021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Apa itu Konsultan Pajak ? 7 Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Apa itu Konsultan Pajak 7 Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Pengertian konsultan pajak adalah orang yang akan memberikan jasa konsultasi kepada orang yang wajib pajak untuk melaksanakan hak serta memenuhi kewajiban dari perpajakannya yang sesuai dengan peraturan undang-undang perpajakan.

Dalam arti lain pengertian konsultan pajak ialah konsultan pajak merupakan orang yang memberikan bantuan wajib pajak serta mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan perpajakan. Sehingga orang yang menggunakan jasa akan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar.

Layanan yang Diberikan Konsultan Pajak

Layanan yang Diberikan Konsultan Pajak

Dari pengertian konsultan pajak sendiri membuat banyaknya perusahaan di Indonesia yang menggunakan konsultan pajak guna untuk memberikan waktu yang efisien bagi perusahaan. Di bawah ini merupakan beberapa layanan yang akan diberikan oleh konsultan pajak.

1. Kepatuhan pajak yakni dengan mengurus hal-hal yang akan berhubungan dengan kepatuhan pajak dari kliennya yakni seperti menghitung, membayar serta melaporkan pajak.

2. Melakukan perencanaan pajak yang memiliki tujuan membantu keoptimalan klien.

3. Memeriksa laporan pajak yakni untuk mengevaluasi data-data yang akan berhubungan dengan munculnya beberapa beban pajak yang bisa berdampak memberikan kerugian pada perusahaan.

4. Melakukan pendampingan dalam pemeriksaan yang menjadi tanggung jawab konsultan pada saat melakukan pemeriksaan pajak bersama dengan klien. Ini dilakukan karena banyaknya klien yang masih belum paham mengenai masalah perpajakan.

Sehingga konsultan pajak ikut serta membantu memberikan kesiapan dokumen yang akan dibutuhkan pada saat pemeriksaan.

5. Konsultasi, menjadi konsultasi pajak yakni menawarkan konsultasi tentang masalah perpajakan dengan tarif jasa konsultan pajak.

6. Restitusi pajak, apabila klien akan membutuhkan pengembalian kelebihan dari pembayaran pajak (restitusi). Konsultan pajak ini dapat membantu menyiapkan data, dan memeriksa hingga proses akhir agar diterimanya kembalian pajak tersebut.

7. Menyelesaikan sengketa pajak, tugas konsultasi pajak selanjutnya ialah dapat memberikan pelayanan menyelesaikan sengketa pajak dari klien.

Pengertian konsultan pajak sendiri yakni untuk memberikan konsultasi kepada orang yang kurang paham akan perpajakan atau orang yang memang membutuhkan untuk perusahaan mereka.

Ini Dia Fungsi Konsultan Pajak

Ini Dia Fungsi Konsultan Pajak

Berikut ini Fungsi Konsultan Pajak :

• Bimbingan

Salah satu fungsi dari konsultan pajak adalah memberikan bimbingan. Bimbingan yang diberikan nantinya ditujukan untuk wajib pajak serta estimasi yang juga dibayar oleh wajib pajak. Bahkan, dalam hal ini para konsultan pajak juga melakukan koreksi fiskal dan lainnya.

• Mempersiapkan dan Mengurus Data

Fungsi selanjutnya terletak pada pendataan yakni mempersiapkan dan mengurus data-data. Data yang disiapkan serta telah diurus tersebut nantinya dilaporkan berdasarkan ketetapan perusahaan terkait perpajakan.

• Menekan Biaya

Tahukah Anda bahwa konsultan pajak juga dapat menekan biaya pembayaran pajak? Bahkan penekanan biaya yang dilakukan oleh para konsultan pajak ternyata tidak termasuk sebagai pelanggaran dari ketentuan maupun peraturan perpajakan itu sendiri. Fungsi penting inilah yang terkadang banyak membuat orang memerlukan jasa konsultan pajak.

