021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

18 Tips, Pedoman dan Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Ingin memulai bisnis kosmetik online? Ikuti langkah-langkah di bawah ini dan segera daftarkan brand olshop kosmetik Anda melalui Patendo. Hubungi 0853 5122 5081.

Bisnis kosmetik rupanya tak mau kalah dengan bisnis lainnya yang semakin hari semakin banyak diminati konsumen. Bukan hanya kosmetik saja, namun skincare atau perawatan kulit juga ikut naik daun.

Salah satu yang paling populer adalah skincare dan kosmetik Korea dengan pencapaian penjualan peringkat ketiga setelah fashion dan kuliner. Ini yang menjadi faktor maraknya pebisnis kosmetik baik offline maupun online.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia kecantikan dan ingin merambah dunia bisnis, simak cara memulai usaha kosmetik online berikut ini agar mampu berkembang pesat dan cepat meraih sukses.

bisnis kosmetik

Tips memulai bisnis kosmetik online

Ada tiga tips untuk memulai bisnis skincare dan kosmetik agar cepat dikenal. Apa saja?

1. Brand

Dalam memulai bisnis kosmetik online, hal pertama dan utama adalah memiliki brand. Brand merupakan identitas produk kosmetik Anda yang memberi banyak manfaat bagi kelangsungan usaha Anda.

Brand atau merek terbukti dapat menaikkan popularitas dan penjualan produk. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor di antaranya:

1. Konsumen mudah mengenali produk.

2. Manfaat dan karakter produk tergambar jelas melalui brand.

3. Produk bermerek memiliki citra dan reputasi yang baik dibanding dengan yang tidak memiliki brand.
Dengan memiliki brand, konsumen akan lebih loyal dan percaya dengan produk kosmetik Anda. Ada ragam cara memilih nama untuk brand kosmetik agar mudah dikenal.

Salah satunya dengan memilih nama yang singkat dan sederhana serta menggambarkan produk Anda. Penamaan penting diperhatikan agar tidak merugikan bisnis hanya karena kesalahan dalam memilih nama.

Jika Anda ingin memiliki brand produk sendiri maka Anda juga harus menyiapkan operasional untuk kegiatan produksi. Banyak aspek yang perlu dipikirkan untuk memproduksi kosmetik sendiri antara lain ahli farmasi dan dermatologi, alat produksi dan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang ini.

Awalnya memang terlihat sulit namun jika sudah dijalankan dengan niat dan keyakinan yang kuat, maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

Dengan memproduksi kosmetik sendiri, Anda akan lebih leluasa mengatur strategi branding dan mengelola perusahaan sendiri tanpa perlu mengembangkan perusahaan orang lain.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak sedikit, namun keuntungan dan manfaat yang diperoleh juga tidak sedikit jika memiliki produk kosmetik sendiri.

2. Jadi reseller

Apabila Anda belum memiliki modal yang cukup untuk memproduksi kosmetik sendiri, ada alternatif lain yang bisa Anda coba, yaitu menjadi reseller. Saat ini banyak brand kosmetik ternama yang menyediakan sistem reseller.

Bukan hanya brand kosmetik lokal namun juga brand luar negeri banyak yang membuka kesempatan bagi reseller. Caranya juga sangat mudah, Anda bisa menghubungi contact person perusahaan kosmetik tertentu dan mendaftar sebagai reseller.

Dengan memulai bisnis kosmetik online sebagai reseller, Anda sudah bisa menjual produk kosmetik tanpa perlu mengeluarkan banyak modal untuk produksi.

Setelah mendaftar sebagai reseller, Anda akan mendapat katalog produk yang digunakan sebagai bahan promosi. Keuntungan menjadi reseller produk kosmetik biasanya berasal dari komisi atas penjualan atau harga member yang dijual kembali dengan mengambil sejumlah keuntungan.

3. Gunakan model

Salah satu cara ampuh ketika memulai bisnis kosmetik online adalah menggunakan model pada setiap produk. Penggunaan model terbukti dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk kosmetik.

