021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Apa itu Konsultan Pajak ? Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Apa itu Konsultan Pajak 7 Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Pengertian konsultan pajak adalah orang yang akan memberikan jasa konsultasi kepada orang yang wajib pajak untuk melaksanakan hak serta memenuhi kewajiban dari perpajakannya yang sesuai dengan peraturan undang-undang perpajakan.

Peran Konsultan Pajak

Bagi kebanyakan orang yang mempunyai banyak kesibukan seperti para pebisnis mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan urusan pajak dan administrasi menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Terlebih lagi jika sudah menyangkut tentang masalah pajak yang mempunyai ketentuan yang cukup rumit dan membuat sebagian orang yang tidak paham tentang perpajakan dan perhitungan sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan. Disinilah anda akan mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.

Biasanya banyak orang atau pebisnis yang lebih memilih cara mudah dengan menggunakan jasa konsultan pajak profesional. Sehingga urusan yang berhubungan dengan administrasi dan pajak dapat diselesaikan dengan mudah, profesional, dan tentu saja lebih hemat waktu.

Undang-undang yang berkaitan dengan perpajakan memang sering berubah, hal tersebut juga membuat banyak orang tidak menyadarinya jika tidak berkecimpung di dunia perpajakan sendiri.

Tak heran jika terdapat wajib pajak yang sering melakukan kesalahan yang bisa mengurangi dari pembayaran seharusnya atau mungkin pembayaran yang lebih. Hal tersebut juga bisa merugikan wajib pajak. Konsultan pajak nantinya akan menyediakan jasa tersebut kepada para pelapor pajak.

Mengenal konsultan pajak dan perannya

Definisi konsultan pajak merupakan orang atau badan yang menyediakan jasa konsultasi terkait perpajakan kepada pihak wajib pajak agar bisa melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan tersebut berdasarkan Undang-Undang yang sudah diatur.

Lebih ringkasnya, orang yang mempunyai tugas untuk membantu wajib pajak dalam menyelesaikan segala urusan yang berkaitan dengan pajak dan regulasinya sehingga nantinya manfaat tersebut bisa dimaksimalkan.

Singkatnya supaya semua masalah yang terkait dengan pajak dapat diselesaikan dengan mudah, profesional, dan tentu saja hemat waktu.

Layanan yang diberikan konsultan pajak :
– Konsultasi yaitu menawarkan jasa konsultasi di bidang masalah perpajakan sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan.

– Tax Compliance/ Kepatuhan Pajak yaitu membantu masalah yang berkaitan dengan kepatuhan pajak kliennya, seperti perhitungan pajak, identifikasi objek pajak, lapor pajak, dan proses pembayarannya.

– Tax Audit/ Pemeriksaan Lapor Pajak yaitu menyediakan layanan untuk mengevaluasi data yang berkaitan dengan beban pajak dari pihak Direktorat Pajak yang mungkin merugikan klien.

– Tax Planning/ Perencanaan Pajak yaitu bertugas untuk melakukan perencanaan pajak agar bisa memaksimalkan keuntungan pihak klien dalam peraturan legal berdasarkan regulasi perpajakan.

– Personal Tax Assistance/ Pendampingan dalam Pemeriksaan Pajak yaitu mempunyai tanggung jawab sebagai perwakilan atau bahkan mendampingi para klien saat ada pemeriksaan pajak.

Jalan tersebut penting karena banyak klien yang masih belum paham terkait masalah perpajakan yang bisa menyebabkan sanksi pajak menjadi lebih berat jika pengusaha memberikan jawaban terkait pertanyaan perpajakan yang tidak atau belum dipahami.

Biasanya penasihat pajak juga bisa anda jadikan sebagai partner dan dengan senang hati menyediakan solusi terbaik jika terjadi masalah terkait pajak dan menyediakan berbagai dokumennya.

– Restitusi pajak yaitu menyediakan pelayanan dalam mengurus pengembalian kelebihan restitusi atau pajak yang diberikan.

Ini Dia Fungsi Konsultan Pajak

Siapa saja yang membutuhkan jasa konsultan pajak?

Sebagian besar yang membutuhkan jasa konsultan pajak terutama untuk perorangan, badan atau perusahaan di dalam keadaan tertentu. Misalnya saja jika anda mendapatkan kesulitan saat berurusan dengan masalah perpajakan dengan beberapa faktor seperti dana perwalian, rekening tabungan untuk pensiun, pendapatan pebisnis, sewa property, proses pembelian saham, dan masih banyak lainnya.

Berbagai manfaat bisa anda dapatkan ketika anda menggunakan jasa tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, sehingga anda tidak salah pilih. Konsultan juga akan membantu siapa saja yang bekerja atau tinggal di Negara berbeda ketika melakukan investasi seperti menjual, membeli, atau menjalankan sebuah bisnis di Negara tersebut.