• Pendampingan

Pendampingan dilakukan oleh konsultan pajak kepada wajib pajak jika sewaktu-waktu dilakukan pemeriksaan. Bahkan, konsultan pajak juga melakukan pendampingan terhadap wajib pajak yang keberatan atau sedang melakukan banding akibat suatu kejadian tertentu.

• Pengatur Pajak

Selain beberapa fungsi di atas, konsultan pajak juga memiliki fungsi lain sebagai pengatur pajak dari suatu perusahaan. Tentu fungsi ini tetap diselaraskan dengan perkembangan dari peraturan yang berlaku dari masing-masing perusahaan.

Fungsi ini dimiliki oleh konsultan pajak juga dikarenakan wajib pajak tidak atau kurang memiliki waktu dalam mengurus serta memperhatikan perkembangan pajak di suatu perusahaan.

Dengan demikian, dalam mengatur pajak, konsultan pajak nantinya juga diminta sebagi pemberi informasi terkait perkembangan maupun peraturan perpajakan yang terbaru kepada wajib pajak.

• Meminimalkan Risiko Kesalahan

Fungsi dan tugas konsultan pajak menjadi suatu hal yang cukup penting di dalam dunia perpajakan. Bagaimana tidak, konsultan pajak ternyata juga memiliki fungsi sebagai pihak yang mampu meminimalkan kesalahan-kesalahan sebagai risiko di dunia perpajakan.

• Mengurangi Beban Perusahaan

Fungsi lain dari konsultan pajak adalah bahwa beban perusahaan dapat dikurangi sehingga bisa lebih fokus dalam hal pengembangan bisnis. Pasalnya, konsultan pajak mampu membuat keberlangsungan bisnis suatu perusahaan menjadi lebih efisien.

Tugas Konsultan Pajak

Tugas Konsultan Pajak

Berikut ini Tugas Konsultan Pajak :

• Perencanaan Perpajakan

Tugas pertama dari konsultan pajak yang akan kita bahas adalah terkait perencanaan pajak. Artinya para konsultan pajak akan berusaha semaksimal mungkin untuk merencanakan pajak klien guna memaksimalkan profit klien.

Bahkan, bukan hanya mengatur perencanaannya saja, melainkan juga membuat laporan tahunan juga.

• Menghitung, Membayar, dan Melaporkan

Tugas lain dari konsultan pajak yakni mengurus semua hal terkait kepatuhan pajak kliennya. Mulai dari perhitungan, pembayaran, hingga pelaporan pajak.

• Pendampingan Pemeriksaan

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh klien terhadap perpajakan, konsultasi pajak juga memiliki andil sebagai pendamping terkait hal tersebut. Pasalnya, masih banyak juga klien-klien yang kurang memahami terkait hal tersebut sehingga memerlukan jasa konsultan pajak.

Selain pendampingan konsultan pajak juga andil dalam persiapan dokumen maupaun data-data perpajakan dalam pemeriksaan yang berlangsung.

• Pemeriksaan

Selain melakukan pendampingan dalam pemeriksaan, tugas konsultan pajak perusahaan maupun instansi lain juga melakukan pemeriksaan langsung terkait laporan perpajakan. Tentunya, dengan tujuan yang cukup penting yakni untuk melakukan evaluasi data terkait beban pajak yang bisa saja merugikan si klien.

• Melakukan Restitusi Pajak

Persiapan data, penyampaian, hingga pemeriksaan dan proses akhir restitusi atau pengembalian bayar pajak yang kelebihan juga dilakukan oleh konsultan pajak. Meskipun tidak terus menerus klien membutuhkan pengurusan restitusi, namun bisa saja sewaktu-waktu terdapat kelebihan pembayaran atau kesalahan yang memungkinkan pengurusan restitusi harus dilakukan.

• Pelerai Sengketa Pajak

Selain beberapa hal di atas, konsultan pajak juga memiliki tugas sebagai pelerai dalam penyelesaian sengketa pajak oleh klien. Pasalnya, tidak sedikit klien yang membutuhkan jasa ini mengingat urusan perpajakan merupakan urusan yang cukup kompleks.