Konsumen akan merasa lebih dekat dengan produk yang ditawarkan karena ada contoh yang sudah memakai produk tersebut. Biasanya produk kosmetik dan skincare akan diaplikasikan pada model dengan teknik before and after.

Jadi konsumen akan langsung melihat perbedaan ketika sebelum dan sesudah memakai produk dan kemungkinan closing akan lebih besar.

cara memulai bisnis kosmetik

Pedoman menjalankan bisnis online kosmetik

Ketiga tips penting di atas bisa Anda jalankan beriringan dengan pedoman memulai bisnis kosmetik online berikut ini agar usaha berjalan sesuai harapan dan menuai hasil maksimal.

1. Pelajari ilmu bisnis

Bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis tanpa ilmu yang memadai? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memperkaya diri Anda dengan segala hal yang berkaitan dengan bisnis kosmetik.

Cara memulai bisnis kosmetik online yang tepat adalah dengan mencari ilmu melalui berbagai acara. Dengan begitu Anda akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam industri kecantikan.

Terlebih jika Anda ingin memiliki produk kosmetik sendiri, Anda harus mengerti proses produksi hingga pengemasan yang tepat.

Dengan cara tersebut pula Anda dapat mengenal rekan sesama pebisnis yang telah lebih dulu terjun di dunia bisnis kosmetik. Manfaatkan momentum ini untuk mempelajari ilmu bisnis kosmetik sebanyak-banyaknya.

2. Tentukan partner bisnis yang tepat

Jika Anda berencana menciptakan produk kosmetik dan skincare sendiri, maka Anda perlu mitra yang tepat agar bisnis berjalan sesuai harapan. Dalam hal ini Anda harus menemukan formula khusus untuk kosmetik dan skincare produksi Anda.

Anda bisa mencari laboratorium dan ahli kimia atau dermatologi untuk membantu Anda menemukan formula yang tepat dan aman tentunya.

Maka dari itu perbanyak relasi dan rajin datang ke acara pameran industri kecantikan agar lebih mudah menemukan laboratorium dan tenaga ahli yang tepat.

3. Mulai dengan cara bertahap

Semua bisnis yang dimulai dari nol tidak ada yang langsung sukses dan besar. Perusahaan kosmetik ternama pun pasti memulai bisnisnya secara bertahap.

Hal terpenting untuk memulai bisnis kosmetik online adalah semua dilakukan dengan cara yang tepat, fokus dan yakin.

Jika Anda telah menemukan formula yang tepat dan aman, langkah selanjutnya adalah memproduksi kosmetik dan skincare dalam jumlah tertentu. Untuk tahap awal, Anda bisa memproduksi tidak lebih dari 500 kemasan dulu.

Untuk label dan kemasan bisa Anda desain dan produksi sendiri untuk menghemat biaya karena pembuat kemasan biasanya hanya melayani pesanan dalam jumah besar saja.

Jika minim budget, Anda bisa menggunakan kemasan sesederhana mungkin dan seadanya saja yang penting produk Anda dapat dilihat konsumen. Apabila modal mulai terkumpul, Anda bisa memperbarui kemasan setiap kali produksi.

4. Perkenalkan produk

Setelah kemasan dan label jadi, Anda perlu memperkenalkan produk kosmetik dan skincare kepada calon konsumen. Tanpa langkah ini, calon konsumen tidak akan tahu dan mengenal brand kosmetik Anda.

Cara mudah dan murah adalah menjualnya melalui online. Manfaatkan teman dunia maya Anda untuk mempromosikan produk Anda. Selain online, Anda bisa menjualnya di pinggir jalan dengan menggunakan booth sederhana.

Jika kekurangan modal, Anda bisa menitipkan produk ke toko kosmetik terdekat dengan penawaran dan negosiasi terlebih dahulu. Untuk memaksimalkan kegiatan promosi, usahakan untuk menyediakan tester produk.

Biasanya produk skincare dan kosmetik dilengkapi tester agar konsumen dapat mencoba dan merasakan langsung manfaat produk yang akan mereka beli.

5. Bentuk tim marketing

Jika Anda memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya jika Anda merekrut karyawan khusus bidang pemasaran. Hal ini akan sangat membantu kegiatan promosi karena ditangani oleh ahlinya.

