau jasa dari bisnis Anda tersebut. Hal ini bisa menguras waktu yang berharga bagi pihak penjual maupun pihak pembeli.

Ketika hal ini terjadi, maka penjual akan kehilangan kesempatan untuk memikat hati banyak konsumen, sedangkan bagi pihak pembeli, mereka akan menguras waktu yang tidak sedikit, karena harus mencari lagi produk maupun jasa yang sedang mereka butuhkan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kendala seperti ini terjadi secara terus-menerus, akan lebih baik jika Anda memudahkan para konsumen dengan memberi gambaran jelas ke dalam merek yang Anda gunakan. Ketika hal ini Anda lakukan, maka konsumen akan bisa langsung mengenali produk maupun jasa dari bisnis Anda, tanpa harus menanyakannya langsung ke pihak perusahaan atau mencari informasi lengkapnya melalui internet.

5. Tonjolkan citra perusahaan yang baik

Tidak hanya keunggulan dari produk maupun jasa saja yang harus ditonjolkan, tapi citra perusahaan pun juga perlu dikemas secara baik. Umumnya, konsumen akan lebih memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik, ketimbang perusahaan yang citranya masih belum diketahui secara jelas. Ketika perusahaan memiliki reputasi yang baik, maka tingkat penjualan pun secara otomatis terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Untuk membuat publik mengetahui bahwa perusahaan Anda memiliki citra yang patut dibanggakan, sangat disarankan untuk Anda mencantumkan keunggulan tersebut ke dalam merek yang Anda gunakan. Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa pencantuman citra perusahaan ini tidak boleh dilakukan dengan cara yang tidak menarik, karena jika hal ini terjadi maka akan berdampak besar kepada citra perusahaan selanjutnya.

Pastikan citra atau keunggulan perusahaan yang Anda cantumkan ke dalam merek itu mampu membuat publik merasa bahwa perusahaan Anda layak dipilih, karena dengan begitu perkembangan bisnis Anda pun bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Ketika bisnis bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi, maka laba yang bisa Anda dapatkan pun juga bisa semakin meningkat. Maka dari itu, untuk kesuksesan bisnis Anda sendiri, usahakan untuk menerapkan cara yang satu ini ketika membuat merek produk maupun jasa dari perusahaan Anda.

6. Merek yang berbeda dengan produk sejenis lainnya

Karena pada dasarnya merek itu sendiri adalah identitas dari sebuah bisnis, produk, maupun jasa yang sedang ditawarkan, tentu merek harus dibuat secara berbeda dari produk sejenis lainnya. Umumnya, pelaku usaha akan menambahkan kata-kata yang menjual dan mampu menarik perhatian banyak orang, supaya publik bisa tahu bahwa perusahaan Anda berbeda dengan perusahaan sejenis lainnya.

Usahakan untuk menonjolkan perbedaan dari produk/jasa milik perusahaan Anda, supaya publik bisa semakin yakin untuk memilih produk atau jasa Anda. Dengan menggunakan beberapa rangkaian kata yang menjual seperti ini, akan membuat publik semakin yakin untuk memilih perusahaan Anda.

Dengan begitu, peluang konsumen beralih dari perusahaan Anda ke perusahaan pesaing akan semakin rendah, sehingga hal ini bisa memberikan efek yang positif bagi perkembangan bisnis Anda.

7. Merek tidak melanggar hukum yang ada

Hukum harus selalu dipatuhi dimanapun Anda sedang berada. Dalam hal ini, ketika Anda sedang membuat merek perusahaan, produk, maupun jasa dari bisnis yang sedang Anda jalankan, hukum juga tetap harus dipatuhi. Pastikan merek yang Anda gunakan tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar hukum, karena jika Anda mengabaikan hal ini maka yang akan rugi adalah bisnis Anda sendiri.

Anda yang berperan sebagai pelaku usaha disini, perlu memastikan bahwa semua yang ada dalam merek tersebut, baik itu simbol, kata, maupun gambar yang digunakan, tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar hukum, supaya Anda tidak mendapat masalah besar di masa mendatang.

Selain itu, berkaitan dengan hukum juga, sangat disarankan untuk mengecek nama merek yang ingin Anda gunakan terlebih dahulu, supaya Anda bisa tahu apakah sudah ada pihak lain yang menggunakan nama atau pun gambar tersebut.

8. Daftarkan secara resmi

Dengan mendaftarkan merek Anda secara resmi, Anda bisa mendapat perlindungan hukum yang sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Maka dari itu, tahapan terakhir dalam pembuatan merek yang baik dan menjual adalah, mendaftarkan merek tersebut secara resmi, supaya negara bisa mengakui keberadaan merek yang telah Anda gunakan tersebut.

Sementara itu, dengan melakukan tahapan ini Anda juga bisa mengantisipasi terjadinya plagiarisme yang dilakukan oleh pihak ketiga. Dengan begitu, kemungkinan untuk merek Anda ditiru oleh pihak lain adalah sangat kecil. Jadi, hal ini bisa memberikan manfaat tersendiri bagi perkembangan bisnis Anda.

Dengan membaca penjelasan yang ada di atas, bisa disimpulkan bahwa peran merek dalam sebuah bisnis sangatlah besar. Sejak sebelum bisnis atau perusahaan Anda berdiri tegak, alangkah baiknya jika Anda membuat merek terlebih dahulu yang menjual. Dengan begitu, perkembangan bisnis Anda di masa mendatang bisa berjalan secara lebih lancar. Segera lindungi merek usaha anda, silahkan hubungi konsulan Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.