021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pengertian merek

apa itu hak kekayaan intelektual

Pengertian merek dan manfaat merek sangat penting diketahui, lindungilah merek usaha anda agar tidak digunakan orang lain. Sudah familiar bahwa merek adalah nama, identitas, atau tanda pengenal.

Di mana merek adalah nama lain dari identitas sebuah produk. Setiap produk wajib memiliki merek untuk membedakan dengan produk sejenis yang lainnya, karena beda produk, beda produsennya, harganya, beratnya, dan juga beda kemasannya.

Walaupun sama isinya, namun memiliki identitas sebagai ciri khas sendiri-sendiri.

Berhubungan dengan merek ini, maka setiap orang yang berniat mendirikan usaha harus memikirkan dengan matang nama merek yang akan mereka pakai. Merek itu bebas sifatnya.

Bisa diambil dari nama pemiliknya, dari plesetan mereka terkenal yang sudah eksis sebelumnya, atau mengambil nama dari istilah lain yang unik. Pastinya memilih merek ini harus dengan mempertimbangkan nilai jualnya.

uu hak merek

Beberapa pengertian merek

Berikut adalah beberapa pengertian merek yang perlu kita tahu :

1. Merek adalah tanda, nama, istilah, simbol, atau sebuah bentuk desain yang dimiliki oleh sebuah produk barang dan jasa. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi produk dan membedakannya dengan produk lainnya (menurut Keegan).

2. Merek berarti sebuah janji. Janji seorang penjual kepada pembeli untuk menjual produknya yang berkualitas (menurut Kotler).

Setelah mengetahui arti dari merek, maka kita harus tahu bahwa ada beberapa macam merek yang eksis di sekitar kita, yakni merek dagang, merek kolektif, dan merek jasa.

Semuanya memiliki ciri khas nama tersendiri dan akan memberikan identitas tersendiri bagi sebuah produk.

Pengertian merek

Baca : Pendaftaran merek

Kriteria Pemilihan Nama Untuk Dijadikan Merek

Bisa juga dikatakan bahwa merek adalah bagian dari syarat sahnya sebuah usaha yang bergerak dalam bidang produksi barang.

Ada pabrik, karyawan, dan merek. Lalu surat ijin usaha bisa mengikuti setelahnya seiring dengan berjalannya waktu.

Jika sebuah usaha, baik barang maupun jasa, tidak memiliki merek, bagaikan sayur tanpa garam. Konsumen akan bingung karena tidak ada mereknya. Apalagi sedang banyak berkembang produk-produk yang palsu.

Berikut adalah kriteria nama bisa dijadikan sebuah merek produk :

1. Nama harus singkat, padat, jelas. Tidak ada merek yang terbuat dari nama yang panjang. Setidaknya 1 atau 2 kata cukup. Jarang yang 3 kata. Kalaupun ada yang terdiri dari banyak kata pasti akan disingkat menjadi satu kata.

2. Nama harus yang mudah diingat. Memikirkan nama untuk merek haruslah yang mudah diingat, di mana merek juga bisa menjadi faktor penting untuk menarik banyak pelanggan.

3. Nama harus yang unik. Tidak menyamai nama yang sudah biasa digunakan, dan tidak menggunakan nama yang umum. Pastikan dibuat nama yang berbeda dan menarik.

Tidak ada yang bisa menampik pentingnya merek bagi dunia perdagangan. Merek menjadi faktor pendukung pemasaran yang lebih tinggi.

Maka dari itulah, bagi para calon pengusaha diharapkan untuk memahami pengertian merek itu sendiri agar hasilnya unik dan produk laris manis.

Apa yang dimaksud dengan merek dagang? Bagaimana pula asal mulanya? Sejak dulu, perdagangan memang menjadi salah satu bidang yang membangun perekonomian nusantara bahkan sebelum masa kolonial.

Sejak zaman kerajaan, daerah – daerah di Indonesia menjadi tempat lalu lintas maritim sehingga perdagangan dan proses jual beli telah terjadi dari berbagai lini.

Perdagangan di nusantara tidak hanya melibatkan penduduk pribumi tetapi juga masyarakat pelancong dari berbagai daerah. Misalnya saja para pedagang dari Cina, Jepang atau Korea.

contoh hak kekayaan intelektual

Baca : nama online shop dan nama olshop

Selain itu, ada juga saudagar dari negara – negara di Timur Tengah yang memanfaatkan jalur sutera di nusantara untuk dapat menjelajah penjuru dunia dan melakukan perdagangan.

Hingga akhirnya tiba di zaman kolonial, Indonesia menjadi salah satu negara yang kerap dijadikan tempat berlalu lalang para pedagang baik asal Belanda maupun beberapa sekutu lainnya.

Setelah proklamasi kemerdekaan, aktifitas jual beli menjadi terus melekat sebagai salah satu cara masyarakat untuk mendapat penghasilan.

Pengertian merek dagang

Baca : nama cafe dan restoran

Seiring dengan perkembangan di berbagai bidang termasuk teknologi, kemudian dikenal istilah merek dagang.

Merek dagang menjadi salah satu hal yang penting bagi sistem jual beli di masa kini karena para customer akan bisa mengenali suatu produk dengan segala kualitasnya jika memiliki nama. Nama tersebutlah yang kemudian menjadi sebuah merek.

Karena digunakan untuk kegiatan jual beli yang termasuk ke dalam sistem perdagangan modern, maka merek suatu produk kemudian disebut dengan merek dagang.

Jadi, merek dagang merupakan sebuah nama atau brand tertentu yang digunakan seseorang atau pihak tertentu untuk menjual produk supaya lebih dikenal oleh para pelanggan.

Satu hal yang perlu diketahui tentang merek dagang yaitu memiliki aturan hukum sendiri. Hal ini berkaitan dengan nilai investasi yang tidak berwujud benda.

Jadi, investasi ada dua jenis, yaitu investasi fisik dan non fisik. Merek dagang termasuk dalam kategori investasi non fisik.

Pengertian merek dagang usaha

Baca : desain industri

Masalah ini tidak bisa dibilang sepele karena kaitannya sudah berhubungan dengan ranah hukum.

Dibutuhkan biaya yang tidak mudah untuk mengurus penyelesaian sengketa semacam ini. Selain itu, tentunya proses penjang tersebut dapat menyita waktu serta tenaga.

Selain membuat bisnis semakin lancar, ketertiban di aspek ini akan menghindarkan diri dari proses panjang apabila terjadi masalah di kemudian hari. Segera lindungi merek usaha anda.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.