Tim marketing biasa dimiliki oleh perusahaan besar untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Namun, untuk Anda yang baru memulai bisnis kosmetik online bisa merekrut seorang marketer dulu sebelum nantinya dapat membentuk tim dengan beberapa karyawan.

tips memulai bisnis kosmetik online

Ragam cara berbisnis kosmetik

Menjalankan bisnis kosmetik bukan hanya dengan memproduksi dan memiliki brand sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin memulai bisnis kosmetik online. Berikut beberapa cara menjalankan bisnis kosmetik minim modal untuk Anda.

1. Dropship dan reseller

Cara pertama untuk memulai bisnis kosmetik online dengan modal kecil adalah dengan menjadi reseller dan dropship brand kosmetik ternama.

Ini lebih mudah dilakukan karena brand ternama sudah pasti dikenal dan memiliki banyak peminat. Berbeda jika Anda menjual produk dari brand yang belum memiliki nama pasti akan lebih sulit untuk closing.

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropship melalui official store atau toko resmi brand kosmetik dan skincare sehingga Anda akan mendapat harga dan produk yang benar-benar berkualitas.

Jangan sampai salah memilih supplier karena dapat berdampak buruk bagi kelangsungan bisnis Anda. Selain harga yang tinggi, kualitas produk juga patut dipertanyakan.

Bisa saja produk dari supplier dan yang akan Anda jual tersebut adalah produk KW atau palsu. Tentu hal ini akan sangat merugikan diri Anda sebagai reseller atau dropship dan juga konsumen Anda.

Maka pastikan keaslian produk dengan cara mendaftar melalui official store brand kosmetik dan jangan lupa untuk menyediakan tester agar konsumen lebih mudah tertarik dan membeli produk Anda.

2. Online shop

Hampir sama dengan reseller dan dropship, membuka online shop kosmetik juga termasuk cara mudah memulai bisnis kosmetik online dengan modal yang tidak terlalu besar dibanding memproduksi kosmetik sendiri.

Jika reseller atau dropship hanya bisa menjual satu brand saja, maka untuk online shop memungkinkan Anda untuk menjual lebih dari satu brand kosmetik dan skincare.

Hal ini lebih menguntungkan karena Anda bisa menyediakan seluruh kebutuhan konsumen sesuai jenis kulit masing-masing. Dengan begitu, konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online Anda.

Namun, membuka olshop kosmetik tentu mengharuskan Anda untuk mengeluarkan modal sedikit lebih besar daripada reseller karena produk yang ditawarkan lebih beragam.

Akan tetapi keuntungan yang dihasilkan tentu lebih besar dibanding hanya menjadi reseller untuk satu brand saja.

3. Jasa titip

Jasa titip awalnya merupakan kebiasaan titip barang yang berkembang di masyarakat. Budaya ini kemudian dimanfaatkan sebagai ide bisnis yang mendatangkan keuntungan.

Memulai bisnis kosmetik online dengan cara ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu koneksi internet untuk mempromosikan produk tertentu.

Sistemnya adalah pelanggan memesan produk kepada Anda, kemudian Anda yang mencarikan produk tersebut. Sistem ini terbilang cukup menguntungkan karena Anda bisa melakukannya selagi Anda berlibur atau mengunjungi suatu tempat.

Biasanya konsumen akan meminta produk khas daerah tertentu yang bisa Anda jual dengan sistem jasa titip. Sebagai contoh, kosmetik dan skincare Korea sedang banyak digemari kaum hawa Indonesia.

Ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa titip kosmetik dan skincare Korea jika Anda punya rencana berlibur ke Negeri Gingseng tersebut. Selain tidak perlu modal, Anda juga bisa berlibur namun tetap menghasilkan uang bukan?

Akan tetapi, ada kekurangan dari sistem jasa titip ini yaitu permasalahan dengan pihak bea cukai. Ini mungkin terjadi jika barang titipan pelanggan tergolong banyak.