• Melakukan Konsultasi

Sesuai dengan namanya, tentu konsultan pajak juga memiliki tugas sebagai konsultan yang dalam hal ini memberikan penawaran kepada para klien terkait jasa konsultasi permasalahan maupun keluhan di dalam dunia perpajakan.

Itulah beberapa fungsi dan tugas konsultan pajak yang perlu Anda ketahui supaya dapat lebih.

7 Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

7 Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Rata – rata hampir sebagian besar perusahaan – perusahaan telah merasakan beragam manfaat konsultan pajak yang digunakan untuk mengurusi masalah perpajakan yang harus dikeluarkan. Terlebih lagi, perusahaan umumnya mempunyai proses keuangan dan pelaporan pajak yang terbilang lebih kompleks.

Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa saja manfaat penting bagi perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak tersebut?

Mengenal definisi jasa konsultan pajak

Secara umum, jasa konsultan pajak merupakan suatu jasa yang memberikan layanan dalam hal konsultasi masalah perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku sesuai Undang – Undang.

Dalam hal ini, konsultan pajak umumnya memiliki tugas dalam mengurus segala hal yang berkaitan erat dengan masalah pajak. Dengan adanya jasa konsultan pajak, maka perusahaan yang menggunakan jasa layanan tersebut akan terbantu dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Sehingga, hal inilah yang nantinya akan membantu perusahaan – perusahaan dalam mengatasi masalah pajak secara lebih efektif dan efisien.

 

Apa saja jasa layanan konsultan pajak

Mengingat konsultan pajak umumnya membantu perusahaan dalam hal pengurusan pajak, maka untuk masalah layanan yang diberikannya pun tidak jauh dari masalah keuangan yang harus dibayarkan bagi pihak wajib pajak. Nah, berbagai layanan yang umumnya diberikan jasa konsultan pajak di antaranya yakni sebagai berikut :

• Layanan kepatuhan pajak

Yakni suatu layanan yang diberikan oleh pihak konsultan pajak dalam mengurusi berbagai macam hal yang berkaitan erat dengan kepatuhan pajak para kliennya. Dalam hal ini, konsultan pajak akan mengurusi masalah pajak dari mulai menghitung, membayar sampai dengan melaporkan pajak.

• Memberikan perencanaan pajak

Jika melihat dari manfaat konsultan pajak bagi perusahaan – perusahaan besar, maka mereka akan terbantu dalam hal mengoptimalkan keuntungan yang akan diperoleh ke depannya. Sebab, jasa ini umumnya akan memberikan perencanaan pajak agar lebih terstruktur.

• Melakukan pemeriksaan laporan pajak

Dalam layanan ini, pihak konsultan pajak biasanya akan memberikan layanan dalam hal mengevaluasi data yang berkaitan dengan munculnya beban pajak yang berpotensi merugikan pihak perusahaan. Dengan begitu, maka solusi untuk mengatasi masalah ini bisa segera diambil.

• Melakukan pendampingan dalam hal pemeriksaan

Saat melakukan pemeriksaan pajak, jasa konsultan pajak biasanya memiliki tanggung jawab besar dalam mewakili maupun mendampingi para kliennya dengan menyiapkan data / dokumen yang diperlukan. Hal ini penting dilakukan lantaran tak sedikit klien yang terkadang kurang paham mengenai masalah perpajakan yang harus dikeluarkan.

• Memberikan konsultasi untuk klien

Umumnya, jasa konsultan pajak ini memiliki tugas utama bagi para kliennya untuk memberikan jasa konsultasi mengenai permasalahan perpajakan yang harus dibayarkan kepada lembaga terkait. Dengan begitu, maka proses perpajakan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

• Layanan restitusi pajak

Merupakan layanan yang diberikan kepada klien yang membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi). Dalam hal ini, pihak konsultan pajak akan membantu proses pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi pajak hingga proses akhir pengembalian kelebihan pajak tersebut.

