021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10 Rahasia Membangun Bisnis dengan Cepat dan Sukses

cara membangun bisnis

 

Dasar-dasar membangun bisnis yang sukses

Dalam berbisnis, anda harus menentukan konsep dari bisnis anda kedepannya. Dasar untuk membangun bisnis yang sukses yaitu:

1. Pondasi bisnis

Pondasi bisnis merupakan pokok utama/dasar utama untuk berbisnis. Beberapa jenis yang termasuk di dalam pondasi bisnis yaitu:

a. Visi/misi

Visi adalah tujuan, berarti tujuan bisnis anda. Dalam berbisnis anda juga harus menentukan tujuan yang akan anda capai untuk bisnis anda.

Misi adalah motivasi/faktor yang mendukung untuk mencapai visi.

b. Keuangan, menentukan omzet dalam bisnis anda, potensi omzet.

Penentuan omzet juga sangat penting bagi pebisnis pemula.

c. Kualitas

Kualitas adalah suatu produk/jasa yang memiliki banyak manfaat bagi konsumen, kualitas juga bisa disesuaikan dengan harga dari hasil produk anda.

2. Marketing, servis dan branding

Untuk mengembangkan bisnis, anda menyediakan pelayanan yang baik/good service bagi konsumen.
Jika anda memberikan pelayanan yang professional maka konsumen menyukai produk/jasa anda.

Marketing adalah sesuatu yang memberikan informasi dalam hal solusi. Branding dalam hal bisnis adalah sebuah penilaian bisnis anda di mata konsumen.

cara membangun bisnis1

Cara memulai bisnis baru

Modal bukanlah faktor utama, tetapi mental yang berani. Dalam memulai usaha tidaklah mudah, anda harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan usaha anda.

Ada beberapa cara mengembangkan bisnis baru mulai dari nol hingga sukses, yaitu:

1. Menetapkan jenis usaha anda

Tentukan jenis produk usaha anda. Anda harus melihat pangsa pasar sebelum menentukan jenis produk yang anda jual. Bisnis yang bertahan lama berdasarkan minat/kesukaan, karena anda akan menyukai bisnis tersebut.

2. Visi dan misi bisnis

Adanya visi dan misi, bisnis akan berkembang. Visi dan misi merupakan bentuk dukungan yang kokoh dalam berbisnis.

Pondasi yang kuat untuk menjalankan bisnis adalah visi dan misi. Hal tersebut mengetahui perkembangan bisnis kedepan. Jika anda tidak memiliki visi dan misi dalam berbisnis, maka bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik.

3. Survey

Survey bisnis di bagi menjadi 2 yaitu lokasi dan pasar. Yang pertama survey lokasi, survey lokasi merupakan peninjauan tempat yang strategis untuk bisnis.

Selanjutnya yaitu survey pasar, survey pasar adalah meninjau calon konsumen di sekitar lokasi bisnis. Jika tempat tersebut ramai, berarti lokasi tersebut tepat untuk membuka bisnis.

4. Persiapan modal

Usaha semakin besar, maka semakin besar pula modal yang dikeluarkan. Modal bisa berasal dari tabungan pribadi, pinjaman bank atau meminjam kepada kerabat terdekat. Sebagai pemula sebaiknya menggunakan uang pribadi, karena setiap berbisnis pasti ada kegagalan.

5. Tentukan lokasi usaha

Carilah tempat usaha yang strategis. Selain itu, survey lokasi juga menentukan target konsumen. Misalnya, anda membuka bisnis kuliner di sekitar kantor berarti target konsumen anda adalah para pegawai kantor.

6. Persiapan segala keperluan

Dalam berbisnis harus mempersiapkan bisnisnya, seperti alat-alat, produk yang akan dijual, pemasaran dan lain sebagainya.

7. Buka usaha

Cara mendirikan bisnis mulailah dari awal. Bisnis berjalan jika sesuai arah yang ditentukan. Jika persiapan keperluan telah selesai, maka anda bisa membuka bisnis anda. Bukalah bisnis anda di kalayak umum, supaya masyarakat mengetahui apa yang anda jual.

8. Unik dalam persaingan

Jadikan bisnis anda paling unik diantara pesaing lain. Bisnis yang unik akan menjadi daya tarik bagi masyarakat umum.