Maka dari itu Anda bisa pilih ingin jadi reseller, dropship, buka toko online atau jasa titip untuk memulai bisnis kosmetik online Anda. Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

pedoman menjalankan bisnis online kosmetik

Produk kosmetik yang merajai pasar online

Ingin memulai bisnis kosmetik online? Ada baiknya Anda simak beberapa jenis produk kosmetik yang laris manis dan menguasai pasar online berikut ini.

1. Share in jar

Istilah produk share in jar saat ini tengah banyak diperbincangkan di kalangan pecinta make up dan skincare. Share in jar merupakan produk skincare yang dikemas dalam wadah kecil. Skincare share in jar sebenarnya merupakan skincare yang hanya tersedia dalam jumlah banyak.

Inilah yang dimanfaatkan pebisnis untuk memudahkan konsumen memakai produk tanpa perlu membeli dalam jumlah banyak, terutama bagi pemula yang masih pada tahap mencoba.

Terobosan baru ini ternyata disambut baik oleh konsumen skincare dengan tingginya jumlah penjualan share in jar di marketplace. Ini bisa jadi ide bisnis kosmetik yang menguntungkan bagi Anda.

2. Produk yang tidak dijual di Indonesia

Kosmetik dan skincare luar negeri tidak semuanya sudah masuk ke Indonesia dan tersedia di sini. Inilah yang menjadi penyebab tingginya permintaan terhadap produk-produk tersebut.

Ini bisa dimanfaatkan dengan cara membeli produk tersebut ketika berlibur ke luar negeri dan menjualnya kembali di Indonesia atau menerima jasa titip.

3. Skincare Korea

Ini dia yang paling banyak diincar para kaum hawa Indonesia. Kosmetik dan skincare Korea seperti Tonymoly, Laneige dan Innisfree belum banyak ditemui di Indonesia padahal banyak yang mencarinya. Ini bisa jadi kesempatan Anda untuk meraup keuntungan dengan menjualnya di Indonesia.

4. Brush set

Brush set atau seperangkat kuas make up banyak dijumpai di mall atau pusat perbelanjaan besar di Indonesia dengan harga yang cukup menguras kantong, apalagi brush dari brand ternama.

Hal ini menyebabkan tingginya permintaan brush set dengan harga terjangkau di marketplace. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual brush set dengan harga murah.

Biasanya brush set dengan harga terjangkau ini bisa didapat dari China sehingga membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk sampai ke tangan konsumen.

5. Brand lokal buatan sendiri

Bukan hanya brand ternama asal luar negeri saja yang memiliki banyak penggemar, produk lokal buatan sendiri ternyata juga banyak peminat. Sebut saja Kleveru, brand skincare lokal buatan sendiri ini mampu merajai pasar online.

Selain lebih murah dibanding brand luar negeri, kualitasnya pun tak kalah bagus jika disandingkan dengan produk serupa. Jika Anda punya budget lebih dan keahlian yang mumpuni, bisa mencoba membuat produk skincare dan kosmetik sendiri.

ragam cara berbisnis kosmetik

Rahasia kesuksesan industri kosmetik Korea

Berbicara tentang kosmetik Korea memang tidak ada habisnya. Brand-brand seperti Nature Republic dan Etude House banyak berjajar di etalase mall-mall besar.

Meski begitu, masih banyak yang mencari produk skincare dan kosmetik Korea ini karena kehabisan stok. Mengapa industri kosmetik Korea bisa sesukses ini di seluruh negara di dunia? Berikut beberapa alasan kenapa industri kecantikan Korea selalu sukses dan merajai pasar.

1. Didukung pemerintah

Kosmetik di Korea sudah seperti komoditas yang wajib diberi perhatian khusus oleh pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan adanya aturan bebas pajak ekspor bagi produk kecantikan.

Jadi produsen kosmetik dan skincare di Korea tinggal ekspor saja ke negara lain tanpa perlu membayar pajak. Inilah sebabnya harga produk kecantikan asal Korea lebih murah dibanding produk Eropa.

2. Kemasannya menarik

Salah satu alasan banyak yang menyukai produk kosmetik Korea adalah kemasan atau packaging yang menarik dan beda dari lainnya.