Beberapa orang juga menggunakan jasa penasihat pajak untuk beberapa kondisi, seperti masalah perceraian, mengadopsi anak, bercerai, menerima warisan, bahkan menjual asetnya.

Tugas Konsultan Pajak

Manfaat Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan seorang ahli pajak yang memang sudah mempunyai ilmu profesional agar bisa menangani pajak dan regulasinya. Ada beberapa manfaat yang akan disebutkan di bawah ini:

Lebih efisien waktu

Meskipun anda bisa menemukan beberapa aplikasi perpajakan online, namun jika anda mengkombinasikan antara jasa konsultan dengan aplikasi tentunya lebih menghemat waktu saat anda mengurus pajak. Bagaimana tidak, anda hanya perlu membutuhkan waktu lebih singkat untuk berkonsultasi.

Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang ingin diajukan dan konsultan akan memberikan jawaban sebagai solusi terbaik sekaligus meninjau dokumen yang anda miliki. Bahkan tingkat kesalahan saat melakukan wajib pajak juga menjadi lebih minim.

Membantu memberikan solusi terbaik untuk kasus yang rumit

Konsultan pajak mempunyai manfaat dan peran yang sangat besar untuk setiap kliennya berdasarkan kondisi masing-masing. Bahkan dalam beberapa situasi keuangan yang rumit, pendapatan sewa, pendapatan asing, dan masih banyak lainnya bisa mereka selesaikan. Penasehat pajak akan memberikan solusi terbaik untuk ragam masalah tersebut.

Mengurus berbagai dokumen dan formulir pajak

Orang yang wajib pajak harus bisa menyediakan berbagai formulir berdasarkan pajak yang akan dibayarkan. Ketika mengurus hal tersebut secara mandiri terkadang memang membuat repot dan membingungkan. Anda mungkin bingung aturan mana yang menjadi aturan terbaru terkait pajak tersebut. Sedangkan untuk para profesional sendiri mempunyai pengetahuan yang mendalam terkait persiapan pajak dan kode etik pajak.

Penasehat pajak bisa menyesuaikan kebutuhan klien

Untuk manfaat lainnya adalah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan klien. Anda harus tahu jika tugas penasehat pajak bisa bervariasi antara satu konsultan dengan konsultan jasa lainnya, misalnya akuntan publik bersertifikat, profesi yang mempunyai lisensi atau penasehat yang sudah mendapatkan pengakuan untuk profesional tertentu. Secara ringkasnya, jasa konsultan pajak bisa melayani beberapa kebutuhan seperti di bawah ini:

– Mengevaluasi keadaan keuangan para kliennya dan hukum klien agar bisa menentukan kewajiban pajaknya

– Mengatur, mengumpulkan, dan menyimpan formulir dan dokumen terkait dengan pajak

– Membantu klien yang mempunyai masalah terkait pajak dan regulasinya

– Mengisi formulir terkait pajak dan jadwal pajak yang kompleks dan tidak banyak diketahui oleh para wajib pajak

– Membuat perencanaan pajak supaya klien bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal

– Bisa membantu menyelesaikan hal lain berdasarkan situasi dan kebutuhan klien

Jika anda bertanya terkait mengapa harus menggunakan jasa penasehat pajak, sebenarnya anda bisa juga pertimbangkan terkait kebutuhan dan kemampuan financial. Jika anda mempunyai berbagai situasi atau kondisi yang tidak bisa anda selesaikan terkait masalah pajak, akan lebih baik jika anda menggunakan jasa konsultasi pajak profesional.

Anda bisa memilih jasa konsultan yang selalu transparan dan mampu menyediakan informasi akurat untuk kliennya. Jasa konsultan tersebut seharusnya bisa menyediakan saran dan solusi yang terbaik. Konsultan yang mempunyai kejujuran tinggi menjadi prioritas nomor satu. Jujur artinya anda sudah mengenal baik konsultan yang akan dipilih dengan reputasi yang sudah tak perlu diragukan lagi.

7 Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Mengapa menggunakan jasa konsultan pajak?

Terdapat beberapa faktor utama mengapa banyak orang yang masih merasa kesulitan saat menghadapi masalah pajak dan administrasi lainnya. Pertama adalah kesibukan yang tinggi, dan yang kedua adalah mereka tidak familiar dengan berbagai prosedur dan aturan yang terkait dengan perpajakan. Pajak memang mempunyai regulasi yang cukup rumit seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika tidak paham regulasi dan sistemnya, tak heran jika anda mungkin belum bisa mendapatkan manfaat yang paling utama, seperti efisiensi waktu. Setiap warga Negara tentunya tidak lepas dari kewajiban untuk taat membayar pajak, baik secara pribadi, badan ataupun perusahaan. Saat ini pihak pemerintah juga sudah menerapkan sistem yang bernama self assessment sehingga anda mungkin bisa mengurusnya sendiri.