• Dapat menyelesaikan masalah sengketa pajak

Layanan yang juga diberikan oleh konsultan pajak yakni dengan menyelesaikan masalah sengketa pajak yang dialami oleh pihak klien. Biasanya, masalah sengketa ini meliputi pengajuan keberatan pajak, banding dan lain – lain yang dialami oleh pihak klien.

Berbagai manfaat konsultan pajak bagi perusahaan

Berbagai manfaat konsultan pajak bagi perusahaan

Dari sekian banyaknya layanan yang diberikan, menggunakan jasa konsultan pajak umumnya memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan antara lain sebagai berikut :

• Memberikan nasihat, bimbingan dan saran kepada perusahaan

Konsultan pajak umumnya memiliki tugas utama dalam hal memberikan nasihat, bimbingan serta saran terbaik terhadap wajib pajak / perusahaan itu sendiri. Di samping itu, jasa layanan ini juga umumnya akan membuat penghitungan pajak, melakukan koreksi fiskal dan lain – lain secara tepat.

• Membuat biaya operasional lebih efisien

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak ini, maka akan membuat biaya operasional yang kerap kali dikeluarkan oleh perusahaan setiap bulannya lebih efisien.

• Meminimalkan terjadinya kesalahan perhitungan pajak

Dikarenakan pihak konsultan pajak biasanya sudah terlatih dalam menghitung pajak dan mampu melakukannya sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka risiko kesalahan perhitungan pajak dapat diminimalkan dengan baik.

• Pebisnis akan lebih fokus pada perusahaannya

Mengingat segala urusan pajak telah diatasi oleh pihak konsultan pajak, maka pihak pebisnis nantinya akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya di pasaran agar semakin dikenal luas oleh masyarakat.

• Mampu mengatasi segala permasalahan pajak

Umumnya, menggunakan jasa konsultan pajak ini dapat mengatasi segala permasalahan pajak dengan baik lantaran memang ahli dalam segala hal yang berhubungan dengan masalah perpajakan.

• Mudah dalam melakukan perencanaan pajak

Jasa konsultan pajak juga umumnya mampu untuk menentukan perencanaan pajak yang harus dibayarkan perusahaan di kemudian hari. Sehingga, perusahaan tidak perlu terjun langsung dalam mengurusi masalah perpajakan di dalamnya.

• Perusahaan akan terhindar dari denda / sanksi

Manfaat menggunakan jasa konsultan pajak ini juga akan membuat perusahaan terhindar dari denda ataupun sanksi lainnya. Hal ini lantaran jasa konsultan telah mengurus segala keperluan pajak dengan baik agar tidak terlambat dalam hal setor dan lapor pajak yang harus dikeluarkan.

Demikianlah, beberapa manfaat konsultan pajak yang umumnya digunakan perusahaan – perusahaan besar dalam hal mengurusi segala macam perpajakan yang harus dibayarkan kepada phak terkait.

Kewajiban dan Kode Etik Profesi Konsultan Pajak

Kewajiban dan Kode Etik Profesi Konsultan Pajak

Dalam kehidupan sehari – hari, Anda tentunya pernah atau bahkan sering mendengar mengenai profesi konsultan pajak di berbagai tempat, bukan? Ya, profesi ini umumnya digunakan oleh berbagai pihak dalam hal menyelesaikan masalah pajak dan segala hal yang ada di dalamnya. Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa saja kewajiban dan kode etik dari orang yang berprofesi sebagai konsultan pajak?

Kewajiban dan kode etik konsultan pajak

Sebagai seseorang / badan yang umumnya memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada pihak wajib pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kode etik dari profesi ini penting sekali untuk diperhatikan. Ya, hal ini berlaku lantaran pekerjaan seorang konsultan pajak sendiri tidak bisa sembarang dilakukan oleh semua orang.
Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban dan kode etik seorang konsultan pajak itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

• Berbagai kewajiban konsultan pajak di Indonesia

1. Kewajiban yang harus dipenuhi konsultan pajak yakni wajib untuk memberikan konsultasi bagi wajib pajak dalam hal melaksanakan berbagai hak dan memenuhi kewajibannya dalam hal perpajakan sesuai dengan aturan Undang – Undang yang berlaku.