9. Memantau pasar dan belajar

Jika anda ingin mengembangkan bisnis, lihat perkembangan pasar. Tidak hanya memantau pasar saja, namun belajar bagi pebisnis sangat penting untuk mengikuti perubahan yang terjadi.

10. Promosi berkala

Cara mengembangkan bisnis yang baik, selalu mempromosikan produk yang anda miliki. Supaya bisnis anda sukses dan selalu bertahan, maka anda bisa gunakan promosi berkala.

cara membangun bisnis2

Cara membangun bisnis besar

Pentingnya cara mengembangkan bisnis yaitu customer base/basis customer dan jalur distribusi. Sebelum anda membuka bisnis, bangunlah customer yang loyal. Customer loyal adalah bangun customer yang dapat mempercayakan produk yang anda jual.

Yang kedua adalah jalur distribusi, carilah distribusi yang menjanjikan atau cari distribusi yang memiliki ketersediaan produk berkala dan selalu ready.

Selanjutnya adalah beberapa tahapan dalam cara membangun bisnis anda dari awal hingga sukses. Berikut adalah tahapannya, yaitu:

1. Keberanian

Anda ingin berbisnis namun masih ragu dan takut? Itulah penyebab utama dalam kendala berbisnis. Jika anda berbisnis harus memiliki keberanian dan mental yang kuat.

Tidak semua berbisnis di awal berjalan lancar. Anda harus siap menghadapi pelanggan yang komplain. Itulah cara mengembangkan bisnis yang baik.

2. Teknologi

Gunakan teknologi untuk mempromosikan produk anda. Anda hanya menggunakan smartphone untuk mempromosikan produk anda melalui media sosial.  Saat ini media sosial memiliki banyak pengguna.

Tidak hanya dunia bisnis saja yang masuk di media sosial, namun segala informasi dapat kita temui di media sosial tersebut.

3. Pengetahuan tentang produk

Anda harus bisa memahami produk Anda jual. Tunjukkan keunikan produk Anda. Selain keunikan, tunjukkan bahwa anda sangat paham produk yang anda jual melalui presentasi produk.

Ketika ada beberapa customer yang menanyakan tentang produk anda, anda tidak bingung, karena anda sudah memahai produk anda.

4. Bangun jalur distribusi

Cara membangun bisnis dengan lancar yaitu adanya distribusi yang dapat dipercaya, stok barang selalu ada dan lancar.

Carilah distribusi yang lancar supaya bisnis anda berjalan dengan baik. Jika distribusi anda buruk, maka bisnis anda akan mengalami kerugian.

5. Supplier base & customer base

Bisnis anda dipercaya oleh customer dan supplier, maka bisnis anda akan berjalan dengan baik dan lancar. Itu adalah salah satu cara membangun bisnis terbaik.

6. Konsumen tetap

Jika permintaan oleh konsumen terpenuhi dan pelayanan yang anda berikan baik, maka konsumen anda mempercayakan produk yang anda jual.

7. Tempat

Carilah tempat yang strategis. Jika anda membuka bisnis dengan tempat yang bagus, maka konsumen anda akan nyaman. Itulah beberapa cara membangun bisnis dari awal hingga sukses.

cara membangun bisnis3

Cara mengembangkan bisnis

Cara mengembangkan bisnis berikut ini:

1. Passion

Bisnis merupakan tempat untuk berkreasi. Jika anda ingin membuka bisnis, mulailah dengan passion anda atau kesukaan anda.

Kalau bisnis anda mengalami kesulitan, maka anda bisa mengatasinya dengan baik, karena bisnis anda berasal dari passion anda sendiri. Dunia bisnis tidak mudah, maka gunakan passion anda untuk berbisnis.

2. Cari supllier/ sumber produk

Dalam mencari supplier, anda bisa melakukannya dengan dua hal seperti berikut ini:

a. Datang ke langsung (pusat grosir)

Dengan cara komunikasi dengan pedagang di pusat grosir. Survey ke tempat supplier barang dulu sebelum mendapatkan supplier yang cocok. Data semua yang anda dapatkan di pusat-pusat grosir.

b. Internet

Carilah supplier yang cocok dengan kriteria anda, seperti barangnya bagus, harga sesuai dan lain-lain.