Bukan hanya kemasannya saja yang didesain semenarik mungkin, interior tokonya juga demikian. Ini merupakan strategi yang bisa Anda terapkan pada produk kosmetik buatan Anda sendiri.

3. Pengaruh K-pop dan K-drama

Tak dipungkiri popularitas K-drama dan K-pop begitu tinggi di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Para fans artis Korea tersebut seolah termotivasi untuk menjadi seperti idola mereka.

Bagaimana tidak, selebriti Korea terlihat sempurna tanpa kekurangan apapun mulai dari paras hingga bentuk tubuhnya. Inilah yang mendorong para penggemar berusaha untuk tampil sama dengan idolanya.

Mereka memburu produk kecantikan Korea dengan harapan akan memiliki wajah putih bersih dan mulus seperti idola mereka.

4. Tren kecantikan yang baru

Banyak orang bertanya-tanya mengapa kulit orang Korea bisa semulus dan seputih itu. Ternyata orang Korea menerapkan 10 langkah pembersihan wajah dengan 10 produk.

Kabarnya ini sudah menjadi standar pembersihan wajah bagi warga Korea. Pembersihan wajah ala Korea antara lain menggunakan sheet mask, ampoule dan essence.

Hal ini menjadi tren kecantikan baru di dunia terutama penggemar skincare Korea. Bukannya malas meniru tapi malah penasaran dan ingin mengikutinya.

5. Bahan unik yang digunakan

Bukan hanya kemasannya saja yang unik, namun bahan dasar yang digunakan juga cukup menarik untuk dibahas. Kebanyakan kosmetik dan skincare Korea terbuat dari racun lebah, susu keledai, bintang laut dan ekstrak siput.

Terdengar aneh dan menjijikkan memang, namun produk-produk tersebut telah teruji melalui riset dengan biaya yang tidak sedikit hingga ratusan juta dolar setiap tahunnya. Tidak heran jika kualitas produk kecantikan Korea selalu terdepan.

6. Digunakan oleh beauty blogger atau vlogger

Faktor lain yang membuat industri ini makin sukses adalah peran beauty vlogger yang rajin mereview kosmetik dan skincare Korea.

Bukan hanya vlogger Korea saja namun seluruh dunia termasuk Indonesia sering membahas produk kecantikan Korea. Inilah yang membuat kaum hawa makin menggilai kosmetik Korea.

Hal tersebut dapat menjadi inspirasi agar industri kecantikan Indonesia bisa sukses seperti industri Korea. Termasuk Anda yang ingin memulai bisnis kosmetik online, bisa mencoba menerapkan rahasia sukses di atas.

cara mengembangkan bisnis kosmetik online

Rekomendasi supplier kosmetik Korea online

Melihat peluang bisnis kosmetik Korea yang begitu besar, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mejalankan usaha yang menjanjikan ini. Anda tidak perlu pusing mencari produk kecantikan Korea hingga ke negara asalnya karena saat ini sudah banyak supplier kosmetik dan skincare Korea di Indonesia.

Jadi Anda bisa memesan dengan mudah dan menjualnya kembali kepada konsumen Anda. Agar tidak salah pilih supplier, simak daftar toko online yang menyediakan skincare dan kosmetik Korea lengkap berikut ini.

1. Toko Kosmetik Korea

Toko ini terletak di Jakarta, jadi bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dapat langsung mendatangi toko atau order via markeplace dan media sosial. Harga kosmetik di toko ini terbilang cukup murah.

Untuk produk Nymph Aura Volumer Baby Glow Balm dari Etude House bisa didapat dengan harga 200 ribuan, sedangkan di mall harganya bisa mencapai hampir 500 ribu rupiah.

2. Althea

Olshop ini paling banyak diburu konsumen dan reseller karena harganya yang murah. Selain itu, toko ini sering mengadakan give away dan diskon all item sehingga stok barang selalu cepat habis.

Untuk Missha “4D Mascara” saja bisa Anda beli seharga 37 ribu rupiah dari harga normal 63 ribu karena diskon yang diberikan sebesar 50%.

