021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Mendaftarkan Merek Dagang, Syarat & Prosedur 2022

Sudah tahukah Anda bagaimana cara mendaftarkan merek dagang? Mengingat pentingnya fungsi merek, sebagai pengusaha, Anda perlu segera mendaftarkan merek usaha Anda. Merek akan menjadi identitas perusahaan dan produk.

Dengan mengurus pendaftaran merek, Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakan dan mengembangkan merek tersebut. Bagaimana cara mendaftarkan merek dagang agar segera disetujui?

Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Pengajuan bisa dilakukan secara online melalui Konsultan HKI Patendo. Namun, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan persyaratannya. Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan!

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

1. Memilih Label/Nama Merek yang Sesuai dengan Ketentuan

Label merek menjadi sesuatu yang paling krusial dalam serangkaian cara mendaftarkan merek dagang ini.
Berkaitan dengan merek yang didaftarkan, ada beberapa merk yang tidak dapat didaftarkan berdasarkan Undang Undang Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek yang Tidak Dapat Didaftar dan yang Ditolak. Aturan tersebut dijelaskan lebih detail melalui Pasal 20 dan Pasal 21.

Secara umum, aturan tersebut mengacu pada orisinalitas merek dan kesesuaian dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, dan moralitas. Merek yang terindikasi plagiat atau bertentangan dengan ideologi negara akan ditolak.

2. Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Selain menyiapkan identitas diri lengkap, ada beberapa berkas yang perlu Anda siapkan. Pertama, Anda perlu menyiapkan Logo beserta KTP pendaftar jika pendaftar perorangan dan NPWP perusahaan dan KTP direktur jika pendaftar perusahaan.

Berkas ini menjadi sesuatu yang penting dalam cara mendaftarkan merek dagang. Berkaitan dengan surat pernyataan kepemilikan merek tidak perlu bingung konsultan Patendo akan membuatkannya untuk anda. Anda tinggal tanda tangan dokumen tersebut saja, mudah khan.

3. Mengikuti Proses Pendaftaran Merek Dagang

Terakhir, cara mendaftarkan merek dagang adalah dengan mengikuti semua proses pendaftaran merek. Proses mendaftarkan merek tidak bisa instan. Setelah membuat permohonan pendaftaran merek., ada proses pemeriksaan formalitas yang memakan waktu maksimal 15 hari.

Lalu, setelah berkas dinyatakan lengkap, Anda masih perlu menunggu apakah ada keberatan atau tidak. Proses ini memakan waktu 2 bulan. Jika tidak ada keberatan, ada proses pemeriksaan substansif yang membutuhkan waktu maksimal 150 hari.

Prosedur Mendaftar Merek Dagang

Prosedur Mendaftar Merek Dagang

Cara mendaftarkan merek dagang tidak bisa dilakukan secara asal, untuk itu anda perlu bantuan Konsultan Hki Patendo. Prosedur pendaftaran merek langsung tidak selesai dengan mengisi permohonan . Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan dalam proses mendaftar merek. Berikut adalah beberapa tahapan penting dalam prosedur pendaftaran merek.

1. Menyiapkan Label Merek yang Unik dan Original

Aturan yang berkaitan dengan nama merek sangat ketat. Anda harus tahu bahwa yang akan Anda daftarkan adalah nama merek. Maka, nama yang menjadi Hak Kekayaan Intelektual harus benar-benar Anda perhatikan. Anda perlu cek merek HAKI sebelum mengajukan permohonan pendaftaran serta memastikan bahwa nama Anda orisinal.

Lalu, pastikan juga nama merek tidak bertentangan dengan ideologi negara. Ini menjadi sesuatu yang penting penting dalam cara mendaftarkan merek dagang. Patendo juga melayani pengecekan merek. Pengecekan merek berfungsi apakah merek yang akan anda daftarkan masih kosong atau sudah didaftarkan orang lain.

2. Menunggu Hasil Permohonan Merek Dagang

Cara mendaftarkan merek dagang masih belum selesai, masih ada serangkaian proses lainnya yang perlu Anda ikuti. Setelah permohonan pendaftaran dilakukan, Anda masih perlu menunggu proses pemeriksaan formalitas, pengumuman apakah ada keberatan atau tidak, lalu pemeriksaan substansif.

Sampai pada pemeriksaan substansif, apabila tidak ada masalah dan pendaftaran merek disetujui, merek Anda pun akan resmi didaftarkan. Setelah itu, barulah Anda akan mendaftarkan sertifikat merek. Sertifikat merek adalah akhir dari segala proses dan cara mendaftarkan merek dagang.

Setelah mendapatkannya, merek Anda sudah legal di mata hukum. Anda akan mendapatkan perlindungan selama 10 tahun sampai Anda memperpanjang masa perlindungannya. Sampai mendapatkan sertifikat merek, ada prosedur yang sangat ketat yang harus Anda lalui. Untuk memastikan tidak ada masalah, Anda bisa meminta bantuan jasa konsultasi HKI Patendo.

Cara mendaftarkan Merek Dagang Melalui Konsultan HKI

Cara mendaftarkan Merek Dagang Melalui Konsultan HKI adalah Solusi Terbaik

Cara mendaftarkan merek dagang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Dalam hal ini, DJKI pun melakukan proses yang amat ketat sebelum mengeluarkan sertifikat merek. Anda yang awam dalam hal pendaftaran merek perlu orang yang tepat untuk mengiringi prosesnya.