Proses pelaksanaannya juga harus sesuai dengan regulasi dan kebijakan yang berlaku. Namun jika anda menggunakan jasa penasehat pajak, anda tentu saja bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

Regulasi pajak yang sulit dipahami bagi sebagian orang

Banyak orang yang mengatakan jika peraturan pajak di Indonesia terbilang lebih rumit dibandingkan Negara lainnya. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa tingkat ketaatan pajak terbilang masih rendah di Indonesia. Aturan pajak yang rumit mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa Indonesia masih kesulitan untuk mencapai target pajak.

Oleh karena munculnya Tax Amnesty mempunyai tujuan untuk memutus rasa ketidakpercayaan antara pihak Negara dengan publik. Inilah saat dimana pemerintah mulai membangun rasa percaya antara warga Negara dan Negara. Itulah salah satu alasan mengapa Indonesia saat ini sedang memperbaiki sistem perpajakan yang ada di Indonesia, terutama pajak penghasilan perusahaan.

Biaya negosiasi yang lumayan tinggi

Jika terjadi kesalahan tertentu, anda mungkin harus melakukan sejumlah negosiasi agar bisa mengurangi jumlah pajak yang terutang tersebut. Namun biaya negosiasi yang harus dikeluarkan biasanya cukup tinggi. Proses penyelesaian satu ini bisa anda lakukan dengan cara pengajuan banding, pengajuan keberatan, dan masih banyak lainnya.

Meminimalisasikan kesalahan

Jika anda menggunakan jasa konsultan pajak, maka anda dapat menghindari kesalahan dalam proses penyetoran, penghitungan, dan pelaporan.

Lebih praktis, efektif dan efisien

Untuk urusan perpajakan bisa anda selesaikan dengan mudah dan sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Anda bisa melakukan berbagai ragam aktivitas terkait peraturan perpajakan. Tentu saja anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Itulah menjadi beberapa alasan mengapa anda ataupun perusahaan memilih jasa konsultasi perpajakan sebagai solusi terbaik anda.

Efektif dan efisiensi waktu menjadi kunci utama yang paling bisa dirasakan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika pemilihan jasa penasehat pajak harus selalu diperhatikan oleh setiap orang yang membutuhkannya.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak pihak yang menyediakan jasa penasehat pajak, baik yang sudah mempunyai sertifikat khusus ataupun yang belum.

Konsultan pajak dengan keahlian yang sesuai kebutuhan

Anda dapat memilih jasa konsultan pajak berdasarkan dengan kebutuhan anda ataupun perusahaan anda sendiri. Anda bisa melihat spesialisasi keahlian dari penasehat pajak tersebut dari tingkat sertifikat yang mereka miliki.

– Untuk jenis sertifikat tingkat A, mereka bisa menyediakan jasa di bidang pajak secara pribadi kecuali wajib pajak yang tinggal di Negara dengan persetujuan agar bisa menghindari pajak berganda dengan Negara Indonesia.

– Untuk jenis sertifikat tingkat B, bisa menyediakan jasa di bidang pajak kepada perorangan ataupun badan, kecuali wajib pajak untuk penanaman modal asing, bentuk usaha tetap dan wajib pajak yang tinggal di Indonesia dengan persetujuan untuk menghindari adanya pajak ganda di Indonesia.

– Lalu untuk sertifikat tingkat C bisa menyediakan jasa di bidang pajak kepada perorangan dan badan.

Mempunyai kejujuran dan etos kerja tinggi

Etos kerja yang baik dan jujur artinya mereka mempunyai kemauan untuk berbagi pengalamannya, taat pada regulasi, mampu bekerja cepat, bisa menjaga rahasia perusahaan, dan komunikatif. Ada beberapa kompetensi soft skill lain yang harus mereka miliki, seperti di bawah ini:

– Konsultan profesional harus bisa memberikan pemahaman yang baik dan keyakinan pada kliennya jika membayar pajak adalah bagian dari usaha dan kewajiban. Selain itu mereka juga harus bisa memberikan pemahaman yang baik jika ketaatan pajak bisa memberikan pengaruh pada bisnis secara menyeluruh.

– Memahami bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau kliennya. Mereka harus memahami dengan baik terkait produk dan pola yang dijual oleh kliennya. Seperti yang anda tahu jika produk yang dijual berhubungan dengan beban pajak yang dibayarkan. Pastikan mereka bisa memberikan manfaat yang maksimal.

– Konsultan harus bisa mengatakan hal jujur atau meluruskan pandangan kliennya jika mereka berusaha untuk melakukan tindakan pelanggaran hukum.