Toko ini juga memberi fasilitas free ongkir atau biaya pengiriman gratis untuk pemesanan total di atas 300 ribu. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis kosmetik online dengan cara menjadi reseller atau dropship.

3. K-Style

Online shop ini menyediakan berbagai macam brand Korea seperti Tony Moly, WHOO dan Tenseconds. Harga yang ditawarkan juga cukup menggiurkan dan sangat menguntungkan untuk dijual kembali.

Harga produk seperti Delight Tint dari Tony Moly di toko ini dibanderol sekitar 80 ribuan saja dari harga pasaran sekitar 100 ribuan.

4. Rie Butik

Toko online ini juga sering memberikan promo berupa clearance sale dengan diskon mencapai 50%. Untuk biaya pengiriman juga bisa gratis alias free dengan ketentuan minimal belanja tertentu. Di toko ini Anda juga bisa mendapatkan produk luar negeri selain Korea antara lain Milani, NYX dan LA Colors.

5. Mirielle Beaute’s

Sama seperti olshop sebelumnya, toko ini juga menyediakan produk dari negara lain seperti NYX. Seluruh produk kosmetik dan skincare di sini dijamin asli dan tidak KW. Selain itu, stok produk sangat diperhatikan sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok.

keuntungan bisnis kosmetik bagi pemula

6. Beauty Glowing

Toko online satu ini menjual produknya melalui Instagram. Berdasarkan review customer, pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. Pesanan selalu datang tepat waktu dan produk yang dijual juga original.

Selain itu, produk mereka selalu ready dan tidak perlu pre-order sehingga cocok untuk dijadikan supplier bagi reseller dan dropship.

7. KBeauty Lover

Tidak jauh berbeda dengan olshop lainnya, toko ini menjual produknya dengan harga yang cukup murah untuk sekelas brand ternama Korea.

Kualitasnya juga patut dipertimbangkan karena seluruh produknya asli bukan KW atau tiruan. Namun, toko ini tidak memiliki stok barang sehingga harus menunggu agak lama sampai barang datang karena menggunakan sistem pre order.

Kelebihannya adalah Anda bisa mendapat variasi produk dari berbagai brand karena sistem ini.

8. Chic-Princessa

Toko online satu ini menyediakan berbagai produk dari brand Korea dan Jepang. Anda juga bisa menemukan produk dari NYX jika berbelanja di olshop ini.

Khusus Etude House, toko ini selalu menyediakan ready stok jadi proses pengirimannya mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu khawatir soal biaya pengiriman, karena semuanya free alias gratis.

9. Hermo

Online shop khusus produk Korea ini menjual produknya dengan harga jauh di bawah harga pasaran. Ini sangat cocok dijadikan supplier agar untung yang didapat bisa lebih banyak.

Harga Color My Brows dari Etude House dijual 78 ribu saja dari harga asli 188 ribu rupiah. Bukan hanya produk ini saja, toko ini juga rajin memberikan diskon all item hingga 50%.

10. Papuros

Masih sama seperti olshop lainnya, toko ini selalu memberikan diskon untuk setiap produknya. Misalnya Precious Mineral Any Cushion dari Etude House dijual seharga 169 ribu dari harga awal 199 ribu rupiah.

Yang membedakan Papuros dengan toko online lain adalah tester yang diberikan secara gratis sebelum membeli agar konsumen tahu produk mana yang cocok dengan kulit.

10 rekomendasi olshop kosmetik dan skincare di atas bisa jadi pilihan supplier jika Anda ingin memulai bisnis kosmetik online dengan cara reseller atau dropship.

tantangan berbisnis kosmetik online

Cara mengembangkan bisnis kosmetik online

Untuk bisa mengembangkan bisnis kecantikan, Anda perlu menjalankan cara-cara di bawah ini.

1. Merancang bisnis

Bukan hanya bisnis kosmetik yang memerlukan business plan, tetapi semua bisnis memang sudah sepatutnya dijalankan atas dasar rencana bisnis yang tepat. Business plan bisa dianalogikan seperti peta yang akan menuntun Anda dalam menjalankan bisnis.