Oleh karena itu, cara mendaftarkan merek dagang melalui jasa konsultan HKI Patendo menjadi pilihan yang terbaik. Dengan meminta bantuan konsultan Patendo, jika ada kendala dalam proses pendaftaran merek, konsultan HKI akan mencarikan solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut. Anda pun akan dibimbing selama proses hingga semua pendaftaran berhasil.

Untuk Anda yang ingin mendaftarkan merek menggunakan jasa pendaftaran merek, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Menghubungi Konsultan HKI yang Terpercaya

Pertama, Anda harus menghubungi konsultan HKI terpercaya. Konsultan yang terpercaya akan memastikan proses pendaftaran Anda berhasil. Untuk mengetahui apakah jasa konsultan HKI terpercaya atau tidak, Anda bisa melihat pelayanan yang mereka sediakan. Silahkan lihat klien Patendo disini.

2. Konsultasi Perihal Merek Dagang yang Diinginkan

Kemudian, setelah berhasil menemukan jasa konsultan HKI yang terpercaya, Anda bisa mulai berkonsultasi terkait merek dagang. Tanyakan apakah merek Anda layak untuk didaftarkan. Lalu, Anda juga bisa meminta bantuan konsultan untuk mengecek merek yang akan Anda daftarkan.

Perihal nama memang menjadi sesuatu yang sangat krusial dalam proses pendaftaran merek. Kehadiran konsultan menjadi cara mendaftarkan merek dagang yang terbaik dan paling mudah.

3. Menyerahkan Proses Pendaftaran pada Konsultan HKI

Selanjutnya, Anda bisa menyerahkan semua proses pendaftaran merek kepada konsultan HKI. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Konsultan akan memastikan semua proses pendaftaran merek tidak ada yang terlewatkan. Untuk Anda yang tidak ingin ribet, cara mendaftarkan merek dagang bersama konsultan Patendo menjadi pilihan yang paling tepat.

Cara Mendaftar Merek Dagang agar disetujui

Cara Mendaftar Merek Dagang agar disetujui

Untuk Anda yang mencari cara mendaftar merek dagang agar berpeluang besar untuk berhasil, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Berikut 5 hal penting yang akan memastikan proses pendaftaran merek Anda.

1. Memastikan Nama Merek Sesuai dengan Ketentuan

Satu hal paling penting dalam serangkaian cara mendaftarkan merek dagang lagi dan lagi adalah berkaitan dengan nama merek. Anda perlu memahami betul-betul ketentuan nama merek yang akan Anda ajukan.
Nama merek tidak boleh berupa kata-kata yang menjadi jenis umum yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Misalnya, Anda mempunyai produk roti bolu. Lalu, Anda mendaftarkan “Bolu” sebagai nama merek. Nama tersebut sangat umum dan banyak digunakan. Kemungkinan besar permohonan Anda tidak akan lolos.

Lalu, nama merek juga tidak boleh kata-kata yang mengandung unsur SARA atau yang mengandung kata-kata yang bertentangan dengan ideologi negara. Nama yang mengandung informasi yang menyesatkan juga tidak akan lolos.

Terakhir, terkait dengan nama, Anda juga perlu memastikan bahwa nama merek yang akan Anda daftarkan benar-benar orisinal atau belum pernah didaftarkan sebelumnya. Anda perlu melakukan pengecekan secara detail untuk memastikan orisinalitas nama merek.

Setelah proses pemilihan nama merek selesai. Anda pun bisa beranjak ke cara mendaftarkan merek dagang yang lainnya.

2. Melengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Selanjutnya, Anda pun perlu melengkapi persyaratan lainnya yang diperlukan dalam pendaftaran merek. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan identitas diri dan identitas perusahaan jika pendaftar adalah sebuah perusahaan.

Jika Anda kurang memahami persyaratan apa saja yang perlu Anda siapkan atau kesulitan mengurus surat-surat, Konsultan HKI Patendo adalah solusinya. Ini menjadi cara mendaftarkan merek dagang terbaik untuk memastikan pendaftaran berjalan lancar.

3. Menyiapkan Biaya Pendaftaran Merek

Kemudian, salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah bahwa proses pendaftaran merek dagang tidak gratis. Ada biaya yang perlu Anda siapkan, yakni Rp2.800.000 untuk pendaftaran merek per merek per kelas. Dan pengecekan merek per merek per kelas sebesar Rp 100.000.

Biaya tersebut sudah harus Anda bayarkan saat melengkapi proses pendaftaran merek. Anda mungkin perlu menyiapkan biaya tambahan jika pengajuan Anda gagal dan harus mengajukan banding hingga ke pengadilan.

4. Menggunakan Jasa Konsultasi HKI

Karena proses pendaftaran merek ternyata tidak sesederhana yang terlihat, Anda perlu menggunakan jasa konsultasi HKI. Ini menjadi solusi terbaik untuk memastikan pendaftaran merek berjalan dengan baik.
Orang yang ahli dalam mengurus proses pendaftaran merek dagang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang muncul.

Kehadiran konsultan juga bisa meminimalisasi atau mengurangi resiko merek ditolak pendaftarannya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memahami cara mendaftarkan merek dagang dan prosedurnya yang rumit, cukup hubungi Patendo, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.