2. Wajib menaati segala peraturan pada kode etik konsultan pajak dan berpedoman pada aturan yang berlaku di profesi konsultan pajak yang ditetapkan oleh pihak asosiasi konsultan pajak.

3. Ikut serta dalam melaksanakan segala kegiatan pengembangan profesional konsultan pajak yang digelar oleh pihak asosiasi konsultan pajak dan turut memenuhi satuan kredit pengembangan profesional berkelanjutan.

4. Dapat menginformasikan mengenai data laporan tahunan konsultan pajak sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

5. Mampu menyampaikan setiap perubahan pada nama dan alamat rumah serta kantor dengan melampirkan bukti perubahan tersebut pada lampiran yang berlaku.

• Macam – macam kode etik profesi konsultan pajak di Indonesia

1. Perlu Anda ketahui bahwa dalam kode etik IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) sendiri adalah suatu kaidah moral yang umumnya dijadikan sebagai pedoman dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam melakukan tugas dan perannya masing – masing.

2. Tiap anggota IKPI diharuskan untuk selalu menjaga nama baik profesi dengan selalu berpegang teguh pada kode etik konsultan pajak yang berlaku.

3. Menaati kode etik IKPI agar terhindar dari sanksi yang nantinya diberikan pihak lembaga terkait.

Mengapa harus menggunakan jasa konsultan pajak

Mengapa harus menggunakan jasa konsultan pajak?

Pada umumnya, ada beberapa alasan penting yang melatarbelakangi seseorang perlu menggunakan jasa konsultan pajak di Indonesia. Selain kegunaan jasa konsultan pajak dapat mengurusi berbagai masalah yang berkaitan erat dengan masalah perpajakan, alasan Anda perlu menggunakan profesi konsultan pajak yakni sebagai berikut :

• Adanya peraturan rumit pajak yang sulit untuk dipahami

Salah satu alasan seseorang menggunakan jasa konsultan pajak yakni karena adanya peraturan rumit pajak yang memang sulit untuk dipahami. Sehingga, hal inilah yang menjadikan seseorang perlu menggunakan jasa konsultan pajak agar dapat membantu menyelesaikan masalah pajak dan berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan pajak bagi wajib pajak yang ada.

• Dapat meminimalkan risiko terjadinya kekeliruan

Alasan selanjutnya seseorang perlu memakai jasa konsultan pajak yakni karena mampu meminimalkan adanya kesalahan dalam hal perhitungan, penghitungan, penyetoran hingga pelaporan pajak. Sehingga, hasilnya pun akan lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan Anda melakukannya sendiri. Terlebih lagi, jasa ini memang sudah ahli di bidang perpajakan.

• Adanya biaya negosiasi yang terbilang cukup tinggi

Dalam pengurusan pajak, wajib pajak sering kali mengalami kekeliruan atau kesalahan untuk melakukan negosiasi. Nah, hal inilah yang biasanya akan mengakibatkan biaya negosiasi yang harus dikeluarkan relatif tinggi.

Maka dari itu, perlu untuk Anda menggunakan jasa konsultan pajak agar dapat mengatasi segala permasalahan yang dihadapi tersebut dalam kaitannya dengan perpajakan.

• Terbilang lebih efektif, efisien dan praktis

Umumnya, konsultan pajak memprioritaskan segala urusan perpajakan dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, wajib pajak bisa melakukan segala aktivitas tanpa khawatir terbebani dengan masalah perpajakan.

Hal inilah yang menjadikan urusan pajak dapat diselesaikan lebih efektif, efisien dan tentunya praktis. Jadi, itulah sekilas informasi bagi Anda mengenai kewajiban, kode etik dan alasan pentingnya menggunakan jasa profesi konsultan pajak di Indonesia.

Bagikan :