Di dalamnya terdapat penjabaran lengkap mengenai bisnis Anda yang meliputi strategi, manajemen keuangan, marketing dan lainnya. Dengan rancangan yang Anda buat, Anda akan lebih mudah mengatur bisnis Anda.

2. Jenis usaha

Tipe atau jenis bisnis ini termasuk yang harus ada dalam business plan yang Anda buat. Sebelum melangkah, Anda harus tahu dulu jenis bisnis kosmetik apa yang akan dijalankan.

Apakah Anda akan menjual produk secara online, offline atau menggabungkan keduanya? Setiap tipe bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda harus memahaminya terlebih dahulu sebelum memutuskan akan menjalankan tipe yang mana. Jika Anda masih belajar berbisnis dan belum memiliki cukup modal, Anda bisa memilih tipe berbisnis online dengan sistem pre order.

Nanti jika bisnis sudah berjalan dan modal makin terkumpul, Anda bisa mulai merambah tipe lain dengan membuka gerai kosmetik di lokasi strategis.

3. Ciptakan brand

Anda tidak mungkin bisa menjalankan bisnis tanpa memiliki brand karena ia merupakan identitas produk dan perusahaan yang akan dilihat konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Maka dari itu, Anda harus membangun brand dengan tepat agar tidak menghambat perjalanan bisnis Anda nantinya. Usahakan untuk memilih nama yang singkat dan unik serta belum dipakai oleh orang lain.

4. Modal

Penghitungan modal juga wajib ada dalam rencana bisnis Anda. Sesuaikan tipe bisnis dengan budget yang ada agar tidak merugi sebelum bisnis berjalan. Jika minim modal, Anda bisa memulai bisnis kosmetik online dengan menjadi dropship.

Dengan cara ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal bahkan hanya butuh koneksi internet yang bagus untuk mempromosikan produk kosmetik.

Namun jika modal yang dimiliki lumayan besar, Anda bisa menjalankan bisnis kosmetik dengan cara offline maupun online. Anda bisa membuka toko kosmetik yang menyediakan berbagai produk dari beberapa brand.

5. Tentukan harga

Setiap pebisnis harus membekali diri dengan kemampuan menentukan harga yang tepat. Jika salah dalam mematok harga akan berdampak pada citra dan penjualan produk.

Apalagi untuk bisnis yang baru dirintis, sebisa mungkin gunakan harga perkenalan yang mudah dijangkau semua kalangan. Anda juga bisa menyiasatinya dengan sistem coret harga dan diskon pada waktu tertentu.

Dengan begitu, bisnis kosmetik Anda akan mudah dikenal dan banyak peminat sehingga modal dapat terus bertambah.

risiko bisnis online kosmetik

6. Kelola keuangan

Ini juga tak kalah penting dalam menjalankan bisnis kosmetik online. Anda harus pandai mengelola keuangan meskipun bisnis masih berskala kecil. Cara sederhana adalah dengan memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan.

Dengan begitu, keuangan perusahaan untuk perputaran modal tidak akan terpakai untuk kepentingan pribadi yang berakibat pada kebangkrutan.

7. Pelayanan yang ramah

Tantangan lain dalam berbisnis kosmetik online adalah konsumen dengan berbagai karakter. Tidak jarang ada konsumen yang langsung order dan bayar saat itu juga tanpa banyak pertanyaan.

Namun banyak juga konsumen yang kurang percaya sehingga banyak mengajukan pertanyaan dan meminta banyak bukti apakah Anda penjual yang bertanggung jawab atau tidak.

Inilah yang akan menguji kesabaran Anda sebagai penjual. Usahakan untuk tetap ramah meskipun konsumen mulai bertingkah dan selalu berusaha untuk cepat tanggap terhadap chat dari konsumen.

8. Jadilah pengamat

Salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha adalah mengamati keadaan. Apa saja yang harus diamati? Tentu tren pasar wajib jadi bahan pengamatan ketika akan memulai bisnis kosmetik online.

Ada banyak cara untuk melakukannya. Anda bisa mengamati tren kosmetik dari media sosial, terlebih akun dari para beauty vlogger. Produk yang sering mereka review berarti banyak diminati konsumen.