– Konsultan juga harus selalu up to date tentang situasi ekonomi, khususnya regulasi pajak yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

– Konsultan juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang cakap sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan klien.

Pilih konsultan pajak yang dapat anda jadikan partner

Tidak sedikit orang yang ingin menggunakan jasa penasihat pajak sebagai pihak yang dipekerjakan dan banyak yang berpikir jika mereka hanya ingin menerima semua hasil pekerjaan saja.

Hal tersebut membuat hubungan anda dengan konsultan pajak menjadi lebih baik dan mempunyai kepercayaan tinggi agar bisa memberikan dukungan untuk perusahaan anda.

Sesuaikan dengan budget anda

Terdapat tarif per jam namun ada juga yang menyediakan tarif melalui perjanjian long term. Biaya sangat bergantung pada jumlah pekerjaannya. Untuk badan usaha yang ingin memilih jasa konsultan pajak akan lebih baik disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan tersebut.

Dapatkan rekomendasi

Untuk memilih penasehat pajak adalah dengan cara menjadi rekomendasi dan referensi berdasarkan rekan bisnis yang sudah pernah menggunakan jasa tersebut. Anda harus tahu bagaimana penasehat pajak tersebut dapat bekerja, bagaimana penilaiannya dan apa saja fasilitas yang mereka sediakan.

Banyak hal yang harus anda pertimbangkan. Sekali lagi anda harus paham jika tidak semua jasa penasehat pajak dapat menangani semua kebutuhan para kliennya. Oleh karena itu, anda harus dapat pastikan jika konsultan tersebut sudah mempunyai izin praktik yang dibutuhkan supaya bisa memberikan jasa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Selain melakukan kerja sama dengan konsultan pajak profesional, anda juga bisa menggunakan aplikasi perpajakan digital untuk membantu masalah administrasi perpajakan sehari-hari. Aplikasi tersebut bisa memudahkan anda karena banyak fitur beragam dan mampu berkolaborasi dengan aplikasi yang perusahaan anda gunakan.

Namun anda juga bisa kombinasikan aplikasi digital tersebut dengan penyedia penasehat pajak anda agar manfaat terbaik bisa sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga informasi kali ini bisa memberikan anda pengetahuan terkait jasa penasehat pajak yang anda butuhkan beserta manfaat yang bisa anda dapatkan nantinya.

Apa saja jasa layanan konsultan pajak

Tugas Konsultan Pajak

Berikut ini Tugas Konsultan Pajak :

• Perencanaan Perpajakan

Tugas pertama yang akan kita bahas adalah terkait perencanaan pajak. Artinya para konsultan pajak akan berusaha semaksimal mungkin untuk merencanakan pajak klien guna memaksimalkan profit klien.

Bahkan, bukan hanya mengatur perencanaannya saja, melainkan juga membuat laporan tahunan juga.

• Menghitung, Membayar, dan Melaporkan

Tugas lainnya yakni mengurus semua hal terkait kepatuhan pajak kliennya. Mulai dari perhitungan, pembayaran, hingga pelaporan pajak.

• Pendampingan Pemeriksaan

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh klien terhadap perpajakan, konsultasi pajak juga memiliki andil sebagai pendamping terkait hal tersebut.

Selain pendampingan, juga andil dalam persiapan dokumen maupaun data-data perpajakan dalam pemeriksaan yang berlangsung.

• Pemeriksaan

Selain melakukan pendampingan dalam pemeriksaan, tugas konsultan pajak perusahaan maupun instansi lain juga melakukan pemeriksaan langsung terkait laporan perpajakan. Tentunya, dengan tujuan yang cukup penting yakni untuk melakukan evaluasi data terkait beban pajak yang bisa saja merugikan si klien.

• Melakukan Restitusi Pajak

Persiapan data, penyampaian, hingga pemeriksaan dan proses akhir restitusi atau pengembalian bayar pajak yang kelebihan. Meskipun tidak terus menerus klien membutuhkan pengurusan restitusi, namun bisa saja sewaktu-waktu terdapat kelebihan pembayaran atau kesalahan yang memungkinkan pengurusan restitusi harus dilakukan.

• Pelerai Sengketa Pajak

Selain beberapa hal di atas, juga memiliki tugas sebagai pelerai dalam penyelesaian sengketa pajak oleh klien. Pasalnya, tidak sedikit klien yang membutuhkan jasa ini mengingat urusan perpajakan merupakan urusan yang cukup kompleks.

• Melakukan Konsultasi

Sesuai dengan namanya, tentu konsultan pajak juga memiliki tugas sebagai konsultan yang dalam hal ini memberikan penawaran kepada para klien terkait jasa konsultasi permasalahan maupun keluhan di dalam dunia perpajakan.

Bagikan :