3. Target market

Anda harus mengetahui barang yang anda jual kepada siapa. Tidak hanya itu, anda juga harus mempromosikan produk anda supaya dikenal oleh orang lain. Berikut ini cara untuk mendapatkan konsumen:

a. Datang ke konsumen secara langsung (bergerak)

Anda bisa mempromosikannya langsung kepada kerabat, teman dekat dan dilingkungan sekitar, seperti ketika ada arisan, rapat dan even. Itu yang disebut pengenalan produk.

b. Toko online

Selain itu Anda juga bisa membuka toko online melalui internet. Untuk membuka toko online sekarang sangat mudah melalui smartphone. Ketika membuat toko online sebaiknya gunakan gambar produk asli/real picture.

Akhir-akhir ini banyak yang menggunakan gambar palsu untuk menjual produknya. Oleh karena itu, banyak konsumen yang kecewa ketika berbelanja melalui toko online.

c. Media sosial

Anda bisa mempromosikan produk melalui media sosial, hal tersebut adalah cara membangun bisnis dengan mudah. Penggunaan media sosial semakin meningkat juga.

4. Modal

Ketika anda memiliki modal yang sedikit, belilah produk hanya sedikit saja.

cara membangun bisnis4

10 Cara membangun bisnis yang sukses dengan cepat

Ada beberapa hal yang termasuk cara membangun bisnis yang baik dan sukses. Berikut ini 10 cara cepat membangun bisnis:

1. Visi jelas

Visi adalah tujuan dalam suatu bisnis. Visi anda dalam berbisnis sangat kuat, maka anda akan sukses. Visi merupakan dorongan motivasi bagi pebisnis.

2. Membangun bisnis bukan menikmati

Bisnis anda akan berkembang sangat pesat jika anda membangun bisnis dengan baik bukan untuk dinikmati.
Kalau anda ingin membangun bisnis, maka fokus untuk memperbesar bisnis anda bukan untuk membeli barang keperluan pribadi dari hasil bisnis.

3. Bisnis besar itu beradaptasi bukan mengantisipasi

Maksudnya adalah bisnis lebih baik adaptasi daripada mengantisipasi. Jadikan bisnis anda untuk tetap mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan diri . Jangan jadikan bisnis untuk tempat berjaga-jaga disaat anda sedang mengalami kesusahan.

4. Korbankan profit daripada prinsip

Prinsip dalam berbisnis adalah untuk membangun bisnis supaya menjadi sukses meskipun keuntungan yang sedikit.

Jika anda mempunyai prinsip bahwa memiliki profit sedikit lebih baik dijalankan daripada anda memiliki keuntungan yang besar, namun mengorbankan prinsip anda dalam berbisnis.

5. Bawa tim anda untuk memajukan bisnis anda

Beberapa ide kreatif untuk memajukan atau mengembangkan bisnis anda tidak hanya mengelola saja namun mereka (tim) juga dapat menjadi leader dalam bisnis tersebut.

cara membangun bisnis5

6. Strategi marketing yang baik

Utamakan marketing lebih bagus daripada selling. Marketing adalah tujuan utama dalam berbisnis. Itu merupakan cara membangun bisnis dengan tepat.

7. Disiplin lebih penting daripada diskusi

Jika anda mempunyai karyawan, utamakanlah kedisiplinan. Disiplin akan mengalahkan diskusi.

8. Kerjasama lebih utama daripada kerja keras

Tujuan dalam berbisnis biasakan untuk bekerjasama. Karyawan yang kerja keras akan merusak lingkungan kerja. Efek buruk dari kerja keras adalah minimnya jiwa kerjasama.

9 Percaya keajaiban daripada kegagalan

Bisnis anda melakukan improvement berkali-kali maka anda menciptakan keajaiban dalam bisnis anda.
Lakukanlah berbagai macam tindakan dalam bisnis anda yang membuatmu percaya akan mendapatkan keajaiban.

10. Libatkan Tuhan

Anda harus percaya tuhan dalam berbisnis. Jika anda mengalami permasalahan mungkin saja permasalah tersebut menjadi solusi tepat anda. Libatkan tuhan dalam cara membangun bisnis anda, maka anda akan mendapatkan jalan yang terbaik.

Bagikan :