9. Bagikan manfaat lain

Maksudnya adalah berusaha untuk membagikan tips dan trik bermanfaat selain promosi produk. Anda juga bisa mengadakan kuis atau tantangan agar menarik konsumen. Hal ini juga akan membuat konsumen merasa lebih dekat dengan produk dan perusahaan Anda.

10. Rawat media sosial

Media sosial dalam bisnis kosmetik online sangatlah penting. Bagaimana Anda bisa mendapat order dari konsumen jika media sosial Anda sepi dan tidak terawat. Bisa-bisa konsumen menganggap jika bisnis Anda sudah tidak eksis lagi.

Maka dari itu Anda harus rajin posting produk secara berkala dan teratur agar konsumen tahu keberadaan usaha Anda. Cara-cara di atas bisa membantu Anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis kosmetik online agar cepat dikenal dan sukses.

cara bisnis kosmetik offline

Keuntungan bisnis kosmetik bagi pemula

Ada beberapa keuntungan menjalankan bisnis kosmetik antara lain:

1. Target market wanita

Dengan target pasar kaum hawa, bisnis kosmetik ini akan sangat menguntungkan karena sifat konsumtif yang dimiliki wanita. Mereka bahkan sering membeli kosmetik hanya untuk koleksi dan digunakan beberapa kali saja.

2. Harga yang variatif

Harga kosmetik dan skincare di pasaran sangat bervariasi, mulai dari harga ribuan hingga jutaan rupiah pun ada. Karena perannya yang sangat besar untuk menunjang penampilan, tak jarang para wanita rela merogoh kocek yang lumayan hanya untuk membeli kosmetik dan skincare.

Ini mereka lakukan agar produk yang mereka pakai dijamin aman dan ada manfaat yang terlihat. Maka bisnis ini sangat menguntungkan karena harga mahal pun masih banyak diminati konsumen.

3. Bukan mengenal musim

Tidak seperti bisnis lain yang bergantung pada musim, bisnis kosmetik ini selalu laris apa pun musimnya baik panas maupun hujan.

4. Beragam konsep penjualan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual produk kosmetik di antaranya dengan membuka gerai atau outlet di pusat perbelanjaan dan supermarket.

Bisnis ini juga bisa dijalankan dengan menjualnya door to door dan keliling komplek. Untuk bisnis kosmetik online dikenal dengan istilah reseller dan dropship. Dua cara ini dinilai paling mudah untuk dijalankan oleh pemula.

tips sukses bisnis kosmetik

Tantangan berbisnis kosmetik online

Kemudahan dan keuntungan bisnis kosmetik tidak serta merta membuat bisnis ini akan bebas hambatan jika dijalankan. Berikut ini hambatan dan tantangan yang harus Anda hadapi ketika memutuskan untuk berbisnis kosmetik.

1. Pasokan tersendat

Hal ini mungkin terjadi jika stok barang dari satu supplier memang sedang habis atau kosong. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan cara bekerja sama dengan lebih dari satu supplier agar pasokan tetap lancar.

2. Isu miring soal kosmetik

Tantangan satu ini paling sering dihadapi oleh penjual karena isu-isu yang beredar selalu saja muncul dan sulit mereda. Kabar temuan berbagai macam kosmetik dan skincare bermerkuri menjadi salah satu pemicunya.
Inilah yang dapat menghambat bisnis karena berdampak langsung pada penjualan produk kosmetik.

3. Muncul pesaing baru

Hal ini tidak mungkin bisa dihindari karena setiap harinya pasti banyak bermunculan pesaing baru bahkan dengan modal yang lebih besar. Namun Anda tetap bisa menghadapinya dengan berbagai strategi bisnis yang tepat agar tetap bisa eksis dan menguasai pasar.

Hambatan lain yang mungkin muncul adalah klaim pihak lain terhadap brand kosmetik Anda. Ini mungkin terjadi jika Anda belum mendaftarkan brand Anda. Maka dari itu segera hubungi Patendo untuk membantu Anda.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.